1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Aksesori komputer & laptop
  6. >
  7. 10 Gaming Mouse Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Gaming Mouse Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Gaming Mouse Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Gaming Mouse Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Gaming Mouse Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Gaming Mouse Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Gaming Mouse Logitech Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)

Jika Anda sedang mencari mouse gaming terbaik, Logitech adalah merek yang bagus untuk dipertimbangkan. Varian produknya beragam. Misalnya, Logitech G402 yang didesain untuk game FPS. Ada juga Logitech G102 yang lebih terjangkau, tetapi performanya bersaing.


Seri mouse gaming Logitech yang lain pun patut dilirik, seperti G502, G300s, G203, dan G Pro. Anda bisa memilih mouse kabel ataupun mouse gaming wireless. Agar Anda mendapat mouse gaming Logitech terbaik, kali ini kami akan membagikan tips memilih dan rekomendasi produknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!

Diperbaharui 12-06-2022
Pakar
Music composer dan tech & audio enthusiast
Joshua Pandu

Joshua mulai bermain piano klasik sejak usia 6 tahun. Ia berpengalaman kerja mengajar piano di Yamaha sebelum melanjutkan studi bidang music composing and arranging di Jepang. Joshua sudah mengenal dan merakit komputer pertamanya ketika masih di bangku SD secara otodidak. Ia juga mempunyai hobi overclocking dan jual beli parts komputer di waktu senggangnya. Pria yang merupakan seorang tech enthusiast ini juga hobi mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari smartphone hingga VR.

Profil Joshua Pandu
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Gigih Prayitno

Gigih Prayitno merupakan lulusan Program Studi Jepang, Universitas Diponegoro. Sejak kuliah, outdoor enthusiast ini suka naik gunung, city walking, dan solo traveling. Setelah lulus, ia bekerja sebagai travel reporter di salah satu kantor berita online di Indonesia selama dua tahun. Tidak hanya menyukai dunia traveling, Gigih juga seorang tech savvy. Ia senang sekali mencari update tentang peralatan elektronik, khususnya handphone, komputer, serta aksesorinya. Kini ia banyak menulis dengan niche teknologi, perlengkapan outdoor, dan perlengkapan sport di website mybest Indonesia.

Profil Gigih Prayitno
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Mengapa Anda harus memakai gaming mouse Logitech?

Logitech adalah perusahaan internasional asal Swiss yang memproduksi perlengkapan personal computer (PC) dan laptop. Perusahaan ini mengembangkan salah satu divisi yang khusus untuk memproduksi peralatan gaming, yakni Logitech G. Logitech G bertanggung jawab memberikan pengalaman gaming yang maksimal melalui desain dan inovasi teknologinya, termasuk untuk gaming mouse.


Reputasi gaming mouse Logitech G sudah terbukti baik. Banyak produknya dipakai oleh atlet e-sports internasional dalam turnamen Counter-Strike:Global Offensive (CS:GO). Karena itu, tak berlebihan jika Logitech G dibilang memiliki wireless gaming mouse terbaik dari segi kecepatan dan akurasinya. Berbagai teknologi terbaru siap mendukung permainan Anda, seperti POWERPLAY, LIGHTSPEED, dan sensor HERO.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gaming mouse Logitech

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih gaming mouse Logitech, seperti tipe, teknologi, serta desainnya. Simak penjelasannya berikut agar Anda bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan!

① Ketahui teknologi pada gaming mouse Logitech

Teknologi adalah hal yang membedakan antara gaming mouse Logitech dengan merek lainnya. Gaming mouse Logitech dilengkapi berbagai teknologi terbaik dari segi sensor, kecepatan, dan akurasinya.

LIGHTSPEED: Responsnya lebih cepat dibandingkan mouse tipe kabel

LIGHTSPEED: Responsnya lebih cepat dibandingkan mouse tipe kabel

Wireless gaming mouse memang terkesan lebih modern dibandingkan tipe kabel. Namun, masih banyak kendala yang membuat wireless gaming mouse kurang baik untuk gaming. Koneksi yang sering terputus dan respons yang lambat menjadi hambatan utamanya. Logitech selalu berinovasi dengan menciptakan teknologi terbaru untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya LIGHTSPEED.


Teknologi LIGHTSPEED wireless memastikan setiap komponen mampu melakukan pemrosesan data dengan cepat, bahkan hingga 1 ms (millisecond). Kecepatan ini bahkan lebih kencang dari mouse tipe kabel. Waktu sepersekian detik sangat berpengaruh untuk first person shooter (FPS) game, seperti CS:GO.

POWERPLAY: Bisa mengisi daya sambil tetap bermain game

POWERPLAY: Bisa mengisi daya sambil tetap bermain game

Bayangkan jika mouse tiba-tiba berhenti ketika Anda sedang menjalani momen penting dalam game. Tentu Anda bisa kalah dan kesal karenanya. Itulah salah satu kelemahan wireless gaming mouse, yaitu dapat tiba-tiba mati karena kehabisan daya. Saat daya mouse habis, Anda harus berhenti main game dan menunggunya hingga terisi lagi.


Hal itu tidak akan Anda rasakan lagi jika gaming mouse milik Anda dilengkapi teknologi POWERPLAY. Teknologi ini memungkinkan Anda mengisi daya wireless gaming mouse sambil tetap bermain. Kemampuan tersebut benar-benar merupakan sebuah penemuan revolusioner dalam produk wireless gaming mouse! Beberapa produk Logitech G yang menggunakan teknologi POWERPLAY adalah seri G703 dan G903.

Sensor HERO: Performa maksimal dengan pemakaian daya yang efisien

Sensor HERO: Performa maksimal dengan pemakaian daya yang efisien

Gaming mouse pada umumnya memiliki keunggulan hanya di salah satu bidang, yaitu performa atau efisiensi daya. Namun, Anda bisa mendapatkan keduanya di wireless gaming mouse Logitech G yang menggunakan sensor HERO. Sensor ini dapat menghasilkan gerakan yang cepat dan sangat akuratGaming mouse dengan sensor HERO memiliki angka dot per inch (DPI) hingga 25.600.


Sensor HERO 25K adalah versi terbaru dengan pemakaian daya lebih efisien sepuluh kali lipat dibandingkan versi terdahulunya. Dengan begitu, Anda bisa lebih lama bermain tanpa harus mengisi daya. Setiap sensornya juga ditanam flash memory agar Anda bisa menggunakan pengaturan mouse ketika harus memakai komputer lain.

② Sesuaikan jenis mouse dengan tipe game yang sering dimainkan

Sesuaikan jenis mouse dengan tipe game yang sering dimainkan

Sebenarnya, bisa dibilang semua tipe mouse dapat digunakan untuk bermain game. Namun, memang ada produsen yang menjual gaming mouse khusus berdasarkan jenis game yang dimainkan. Ada mouse yang didesain khusus untuk game dengan genre multiplayer online (MMO), FPS, atau real-time strategy (RTS).


Game tembak-tembakan (FPS) membutuhkan akurasi sekaligus fokus yang tepat untuk menembak, seperti Battlefield atau Call of Duty. Nah, gaming mouse FPS biasanya memiliki sniper button yang menyelipkan tombol khusus di bawah ibu jari. Tugasnya untuk memperlambat pergerakan mouse Anda sehingga dapat mengeker musuh dengan akurat.


Di sisi lain, Anda perlu mengeluarkan jurus-jurus untuk mengalahkan musuh saat main DotA atau game MMO lainnya. Gaming mouse MMO biasanya dilengkapi numpad tambahan di bagian samping untuk menjadi shortcut jurus-jurus ataupun item dari hero Anda. Jika Anda tipe yang tidak ingin repot dalam memilih mouse, Anda bisa memakai mouse serbaguna untuk semua game.

③ Pilih bentuk dan grip mouse yang nyaman di tangan

Pilih bentuk dan grip mouse yang nyaman di tangan

Pilihlah tipe mouse yang nyaman dan sesuai dengan gaya bermain Anda. Ada tiga tipe cara memegang mouse (grip) yang umum, yakni palm, fingertips, dan claw. Berikut penjelasan singkatnya.


  • Palm: memegang mouse dengan seluruh telapak tangan menempel di mouse
  • Fingertips: jari-jari tangan Anda sedikit diangkat
  • Claw: hanya memegang mouse dengan ujung jari-jari tangan tanpa telapak tangan menyentuhnya sedikit pun

Pada umumnya, ukuran mouse yang pas adalah sekitar 60–70% dari lebar dan panjang tangan Anda. Untuk Anda yang bertipe palm grip, pilihlah mouse yang lebih presisi. Sementara itu, tipe fingertips dan claw grip pilihannya lebih beragam.


Soal tampilannya, gaming mouse Logitech G memiliki desain elegan, modern, dan ringan. Warnanya dominan hitam atau putih dengan RGB (red, green, blue) lighting warna-warni. Meskipun sedang memfokuskan pengembangan pada produk wireless, Logitech G tetap memiliki gaming mouse kabel dengan kualitas yang bagus.

10 Rekomendasi gaming mouse Logitech terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming mouse Logitech terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Logitech

G102 LIGHTSYNC

Logitech G102 LIGHTSYNC 1枚目

Harganya affordable dengan beragam fitur gaming

2

Logitech

G300s

Logitech  G300s 1枚目

Tombol tambahannya mudah dipelajari untuk pemula

3

Logitech

G304 LIGHTSPEED Wireless Gaming Mouse

Logitech G304 LIGHTSPEED Wireless Gaming Mouse 1枚目

Baterainya bisa tahan hingga 250 jam, lho!

4

Logitech

G402 Hyperion Fury

Logitech G402 Hyperion Fury 1枚目

Membidik musuh lebih cepat dengan Hyperion Fury

5

Logitech

G403 HERO Gaming Mouse

Logitech G403 HERO Gaming Mouse 1枚目

Desainnya kukuh untuk Anda yang bertangan besar

6

Logitech

G PRO X SUPERLIGHT Wireless Gaming Mouse

Logitech  G PRO X SUPERLIGHT Wireless Gaming Mouse 1枚目

Performanya gesit untuk para atlet e-sport

7

Logitech

G903 HERO Lightspeed Mouse Gaming

Logitech G903 HERO Lightspeed Mouse Gaming 1枚目

Mouse yang praktis, fleksibel, dan lebih awet

8

Logitech

G703 LIGHTSPEED Wireless Gaming Mouse

Logitech  G703 LIGHTSPEED Wireless Gaming Mouse 1枚目

Betah main game berlama-lama dengan pegangan karet

9

Logitech

G502 X Gaming Mouse

Logitech G502 X Gaming Mouse  1枚目

Ada fitur khusus untuk mengatur gerakan kursor agar lebih fleksibel

10

Logitech

G705 Wireless Gaming Mouse

Logitech G705 Wireless Gaming Mouse 1枚目

Tangan kecil Anda bebas kram saat bermain lama

Perincian produk
Close
No.1

LogitechG102 LIGHTSYNC

Mulai dari Rp309.000,00

Harganya affordable dengan beragam fitur gaming

Kelebihan:

  • Pengaturan pencahayaan RGB-nya mudah dan fleksibel
  • Tombolnya kukuh sehingga lebih awet

Kekurangan:

  • Desainnya terlalu konvensional sebagai gaming mouse
  • Kabel mouse mudah kusut, perlu disimpan dengan baik

Logitech juga menyediakan gaming mouse dengan harga terjangkau, lho! Jika Anda mencari mouse tersebut, produk ini bisa menjadi jawabannya. Meski memiliki harga yang lebih ekonomis, gaming mouse Logitech G102 sudah dilengkapi fitur gaming yang bersaing.


Pertama, ada fitur LIGHTSYNC agar Anda dapat mengatur sistem pencahayaan yang ada di mouse. Anda juga bisa memilih DPI speed sesuai dengan kebutuhan gaming, dari 400, 800, 1,600, hingga 3.200. Terakhir, sensor yang digunakan mouse ini dapat bekerja dengan baik di hampir seluruh permukaan meja. Asalkan permukaan mejanya datar, Anda tidak perlu menggunakan mousepad.

No.2

Tombol tambahannya mudah dipelajari untuk pemula

Kelebihan:

  • Ambidextrous design untuk pemain kidal dan kinan
  • Direkomendasikan untuk memainkan game FPS

 

Kekurangan:

  • Kabelnya cukup panjang sehingga dapat mengganggu saat gaming

Apakah Anda seorang gamer yang sedang mempelajari tombol-tombol tambahan yang ada di gaming mouse? Jika iya, produk ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk Anda coba. Gaming mouse Logitech G300s memiliki sembilan tombol tambahan yang mudah dijangkau dan diingat oleh jari-jari Anda.


Sistem pengaturan tombol melalui aplikasinya mudah dipelajari, bahkan untuk pemula. Fitur-fitur gaming dari produk ini juga dapat diandalkan. Anda bisa meningkatkan skill bermain game dengan mouse ini.

No.3

LogitechG304 LIGHTSPEED Wireless Gaming Mouse

Mulai dari Rp599.000,00

Baterainya bisa tahan hingga 250 jam, lho!

Kelebihan:

  • Bobotnya ringan
  • Harganya cukup terjangkau dengan performa yang ditawarkan

Kekurangan:

  • Desainnya monoton untuk gaming mouse

Gaming mouse Logitech G304 merupakan wireless gaming mouse dengan tingkat ketahanan baterai yang powerful. Produk ini menggunakan satu baterai AA yang dayanya dapat bertahan hingga 250 jam.


Tidak sampai di situ, ada juga pengaturan yang memungkinkan baterainya bertahan hingga 9 bulan. Anda bahkan tidak akan dikagetkan dengan baterai yang habis karena ada sensor yang menginformasikan sisa dayanya.

No.4

LogitechG402 Hyperion Fury

Mulai dari Rp509.000,00

Membidik musuh lebih cepat dengan Hyperion Fury

Kelebihan:

  • Built quality-nya sangat bagus

  • Ada sniper button khusus untuk game FPS


        Kekurangan:

        • Ada review yang menyebutkan bahwa kabelnya agak kaku

        Bila Anda butuh rekomendasi gaming mouse Logitech terbaik untuk game FPS, pilih produk ini. Selain sniper button, mouse ini diberi teknologi sensor yang canggih untuk permainan cepat. Fitur yang dimaksud adalah Hyperion Fury yang memadukan teknologi Logitech Delta Zero dan sensor hybrid Fusion Engine. Dengan gaming mouse Logitech G402, Anda dapat bergerak dan menembak lawan lebih cepat.

        No.5

        LogitechG403 HERO Gaming Mouse

        Mulai dari Rp679.000,00

        Desainnya kukuh untuk Anda yang bertangan besar

        Kelebihan:

        • Kualitas sensor bagus, bisa digunakan untuk turnamen
        • Kostumisasi RGB lighting-nya indah

        Kekurangan:

        • Tombolnya sedikit, tidak direkomendasikan untuk bermain game MMO

        Gaming mouse Logitech G403 HERO memiliki bentuk yang cukup besar. Oleh karenanya, kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang memiliki tangan berukuran besar juga. Tidak hanya itu, konstruksinya pun kukuh dengan akurasi sensor yang tinggi sehingga minim lagging. Berkat bentuk dan fiturnya, Anda akan makin enjoy bermain game dengan menggunakan mouse ini.

        No.6

        Logitech G PRO X SUPERLIGHT Wireless Gaming Mouse

        Mulai dari Rp2.399.000,00

        Performanya gesit untuk para atlet e-sport

        Kelebihan:

        • Built quality dari mouse sangat bagus

        Kekurangan:

        • Hanya ada dua tombol di samping, kurang cocok untuk MMO

        Anda ingin merasakan sensasi menjadi atlet e-sport? Kalau begitu, gaming mouse Logitech G Pro X SUPERLIGHT kami rekomendasikan untuk Anda. Produk ini adalah mouse yang ringan dengan tingkat presisi yang tinggi. Anda tidak akan kesulitan menggerakkannya dengan cepat. Dengan tingkat akurasi yang tinggi dari sensornya, mouse ini akan menuntun Anda dari kemenangan satu ke kemenangan lainnya.

        No.7

        LogitechG903 HERO Lightspeed Mouse Gaming

        Mulai dari Rp1.759.000,00

        Mouse yang praktis, fleksibel, dan lebih awet

        Kelebihan:

        • Bisa digunakan untuk gamer kidal ataupun kinan
        • Bobotnya ringan, menggerakkan mouse lebih halus

        Kekurangan:

        • Tidak ada tempat penyimpanan dongle

        Produk ini dapat dipilih bila Anda mencari wireless gaming mouse yang praktis, tahan lama, dan tidak butuh bujet tambahan. Anda cukup mengecasnya saat dayanya habis sehingga tidak perlu terus membeli baterai.


        Tingkat ketahanan baterainya juga luar biasa. Sekali full charging, produk ini bisa digunakan selama 140–180 jam! Karena itu, Anda tidak perlu khawatir baterainya habis saat gaming. Keunggulan lain gaming mouse Logitech G903 adalah diberi desain ambidekstrus sehingga dapat digunakan untuk pengguna bertangan kidal.

        No.8

        Logitech G703 LIGHTSPEED Wireless Gaming Mouse

        Mulai dari Rp1.549.000,00

        Betah main game berlama-lama dengan pegangan karet

        Kelebihan:

        • Sensor yang digunakan akurat untuk gaming

        Kekurangan:

        • Bentuknya bulky, kurang cocok untuk pemain bertangan kecil

        Apakah Anda sering menghabiskan waktu berjam-jam dengan gaming? Agar bermain game jadi makin seru, Anda bisa mempertimbangkan produk ini. gaming mouse Logitech G703 memiliki pegangan karet di sisi kiri dan kanannya.


        Bobot produk ini pun tergolong ringan. Perpaduan fitur-fiturnya menghadirkan kenyamanan saat Anda menggunakan mouse dalam waktu yang lama. Performanya untuk gaming juga tidak main-main. Ini adalah wireless gaming mouse Logitech yang responsif dan akurat!

        No.9

        LogitechG502 X Gaming Mouse

        Mulai dari Rp1.149.000,00

        Ada fitur khusus untuk mengatur gerakan kursor agar lebih fleksibel

        Kelebihan:

        • Daya tahan baterai mouse cukup awet
        • Ada sniper button khusus untuk game FPS


        Kekurangan:

        • Ukurannya besar, kurang direkomendasikan untuk Anda yang bertangan kecil

        Salah satu keunggulan dari gaming mouse Logitech HERO G502 X adalah dilengkapi dual-mode scroll wheel. Dengan fitur ini, Anda tidak hanya bisa scrolling secara vertikal, tetapi juga horizontal. Selain FPS, produk ini cocok untuk bermain game dengan genre open world. Contoh beberapa game tersebut adalah Elden Ring dan Cyberpunk 2077.

        No.10

        LogitechG705 Wireless Gaming Mouse

        Mulai dari Rp1.549.000,00

        Tangan kecil Anda bebas kram saat bermain lama

        Kelebihan:

        • Praktis dibawa dan nyaman untuk gaming yang lama

        • RGB lighting-nya mudah untuk dikostumisasi


        Kekurangan:

        • Daya tahan baterainya cukup pendek


        Bila Anda butuh rekomendasi gaming mouse Logitech terbaik untuk gamer dengan tangan berukuran kecil, pertimbangkan produk ini. Gaming mouse Logitech G705 memang didesain ergonomis agar nyaman untuk pengguna bertangan kecil.


        Desainnya yang ringkas dengan thumb rest berlekuk membuat jari-jari Anda bebas kram meski bermain game dalam waktu yang lama. Selain itu, ukuran yang kecil membuat gaming mouse wireless Logitech ini lebih praktis untuk dibawa-bawa.

        Baca juga rekomendasi perlengkapan gaming lainnya di sini

        Untuk menambah keseruan saat bermain game, ada beberapa perlengkapan yang perlu Anda miliki, seperti headset, mousepad, dan kursi gaming. Klik tautan-tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi seputar perlengkapan gaming terbaik dari kami!

        Kesimpulan

        Menggunakan mouse yang tepat akan meningkatkan performa dan keseruan saat gaming. Melalui artikel ini, kami telah mengulas tips memilih serta rekomendasi mouse gaming Logitech terbaik. Apakah Anda telah menemukan produk yang dibutuhkan?


        Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, seperti teknologi terbaru, desain yang keren, dan harga yang masuk akal. Yang tak kalah penting adalah memilih mouse ternyaman dan sesuai dengan gaya permainan Anda. Semoga ulasan kami ini membantu Anda!

        Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
        Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

        Artikel terkait

        Artikel populer

        Favlist populer