• 10 Rekomendasi Kipas Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kipas Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kipas Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kipas Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kipas Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kipas Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kipas gantung atau ceiling fan praktis untuk digunakan karena Anda tidak perlu menyediakan area khusus untuk penempatannya. Terlebih lagi, kini kipas gantung makin fungsional untuk digunakan karena ada yang sudah dilengkapi lampu. Anda pun bisa dengan mudah menemukan kipas angin gantung yang bagus dengan ukuran kecil dan besar di pasaran.


Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Setelah itu, kami akan merekomendasikan kipas angin gantung terbaik merek Maspion, Panasonic, EDMA, dan sebagainya di artikel ini. Mari simak pembahasan kami selengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 Juni 2022
Daftar isi

Tabel perbandingan produk kipas gantung terbaik

Gambar produk
1
Arashi Helifan 30W 1

Arashi

2
Uchida Ceiling Fan 1

Uchida

3
Star Cosmos Cosmos Fan – Wall 1

Star Cosmos

4
MT.EDMA 30in Pilot 1

MT.EDMA

5
MT.EDMA 52in Infinity Plus 1

MT.EDMA

6
MT.EDMA 42in Bloom 1

MT.EDMA

7
Maspion Ceiling Fan 1

Maspion

8
Mitsubishi Electric Corporation Ceiling Fan 1

Mitsubishi Electric Corporation

9
Panasonic Ceiling Fan 1

Panasonic

10
MT.EDMA 36in Fanaway 1

MT.EDMA

Nama produk

Helifan 30W

Ceiling Fan

Cosmos Fan – Wall

30in Pilot

52in Infinity Plus

42in Bloom

Ceiling Fan

Ceiling Fan

Ceiling Fan

36in Fanaway

Keunggulan

Harganya ekonomis, ramah untuk kantong Anda

Desain kipas angin estetik untuk melengkapi ruangan Anda

Jangkau seluruh area ruangan tanpa terkecuali

Colorful dan akan menyemarakkan kamar si kecil

Empat lampunya beri pencahayaan lebih ke segala sisi

Seolah ada bunga mekar di langit-langit rumah Anda

Embuskan angin dingin dengan lima pengaturan kecepatan

Kipas gantung minimalis ber-remote yang ekonomis

Bilahnya terbuat dari baja, dijamin lebih awet!

Kipasnya tersembunyi, serasa lampu ruangan normal!

Harga mulai dariRp 51.000,00Rp 635.000,00Rp 415.000,00Rp 1.150.000,00Rp 1.350.000,00Rp 2.250.000,00Rp 504.000,00Rp 1.849.000,00Rp 1.590.000,00Rp 3.375.000,00
Jumlah bilah kipas4436563544
Ukuran90 cm (35 inci)42 inci16 inci30 inci52 inci42 inci48 inci56 inci56 inci36 inci
Cara mengaktifkanSakelarTaliSakelarTaliTaliRemote controlSakelarRemote controlRemote controlRemote control
Konsumsi listrik ・Perkiraan biaya listrik (8 jam per hari, 30 hari)30 watt ・±Rp10.40255 watt ・±Rp19.07046 watt ・±Rp16.195,0050 watt・±Rp17.336 (tanpa lampu)65 watt ・±Rp22.537 (tanpa lampu)60 watt ・±Rp20.804 (tanpa lampu)70 watt ・±Rp24.27157,5 watt・±Rp19.93759 watt ・±Rp20.45765 watt ・±Rp22.537 (tanpa lampu)
Keunggulan tambahanTidak adaLampuTidak adaLampuLampuKipas lipat dan lampuTidak adaTimer (1,2,4, dan 8 jam)Sleep mode, timerKipas lipat dan lampu
Tautan produk

Cara memilih kipas gantung

Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli kipas gantung. Berikut penjelasan kami lebih detail.

Perhatikan jumlah bilah kipasnya

Perhatikan jumlah bilah kipasnya

Anda akan menemukan kipas dengan tiga, empat, atau lima bilah. Mungkin Anda selama ini berpikir perbedaan bilah tersebut tidak berpengaruh terhadap performa kipas. Namun, nyatanya perbedaan jumlah bilah akan memengaruhi performa kipas, lho. Berikut keuntungan kipas dengan bilah lebih banyak.


  • Kipas dengan bilah atau baling-baling lebih banyak akan menghasilkan udara lebih dingin ketimbang kipas yang memiliki baling-baling lebih sedikit
  • Embusan udara yang dihasilkan juga lebih terasa nyaman tanpa menimbulkan suara bising
  • Putaran kipas juga akan lebih stabil apabila memiliki bilah lebih banyak

Ketahui ukuran diameter kipas

Ketahui ukuran diameter kipas

Ukuran diameter kipas juga termasuk hal yang patut masuk dalam perhitungan Anda sebelum memutuskan membeli suatu produk. Makin besar diameter kipas, makin luas juga area yang bisa didinginkan oleh kipas tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyesuaikannya dengan luas ruangan Anda.


Selain itu, memilih kipas dengan diameter yang sesuai juga akan memengaruhi impresi terhadap ruangan. Jika Anda menaruh kipas gantung berukuran besar di ruangan sempit, tentu kipas akan tampak terlalu menonjol. Sebaliknya, apabila kipas gantung kecil ditempatkan di ruangan yang terlalu luas, fungsinya tidak akan optimal dan terlihat tidak match.

Pertimbangkan cara mengaktifkan yang paling sesuai

Ada tiga cara untuk mengaktifkan kipas gantung, yakni menggunakan tali, sakelar, dan remote control. Masing-masing metode memiliki kelebihan tersendiri, pilihlah yang Anda rasa paling cocok dengan preferensi Anda.

Tali: Klasik dan bebas kabel melintang

Tali: Klasik dan bebas kabel melintang

Keberadaan tali membuat kipas gantung terlihat makin elegan sekaligus klasik. Tidak hanya itu, ruangan Anda pun juga menjadi makin rapi karena bebas sambungan kabel. Sayangnya, seiring dengan penggunaan dan berjalannya waktu, tali kipas berisiko terputus. Bila hal tersebut terjadi, Anda perlu meluangkan waktu dan effort lebih untuk memperbaiki, atau bahkan mengganti talinya.

Sakelar: Mudah dioperasikan oleh siapa saja

Sakelar: Mudah dioperasikan oleh siapa saja

Tali kipas gantung menempel di kipas sehingga sering kali Anda perlu berjinjit atau merentangkan tangan untuk menggapainya. Bagi sebagian orang, terutama anak kecil atau orang yang sudah berumur, hal tersebut bisa terasa merepotkan.


Nah, kipas yang diaktifkan menggunakan sakelar biasanya dilengkapi kabel sakelar yang cukup panjang. Dengan begitu, sakelar kipas gantung pun bisa Anda tempatkan di berbagai lokasi yang mudah dijangkau. Tidak hanya itu, sakelar bukanlah hal yang asing bagi orang Indonesia. Hal tersebut membuat kipas angin dengan sakelar mudah dioperasikan oleh orang dari beragam kalangan usia.

Remote control: Atur kipas dari kejauhan pun bisa!

Remote control: Atur kipas dari kejauhan pun bisa!

Seiring dengan perkembangan teknologi, kipas gantung high-tech pun terus bermunculan. Sisi futuristis tersebut ditonjolkan salah satunya melalui kehadiran remote control. Dengan menggunakan remote control, mengatur kipas angin sembari santai dari jarak jauh pun memungkinkan. 


Namun, Anda perlu mengganti baterainya secara berkala. Selain itu, user interface remote control bisa terlihat membingungkan untuk anak-anak dan orang lanjut usia. Pastikan Anda mengajarkan cara penggunaannya dahulu agar semua anggota keluarga bisa menggunakannya dengan mudah, ya!

Periksa konsumsi listriknya

Periksa konsumsi listriknya

Saat memasuki musim kemarau, hujan jarang turun dan bisa mengakibatkan udara senantiasa terasa panas. Bisa jadi Anda akan menyalakan kipas gantung seharian untuk mendinginkan udara. Nah, untuk itulah Anda perlu memeriksa daya listrik dari kipas gantung pilihan Anda. Dengan begitu, Anda pun bisa mengetahui perkiraan biaya penggunaan kipas gantung dalam sebulan. 


Tenang saja, cara untuk memperkirakan biaya konsumsi listrik kipas gantung tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan rumus: daya listrik x jam pemakaian x jumlah hari dalam sebulan. Rumusan tersebut digunakan untuk mengetahui konsumsi listrik kipas gantung per bulan.


Kipas gantung umumnya digunakan setidaknya 8 jam, yaitu saat Anda tidur di malam hari. Kemudian, untuk mempermudah penghitungan, kami asumsikan jumlah hari dalam sebulan adalah 30. Berdasarkan perhitungan tersebut, kipas gantung 50 watt mengonsumsi listrik 50 x 8 x 30 = 12.000 watt per bulan. 


Lalu, Anda harus mengubahnya menjadi kilowatt (kWh) karena PLN menghitung pemakaian listrik menggunakan satuan tersebut. Caranya mudah, angka tersebut langsung Anda bagi saja dengan 1.000, yaitu 12.000 : 1.000 = 12 kWh.


Lalu, berapa biayanya? Untuk mengetahuinya, Anda perlu mengalikan angka kWh tersebut sesuai tarif golongan listrik di tempat Anda. Anggap saja tarif yang digunakan adalah Rp1.444,70. Jika demikian, biaya bulanan listrik kipas gantung tersebut adalah 12 x Rp1.444,70 = Rp17.336,40. Penting untuk diingat, perhitungan ini masih bisa berubah bila durasi dan hari penggunaan kipas bertambah atau berkurang.


Berdasarkan contoh di atas, kipas gantung dalam daftar rekomendasi di artikel ini juga akan kami cantumkan gambaran biaya penggunaannya. Dengan begitu, Anda pun akan makin mudah menentukan produk yang paling tepat untuk Anda gunakan.

Perhatikan keunggulan tambahan yang dimiliki

Untuk menambah daya tariknya, tidak jarang kipas gantung dilengkapi keunggulan tambahan berupa lampu atau kipas lipat. Silakan simak penjelasan kami hingga tuntas.

Lampu, berikan penerangan lebih dalam ruangan

Lampu, berikan penerangan lebih dalam ruangan

Bila Anda membeli kipas gantung yang dilengkapi lampu, Anda tidak perlu repot lagi memasang kipas dan lampu secara terpisah. Tidak hanya itu, adanya lampu pada kipas gantung juga dapat membuat ruangan terkesan lebih eksotis dan berkelas.

Kipas lipat/foldable, sleek dan unik

Saat ini, Anda juga akan menemukan kipas gantung yang bilah kipasnya bisa dilipat atau disebut juga foldable, lho! dalam kondisi terlipat, kipas terlihat lebih minimalis dan sleek. Hal tersebut dapat membuat ambience ruangan secara keseluruhan terasa makin rapi dan simpel. 


Tidak hanya itu, bentuknya yang terlipat dapat memberikan aksen unik plus kontemporer dalam ruangan. Anda pun dapat menunjukkan sisi stylish dalam diri Anda dengan memasang kipas gantung foldable

10 Rekomendasi kipas gantung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kipas gantung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Jumlah bilah kipas4
Ukuran36 inci
Cara mengaktifkanRemote control
Konsumsi listrik ・Perkiraan biaya listrik (8 jam per hari, 30 hari)65 watt ・±Rp22.537 (tanpa lampu)
Keunggulan tambahanKipas lipat dan lampu
9
Jumlah bilah kipas4
Ukuran56 inci
Cara mengaktifkanRemote control
Konsumsi listrik ・Perkiraan biaya listrik (8 jam per hari, 30 hari)59 watt ・±Rp20.457
Keunggulan tambahanSleep mode, timer
8

Mitsubishi Electric CorporationCeiling Fan

C56-RQ5

Mulai dari Rp 1.849.000,00

Jumlah bilah kipas5
Ukuran56 inci
Cara mengaktifkanRemote control
Konsumsi listrik ・Perkiraan biaya listrik (8 jam per hari, 30 hari)57,5 watt・±Rp19.937
Keunggulan tambahanTimer (1,2,4, dan 8 jam)
7
Jumlah bilah kipas3
Ukuran48 inci
Cara mengaktifkanSakelar
Konsumsi listrik ・Perkiraan biaya listrik (8 jam per hari, 30 hari)70 watt ・±Rp24.271
Keunggulan tambahanTidak ada
6
Jumlah bilah kipas6
Ukuran42 inci
Cara mengaktifkanRemote control
Konsumsi listrik ・Perkiraan biaya listrik (8 jam per hari, 30 hari)60 watt ・±Rp20.804 (tanpa lampu)
Keunggulan tambahanKipas lipat dan lampu
5
Jumlah bilah kipas5
Ukuran52 inci
Cara mengaktifkanTali
Konsumsi listrik ・Perkiraan biaya listrik (8 jam per hari, 30 hari)65 watt ・±Rp22.537 (tanpa lampu)
Keunggulan tambahanLampu
4
Jumlah bilah kipas6
Ukuran30 inci
Cara mengaktifkanTali
Konsumsi listrik ・Perkiraan biaya listrik (8 jam per hari, 30 hari)50 watt・±Rp17.336 (tanpa lampu)
Keunggulan tambahanLampu
3

Star CosmosCosmos Fan – Wall

16-COCN

Mulai dari Rp 415.000,00

Jumlah bilah kipas3
Ukuran16 inci
Cara mengaktifkanSakelar
Konsumsi listrik ・Perkiraan biaya listrik (8 jam per hari, 30 hari)46 watt ・±Rp16.195,00
Keunggulan tambahanTidak ada
2
Jumlah bilah kipas4
Ukuran42 inci
Cara mengaktifkanTali
Konsumsi listrik ・Perkiraan biaya listrik (8 jam per hari, 30 hari)55 watt ・±Rp19.070
Keunggulan tambahanLampu
1
Jumlah bilah kipas4
Ukuran90 cm (35 inci)
Cara mengaktifkanSakelar
Konsumsi listrik ・Perkiraan biaya listrik (8 jam per hari, 30 hari)30 watt ・±Rp10.402
Keunggulan tambahanTidak ada

Baca juga rekomendasi kipas angin merek lainnya di sini

Kami juga memiliki berbagai rekomendasi kipas angin dari merek lainnya di bawah ini. Jika tertarik, klik tautan berikut dan temukan produk yang paling tepat untuk Anda miliki!

Kesimpulan

Kipas gantung adalah solusi hemat tempat untuk mendinginkan ruangan yang memiliki sisa space terbatas. Sebelum membeli, pastikan Anda telah mengecek dahulu jumlah bilah kipas dan konsumsi listriknya.


Tidak hanya itu, perhatikan juga cara mengaktifkannya. Hal tersebut penting mengingat produk bertali, bersakelar, atau yang menggunakan remote control sama-sama memiliki kelebihan tersendiri. Jangan lupa juga untuk memastikan ada tidaknya keunggulan tambahan pada produk incaran. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, air purifier menjadi pembersih udara ruangan yang sering dicari di pasaran. Jenis yang dicari pun beragam. Ada air purifier kecil untuk mobil dan ada air purifier besar untuk diletakkan di ruangan. Ada pula produk air purifier yang dilengkapi berbagai fitur, salah satunya filter HEPA.Anda akan menemukan banyak merek air purifier terbaik yang bagus, seperti Samsung, Xiaomi, hingga Phillips. Ada pula merek lain, seperti Daikin, Panasonic, Sharp yang khas karakteristiknya. Kami telah mengulas semuanya itu di sini untuk Anda. Selamat membaca!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kipas angin dinding sering dipasang di ruangan kelas, kamar tidur, atau warung makan. Seperti namanya, kipas ini dipasang di dinding sehingga ideal untuk ruangan kecil. Selain hemat tempat, daya tarik kipas ini adalah harganya yang terjangkau. Kipas ini identik dengan tali yang menjulur ke bawah untuk menyalakannya. Namun, kini ada kipas dinding tipe remote juga, lho.Kali ini, kami akan mengulas keunggulan, tips memilih, hingga rekomendasi kipas angin dinding terbaik. Merek kipas ternama yang bagus, seperti Cosmos, Panasonic, Maspion, Miyako, dan Sanex juga ada dalam rekomendasi kami. Yuk, simak pembahasannya!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Air cooler adalah penyejuk ruangan yang fleksibel dan bisa melembapkan udara. Dibandingkan dengan AC, air cooler lebih ramah lingkungan. Udara yang dihasilkan air cooler juga lebih sejuk daripada kipas angin. Karena digemari masyarakat, merek seperti SHARP, Midea, dan Krisbow berlomba-lomba menawarkan air cooler yang bagus.Dengan banyaknya air cooler di pasaran, Anda mungkin jadi bingung dalam memilih. Tenang saja. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih air cooler. Review produk air cooler terbaik juga akan kami ulas setelahnya. Simak pembahasannya dan temukan air cooler terbaik untuk menyejukkan kamar Anda!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Air Purifier HEPA Filter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Air Purifier HEPA Filter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tinggal di perkotaan membuat kualitas udara yang dihirup tidak begitu sehat karena sudah tercemar polusi, debu, dan kuman. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan air purifier, yaitu alat untuk membersihkan udara. Dari sekian banyak alat pembersih udara, air purifier HEPA filter layak dipertimbangkan karena mampu menyaring polutan dan meredakan alergi.Apakah Anda tertarik untuk memilikinya? Nah, kebetulan kali ini kami akan membahas rekomendasi air purifier HEPA filter yang bagus dari berbagai merek. Ada Xiaomi, Philips, dan lainnya. Namun, sebelum Anda melihat rekomendasi produk dari kami, simaklah pembahasan di bawah ini terlebih dahulu.
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tinggal di negara tropis membuat Anda harus bersahabat dengan cuaca panas sepanjang hari. AC tentu bisa menyejukkan rumah Anda, tetapi bagaimana jika listrik rumah Anda terbatas? Kipas angin adalah alternatif yang bisa Anda coba.Harga yang terjangkau dan hemat listrik menjadi kelebihan dari kipas angin. Anda bisa memilih merek lokal yang bagus, seperti Cosmos, Maspion, Miyako, atau bahkan merek luar negeri. Kini, kami akan membantu Anda memilih kipas angin terbaik. Baca sampai habis dan temukan rekomendasi produk terbaik dari kami!
    Penyejuk & pembersih udara
  • 10 Rekomendasi Exhaust Fan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Exhaust Fan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ruangan dengan sirkulasi udara yang baik terasa lebih sejuk dan nyaman dihuni. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa membeli exhaust fan. Ukuran dan lokasi pemasangan exhaust fan sangatlah beragam, bisa jadi Anda akan kebingungan saat hendak membelinya.Tenang saja, artikel ini kami hadirkan untuk menjawab permasalahan Anda. Cara memilih dan rekomendasi exhaust fan terbaik akan kami berikan untuk Anda. Ada exhaust fan berkualitas keluaran Panasonic, Mitsubishi Electric, Maspion, dan lainnya. Kami harap Anda bisa mendapatkan exhaust fan dari salah satu merek yang bagus tersebut.
    Penyejuk & pembersih udara
  • 8 Rekomendasi Kipas Angin Midea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Kipas Angin Midea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa orang lebih memilih kipas angin dibanding menggunakan AC karena lebih hemat listrik. Kipas angin Midea adalah salah satu merek yang bagus dan banyak dicari orang. Kipas angin merek Midea harganya juga terjangkau sehingga banyak orang menyukainya.Banyaknya model dan jenis Midea kipas angin mungkin bisa membuat Anda bingung dalam menentukan. Untuk itu, kami akan memaparkan tips memilih dan juga merekomendasi produk terbaiknya bagi Anda. Ada kipas angin dinding FW40-6H, kipas angin gantung, kipas angin berdiri FS40-10N, hingga kipas angin duduk. Jadi, simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Penyejuk & pembersih udara
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori