mybest
Hiasan

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Dekorasi ruangan
  4. 10 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab yang Bagus (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab yang Bagus (Terbaru Tahun 2023)

Kaligrafi merupakan tulisan yang dibuat dengan teknik khusus. Semua jenis tulisan dapat dibuat menjadi kaligrafi, tetapi di artikel ini kami akan membahas hiasan kaligrafi arab. Tulisan pada hiasan kaligrafi arab biasanya diambil dari ayat suci, seperti Surat Al Ikhlas dan asmaul husna.


Hiasan kaligrafi dibuat dari beragam media, baik kayu maupun kulit. Agar terlihat lebih menarik, produsen biasanya menambahkan ornamen, seperti ukiran bunga. Anda bisa membeli hiasan kaligrafi simple, tetapi bagus dari merek Wooden Projects atau Ergoo di e-commerce. Sebelumnya, simak tips memilih hiasan kaligrafi arab yang bagus dari kami!

Diperbaharui 07-15-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Cara memilih hiasan kaligrafi arab

Hiasan kaligrafi mampu membuat ruangan jadi lebih indah. Anda bisa memilih hiasan kaligrafi dengan warna cerah agar suasana ruangan lebih hidup. Namun, jika Anda hanya ingin mempermanis suasana ruangan, pilihlah hiasan kaligrafi yang warnanya senada dengan interior. Selain warna, Anda juga perlu memperhatikan jenis tulisan, media yang digunakan, dan ukuran hiasan kaligrafi arab.

① Kenali jenis tulisan yang sering dipakai dalam kaligrafi arab

Tulisan yang digunakan untuk membuat kaligrafi arab sangat beragam. Namun, empat tulisan berikut ini merupakan yang paling sering dipakai oleh para seniman kaligrafi.

Naskh: Sederhana, mudah dibaca, dan elegan

Naskh: Sederhana, mudah dibaca, dan elegan

Tulisan kaligrafi biasanya terlihat rumit dan cenderung sulit dibaca. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku untuk tulisan kaligrafi jenis naskh. Tulisan yang berkembang pada abad ke-10 ini mudah dibaca, sederhana, dan juga elegan. Karena itu, tulisan jenis naskh tidak hanya digunakan dalam kaligrafi, tetapi juga dipakai untuk menulis karya ilmiah, manuskrip, dan Al-Qur'an.


Tulisan jenis naskh memiliki bentuk huruf yang agak bulat dan dibuat secara lurus (tidak miring ke salah satu sudut). Tulisan naskh memiliki popularitas yang bagus, bahkan di Timur Tengah dan di beberapa negara Barat popularitasnya justru meningkat.

Thuluth: Jenis yang paling populer di kalangan ahli kaligrafi

Thuluth: Jenis yang paling populer di kalangan ahli kaligrafi

Anda pasti pernah melihat kaligrafi yang hurufnya saling bersilangan dan terlihat penuh. Tulisan dengan ciri khas tersebut masuk ke dalam jenis thuluth. Ciri khas lain dari tulisan ini adalah ujung hurufnya yang runcing, terutama pada penulisan huruf alif.


Tulisan jenis thuluth sebenarnya sudah ada sejak abad ke-7, tetapi baru berkembang pada akhir abad ke-9. Tulisan ini merupakan salah satu yang paling populer, khususnya di kalangan ahli kaligrafi Suriah, Mesir, Pakistan, dan Turki. Selain untuk kaligrafi, tulisan jenis ini juga digunakan untuk menulis judul bab Al-Qur'an dan bagian sampul Al-Qur'an.

Diwani: Bentuknya rumit sekaligus indah

Diwani: Bentuknya rumit sekaligus indah

Bentuk tulisan diwani terlihat seperti tulisan thuluth, tetapi tulisan diwani lebih rumit dan lebih sulit dibaca. Tulisan jenis ini juga biasanya dibuat dengan pola yang acak dan jarang diberi harakat (tanda baca dalam huruf arab). Walaupun demikian, tulisan jenis ini terlihat sangat indah dengan lengkungan yang khas.


Tulisan diwani dikembangkan pada masa pemerintahan Turki Ottoman dan digunakan untuk menulis dokumen resmi di pengadilan. Tulisan yang rumit membuat dokumen tersebut terjaga kerahasiaannya dan tidak mudah dipalsukan. Tulisan diwani juga ada yang diberi tambahan ornamen sehingga terlihat penuh yang dinamai diwani jali.

Kufic: Jenis paling tua dan tulisannya bersudut

Kufic: Jenis paling tua dan tulisannya bersudut

Kufic merupakan salah satu jenis tulisan Arab yang paling tua dan sudah berkembang sejak abad ke-7. Tulisan ini memiliki ciri khas berupa sudut dan sekilas terlihat seperti sebuah simbol berbentuk persegi. Kufic awalnya digunakan untuk menulis Al-Qur'an dan prasasti. Akan tetapi, tulisan kufic saat ini lebih sering digunakan untuk membuat hiasan pada bangunan.


Setiap orang bisa membuat tulisan kufic karena tidak ada aturan khusus dalam proses pembuatannya. Di samping itu, tulisan ini bisa dibuat dengan bantuan alat, contohnya penggaris. Hal tersebut menyebabkan tulisan kufic di setiap daerah berbeda-beda.

② Ketahui material atau media pembuatannya

Hiasan kaligrafi dibuat pada beragam media. Sebelum Anda membeli hiasan kaligrafi, Anda sebaiknya mengetahui kelebihan dari tiap-tiap media tersebut.

Kayu, memiliki nilai seni tinggi

Kayu, memiliki nilai seni tinggi

Kaligrafi yang dibuat di atas media kayu biasanya diproses dengan cara dipahat. Hal tersebut membuat proses pembuatan kaligrafi di atas media kayu membutuhkan waktu cukup lama. Walaupun demikian, hiasan kaligrafi dari media kayu tetap disukai banyak orang karena tampak artistik.


Hal lain yang membuat hiasan kaligrafi berbahan kayu disukai adalah warna dan tekstur yang khas. Selain itu, hiasan kaligrafi berbahan kayu juga kokoh.

Kulit, tampak sederhana dan autentik

Kulit, tampak sederhana dan autentik

Media berikutnya yang sering digunakan untuk membuat hiasan kaligrafi adalah kulit. Produsen biasanya menggunakan kulit kambing atau kulit sapi yang masih memiliki bulu sehingga kesan kunonya masih terlihat.


Proses pembuatan hiasan kaligrafi berbahan kulit biasanya dilakukan dengan cara ditatah dan disablon. Setelah itu, produk akan diberi bingkai. Hiasan kaligrafi yang dibuat di atas media kulit biasanya lebih awet dan tidak mudah rusak.

Logam, memberikan kesan mewah

Logam, memberikan kesan mewah

Logam juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat hiasan kaligrafi. Hiasan kaligrafi yang terbuat dari logam lebih mudah untuk dirawat dan bisa bertahan lama. Selain itu, beberapa jenis logam biasanya akan berkilau saat terkena cahaya.


Kelebihan tersebut membuat kerajinan yang terbuat dari logam terlihat mewah. Proses membuat hiasan kaligrafi dari logam kuningan dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti diukir, ditempa, dipahat, dan banyak lagi.

③ Jangan lupa untuk memperhatikan ukurannya

Jangan lupa untuk memperhatikan ukurannya

Motif indah dan warna yang sesuai dengan selera pasti menjadi faktor pertimbangan saat membeli sebuah hiasan kaligrafi. Namun, Anda tidak boleh melupakan ukuran. Hiasan kaligrafi dengan ukuran yang kurang tepat bisa membuat ruangan terlihat penuh atau terlalu kosong.


Untuk menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya memperhatikan ruangan yang akan dipasang hiasan kaligrafi terlebih dahulu.

  • Apabila ruangan tersebut memiliki dinding lebar, Anda bisa memilih hiasan kaligrafi yang memanjang horizontal.
  • Jika dinding ruangannya cenderung tinggi, hiasan kaligrafi berbentuk vertikal bisa menjadi pilihan tepat.

Hiasan kaligrafi tersedia dalam ukuran yang berbeda-beda. Dalam hal ini, Anda harus menyesuaikan rasio antara hiasan kaligrafi yang akan dibeli dengan dinding ruangan. Rasio yang disarankan adalah hiasan sebaiknya tidak lebih dari sepertiga lebar dinding.


Jika dinding Anda memiliki lebar 3 meter, lebar hiasan kaligrafi yang disarankan adalah 1 meter. Area untuk hiasan kaligrafi tersebut dapat digunakan untuk satu buah hiasan berukuran besar atau beberapa hiasan kaligrafi kecil.

10 Rekomendasi hiasan kaligrafi arab terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hiasan kaligrafi arab terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wooden Projects

Kaligrafi Islamic Hiasan Dinding Lafadz Allah Muhammad

Wooden Projects Kaligrafi Islamic Hiasan Dinding Lafadz Allah Muhammad 1枚目

Hiasan kaligrafi islami dengan desain kekinian!

2

Wooden Projects

Kaligrafi Wall Decor Jam Dinding Allah Muhammad

Wooden Projects Kaligrafi Wall Decor Jam Dinding Allah Muhammad 1枚目

Berfungsi sebagai hiasan dan juga jam dinding

3

Ergoo

Kaligrafi Kufi Timbul Kalimat Tauhid

Ergoo Kaligrafi Kufi Timbul Kalimat Tauhid 1枚目

Ruangan minimalis lebih hangat dengan hiasan kaligrafi kayu yang simple

4

Kaligrafi Allah Muhammad

 Kaligrafi Allah Muhammad 1枚目

Pilihan tepat untuk menghiasi musala di dalam rumah

5

Hiasan Dinding Kaligrafi Arab

 Hiasan Dinding Kaligrafi Arab 1枚目

Maksimalkan dekorasi di area berdinding tinggi

6

DipajangID

Kaligrafi Kufi Asmaul Husna

DipajangID  Kaligrafi Kufi Asmaul Husna 1枚目

Warna monokrom yang kontras memberikan efek tiga dimensi

7

Kaligrafi Hiasan Dinding Kuningan Pintu Kabah

 Kaligrafi Hiasan Dinding Kuningan Pintu Kabah 1枚目

Hadirkan kemewahan dengan hiasan kaligrafi pintu Ka'bah dari kuningan

8

Kaligrafi Lembaran Kulit Kambing

 Kaligrafi Lembaran Kulit Kambing 1枚目

Unik karena dibuat dari kulit yang belum dipotong

9

Otello Laser Cut

Kaligrafi Bismillah Magna Frame

Otello Laser Cut Kaligrafi Bismillah Magna Frame 1枚目

Bisa dijadikan hiasan dinding atau hiasan meja

10

Hiasan Dinding Kaligrafi Ukiran Kayu Seribu Dinar

 Hiasan Dinding Kaligrafi Ukiran Kayu Seribu Dinar 1枚目

Detail ukiran kayu yang sangat indah, menghidupkan area dinding kosong

Perincian produk
Close
No.1

Wooden ProjectsKaligrafi Islamic Hiasan Dinding Lafadz Allah MuhammadSZL

Mulai dari Rp82.500,00

Hiasan kaligrafi islami dengan desain kekinian!

Kelebihan:

  • Ada tiga pilihan hiasan dengan desain dan warna kekinian
  • Kayu MDF berlaminasi yang tahan air
  • Satu set sudah mendapatkan tiga hiasan kaligrafi

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mendapatkan produk yang potongannya kurang rapi dan belum dilengkapi pengait

Apakah Anda mencari hiasan kaligrafi arab untuk dipajang di ruangan berinterior artistik ataupun modern vintage? Wooden Projects punya banyak koleksi produk untuk Anda. Salah satu yang best seller adalah seri SZL. Produk ini terdiri dari tiga buah hiasan dinding yang dipajang secara berderet. Kombinasi warna-warni pastel yang vintage akan menambah kesan fun untuk interior kekinian.

No.2

Wooden ProjectsKaligrafi Wall Decor Jam Dinding Allah Muhammad

Mulai dari Rp137.500,00

Berfungsi sebagai hiasan dan juga jam dinding

Kelebihan:

  • Satu set hiasan kaligrafi dan jam dinding bertema senada
  • Kayu MDF berlaminasi yang tahan air
  • Beragam pilihan desain yang dapat disesuaikan dengan interior

Kekurangan:

  • Jam dinding belum dilengkapi baterai
  • Beberapa pengguna mendapatkan jam dinding yang rusak

Anda ingin memasang jam dinding agar mudah melihat waktu, tetapi juga memerlukan hiasan untuk mempercantik ruangan? Alangkah baiknya jika desainnya serasi, ya! Kalau begitu, set hiasan kaligrafi arab dari Wooden Projects ini bisa dipilih.


Dengan membeli produk ini, Anda mendapatkan hiasan kaligrafi Allah, hiasan kaligrafi Muhammad, dan jam dinding dengan angka arab. Ketiganya berdesain senada. Selain motif shabby chic yang populer, Wooden Projects memiliki beragam desain lainnya, seperti stripes, abstrak, atau floral!

No.3

ErgooKaligrafi Kufi Timbul Kalimat TauhidCA01

Mulai dari Rp225.000,00

Ruangan minimalis lebih hangat dengan hiasan kaligrafi kayu yang simple

Kelebihan:

  • Cocok dengan berbagai interior ruangan, terutama konsep minimalis
  • Tulisan kaligrafinya timbul
  • Bahan kayu berlaminasi yang tebal berkualitas

Kekurangan:

  • Beberapa penjual melaporkan ada retak atau baret di bagian kayunya

Ruangan dengan desain minimalis biasanya hanya diisi beberapa jenis furniture karena konsep minimalis lebih mengutamakan fungsi. Meskipun demikian, Anda masih bisa menambahkan satu atau dua hiasan dinding supaya ruangan tidak terlalu kosong. Salah satu hiasan dinding yang kami rekomendasikan untuk dipajang di rumah Anda adalah produk ini.


Hiasan kaligrafi Ergoo akan memberikan kesan simetris karena dibuat menggunakan tulisan kufic yang khas. Desainnya pun sederhana sehingga tidak menimbulkan ketimpangan saat dipadukan bersama furniture lainnya. Warna kayu naturalnya pun akan memberikan kesan hangat untuk interior ruangan.

No.4

Kaligrafi Allah Muhammad

Mulai dari Rp65.000,00

Pilihan tepat untuk menghiasi musala di dalam rumah

Kelebihan: 

  • Ukiran yang elegan dan tampak mewah
  • Satu set terdiri dari dua hiasan

Kekurangan:

  • Material gampang pecah

Beberapa pemilik rumah biasanya melengkapi tempat tinggalnya dengan musala pribadi. Jika rumah Anda memiliki musala, hiasan kaligrafi ini sepertinya layak untuk dipajang di tempat ibadah tersebut. Suasana di musala pribadi akan lebih kental dengan nuansa Islami. Ukuran produk ini juga tidak terlalu besar sehingga tidak akan membuat musala jadi terlihat sempit.

No.5

Hiasan Dinding Kaligrafi Arab

Mulai dari Rp23.000,00

Maksimalkan dekorasi di area berdinding tinggi

Kelebihan:

  • Banyak pilihan desain
  • Harga ekonomis sehingga Anda bisa membeli banyak
  • Sudah dilengkapi tali gantungan

Kekurangan:
  • Meski tampak seperti logam, materialnya merupakan plastik yang tentunya tidak sekuat logam asli

Rata-rata hiasan kaligrafi arab memiliki bentuk persegi panjang horizontal ataupun vertikal. Jika Anda ingin menghias dinding yang tinggi, pertimbangkan hiasan gantung emas ini. Anda akan mendapatkan tiga buah hiasan yang dapat digantung memanjang. Ada banyak variasi desain yang bisa Anda pilih, mulai dari bulat, oval, hingga kotak. Selain itu, harganya pun ekonomis.

No.6

DipajangID Kaligrafi Kufi Asmaul HusnaKS003

Mulai dari Rp210.000,00

Warna monokrom yang kontras memberikan efek tiga dimensi

Kelebihan:

  • Kayu MDF berlaminasi dof
  • Ada beberapa pilihan warna

Kekurangan:

  • Tulisan kaligrafi tidak benar-benar timbul
  • Tulisannya agak blur menurut beberapa pengguna

Untuk interior modern minimalis, pertimbangkan hiasan kaligrafi arab kufic dengan pilihan warna monokrom yang kontras. Latarnya hitam pekat dengan tulisan kaligrafi berwarna emas. Alhasil, tulisan akan terlihat seperti timbul dan bersinar saat digantung di dinding gelap sekalipun. Selain warna hitam, Anda juga bisa memilih warna putih dengan tulisan emas.

No.7

Kaligrafi Hiasan Dinding Kuningan Pintu Kabah

Mulai dari Rp1.350.000,00

Hadirkan kemewahan dengan hiasan kaligrafi pintu Ka'bah dari kuningan

Kelebihan:

  • Ada beberapa pilihan ukuran dan warna
  • Ada pilihan bahan kuningan ataupun aluminium
  • Sudah dilengkapi dengan bingkai dan pelapis kaca

Kekurangan:

  • Harga produk berbahan kuningan lebih mahal dibandingkan aluminium
  • Ukuran bisa berbeda tergantung pada produsen

Pintu Ka'bah terbuat dari 280 kg murni dengan ornamen dan tulisan zikir yang tertera pada dindingnya. Untuk menambahkan kesan mewah di ruangan, Anda dapat memilih hiasan dinding yang merupakan replika dari pintu Ka'bah ini.


Ukiran dan tulisan kaligrafi pada pintu dibuat dengan detail yang meniru pintu Ka'bah yang asli. Bahan kuningan emasnya akan memantulkan kilau saat terkena cahaya lampu. Ruangan yang diberi hiasan ini akan terlihat lebih terang dan antik. Anda pun dapat memilih warna, ukuran, hingga bahan logam yang sesuai dengan keinginan.

No.8

Kaligrafi Lembaran Kulit Kambing

Mulai dari Rp69.000,00

Unik karena dibuat dari kulit yang belum dipotong

Kelebihan:

  • Desain hiasan kaligrafi dari kulit kambing yang unik
  • Tulisan kaligrafi arab dibuat dalam bentuk yang unik (melingkar, bentuk wayang, dan sebagainya)

Kekurangan:

  • Mudah kotor karena tidak ada bingkai dan lapisan pelindung

Kaligrafi yang dibuat pada media kulit hewan biasanya berbentuk kotak atau persegi panjang dan sudah diberi bingkai. Nah, produk yang satu ini berbeda karena dijual tanpa bingkai. Selain itu, kulitnya masih utuh alias belum dipotong menjadi bentuk tertentu.


Ada beberapa desain produk yang bisa Anda pilih. Untuk kaligrafi surah Yasin, tulisan kaligrafinya ditulis secara melingkar yang unik. Sementara itu, hiasan kaligrafi surah Ali Imron memiliki bentuk menyerupai wayang Semar. Anda yang menyukai karya seni kontemporer sepertinya akan jatuh cinta pada produk ini.

No.9

Otello Laser CutKaligrafi Bismillah Magna Frame

Mulai dari Rp95.000,00

Bisa dijadikan hiasan dinding atau hiasan meja

Kelebihan:

  • Material kayu solid pinus yang kokoh dan elegan
  • Hiasan dinding multifungsi yang dapat diletakkan di meja

Kekurangan:

  • Tidak ada pelapis pelindung sehingga hiasan mudah kotor
  • Produk yang ditempelkan ke dinding dengan lem kemungkinan akan mengotori dinding

Saat membeli hiasan dinding, Anda harus merelakan sebuah paku tertancap di dinding. Jika Anda tidak ingin ada paku menancap di dinding, Anda bisa mempertimbangkan produk ini. Hiasan kaligrafi ini sangat fleksibel karena bisa dipajang di atas meja atau ditempel di dinding. Ukurannya pun tidak terlalu besar. Dengan begitu, Anda bisa memindahkannya ke ruangan lain dengan mudah.

No.10

Hiasan Dinding Kaligrafi Ukiran Kayu Seribu Dinar

Mulai dari Rp950.000,00

Detail ukiran kayu yang sangat indah, menghidupkan area dinding kosong

Kelebihan:

  • Detail ukiran kaligrafi arab dari kayu khas Jepara yang sangat indah
  • Sudah berpigura

Kekurangan:

  • Tidak menggunakan pelapis kaca sehingga mudah berdebu
  • Harga cukup mahal karena produk handmade

Beberapa area rumah, contohnya koridor, sering terabaikan karena tidak ada furnitur yang bisa diletakkan di sana. Untuk area dengan dinding kosong, Anda bisa memasang hiasan kaligrafi arab yang penuh dekorasi seperti ini.


Ukiran kaligrafi diwani yang rumit dan indah pasti bisa membuat area tersebut jadi lebih hidup. Tambahan lagi, kaligrafi ini dihiasi oleh bingkai hitam yang cocok dipasang di dinding putih. Setiap pasang mata yang melewati area tersebut pasti akan tertarik untuk melihatnya.

Baca juga rekomendasi hiasan dinding lainnya di sini

Hiasan kaligrafi memang bisa membuat suasana ruangan jadi lebih indah. Agar ruangan di rumah tidak monoton, Anda bisa memadukan hiasan kaligrafi dengan hiasan dinding lainnya. Apabila Anda membutuhkan informasi mengenai produk-produk tersebut, cek tautan yang sudah disiapkan di bawah ini.

Kesimpulan

Hiasan kaligrafi arab yang dijual di e-commerce sangat beragam. Ada yang terbuat dari kayu, logam, dan kulit. Selain itu, jenis tulisan yang digunakan pun bermacam-macam, mulai dari naskh, thuluth, diwani, dan kufic.


Sebelum membeli hiasan kaligrafi arab, Anda sebaiknya memperhatikan ruangan yang akan diberi hiasan kaligrafi terlebih dahulu. Setelahnya, Anda bisa menentukan desain dan jenis tulisan kaligrafi yang cocok dengan ruangan tersebut. Selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab terbaik

No. 1Wooden ProjectsKaligrafi Islamic Hiasan Dinding Lafadz Allah MuhammadSZL

No. 2Wooden ProjectsKaligrafi Wall Decor Jam Dinding Allah Muhammad

No. 3ErgooKaligrafi Kufi Timbul Kalimat TauhidCA01

No. 4Kaligrafi Allah Muhammad

No. 5Hiasan Dinding Kaligrafi Arab

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer