• 10 Kopi Arabika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)	 1
  • 10 Kopi Arabika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)	 2
  • 10 Kopi Arabika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)	 3
  • 10 Kopi Arabika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)	 4
  • 10 Kopi Arabika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)	 5

10 Kopi Arabika Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)

Belakangan ini, menikmati kopi bukan hanya soal memberi suplai kafein bagi tubuh, melainkan juga tentang gaya hidup. Jenis kopi hingga cara menikmatinya pun sangat beragam. Banyak penikmat kopi yang menggemari kopi arabika untuk diseduh di rumah, biasanya dengan metode manual brewing.

Terdapat berbagai merek kopi arabika di pasaran, seperti Otten, Excelso, Starbucks, Anomali, dan Tanamera Coffee. Di antaranya ada kopi arabika dengan rasa manis ataupun tidak asam. Simak rekomendasi kopi arabika yang enak serta tips memilihnya di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Deni Dermanto.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Deni Dermanto
Ulil Maulida
  • Pembaharuan terakhir: 05 Desember 2022
Daftar isi

Profil pakar: Coffee consultant, Deni Dermanto

Profil pakar: Coffee consultant, Deni Dermanto

Deni Dermanto atau yang dikenal sebagai @tukangkopisobek memulai kariernya sebagai barista yang kini mengembangkan bisnis di industri kopi. Aktif sebagai konsultan kopi, Deni telah membantu 21 kedai kopi di Jakarta dan Timur Tengah. Ia juga aktif menjalankan bisnis kopi di Timur Tengah, seperti Kuwait, Bahrain, dan Saudi Arabia. Kini Deni memfokuskan waktunya menjadi mentor di kelas privat untuk barista.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kopi arabika

Di antara ragam produk kopi arabika yang tersedia di pasaran, kira-kira mana yang sebaiknya Anda pilih? Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami telah merangkum poin-poin yang dapat menjadi pertimbangan saat memilih kopi arabika. Silakan disimak, ya!

Temukan bentuk kopi yang Anda inginkan

Temukan bentuk kopi yang Anda inginkan

Saat biji kopi digiling, terbentuk minyak yang akan mengeluarkan aneka rasa unik dari kopi tersebut. Karena itu, menggiling biji kopi sesaat sebelum kopi diseduh akan menghasilkan rasa dan aroma yang optimal. Jadi, Anda bisa memilih bentuk biji bila ingin memperoleh kopi dengan cita rasa yang fresh. Untuk itu, Anda tentu perlu memiliki grinder atau alat penggiling kopi di rumah. 


Sayangnya, tidak semua orang memiliki alat penggiling biji kopi sendiri. Kalau begitu, Anda bisa membeli kopi dalam bentuk bubuk saja dan tinggal menyeduhnya. Supaya aroma dan rasanya tetap terjaga, pilihlah kemasan kecil sehingga bubuk kopi tidak harus disimpan lama. Pastikan pula Anda menyimpannya dalam wadah yang tertutup dan kedap udara, ya!

Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Ada beberapa jenis varietas biji kopi yang beredar di pasaran. Beberapa di antaranya adalah arabika, robusta, dan peaberry. Tiap-tiap varietas biji kopi memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Arabika memiliki bentuk conical dengan tingkat kafein rendah serta keasaman yang tinggi.


Sementara itu, robusta memiliki bentuk oval dengan tingkat kafein tinggi serta rasa yang lebih pahit. Sebaliknya, peaberry memiliki karakter unik yang lebih smooth serta bentuk yang tebal karena berbiji tunggal atau monokotil.

Pilih berdasarkan karakter rasa yang Anda sukai

Dibandingkan jenis robusta, kopi arabika memiliki karakter rasa utama yang cenderung asam. Namun, pemrosesan biji kopi dapat menjadikannya lebih manis atau tetap dominan asam. Nah, Anda dapat memilih berdasarkan cara pemrosesannya untuk memperoleh rasa kopi yang sesuai.

Karakter manis, diperoleh dari pemrosesan natural

Karakter manis, diperoleh dari pemrosesan natural

Secara sederhana, pemrosesan natural berarti langsung mengeringkan biji kopi yang dipetik bersama dengan kulitnya. Biji dan kulit yang berwarna merah itu sering disebut coffee cherry. Biasanya, sumber rasa manis pada kopi arabika berasal dari kulitnya yang mengandung gula.


Akibat adanya gula dalam coffee cherry, oksigen di udara, dan suhu tertentu saat pengeringan, terjadilah fermentasi. Sayangnya, karena semua faktor tersebut tidak direkayasa atau mengandalkan kondisi alami, hasil akhirnya menjadi sulit dikendalikan. Sebab itu, di pasaran lebih banyak tersedia kopi arabika dari pemrosesan basah atau washed dibandingkan dengan proses natural.

Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Dalam coffee processing, ada yang disebut sebagai proses drying atau pengeringan. Pada proses inilah biji kopi dikembangkan agar menghasilkan rasa yang diinginkan. Untuk mendapatkan kopi yang lebih kaya rasa, Anda bisa mencoba kopi yang melalui pemrosesan natural. 


Pada pemrosesan natural, coffee cherry umumnya dijemur 3–4 minggu sehingga daging buah akan meresap sempurna ke dalam biji kopi. Dengan begitu, rasa kopi akan makin fruity dan memiliki rasa manis.

Karakter asam, didapatkan dari pemrosesan basah

 Karakter asam, didapatkan dari pemrosesan basah

Berbeda dengan proses natural, dalam proses basah, biji kopi dicuci dan dikupas kulitnya terlebih dahulu sebelum dikeringkan. Dengan begitu, karakter rasa yang diperoleh umumnya didominasi oleh karakter utama kopi arabika yaitu asam. Karena kadar gula dalam biji kopi washed lebih rendah daripada natural, Anda lebih mudah bereksperimen ketika penyeduhan.


Misalnya, Anda bisa mengubah suhu menjadi lebih tinggi tanpa risiko muncul rasa pahit berlebihan akibat pengaramelan gula. Selain itu, proses fermentasi juga dilakukan dalam lingkungan yang lebih terkendali sehingga rasa akhir kopi lebih stabil. Tidak heran jika metode ini yang paling banyak dipilih oleh para produsen kopi.

Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Di satu sisi, untuk mendapatkan kopi dengan rasa floral notes dan acidity, Anda bisa memilih kopi dengan pemrosesan basah. Pada proses ini, kulit dari coffee cherry dan pulp akan dihilangkan kemudian difermentasi selama 24 jam. Dengan begitu, rasa kopi akan makin nikmat dan konsisten ketika dijemur.

Sesuaikan profil roasting dengan hasil akhir rasa yang diinginkan

Sesuaikan profil roasting dengan hasil akhir rasa yang diinginkan

Tips memilih kopi arabika yang perlu diperhatikan adalah dengan melihat profil roasting-nya. Ada tiga tipe roasting kopi, yaitu: 

  • Light roast
  • Medium roast
  • Dark roast

Umumnya, biji kopi arabika yang disangrai dengan profil light hingga medium cenderung terasa asam. Sementara itu, profil dark roast membuat kopi memiliki rasa pahit yang kuat. Jadi, profil roasting perlu dipertimbangkan supaya Anda menemukan kopi dengan rasa yang sesuai selera. 


Anda mungkin tidak selalu menemukan penanda profil roasting pada kemasan biji atau bubuk kopi arabika. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena biasanya roastery memberikan rekomendasi penyeduhan, contohnya filter atau espresso. Keterangan tersebut juga berkaitan dengan profil roasting


Profil dark menghasilkan biji kopi yang berpori sehingga ekstraksinya cepat dan sesuai untuk espresso atau tubruk. Di sisi lain, profil light atau medium lebih cocok untuk metode manual brewing yang lebih lambat ekstraksinya. Contohnya adalah metode pour over atau V60, aeropress, serta french press.

Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Proses penyangraian biji kopi biasa dikenal dengan sebutan roasting. Pada proses ini biji kopi diproses dalam suhu dan waktu yang sangat terkontrol sehingga sifat kimiawi kopi berubah secara signifikan. 


Berkat proses ini, biji kopi akan kehilangan berat kering, gas karbon dioksida, dan product pyrolysis volatile lainnya. Hasil dari proses inilah yang menentukan cita rasa kopi. Karena itu, bisa dibilang bahwa cita rasa kopi terbentuk selama proses pemanasan biji kopi.


Profil roasting sendiri dibagi menjadi tiga kategori, yaitu light roast, medium roast, dan dark roast. Setiap tipenya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Untuk filter kopi, pilihlah light atau medium roast. Untuk espresso, Anda bisa memilih profil medium to dark atau dark roast.


Makin light profil roasting-nya, rasanya akan makin asam dan kopi menjadi low body alias tidak pekat. Sebaliknya, kopi dengan profil dark roast akan makin tidak asam dan kopi menjadi high body atau pekat. Karena itu, ketahui dahulu kebutuhan dan selera Anda sebelum membeli jenis kopi tertentu. 

Cari yang memiliki notes rasa favorit Anda

Cari yang memiliki notes rasa favorit Anda

Kopi memiliki paduan kompleks dari beragam rasa sehingga menciptakan pengalaman sensori yang unik. Pengalaman sensori tersebut dapat dilihat dari tasting notes yang biasanya dicantumkan pada kemasan kopi. Rentang rasa yang dihasilkan bisa sangat luas, mulai dari flowery, nutty, hingga herby. Pastikan Anda mengamati tasting notes sebelum membeli produk kopi arabika supaya diperoleh rasa yang pas.

Deni Dermanto
Coffee Consultant
Deni Dermanto

Saat memilih biji kopi yang diinginkan, Anda bisa melihat panduan flavour notes atau rasa yang dimiliki kopi tersebut. Biasanya, informasi ini sudah dicantumkan pada kemasan biji kopi yang Anda beli. 


Bila Anda menginginkan rasa yang fruity, Anda bisa memilih jenis kopi yang diproses natural atau dry method. Sebaliknya, bila Anda menyukai rasa yang floral dan chocolaty, pilihlah jenis washed atau kopi yang diproses basah. Selain itu, jika Anda ingin mendapatkan campuran kedua rasa tersebut, pilihlah jenis honey processed coffee.

10 Rekomendasi kopi arabika terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kopi arabika terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 29 Oktober 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Koffie Fabriek Aroma Moka Arabika memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Otten Coffee Bali Kintamani Kopi Arabica yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 5 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Deni Dermanto.

Gambar produk
1
Koffie Fabriek Aroma  Mokka Arabika 1

Koffie Fabriek Aroma

2
Arutala Arabika Gayo Takengon 1

Arutala

3
Santos Jaya Abadi  Kapal Api Easy Drip Flores Manggarai Blend 1

Santos Jaya Abadi

4
Excelso  Arabica Gold Single Serving 1

Excelso

5
Otten Coffee Bali Kintamani Kopi Arabica  1

Otten Coffee

6
Illy  Ground Espresso Classico Decaffeinated Coffee 1

Illy

7
Starbucks  VIA Italian Roast Ready Brew 1

Starbucks

8
Space Coffee Roastery  Nutella of Cerado  1

Space Coffee Roastery

9
Anomali Coffee Biji Kopi Aceh Gayo 1

Anomali Coffee

10
Tanamera Coffee Mandailing Washed  1

Tanamera Coffee

Nama produk

Mokka Arabika

Arabika Gayo Takengon

Kapal Api Easy Drip Flores Manggarai Blend

Arabica Gold Single Serving

Bali Kintamani Kopi Arabica

Ground Espresso Classico Decaffeinated Coffee

VIA Italian Roast Ready Brew

Nutella of Cerado

Biji Kopi Aceh Gayo

Mandailing Washed

Keunggulan

Kopi arabika legendaris dari Kota Bandung

Kenikmatan kopi arabika dengan note dark chocolate

Cara praktis minum kopi nikmat bebas ampas

Nikmati secangkir kopi dengan sensasi buah, bunga, dan rempah

Cicipi cita rasa buah jeruk yang segar dan lembut!

Decaffeinated coffee, cocok untuk Anda yang sensitif kafeina

Cara praktis menikmati kopi single origin

Profil rasanya mirip chocolate-hazelnut spread Nutella

Menyeduh dengan metode pour over? Ini jawabannya!

Kopi arabika pilihan untuk penyuka body tebal

Harga mulai dariRp 40.000,00Rp 60.000,00Rp 31.150,00Rp 29.000,00Rp 98.000,00Rp 125.000,00Rp 84.000,00Rp 110.000,00Rp 75.000,00Rp 88.000,00
Bentuk Biji/bubukBiji/bubukBubukBubukBiji/bubuk BubukBubuk Biji/bubukBiji/bubukBiji/bubuk
Proses NaturalTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan Basah/washedTidak disebutkan Tidak disebutkan Natural Semi-washedBasah/washed
Profil roasting Tidak disebutkanMediumTidak disebutkanTidak disebutkan LightMedium DarkDark Light-medium Light-medium/medium-dark
Tasting notes Fruity, cokelatBrown sugar, dark chocolate, sweet, orange zestcitrus, cokelat, dan brown sugarJeruk, bunga, rempah Orange, dark chocolate, lemon Caramel, orange blossom, jasmineRoasty, sweet Chocolate spread, hazelnut, walnut, caramel, apricot, sour plumCinnamon, caramel, cokelat, spicy aromaMalt, nutty, bitter sweet, strong body, long aftertaste
Pilihan ukuran 250 gram, 500 gram200 gram, 500 gram, 1.000 gram5 sachet x 10 gram100 gram (10 saset x @10 gram)200 gram125 gram, 250 gram 3 saset (9,9 gram), 8 saset (26,4 gram), 12 saset (39,6 gram), 24 saset (79,2 gram)200 gram, 1.000 gram100 gram, 250 gram, 500 gram, 1.000 gram 100 gram, 250 gram, 1.000 gram
Tautan produk
10

Tanamera CoffeeMandailing Washed

Mulai dari Rp 88.000,00

Bentuk Biji/bubuk
Proses Basah/washed
Profil roasting Light-medium/medium-dark
Tasting notes Malt, nutty, bitter sweet, strong body, long aftertaste
Pilihan ukuran 100 gram, 250 gram, 1.000 gram
9

Anomali CoffeeBiji Kopi Aceh Gayo

Mulai dari Rp 75.000,00

Bentuk Biji/bubuk
Proses Semi-washed
Profil roasting Light-medium
Tasting notes Cinnamon, caramel, cokelat, spicy aroma
Pilihan ukuran 100 gram, 250 gram, 500 gram, 1.000 gram
8
Bentuk Biji/bubuk
Proses Natural
Profil roasting Dark
Tasting notes Chocolate spread, hazelnut, walnut, caramel, apricot, sour plum
Pilihan ukuran 200 gram, 1.000 gram
7
Bentuk Bubuk
Proses Tidak disebutkan
Profil roasting Dark
Tasting notes Roasty, sweet
Pilihan ukuran 3 saset (9,9 gram), 8 saset (26,4 gram), 12 saset (39,6 gram), 24 saset (79,2 gram)
6

Illy Ground Espresso Classico Decaffeinated Coffee

Mulai dari Rp 125.000,00

Bentuk Bubuk
Proses Tidak disebutkan
Profil roasting Medium
Tasting notes Caramel, orange blossom, jasmine
Pilihan ukuran 125 gram, 250 gram
5

Otten CoffeeBali Kintamani Kopi Arabica

Mulai dari Rp 98.000,00

Bentuk Biji/bubuk
Proses Basah/washed
Profil roasting Light
Tasting notes Orange, dark chocolate, lemon
Pilihan ukuran 200 gram
4

Excelso Arabica Gold Single Serving

Mulai dari Rp 29.000,00

Bentuk Bubuk
Proses Tidak disebutkan
Profil roasting Tidak disebutkan
Tasting notes Jeruk, bunga, rempah
Pilihan ukuran 100 gram (10 saset x @10 gram)
3

Santos Jaya Abadi Kapal Api Easy Drip Flores Manggarai Blend

Mulai dari Rp 31.150,00

Bentuk Bubuk
Proses Tidak disebutkan
Profil roasting Tidak disebutkan
Tasting notes citrus, cokelat, dan brown sugar
Pilihan ukuran 5 sachet x 10 gram
2
Bentuk Biji/bubuk
Proses Tidak disebutkan
Profil roasting Medium
Tasting notes Brown sugar, dark chocolate, sweet, orange zest
Pilihan ukuran 200 gram, 500 gram, 1.000 gram
1
Bentuk Biji/bubuk
Proses Natural
Profil roasting Tidak disebutkan
Tasting notes Fruity, cokelat
Pilihan ukuran 250 gram, 500 gram

Baca juga rekomendasi produk kopi lainnya di sini

Selain kopi arabika, Anda bisa menikmati produk kopi lainnya, seperti kopi organik atau kopi decaf. Kopi instan yang dibungkus dalam kemasan saset juga akan memudahkan Anda menikmati kopi yang enak kapan saja. Jika Anda tertarik, cek artikel tentang produk kopi lainnya di bawah ini, ya! 

Kesimpulan

Pemilihan kopi arabika memang relatif kompleks, tetapi semoga tips memilih di atas bisa memudahkan Anda. Rekomendasi produknya pun dapat Anda jadikan acuan untuk berbelanja di marketplace favorit. 


Selain mengacu pada tips dan rekomendasi di atas, ada baiknya Anda berdiskusi dengan pihak roastery sebelum membeli. Manfaatkan fitur chat seller untuk memastikan kopi arabika yang akan Anda pilih sesuai dengan keinginan. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kopi Nescafe Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Nescafe Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti sudah tak asing dengan kopi Nescafe. Merek Nescafe sudah menyuguhkan kopi sejak tahun 1938 dan punya beragam jenis produk kopi. Nescafe Classic sachet, Nescafe Gold, Nescafe 3 in 1, sampai Nescafe kaleng dan botol siap untuk menemani hari-hari Anda.Kami akan memperkenalkan beragam jenis kopi Nescafe tanpa ampas yang enak untuk diminum kapan saja. Tak hanya produk Nescafe Indonesia, Anda juga dapat menemukan beragam kopi Nescafe dari luar negeri. Ada juga tips untuk memilih kopi Nescafe yang enak. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. 
    Teh & kopi
  • 10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kenikmatan kopi yang Anda seduh ditentukan oleh banyak hal, salah satunya adalah biji dan juga bubuk kopi berkualitas. Ada banyak rekomendasi kopi yang enak di pasaran. Beberapa di antaranya adalah kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Banyaknya pilihan mungkin membuat Anda bingung.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak. Berbagai rekomendasi merek kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, hingga Otten akan turut kami ulas. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Jadi, bacalah artikelnya sampai tuntas!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merek teh celup yang bagus dan ternama, seperti Brew Me, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Agar Anda mendapatkan teh yang enak untuk dinikmati, kami telah menyiapkan beberapa tipsnya. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Yuk, langsung saja baca informasi selengkapnya di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Teh Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Teh Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang senang minum teh hitam dalam berbagai suasana, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat membeli teh hitam, Anda mungkin dibingungkan dengan banyaknya pilihan dan merek yang ada. Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih teh hitam yang enak. Anda dapat membaca lebih detail mengenai jenis-jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Merek teh hitam terbaik, seperti Teh Dandang, SariWangi, Haveltea, Dilmah, hingga Twinings juga kami ulas tuntas. Di artikel ini kami telah bekerja sama dengan seorang konsultan dan spesialis teh, Muhammad Ashfiya. Mari simak artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
  • 10 Es Kopi Susu Siap Minum Terenak - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Es Kopi Susu Siap Minum Terenak - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Es kopi susu sudah menjadi bagian dari gaya hidup kekinian. Es kopi susu pandan dan gula aren adalah menu minuman kekinian yang paling umum Anda temui. Ada juga es kopi susu dengan plant-based milk. Jadi, manakah varian es kopi susu yang paling enak dikonsumsi?Kami akan mengulas es kopi susu botol dari berbagai merek yang bagus, seperti Tuku, Kopi Kenangan, Kopi Soe, dan Fore. Kami juga memberikan tips dan informasi seputar kopi susu yang enak. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Selamat membaca!
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori