• 10 Rekomendasi Gagang Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Gagang Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Gagang Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Gagang Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Gagang Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Gagang Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Pintu merupakan unsur penting untuk sebuah rumah ataupun kamar. Agar pintu bisa dibuka dan ditutup dengan mudah, Anda harus memasang handle atau gagang pintu. Benda ini biasanya terbuat dari stainless, zinc alloy, dan brass. Ketiga bahan tersebut tidak mudah rusak dan memberikan kesan minimalis. Selain itu, ada juga gagang pintu unik berbahan kayu.


Pilihan yang beragam pasti membuat Anda kebingungan. Nah, untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan merekomendasikan produk gagang pintu dari brand Dekson, Paloma, hingga Evomab. Namun, Anda sebaiknya menyimak tips memilihnya terlebih dahulu.

  • Pembaharuan terakhir: 15 Februari 2021
Daftar isi

Cara memilih gagang pintu

Saat memilih gagang pintu, Anda pasti melihat desain dan warnanya terlebih dahulu. Selain dua hal tersebut, poin-poin di bawah ini juga harus diperhatikan, lho! Dengan demikian, gagang pintu pilihan Anda bisa berfungsi dengan maksimal dan menyatu bersama eksterior rumah.

Cari tahu jenisnya terlebih dahulu

Gagang pintu yang ada di pasaran sangat beragam. Namun, empat jenis gagang pintu berikut ini merupakan yang paling banyak dijual di pasaran. 

Lever, jenis yang paling banyak digunakan

Lever, jenis yang paling banyak digunakan

Anda pasti sering melihat gagang pintu yang dilengkapi dengan tuas berbentuk bulat, persegi, atau lengkungan tipis berbentuk huruf S. Gagang pintu seperti itu merupakan jenis lever. Untuk menggunakan gagang pintu ini, Anda hanya perlu menekan tuasnya ke bagian bawah dan pintu pun akan terbuka.

 
Gagang pintu jenis ini termasuk salah satu jenis gagang pintu yang mudah digunakan. Akan tetapi, gagang pintu lever membutuhkan perawatan lebih karena di bagian dalamnya terdapat pegas yang bisa patah sewaktu-waktu. Selain itu, gagang pintu jenis ini sering membuat pakaian tersangkut saat Anda melewati pintu dalam keadaan tergesa-gesa.

 
Meskipun demikian, gagang pintu jenis ini tetap disukai banyak orang karena mudah digunakan (termasuk oleh penyandang disabilitas). Oleh sebab itu, gagang pintu jenis lever pun direkomendasikan untuk dipasang di tempat umum. Hal tersebut dilakukan supaya para penyandang disabilitas bisa membuka pintu tanpa kesulitan.

Knob, bentuknya kecil dan sederhana

Knob, bentuknya kecil dan sederhana

Gagang yang sudah ada sejak lama ini bisa digunakan untuk bangunan modern atau tradisional. Gagang pintu ini biasanya berbentuk bulat dan aman untuk anak-anak karena tidak memiliki sudut yang bisa melukai kepala anak-anak. 


Gagang pintu jenis knob memiliki cara kerja yang cukup unik dengan cara diputar ke salah satu sisi. Namun, cara kerja gagang pintu yang seperti ini sering membuat anak-anak, orang tua, dan orang disabilitas kesulitan membuka pintu. Anda juga akan kesulitan membuka pintu saat tangan dalam keadaan basah atau lembap. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihak produsen pun memproduksi gagang pintu jenis knob dengan bentuk lain yang lebih mudah digenggam.

Recessed, ditanam ke dalam pintu

Recessed, ditanam ke dalam pintu

Gagang pintu yang diciptakan untuk pintu geser ini memiliki beberapa nama, yakni flush dan recessed. Gagang pintu ini cukup unik karena Anda harus menanamnya ke dalam pintu. Dengan demikian, gagang pintu tidak akan menahan pintu saat digeser. Gagang pintu jenis ini tersedia dalam beragam bentuk, seperti persegi panjang, oval, dan lingkaran. 


Sebenarnya, pintu geser juga bisa diberi gagang berbentuk cincin. Namun, gagang pintu jenis ini biasanya hanya ditempel di permukaan pintu. Hal tersebut bisa membuat pintu tidak dapat dibuka secara maksimal karena terganjal oleh gagang pintu tersebut.

 
Gagang pintu cincin juga bisa membuat orang lain menganggap pintu tersebut adalah pintu biasa (bukan pintu geser). Akhirnya, pintu pun dibuka dengan cara ditarik atau didorong. Kejadian seperti itu bisa membuat pintu lebih cepat rusak.

Pull, panjangnya bervariasi

Pull, panjangnya bervariasi

Pintu yang berukuran besar atau berpasangan biasanya diberi gagang pintu jenis pull. Namun, ada juga pintu single yang dilengkapi dengan gagang jenis ini. Pintu yang diberi gagang jenis pull hanya perlu ditarik atau didorong. Jadi, Anda tidak perlu menekan atau memutar gagang pintu saat masuk dan keluar rumah. 


Gagang pintu ini juga memiliki desain yang beragam. Ada yang bentuknya menyerupai huruf D dan ada pula yang bentuknya mirip dengan gagang telepon zaman dahulu. Untuk urusan yang satu ini Anda bisa menyesuaikannya dengan selera pribadi.

 
Gagang pintu jenis ini juga memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari 15–18 cm (untuk ukuran panjang keseluruhan). Namun, setiap produsen memiliki kebijakan tersendiri saat menentukan panjang gagang pintu jenis pull. Anda mungkin akan menemukan gagang pintu jenis pull yang ukurannya lebih panjang atau lebih pendek. Untuk panjang bagian dalam (dari satu lubang sekrup ke lubang sekrup lain) biasanya berukuran 12 cm.

Pilih yang satu set dengan kunci atau terpisah

Pilih yang satu set dengan kunci atau terpisah

Saat Anda memilih gagang pintu, Anda harus memperhatikan apakah produk tersebut dijual satu set bersama kunci atau tidak. Jika gagang pintu pilihan Anda tidak dilengkapi dengan kunci, Anda harus membeli kunci tambahan.


Apabila Anda membeli gagang pintu yang dilengkapi kunci, Anda harus mencari tahu apakah kuncinya ada di kedua sisi atau tidak. Gagang pintu dengan kunci di kedua sisi bisa dipakai untuk pintu depan. Sementara itu, gagang pintu yang hanya dilengkapi satu kunci (di satu sisi) lebih cocok digunakan untuk pintu kamar mandi.

Perhatikan bahan yang digunakan

Gagang pintu ada yang dibuat dari stainless steel, aluminium, dan brass. Di samping itu, ada juga gagang pintu dari kayu. Tiap-tiap bahan tersebut pasti memiliki keunggulan yang berbeda satu sama lain. Jadi, Anda harus mempertimbangkan kira-kira gagang pintu dari bahan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Stainless steel, mudah dibersihkan

Stainless steel, mudah dibersihkan

Gagang pintu yang mudah kotor pasti membuat pintu rumah terlihat kurang maksimal. Untuk menghindari permasalahan seperti itu, Anda sebaiknya memilih gagang pintu yang terbuat dari stainless steel


Bahan ini umumnya tidak memiliki pori-pori sehingga bakteri dan kotoran lebih sulit untuk menempel. Kalau pun ada kotoran, Anda bisa membersihkannya dengan cepat. Di samping itu, bahan stainless steel juga bisa menyerap kelembapan dengan baik sehingga cocok digunakan di daerah tropis.

Zinc alloy, tahan terhadap korosi

Beberapa jenis logam akan mengalami korosi saat terkena air hujan. Namun, zinc alloy termasuk logam yang tidak mudah mengalami korosi. Karena itu, zinc alloy sering digunakan sebagai bahan untuk membuat gagang pintu. Bahan ini tidak hanya tahan terhadap korosi, tetapi juga kuat dan mudah untuk dirawat.

Brass, cocok dengan beragam desain pintu

Brass, cocok dengan beragam desain pintu

Gagang pintung yang terbuat dari brass biasanya memiliki warna kuning, tetapi ada juga yang memiliki warna kehijauan dan kemerahan. Hal itu biasanya dipengaruhi oleh logam tambahan yang dicampurkan saat proses pembuatan berlangsung. 


Gagang pintu yang terbuat dari bahan ini terkenal tahan api dan mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama, lho! Selain itu, gagang pintu berbahan brass juga akan membuat berbagai jenis pintu terlihat lebih elegan karena warnanya yang berkilau.

Kayu, desainnya sederhana dan klasik

Gagang pintu yang terbuat dari bahan logam memang kuat, tetapi bahan tersebut bisa menghantarkan panas dan cenderung mengeluarkan suara. Nah, permasalahan tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan gagang pintu kayu. Bahan ini tidak menghantarkan panas dan mampu meredam suara. 


Selain itu, gagang pintu berbahan kayu biasanya memiliki desain yang sederhana dan terlihat klasik. Akan tetapi, kayu biasanya memuai dan lapuk saat terkena kelembapan tinggi dalam waktu lama. Oleh karena itu, gagang pintu kayu lebih cocok digunakan di dalam rumah.

10 Rekomendasi gagang pintu terbaik

Poin-poin cara memilih gagang pintu sudah kami jabarkan. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan beberapa produk gagang pintu. Silakan Anda lihat satu per satu dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan.

10
JenisRecessed
BahanStainless SUS 304
Ukuran15 cm
Dilengkapi dengan kunciTidak
9

Spectrum BrandsKwikset Polo Knob Bed/Bath

300P 15

Mulai dari Rp 385.000,00

JenisKnob
BahanZinc alloy
Ukuran4,75 cm (diameter)
Dilengkapi dengan kunciYa
8
JenisPull
BahanBrass
UkuranMedium: 42 cm・Large: 56 cm
Dilengkapi dengan kunciTidak
7

Kenari Djaja Kend Lever Handle HRE 85.516 US26 + Wood

034185572

Mulai dari Rp 670.000,00

JenisLever
BahanZinc alloy dan kayu
Ukuran12,9 cm
Dilengkapi dengan kunciTidak
6

DekksonPull Handle Deluxe PH DL815 SSS

0801031301

Mulai dari Rp 1.125.000,00

JenisPull
BahanStainless steel SUS 304
Ukuran2,5 cm x 1,9 cm x 30 cm
Dilengkapi dengan kunciTidak
5

Galery KunciTarikan Pintu Kayu ELT

PHKW 6038

Mulai dari Rp 446.300,00

JenisPull
BahanKayu merbau
Ukuran60 cm
Dilengkapi dengan kunciTidak
4

CBB indonesiaNobleza Handle Prime Series Pollux

Mulai dari Rp 400.500,00

JenisLever
BahanTuas: zinc dengan coating stainless・Body: brass dan stainless
UkuranTuas: 12 cm・Cover: 5 cm x 25 cm
Dilengkapi dengan kunciYa
3
JenisRecessed
BahanStainless steel SUS 304
Ukuran10 cm (diameter)
Dilengkapi dengan kunciTidak
2

Perintis TeknoprimaSolid Cylindrical Lockset C601X400N

US 32D

Mulai dari Rp 131.000,00

JenisKnob
BahanStainless steel
UkuranTidak disebutkan
Dilengkapi dengan kunciYa
1

Satya GroupEvomab Lever Handle Pintu Novus Series

604 CP

Mulai dari Rp 281.600,00

JenisLever
BahanZinc alloy
UkuranRose gold: 12 cm・Satin nickel: 11 cm・Gold: 12 cm
Dilengkapi dengan kunciTidak

Tabel perbandingan produk gagang pintu terbaik

Gambar produk
1
Satya Group Evomab Lever Handle Pintu Novus Series 1

Satya Group

2
Perintis Teknoprima Solid Cylindrical Lockset C601X400N 1

Perintis Teknoprima

3
Paloma Hardware CMP 219 1

Paloma Hardware

4
CBB indonesia Nobleza Handle Prime Series Pollux 1

CBB indonesia

5
Galery Kunci Tarikan Pintu Kayu ELT 1

Galery Kunci

6
Dekkson Pull Handle Deluxe PH DL815 SSS 1

Dekkson

7
Kenari Djaja  Kend Lever Handle HRE 85.516 US26 + Wood 1

Kenari Djaja

8
Satya Group Evomab Classic Series 1

Satya Group

9
Spectrum Brands Kwikset Polo Knob Bed/Bath 1

Spectrum Brands

10
Paloma Hardware CMP 215 1

Paloma Hardware

Nama produk

Evomab Lever Handle Pintu Novus Series

Solid Cylindrical Lockset C601X400N

CMP 219

Nobleza Handle Prime Series Pollux

Tarikan Pintu Kayu ELT

Pull Handle Deluxe PH DL815 SSS

Kend Lever Handle HRE 85.516 US26 + Wood

Evomab Classic Series

Kwikset Polo Knob Bed/Bath

CMP 215

Keunggulan

Lebih tahan gores karena melewati tiga kali pelapisan

Dilengkapi dua jenis kunci, cocok untuk pintu kamar

Pintu lebih mudah dibuka berkat handle setengah lingkaran

Tuasnya nyaman digenggam dan mudah dibersihkan

Bahan kayu yang digunakan diklaim tahan rayap

Bisa digunakan untuk pintu kaca atau pintu kayu

Perpaduan kayu dan zinc alloy membuatnya tampak beda

Percantik pintu kayu di rumah dengan gagang berukir

Tinggal diputar, pintu pun akan terkunci

Ciptakan kesan antik pada pintu rumah

Harga mulai dariRp 281.600,00Rp 131.000,00Rp 90.000,00Rp 400.500,00Rp 446.300,00Rp 1.125.000,00Rp 670.000,00Rp 1.269.400,00Rp 385.000,00Rp 84.000,00
JenisLeverKnobRecessedLeverPullPullLeverPullKnobRecessed
BahanZinc alloyStainless steel Stainless steel SUS 304Tuas: zinc dengan coating stainless・Body: brass dan stainlessKayu merbauStainless steel SUS 304Zinc alloy dan kayuBrassZinc alloyStainless SUS 304
UkuranRose gold: 12 cm・Satin nickel: 11 cm・Gold: 12 cmTidak disebutkan10 cm (diameter)Tuas: 12 cm・Cover: 5 cm x 25 cm60 cm2,5 cm x 1,9 cm x 30 cm 12,9 cmMedium: 42 cm・Large: 56 cm4,75 cm (diameter)15 cm
Dilengkapi dengan kunciTidakYaTidakYaTidakTidakTidakTidakYaTidak
Tautan produk

Baca juga rekomendasi hiasan dan penahan pintu di sini

Gagang pintu memang bisa mempermudah Anda saat membuka dan menutup pintu, tetapi benda ini sering membentur tembok. Agar gagang pintu tidak merusak dinding, Anda sebaiknya memasang penahan pintu. Selain memasang penahan pintu, Anda juga bisa memasang hiasan pintu agar eksterior rumah jadi lebih maksimal. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai dua hal tersebut, kami sudah menyiapkan artikelnya di bawah ini. 

Kesimpulan

Gagang pintu yang ada di pasaran sangat bervariasi dan dibuat dari beragam bahan. Saat memilih gagang pintu, Anda sebaiknya memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Gagang pintu dengan dua lubang kunci lebih cocok untuk pintu depan. Sementara itu, gagang pintu dengan kunci di satu sisi lebih cocok untuk pintu kamar mandi. 


Selesai sudah pembahasan mengenai gagang pintu terbaik, semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan produk yang tepat. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilihan cat tembok untuk kamar berbeda dengan area luar. Anda membutuhkan cat interior untuk area indoor, sedangkan untuk outdoor Anda membutuhkan cat exterior. Keunggulan cat tembok pun beragam. Ada cat yang mudah dibersihkan, anti noda, hingga tahan cuaca ekstrem.Kami akan berbagi tips agar Anda mendapatkan cat dinding dengan kualitas warna yang bagus. Kami juga merekomendasikan berbagai merek cat tembok paling bagus, seperti Dulux, Nippon Paint, Jotun, Danapaint, dan Paladin. Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar. Temukan cat tembok yang tahan lama dan pas untuk Anda!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Cat Akrilik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Cat Akrilik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    Kebanyakan orang menjadikan cat air atau cat minyak sebagai alat lukis. Namun, saat ini cat akrilik mulai menjadi alat lukis alternatif, baik untuk kain, kanvas, maupun plastik. Nah, apakah Anda sudah mengetahui cara memilihnya? Di pasaran cat akrilik hadir dalam berbagai merk, seperti Liquitex, Joyko, atau Reeves.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih cat akrilik yang bagus dan tepat. Tentunya, kami juga akan memberikan rekomendasi cat akrilik terbaik untuk Anda. Agar makin yakin, simak juga komentar watercolorist dan illustrator, Karina Doniho, di artikel ini, ya!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pewarna Pakaian yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Pewarna pakaian alias wantex atau wenter tidak hanya untuk pakaian baru. Namun, pewarna pakaian juga bisa digunakan untuk pakaian lama karena warna pakaian tidaklah permanen. Pakaian lama terkadang terlihat usang dan pudar, terutama warna putih atau hitam. Pewarnaan ulang dapat menjadikannya tampak seperti baru.Anda dapat menemukan produk pewarna pakaian dengan beragam merek. Merek wantex terbaik yang bisa Anda temukan, antara lain, adalah Dylon, Nilon, dan Bulan Sabit. Maka dari itu, kami membahas cara memilih dan rekomendasi pewarna pakaian yang bagus. Anda bisa langsung membacanya pada artikel berikut.
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Terminal listrik atau power strip biasa digunakan untuk memperbanyak stopkontak (colokan) di rumah Anda. Alat ini sangat membantu ketika Anda ingin menggunakan banyak peralatan elektronik sekaligus. Terminal listrik kini hadir dengan berbagai fitur, seperti terminal listrik dengan USB port, kabel roll, dan banyak lagi.Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi terminal listrik yang telah kami pilih dengan saksama. Terminal listrik merek YUNIOR, Broco, ECLE, BARDI, hingga Xiaomi ada di sini. Simak sampai akhir, ya!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Plamir Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Plamir tembok adalah cairan putih campuran kalsium, lem, dan air yang digunakan untuk melapisi tembok. Material ini merupakan bahan penting dalam proses pengecatan dinding. Beberapa produk bahkan memiliki komposisi yang antiair sehingga dapat membuat cat tembok tidak mudah mengelupas. Meski memiliki fungsi yang penting, sebagian dari Anda mungkin belum mengenal produk yang satu ini. Oleh sebab itu, kami akan membagikan tips agar Anda mendapatkan plamir tembok yang bagus. Simak juga berbagai merek plamir tembok populer, seperti Dulux, Avian, Nippon Paint, dan lainnya. 
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kabel roll merupakan gulungan kabel yang berfungsi untuk menyambung aliran listrik. Kabel roll digunakan saat Anda membutuhkan daya di tempat yang jauh dari jangkauan listrik. Sebut saja untuk menyalakan lampu pada pekerjaan outdoor. Apakah Anda masih bingung dalam memilih kabel roll yang bagus?Kali ini, kami akan membahas produk kabel roll terbaik yang bagus dan dapat dibeli secara online. Produk merk Krisbow, GAO, dan Uticon juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Segera temukan produk kabel roll yang dapat memenuhi kebutuhan Anda!
    Cat & perlengkapan
  • 10 Rekomendasi Kanvas Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kanvas Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kanvas lukis merupakan media yang terbuat dari kain dan tersedia dalam berbagai ukuran, seperti 20x20 cm, 20x30 cm, dan 30x40 cm. Namun, ternyata pemilihan jenis cat juga perlu disesuaikan dengan bahan kanvasnya. Ukuran, bahan, dan harga kanvas gambar yang bervariasi mungkin sering membuat Anda kebingungan dalam memilih. Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih kanvas lukis yang bagus di artikel ini. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk kanvas lukis dari merk Winsor & Newton, TRG, Bartega, Prima, dan brand lainnya. Untuk mendapatkan kanvas lukis terbaik, simak pembahasannya sampai tuntas, ya!
    Cat & perlengkapan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori