1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. Lampu
  6. >
  7. 10 Lampu Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Lampu Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Lampu Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Lampu Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Lampu Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Lampu Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Lampu Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2023)

Lampu taman dapat membuat taman menjadi lebih indah pada malam hari. Ada banyak jenis lampu taman yang bisa Anda temukan, mulai dari lampu tiang, lampu gantung, hingga lampu dinding. Bukan hanya lampu bulat saja, kini Anda juga bisa menemukan berbagai bentuk lampu.


Agar Anda bisa menemukan lampu taman yang cantik, kami akan bagikan beberapa tips memilihnya. Kami juga merekomendasikan beberapa merek produk lampu taman yang bagus untuk Anda. Ada lampu taman yang minimalis dan lampu tenaga surya. Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora. Baca hingga tuntas, ya!

Diperbaharui 08-25-2022
Pakar
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Nickyta adalah ahli arsitek lanskap yang memiliki pengalaman selama sembilan tahun di dunia lanskap. Beliau mempunyai pengalaman bekerja di konsultan perencana lanskap, antara lain PT Townland International dan PT AECOM Indonesia. Di Indonesia, Nickyta banyak bekerja untuk perencana lanskap di beberapa developer, antara lain Agung Sedayu, Summarecon Group, Lippo Group, dan lain-lain. Untuk tahu informasi tentang lanskap, beliau bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil Nickyta Eleonora
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lampu taman

Banyaknya produk lampu taman di pasaran pasti membuat Anda bingung untuk memilihnya. Oleh karena itu, simak dahulu beberapa tips dari kami berikut ini.

① Pilih jenis lampu berdasarkan cara pemasangannya

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih lampu taman adalah jenisnya. Anda bisa memilih jenis lampu taman, salah satunya berdasarkan cara pemasangannya. Berikut ini beberapa jenis lampu taman yang perlu Anda ketahui.

Lampu tiang: Sinar jadi lebih menyebar

Lampu tiang: Sinar jadi lebih menyebar

Lampu tiang merupakan lampu taman yang paling lazim digunakan, utamanya pada taman yang luas. Lampu ini menggunakan tiang atau penyangga sehingga posisi lampu berada di atas. Selain lebih aman karena jauh dari jangkauan, cahaya yang dihasilkan pun bisa lebih bisa menyebar.


Taman yang luas jadi bisa diterangi secara merata ke berbagai sudut. Akan tetapi, biasanya lampu jenis ini masih menggunakan bohlam yang memiliki daya listrik cukup besar. Selain itu, bila bohlam putus, Anda juga butuh usaha lebih untuk menggantinya.

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Lampu tiang memiliki fungsi penyebaran sinar yang lebih melebar. Penyebaran sinar bergantung pada ketinggian tiang lampu tersebut. Sebaran radius lampu yang akan dipilih sebaiknya disesuaikan juga dengan fungsi atau ambience perencanaan ruang yang tepat.

Lampu dinding: Menonjolkan karakter bangunan

Lampu dinding: Menonjolkan karakter bangunan

Seperti namanya, lampu jenis ini dipasang dengan cara ditempel pada dinding atau tembok. Anda bisa memasangnya di tembok rumah atau tembok pagar. Selain sebagai penerangan, lampu ini bisa menonjolkan karakter bangunan sehingga tidak tenggelam oleh visual taman.


Berbeda dengan lampu dinding di dalam ruangan, lampu dinding untuk taman memiliki ketahanan air sehingga aman dari hujan. Produk lampu dinding juga sangat beragam. Ada lampu yang memiliki bentuk dan instalasi seperti lampu tiang, bahkan ada pula yang menggunakan LED dengan tenaga surya.

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Lampu dinding biasa digunakan pada fasad bangunan untuk menonjolkan karakter bangunan atau bahkan dapat membuat kesan dramatis pada bangunan.

Lampu gantung: Tampilannya lebih artistik

Lampu gantung: Tampilannya lebih artistik

Lampu gantung adalah jenis lampu yang lebih sering dijumpai di dalam ruangan. Lampu ini biasanya dipasang dengan cara digantung di langit-langit. Desainnya pun beragam dan variatif sehingga dapat mempercantik ruangan. Untuk penggunaan di area taman, Anda bisa menggunakan tiang atau penyangga


Fungsinya hampir serupa dengan lampu tiang, tetapi posisi lampu ini digantung. Selain itu, ada pula bohlam yang hanya digantungkan pada kabel. Kelap-kelip lampu gantung sering kali membuat visual taman makin artistik. Namun, untuk keamanan, Anda perlu memastikan bahwa lampu tersebut antiair.

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Lampu gantung memiliki fungsi artistik apabila diletakkan di ruang luar. Bentuknya pun beraneka ragam, ada yang berbentuk lampu gantung tunggal dan ada juga yang berbentuk lampu gantung berantai.

Lampu tanam: Jalan di taman jadi lebih estetis

Lampu tanam: Jalan di taman jadi lebih estetis

Anda pasti sering melihat lampu yang tertanam di markah jalan. Nah, lampu tersebut menggunakan jenis lampu tanam. Lampu jenis ini juga sering digunakan untuk dekorasi taman, lho. Anda bisa memasangnya di tepi jalan setapak, tepi kolam, atau bagian lainnya di taman. Anda bisa atur sesuai pola yang diinginkan sehingga dapat menghasilkan visual taman yang estetis di malam hari.


Lampu tanam biasanya dirancang tahan tekanan dan tahan air. Selain itu, lampu jenis ini umumnya juga telah menggunakan tenaga surya. Jadi, selain aman dari tekanan dan hujan, lampu ini juga lebih hemat tanpa membutuhkan daya listrik.

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Lampu tanam memiliki fungsi sebagai penerangan pedestrian (pejalan kaki) ataupun sebagai penerangan kolam renang. Penerangan pedestrian yang menggunakan lampu tanam biasanya memiliki kesan lebih estetis dan banyak ditemukan di resort.

Lampu sorot: Menambah kesan dramatis pada objek

Lampu sorot: Menambah kesan dramatis pada objek

Terkadang ada beberapa bagian di taman yang perlu Anda tonjolkan sebagai fungsi estetika. Sebagai contoh, bagian pohon, kolam, bangunan, atau semacamnya. Untuk itu, Anda membutuhkan lampu jenis sorot.


Lampu sorot bisa lebih fokus menyinari bagian tertentu agar lebih jelas dan terkesan dramatis. Anda bisa mengkreasikan sorotan lampu terhadap objek secara bebas, seperti dari bawah, samping, atau bahkan dari atas. Pastinya kesan dramatis yang dihasilkan membuat taman Anda makin indah di malam hari!

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Lampu sorot (spotlight) juga dapat menjadi sebuah pilihan yang sangat baik untuk menciptakan kesan dramatis pada objek. Biasanya lampu sorot diletakkan untuk menyoroti sculpture (patung) ataupun tanaman yang memiliki sebagai aksen di perencanaan taman.

② Pertimbangkan sorot cahaya yang dihasilkan

Pertimbangkan sorot cahaya yang dihasilkan

Selain cara pemasangan, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis lampu berdasarkan sorot cahayanya. Anda bisa memilih jenis lampu flood lighting, spot lighting, silhouetting, shadow lighting, string light, dan sebagainya. Pertimbangan tersebut bisa Anda sesuaikan dengan konsep taman yang Anda inginkan. Untuk taman yang terang dan merata, lampu jenis flood light bisa Anda pilih. 


Lampu jenis spotlight lebih cocok Anda pakai bila ingin menyorot bagian taman tertentu. Sementara itu, untuk mendapatkan efek cahaya yang unik, Anda bisa pilih jenis silhouetting atau shadow lighting. Terakhir, jenis string light lebih pas untuk dekorasi taman yang gemerlap.


Selain jenis yang sudah kami sebutkan, masih banyak lagi sorot lampu taman yang bisa Anda temukan. Jadi, silakan kreasikan sesuai kebutuhan, ya!

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Selain mempertimbangkan jenis-jenis lampu yang akan digunakan, sebaiknya pertimbangkan juga sorot cahaya yang dihasilkannya. Lumrahnya, sorot cahaya yang dihasilkan ada beberapa tipe pendaran cahaya, antara lain narrow, wide, dan normal. Spesifikasi dari tiap jenis lampu biasanya dapat ditemukan pada kemasan produk.

③ Upayakan pilih lampu yang hemat energi

Upayakan pilih lampu yang hemat energi

Bagaimanapun juga, lampu taman saat ini lebih difungsikan sebagai estetika semata. Oleh karena itu, ada baiknya Anda pilih lampu yang hemat energi dengan mempertimbangkan besarnya daya yang dibutuhkan.


Terlebih lagi, lampu yang dipasang berjumlah banyak dan akan dinyalakan sepanjang malam. Jangan sampai tagihan listrik Anda jadi membengkak karenanya. Untuk berhemat, Anda bisa pilih lampu taman dengan konsumsi listrik yang relatif kecil. 


Makin hemat lagi bila Anda pilih lampu LED yang bertenaga surya. Ada banyak produk lampu jenis ini yang dijual di pasaran. Memilih lampu bertenaga surya, sama halnya dengan berinvestasi. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya pembelian tanpa dibebani biaya listrik tiap bulannya. Hanya saja jenis lampu ini memiliki sorot cahaya yang terbatas sehingga Anda mungkin membutuhkan lampu lebih banyak.

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Kami sangat merekomendasikan Anda untuk memilih lampu-lampu yang hemat energi yang berdaya rendah. Hal ini adalah langkah yang dapat menjadi sumbangsih dari Anda pada sustainability lingkungan.

④ Perhatikan indeks proteksi (IP) yang dimiliki lampu

Perhatikan indeks proteksi (IP) yang dimiliki lampu

Lampu taman adalah jenis lampu outdoor yang penggunaannya berada di luar ruangan. Itu artinya, lampu ini akan terkena panas, hujan, dan rentan terhadap benturan atau tekanan. Oleh karena itu, lampu taman biasanya memiliki tingkat IP (indeks proteksi).


Indeks proteksi terdiri dari dua digit angka. Digit pertama merupakan indikator perlindungan lampu terhadap unsur-unsur solid semisal debu. Tingkatannya ditunjukkan dengan angka 0 hingga 6. 


Sementara itu, digit kedua adalah indikator ketahanan lampu terhadap air. Tingkat ketahanan tersebut ditunjukkan dengan angka 0 hingga 8. Untuk memilih nilai IP pada lampu tersebut sangatlah mudah. Makin besar angka keduanya, maka makin tinggi pula tingkat proteksinya. Jadi, pertimbangkan untuk memilih tingkat IP yang lebih besar untuk keamanan lebih baik, ya!

Nickyta Eleonora
Landscape architect
Nickyta Eleonora

Semua jenis lampu memiliki indeks proteksi (IP) yang berbeda-beda. IP merupakan daya resistansi yang dimiliki lampu terhadap air, kotoran, tekanan, dan banjir.

10 Rekomendasi lampu taman terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lampu taman terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Nickyta Eleonora.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Eelic

Lampu Sorot Mini LED

Eelic Lampu Sorot Mini LED 1枚目

Lampu taman LED model sorot yang ekonomis

2

Light Sensor 100 LED Wall Solar Lamp

 Light Sensor 100 LED Wall Solar Lamp 1枚目

Dilengkapi sensor, bisa nyala dan padam secara otomatis

3

Waterproof Garden Solar Lamp Lantern Model

 Waterproof Garden Solar Lamp Lantern Model 1枚目

Suka taman dengan konsep Jepang? Wajib punya lampu ini!

4

Lampu Taman Gantung Model Kembang Api 120 LED

 Lampu Taman Gantung Model Kembang Api 120 LED 1枚目

Lampu taman gantung model kembang api, romantis dan gemerlap

5

DLX Lighting

Lampu taman pilar bulat

DLX Lighting  Lampu taman pilar bulat 1枚目

Lampu taman klasik dengan motif garis yang unik

6

TaffLED

Lampu Tanam LED Solar

TaffLED  Lampu Tanam LED Solar  1枚目

Tahan kompresi dan air, aman bila terinjak atau basah

7

Philips

Lampu Sorot Flood Light Tuff LED

Philips  Lampu Sorot Flood Light Tuff LED 1枚目

Kualitasnya tinggi, bisa tahan hingga 20 tahun!

8

EGLO

LATERNA 4

EGLO LATERNA 4  1枚目

Ingin taman lebih terang? Lampu ini bisa pakai bohlam 60 watt

9

3+PROJECTS

Lampu Dinding Outdoor Wall Lamp

3+PROJECTS Lampu Dinding Outdoor Wall Lamp  1枚目

Taman cantik, bangunan pun tampak artistik

10

3+PROJECTS

Wall Lamp Classic

3+PROJECTS Wall Lamp Classic  1枚目

Hiasi taman Anda dengan siluet cahaya yang unik

Perincian produk
Close
No.1

EelicLampu Sorot Mini LED

Mulai dari Rp40.000,00

Lampu taman LED model sorot yang ekonomis

Ini dia salah satu produk lampu taman sorot waterproof yang kami rekomendasikan untuk Anda bila ingin menghemat dana. Harganya sangat terjangkau sehingga tidak membuat kantong Anda jebol. 


Anda juga bisa memasang lampu ini di tanah untuk menyorot ke arah atas atau sebaliknya. Hal itu karena lampu spotlight ini bisa ditancapkan atau disekrup sehingga lebih fleksibel penempatannya. Lampu ini juga tersedia dalam dua warna cahaya, yakni white dan warm white. Anda bisa menggunakannya untuk menyorot pohon atau patung di taman untuk mendapatkan kesan yang lebih dramatis.

No.2

Light Sensor 100 LED Wall Solar Lamp

Mulai dari Rp31.500,00

Dilengkapi sensor, bisa nyala dan padam secara otomatis

Anda bisa memilih lampu ini untuk dipasang di dinding sekitar taman atau pagar sebagai penerang jalan. Cahaya yang dihasilkan tergolong terang, tentu cukup untuk menerangi jalan dalam beberapa langkah. Makin terang bila Anda pasang beberapa lampu ini dalam jarak tertentu.  


Istimewanya lagi, lampu dengan baterai tenaga surya ini sudah dilengkapi dengan sensor otomatis. Lampu akan menyala bila ada orang pada jarak maksimal 8 meter. Selain itu, frost and heat resistance juga membuat lampu taman ini makin awet digunakan.

No.3

Waterproof Garden Solar Lamp Lantern Model

Mulai dari Rp24.000,00

Suka taman dengan konsep Jepang? Wajib punya lampu ini!

Anda yang suka taman ala Jepang tidak boleh mengabaikan lampu satu ini. Lampu ini akan mengingatkan siapa pun yang melihatnya dengan lentera khas negeri Jepang tersebut. Anda tidak akan repot memasang lampu taman ini sebab tidak membutuhkan instalasi kabel atau listrik.


Lampu ini dibekali baterai tenaga surya yang akan terisi secara otomatis ketika terpapar cahaya matahari. Dengan begitu, untuk menggunakannya Anda hanya perlu menancapkannya saja di taman. Asyik!

No.4

Lampu Taman Gantung Model Kembang Api 120 LED

Mulai dari Rp132.000,00

Lampu taman gantung model kembang api, romantis dan gemerlap

Ingin menikmati suasana romantis bersama pasangan? Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke taman kota atau bahkan ke restoran yang mahal. Yuk, sulap taman di rumah jadi lebih gemerlap dan romantis dengan dekorasi yang manis. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan lampu taman gantung ini. 


Bermodel kembang api, produk ini mampu menghasilkan pancaran cahaya yang terlihat eye-catching sekaligus memesona. Pastinya malam minggu Anda bersama pasangan jadi lebih romantis. Ditambah dengan keberadaan remote control, lampu taman gantung cantik ini pun makin praktis digunakan.

No.5

DLX Lighting Lampu taman pilar bulatTFP-2/3-TL

Mulai dari Rp198.000,00

Lampu taman klasik dengan motif garis yang unik

Kami yakin saat mendengar kata lampu taman, bisa jadi yang ada di pikiran Anda adalah lampu bulat berwarna putih. Lampu ini memang sudah cukup umum dipakai sejak dahulu sehingga sangat identik dengan sebuah taman. Jadi, apabila Anda juga menginginkan tampilan taman yang klasik, Anda bisa pilih produk ini.


Lampu kaca ini memiliki diameter 30 cm dengan tinggi 38,5 cm. Selain itu, terdapat motif garis di bagian tengah sehingga membedakannya dengan produk lampu bulat lainnya. Namun, Anda juga masih perlu membeli tiang dan bohlam sebab keduanya dijual secara terpisah. 

No.6

TaffLED Lampu Tanam LED Solar CL-022

Mulai dari Rp45.000,00

Tahan kompresi dan air, aman bila terinjak atau basah

Lampu ini akan tampak cantik bila Anda pasang di tepi jalan setapak taman atau di tepi kolam renang. Untuk pemasangannya, lampu ini bukan digantung atau ditempel, melainkan ditanam. Meski berada di lantai, Anda tidak perlu khawatir lampu ini akan pecah.


Lampu taman terbaik dengan solar battery ini juga dirancang agar tahan kompresi dan tahan air. Oleh karena itu, cukup aman bila terinjak atau terkena air hujan. Lampu ini juga minim perawatan karena tidak menggunakan instalasi listrik. Sekali pasang, lampu ini bisa menyala dengan baterai yang terisi otomatis oleh tenaga surya. Jadi hemat, deh!

No.7

Philips Lampu Sorot Flood Light Tuff LED

Mulai dari Rp135.000,00

Kualitasnya tinggi, bisa tahan hingga 20 tahun!

Philips adalah salah satu produsen lampu terbaik dengan kualitas yang sudah diakui. Oleh karena itu, produk satu ini jangan sampai Anda lewatkan begitu saja. Lampu sorot ini selain hemat energi juga sangat awet sebab bisa tahan hingga 20 tahun lamanya. 


Anda bisa menggunakan lampu ini di taman untuk diarahkan ke area halaman, pohon, atau bangunan rumah. Hal itu bisa membuat suasana taman terkesan lebih dramatis. Selain untuk taman, Anda juga bisa menggunakannya sebagai lampu sorot papan iklan. Multifungsi, bukan?

No.8

Ingin taman lebih terang? Lampu ini bisa pakai bohlam 60 watt

Melihat desain lampu ini saja mungkin akan mengingatkan Anda dengan taman berlatar Eropa yang ada di film-film. Taman dengan tiang lampu, bangku, dan daun yang berguguran. Anda juga bisa, lho, membuat suasana serupa di taman rumah Anda. Lampu bergaya lentera klasik ini akan menambah keindahan taman Anda.


Lampu ini dijual terpisah dengan bohlamnya. Namun, Anda direkomendasikan untuk menggunakan bohlam tipe E27 dengan daya maksimal 60 watt. Jadi, mau cahaya temaram atau cahaya terang bisa Anda sesuaikan dengan besarnya bohlam. Selain untuk taman, lampu ini cocok juga untuk lampu pagar atau trotoar jalan.

No.9

3+PROJECTSLampu Dinding Outdoor Wall Lamp DX2732-GU10

Mulai dari Rp340.000,00

Taman cantik, bangunan pun tampak artistik

Salah satu fungsi taman adalah mempercantik bangunan rumah. Jadi, jangan hanya fokus pada dekorasi taman saja. Anda bisa memakai lampu dinding ini untuk menguatkan pesona bangunan rumah. Lampu ini bisa dipasang di dinding atau tembok pagar sehingga visual bangunan tidak kalah menarik.


Lampu ini memiliki dua sorot lampu, yakni ke atas dan ke bawah. Hal itu membuatnya berbeda dari lampu dinding yang kebanyakan mengarah ke bawah. Lampu ini juga memiliki ketahanan air hingga IP54 sehingga aman bila terkena percikan air hujan. Tentu taman Anda akan lebih cantik dengan rumah yang makin artistik!

No.10

3+PROJECTSWall Lamp Classic FR147102A-WH

Mulai dari Rp1.045.000,00

Hiasi taman Anda dengan siluet cahaya yang unik

Lampu taman dengan pencahayaan penuh mungkin sudah biasa. Cobalah hiasi taman Anda dengan siluet cahaya. Lampu dinding ini bisa jadi salah satu pilihan Anda. Lampu ini memiliki desain bentuk rumah dengan bingkai yang berpola lubang sehingga dapat menghasilkan siluet. 


Produk ini sangat cocok Anda pasang di salah satu sudut taman atau pagar. Terlebih lagi, bila taman Anda dilengkapi dengan saung. Menggunakan lampu ini, pasti suasana malam jadi makin syahdu. Anda bisa menggunakan bohlam dengan daya maksimal 40 watt pada lampu ini.

Tips dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora

Tips dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora

Tips lainnya adalah gunakan lampu berjenis LED sebagai lampu yang hemat energi dan lampu-lampu yang telah bersertifikasi go green. Selain memakai energi yang lebih ramah lingkungan, lampu tersebut memiliki jangka waktu hidup yang lama.

Baca juga rekomendasi lampu lainnya di sini

Kami yakin setelah ini taman Anda makin cantik dengan lampu-lampu yang artistik hasil rekomendasi kami. Anda juga bisa saja memperindah taman menggunakan lampu sensor dan lampu lentera. Anda bisa mengenali lebih jauh kedua produk tersebut melalui artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Meski sepele, ternyata memilih lampu taman harus banyak pertimbangan, ya. Hal itu karena selain berfungsi sebagai penerangan, lampu taman juga memengaruhi estetika taman itu sendiri. Pemilihan lampu yang tepat membuat taman Anda makin hidup dan indah di malam hari. 


Semoga tips dan rekomendasi kami kali ini membantu Anda menemukan lampu taman yang cocok. Dengan demikian, impian Anda memiliki taman yang cantik dan artistik bisa segera terwujud.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer