• 10 Bedak Dingin Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Bedak Dingin Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Bedak Dingin Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Bedak Dingin Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Bedak Dingin Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Bedak Dingin Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Berbeda dengan bedak pada umumnya, bedak dingin juga hadir dalam bentuk cair. Diberi nama bedak dingin karena bedak akan terasa dingin ketika diaplikasikan ke kulit. Bedak dingin sering dipakai orang Asia khususnya Indonesia untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat di wajah dan gatal-gatal.


Kami akan mengulas cara memilih bedak dingin yang bagus secara lengkap. Anda juga akan menemukan beberapa rekomendasi produk, seperti bedak dingin merek Saripohatji, Berastagi, dan Ovale. Ada juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah, untuk menambah wawasan. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Yasmina Diah
  • Pembaharuan terakhir: 20 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK

dr. Yasmina mengenyam pendidikan kedokteran umum di Universitas Indonesia dan spesialis di Universitas Brawijaya. Sebagai anggota aktif PERDOSKI, beliau sering mengikuti simposium dan workshop nasional maupun internasional demi meningkatkan kompetensi.


dr. Yasmina berpraktik di RS Bunda Margonda Depok dan Klinik Calysta Bekasi. Bidang yang ditangani selama 10 tahun berpraktik meliputi kosmetik, infeksi menular seksual, kehamilan, lansia, dan lain-lain. Beliau aktif membuat konten edukasi di Instagram-nya mengenai kesehatan kulit dan kelamin.

Manfaat memakai bedak dingin

Manfaat memakai bedak dingin

Bedak dingin sudah dipakai sejak dahulu kala. Pada awalnya, bedak dingin terbuat dari bahan-bahan alami seperti beras dan bengkuang yang dicampur dengan air mawar. Sekarang ini bedak dingin hadir dalam berbagai bahan baku alami yang juga baik untuk kulit.


Bedak dingin menyimpan banyak manfaat, antara lain mengurangi produksi minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori wajah. Selain itu, bedak dingin bermanfaat untuk mengatasi jerawat serta mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah.


Meskipun demikian, bedak dingin ternyata tidak hanya dipakai oleh orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Manfaat bedak dingin untuk bayi, antara lain mengatasi biang keringat dan menghaluskan kulit. Untuk cuaca tropis di Indonesia, bedak dingin bisa membuat tubuh bayi lebih nyaman serta menyejukkan dan menyegarkan badan.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Bedak dingin alias bedak kocok adalah suatu sediaan bedak dalam air yang komposisi bahan aktifnya berbeda-beda. Komposisi bahan aktifnya turut menentukan fungsinya. Secara umum, sediaan bedak ini bermanfaat untuk membuat area yang dioleskan menjadi lebih kering, mengurangi gesekan pada kulit, dan menghaluskan kulit.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bedak dingin

Setelah tahu manfaatnya, apakah Anda makin tertarik menggunakan bedak dingin? Supaya Anda bisa mendapatkan produk yang tepat, bacalah dahulu beberapa tips memilihnya berikut ini.

Sesuaikan dengan penggunanya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bedak dingin bisa dipakai oleh orang dewasa dan juga anak-anak. Namun, supaya manfaat yang didapat bisa maksimal, pilihlah bedak dingin yang sesuai dengan penggunanya.

Bedak dingin bayi, berbahan alami untuk menghindari iritasi

Bedak dingin bayi, berbahan alami untuk menghindari iritasi

Kulit bayi lebih lembut dibandingkan kulit orang dewasa sehingga rentan iritasi. Oleh karena itu, carilah bedak dingin yang berbahan alami supaya lebih aman untuk kulit bayi. 


Bahan-bahan alami yang terdapat dalam bedak dingin bayi di antaranya beras, air, kencur, bunga mawar, bunga kenanga, atau daun mangkokan. Bacalah keterangan komposisi produk yang tertera di bungkus kemasan untuk mengetahui bahan-bahan tersebut.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Bahan alami bukan berarti tanpa risiko iritasi ataupun alergi. Sebaiknya tetap amati perubahan pada kulit bayi setiap kali menggunakan bedak dingin dengan bahan tertentu. Bedak dingin pada bayi yang beredar di pasaran ada yang mengandung zinc oxide. Bahan tersebut bermanfaat untuk memperbaiki sawar kulit sehingga mengurangi risiko iritasi saat kontak terhadap iritan, contohnya pada area popok.

Bedak dingin dewasa, bantu atasi masalah kulit wajah dan tubuh

Bedak dingin dewasa, bantu atasi masalah kulit wajah dan tubuh

Sementara itu, orang dewasa lebih rentan mengalami permasalahan kulit, seperti jerawat atau bau badan. Jadi, carilah bedak dingin yang bisa mengatasi beberapa permasalahan tersebut. 


Misalnya, untuk masalah kulit wajah, Anda bisa mencari bedak dingin untuk menenangkan radang di kulit. Untuk mencerahkan kulit atau mengatasi bau badan, carilah bedak dingin yang bisa dibalurkan ke seluruh badan seperti lulur.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Pada beberapa permasalahan kulit dewasa, bedak dingin dengan bahan aktif tertentu dapat digunakan. Contoh kandungan bahan aktifnya adalah calamine dan menthol. Bahan aktif tersebut bermanfaat untuk mengalihkan rasa gatal menjadi sensasi dingin dan segar pada kulit sehingga mengurangi keinginan untuk menggaruk. Bedak dingin yang mengandung sulfur atau asam salisilat dapat digunakan untuk jerawat.

Pilih berdasarkan bentuknya

Pada umumnya, bedak dingin memiliki tiga macam bentuk, yaitu bubuk, padat, dan cair. Tiap-tiap bedak tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Untuk tahu lebih lanjut, simak informasinya di bawah ini.

Bedak bubuk, bebas atur kekentalan bedak sesuai kebutuhan

Bedak bubuk, bebas atur kekentalan bedak sesuai kebutuhan

Bedak dingin yang banyak ditemukan di pasaran adalah bedak bubuk yang dikemas dalam wadah saset. Anda tidak perlu menggerus bedaknya, tetapi langsung saja atur kekentalan bedak dengan menuangkan air secukupnya. 


Kami sarankan sebaiknya Anda gunakan air mawar supaya bedak lebih harum dan teksturnya lebih lembut. Lalu, jika bedak masih tersisa, simpanlah dalam wadah yang tertutup rapat pada suhu ruang.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Prinsipnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada pencampuran bedak mandiri, seperti kadar akhir bahan aktif dan konsistensi bedak dingin itu sendiri. Makin banyak zat terlarut, akan makin tinggi dan kental konsentrasi bahan aktif yang terkandung pada campuran. Hal ini rentan menyebabkan iritasi akibat bahan aktif.

Bedak padat, lebih awet dan tidak mudah tumpah

Bedak padat, lebih awet dan tidak mudah tumpah

Bedak dingin yang berbentuk padat dan bulat juga sudah diproduksi sejak lama. Beberapa produsen ada yang mengemasnya dalam saset ataupun botol. Meskipun Anda harus menggerusnya terlebih dahulu, bedak ini terbilang lebih awet dan tidak mudah tumpah. Sekalipun bedak tumpah, Anda bisa dengan mudah mengumpulkan bedaknya kembali untuk disimpan di tempat yang lebih aman.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Bedak padat memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Untuk alasan ketahanan, bedak padat tentunya akan lebih awet dibandingkan bedak cair. Namun, bedak padat kurang praktis karena harus digerus dan dicampur setiap akan digunakan.

Bedak cair, lebih praktis karena bisa langsung dibalurkan

Bagi Anda yang menyukai kepraktisan, bedak dingin berbentuk cair bisa Anda pilih. Anda tidak perlu menggerusnya atau melarutkannya dengan air, tetapi langsung saja dibalurkan ke kulit.


Bedak cair dingin umumnya dikemas dalam wadah botol. Anda pun bisa menuangkan bedak secukupnya sesuai kebutuhan. Setelah itu, jangan lupa untuk menutupnya rapat-rapat supaya tidak ada udara masuk dan membuatnya kering.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Bedak cair memang lebih praktis dalam penggunaan sehari-hari. Namun, untuk memastikan zat terlarut tercampur dengan rata, sebelum pengolesan sebaiknya tetap perlu dikocok dahulu. Bedak cair ini dapat disimpan dalam wadah tertutup agar lebih awet.

Perhatikan manfaat produknya

Perhatikan manfaat produknya

Manfaat apa yang ingin Anda dapatkan dari bedak dingin? Beberapa dari Anda mungkin ada yang ingin mengatasi kulit berjerawat, biang keringat, atau menghaluskan kulit. Namun, sebaiknya jangan menggunakan bedak dingin untuk tubuh apabila produknya ditujukan untuk wajah. Kebutuhan kulit wajah dan tubuh pastinya berbeda. 


Oleh karena itu, bacalah dengan saksama keterangan produknya untuk mengetahui manfaat bedak dingin yang diberikan. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan khasiat-khasiat yang dibutuhkan.

dr. Yasmina Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

Perlu diperhatikan bahwa manfaat bedak dingin yang bersifat mengalihkan gejala kulit dan bukan merupakan terapi definitif yang dapat mengobati penyebab. Perlu dilakukan evaluasi keluhan kulit secara menyeluruh agar dapat diberikan terapi spesifik untuk penyebabnya. Dengan demikian, keluhan kulit dapat sembuh sampai tuntas.

10 Rekomendasi bedak dingin terbaik

Selanjutnya, kami akan membagikan sepuluh rekomendasi bedak dingin yang bisa Anda coba. Gunakan poin-poin di atas sebagai referensi supaya Anda mendapatkan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Yasmina Diah Kumala.

10
PenggunaBayi dan Dewasa
BentukPadat
Berat isiTidak ada keterangan
9
PenggunaDewasa
BentukPadat
Berat isiTidak ada keterangan
8

Eira Panrita SejahteraBedak Dingin Bedda Tettu Panrita

Mulai dari Rp 34.500,00

PenggunaBayi
BentukPadat
Berat isi225 g
7
PenggunaDewasa
BentukBubuk
Berat isi10 saset @15 g
6
PenggunaDewasa
BentukPadat
Berat isi8 g
5

Galenium Pharmasia LaboratoriesCaladine Lotion

Mulai dari Rp 18.300,00

PenggunaBayi
BentukCair
Berat isi60 ml, 95 ml
4
PenggunaDewasa
BentukBubuk
Berat isi10 saset @15 g
3

KinoOvale Facial Mask Bedak Dingin

Mulai dari Rp 8.900,00

PenggunaDewasa
BentukPadat
Berat isi30 butir @0,5 g
2
PenggunaDewasa
BentukPadat
Berat isi45 g
1
PenggunaDewasa
BentukPadat
Berat isiTidak ada keterangan

Tabel perbandingan produk bedak dingin terbaik

Gambar produk
1
Saripohatji Bedak Saripohatji 1

Saripohatji

2
Cap Astagina Bedak Dingin Berastagi 1

Cap Astagina

3
Kino Ovale Facial Mask Bedak Dingin 1

Kino

4
Gujati 59 Utama Putih Salju 1

Gujati 59 Utama

5
Galenium Pharmasia Laboratories Caladine Lotion  1

Galenium Pharmasia Laboratories

6
Air Mancur Bedak Intisari 1

Air Mancur

7
Afiah Bedak Dingin Sari Bengkoang 1

Afiah

8
Eira Panrita Sejahtera Bedak Dingin  Bedda Tettu Panrita 1

Eira Panrita Sejahtera

9
Bedak Yayi Special 1

10
Bedak Dingin Ma'ming 1

Nama produk

Bedak Saripohatji

Bedak Dingin Berastagi

Ovale Facial Mask Bedak Dingin

Putih Salju

Caladine Lotion

Bedak Intisari

Bedak Dingin Sari Bengkoang

Bedak Dingin Bedda Tettu Panrita

Bedak Yayi Special

Bedak Dingin Ma'ming

Keunggulan

Ramuan legendaris yang ampuh untuk atasi semua permasalahan kulit wajah

Ucapkan selamat tinggal pada bau badan!

Cerahkan kulit dengan ekstrak mutiaranya

Samarkan flek hitam dan noda bekas jerawat

Efektif atasi biang keringat pada kulit bayi

Racikan tradisional untuk menyegarkan kulit wajah yang lelah

Berkhasiat dinginkan kulit dari paparan sinar matahari

Suhu tubuh netral, bayi tidur lebih nyenyak

Kulit terasa kencang, tanda-tanda keriput menghilang

Bersihkan dan haluskan kulit dari bekas cacar air

Harga mulai dariRp 1.800,00Rp 3.000,00Rp 8.900,00Rp 1.200,00Rp 18.300,00Rp 3.000,00Rp 2.000,00Rp 34.500,00Rp 21.500,00Rp 19.899,00
PenggunaDewasaDewasaDewasaDewasaBayiDewasaDewasaBayiDewasaBayi dan Dewasa
BentukPadat Padat Padat BubukCairPadat BubukPadat Padat Padat
Berat isiTidak ada keterangan45 g30 butir @0,5 g10 saset @15 g60 ml, 95 ml8 g10 saset @15 g225 gTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK

Penggunaan bedak dingin sebaiknya pada area yang cenderung lembap karena karakter bedak yang mengeringkan. Salah satu efek samping bedak adalah komplikasi pernapasan jika terhirup secara masif. Oleh karena itu, hindari penggunaan terlalu tebal pada area wajah.


Hindari penggunaan pada kulit yang luka karena penyerapan bahan aktif dapat berlebihan. Konsultasikan pada dokter untuk pemilihan sediaan dan bahan aktif obat oles yang sesuai dengan keluhan kulit Anda.

Baca juga rekomendasi produk bedak lainnya di sini

Selain bedak dingin, Anda mungkin juga membutuhkan produk bedak lainnya. Berikut ini kami telah mengulas beberapa rekomendasi bedak lainnya yang bisa Anda gunakan sekeluarga. Yuk, baca dan temukan produk yang Anda butuhkan di bawah ini!

Kesimpulan

Merawat kulit menggunakan bedak dingin sudah diwariskan turun-temurun. Terlebih lagi, karena bahan bakunya alami, bedak dingin bisa digunakan oleh orang dewasa dan juga anak-anak.


Kami telah mengulas rekomendasi bedak dingin yang bisa digunakan untuk merawat kulit Anda dan keluarga. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih bedak dingin terbaik sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk mengecek sertifikasi keamanan produk demi kenyaman bersama, ya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion dapat memberi kelembapan dan kesegaran pada kulit Anda yang kering akibat terpaan panas matahari. Selain sebagai pelembap, terdapat pula body lotion yang menawarkan solusi untuk jerawat punggung dan memutihkan kulit. Banyaknya merek yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung memilih produk yang sesuai.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Produk dari Citra, Vaseline, Nivea, dan Cetaphil juga akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Yogurt Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Yogurt Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kelembapan kulit menjadi salah satu hal penting yang perlu dijaga. Tidak heran jika pilihan produk untuk menjaganya terus berkembang, mulai dari body lotion, body butter, hingga body yogurt. Salah satu merek yang menghadirkan banyak pilihan body yogurt adalah The Body Shop.Akan tetapi, di pasaran juga terdapat berbagai merek lain yang bagus, misalnya Vaseline dan MoMaMi. Untuk mendapatkan produk yang paling sesuai bagi Anda, sebaiknya pertimbangkan poin-poin cara memilih berikut ini sebelum membeli. Tidak lupa, kami juga menyiapkan rekomendasi produknya agar Anda makin mudah menemukan produk yang sesuai.
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori