1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Permainan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tamiya Mini 4WD memang tidak ada habisnya. Sejak awal dirilis pada 1986, permainannya masih eksis sampai sekarang. Merek ini memang menawarkan banyak pilihan Mini 4WD yang bagus. Produknya bisa dikoleksi atau dijadikan jagoan di trek balap.


Kami akan memandu Anda memilih Tamiya Mini 4WD terbaik, serta membagikan rekomendasi produknya. Rekomendasi Tamiya Mini 4WD kami tentunya original. Magnum Saber bisa Anda jadikan nostalgia. Untuk balap STB atau STCB, seri Mini 4WD PRO dapat diandalkan. Selain itu, perhatikanlah kombinasi chassis dan roda yang dibutuhkan. Yuk, dimulai pembahasannya!

Diperbaharui 07-14-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih Tamiya Mini 4WD

Tamiya menghadirkan Mini 4WD dalam berbagai bentuk dan keunggulan. Desain dan komponen-komponen yang membangun sebuah produk akan membentuk performanya. Setiap poin yang perlu dipahami akan kami jabarkan untuk Anda di bawah ini.

① Kenali modelnya berdasarkan seri Tamiya Mini 4WD

Sejak 1986, Tamiya sudah merilis 14 seri Mini 4WD. Setiap seri diberi karakteristik tersendiri. Di Indonesia, ada empat seri yang populer. Kenali tiap serinya lewat penjelasan kami berikut.

Fully Cowled Mini 4WD: Modelnya dipopulerkan Magnum Saber dan Sonic Saber

Fully Cowled Mini 4WD: Modelnya dipopulerkan Magnum Saber dan Sonic Saber
Sumber: tamiya.com


Karakteristik utama dari Fully Cowled Mini 4WD adalah rangka yang tertutup rapat dengan bodi, termasuk rodanya. Desainnya cenderung lebih lebar dan rendah dibandingkan dengan yang lain.


Diameter roda seri ini juga kecil. Desain tersebut dimaksudkan agar mobil dapat mengatasi tekanan udara. Model yang paling terkenal dari seri ini tentunya adalah Magnum Saber dan Sonic Saber.

Mini 4WD PRO: Memperkenalkan mesin double-shaft

Mini 4WD PRO: Memperkenalkan mesin double-shaft
Sumber: tamiya.com

Karakteristik utama dari Mini 4WD PRO adalah dijalankan dengan dinamo double-shaft. Dinamo tersebut mendistribusikan tenaga ke masing-masing roda agar efisiensi kerjanya meningkat. Letak dinamo yang berada di tengah membagikan beban seimbang ke sisi depan dan belakang.

Mini 4WD REV: Diberikan teknologi pembuang panas

Mini 4WD REV: Diberikan teknologi pembuang panas
Sumber: tamiya.com

Mini 4WD REV dirilis sebagai peringatan ke-30 seri Mini 4WD dari Tamiya. Seri ini banyak mengambil model dari Racing Mini 4WD dan Mini 4WD PRO. Baru beberapa model yang benar-benar merupakan desain baru.


Seri Mini 4WD REV mengutamakan keamanan mesin, mulai dari bodi hingga sasisnya. Kedua bagian tersebut diberikan beberapa saluran udara. Dengan begitu, panas yang dihasilkan baterai bisa dibuang secepat mungkin.

Laser Mini 4WD: Terobosan paling mutakhir dengan laser part

Laser Mini 4WD: Terobosan paling mutakhir dengan laser part
Sumber: tamiya.com

Laser Mini 4WD merupakan seri Tamiya Mini 4WD terbaru yang dirilis pada 2021. Seri ini memiliki komponen unik yang disebut sebagai laser part. Komponen tersebut terbuat dari plastik ABS bening yang menyatu dengan sasis atau bodinya.


Laser part banyak berperan dalam keseimbangan mobil. Laser Mini 4WD tidak mudah oleng hingga keluar dari arena. Sebagai informasi, laser part pada setiap modelnya berbeda-beda.

② Pahami ragam jenis chassis Tamiya Mini 4WD

Chassis merupakan rangka bawah Tamiya Mini 4WD. Bagian ini berfungsi menampung dinamo, gir, dan baterai. Setiap jenis chassis Tamiya memberikan keunggulan yang berbeda. Berikut adalah penjelasan dari beberapa chassis yang populer di Indonesia.

Super-II: Akselerasi tinggi dan mampu menikung dengan cepat

Super-II merupakan chassis Tamiya terbaik dalam hal akselerasi dan performa menikung. Sasis ini merupakan pengembangan dari Super-I. Bumper depannya sudah diperkuat dan diperpanjang. Bagian tersebut bisa Anda pasangi bodi tambahan dari mobil lain, seperti Liberty Emperor dan Dash-001 Great Emperor.


Beberapa mobil dengan sasis ini diberi EX Side StayPart tersebut dapat dipasang di bagian tengah bawah sasis sebagai sayap. Bumper belakang Super-II dikencangkan dengan dua tombol putar dan baut. Tombol ON/OFF pun tak lagi digeser, tetapi diputar.


Super-II memiliki performa yang mirip dengan sasis VS yang dirilis 10 tahun sebelumnya. Namun, toleransi sasis ini untuk bisa dimodifikasi jauh lebih baik. Jenis chassis Tamiya ini bahkan sudah siap Anda gunakan untuk balapan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa stabilitasnya tidak bersaing di level terbaik.

AR: Seimbang di segala poin

AR: Seimbang di segala poin
Sumber: tamiya.com

AR tidak punya keunggulan khusus, tetapi performanya mumpuni secara keseluruhan. Jenis chassis Tamiya ini menawarkan akselerasi, performa menikung, dan keseimbangan yang baik. Strukturnya kukuh, memberi opsi modifikasi, serta mudah diutak-atik saat balapan. Bahkan, sasis ini dilengkapi saluran udara untuk membuang panas dari baterai.


Bodi AR sangat kaku dan kukuh dibandingkan dengan sasis yang lain. Performanya juga dianggap sebagai yang terbaik di antara sasis dengan dinamo belakang. Tidak heran kalau AR merupakan chassis Tamiya terbaik untuk STB. Namun, akselerasi dan performa tikungan sasis ini masih di bawah Super-II karena bobotnya.


Tombol ON/OFF sasis ini didesain melengkung agar tidak mudah bergeser saat mobil berjalan. Bagian tersebut juga bertindak sebagai pengunci panel baterai agar tidak mudah lepas. Penutup baterai dan dinamonya terletak di bagian bawah sehingga mudah diakses. Selain itu, bumper belakang sudah menjadi satu dengan sasis.

MA: Tangguh, stabil, dan mudah dimodifikasi

MA: Tangguh, stabil, dan mudah dimodifikasi
Sumber: tamiya.com


MA bersaing dengan Super-II soal performa di tikungan, tetapi kalah di akselerasi. Sebaliknya, MA adalah chassis Tamiya terbaik soal stabilitas dan ketangguhan. Stabilitasnya bahkan lebih baik dibandingkan AR yang merupakan sasis terberat. 


Bagian samping jenis chassis Tamiya ini bisa dipasangi Mass Damper Set. Part tersebut dapat membantu meredam pantulan saat mobil mendarat dari lompatan. Bumper depan dan belakangnya juga diperpanjang sehingga meningkatkan stabilitas dan kemampuan menikung dari mobil.


Sasis ini banyak mengadaptasi desain AR, termasuk rem di bumper belakang. Beberapa part dari sasis yang dirilis berikutnya cocok dengan MA. Perbedaannya, bagian bawah sasis ini tidak memiliki part sehingga lebih mulus.

FM-A: Desainnya aerodinamis dan menyalurkan panas

FM-A: Desainnya aerodinamis dan menyalurkan panas
Sumber: tamiya.com

FM-A (Front Midship Aero) memiliki performa yang bersanding dengan AR. Sasis ini mempunyai fitur multi-subframe design yang serupa dengan AR. FM-A ini bahkan dapat bersaing langsung dengan sasis Super XX dalam hal ketajaman pergerakan. Selain itu, jenis chassis Tamiya ini memiliki celah khusus untuk komponen pelengkap.

VZ: Rendah gesekan dan lebih awet daya

VZ: Rendah gesekan dan lebih awet daya
Sumber: tamiya.com

VZ merupakan sasis terbaru dari Tamiya. Mirip seperti sasis VS yang merupakan pendahulunya, VZ memiliki wheelbase yang pendek. Akan tetapi, jenis chassis Tamiya ini sudah dilengkapi gir carbon pinion yang dapat meningkatkan performanya


Karakteristik utama dari VZ adalah bahannya yang terbuat dari plastik polyoxymethylene (POM). Bahan ini dapat mengurangi gesekan berlebih dan lebih awet daya. Maka dari itu, mobil bisa berjalan dengan lebih mulus.

③ Ketahui diameter pelek dari Tamiya Mini 4WD

Diameter pelek Tamiya Mini 4WD akan menentukan akselerasi, kecepatan, dan performa di tikungan. Diameternya beragam dari small hingga ultra large. Namun, diameter pelek bawaan yang umum adalah small dan large.

Pelek kecil, lebih gesit dan cepat di tikungan

Pelek kecil, lebih gesit dan cepat di tikungan
Sumber: tamiya.com


Pelek small membuat roda hanya sedikit bergesekan dengan lintasan. Selain itu, jarak lintasan dan permukaan sasisnya menjadi rendah sehingga gesit di tikungan.


Pelek berdiameter 17 mm ini memberikan akselerasi yang baik. Mobil akan langsung melaju kencang saat start. Namun, kecepatannya di bawah pelek large. Pelek ini akan beradaptasi dengan baik di lintasan penuh tikungan.

Pelek besar, stabil di jalan lurus

Pelek besar, stabil di jalan lurus
Sumber: tamiya.com

Pelek large beradaptasi lebih baik di lintasan dengan banyak jalan lurus. Dengan diameter 23 mm, pelek ini mendukung kecepatan tinggi yang dimiliki mobil. Akan tetapi, akselerasinya lebih rendah dari pelek small.


Pelek ini juga kurang stabil di tikungan. Untuk mendapat keseimbangan, pelek ini perlu diberikan jenis ban yang memberi karakteristik berbeda.

④ Perhatikan lebar dan jenis ban Tamiya Mini 4WD

Selain diameter pelek, Anda harus memperhatikan ban Tamiya Mini 4WD. Dua hal yang perlu Anda periksa adalah lebar dan jenis ban. Dua komponen tersebut perlu dipahami agar performa produk sesuai dengan ekspektasi Anda.

Lebar ban, menentukan akselerasi dan kecepatan

Lebar ban, menentukan akselerasi dan kecepatan
Sumber: tamiya.com

Selain diameter pelek, lebar ban akan memengaruhi performa mobil. Lebar ban bervariasi, mulai dari narrow sampai super wide. Ban narrow dan wide lebih umum dijumpai sebagai part bawaan model.


Ban narrow mendukung akselerasi dan kecepatan maksimal mobil. Mesin akan menyalurkan energi secara efisien karena gesekan roda dengan lintasan lebih minim. Ban berukuran lebar 11 mm ini akan optimal digunakan untuk lintasan lurus. 


Sebaliknya, ban wide lebih cocok untuk lintasan penuh tikungan. Permukaan ban dengan ukuran lebar 15 mm ini membuat roda dapat mencengkeram permukaan lintasan. Struktur tersebut memberi stabilitas untuk mobil saat menikung.

Jenis ban, berpengaruh pada performa pendaratan mobil

Jenis ban, berpengaruh pada performa pendaratan mobil
Sumber: tamiya.com


Faktor berikutnya yang akan menentukan performa mobil adalah jenis ban. Tingkat kekerasan ban berbeda-beda tergantung jenis yang digunakan. Ada yang soft, medium, hard, hingga super-hard. Ban soft dan super-hard biasanya ada di model limited edition atau dijual terpisah. Level medium dan hard lebih umum dijumpai sebagai ban bawaan model.


Makin tinggi level bannya, makin rendah pantulannya saat mendarat dari lompatan. Sebaliknya, makin rendah level bannya, makin tinggi akselerasi yang diberikan. Ban soft dan medium cocok untuk lintasan lurus. Sementara itu, lintasan penuh tikungan serta tanjakan cocok untuk ban hard dan ultra hard.

10 Rekomendasi Tamiya Mini 4WD terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Tamiya Mini 4WD terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Tamiya

Magnum Saber Premium

Tamiya Magnum Saber Premium 1枚目

Penuh kenangan, wajib dikoleksi penggemar Let's & Go!!

2

Tamiya

Razorback

Tamiya Razorback 1枚目

Pemenang desain terbaik dalam kontes Mini 4WD

3

Tamiya

Sonic Saber Premium

Tamiya  Sonic Saber Premium  1枚目

Mudah dirakit pemula, enak dinikmati performanya

4

Tamiya

Roborace DevBot 2.0

Tamiya Roborace DevBot 2.0  1枚目

Mempercantik ruangan dengan desainnya yang classy

5

Tamiya

Toyota Gazoo Racing WRT/Yaris WRC

Tamiya Toyota Gazoo Racing WRT/Yaris WRC 1枚目

Terinspirasi dari mobil balap sungguhan, tampil lebih realistis

6

Tamiya

Mach Frame

Tamiya Mach Frame  1枚目

Komponen bodinya menarik untuk dikustomisasi

7

Tamiya

Flame Astute

Tamiya Flame Astute 1枚目

Melaju kencang di lintasan lurus

8

Tamiya

Lord Spirit

Tamiya  Lord Spirit  1枚目

Desain futuristik yang memberi sentuhan baru untuk Tamiya Mini 4WD

9

Tamiya

Jadow A

Tamiya  Jadow A 1枚目

Dengan rear high mount roller stay yang memberikan stabilitas tinggi

10

Tamiya

Brocken Gigant Jet-Black Special

Tamiya Brocken Gigant Jet-Black Special 1枚目

Dirilis eksklusif untuk Indonesia, wajib dikoleksi penggemar Tamiya

Perincian produk
Close
No.1

TamiyaMagnum Saber Premium19431

Mulai dari Rp150.000,00

Penuh kenangan, wajib dikoleksi penggemar Let's & Go!!

Kelebihan: 

  • Menggunakan sasis Super-II yang lebih kukuh

Kekurangan: 

  • Stiker tidak mudah dilipat dengan rapi di sisi yang bengkok

Magnum Saber Premium menggunakan sasis Super-II yang diperkuat. Materialnya lebih baik dari yang digunakan sasis standar. Karena sudah kukuh, beberapa bagian sasis bisa dilepas tanpa mengurangi ketangguhannya. 


Meskipun bukan mobil pertama dari Go Seiba, model ini justru yang dikenang penggemar. Versi ini tampil sedikit berbeda dari versi aslinya. Namun, produk ini lebih cocok untuk balapan. Jangan lewatkan Tamiya yang bagus ini jika ingin bernostalgia dengan masa lalu Anda.

No.2

Pemenang desain terbaik dalam kontes Mini 4WD

Kelebihan: 

  • Dapat dipasangkan dengan berbagai Grade-Up Parts

Kekurangan: 

  • Pengait dinamo berbentuk horizontal yang mudah patah

 

Produk ini menggunakan desain pemenang kontes yang terinspirasi dari wild boar. Tidak hanya desainnya yang unggul, performa Tamiya dinamo depan ini juga mumpuni untuk STB dan STCB. Anda bahkan dapat memasang berbagai Grade-Up Parts dari Tamiya untuk meningkatkan performanya. Maka dari itu, Razorback merupakan salah satu Tamiya Mini 4WD terbaik untuk base STCB.

No.3

Tamiya Sonic Saber Premium 19432

Mulai dari Rp151.000,00

Mudah dirakit pemula, enak dinikmati performanya

Kelebihan:

  • Performanya merata di segala sisi, bersahabat untuk pemula

Kekurangan: 

  • Stiker tidak mudah dilipat dengan rapi di sisi yang bengkok 

Mobil andalan Retsu Seiba ini adalah salah satu Tamiya Mini 4WD terbaik untuk Anda yang pemula. Performanya merata di segala sisi sehingga Anda bisa menikmatinya melaju di trek dengan mulus. Selain itu, dinamo bawaannya tidak akan membuat Sonic Saber Premium keluar dari lintasan dengan mudah.

No.4

TamiyaRoborace DevBot 2.0 18656

Mulai dari Rp165.000,00

Mempercantik ruangan dengan desainnya yang classy

Kelebihan:

  • Tampil berbeda dari model lainnya, cocok dikoleksi pemula ataupun kolektor

Kekurangan:

  • Tidak ada part dengan performa yang menonjol  

Produk ini cocok untuk penikmat Tamiya Mini 4WD yang tidak terlalu hobi mengutak-atik mobil. Pasalnya, Roborace DevBot 2.0 memiliki desain classy yang membuatnya layak dikoleksi. Namun, performanya memang tidak setinggi model yang lain. Meski begitu, performa mobil ini sudah didukung dengan baik oleh sasis MA.

No.5

TamiyaToyota Gazoo Racing WRT/Yaris WRC18654

Mulai dari Rp179.000,00

Terinspirasi dari mobil balap sungguhan, tampil lebih realistis

Kelebihan:

  • Penampilan realistis yang menawan sebagai pajangan 

Kekurangan:

  • Desain kurang aerodinamis sehingga tidak secepat yang lain 

Toyota Gazoo Racing WRT merupakan mobil balap rally. Jadi, Tamiya Mini 4WD ini cocok bagi Anda yang menyukai miniatur mobil asli. Memang jika dilihat sekilas, tampilan produk ini tidak terlihat aerodinamis untuk ukuran Mini 4WD. Meskipun demikian, Anda tetap bisa menikmati pergerakan Toyota Gazoo Racing WRT/Yaris WRC di lintasan.

No.6

Komponen bodinya menarik untuk dikustomisasi

Kelebihan:

  • Bisa disilangkan dengan Mach Frame Black Special
  • Banyak kemungkinan kustomisasi warna

Kekurangan: 

  • Pengait dinamo berbentuk horizontal yang mudah patah 

Anda mencari Tamiya yang bagus untuk dikustomisasi? Kalau begitu, produk ini dapat dipertimbangkan. Tidak seperti mobil lainnya, bodi Mach Frame terdiri dari empat bagian. Anda dapat menyilangkannya dengan Mach Frame Black Special. Struktur bodi tersebut juga membuat warnanya mudah dikustomisasi sesuka hati. Sasis Tamiya dinamo depan ini pun sudah bagus untuk balapan.

No.7

TamiyaFlame Astute18705

Mulai dari Rp149.000,00

Melaju kencang di lintasan lurus

Kelebihan: 

  • Performa bawaan sudah mumpuni untuk sirkuit tipe NASCAR

Kekurangan: 

  • Perlu modifikasi untuk beradaptasi di trek penuh tikungan

Produk ini termasuk model yang diandalkan di ajang STB. Flame Astute adalah salah satu mobil yang paling kencang di lintasan lurus. Bila Anda mencari rekomendasi Tamiya STB terbaik untuk sirkuit tipe NASCAR, jangan ragu memilihnya. Perlu diketahui, mobil ini membutuhkan modifikasi untuk mengeluarkan potensi terbaiknya di lintasan technical.

No.8

Tamiya Lord Spirit 19801

Mulai dari Rp190.000,00

Desain futuristik yang memberi sentuhan baru untuk Tamiya Mini 4WD

Kelebihan:

  • Bumper belakang dapat menstabilkan kecepatan saat menanjak

Kekurangan:

  • Model pertama dari Laser Mini 4WD, performa belum maksimal

Mobil yang tidak stabil akan mudah keluar dari trek. Untuk menghindari hal itu, gunakanlah Lord Spirit. Tamiya Mini 4WD ini memiliki front stabilizer yang dapat mencegahnya keluar dari trek.


Desain bodi produk ini akan menstabilkan mobil kembali dari kemiringan saat menikung. Karena itu, produk ini cocok bagi Anda yang mengutamakan stabilitas.

No.9

Dengan rear high mount roller stay yang memberikan stabilitas tinggi

Kelebihan:

  • Cukup stabil untuk STB di lintasan penuh tikungan

Kekurangan:

  • Tidak ada rem di bumper belakang sehingga rawan membal saat mendarat

Jadow A merupakan salah satu mobil Tamiya Mini 4WD terbaru dengan fitur laser parts. Berbeda dari Lord Spirit yang merupakan pendahulunya, Jadow A diberikan rear high mount roller stay. Part tersebut memberikan stabilitas lebih baik saat mobil berpindah jalur.


Anda dapat memainkan mobil ini di berbagai macam sirkuit yang ekstrem sekalipun. Bagi Anda yang mencari rekomendasi Tamiya STB terbaik untuk lintasan technical, Jadow A bisa dicoba.

No.10

TamiyaBrocken Gigant Jet-Black Special92351

Mulai dari Rp1.500.000,00

Dirilis eksklusif untuk Indonesia, wajib dikoleksi penggemar Tamiya

Kelebihan:
  • Bernilai tinggi sebagai koleksi pribadi 

Kekurangan:

  • Tidak banyak part yang berbeda dari edisi Brocken Gigant lain

Memiliki Brocken Gigant Jet-Black Special akan membuat Anda spesial. Tamiya secara eksklusif merilis produk ini untuk Indonesia! Ya, bahkan penggemar Mini 4WD di belahan dunia lain turut memburunya. Bila Anda ingin mengoleksi Tamiya Mini 4WD yang langka, jangan lewatkan produk ini.


Jika ingin, Anda juga bisa menerjunkannya ke arena balap. Sasis Super-FM cukup bersahabat untuk pemula. Bahkan, sasisnya tidak menggunakan material ABS seperti umumnya. Sasis produk ini berbahan nilon campuran karbon yang merupakan material terkuat. Sasisnya tidak akan mudah kehilangan tenaga saat balapan.

Dinamo apa yang terbaik untuk Tamiya Mini 4WD?

Dinamo apa yang terbaik untuk Tamiya Mini 4WD?
Sumber: tamiya.com

Perihal dinamo atau mesin yang merupakan sumber tenaga Mini 4WD memang selalu menjadi pertanyaan. Manakah yang terbaik di antara semuanya? Bagi Anda yang hanya ingin mengoleksi produk Tamiya Mini 4WD, tentu tidak perlu dipusingkan dengan pertanyaan tersebut. Penggantian dinamo hanya diperlukan untuk ajang balapan.


Produk yang kami rekomendasikan untuk Anda sudah dilengkapi dinamo. Hanya saja, dinamo bawaan produk umumnya adalah yang paling standar. Perlu diketahui, ajang STB memang hanya memperbolehkan penggunaan dinamo bawaan.


Dinamo baru mobil boleh diganti di ajang STCB. Kategorinya juga terbatas di dinamo seri Tuned saja. Dinamo dari seri tersebut adalah Torque-Tuned, Atomic-Tuned, dan Rev-Tuned. Anda bisa mengganti dinamo bawaan dengan seri Tuned untuk meningkatkan performa mobil.


Yang perlu dicatat, part lain dari mobil juga perlu disesuaikan. Dinamo terbaik adalah yang sesuai dengan kondisi mobilnya. Jika mesin dinamo tidak didukung dengan part mumpuni, potensinya tidak akan keluar.

Baca juga rekomendasi dinamo Tamiya dan mainan rakitan lainnya di sini

Merakit dan mengoleksi Tamiya Mini 4WD memang menyenangkan. Kami juga masih punya rekomendasi dinamo yang cocok serta mainan lainnya yang bisa dirakit dan dikoleksi, seperti Beyblade dan GUNDAM. Yuk, kunjungi artikel-artikel berikut untuk menambah koleksi Anda!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan Tamiya Mini 4WD yang dicari? Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Ada yang cocok untuk balapan, ada juga yang menarik sebagai koleksi di lemari pajangan.


Selain seru dimainkan, produknya bisa menjadi nostalgia untuk beberapa orang. Permainannya tidak lekang oleh waktu. Bahkan, Tamiya masih merilis produk-produk baru untuk Anda. Selamat bersenang-senang dengan Tamiya Mini 4WD terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer