• 10 Rekomendasi Rompi Motor Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Rompi Motor Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Rompi Motor Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Rompi Motor Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Rompi Motor Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Rompi Motor Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Mengendarai motor tanpa pelindung dada dapat membuat dada Anda mendapat tekanan udara dari luar. Adanya tekanan ini bisa membuat pernapasan terganggu dan meningkatkan risiko penyakit pernapasan. Karena itu, sudah selayaknya Anda membeli rompi motor antiangin yang bagus, apalagi bila Anda hobi touring. Sekarang sudah banyak rompi biker yang bahannya tebal, desainnya keren, serta antiangin. 


Di artikel ini, kami akan memberikan cara memilih rompi motor terbaik sekaligus merekomendasikan beberapa produknya. Rompi merek Arei, Eiger, dan Kalibre adalah beberapa contoh produk yang akan kami bahas. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Manfaat menggunakan rompi motor

Manfaat menggunakan rompi motor

Mungkin banyak di antara Anda yang masih menganggap rompi motor tidak penting saat berkendara. Namun, tahukah Anda bahwa rompi motor dapat membawa banyak manfaat yang tak Anda sadari? Untuk itu, silakan simak penjelasan mengenai manfaat rompi motor berikut ini.


  1. Melindungi tubuh dari terpaan angin. Satu atau dua kali berkendara mungkin tak akan terasa efek angin yang menerpa badan. Padahal, terpaan angin yang berlebih dapat membuka pintu untuk berbagai penyakit. Tak hanya masuk angin, asma dan paru-paru basah pun bisa menghampiri. Memakai rompi motor setidaknya dapat meminimalkan risiko tersebut.
  2. Sebagai filter polusi. Tak hanya masker, rompi ternyata juga bisa menamengi tubuh kita dari serangan debu dan polusi. Jangan Anda sangka polusi yang mengenai badan kita tak akan berbahaya. Beberapa risiko seperti menurunnya kadar oksigen dalam tubuh hingga penurunan fungsi otak pun dapat mengancam.
  3. Melindungi dari cuaca ekstrem. Cuaca saat berkendara motor tentu tak selamanya cerah. Dengan menggunakan rompi motor dengan benar, cuaca dingin dan hujan pun dapat Anda terobos.
  4. Meminimalkan risiko kecelakaan. Dalam berkendara tentu risiko kecelakaan menjadi salah satu yang paling Anda hindari. Bagaimana tidak, cedera tubuh bisa terjadi akibat kecelakaan. Untuk meminimalkan risiko cedera tersebut, penggunaan rompi motor yang berkualitas sangatlah kami sarankan.
  5. Penunjang gaya. Bagi sebagian orang tentu poin ini begitu penting. Jika Anda gengsi memakai rompi motor dengan desain membosankan, cobalah tengok rekomendasi produk yang telah kami siapkan. Ada sepuluh rompi motor terbaik yang pastinya dapat menunjang penampilan berkendara Anda.

Cara memilih rompi motor untuk pria

Rompi motor berfungsi untuk menahan terpaan angin, menjaga panas tubuh selama touring, serta melindungi organ vital bagian perut, dada, dan bahu jika terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam memilih rompi motor, mulai dari jenisnya, bahannya, hingga kelebihan lain yang ditawarkan.

Ketahui jenis-jenis rompi motor

Dua faktor utama yang harus Anda perhatikan saat memilih rompi motor adalah jenisnya dan kemampuannya untuk melindungi Anda. Setidaknya ada empat jenis rompi motor dengan gaya dan kelebihan berbeda yang bisa Anda pilih. Simak penjelasan berikut ini.

Body protector: Memberikan perlindungan lebih baik dari rompi motor lainnya

Body protector: Memberikan perlindungan lebih baik dari rompi motor lainnya

Rompi jenis body protector mampu memberikan perlindungan yang lebih baik. Perlindungan yang diberikan juga mendetail, bahkan bisa melindungi tulang belakang. Beberapa produk dilengkapi dengan foam sebagai perlindungan ekstra. Namun, dari segi penampilan, rompi motor ini terlalu kaku dan lebih cocok untuk biker profesional.


Meskipun rompi body protector tebal dan cenderung kaku, beberapa produsen menggunakan bahan yang breathable. Anda pun tak perlu khawatir akan merasa kegerahan. Anda juga masih bisa menambahkan jaket di luar rompi, kok. Dengan begitu, perlindungan yang Anda dapat pun jadi lebih maksimal.

Dayride: Rompi bergaya kasual untuk berkendara sehari-hari

Dayride adalah rompi yang digunakan untuk berkendara sehari-hari. Rompi ini lebih mengutamakan keseimbangan antara proteksi dan kenyamanan penggunanya. Dari segi desainnya, rompi dayride lebih kasual dibandingkan body protector. Anda juga bisa menggunakannya untuk nongkrong atau jalan-jalan.


Rompi motor model dayride juga ada yang desainnya lebih sporty dan bisa digunakan untuk kegiatan outdoor. Biasanya produk tersebut terbuat dari bahan poliester yang tebal dan mampu menahan panas dengan baik. Jika Anda merasa rompi body protector terlalu kaku, pilihlah rompi dayride.

Pilih bahan rompi yang kuat, tebal, dan sirkulasi udaranya baik

Setiap bahan rompi tentunya memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, jika Anda diminta untuk memilih rompi dengan bahan terbaik, pilihlah yang kuat, tebal, dan sirkulasi udaranya baik. Rompi yang kuat bisa melindungi Anda saat terjadi benturan, sedangkan ketebalannya bisa menahan terpaan angin dari arah depan. Sementara itu, agar nyaman dipakai, sirkulasi udaranya harus baik.

Rompi kulit: Bahannya tebal dan kuat, tetapi agak gerah saat dipakai

Rompi kulit: Bahannya tebal dan kuat, tetapi agak gerah saat dipakai

Rompi kulit memang identik dengan komunitas biker, baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Anda akan terlihat garang saat memakai rompi motor berbahan kulit. Bahannya kuat, awet, serta bisa melindungi Anda dari gesekan-gesekan ringan dan udara dingin.


Tak bisa dipungkiri bahwa rompi motor berbahan kulit dijual dengan harga yang lebih tinggi dari jenis lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak produsen yang membuat rompi motor dari kulit sintetis. Selain harganya yang tinggi, rompi kulit juga lebih gerah saat dipakai dalam jangka waktu lama karena sirkulasi udaranya kurang baik.

Poliester: Awet dan optimal menangkal angin

Bahan poliester memang bisa dibilang serba bisa. Buktinya, rompi motor pun bayak yang menggunakan bahan ini. Bahan poliester yang banyak digunakan untuk rompi motor antara lain taslan dan dinir 600D.


Selain karena lebih ekonomis, bahan poliester juga dinilai awet dan cukup kuat. Selain itu, dari segi perawatannya pun lebih mudah. Bagi Anda yang sensitif terhadap angin dingin, kami sarankan untuk memilih rompi motor berbahan ini. Pasalnya, rompi poliester cenderung lebih kebal terhadap angin.

Denim dan katun: Lebih stylish sekaligus bisa dipakai untuk nongkrong

Denim dan katun: Lebih stylish sekaligus bisa dipakai untuk nongkrong

Jika Anda mencari rompi motor yang bisa dipakai untuk nongkrong bersama teman-teman komunitas, rompi denim dan katun bisa Anda pilih. Selain gayanya yang trendi, rompi ini bisa dipadukan dengan outfit kasual lainnya. Bonusnya, Anda akan terlihat awet muda saat menggunakan rompi denim dan katun. Bahan katun yang paling sering dijadikan rompi motor adalah katun twill


Kelemahan rompi denim dan kain adalah jika basah akan lebih berat karena bahannya sangat menyerap air atau keringat. Selain itu, perlindungannya juga tidak begitu baik jika dibandingkan dengan body protector atau rompi poliester. Jika Anda mengutamakan penampilan atau membutuhkan rompi untuk riding santai, rompi berbahan ini adalah pilihan yang tepat.

Parasut: Ringan dan tahan air

Parasut: Ringan dan tahan air

Dalam bahasa pabrik, parasut sering juga disebut dengan istilah tafetta. Bahan ini dikenal dari karakternya yang tipis dan ringan. Hal itu menjadikan bahan parasut cocok dijadikan lapisan untuk rompi motor. Selain itu, bahan parasut juga tahan air. Namun, air yang dimaksud adalah air yang mengalir dengan debit yang kecil. Jadi, jika saat berkendara terjadi hujan deras, Anda tetap harus memakai jas hujan, ya.

Perhatikan kualitas dan jenis ritsleting yang dimiliki rompi tersebut

Perhatikan kualitas dan jenis ritsleting yang dimiliki rompi tersebut

Rompi motor ada yang memiliki ritsleting, ada yang dilengkapi tali untuk mengatur kekencangannya, dan ada yang tidak memiliki keduanya. Saat memilih rompi motor, bayangkan bahwa Anda akan mengendarai motor di siang hari yang panas atau malam hari yang dingin. Cuaca yang tak menentu juga bisa menjadi faktor penghalang. Karena hal-hal tersebut, pilihlah rompi motor yang mudah dilepas atau dikendurkan.


Rompi motor dengan ritsleting di bagian depan akan lebih nyaman digunakan saat cuaca sedang panas karena ritsletingnya bisa dibuka sebagian. Saat malam hari, Anda bisa menutupnya hingga rapat. Pastikan ritsletingnya berkualitas bagus, tidak macet, dan tidak gampang rusak

Pertimbangkan kelebihan lain yang ditawarkan

Selain beberapa aspek utama di atas, ada juga beberapa hal yang tak boleh luput saat memilih rompi motor. Meski bukan aspek yang primer, beberapa poin berikut ini akan sangat membantu apabila ada di rompi motor Anda.

Cek apakah rompi Anda antiangin dan memiliki reflektor cahaya

Cek apakah rompi Anda antiangin dan memiliki reflektor cahaya

Salah satu fungsi utama rompi motor adalah melindungi dada Anda dari angin, terutama angin malam yang tidak baik bagi tubuh. Oleh karena itu Anda harus memakainya dengan rapat saat berkendara, terutama di malam hari. Usahakan memilih rompi motor yang memiliki fitur antiangin. Perjalanan jarak jauh Anda akan lebih aman.


Selain antiangin, ada beberapa jenis rompi yang menambahkan reflektor cahaya di bagian belakang atau pundak. Tujuannya untuk memantulkan cahaya saat malam hari sehingga motor Anda lebih terlihat oleh pengendara lain. Jika Anda ingin touring di malam hari, sebaiknya menggunakan rompi yang memiliki reflektor cahaya. Ada juga fitur tambahan seperti waterproof yang akan melindungi Anda dari hujan ringan. 

Pastikan jumlah saku dan kompartemennya mencukupi kebutuhan

Satu aspek yang tak kalah penting dari rompi motor adalah kompartemen yang tersedia. Dapat berupa saku atau kantong, kompartemen ini berguna untuk menyimpan barang-barang kecil saat berkendara. Misalnya saja kunci motor, tiket parkir atau uang receh. Akan sangat praktis jika Anda dapat menyimpannya dalam kantong rompi.


Atau saat Anda malas membawa tas, kompartemen pada rompi akan sangat menolong untuk menaruh dompet dan ponsel. Untuk itu, pilih rompi dengan jumlah kantong yang sesuai kebutuhan Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi rompi motor terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rompi motor terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisDayride
BahanPremium soft layer denim
Jumlah kantong5
Kelebihan lainReflektor cahaya
9
JenisBody protector
BahanPoly cordura
Jumlah kantong3
Kelebihan lainReflektor cahaya
8

MalfianRompi Riding Kulit Sintetis

GDF-ROM.022

Mulai dari Rp 190.000,00

JenisDayride
BahanKulit sintetis
Jumlah kantong4
Kelebihan lainWaterproof, windproof
7
JenisDayride
BahanKatun twill
Jumlah kantong6
Kelebihan lainTidak disebutkan
6
JenisBody protector
BahanPoliester (dinir 600D), foam, furing spunbon
Jumlah kantongBeberapa
Kelebihan lainWindproof
5

EpidemicVest Black Parker

Mulai dari Rp 375.000,00

JenisDayride
BahanParasut antiair, mesh
Jumlah kantong9
Kelebihan lainWaterproof
4

KremlinVest Tactical Techwear Black - Dark Tech

Mulai dari Rp 600.000,00

JenisDayride
BahanPoliester (taslan)
Jumlah kantong10
Kelebihan lainWindproof, waterproof, reflektor cahaya
3
JenisDayride
BahanPoliester, nilon (inner)
Jumlah kantong3
Kelebihan lainWaterproof
2
JenisDayride
BahanPoliester
Jumlah kantong3
Kelebihan lainWindproof, waterproof, aksen reflektif
1
JenisBody protector
BahanPolipropilena (50%), polietilena (25%), poliester (17%), bahan lain (8%)
Jumlah kantongTidak disebutkan
Kelebihan lainWindproof, water repellent

Tabel perbandingan produk rompi motor terbaik

Gambar produk
1
Scoyco Body Protector 1

Scoyco

2
Eiger Joe Dirt 1.1 Vest 1

Eiger

3
Arei Rompi Coser 1

Arei

4
Kremlin Vest Tactical Techwear Black - Dark Tech 1

Kremlin

5
Epidemic Vest Black Parker 1

Epidemic

6
Funcover Rompi 2 Sisi 1

Funcover

7
Geoff Vesta Green Army 1

Geoff

8
Malfian Rompi Riding Kulit Sintetis 1

Malfian

9
Kalibre  Hyper Driver 03 1

Kalibre

10
Contin Motosport Reign Denim 1

Contin Motosport

Nama produk

Body Protector

Joe Dirt 1.1 Vest

Rompi Coser

Vest Tactical Techwear Black - Dark Tech

Vest Black Parker

Rompi 2 Sisi

Vesta Green Army

Rompi Riding Kulit Sintetis

Hyper Driver 03

Reign Denim

Keunggulan

Perlindungan optimal untuk adventure motorcross

Hoodeie-nya dapat dilepas dan bahannya ramah lingkungan!

Kombinasi poliester dan nilon yang kompak menghangatkan tubuh saat berkendara

Tampak ringan di luar, terasa hangat di dalam

Aksen jalanya membuat penampilan tampak eksentrik dan maskulin!

Dilengkapi strap untuk mengubah ukuran sesuai tubuh Anda

Rompi nyaman berbahan katun untuk berkendara santai

Gagah berkendara dengan rompi kulit yang tahan lama

Bahan poly cordura tebal melindungi Anda dengan maksimal

Nyaman dipakai dan fashionable

Harga mulai dariRp 520.000,00Rp 549.000,00Rp 299.000,00Rp 600.000,00Rp 375.000,00Rp 70.000,00Rp 350.000,00Rp 190.000,00Rp 325.000,00Rp 338.000,00
JenisBody protectorDayrideDayrideDayrideDayrideBody protectorDayrideDayrideBody protectorDayride
BahanPolipropilena (50%), polietilena (25%), poliester (17%), bahan lain (8%)PoliesterPoliester, nilon (inner)Poliester (taslan)Parasut antiair, meshPoliester (dinir 600D), foam, furing spunbonKatun twillKulit sintetisPoly corduraPremium soft layer denim
Jumlah kantongTidak disebutkan33109Beberapa6435
Kelebihan lainWindproof, water repellentWindproof, waterproof, aksen reflektifWaterproofWindproof, waterproof, reflektor cahayaWaterproof WindproofTidak disebutkanWaterproof, windproofReflektor cahayaReflektor cahaya
Tautan produk

Baca juga rekomendasi aksesori motor lainnya di sini

Untuk melakukan touring, tak hanya motor yang harus siap, tetapi pengendaranya juga. Oleh karena itu, Anda harus membekali diri dengan perlengkapan yang tepat, misalnya helm, sepatu touring, atau sarung tangan motor. Klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi seputar perlengkapan motor.

Kesimpulan

Rompi motor adalah produk yang wajib dimiliki jika Anda beraktivitas menggunakan motor sehari-hari. Mengendarai motor tanpa rompi atau pelindung dada akan berdampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang. Rompi motor bisa melindungi Anda dari angin, menahan saat ada benturan, hingga membuat Anda lebih hangat saat hujan turun. 


Saat memilih rompi motor, sesuaikan dengan gaya berkendara dan kemampuannya untuk melindungi Anda. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memilih rompi motor!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sedia payung sebelum hujan, begitulah kata pepatah. Namun, bagaimana jika Anda mengendarai motor atau sepeda? Mantel atau jas hujan tentu menjadi barang yang lebih tepat untuk dipakai. Baik model ponco maupun setelan, jas hujan dianggap lebih mampu menghalau air hujan dan mencegah pakaian agar tak basah. Ada berbagai macam merek jas hujan yang bagus, seperti Respiro, Axio, hingga EIGER. Kali ini, kami akan memberikan review produk jas hujan terbaik yang hadir dalam berbagai harga. Sebelum itu, kami akan menjelaskan juga cara memilihnya. Simak hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Walkie talkie dan handy talky sering digunakan sebagai alat komunikasi dalam sejumlah kegiatan. Kedua alat komunikasi ini dijadikan pilihan karena mudah digunakan. Selain itu, walkie talkie dan handy talky dapat dioperasikan tanpa pulsa dan internet sehingga lebih hemat biaya operasional.Di pasaran Anda akan menemukan berbagai merek walkie talkie dan handy talky yang bagus, seperti Motorola, Xiaomi, dan Baofeng. Agar Anda tidak kebingungan saat memilih, kami akan memberikan tips memilih walkie talkie dan handy talky. Tak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cooler box adalah perlengkapan yang wajib ada untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman saat piknik atau berkemah. Anda bisa menyimpan bahan makanan, minuman, buah-buahan, dan ikan agar tetap segar. Banyaknya pilihan cooler box yang bagus di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung. Namun, Anda tidak perlu khawatir.Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih cooler box untuk beragam kebutuhan Anda. Tak lupa, kami juga akan mengulas berbagai merek cooler box terbaik, seperti Rubbermaid, LION STAR, IGLOO, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel ini terus, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Sekarang banyak merek outdoor gear memproduksi carrier yang bagus, seperti EIGER, Consina, dan Arei. Mereka juga memproduksi tas carrier wanita. Tidak hanya itu, harga tas carrier sangat bervariasi, ada yang murah, ada juga yang mahal.Sesuaikanlah kapasitas carrier dengan lama perjalanan Anda. Untuk perjalanan 1–2 hari, gunakanlah tas carrier 35 liter hingga 50 liter. Tas carrier 60 liter dan 70 liter untuk perjalanan 3–5 hari. Sementara itu, carrier 80 liter ke atas untuk perjalanan yang lebih lama. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ice pack adalah pengganti es batu yang bermanfaat untuk Anda yang sering menyimpan sesuatu pada cooler bag atau cooler box. Di pasaran, terdapat beragam merek ice pack, mulai dari Gabag, KIS, dan lainnya. Hal ini mungkin saja membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk Anda yang sedang mencari produk ice pack, artikel ini jangan sampai Anda lewatkan. Simak cara memilih ice pack yang tepat dan rekomendasi produknya di bawah ini. Gunakanlah artikel ini sebagai referensi untuk menemukan ice pack yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Pompa Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Angin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa angin adalah item yang digunakan untuk mengisi angin pada ban sepeda, kolam renang mini, pelampung, dan lain-lain. Pompa angin sendiri ada berbagai jenis, mulai dari yang portabel, manual, hingga memiliki beberapa katup berbeda. Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara memilih pompa angin yang bagus?Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi pompa angin terbaik seperti merek United dan Wheel Up. Tidak lupa kami juga akan memberitahukan cara memilih pompa angin yang tepat untuk Anda. Jadi, pastikan Anda membaca artikel kami sampai selesai, ya!
    Perlengkapan outdoor
  • 10 Rekomendasi Kompor Kayu Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Kayu Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda sering berkemah atau mengikuti kegiatan outdoor, pasti sudah tidak asing dengan kompor kayu. Terdapat berbagai macam tipe kompor kayu yang dapat Anda temukan. Ada yang dapat digunakan untuk memanggang di atasnya, sampai ada yang mudah dibawa ke mana saja. Kali ini, kami akan membantu Anda memilih kompor kayu yang tepat sesuai kebutuhan. Simak poin-poin penting pemilihannya di bawah ini. Selain itu, cek juga rekomendasi produk-produknya, seperti dari merek Lixada, Tomshoo, Prime, dan lainnya. Temukan kompor kayu untuk kegiatan outdoor yang cocok untuk Anda!
    Perlengkapan outdoor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori