1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Home entertainment
  6. >
  7. 10 Sound Bar Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sound Bar Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sound Bar Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sound Bar Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sound Bar Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sound Bar Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sound Bar Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Sound bar menjadi perlengkapan menonton TV yang tidak boleh Anda lewatkan. Jenis speaker ini mampu menghasilkan suara yang jernih, percakapan yang jelas, dan bass yang mantap. Ada juga sound bar yang berteknologi Dolby Atmos, lho.


Kali ini kami akan membahas tips memilih sound bar terbaik untuk Anda. Kami pun akan merekomendasikan produk dari berbagai merek yang bagus, seperti Polytron, Sony, Xiaomi, Samsung, dan JBL. Harganya bervariasi. Ada sound bar di bawah 1 juta, 1 jutaan, hingga 2 jutaan. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi. Yuk, disimak!

Diperbaharui 08-25-2022
Pakar
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio. Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Profil Dennis Novriandi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu sound bar?

Apa itu sound bar?

Bayangkan Anda sedang menonton film The Avengers: End Game, tetapi suara TV Anda kresek-kresek atau cempreng saat nada tinggi. Sangat mengganggu, bukan? Noise seperti itu bisa saja terjadi jika built-in speaker TV Anda kualitasnya kurang bagus. Karena itu, Anda membutuhkan speaker eksternal, seperti sound bar.


Sound bar adalah sejenis speaker dengan desain ramping memanjang dan bisa menghasilkan suara yang jernih dan luas. Jika dibandingkan home theater, sound bar lebih ringkas dan lebih terjangkau dari segi harga. Tentu saja kualitas suara dan cakupannya masih kalah dari home theater. Namun, sound bar masih lebih baik jika dibandingkan built-in speaker TV Anda.


Jika Anda tidak terkendala bujet dan memiliki ruangan luas, mungkin home theater adalah pilihan tepat. Sebaliknya, sound bar akan membantu jika Anda membutuhkan speaker tambahan, tetapi ruangan dan bujet yang ada terbatas. Sound bar juga tidak membutuhkan teknik instalasi yang rumit. Produknya bahkan bisa terintegrasi dengan Wi-Fi dan streaming service. Jadi, Anda bisa langsung menggunakannya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sound bar

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sound bar, antara lain, adalah jumlah channel, ukuran, hingga jenis koneksinya. Tips berikut akan memudahkan Anda saat memilih sound bar.

① Periksa jumlah channel dari sound bar

Periksa jumlah channel dari sound bar

Anda yang baru pertama kali memilih perangkat elektronik terkait audio mungkin bingung tentang definisi channelChannel bisa diartikan sebagai sumber suara atau arah suara tersebut akan memantul. Makin banyak channel, makin bulat suara yang akan Anda dengar di ruangan. Hal ini membuat suasana menonton TV atau mendengarkan lagu terasa lebih nyata dan intens.


Sound bar dengan dua channel bisa dipilih bila Anda mengutamakan hal di atas. Audio akan datang dari serta menuju ke samping kiri dan kanan Anda. Sementara itu, sound bar dengan tiga channel artinya akan ada suara tambahan dari arah depan. Di sisi lain, lima channel berarti ada dua suara lagi dari arah belakang. Kini sudah banyak sound bar berkualitas premium dengan jumlah channel hingga sembilan.


Menambah channel akan memberi sensasi seperti menonton film di bioskop. Saat Anda menggunakan Dolby Atmos 5.1, 7.1, atau 9.1 setup, audionya akan memberikan efek 3D. Jika di dalam film ada orang yang berjalan dari arah belakang, suara akan terdengar di channel belakang. Jadi, Anda merasa seakan sedang ada dalam film tersebut.


Selain channel, biasanya sebuah sound bar dilengkapi subwoofer. Sound bar dengan tipe 5.1 artinya produk tersebut memiliki lima channel dan satu subwoofer. Subwoofer akan mengamplifikasi suara bass di film atau lagu yang sedang diputar. Dentuman bass inilah yang bisa jadi pembeda karena membuat suaranya lebih mantap.

② Ketahui karakteristik active speaker dan passive speaker pada sound bar

Selanjutnya, Anda perlu memahami jenis sound bar apa yang akan dipilih, active atau passive. Sebenarnya, kualitas active sound bar dan passive sound bar mempunyai range-nya masing-masing. Keduanya mampu menghasilkan kualitas audio yang baik.

Active sound bar, pengaturan dan pemasangannya lebih praktis

Active sound bar, pengaturan dan pemasangannya lebih praktis

Active sound bar berarti di dalam produk tersebut sudah terpasang penguat daya audio atau amplifier. Hanya dengan satu perangkat sound bar, Anda sudah bisa menikmati kualitas suara yang bagus dari segala penjuru ruangan. 


Penggunaannya juga sangat praktis karena Anda tidak perlu mengatur banyak hal. Apabila Anda baru pertama kali membeli atau tidak begitu familier dengan audio, sebaiknya pilih tipe ini. Biasanya harga active sound bar dengan kualitas yang bagus akan sedikit lebih mahal.

Passive sound bar, performanya perlu diatur sendiri

Passive sound bar, performanya perlu diatur sendiri

Passive sound bar tidak memiliki amplifier dan receiver sehingga Anda harus menambahkannya sendiri. Otomatis ada lebih banyak perangkat yang harus diatur. Hal tersebut sepintas terdengar merepotkan, bukan? Namun, passive soundbar lebih bisa diatur sesuai kualitas dan suasana yang ingin Anda bangun. Jika Anda mendambakan kualitas yang mendekati home theater, belajarlah menggunakan tipe ini.


Selain itu, passive sound bar membutuhkan peralatan lebih dan cabling dengan konfigurasi ekstra. Jika Anda membutuhkan lebih dari satu subwoofer, gunakan passive sound bar karena bisa dikustomisasi sesuai keinginan.

③ Pertimbangkan tempat peletakan sound bar

Pertimbangkan tempat peletakan sound bar

Sound bar terkenal dengan desainnya yang ramping dan memanjang. Hal ini bisa menjadi kelebihan sekaligus keterbatasannya karena cakupan area yang bisa di-cover jadi lebih terbatas. Sound bar umumnya bekerja dengan baik di ruangan kecil hingga sedang. Untuk kamar indekos atau kafe kecil, sound bar juga bisa diandalkan. 


Tempat peletakannya pun memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Biasanya sound bar diletakkan sedikit di depan TV. Jika Anda memiliki TV yang tergantung di dinding, letakkan sound bar tepat di bawahnya. Ada juga yang meletakkan sound bar di bagian atas TV, tetapi suara yang dihasilkan kurang baik.


Anda bisa mengetesnya dengan mengadakan acara nobar. Pastinya teman-teman Anda akan menyebar di seluruh ruangan. Jadi, Anda dapat menanyakan kualitas suara yang mereka terima. Anda juga bisa menanyakan ke penjual apakah sound bar pilihan Anda lebih cocok untuk ruangan kecil, sedang, atau luas.

④ Ketahui jenis koneksi yang dimiliki sound bar

Ketahui jenis koneksi yang dimiliki sound bar

Hal lain yang tak kalah penting adalah mengecek jenis koneksi dari sound bar pilihan Anda. Umumnya sound bar dilengkapi port HDMI untuk disambungkan dengan TV. Tak hanya HDMI, sekarang sudah lumrah jika sound bar dilengkapi wireless connection, seperti Bluetooth dan Wi-Fi.


Dengan koneksi wireless, Anda akan lebih dimudahkan saat ingin mendengarkan lagu dan menonton film dari laptop atau tablet. Anda juga bisa lebih bebas mengakses layanan berbayar, seperti Spotify atau Pandora. Belakangan ini ada juga sound bar yang bisa diatur lewat voice command

⑤ Utamakan sound bar orisinal dari merek terbaik

Utamakan sound bar orisinal dari merek terbaik

Anda perlu mengingat hal ini saat memilih sound bar. Anda ingin menyelesaikan masalah audio, bukannya ingin menambah masalah baru. Ketika Anda sedang memiliki bujet terbatas, mungkin produk-produk tiruan akan terlihat menggiurkan. Namun, kemungkinan produknya mudah rusak atau kualitas suaranya tidak berbeda jauh dengan built-in speaker di TV Anda.


Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir karena merek-merek terkenal memiliki banyak varian produk sound bar. Anda bisa memilih produk Polytron, Samsung, Xiaomi, Sony, atau JBL. Rentang harganya pun beragam, mulai dari 1 jutaan hingga puluhan juta rupiah. Karena itu, pilihlah selalu produk orisinal dan usahakan dari merek-merek yang reputasinya bagus. Ada baiknya juga Anda melihat spesifikasi produk lebih dahulu.

10 Rekomendasi sound bar terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sound bar terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dennis Novriandi.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

LG

Sound Bar 2.0ch

LG Sound Bar 2.0ch 1枚目

Sistem audionya otomatis menyesuaikan jenis tayangan yang ditonton

2

Xiaomi

Mi Soundbar

Xiaomi Mi Soundbar  1枚目

Sound bar 1 jutaan dengan desain elegan

3

JBL

Cinema

JBL  Cinema 1枚目

Ciptakan home cinema di rumah

4

Simbadda

Soundbar Speaker

Simbadda  Soundbar Speaker 1枚目

Tidak hanya memutar musik, bisa juga buat karaoke!

5

Sony

Soundbar Home Cinema 5.1ch

Sony Soundbar Home Cinema 5.1ch 1枚目

Empat modenya jadi paket lengkap untuk beragam kebutuhan

6

Samsung

A-Series Soundbar

Samsung A-Series Soundbar  1枚目

Sound bar 2 jutaan yang menawarkan mode khusus gaming

7

Xiaomi

Redmi TV Soundbar

Xiaomi Redmi TV Soundbar 1枚目

Sound bar di bawah 1 juta dengan performa mumpuni

8

BOSE

Smart Soundbar 700

BOSE Smart Soundbar 700 1枚目

Pengalaman menonton film jadi lebih personal!

9

Sonos

Beam (Gen 2)

Sonos Beam (Gen 2) 1枚目

Bisa memutar musik beresolusi tinggi untuk audiophile

10

Polytron

Smart Soundbar

Polytron  Smart Soundbar 1枚目

Teknologi sepuluh speaker memberikan pengalaman yang berbeda

Perincian produk
Close
No.1

LGSound Bar 2.0chSK1D

Mulai dari Rp999.000,00

Sistem audionya otomatis menyesuaikan jenis tayangan yang ditonton

Kelebihan:

  • Mampu menyesuaikan performa audio berdasarkan jenis tayangannya


Kekurangan:

  • Tidak support dengan koneksi HDMI

Ada banyak jenis tayangan yang bisa dinikmati lewat TV, seperti film, berita, dan musik. Setiap tayangan tersebut memiliki karakter audio yang berbeda-beda. Jika Anda tidak ingin repot-repot mengatur audio sesuai jenis tayangan, pilih sound bar terbaik di bawah 1 juta ini.


LG Soundbar 2.0ch dibekali teknologi ASC (Adaptive Sound Control) yang mampu mendeteksi audio sesuai jenis tayangan. Saat Anda sedang menonton berita atau film, pengucapan pewartanya akan terdengar lebih jelas. Saat Anda mendengarkan musik, speaker dapat mengatur agar bass-nya terdengar kuat. Dipadukan dengan fitur Auto Sound Engine, audionya terdengar lebih lantang.

No.2

XiaomiMi Soundbar MDZ-27-DA

Mulai dari Rp1.000.000,00

Sound bar 1 jutaan dengan desain elegan

Kelebihan:

  • Sound bar bisa ditempel di dinding

Kekurangan:

  • Tidak support dengan koneksi HDMI 
  • Tidak termasuk remote control dalam paket penjualan

Mi Soundbar memadukan bodi berbalut bahan kain dengan bentuk yang sangat minimalis. Bentuknya tersebut terlihat sangat elegan saat dipasang di ruang tamu Anda. Dengan begitu, produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan sound bar sebagai speaker sekaligus untuk mempercantik ruangan. 


Kualitas audio sound bar Xiaomi ini juga dapat dibilang tidak biasa dan bisa di atas ekspektasi Anda. Saat Anda memutar musik, suara bass-nya sangat kental. Anda bisa menikmati musik dengan nyaman menggunakan sound bar terbaik harga 1 jutaan ini.

No.3

Ciptakan home cinema di rumah

Kelebihan:

  • Surround sound bagus untuk menonton film
  • Ada remote control untuk memudahkan pengoperasian

Kekurangan:

  • Belum support audio resolusi 4K untuk para audiophile

Sesuai namanya, JBL Cinema SB160 didesain khusus untuk Anda yang ingin membuat home cinema di rumah. Sound bar JBL ini memiliki beberapa fitur khusus, seperti JBL Surround Sound, Dolby Digital, dan subwoofer wireless 6,5". Perpaduan fitur-fitur tersebut memberikan sensasi menonton di rumah seperti sedang berada di bioskop. Dengan produk ini, Anda tidak perlu capek-capek pergi ke bioskop.

No.4

Simbadda Soundbar SpeakerCST 906N

Mulai dari Rp2.500.000,00

Tidak hanya memutar musik, bisa juga buat karaoke!

Kelebihan:

  • Ada dua mikrofon dan satu remote control dalam paket pembeliannya


Kekurangan:

  • Ukuran sound bar cukup panjang, tidak cocok untuk TV yang kecil

Anda yang hobi karaoke wajib mempertimbangkan Simbadda Soundbar Speaker CST 906N. Dalam paket penjualannya, Anda sudah mendapatkan dua mikrofon untuk karaoke. Anda juga tidak perlu takut tersangkut kabel karena mikrofon yang didapatkan adalah wireless mic. Jadi, Anda bisa bebas berekspresi saat menyanyi dengan sound bar terbaik harga 2 jutaan ini.

No.5

SonySoundbar Home Cinema 5.1chHT-S20R

Mulai dari Rp3.229.000,00

Empat modenya jadi paket lengkap untuk beragam kebutuhan

Kelebihan:

  • Mampu memproduksi audio yang immersive dengan lima channel

Kekurangan:

  • Semua koneksi ada di belakang subwoofer sehingga cukup merepotkan

Jika Anda ingin memaksimalkan kualitas audio untuk berbagai jenis hiburan, kami merekomendasikan produk ini. Sound bar Sony ini menawarkan empat mode untuk berbagai kebutuhan. Pertama, ada mode bioskop yang membawa Anda seolah-olah masuk ke dalam film. Ada juga mode musik yang dapat mengeluarkan detail suara musik favorit Anda.


Selanjutnya, ada voice mode untuk Anda yang sering menonton berita atau film dengan percakapan yang intens. Terakhir, ada night mode yang mengoptimalkan keseimbangan suara saat menonton di malam hari. Mode ini memungkinkan Anda mendengar dengan jelas meski speaker diatur pada volume rendah sekalipun.

No.6

SamsungA-Series Soundbar HW-A450

Mulai dari Rp2.749.000,00

Sound bar 2 jutaan yang menawarkan mode khusus gaming

Kelebihan:

  • Dilengkapi fitur Bass Boost untuk sensasi suara bass yang powerfull

Kekurangan:

  • Tidak support dengan koneksi HDMI

Anda yang butuh rekomendasi sound bar untuk bermain game bisa memilih produk ini. Salah satu keunggulan sound bar Samsung ini adalah mempunyai mode khusus untuk gaming. Mode ini memaksimalkan performa sound bar saat Anda bermain game konsol, seperti Xbox One, PS4, atau Nintendo Switch.


Dengan adanya gaming mode di sound bar terbaik harga 2 jutaan ini, suasana bermain game terasa lebih hidup. Perpaduan sound bar yang support mode gaming dengan layar yang besar tentu membuat permainan jadi lebih asyik.

No.7

XiaomiRedmi TV SoundbarMDZ-34-DA

Mulai dari Rp499.000,00

Sound bar di bawah 1 juta dengan performa mumpuni

Kelebihan:

  • Koneksi Bluetooth stabil, bagus untuk memutar lagu lewat smartphone

Kekurangan:

  • Tidak support dengan koneksi HDMI dan optical audio
  • Tidak ada remote control dalam paket pembeliannya

Bila Anda mencari rekomendasi sound bar di bawah 1 juta yang performanya bersaing, Redmi TV Soundbar layak dipilih. Produk ini merupakan produk sound bar murah terbaik di bawah 1 juta yang kualitasnya di kelas atas.


Sound bar Xiaomi ini sudah mampu menghasilkan audio 3D layaknya menonton di bioskop. Berkat speaker ini, menonton film dan mendengarkan musik jadi lebih menyenangkan. Produk ini juga memiliki koneksi Bluetooth yang stabil, lho. Dengan jangkauan koneksi nirkabel 10 meter, memutar musik lewat HP jadi makin praktis.

No.8

BOSESmart Soundbar 700

Mulai dari Rp16.299.000,00

Pengalaman menonton film jadi lebih personal!

Kelebihan:

  • Terintegrasi dengan AirPlay 2, Google Assistant, Amazon Alexa, dan Spotify Connect

Kekurangan:

  • Suara bass yang dihasilkan terlalu ringan untuk beberapa orang
  • Harga cukup tinggi, kurang cocok untuk pemula

Anda ingin lebih personal saat menonton film? Kalau begitu, pilih produk ini. Teknologi Bose SimpleSync bisa memadukan Bose Noise Cancelling Headphones 700 dengan sound bar ini. Anda akan merasakan audio yang tebal dengan getaran yang sangat terasa tanpa harus mengganggu orang lain.


Produk ini dibuat dari material premium, yakni tempered glass di bagian atasnya dan logam grille di bodinya. Tampilannya akan sangat elegan saat digantung di dinding Anda. Ada built-in voice control juga, lho! Anda dapat memberi perintah pada sound bar ini hanya melalui suara. Produk yang canggih, bukan?

No.9

Bisa memutar musik beresolusi tinggi untuk audiophile

Kelebihan:

  • Mampu memutar audio yang jelas dan bersih

  • Bentuknya compact dan modern, cocok untuk berbagai jenis interior ruangan


Kekurangan:

  • Harga cukup tinggi, kurang cocok untuk pemula

  • Fitur TruePlay hanya berfungsi di perangkat iOS


Jika Anda seorang audiophile, kami merekomendasikan produk ini. SONOS Beam (Gen 2) mampu memutar musik beresolusi tinggi. Detail musik yang diputar produk ini akan terdengar jelas. Anda bisa menikmati musik dengan kualitas audio mumpuni.

 

Anda yang memiliki konsep rumah smart home juga bisa memilih Sonos Beam. Sound bar Dolby Atmos terbaik ini memiliki fitur voice assistant dari Google Assistant dan Amazon Alexa. Anda bisa memberikan semua perintah lewat suara, tanpa tangan dan tanpa harus berdiri dari tempat duduk!

No.10

Polytron Smart SoundbarPHT 250/SB

Mulai dari Rp3.499.000,00

Teknologi sepuluh speaker memberikan pengalaman yang berbeda

Kelebihan:

  • Sudah didukung smart mode untuk Android
  • Ada preset equalizer untuk memodifikasi jenis audio yang disukai

Kekurangan:

  • Penempatannya tidak mudah karena ada speaker di sisi atas

Sound bar Polytron ini memiliki sepuluh speaker di berbagai sisi sehingga mampu menciptakan efek audio tiga dimensi. Mendengarkan musik dan menonton film dengan sound bar ini terdengar sangat realistis dan mengagumkan. Produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan audio yang lebih menggelegar.


Produk ini juga mempunyai beragam preset equalizer yang terdiri dari preset musik, film, berita, game, flat, dan user. Anda bisa memilih dan mengatur sendiri jenis suara yang diinginkan sesuai kebutuhan. Ada juga fitur Bazzoke untuk mengoptimalkan suara bass yang keluar dari speaker.

Baca juga rekomendasi perangkat audio lainnya di sini

Jika belum puas dengan sound bar, cobalah bangun home theater. Anda juga bisa menghemat bujet dengan memilih speaker center atau speaker lainnya. Rekomendasi produknya sudah kami siapkan untuk Anda di artikel-artikel berikut. Silakan dikunjungi!

Kesimpulan

Jika Anda penggemar film garis keras, kualitas audio adalah hal yang tidak bisa ditawar. Sound bar setidaknya bisa menyediakan kualitas dan suasana audio yang Anda dambakan untuk ruangan kecil dan sedang.


Jika Anda memilih produk dari merek yang reputasinya bagus, kualitas suara sudah ada di genggaman Anda. Sisanya tinggal Anda pilih berdasarkan spesifikasi yang ditawarkan dan budget-wise. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan sound bar terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer