• 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Tamiya Mini 4WD memang tidak ada habisnya. Sejak awal dirilis pada tahun 1986, permainannya masih eksis sampai sekarang. Mainan ini memang menawarkan banyak pilihan. Produknya bisa dikoleksi atau dijadikan jagoan di track balap.


Kami akan memandu Anda memilih Tamiya Mini 4WD, serta memberi rekomendasi produk terbaiknya. Produk yang kami rekomendasikan tentu merupakan Tamiya Mini 4WD original. Magnum Saber bisa Anda jadikan produk nostalgia. Untuk balap STB atau STCB, seri Mini 4WD PRO dapat diandalkan. Selain itu, perhatikan juga kombinasi chassis dan roda yang dibutuhkan. Yuk, kita mulai pembahasannya!

  • Pembaharuan terakhir: 18 Februari 2021
  • 2.197 Views
Daftar isi

Cara memilih Tamiya Mini 4WD

Tamiya menghadirkan Mini 4WD dalam berbagai bentuk dan keunggulan. Desain dan komponen-komponen yang membangun sebuah produk akan membentuk performanya. Setiap poin yang perlu dipahami akan kami jabarkan untuk Anda. Mari disimak.

Kenali modelnya berdasarkan seri Tamiya Mini 4WD

Sejak tahun 1986, Tamiya sudah merilis sembilan seri Mini 4WD. Setiap seri diberi karakteristik tersendiri. Di Indonesia, ada tiga seri yang populer. Kenali masing-masing serinya lewat penjelasan kami berikut ini.

Fully Cowled Mini 4WD: Modelnya dipopulerkan Magnum Saber

Anda yang menonton Bakusō Kyōdai Let's & Go!! tidak akan asing dengan mobil dari seri ini. Anime tersebut pernah tayang dan populer di Indonesia. Fully Cowled Mini 4WD pertama kali diperkenalkan lewat serialnya. Model yang paling terkenal dari seri ini tentunya adalah Magnum Saber milik Go Seiba.


Karakteristik utama pada seri ini adalah rangka yang tertutup rapat dengan bodi, termasuk rodanya. Desainnya cenderung lebih lebar dan rendah dibandingkan yang lain. Diameter rodanya juga kecil. Desain ini dimaksudkan agar mobil dapat mengatasi tekanan udara.

Mini 4WD PRO: Memperkenalkan mesin double-shaft

Karakteristik utama pada seri ini adalah dijalankan dengan dinamo double-shaft. Dinamo tersebut mendistribusikan tenaga ke masing-masing roda agar efisiensi kerjanya meningkat. Letak dinamo yang berada di tengah membagikan beban seimbang ke sisi depan dan belakang.


Sebelum Bakusō Kyōdai Let's & Go!! ada Dash! Yonkuro. Pertama kali mengenal Tamiya Mini 4WD dari serial Dash! Yonkuro? Pastinya Anda sangat mengenal desain mobil dari seri ini. Beberapa model diambil dari seri Racing Mini 4WD yang dipopulerkan oleh serial tersebut. Mobil-mobil Mini 4WD PRO kini ditampilkan di Hyper Dash! Yonkuro.

Mini 4WD REV: Diberikan teknologi pembuang panas

Mini 4WD REV dirilis sebagai peringatan ke-30 seri Mini 4WD dari Tamiya. Seri ini banyak mengambil model dari Racing Mini 4WD dan Mini 4WD PRO. Baru beberapa model yang benar-benar merupakan desain baru.


Seri Mini 4WD REV mengutamakan keamanan mesin, dari bodi hingga sasisnya. Kedua bagian tersebut diberikan beberapa saluran udara. Fiturnya berguna untuk membuang panas yang dihasilkan baterai secepat mungkin.

Pahami keunggulan chassis bawaan Tamiya Mini 4WD

Sasis merupakan rangka bawah Tamiya Mini 4WD. Bagian ini berfungsi menampung dinamo, gir, dan baterai. Setiap tipe memberikan keunggulan berbeda sehingga menjadi jantung dari kemampuan mobil di lintasan. Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa sasis yang paling populer di Indonesia.

Super-II: Akselerasi tinggi dan mampu menikung dengan cepat

Super-II menghasilkan akselerasi dan performa menikung yang luar bisa. Sasis ini merupakan pengembangan dari Super-I. Bumper depannya sudah diperkuat dan diperpanjang. Bagian tersebut bisa Anda pasangi bodi tambahan dari mobil lain, seperti Liberty Emperor dan Dash-001 Great Emperor.


Beberapa mobil dari seri ini dilengkapi EX Side Stay. Part tersebut bisa dipasang di bagian tengah bawah sasis sebagai sayap. Bumper belakang dikencangkan dengan dua tombol putar dan baut. Selain itu, tombol ON/OFF tidak lagi digeser, tetapi diputar.


Super-II memiliki performa yang mirip dengan sasis VS yang dirilis 10 tahun sebelumnya. Namun, toleransi sasis ini bisa dimodifikasi jauh lebih baik. Sasis ini bahkan sudah siap Anda gunakan untuk balapan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa stabilitasnya tidak bersaing di level terbaik.

AR: Seimbang di segala poin

Sasis ini tidak memiliki keunggulan khusus, tetapi performanya mumpuni secara keseluruhan. AR menawarkan akselerasi, performa menikung, dan keseimbangan yang baik. Strukturnya kukuh, memberi opsi modifikasi, serta mudah diutak-atik saat balapan. Bahkan, sasis ini dilengkapi saluran udara untuk membuang panas dari baterai.


Bodi AR sangat kaku dan kukuh dibandingkan sasis yang lain. Performanya juga dianggap sebagai yang terbaik di antara sasis dengan dinamo belakang. Namun, karena bobotnya, akselerasi dan performa tikungan sasis ini masih di bawah Super-II.

Tombol ON/OFF sasis ini didesain melengkung agar tidak mudah bergeser saat mobil berjalan. Bagian tersebut juga bertindak sebagai pengunci panel baterai agar tidak mudah lepas. Penutup baterai dan dinamo terletak di bagian bawah sehingga mudah diakses. Sebagai informasi, bumper belakangnya sudah menjadi satu dengan sasis.

MA: Tangguh, stabil, dan mudah dimodifikasi

MA bersaing dengan Super-II soal performa di tikungan, tetapi kalah di akselerasi. Sebaliknya, sasis ini unggul soal stabilitas dan ketangguhan. Stabilitasnya bahkan lebih baik dibandingkan AR yang merupakan sasis terberat. 


Bagian sampingnya bisa dipasangi Mass Damper Set. Part tersebut dapat membantu meredam pantulan saat mobil mendarat dari lompatan. Bumper depan dan belakangnya juga diperpanjang sehingga meningkatkan stabilitas dan kemampuan menikung dari mobil.


Sasis ini banyak mengadaptasi desain AR, termasuk rem di bumper belakang. Beberapa part dari sasis yang dirilis berikutnya cocok dengan MA. Perbedaannya, bagian bawah sasis ini tidak memiliki part sehingga lebih mulus.

Ketahui diameter pelek dari Tamiya Mini 4WD

Diameter pelek Tamiya Mini 4WD akan menentukan akselerasi, kecepatan, dan performa di tikungan. Diameternya beragam dari small hingga ultra large. Namun, diameter pelek bawaan yang umum adalah small dan large. Small memiliki diameter 17 mm, sedangkan large berukuran 23 mm.


Pelek small membuat roda hanya sedikit bergesekan dengan lintasan. Selain itu, jarak lintasan dan permukaan chassis-nya menjadi rendah sehingga gesit di tikungan. Pelek ini memberikan akselerasi yang baik. Mobil akan langsung melaju kencang saat start. Namun, kecepatannya di bawah pelek large. Pelek ini akan beradaptasi dengan baik di lintasan penuh tikungan.


Sebaliknya, pelek large beradaptasi lebih baik di lintasan dengan banyak jalan lurus. Pelek ini mendukung kecepatan tinggi yang dimiliki mobil. Akan tetapi, akselerasinya lebih rendah daripada pelek small. Pelek ini juga kurang stabil di tikungan. Untuk mendapat keseimbangan, pelek diberikan jenis ban yang memberi karakteristik berbeda.

Perhatikan lebar dan jenis ban Tamiya Mini 4WD

Selain diameter pelek, lebar ban juga akan memengaruhi performa mobil. Lebar ban bervariasi, mulai dari narrow sampai super wide. Ban narrow dan wide lebih umum dijumpai sebagai part bawaan model. Ban narrow berukuran lebar 11 mm, sedangkan ukuran lebar dari ban wide adalah 15 mm.


Ban narrow mendukung akselerasi dan kecepatan maksimal mobil. Mesin akan menyalurkan energi secara efisien karena gesekan roda dengan lintasan lebih minim. Ban ini akan optimal digunakan untuk lintasan lurus. Sebaliknya, ban wide lebih cocok untuk lintasan penuh tikungan. Permukaan ban yang lebar membuat roda dapat mencengkeram permukaan lintasan. Struktur tersebut memberi stabilitas untuk mobil saat menikung.


Faktor berikutnya yang akan menentukan performa mobil Anda adalah jenis ban. Tingkat kekerasan ban berbeda-beda tergantung jenis yang digunakan. Ada yang soft, medium, hard, hingga super hard. Ban soft dan super hard biasanya ada di model limited edition atau dijual terpisah. Level medium dan hard lebih umum dijumpai sebagai ban bawaan model.


Makin tinggi level bannya, makin rendah pantulannya saat mendarat dari lompatan. Sebaliknya, makin rendah level bannya, makin tinggi akselerasi yang diberikan. Ban soft dan medium cocok untuk lintasan lurus. Sementara itu, lintasan penuh tikungan serta tanjakan cocok untuk ban hard dan ultra hard.

10 Rekomendasi Tamiya Mini 4WD terbaik

Setelah memahami cara memilih Tamiya Mini 4WD, saatnya Anda untuk memilih produknya. Kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Ulasannya juga sudah kami siapkan untuk Anda. Selamat memilih!

10
SeriFully Cowled Mini 4WD
ChassisSuper-II
Diameter pelekSmall
Lebar banNarrow
Jenis banMedium
9
SeriMini 4WD PRO
ChassisMA
Diameter pelekLarge
Lebar banNarrow
Jenis banMedium
8
SeriMini 4WD REV
ChassisFM-A
Diameter pelekMedium
Lebar banMedium
Jenis banMedium
7
SeriFully Cowled Mini 4WD
ChassisSuper-II
Diameter pelekSmall
Lebar banDepan: Narrow・Belakang: Wide
Jenis banMedium
6
SeriMini 4WD REV
ChassisAR
Diameter pelekSmall
Lebar banMedium
Jenis banMedium
5

TamiyaAero Manta Ray Black Special

95419

Mulai dari Rp 178.500,00

SeriMini 4WD REV
ChassisAR
Diameter pelekLarge
Lebar banNarrow
Jenis banSuper hard
4
SeriRacing Mini 4WD
ChassisSuper-II
Diameter pelekLarge
Lebar banNarrow
Jenis banHard
3

TamiyaAero Thunder Shot Black Special

95286

Mulai dari Rp 245.000,00

SeriMini 4WD REV
ChassisAR
Diameter pelekLarge
Lebar banNarrow
Jenis banMedium
2
SeriMini 4WD PRO
ChassisAR
Diameter pelekSmall
Lebar banNarrow
Jenis banHard
1

TamiyaBrocken Gigant Jet Black Special

92351

Mulai dari Rp 749.875,00

SeriFully Cowled Mini 4WD
ChassisSuper-FM
Diameter pelekSmall
Lebar banDepan: Narrow・Belakang: Wide
Jenis banMedium

Tabel perbandingan produk Tamiya Mini 4WD terbaik

Gambar produk
1
Tamiya Brocken Gigant Jet Black Special 1

Tamiya

2
Tamiya Shadow Shark Yellow Special 1

Tamiya

3
Tamiya Aero Thunder Shot Black Special 1

Tamiya

4
Tamiya Proto-Emperor ZX Premium 1

Tamiya

5
Tamiya Aero Manta Ray Black Special 1

Tamiya

6
Tamiya Flame Astute 1

Tamiya

7
Tamiya Spin Cobra Premium 1

Tamiya

8
Tamiya Rowdy Bull 1

Tamiya

9
Tamiya DCR-01 1

Tamiya

10
Tamiya Magnum Saber Premium 1

Tamiya

Nama produk

Brocken Gigant Jet Black Special

Shadow Shark Yellow Special

Aero Thunder Shot Black Special

Proto-Emperor ZX Premium

Aero Manta Ray Black Special

Flame Astute

Spin Cobra Premium

Rowdy Bull

DCR-01

Magnum Saber Premium

Keunggulan

Dirilis eksklusif untuk Indonesia, wajib dikoleksi penggemar Tamiya

Sudah dibuat tangguh dengan komponen bawaan

Mesin tidak cepat panas dengan banyak saluran udara

Komponennya menarik untuk disilangkan

Tidak mudah membal dengan ban super hard

Melaju kencang di lintasan lurus

Girnya mudah diakses, Spin Cobra yang siap balap!

Performanya stabil, mudah dinikmati di lintasan

Mudah dikreasikan dengan struktur bodinya yang unik

Penuh kenangan, wajib dikoleksi penggemar Let's & Go!!

Harga mulai dariRp 749.875,00Rp 300.000,00Rp 245.000,00Rp 149.800,00Rp 178.500,00Rp 149.800,00Rp 164.800,00Rp 149.800,00Rp 149.800,00Rp 149.800,00
SeriFully Cowled Mini 4WDMini 4WD PROMini 4WD REVRacing Mini 4WDMini 4WD REVMini 4WD REVFully Cowled Mini 4WDMini 4WD REVMini 4WD PROFully Cowled Mini 4WD
ChassisSuper-FMARARSuper-IIARARSuper-IIFM-AMASuper-II
Diameter pelekSmallSmallLargeLargeLargeSmallSmallMediumLargeSmall
Lebar banDepan: Narrow・Belakang: WideNarrowNarrowNarrowNarrowMediumDepan: Narrow・Belakang: WideMediumNarrowNarrow
Jenis banMediumHardMediumHardSuper hardMediumMediumMediumMediumMedium
Tautan produk

Dinamo apa yang terbaik untuk Tamiya Mini 4WD?

Perihal dinamo atau mesin yang merupakan sumber tenaga Mini 4WD memang selalu menjadi pertanyaan. Manakah yang terbaik di antara semuanya? Bagi Anda yang hanya ingin mengoleksi produk Tamiya Mini 4WD, tentu tidak perlu dipusingkan dengan pertanyaan tersebut. Penggantian dinamo hanya diperlukan untuk ajang balapan.


Produk yang kami rekomendasikan untuk Anda sudah dilengkapi dengan dinamo. Hanya saja, dinamo bawaan produk umumnya adalah yang paling standar. Perlu diketahui, ajang STB memang hanya memperbolehkan penggunaan dinamo bawaan. 


Dinamo baru mobil boleh diganti di ajang STCB. Kategorinya juga terbatas di dinamo seri Tuned saja. Dinamo dari seri tersebut adalah Torque-Tuned, Atomic-Tuned, dan Rev-Tuned. Anda bisa mengganti dinamo bawaan dengan seri Tuned untuk meningkatkan performa mobil. 


Yang perlu dicatat, part lain dari mobil juga perlu disesuaikan. Dinamo terbaik adalah yang sesuai dengan kondisi mobilnya. Jika mesin dinamo tidak didukung dengan part mumpuni, potensinya tidak akan keluar. 

Baca juga rekomendasi produk mainan lainnya untuk hobi di sini

Mengoleksi dan memainkan Tamiya Mini 4WD memang menyenangkan. Namun, mainan lainnya juga tidak kalah menarik, lho. Mainan Danbo dan Nendoroid akan lucu sebagai pajangan. Sementara itu, gasing Beyblade seru untuk dimainkan. Rekomendasi dan ulasan produknya bisa Anda temukan di artikel kami berikut ini. Silakan disimak.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan Tamiya Mini 4WD yang dicari? Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Ada yang cocok untuk balapan, ada juga yang menarik sebagai koleksi di lemari pajangan.


Selain seru dimainkan, produknya juga bisa menjadi nostalgia untuk beberapa orang. Permainannya tidak lekang oleh waktu. Bahkan, Tamiya masih merilis produk-produk baru untuk Anda. Selamat bersenang-senang dengan Tamiya Mini 4WD!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Permainan Kartu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Permainan Kartu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sering berkumpul bersama teman atau keluarga besar? Terkadang, Anda pasti bingung saat harus menyusun acara kebersamaan baik bersama teman maupun keluarga Anda. Sisipkan saja permainan kartu untuk mengisi kebersamaan dan membuat acara jadi lebih seru.Kali ini, kami akan memberikan informasi seputar permainan kartu serta memberikan rekomendasi produknya kepada Anda. Berbagai permainan kartu menarik dan seru, seperti UNO, Werewolf, dan Monopoly Deal juga akan kami ulas. Yuk, simak terus artikel ini.
    Permainan
    27.292 Views
  • 10 Rekomendasi Board Game Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Board Game Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Board game sudah terkenal di seluruh penjuru dunia, baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Board game pun dapat dimainkan di kafe dan event tertentu. Saat ini, telah beredar berbagai jenis board game di Indonesia yang dapat dibeli secara online. Untuk itu, pada artikel ini kami akan memberikan tips tentang cara memilih board game. Tak lupa, kami sertakan beberapa rekomendasi board game terbaik yang bisa Anda mainkan dengan teman atau keluarga. Pilihlah board game yang tepat agar Anda dapat enjoy saat memainkannya.
    Permainan
    23.748 Views
  • 10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mainan Rubik's Cube sebenarnya sudah lama beredar di Indonesia. Hanya saja, mainan ini baru booming mulai tahun 2008. Mainan sejenis puzzle yang dapat mengasah kemampuan otak ini banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Variasi model yang beragam menambah asyiknya permainan.Rubik kini dapat dibeli hampir di seluruh toko mainan, baik yang offline maupun online. Ada beberapa produk ternama seperti Yong Jun, Rubik's, dan Mo Yu yang mungkin sering Anda dengar. Namun, untuk mengetahui lebih jelas mengenai Rubik, silakan simak artikel berikut ini. 
    Permainan
    20.775 Views
  • 10 Rekomendasi MG Gundam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi MG Gundam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    MG Gundam keluaran Bandai adalah mainan populer dengan harga rata-rata mulai dari 400 ribu rupiah. Modelnya cukup lengkap, mulai dari Gundam versi awal sampai versi terbaru, semuanya ada. Sparepart-nya pun lebih beragam dibanding tipe HG (High Grade) Gundam. Tidak heran jika MG Gundam sangat populer bahkan sejak pertama kali dirilis.Belakangan ini, orang-orang yang menyukai Gundam terus bertambah. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun menyukai mainan ini untuk dijadikan koleksi. Karena itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi MG Gundam terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilihnya. Mari simak lebih jauh berikut ini!
    Permainan
    31.727 Views
  • 10 Rekomendasi Kartu Tarot Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kartu Tarot Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kartu tarot sangat populer di berbagai kalangan. Selain untuk meramal, kartu tarot dapat pula dipakai untuk mengasah intuisi, sumber inspirasi, pengembangan diri, dan hubungan spiritual. Konon, sulit memilih set tarot yang tepat karena setiap kartu didesain untuk individu tertentu.Saat ini, kartu tarot dijual dengan beragam ilustrasi menawan. Beberapa produk mengusung metode tradisional dan modern, serta dilengkapi buku panduan. Anda bisa memilih mulai dari tarot klasik Rider-Waite-Smith, Zombie Tarot, Shadowscapes Tarot, hingga The Wild Unknown yang populer. Temukan kartu tarot kebanggaan Anda di artikel ini!
    Permainan
    25.292 Views
  • 10 Rekomendasi Mainan Pokemon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mainan Pokemon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Seperti slogan gotta catch 'em all, Anda bisa menangkap semua Pokémon untuk disimpan di rumah. Namun, Pokemon yang dimaksudkan di sini bukanlah yang ada dalam game atau anime, melainkan berupa mainan. Produknya bervariasi, ada yang merupakan miniatur deformation sampai replika Poké Ball.Pilihan karakternya juga beragam, dari yang populer seperti Pikachu sampai Legendary Pokémon seperti Lunala dan Solgaleo. Agar memberi kepuasan tersendiri, pilihlah mainan Pokémon asli yang berlisensi seperti dari Bandai dan Takara Tomy. Tenang saja, kami akan membantu Anda menemukan produk terbaik lewat artikel ini. Dibaca sampai tuntas, ya.
    Permainan
    224 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori