• 10 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Kaligrafi merupakan tulisan yang dibuat dengan teknik khusus. Semua jenis tulisan dapat dibuat menjadi kaligrafi, tetapi di artikel ini kami akan membahas hiasan kaligrafi arab. Tulisan pada hiasan kaligrafi arab biasanya diambil dari ayat suci, seperti Surat Al Ikhlas dan asmaul husna.


Hiasan kaligrafi dibuat dari beragam media, baik kayu maupun kulit. Agar terlihat lebih menarik, produsen biasanya menambahkan ornamen, seperti ukiran bunga. Anda bisa membeli hiasan kaligrafi simple, tetapi bagus dari merek Wooden Projects atau Ergoo di e-commerce. Sebelumnya, simak tips memilih hiasan kaligrafi arab yang bagus dari kami!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 15 Juli 2022
Daftar isi

Cara memilih hiasan kaligrafi arab

Hiasan kaligrafi mampu membuat ruangan jadi lebih indah. Anda bisa memilih hiasan kaligrafi dengan warna cerah agar suasana ruangan lebih hidup. Namun, jika Anda hanya ingin mempermanis suasana ruangan, pilihlah hiasan kaligrafi yang warnanya senada dengan interior. Selain warna, Anda juga perlu memperhatikan jenis tulisan, media yang digunakan, dan ukuran hiasan kaligrafi arab.

Kenali jenis tulisan yang sering dipakai dalam kaligrafi arab

Tulisan yang digunakan untuk membuat kaligrafi arab sangat beragam. Namun, empat tulisan berikut ini merupakan yang paling sering dipakai oleh para seniman kaligrafi.

Naskh: Sederhana, mudah dibaca, dan elegan

Naskh: Sederhana, mudah dibaca, dan elegan

Tulisan kaligrafi biasanya terlihat rumit dan cenderung sulit dibaca. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku untuk tulisan kaligrafi jenis naskh. Tulisan yang berkembang pada abad ke-10 ini mudah dibaca, sederhana, dan juga elegan. Karena itu, tulisan jenis naskh tidak hanya digunakan dalam kaligrafi, tetapi juga dipakai untuk menulis karya ilmiah, manuskrip, dan Al-Qur'an.


Tulisan jenis naskh memiliki bentuk huruf yang agak bulat dan dibuat secara lurus (tidak miring ke salah satu sudut). Tulisan naskh memiliki popularitas yang bagus, bahkan di Timur Tengah dan di beberapa negara Barat popularitasnya justru meningkat.

Thuluth: Jenis yang paling populer di kalangan ahli kaligrafi

Thuluth: Jenis yang paling populer di kalangan ahli kaligrafi

Anda pasti pernah melihat kaligrafi yang hurufnya saling bersilangan dan terlihat penuh. Tulisan dengan ciri khas tersebut masuk ke dalam jenis thuluth. Ciri khas lain dari tulisan ini adalah ujung hurufnya yang runcing, terutama pada penulisan huruf alif.


Tulisan jenis thuluth sebenarnya sudah ada sejak abad ke-7, tetapi baru berkembang pada akhir abad ke-9. Tulisan ini merupakan salah satu yang paling populer, khususnya di kalangan ahli kaligrafi Suriah, Mesir, Pakistan, dan Turki. Selain untuk kaligrafi, tulisan jenis ini juga digunakan untuk menulis judul bab Al-Qur'an dan bagian sampul Al-Qur'an.

Diwani: Bentuknya rumit sekaligus indah

Diwani: Bentuknya rumit sekaligus indah

Bentuk tulisan diwani terlihat seperti tulisan thuluth, tetapi tulisan diwani lebih rumit dan lebih sulit dibaca. Tulisan jenis ini juga biasanya dibuat dengan pola yang acak dan jarang diberi harakat (tanda baca dalam huruf arab). Walaupun demikian, tulisan jenis ini terlihat sangat indah dengan lengkungan yang khas.


Tulisan diwani dikembangkan pada masa pemerintahan Turki Ottoman dan digunakan untuk menulis dokumen resmi di pengadilan. Tulisan yang rumit membuat dokumen tersebut terjaga kerahasiaannya dan tidak mudah dipalsukan. Tulisan diwani juga ada yang diberi tambahan ornamen sehingga terlihat penuh yang dinamai diwani jali.

Kufic: Jenis paling tua dan tulisannya bersudut

Kufic: Jenis paling tua dan tulisannya bersudut

Kufic merupakan salah satu jenis tulisan Arab yang paling tua dan sudah berkembang sejak abad ke-7. Tulisan ini memiliki ciri khas berupa sudut dan sekilas terlihat seperti sebuah simbol berbentuk persegi. Kufic awalnya digunakan untuk menulis Al-Qur'an dan prasasti. Akan tetapi, tulisan kufic saat ini lebih sering digunakan untuk membuat hiasan pada bangunan.


Setiap orang bisa membuat tulisan kufic karena tidak ada aturan khusus dalam proses pembuatannya. Di samping itu, tulisan ini bisa dibuat dengan bantuan alat, contohnya penggaris. Hal tersebut menyebabkan tulisan kufic di setiap daerah berbeda-beda.

Ketahui material atau media pembuatannya

Hiasan kaligrafi dibuat pada beragam media. Sebelum Anda membeli hiasan kaligrafi, Anda sebaiknya mengetahui kelebihan dari tiap-tiap media tersebut.

Kayu, memiliki nilai seni tinggi

Kayu, memiliki nilai seni tinggi

Kaligrafi yang dibuat di atas media kayu biasanya diproses dengan cara dipahat. Hal tersebut membuat proses pembuatan kaligrafi di atas media kayu membutuhkan waktu cukup lama. Walaupun demikian, hiasan kaligrafi dari media kayu tetap disukai banyak orang karena tampak artistik.


Hal lain yang membuat hiasan kaligrafi berbahan kayu disukai adalah warna dan tekstur yang khas. Selain itu, hiasan kaligrafi berbahan kayu juga kokoh.

Kulit, tampak sederhana dan autentik

Kulit, tampak sederhana dan autentik

Media berikutnya yang sering digunakan untuk membuat hiasan kaligrafi adalah kulit. Produsen biasanya menggunakan kulit kambing atau kulit sapi yang masih memiliki bulu sehingga kesan kunonya masih terlihat.


Proses pembuatan hiasan kaligrafi berbahan kulit biasanya dilakukan dengan cara ditatah dan disablon. Setelah itu, produk akan diberi bingkai. Hiasan kaligrafi yang dibuat di atas media kulit biasanya lebih awet dan tidak mudah rusak.

Logam, memberikan kesan mewah

Logam, memberikan kesan mewah

Logam juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat hiasan kaligrafi. Hiasan kaligrafi yang terbuat dari logam lebih mudah untuk dirawat dan bisa bertahan lama. Selain itu, beberapa jenis logam biasanya akan berkilau saat terkena cahaya.


Kelebihan tersebut membuat kerajinan yang terbuat dari logam terlihat mewah. Proses membuat hiasan kaligrafi dari logam kuningan dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti diukir, ditempa, dipahat, dan banyak lagi.

Jangan lupa untuk memperhatikan ukurannya

Jangan lupa untuk memperhatikan ukurannya

Motif indah dan warna yang sesuai dengan selera pasti menjadi faktor pertimbangan saat membeli sebuah hiasan kaligrafi. Namun, Anda tidak boleh melupakan ukuran. Hiasan kaligrafi dengan ukuran yang kurang tepat bisa membuat ruangan terlihat penuh atau terlalu kosong.


Untuk menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya memperhatikan ruangan yang akan dipasang hiasan kaligrafi terlebih dahulu.

  • Apabila ruangan tersebut memiliki dinding lebar, Anda bisa memilih hiasan kaligrafi yang memanjang horizontal.
  • Jika dinding ruangannya cenderung tinggi, hiasan kaligrafi berbentuk vertikal bisa menjadi pilihan tepat.

Hiasan kaligrafi tersedia dalam ukuran yang berbeda-beda. Dalam hal ini, Anda harus menyesuaikan rasio antara hiasan kaligrafi yang akan dibeli dengan dinding ruangan. Rasio yang disarankan adalah hiasan sebaiknya tidak lebih dari sepertiga lebar dinding.


Jika dinding Anda memiliki lebar 3 meter, lebar hiasan kaligrafi yang disarankan adalah 1 meter. Area untuk hiasan kaligrafi tersebut dapat digunakan untuk satu buah hiasan berukuran besar atau beberapa hiasan kaligrafi kecil.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Hiasan Dinding Kaligrafi Kufi Ayat Kursi

Mulai dari Rp 180.000,00

10 Rekomendasi hiasan kaligrafi arab terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hiasan kaligrafi arab terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 14 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Wooden Projects Kaligrafi Islamic Hiasan Dinding Lafadz Allah Muhammad SZL memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Ergoo Kaligrafi Kufi Timbul Kalimat Tauhid CA01 yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 3 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

10

Hiasan Dinding Kaligrafi Ukiran Kayu Seribu Dinar

Mulai dari Rp 950.000,00

Jenis tulisanDiwani jali
BahanKayu
Ukuran110 cm x 60 cm
9

Otello Laser CutKaligrafi Bismillah Magna Frame

Mulai dari Rp 95.000,00

Jenis tulisanThuluth
BahanKayu
Ukuran20 cm x 20 cm x 3 cm
8

Kaligrafi Lembaran Kulit Kambing

Mulai dari Rp 69.000,00

Jenis tulisanNaskh, thuluth, diwani (tergantung varian)
BahanKulit kambing
Ukuran77 cm x 55 cm x 0,2 cm (tergantung varian)
7

Kaligrafi Hiasan Dinding Kuningan Pintu Kabah

Mulai dari Rp 1.350.000,00

Jenis tulisanNaskh, thuluth, diwani
BahanLogam (kuningan atau aluminium), kayu (bingkai)
UkuranSuperjumbo: 145 cm x 95 cm・Jumbo: 120 cm x 80 cm・Standar: 80 cm x 60 cm
6

DipajangID Kaligrafi Kufi Asmaul Husna

KS003

Mulai dari Rp 210.000,00

Jenis tulisanKufic
BahanKayu, vinyl
Ukuran50 cm x 100 cm
5

Hiasan Dinding Kaligrafi Arab

Mulai dari Rp 23.000,00

Jenis tulisanThuluth, diwani (tergantung varian)
BahanPlastik
Ukuran15 cm x 12 cm (tergantung varian)
4
Jenis tulisanThuluth
BahanFiber glass
Ukuran32 cm x 19 cm x 2 cm
3

ErgooKaligrafi Kufi Timbul Kalimat Tauhid

CA01

Mulai dari Rp 225.000,00

Jenis tulisanKufic
BahanKayu
Ukuran41 cm x 100 cm
2

Wooden ProjectsKaligrafi Wall Decor Jam Dinding Allah Muhammad

Mulai dari Rp 137.500,00

Jenis tulisanThuluth
BahanKayu, vinyl
Ukuran20 cm x 30 cm (hiasan kaligrafi), diameter 30 cm (jam dinding)
1

Wooden ProjectsKaligrafi Islamic Hiasan Dinding Lafadz Allah Muhammad

SZL

Mulai dari Rp 82.500,00

Jenis tulisanThuluth
BahanKayu, vinyl
Ukuran15 cm x 30 cm (per pcs)

Tabel perbandingan produk hiasan kaligrafi arab terbaik

Gambar produk
1
Wooden Projects Kaligrafi Islamic Hiasan Dinding Lafadz Allah Muhammad 1

Wooden Projects

2
Wooden Projects Kaligrafi Wall Decor Jam Dinding Allah Muhammad 1

Wooden Projects

3
Ergoo Kaligrafi Kufi Timbul Kalimat Tauhid 1

Ergoo

4
Kaligrafi Allah Muhammad 1

5
Hiasan Dinding Kaligrafi Arab 1

6
DipajangID  Kaligrafi Kufi Asmaul Husna 1

DipajangID

7
Kaligrafi Hiasan Dinding Kuningan Pintu Kabah 1

8
Kaligrafi Lembaran Kulit Kambing 1

9
Otello Laser Cut Kaligrafi Bismillah Magna Frame 1

Otello Laser Cut

10
Hiasan Dinding Kaligrafi Ukiran Kayu Seribu Dinar 1

Nama produk

Kaligrafi Islamic Hiasan Dinding Lafadz Allah Muhammad

Kaligrafi Wall Decor Jam Dinding Allah Muhammad

Kaligrafi Kufi Timbul Kalimat Tauhid

Kaligrafi Allah Muhammad

Hiasan Dinding Kaligrafi Arab

Kaligrafi Kufi Asmaul Husna

Kaligrafi Hiasan Dinding Kuningan Pintu Kabah

Kaligrafi Lembaran Kulit Kambing

Kaligrafi Bismillah Magna Frame

Hiasan Dinding Kaligrafi Ukiran Kayu Seribu Dinar

Keunggulan

Hiasan kaligrafi islami dengan desain kekinian!

Berfungsi sebagai hiasan dan juga jam dinding

Ruangan minimalis lebih hangat dengan hiasan kaligrafi kayu yang simple

Pilihan tepat untuk menghiasi musala di dalam rumah

Maksimalkan dekorasi di area berdinding tinggi

Warna monokrom yang kontras memberikan efek tiga dimensi

Hadirkan kemewahan dengan hiasan kaligrafi pintu Ka'bah dari kuningan

Unik karena dibuat dari kulit yang belum dipotong

Bisa dijadikan hiasan dinding atau hiasan meja

Detail ukiran kayu yang sangat indah, menghidupkan area dinding kosong

Harga mulai dariRp 82.500,00Rp 137.500,00Rp 225.000,00Rp 65.000,00Rp 23.000,00Rp 210.000,00Rp 1.350.000,00Rp 69.000,00Rp 95.000,00Rp 950.000,00
Jenis tulisanThuluthThuluthKuficThuluthThuluth, diwani (tergantung varian)KuficNaskh, thuluth, diwaniNaskh, thuluth, diwani (tergantung varian)ThuluthDiwani jali
BahanKayu, vinylKayu, vinylKayuFiber glassPlastikKayu, vinylLogam (kuningan atau aluminium), kayu (bingkai)Kulit kambingKayuKayu
Ukuran15 cm x 30 cm (per pcs)20 cm x 30 cm (hiasan kaligrafi), diameter 30 cm (jam dinding)41 cm x 100 cm32 cm x 19 cm x 2 cm15 cm x 12 cm (tergantung varian)50 cm x 100 cmSuperjumbo: 145 cm x 95 cm・Jumbo: 120 cm x 80 cm・Standar: 80 cm x 60 cm77 cm x 55 cm x 0,2 cm (tergantung varian)20 cm x 20 cm x 3 cm110 cm x 60 cm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi hiasan dinding lainnya di sini

Hiasan kaligrafi memang bisa membuat suasana ruangan jadi lebih indah. Agar ruangan di rumah tidak monoton, Anda bisa memadukan hiasan kaligrafi dengan hiasan dinding lainnya. Apabila Anda membutuhkan informasi mengenai produk-produk tersebut, cek tautan yang sudah disiapkan di bawah ini.

Kesimpulan

Hiasan kaligrafi arab yang dijual di e-commerce sangat beragam. Ada yang terbuat dari kayu, logam, dan kulit. Selain itu, jenis tulisan yang digunakan pun bermacam-macam, mulai dari naskh, thuluth, diwani, dan kufic.


Sebelum membeli hiasan kaligrafi arab, Anda sebaiknya memperhatikan ruangan yang akan diberi hiasan kaligrafi terlebih dahulu. Setelahnya, Anda bisa menentukan desain dan jenis tulisan kaligrafi yang cocok dengan ruangan tersebut. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Atap Transparan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Atap Transparan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan atap transparan pada hunian tidak hanya memberikan pencahayaan alami, tetapi juga membuat hunian berkesan modern. Tak heran jika penggunaan atap transparan makin diminati. Jenis dan merek atap transparan pun makin beragam dengan keunggulannya masing-masing. Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan atap transparan di hunian Anda? Pada artikel kali ini, kami memberikan tips memilih atap transparan. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk atap transparan yang bagus untuk Anda. Selamat membaca dan menentukan atap transparan yang cocok untuk Anda! 
    Dekorasi ruangan
  • 10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Granit Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Dibandingkan keramik biasa, lantai granit bersifat antigores, mudah dibersihkan, sekaligus sulit pecah sehingga lebih awet. Lantai granit juga tidak licin, membuatnya makin aman digunakan. Warna dan motif granit pun bagus dan beragam. Tak heran, granit menjadi favorit untuk mempercantik interior atau eksterior rumah.Di artikel ini, Anda akan mendapatkan tips memilih lantai granit yang bagus, serta rekomendasi produk granit lantai terbaik. Kami akan mengulas kualitas dan harga lantai granit merek Essenza, Indogress, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Simak artikelnya sampai akhir, ya!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Plafon PVC Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Plafon PVC Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selain wallpaper, pemasangan plafon dapat menjadi item yang dapat mengubah suasana ruangan. Salah satu material plafon yang dapat Anda pilih adalah PVC. Plafon PVC dapat digunakan di ruang tamu, kamar tidur, serta ruangan lainnya. Desainnya pun sangat beragam, mulai dari plafon PVC motif awan, motif kayu, minimalis, hingga bernuansa mewah. Kami akan mengulas cara memilih plafon PVC yang bagus untuk ruangan Anda. Tak lupa, terdapat rekomendasi plafon PVC terbaik dari sejumlah merek, seperti Bringhome dan Eva Plafon. Simak tips dari kami dan dapatkan produk yang cocok untuk Anda!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap orang biasanya mempunyai foto dengan kenangan khusus. Foto saat acara tertentu atau kartu pos bergambar pemberian orang terkasih pasti sayang jika hanya disimpan begitu saja. Tentu ada keinginan untuk memajangnya di dinding ruangan dengan bingkai khusus agar kenangan indah dapat terus dinikmati.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan rekomendasi bingkai foto yang bagus untuk dipajang di dinding. Rekomendasi produk dari merek kenamaan, seperti iCreate.id dan Picora ada dalam artikel ini. Bingkai foto awet untuk digunakan jangka panjang juga ada. Pastikan untuk membaca sampai akhir, ya!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Jendela Aluminium Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jendela Aluminium Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jendela tidak hanya berfungsi sebagai jalur ventilasi atau pertukaran udara saja, melainkan juga dapat menambah nilai estetika pada ruangan. Sebenarnya, kerangka jendela terbuat dari beragam bahan, seperti kayu, fiberglass, baja, dan lain sebagainya. Akan tetapi, kali ini kami akan membahas mengenai jendela aluminium saja. Jendela aluminium memiliki beragam tipe dan ukuran yang mungkin membuat sebagian dari Anda bingung memilih produk terbaik. Karena itu, kami akan membantu Anda memilih jendela aluminium yang bagus. Beragam produk jendela aluminium dari merek terkenal seperti Alphamax dan Alexindo pun dapat Anda temukan. Selamat berbelanja!
    Dekorasi ruangan
  • 10 Rekomendasi Cermin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cermin Dinding Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cermin dinding merupakan salah satu pelengkap interior ruangan yang disukai oleh banyak orang. Selain untuk berhias, cermin juga mampu memantulkan cahaya ke berbagai arah. Karena itu, cermin dinding sering dipasang di ruang tamu, ruang tengah, hingga kamar mandi.Lalu, cermin dinding seperti apa yang pas untuk dipasang? Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan cermin dinding yang bagus untuk ruangan Anda. Cermin berbingkai menarik hingga bingkai polos dari berbagai merek ternama, seperti IKEA, iFurnholic, dan Mendekor akan kami ulas. Yuk, simak hingga tuntas!
    Dekorasi ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori