mybest
Handle pintu

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. DIY & tools
  3. Cat & perlengkapan
  4. 10 Rekomendasi Handle Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Handle Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Handle Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Handle Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Handle Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Handle Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Handle Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Pintu merupakan unsur penting untuk sebuah rumah ataupun kamar. Agar pintu bisa dibuka dan ditutup dengan mudah, Anda harus memasang gagang atau handle pintu. Benda ini biasanya terbuat dari stainless, aluminium, dan brass. Ketiga bahan tersebut tidak mudah rusak dan cocok diaplikasikan pada berbagai konsep rumah, termasuk tipe minimalis.


Ada beberapa merek handle pintu yang bagus, seperti BARDI, Paloma Hardware, dan NOBLEZA. Merek-merek tersebut menawarkan produk dengan berbagai gaya, mulai dari lever, knob, hingga kupu tarung. Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan panduan cara memilih dan rekomendasi produk terbaik.

Diperbaharui 28/11/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih handle pintu

Saat Anda memilih handle pintu, mungkin Anda melihat desain dan warnanya terlebih dahulu. Selain dua hal tersebut, poin-poin di bawah ini juga harus diperhatikan, lho! Dengan demikian, handle pintu pilihan Anda bisa berfungsi dengan maksimal dan menyatu bersama konsep desain rumah.

1

Cari tahu jenisnya: Lever, knob, recessed, pull, atau smart lock door

Handle pintu yang ada di pasaran sangat beragam. Namun, kelima jenis ini adalah tipe yang digunakan oleh banyak orang.

Lever, jenis yang paling banyak digunakan

Lever, jenis yang paling banyak digunakan

Jenis handle pintu yang pertama adalah lever. Meskipun memiliki banyak bentuk, handle pintu ini memiliki tuas yang ditekan ke bawah untuk membukanya. Lever pada dasarnya sangat populer karena mudah digunakan.


Akan tetapi, handle jenis ini membutuhkan perawatan lebih karena pegas di dalamnya yang rentan patah. Selain itu, terkadang handle lever juga dapat menyebabkan pakaian tersangkut ketika Anda buru-buru melewati pintu. Material yang digunakan bermacam-macam, antara lain stainless steel, kuningan, zinc alloy, dan lain sebagainya.

Knob, bentuknya kecil dan sederhana

Knob, bentuknya kecil dan sederhana

Handle pintu jenis kedua adalah knob yang bisa digunakan untuk berbagai konsep bangunan, termasuk modern dan tradisional. Biasanya, jenis ini memiliki bentuk bulat dan aman untuk anak-anak karena tidak memiliki sudut runcing. Penggunaannya pun mudah, Anda cukup memutarnya ke salah satu sisi.


Namun, terkadang anak-anak, orang tua, atau penyandang disabilitas agak kesulitan menggunakan handle ini. Hal ini disebabkan cengkeramannya tidak selebar lever. Dengan demikian, tipe ini akan menyulitkan orang dengan kelemahan motorik tertentu.

Recessed, ditanam ke dalam pintu

Recessed, ditanam ke dalam pintu

Handle pintu yang diciptakan untuk pintu geser ini memiliki beberapa nama, yakni flush dan recessed. Jenis ini cukup unik karena Anda harus menanamnya ke dalam pintu. Handle pintu jenis ini pun tersedia dalam beragam bentuk, seperti persegi panjang, oval, dan lingkaran.


Karena ditanam, recessed handle tidak akan memakan banyak ruang seperti jenis lain. Sayangnya, handle jenis ini tidak bisa digunakan pada semua jenis pintu. Selain itu, biasanya jenis ini hanya cocok digunakan dalam konsep bangunan tertentu, seperti perkantoran.

Pull, panjangnya bervariasi

Pull, panjangnya bervariasi

Untuk pintu yang berpasangan, biasanya handle pintu yang digunakan adalah pull. Di Indonesia, model ini juga dikenal sebagai handle pintu kupu tarung. Biasanya, jenis pull berupa dua tuas yang dipasang di tengah pintu. Untuk membuka dan menutupnya, Anda hanya perlu menarik dan mendorongnya saja.


Desain model pull pun beragam, mulai dari minimalis hingga klasik pun ada. Ukurannya juga beragam, Anda bisa menyesuaikannya dengan besar daun pintu Anda masing-masing. Meski demikian, tak menutup kemungkinan handle jenis pull ini digunakan di pintu single.

Smart lock door, handle canggih dengan keamanan ekstra

Smart lock door, handle canggih dengan keamanan ekstra
Sumber: bardi.co.id

Akhir-akhir ini, rumah dengan konsep smart home banyak bermunculan di kota-kota besar. Konsep ini memungkinkan penghuni rumah melakukan kontrol segala aktivitas di rumah melalui gawai. Salah satu piranti yang bisa dikontrol adalah handle pintu yang disebut sebagai smart lock door.


Secara desain, jenis ini mengadaptasi bentuk lever. Namun, smart lock door memiliki teknologi keamanan yang lebih baik. Selain kunci konvensional, handle jenis ini menggunakan kunci berupa keypad, fob enabled, wireless, dan biometric.

2

Pilih yang satu set dengan kunci atau terpisah

Pilih yang satu set dengan kunci atau terpisah

Saat Anda memilih handle pintu, Anda harus memperhatikan apakah produk tersebut dijual satu set bersama kunci atau tidak. Jika tidak dilengkapi dengan kunci, Anda harus membeli kunci tambahan. Seri kuncinya pun harus diperhatikan karena tidak semua lockcase cocok untuk semua handle pintu.


Apabila membeli handle pintu yang dilengkapi kunci, Anda harus mencari tahu apakah kuncinya ada di kedua sisi atau tidak. Handle pintu dengan kunci di kedua sisi bisa dipakai untuk pintu depan. Sementara itu, handle pintu yang hanya dilengkapi satu kunci (di satu sisi) lebih cocok digunakan untuk pintu kamar mandi.

3

Agar selaras dengan desain dan memudahkan perawatan, perhatikan bahannya: Stainless steel, zinc alloy, brass, atau kayu

Handle pintu ada yang dibuat dari stainless steel, aluminium, dan brass. Di samping itu, ada juga handle pintu dari kayu. Tiap-tiap bahan tersebut pasti memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Selain itu, cara perawatannya pun berbeda-beda. Oleh karena itu, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda.

Stainless steel, mudah dibersihkan

Stainless steel, mudah dibersihkan

Handle pintu yang mudah kotor pasti membuat pintu rumah terlihat kurang maksimal. Untuk menghindari permasalahan seperti itu, Anda sebaiknya memilih handle pintu yang terbuat dari stainless steel


Bahan ini umumnya tidak memiliki pori-pori sehingga bakteri dan kotoran lebih sulit untuk menempel. Kalau pun ada kotoran, Anda bisa membersihkannya dengan cepat. Di samping itu, bahan stainless steel juga bisa menyerap kelembapan dengan baik sehingga cocok digunakan di daerah tropis.

Zinc alloy, tahan terhadap korosi

Beberapa jenis logam akan mengalami korosi saat terkena air hujan. Namun, zinc alloy termasuk logam yang tidak mudah mengalami korosi. Karena itu, zinc alloy sering digunakan sebagai bahan untuk membuat handle pintu. Bahan ini tidak hanya tahan terhadap korosi, tetapi juga kuat dan mudah untuk dirawat.

Brass, cocok dengan beragam desain pintu

Brass, cocok dengan beragam desain pintu

Handle pintu yang terbuat dari brass biasanya memiliki warna kuning, tetapi ada juga yang memiliki warna kehijauan dan kemerahan. Hal itu biasanya dipengaruhi oleh logam tambahan yang dicampurkan saat proses pembuatan berlangsung. 


Handle pintu yang terbuat dari bahan ini terkenal tahan api dan mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, handle pintu berbahan brass juga akan membuat berbagai jenis pintu terlihat lebih elegan karena warnanya yang berkilau.

Kayu, desainnya sederhana dan klasik

Kayu, desainnya sederhana dan klasik

Handle pintu yang terbuat dari bahan logam memang kuat, tetapi bahan tersebut bisa menghantarkan panas dan cenderung mengeluarkan suara. Nah, permasalahan tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan handle pintu kayu. Bahan ini tidak menghantarkan panas dan mampu meredam suara


Selain itu, handle pintu berbahan kayu biasanya memiliki desain yang sederhana dan terlihat klasik. Akan tetapi, kayu biasanya memuai dan lapuk saat terkena kelembapan tinggi dalam waktu lama. Oleh karena itu, handle pintu kayu lebih cocok digunakan di dalam rumah.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi handle pintu terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Handle Pintu terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 27 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Bahan
Ukuran
Dilengkapi dengan kunci
1

NOBLEZA

Stainless Steel Door KnobNKB-587

NOBLEZA Stainless Steel Door Knob 1

Rp191.700

Menengah

Gagang bulat polos untuk beragam pintu

Knob

Stainless steel, brass

Diameter: 75 mm

2

BARDI

Smart Door Lock

BARDI Smart Door Lock 1

Rp2.582.000

Lebih Mahal

Handle pintu smart dengan keamanan ekstra

Smart lock door

Tidak diketahui

±160 mm x 22 mm

3

NOBLEZA

Pull Handle Sliding Door PH-SD01

NOBLEZA Pull Handle Sliding Door  1

Rp116.480

Menengah

Siap mempercantik pintu rumah Anda

Recessed

Stainless steel

50 mm x 150 mm

4

VIANO by NOBLEZA

Pull HandleVP-22SS

VIANO by NOBLEZA Pull Handle 1

Rp163.400

Menengah

Tampil unik dengan model meliuk

Pull

Stainless steel

330 mm x 35 mm

5

Architech

Smart Door Lock With Fingerprint

Architech Smart Door Lock With Fingerprint 1

Rp875.000

Agak Mahal

Ekonomis dan cepat membaca sidik jari

Smart lock door

Tidak diketahui

240 mm

6

Nobleza

Pull HandleGemini SS

Nobleza Pull Handle 1

Rp361.480

Menengah

Handle pintu minimalis dengan sentuhan modern

Pull

Stainless steel

65 mm x 350 mm

7

VINCITORY

Tarikan Pintu Dorong 128B 614

VINCITORY Tarikan Pintu Dorong 128B  1

Rp7.000

Lebih Murah

Kecil dan awet dipasang di berbagai pintu

Recessed

Stainless steel SUS 304

140 mm x 40 mm

8

Match

Kunci Kecil MS 73

Match Kunci Kecil  1

Rp100.000

Menengah

Gagangnya tebal dan nyaman digenggam

Lever

Besi, zinc alloy, stainless steel

160 mm x 50 mm

9

Match

Kunci Besar ML 993-90

Match  Kunci Besar  1

Rp87.720

Menengah

Set lengkap gagang pintu besar

Lever

Stainless steel, kuningan

247 mm x 115 mm

10

Paloma Hardware

CMP 215 SQ

Paloma Hardware CMP 215 SQ 1

Rp84.000

Menengah

Mempertegas kesan antik pada pintu geser

Recessed

Stainless SUS 304

150 mm

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

NOBLEZAStainless Steel Door KnobNKB-587

Stainless Steel Door Knob 1
Harga referensi
Rp191.700
Menengah
Harga referensi
Rp191.700
Menengah

Gagang bulat polos untuk beragam pintu

Anda yang mencari gagang pintu versatile bisa mempertimbangkan produk ini. Desain polos plus ukuran kecil membuat produk ini versatile dipasang di beragam pintu. Pintu kamar mandi, pintu kamar tidur, pintu kantor, dan sebagainya bisa Anda pasangkan produk ini. Inti silindernya pun kuat sehingga siap digunakan untuk jangka panjang.

Jenis Knob
Bahan Stainless steel, brass
Ukuran Diameter: 75 mm
Dilengkapi dengan kunci
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

BARDISmart Door Lock

Harga referensi
Rp2.582.000
Lebih Mahal

Handle pintu smart dengan keamanan ekstra

Kemajuan teknologi memang memunculkan berbagai inovasi baru, termasuk dalam hal handle pintu. Kini hadir smart door lock untuk Anda yang membutuhkan keamanan ekstra. Anda pun bisa mengatur jumlah orang yang bisa mengakses ruangan berkat handle tersebut. Hal ini karena teknologi perekaman sidik jari yang cukup terbatas.

Jenis Smart lock door
Bahan Tidak diketahui
Ukuran ±160 mm x 22 mm
Dilengkapi dengan kunci
No.3

NOBLEZAPull Handle Sliding Door PH-SD01

Harga referensi
Rp116.480
Menengah

Siap mempercantik pintu rumah Anda

Ketika membeli produk ini, Anda akan langsung memperoleh dua unit gagang pintu. Anda bisa memasang keduanya di sepasang pintu besar atau dua pintu terpisah. Warna silver yang digunakan juga membuatnya mudah dikombinasikan dengan beragam gaya interior ruangan. Produk ini adalah salah satu opsi ekonomis bila Anda ingin memperoleh dua gagang pintu sekaligus dalam satu pembelian.

Jenis Recessed
Bahan Stainless steel
Ukuran 50 mm x 150 mm
Dilengkapi dengan kunci
No.4

VIANO by NOBLEZAPull HandleVP-22SS

Harga referensi
Rp163.400
Menengah

Tampil unik dengan model meliuk

Banyak orang menyukai furnitur berdesain kontemporer dan tidak biasa. Nah, Anda bisa memasang gagang pintu tarik ini untuk ruangan Anda. Berbeda dengan gagang pintu kebanyakan, produk ini didesain meliuk sehingga terlihat sangat unik bahkan dari jarak jauh. Karena panjangnya mencapai 33 cm, tentu produk ini cocok dipasang di pintu berukuran besar.

Jenis Pull
Bahan Stainless steel
Ukuran 330 mm x 35 mm
Dilengkapi dengan kunci
No.5

ArchitechSmart Door Lock With Fingerprint

Smart Door Lock With Fingerprint 1
Sumber: shopee.co.id
Smart Door Lock With Fingerprint 2
Sumber: shopee.co.id
Smart Door Lock With Fingerprint 3
Sumber: shopee.co.id
Smart Door Lock With Fingerprint 4
Sumber: shopee.co.id
Smart Door Lock With Fingerprint 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp875.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp875.000
Agak Mahal

Ekonomis dan cepat membaca sidik jari

Smart door lock yang satu ini mampu membaca sidik jari hanya dalam waktu 0,3 detik, sangat cepat! Anda pun tidak perlu menunggu lama untuk bisa masuk ke dalam tempat tinggal Anda. Tenang saja, Anda tetap bisa membuka pintu ini menggunakan kartu yang disediakan serta kunci manual, kok!


Tidak hanya itu, arah gagang pintu produk ini juga bisa disesuaikan. Dengan segala fitur yang ditawarkan, produk ini tetap memiliki harga ramah kantong. Produk ini patut diperhitungkan jika Anda mencari smart door lock yang harganya bersahabat sekaligus kaya fitur.

Jenis Smart lock door
Bahan Tidak diketahui
Ukuran 240 mm
Dilengkapi dengan kunci
No.6

NoblezaPull HandleGemini SS

Harga referensi
Rp361.480
Menengah

Handle pintu minimalis dengan sentuhan modern

Anda sedang mencari handle pintu yang menunjang konsep rumah minimalis? Produk dari Nobleza ini bisa menjadi pilihan tepat. Desainnya begitu minimalis dengan sentuhan modern sehingga tidak lekang oleh waktu. Termasuk dalam jenis handle pintu pull atau kupu tarung, Anda bisa memasangnya di pintu utama rumah. Handle pintu ini juga sangat cocok untuk daun pintu besar karena ukurannya yang lumayan panjang.

Jenis Pull
Bahan Stainless steel
Ukuran 65 mm x 350 mm
Dilengkapi dengan kunci
No.7

VINCITORYTarikan Pintu Dorong 128B 614

Tarikan Pintu Dorong 128B  1
Sumber: shopee.co.id
Tarikan Pintu Dorong 128B  2
Sumber: shopee.co.id
Tarikan Pintu Dorong 128B  3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp7.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp7.000
Lebih Murah

Kecil dan awet dipasang di berbagai pintu

Produk ini berukuran kecil dan cocok dipasang di pintu gudang, kamar mandi, atau ruangan kecil lainnya. Meski begitu, material stainless steel membuat produk ini memiliki ketahanan yang tidak perlu diragukan lagi. Ditambah lagi, harganya juga sangat ramah kantong. Produk ini tepat dipilih untuk dijadikan stok gagang pintu cadangan atau bila Anda butuh gagang pintu kecil.

Jenis Recessed
Bahan Stainless steel SUS 304
Ukuran 140 mm x 40 mm
Dilengkapi dengan kunci
No.8

MatchKunci Kecil MS 73

Kunci Kecil  1
Sumber: shopee.co.id
Kunci Kecil  2
Sumber: shopee.co.id
Kunci Kecil  3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp100.000
Menengah
Harga referensi
Rp100.000
Menengah

Gagangnya tebal dan nyaman digenggam

Jika Anda mencari set gagang pintu yang dilengkapi handle ergonomis, Anda sebaiknya menjatuhkan pilihan pada produk ini. Handle produk ini terasa tebal dan firm sehingga makin nyaman digenggam. Pilihan warnanya pun menarik, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan warna pintu di rumah Anda. Anak kuncinya dibuat dengan sistem computer key, membuka dan mengunci pintu pun terasa makin mudah.

Jenis Lever
Bahan Besi, zinc alloy, stainless steel
Ukuran 160 mm x 50 mm
Dilengkapi dengan kunci
No.9

Match Kunci Besar ML 993-90

Harga referensi
Rp87.720
Menengah

Set lengkap gagang pintu besar

Sepaket dengan pelat, mur, anak kunci, dan sekrup, produk ini bisa langsung Anda pasang di pintu. Proses perakitannya pun tidak merepotkan, Anda tidak akan butuh waktu lama untuk bisa segera menggunakannya. Ukuran besar membuatnya cocok dipasang di pintu yang lebarnya lebih dari 1 meter. Jika Anda butuh set gagang pintu berukuran besar, ini dia jawabannya!

Jenis Lever
Bahan Stainless steel, kuningan
Ukuran 247 mm x 115 mm
Dilengkapi dengan kunci
No.10

Paloma HardwareCMP 215 SQ

Harga referensi
Rp84.000
Menengah

Mempertegas kesan antik pada pintu geser

Pintu geser di rumah Anda sudah tua dan catnya mulai mengelupas? Sebenarnya, Anda bisa memanfaatkan keadaan tersebut untuk menciptakan suasana vintage di dalam rumah, lho! Cobalah mengganti handle pintunya dengan produk ini. Paloma CMP 215 ini menggunakan antique brass finishing yang memberikan sentuhan vintage yang begitu kental.

Jenis Recessed
Bahan Stainless SUS 304
Ukuran 150 mm
Dilengkapi dengan kunci

Baca juga rekomendasi perlengkapan pintu lainnya di sini

Handle pintu memang bisa mempermudah Anda saat membuka dan menutup pintu, tetapi benda ini sering membentur tembok. Agar handle pintu tidak merusak dinding, Anda sebaiknya memasang penahan pintu. Selain memasang penahan pintu, Anda juga bisa memasang hiasan pintu dan gorden pintu agar tampilan rumah lebih maksimal. Jika Anda ingin tahu lebih jauh, cek artikelnya di bawah ini. 

Kesimpulan

Saat memilih handle pintu, Anda sebaiknya memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Handle pintu dengan dua lubang kunci lebih cocok untuk pintu depan atau ruang utama. Sementara itu, handle pintu dengan kunci di satu sisi lebih cocok untuk pintu kamar mandi. 


Selesai sudah pembahasan mengenai handle pintu terbaik. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan produk yang tepat. Selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Handle Pintu terbaik

No. 1: NOBLEZAStainless Steel Door KnobNKB-587

No. 2: BARDISmart Door Lock

No. 3: NOBLEZAPull Handle Sliding Door PH-SD01

No. 4: VIANO by NOBLEZAPull HandleVP-22SS

No. 5: ArchitechSmart Door Lock With Fingerprint

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. DIY & tools
  3. Cat & perlengkapan
  4. 10 Rekomendasi Handle Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.