1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Manisan Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Manisan Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Manisan Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Manisan Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Manisan Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Manisan Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Manisan Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Beberapa jenis buah hanya muncul pada musim tertentu. Supaya buah bisa disimpan dalam waktu lama, beberapa produsen biasanya mengolah buah tersebut menjadi manisan buah. Mangga, persik, cermai, dan pala merupakan beberapa jenis buah yang sering diolah menjadi manisan buah.


Anda bisa membeli manisan buah mangga, manisan buah pala, manisan buah campur, hingga manisan buah Imlek melalui situs belanja online. Kami akan memberikan review manisan buah dari merek Carica Gemilang, Frutivez, Herbavera Indonesia, dan sebagainya. Sebelum membeli, bacalah poin-poin tips memilih jenis manisan buah yang bagus dan enak di bawah ini!

Diperbaharui 09-22-2022
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa saja jenis buah yang sering dibuat menjadi manisan?

Apa saja jenis buah yang sering dibuat menjadi manisan?

Manisan buah dibuat dengan cara merendam buah-buahan ke dalam larutan gula dalam jangka waktu tertentu. Proses ini menurunkan kadar air dan meningkatkan kadar gula dalam buah sehingga menghambat pembusukan. Dengan begitu, manisan buah memiliki masa simpan yang lebih awet dan tahan lama. 


Buah-buahan yang dipilih umumnya adalah buah musiman. Buah musiman adalah buah yang hanya bisa dimakan pada waktu tertentu. Itulah sebabnya buah musiman sering dijadikan manisan buah agar dapat dinikmati kapan saja. Tergantung pada jenis manisannya, berikut adalah beberapa buah yang sering dijadikan manisan buah:


  • Untuk manisan basah, biasanya buah yang digunakan adalah jenis buah yang keras. Contohnya adalah mangga, kedondong, salak, pepaya, jambu, nangka, belimbing, bengkuang, kolang-kaling, dan sebagainya.

  • Untuk manisan kering, buah yang digunakan adalah yang bertekstur empuk. Contohnya adalah pala, plum, cermai, semangka, jambu mete, buah kundur, asam jawa, nanas, dan sebagainya.

Cara memilih manisan buah

Warna yang menarik sering menjadi daya tarik tersendiri saat memilih manisan buah. Selain itu, Anda juga tidak boleh lupa mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini sebelum membeli manisan buah di toko online.

① Kenali jenis-jenis manisan buah

Manisan buah terdiri dari berbagai macam. Namun, manisan buah sebenarnya hanya terdiri dari dua kelompok besar, yakni manisan basah dan manisan kering. Kedua jenis manisan tersebut memiliki keunikan yang berbeda. Agar Anda tidak kebingungan saat memilih manisan buah, kami akan membagikan informasi mengenai kedua jenis manisan tersebut. 

Manisan buah basah, mengandung banyak cairan dan bentuk buah tidak berubah

Manisan buah basah, mengandung banyak cairan dan bentuk buah tidak berubah

Seperti yang sudah kami jelaskan, manisan buah basah biasanya terbuat dari buah-buahan yang memiliki tekstur renyah, seperti salak, kedondong, dan kolang-kaling. Buah yang diolah menjadi manisan basah tidak melewati proses penjemuran. Hal tersebut membuat buah yang diolah menjadi manisan basah tidak banyak mengalami perubahan bentuk (terlihat seperti buah segar dan tidak keriput)


Manisan buah basah biasanya mengandung cairan. Cairan tersebut merupakan air gula yang dipakai untuk merendam buah. Namun, pihak produsen biasanya menambahkan gula dan bahan lain, contohnya vanili. Hal ini membuat cairannya lebih kental, wangi, dan manis. 


Selain itu, Anda mungkin akan menemukan manisan buah yang tidak mengandung cairan, tetapi terasa lengket saat dipegang. Manisan buah tersebut biasanya disebut manisan setengah basah atau agak basah.

Manisan buah kering, memiliki masa simpan yang lebih lama

Manisan buah kering, memiliki masa simpan yang lebih lama

Manisan buah kering biasanya memiliki tekstur kenyal dan beberapa produsen menambahkan taburan gula di bagian luarnya. Manisan buah kering dibuat dengan proses yang sama dengan manisan buah basah. Akan tetapi, manisan kering harus melewati proses penjemuran.


Proses penjemuran membuat kandungan air di dalam manisan jadi lebih sedikit. Saat kandungan air berkurang, mikroorganisme (khamir dan kapang) akan lebih sulit untuk tumbuh. Hal tersebut membuat manisan buah kering memiliki waktu simpan lebih lama dibandingkan manisan buah basah. Agar kualitas manisan buah kering terjaga dengan baik, Anda harus menyimpannya di dalam kemasan yang tertutup rapat.

② Pilih manisan buah campur atau satu jenis buah yang sesuai dengan keperluan

Pihak produsen biasanya menjual manisan buah campur dan manisan buah yang tidak campur. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memilih manisan buah yang sesuai dengan kebutuhan.

Campur, beragam buah dalam satu kemasan

Campur, beragam buah dalam satu kemasan

Anda pasti pernah melihat manisan buah yang terdiri dari beberapa jenis buah. Manisan buah jenis ini sebenarnya sama seperti manisan pada umumnya. Namun, buah-buahan di dalamnya lebih bervariasi yang biasanya terdiri dari dua jenis buah atau lebih. Oleh sebab itu, manisan buah jenis ini sering disebut manisan buah campur.


Manisan buah campur cocok untuk Anda yang ingin mencicipi beberapa jenis manisan buah dalam satu waktu. Ketika memilih manisan buah campur, Anda akan menemukan produk yang buahnya diolah secara bersamaan dan terpisah. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera pribadi.

Satu jenis, atur sendiri buah yang ingin dikonsumsi

Satu jenis, atur sendiri buah yang ingin dikonsumsi

Manisan buah campur memang menggiurkan karena Anda bisa mencicipi beragam manisan buah di dalam satu kemasan. Akan tetapi, Anda tidak bisa memilih buah apa saja yang ada di dalam kemasannya. Jika di dalam kemasannya ada buah yang kurang Anda sukai, Anda mungkin sebaiknya memilih manisan buah yang tidak campur. 

③ Periksa apakah manisan buah diberi rasa tambahan atau tidak

Periksa apakah manisan buah diberi rasa tambahan atau tidak

Saat memilih manisan buah, terutama manisan basah, Anda harus memperhatikan apakah manisan tersebut diberi bahan tambahan atau tidak. Beberapa produsen biasanya menambahkan perasa pandan, leci, dan coco pandan untuk menambah rasa pada manisan buatannya.


Selain itu, ada juga produsen yang menambahkan bumbu lain, contohnya cabai, ke dalam manisan buah yang produksinya. Apabila Anda ingin mencoba sesuatu yang baru, manisan dengan tambahan rasa atau bumbu layak untuk dicoba.

④ Perhatikan beberapa hal berikut saat membeli manisan buah secara online

Perhatikan beberapa hal berikut saat membeli manisan buah secara online

Jika biasanya Anda membeli manisan buah di pasar ataupun supermarket, saat ini Anda bisa membeli langsung dari rumah. Beragam produk manisan buah tersedia di e-commerce. Dengan membeli secara online, Anda bisa lebih mudah mencari dan menemukan berbagai varian manisan buah yang diinginkan


Meski praktis dan mudah, apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih produk manisan buah secara online?


  1. Selalu cek daya tahan dan tanggal kedaluwarsa produk, terutama untuk manisan buah jenis basah. Jika tidak ada informasi, tanyakan toko online yang bersangkutan sebelum membeli.
  2. Cek juga apakah produk memiliki izin edar P-IRT atau sudah mengantongi lisensi dari BPOM.
  3. Untuk memastikan kualitas produk dan higienitas, pilihlah manisan buah dari merek atau produsen tepercaya. Jika manisan buah adalah produk homemade dari produsen rumahan, perhatikan kualitas packaging. Kemasan plastik kedap udara, dus, atau stoples yang disegel lebih direkomendasikan.
  4. Anda bisa memesan dari toko online terdekat dari rumah. Hal ini penting untuk memastikan produk datang dalam keadaan fresh dan tanpa kerusakan. Anda juga bisa memesan kurir instan atau same day.
  5. Terakhir, pastikan juga Anda selalu membaca review atau ulasan pembeli lainnya. Para pembeli biasanya membagikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk ataupun seller.


Kami juga menyarankan Anda untuk membeli manisan buah atau produk olahan buah lainnya dari toko online tepercaya di e-commerce. Klik tautan berikut untuk melihat beberapa toko sayur dan buah online terbaik yang dapat Anda pertimbangkan.

10 Rekomendasi manisan buah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk manisan buah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Carica Gemilang

Kemasan Cup Mini

Carica Gemilang Kemasan Cup Mini 1枚目

Obati kerinduan terhadap Dieng dengan manisan carica

2

Bandar Manisan Buah

Manisan Buah Campur

Bandar Manisan Buah Manisan Buah Campur 1枚目

Kombinasi sembilan buah, bisa pilih siraman kuah manis atau pedas manis

3

Green Farm

Manisan Mangga Cabe

Green Farm Manisan Mangga Cabe 1枚目

Penggemar makanan pedas harus mencoba manisan mangga cabai!

4

Chen Liang Ji

Manisan Buah Imlek Aneka Rasa Segi 8 / Pak Chen Kuo

Chen Liang Ji  Manisan Buah Imlek Aneka Rasa Segi 8 / Pak Chen Kuo 1枚目

Rayakan Imlek 2022 dengan manisan buah campur untuk sekeluarga!

5

Chaozhou Jiaye Food

Manisan Buah Persik

Chaozhou Jiaye Food Manisan Buah Persik 1枚目

Buah manisan merah yang dikemas seperti permen, anak-anak pasti suka

6

Golden Eagle

Seedless Moi (Hua He Mei)

Golden Eagle Seedless Moi (Hua He Mei) 1枚目

Rasa asamnya masih terasa, cocok untuk yang tidak suka manis

7

Herbavera

Manisan Aloevera Mix Kolang-kaling

Herbavera Manisan Aloevera Mix Kolang-kaling 1枚目

Manisan buah campur dalam lima pilihan rasa sirop menyegarkan

8

Sindang Rasa Agro

SHU-ZEE Manisan Pala Manis

Sindang Rasa Agro SHU-ZEE Manisan Pala Manis 1枚目

Teksturnya masih terasa renyah seperti buah segar

9

Frutivez

Dehydrated Tomato Delight – Manisan Tomat

Frutivez Dehydrated Tomato Delight – Manisan Tomat 1枚目

Camilan sehat bebas gula, diet tetap bisa ngemil manisan!

10

Omaigot Snack

Manisan Cermai

Omaigot Snack Manisan Cermai 1枚目

Ukurannya kecil, dapat dijadikan pengganti permen

Perincian produk
Close
No.1

Carica GemilangKemasan Cup Mini

Mulai dari Rp16.000,00

Obati kerinduan terhadap Dieng dengan manisan carica

Carica merupakan pepaya gunung yang menjadi ciri khas dari Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo. Jika Anda sedang merindukan suasana Dieng, produk ini sepertinya bisa menjadi obat penawar yang tepat. Agar kerinduan terhadap Dieng terobati dengan maksimal, Anda bisa menyajikan produk ini dengan kentang goreng.


Carica Gemilang menyediakan dua kemasan, yakni botol kaca dan cup. Produk yang dikemas dalam cup sangat praktis sehingga cocok untuk dibawa ke mana pun dan dikonsumsi kapan saja. Selain itu, kemasan cup juga membuat Anda lebih mudah menyimpan produk ini di dalam kulkas.

No.2

Bandar Manisan BuahManisan Buah Campur

Mulai dari Rp16.000,00

Kombinasi sembilan buah, bisa pilih siraman kuah manis atau pedas manis

Ingin membeli manisan buah campur yang diberi sirop tambahan? Produk ini bisa menjadi pilihan tepat karena produsennya menyediakan dua varian kuah sirop manis ataupun sirop pedas manis. Anda bisa memilih yang sesuai dengan selera. Produk ini juga menggunakan hingga sembilan jenis buah yang memiliki rasa segar. Buah-buahan tersebut akan menyatu dengan baik bersama kuahnya.

No.3

Green FarmManisan Mangga Cabe

Mulai dari Rp17.500,00

Penggemar makanan pedas harus mencoba manisan mangga cabai!

Manisan mangga biasanya memiliki rasa manis dengan sedikit rasa asam. Namun, bagaimana jika produsen menambahkan cabai ke dalam manisan mangga buatannya? Rasa asam manis mangga yang bercampur dengan sensasi pedas cabai pasti memberikan rasa yang unik di lidah. Untuk penggemar makanan pedas, manisan mangga ini wajib dimasukkan ke dalam daftar camilan yang harus dicoba.

No.4

Chen Liang Ji Manisan Buah Imlek Aneka Rasa Segi 8 / Pak Chen Kuo

Mulai dari Rp47.000,00

Rayakan Imlek 2022 dengan manisan buah campur untuk sekeluarga!

Apakah Anda sedang mencari manisan buah untuk melengkapi perayaan khusus, seperti Imlek? Produk ini sepertinya bisa menjadi jawaban yang tepat. Produk yang dikemas dalam wadah geometri ini sudah berisi delapan jenis manisan buah.  


Anda tidak perlu khawatir rasa manisan buahnya akan tercampur karena wadah yang digunakan memiliki sekat segi delapan. Jadi, setiap anggota keluarga bisa memilih manisan yang mereka sukai saat acara berlangsung.

No.5

Chaozhou Jiaye FoodManisan Buah Persik

Mulai dari Rp20.000,00

Buah manisan merah yang dikemas seperti permen, anak-anak pasti suka

Si kecil gemar mengonsumsi manisan? Kalau begitu, coba Anda berikan manisan ini! Warna buah persik yang merah pasti mampu menarik perhatian anak-anak untuk mencicipinya. Pihak produsen juga mengemas manisan legendaris yang sering disebut "buah dewa" ini dalam bungkusan permen. 


Kemasan tersebut membuat si kecil lebih mudah untuk mengonsumsi manisan. Anda pun mudah menyimpan manisan ini ke dalam tas tanpa harus memasukkannya ke dalam wadah terlebih dahulu. Buah manisan warna merah ini juga cocok disajikan saat Imlek. Selain kemasan satuan, Anda juga bisa membeli kemasan besar 500 gram.

No.6

Golden EagleSeedless Moi (Hua He Mei)05GEK140500

Mulai dari Rp36.000,00

Rasa asamnya masih terasa, cocok untuk yang tidak suka manis

Manisan buah kering sering diberi taburan gula putih sehingga rasanya jadi tambah manis. Namun, manisan buah ini tidak lagi diberi taburan gula. Dengan demikian, Anda masih bisa merasakan sensasi asam saat menggigit buah plum hitam ini. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin mengonsumsi manisan buah, tetapi tidak menyukai rasa manis yang terlalu kuat.

No.7

HerbaveraManisan Aloevera Mix Kolang-kaling

Mulai dari Rp30.000,00

Manisan buah campur dalam lima pilihan rasa sirop menyegarkan

Manisan ini memiliki lima varian rasa, yakni leci, original, pandan, coco pandan, dan kembang telang. Hal tersebut membuat produk Herbavera berbeda dari manisan pada umumnya. Produk ini juga mengandung potongan kolang-kaling yang kenyal dan Aloe vera yang bisa membantu meredakan panas dalam.


Supaya rasanya terasa lebih segar, manisan ini sebaiknya dimasukkan ke dalam kulkas sebelum dikonsumsi. Produk ini pas untuk Anda jadikan camilan pada saat cuaca sedang panas. Aloe vera serta kolang-kaling yang lembut berpadu dengan sirop manis pasti bisa menghilangkan dahaga.

No.8

Sindang Rasa AgroSHU-ZEE Manisan Pala Manis

Mulai dari Rp13.500,00

Teksturnya masih terasa renyah seperti buah segar

Di satu sisi, Anda ingin mengonsumsi manisan buah, tetapi Anda tidak suka dengan tekstur manisan yang cenderung lembek? Jika demikian, Anda sepertinya harus mencoba produk ini. Manisan buah pala ini memiliki tekstur yang renyah sehingga masih terasa seperti buah segar. 


Manisan buah pala biasanya memiliki rasa rempah yang khas saat digigit. Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena produk ini dilengkapi dengan air gula yang mengurangi cita rasa rempahnya.

No.9

FrutivezDehydrated Tomato Delight – Manisan Tomat

Mulai dari Rp15.000,00

Camilan sehat bebas gula, diet tetap bisa ngemil manisan!

Gula yang digunakan untuk membuat manisan berperan sebagai bahan pengawet alami. Nah, Frutivez berhasil membuat manisan buah yang awet dengan proses pasteurisasi tanpa menggunakan bahan kimia dan gula tambahan. Apabila Anda mencari manisan buah yang bebas gula, pewarna, dan pengawet, produk dari Frutivez ini pilihannya!


Frutivez Fruit Strips menggunakan buah nanas dan pepaya asli yang dikenal kaya enzim, vitamin C, dan antioksidan. Rasa manisnya alami dengan kandungan nutrisi yang terjaga. Pasalnya, sebungkus Frutivez setara dengan mengonsumsi satu buah nanas dan pepaya, lho! Anda yang sedang diet tak perlu ragu menjadikannya camilan karena sudah terdapat tabel nutrisi dan kalori lengkap.

No.10

Omaigot SnackManisan Cermai

Mulai dari Rp23.000,00

Ukurannya kecil, dapat dijadikan pengganti permen

Beberapa orang biasanya mengonsumsi permen saat mata mulai terasa berat. Jika Anda tidak memiliki stok permen, kami menyarankan Anda untuk mencoba manisan buah cermai. Manisan cermai khas Cirebon ini memiliki rasa manis yang bercampur dengan rasa asam sehingga bisa membantu mengembalikan mata yang terasa berat. 


Ukuran manisan cermai ini tak jauh berbeda dengan permen. Jadi, Anda bisa memasukkan manisan ini ke dalam mulut dalam satu kali suapan. Namun, manisan buah cermai biasanya masih mengandung biji. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati saat mengunyah manisan ini.

Baca juga rekomendasi buah kering dan buah-buahan lainnya di sini

Bagaimana rekomendasi manisan buah yang kami berikan? Semoga bisa membantu Anda menemukan produk yang tepat. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai buah kering atau produk buah lainnya, kami sudah menyiapkan artikelnya di bawah. Silakan Anda klik tautan yang kami siapkan dan dapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Kesimpulan

Manisan buah yang dijual di situs e-commerce sangat beragam. Ada manisan buah basah, manisan buah kering, manisan buah campur, bahkan manisan buah dengan tambahan cabai. Dalam hal ini, Anda bisa memilih manisan buah yang sesuai dengan selera. 


Saat Anda memilih manisan buah, jangan lupa untuk memperhatikan masa simpan dan izin edarnya juga, ya! Dengan demikian, manisan buah yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik. Selamat memilih dan berbelanja.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer