mybest
Kamus

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Buku
  3. Buku akademik
  4. 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Kamus Bahasa Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Saat ini banyak orang yang masih kurang memahami penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal itu disebabkan lebih seringnya menggunakan bahasa slang dan bahasa asing. Untuk itu, kamus bahasa Indonesia pun harus Anda miliki agar bisa menggunakan pilihan kata bahasa Indonesia yang tepat.


Agar Anda mendapatkan produk yang sesuai, kami akan memberikan tips memilih kamus bahasa Indonesia yang bagus. Anda akan menemukan Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Kata Baku Bahasa Indonesia, dan Kamus Istilah Sastra di artikel ini. Untuk itu, pastikan Anda menyimak dari awal hingga akhir, ya. 

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Pentingnya belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar

Pentingnya belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar

Meskipun tinggal di Indonesia dan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, apakah bahasa yang Anda gunakan sudah baik dan benar? Sebenarnya, saat ini masih banyak orang Indonesia yang belum memahami dan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat. Salah satu contoh kasusnya, banyak yang belum bisa membedakan antara kata baku dan tidak baku.

 
Salah satu cara agar Anda memahami bahasa Indonesia dengan baik adalah dengan mempelajari kamus bahasa Indonesia. Dengan cara tersebut, Anda bisa memperkaya wawasan terkait kosakata bahasa Indonesia sekaligus menambah rasa cinta Anda terhadap tanah air.


Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar saat berkomunikasi bisa menjadikan lawan bicara lebih menaruh respek kepada Anda. Anda pun akan terlihat makin berwibawa dan berkarisma. Untuk itu, jangan lelah mempelajari dan mempraktikkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada berbagai kesempatan, ya!

Cara memilih kamus bahasa Indonesia

Setelah mengetahui pentingnya belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar, kini saatnya kami informasikan tips memilih kamus yang tepat. Ada tiga poin yang perlu diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan kamus bahasa Indonesia terbaik. Yuk, kita kupas satu-satu.

1

Pilihlah jenis kamus yang sesuai dengan kebutuhan

Berdasarkan sasarannya, kamus bahasa Indonesia di pasaran terbagi menjadi tiga jenis, yaitu untuk pelajar, umum, dan kepentingan spesialisasi. Setiap jenis kamus tentu memiliki isi dan fungsi yang berbeda, menyesuaikan dengan sasaran yang dituju.

Untuk pelajar, pilih kamus yang sesuai dengan tingkat pendidikan

Untuk pelajar, pilih kamus yang sesuai dengan tingkat pendidikan
Sumber: gpu.id

Bagi kaum pelajar, kamus bahasa Indonesia menjadi salah satu buku pegangan belajar bahasa Indonesia yang mesti dimiliki. Kamus bahasa Indonesia untuk pelajar biasanya memiliki materi tambahan yang dapat menunjang pembelajaran


Sebagai contoh, kamus untuk siswa SD biasanya berisi kosakata mengenai pengetahuan dasar tentang teknologi, sains, dan seni. Selain itu juga disajikan kosakata yang sering digunakan dalam buku-buku ajar SD.


Sementara itu, pelajar SMP dan SMA bisa memilih kamus bahasa Indonesia yang dilengkapi informasi pedoman ejaan bahasa Indonesia (EBI). EBI ini merupakan pengganti ejaan yang disempurnakan (EYD). 


Selain EBI, kamus bahasa Indonesia untuk siswa SMP dan SMA juga biasanya dilengkapi dengan daftar sinonim, antonim, dan istilah asing. Bahkan, banyak penerbit yang menambahkan materi ungkapan, majas, peribahasa, bahkan pantun dalam kamus bahasa Indonesia terbitannya. 

Untuk spesialisasi, pilih kamus yang sesuai dengan bidang Anda

Jika ingin memakai kamus guna menunjang wawasan terkait kosakata untuk kepentingan profesi Anda, pilihlah kamus bahasa Indonesia untuk spesialisasi. Isi dan materi yang ditawarkan pada kamus jenis ini terbilang lebih spesifik


Kamus berisi kosakata baku cocok digunakan oleh para penulis, wartawan, dan editor. Bagi Anda yang aktif di bidang kesastraan, kamus berisi istilah-istilah sastra dalam bahasa Indonesia lebih pas untuk dipilih. Nah, apabila Anda merupakan seorang pengajar bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA), buku acuan pengajaran BIPA wajib Anda miliki.

Untuk umum, pilih kamus yang isinya lebih lengkap

Untuk umum, pilih kamus yang isinya lebih lengkap
Sumber: shopee.co.id

Kamus bahasa Indonesia yang paling cocok untuk semua kalangan adalah kamus yang memiliki pembahasan yang komplet. Kamus bahasa Indonesia untuk umum tidak hanya menyajikan kosakata dan maknanya. Di dalamnya juga dibahas kelas kata, kata turunan, sinonim, antonim, istilah asing, kata baku dan tidak baku, dan peribahasa. 


Karena kelengkapannya, kamus bahasa Indonesia jenis cocok digunakan oleh pelajar, mahasiswa, pekerja, ataupun masyarakat umum. Dengan satu buku saja, Anda dapat memperoleh begitu banyak wawasan tentang bahasa Indonesia. Kalau kata peribahasa, "sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui". 

2

Periksa tahun terbitnya

Periksa tahun terbitnya

Pada umumnya, kamus bahasa Indonesia selalu diperbarui saat ada kosakata yang sudah waktunya perlu ditambahkan. Tujuannya agar kamus senantiasa relevan dengan perkembangan zaman. Karena itulah, Anda perlu memeriksa tahun terbit kamus bahasa Indonesia yang akan dipilih.


Kamus yang banyak diminati biasanya juga cepat laku sehingga bisa diterbitkan berulang kali. Setiap penerbitan ulang umumnya membawa peningkatan, termasuk pembaruan kosakata. Jika ingin mendapatkan kamus dengan kosakata bahasa Indonesia terbaru, Anda perlu memilih kamus terbitan atau versi yang terbaru pula. 

3

Cek ketebalan halamannya

Cek ketebalan halamannya

Poin yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih kamus bahasa Indonesia adalah memeriksa ketebalan halamannya. Kamus dengan halaman yang tebal tentu memiliki kosakata lebih banyak dan pembahasan lebih lengkap. Anda bisa memilih jenis ini jika membutuhkan kamus dengan isi yang kaya dan detail. 


Di sisi lain, kamus yang tebal memiliki bobot yang lebih berat. Jika Anda memiliki mobilitas tinggi, Anda lebih baik memilih  kamus kantong (pocket) yang berukuran kecil. Selain ringan, kamus ini praktis untuk dibawa ke mana-mana dan dibuka kapan saja. Kamus berukuran besar dan tebal sebaiknya digunakan di rumah atau ruang kerja Anda saja.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi kamus bahasa Indonesia terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kamus bahasa Indonesia terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Eko Sugiarto

Kitab PUEBI, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia

Eko Sugiarto Kitab PUEBI, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia 1

Rp109.500

Agak Mahal

Pedoman kaidah ejaan bahasa Indonesia yang komprehensif dan mudah dipahami

2

Dwi Susanto

Kamus Istilah Sastra

Dwi Susanto Kamus Istilah Sastra 1

Rp123.750

Agak Mahal

Sahabat ideal bagi Anda yang mempelajari sastra Indonesia

3

Tim Lingua Edukasi

Excellent Dictionary: Kamus Bahasa Indonesia

Tim Lingua Edukasi Excellent Dictionary: Kamus Bahasa Indonesia 1

Rp69.000

Agak Murah

Kamus lengkap untuk pelajar, mahasiswa, dan umum

4

Djoko Kentjono, dkk.

Tata Bahasa Acuan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing

Djoko Kentjono, dkk. Tata Bahasa Acuan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing 1

Rp55.000

Lebih Murah

Ringkas dan padat, pegangan yang cocok untuk pembelajar BIPA

5

J.S. Badudu

Kamus Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia

J.S. Badudu Kamus Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia 1

Rp63.000

Agak Murah

Referensi pilihan untuk membantu Anda memahami kata-kata serapan asing

6

Drs. Nur Arifin Chaniago, Endang Sugriati, dan Tigor Pangaribuan

Kamus Sinonim Antonim Bahasa Indonesia

Drs. Nur Arifin Chaniago, Endang Sugriati, dan Tigor Pangaribuan Kamus Sinonim Antonim Bahasa Indonesia 1

Rp60.000

Agak Murah

Buku pegangan yang pantang dilewatkan untuk persiapan ujian

7

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima)

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima) 1

Rp522.500

Lebih Mahal

Rujukan utama kosakata bahasa Indonesia yang tak perlu diragukan lagi kelengkapannya

8

Dendy Sugono, dkk.

Kamus Bahasa Indonesia Sekolah Dasar

Dendy Sugono, dkk. Kamus Bahasa Indonesia Sekolah Dasar 1

Rp99.000

Menengah

Sahabat siswa SD untuk belajar lebih optimal

9

Ready Susanto

Kamus Kata Baku Bahasa Indonesia

Ready Susanto Kamus Kata Baku Bahasa Indonesia 1

Rp85.000

Menengah

Menawarkan kumpulan kata baku yang cocok untuk penulis dan editor

10

Nur Ashylatuz Zuhroh Al Mushi, S.S. dan Maharati Handhini Putri, S.Pd.

Kamus Kantong Bahasa Indonesia Superkomplet

Nur Ashylatuz Zuhroh Al Mushi, S.S. dan Maharati Handhini Putri, S.Pd. Kamus Kantong Bahasa Indonesia Superkomplet 1

Rp110.000

Agak Mahal

Praktis dan superkomplet, kamus paket kombo yang pas dibawa ke mana-mana

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Eko SugiartoKitab PUEBI, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia

Kitab PUEBI, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp109.500
Agak Mahal
Harga referensi
Rp109.500
Agak Mahal

Pedoman kaidah ejaan bahasa Indonesia yang komprehensif dan mudah dipahami

Apakah Anda masih lebih familier dengan ejaan bahasa Indonesia yang (EYD) daripada ejaan bahasa Indonesia (EBI)? Wah, padahal, aturan tentang EYD telah dinyatakan tidak berlaku lagi sejak 30 November 2015. Yang berlaku sekarang adalah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) menurut Permendikbud Nomor 50 Tahun 2015. Tenang saja, Anda kini tidak perlu khawatir lagi. Kitab PUEBI bisa Anda jadikan solusi.


Buku ini patut Anda pertimbangkan sebagai referensi untuk mempermudah pemahaman Anda mengenai ejaan bahasa Indonesia yang baku sekarang. Dari pedoman pemakaian huruf, penulisan kata, penggunaan tanda baca, unsur serapan, hingga pembentukan istilah dibahas lengkap di sini. 

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Dwi SusantoKamus Istilah Sastra

Harga referensi
Rp123.750
Agak Mahal

Sahabat ideal bagi Anda yang mempelajari sastra Indonesia

Kamus susunan Dwi Susanto ini adalah panduan yang tepat bagi Anda yang tertarik dengan kesastraan, khususnya sastra Indonesia. Anda tak perlu lagi bingung dengan istilah-istilah kesastraan yang Anda temui. 


Kamus ini menyajikan penjelasan arti istilah-istilah dalam dunia sastra Indonesia secara ringkas berdasarkan sumber yang relevan. Kamus ini sangat cocok bagi mahasiswa dan pengajar sastra Indonesia, pegiat literasi kesastraan, dan pembaca sastra.

No.3

Tim Lingua EdukasiExcellent Dictionary: Kamus Bahasa Indonesia

Harga referensi
Rp69.000
Agak Murah

Kamus lengkap untuk pelajar, mahasiswa, dan umum

Kamus bahasa Indonesia lengkap berbobot 336 gram ini cukup ringan untuk dijadikan teman belajar bahasa Indonesia Anda. Selain disusun secara sistematis dan up to date, kamus ekabahasa ini memuat ribuan lema sehingga dapat memperkaya kosakata Anda. 


Banyaknya kosakata pilihan dan populer bahasa Indonesia yang dimuat menjadikannya cocok untuk segala kalangan, baik pelajar, mahasiswa, maupun umum. Tidak cukup sampai di situ. Kamus ini juga dilengkapi peribahasa, perumpamaan, dan pantun yang bakal mempertajam wawasan bahasa Indonesia Anda. 

No.4

Djoko Kentjono, dkk.Tata Bahasa Acuan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing

Harga referensi
Rp55.000
Lebih Murah

Ringkas dan padat, pegangan yang cocok untuk pembelajar BIPA

Apabila Anda pembelajar BIPA yang sedang mencari buku referensi tata bahasa Indonesia yang praktis, buku ini mesti Anda miliki. Materi dalam buku ini disajikan secara ringkas, tetapi komprehensif. 


Materi tentang kata dalam bahasa Indonesia begitu lengkap, mulai kata kerja, kata sifat, kata benda, hingga kata tugas (partikel). Materi kalimat juga dibedah di sini secara mendasar. Jadi, buku ini juga cocok dijadikan pegangan dasar Anda untuk mengajar bahasa Indonesia bagi penutur asing.

No.5

J.S. BaduduKamus Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia

Harga referensi
Rp63.000
Agak Murah

Referensi pilihan untuk membantu Anda memahami kata-kata serapan asing

Begitu banyak kosakata Indonesia yang merupakan serapan dari bahasa asing, tetapi mungkin banyak yang belum Anda ketahui maknanya. Jika saat ini Anda sedang mencari kamus yang membahas kata-kata serapan dalam bahasa Indonesia, produk ini patut dijadikan pilihan.


Apakah Anda seorang penulis atau wartawan? Kamus ini sangat cocok bagi Anda karena dapat mempermudah pemahaman Anda terhadap makna beragam kata serapan. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menemukan berbagai pilihan kata serapan yang jarang dipakai, tetapi cocok digunakan pada tulisan Anda. Dengan 8.615 lema yang dimuat, Anda dapat leluasa memperkaya wawasan kosakata Anda. 

No.6

Drs. Nur Arifin Chaniago, Endang Sugriati, dan Tigor PangaribuanKamus Sinonim Antonim Bahasa Indonesia

Harga referensi
Rp60.000
Agak Murah

Buku pegangan yang pantang dilewatkan untuk persiapan ujian

Kamus ini bisa dijadikan salah satu referensi belajar bahasa Indonesia yang dapat Anda andalkan. Bagi Anda yang sedang belajar materi tes potensi skolastik (TPS), kamus sinonim dan antonim ini layak menjadi buku favorit.


Kamus terbitan Pustaka Setia ini dapat membantu Anda memahami beragam sinonim dan antonim kata. Dengan begitu, Anda pun akan terbiasa menghadapi soal-soal sinonim dan antonim yang hampir selalu muncul dalam TPS. Baik untuk persiapan masuk perguruan tinggi, sekolah kedinasan, maupun seleksi kerja, kamus ini berguna sebagai bekal perjuangan Anda.

No.7

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan KebudayaanKamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima)

Harga referensi
Rp522.500
Lebih Mahal

Rujukan utama kosakata bahasa Indonesia yang tak perlu diragukan lagi kelengkapannya

Sebagai kamus utama bahasa Indonesia, KBBI memuat ratusan ribu kata dari segala bidang ilmu dan kehidupan. Dalam edisi kelima, banyak hasil pemutakhiran yang telah dimasukkan, termasuk penambahan lema dan sublema baru. Lebih dari 126.000 lema dan makna dimuat pada edisi termutakhir ini.


Lengkapnya lagi, kamus ini juga memuat contoh pemakaian untuk memudahkan pemahaman makna kata. Sekitar 2.000 peribahasa serta lebih dari 2.000 kata dan ungkapan asing, nama bahasa, serta lambang juga dimuat di sini. Lengkap sekali, bukan? Bagi Anda yang ingin mengetahui makna hampir setiap kata dalam bahasa Indonesia, KBBI edisi kelima layak Anda jadikan pilihan.

No.8

Dendy Sugono, dkk.Kamus Bahasa Indonesia Sekolah Dasar

Harga referensi
Rp99.000
Menengah

Sahabat siswa SD untuk belajar lebih optimal

Tidak perlu bingung lagi jika anak atau siswa SD Anda sering kurang memahami arti kata atau istilah di bukunya. Ya, Kamus Bahasa Indonesia Sekolah Dasar dapat menjadi tempat bertanya siswa SD. Anda pun dapat membukanya setiap kali merasa kesulitan untuk menjelaskan istilah sulit yang anak Anda tanyakan.

Pada edisi terbaru ini, ada beberapa penyempurnaan yang telah dilakukan. Salah satunya, penambahan istilah yang umumnya terdapat dalam buku ajar dan sumber lain yang sesuai dengan kemampuan siswa SD. Wah, perlu dimiliki untuk menjadi buku pendamping belajar, bukan?

No.9

Ready SusantoKamus Kata Baku Bahasa Indonesia

Harga referensi
Rp85.000
Menengah

Menawarkan kumpulan kata baku yang cocok untuk penulis dan editor

Apakah Anda masih sering bingung memilih kata yang baku saat menulis artikel atau karya ilmiah? Kalau begitu, Kamus Kata Baku Bahasa Indonesia ini merupakan referensi yang penting dimiliki. 


Kumpulan kata baku yang cukup lengkap di dalamnya dapat mempermudah Anda dalam menentukan baku tidaknya kata pada tulisan Anda. Jika Anda berprofesi sebagai editor, kamus ini bisa dijadikan sahabat untuk kegiatan menyunting Anda.

No.10

Nur Ashylatuz Zuhroh Al Mushi, S.S. dan Maharati Handhini Putri, S.Pd.Kamus Kantong Bahasa Indonesia Superkomplet

Harga referensi
Rp110.000
Agak Mahal

Praktis dan superkomplet, kamus paket kombo yang pas dibawa ke mana-mana

Jika Anda sedang mencari kamus komplet dengan ukuran mini, kamus bahasa Indonesia satu ini adalah jawabannya. Selain memuat perbendaharaan kata yang cukup lengkap, kamus ini juga dilengkapi materi tambahan yang tentu akan memperkaya wawasan Anda. 


Tambahan tersebut adalah ungkapan, kata dan istilah asing, kata baku dan tidak baku, sinonim dan antonim, majas, serta peribahasa. Terutama bagi siswa, mahasiswa, dan pengajar, kamus ini adalah paket kombo yang pantang dilewatkan.

Baca juga rekomendasi kamus lainnya di sini

Salah satu pintu untuk mempelajari suatu bahasa adalah kamus bahasa. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk rajin membuka kamus dari bahasa yang hendak Anda pelajari. Nah, apakah Anda saat ini juga sedang bingung menentukan kamus bahasa asing yang cocok untuk dibeli? Jangan khawatir, berikut kami rekomendasikan artikel-artikel tentang kamus bahasa asing yang dapat membantu Anda menjatuhkan pilihan.  

Kesimpulan

Setelah membaca rekomendasi kamus bahasa Indonesia terbaik di atas, apakah sekarang Anda sudah menentukan pilihan? Kami harap Anda kini sudah bisa menemukan kamus bahasa Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan.


Jangan lupa untuk menjadikan tips memilih di atas sebagai acuan saat Anda ingin membeli kamus bahasa Indonesia pilihan. Pastikan untuk rajin membaca kamus yang Anda pilih supaya Anda makin lancar menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selamat dan semangat belajar!

5 Rekomendasi Kamus Bahasa Indonesia terbaik

No. 1: Eko SugiartoKitab PUEBI, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia

No. 2: Dwi SusantoKamus Istilah Sastra

No. 3: Tim Lingua EdukasiExcellent Dictionary: Kamus Bahasa Indonesia

No. 4: Djoko Kentjono, dkk.Tata Bahasa Acuan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing

No. 5: J.S. BaduduKamus Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Buku
  3. Buku akademik
  4. 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.