• 10 Rekomendasi Perangkap Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Perangkap Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Perangkap Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Perangkap Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Perangkap Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Perangkap Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Keberadaan nyamuk tidak hanya mengganggu, tetapi juga berbahaya. Beberapa penyakit dapat ditimbulkan oleh gigitan serangga tersebut. Karena itu, Anda sebaiknya menggunakan perangkap nyamuk agar aktivitas menjadi lebih nyaman. Perangkap nyamuk bisa ditempatkan di berbagai sudut rumah, kantor, restoran, bahkan area outdoor


Kali ini kami merekomendasikan perangkap nyamuk yang bagus, ampuh, dan efektif. Anda bisa memilih produk merek Krisbow, Portoti, hingga AOKI. Ada yang elektrik tanpa asap dan ada juga yang sederhana tanpa sumber daya. Namun, pertama-tama kami akan memandu Anda untuk memahami cara memilihnya. Baca sampai tuntas, ya.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 27 Juli 2022
Daftar isi

Apa itu alat perangkap nyamuk?

Apa itu alat perangkap nyamuk?

Sesuai dengan namanya, perangkap nyamuk (mosquito trap) adalah alat untuk menjebak dan membasmi nyamuk. Perangkap ini memiliki "senjata" yang dapat menarik perhatian nyamuk, seperti sinar UV dan perangkat perilis karbon dioksida. Kemudian, nyamuk pun akan masuk ke perangkap dan mati akibat sengatan listrik atau dehidrasi karena diputar kipas.


Jika dibandingkan raket nyamuk, membasmi nyamuk dengan perangkap memang lebih pasif. Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk memerangi nyamuk-nyamuk nakal. Sebagian besar perangkap nyamuk juga memerlukan aliran listrik. Jadi, sepanjang ada sumber daya, Anda bisa menyalakannya untuk waktu yang lama

Cara memilih perangkap nyamuk

Perangkap nyamuk sangat mudah ditemukan di pasaran. Agar Anda menemukan produk yang tepat, jangan lewatkan tips memilih berikut ini. Simak pembahasannya, yuk!

Ketahui jebakan yang dipakai untuk membasmi nyamuk

Tiap-tiap perangkap dilengkapi senjata untuk membasmi nyamuk yang terjebak. Untuk perangkap nyamuk elektrik, senjata tersebut adalah sengatan listrik dan kipas pengisap. Mari ketahui perbedaannya.

Arus listrik, membasmi nyamuk dalam sekejap

Arus listrik, membasmi nyamuk dalam sekejap

Perangkap dengan jebakan listrik mampu membasmi nyamuk yang terjebak dengan seketika. Umumnya tegangan listrik dialirkan di pelat besi sekitar lampu. Nyamuk tidak akan mencapai lampu karena sudah tersengat aliran listrik di pelatnya. 


Interaksi antara nyamuk dan aliran listrik bisa menimbulkan bunyi. Bunyi tersebut mirip saat Anda menangkap nyamuk dengan raket listrik. Meski begitu, beberapa merek mengeklaim produk mereka bebas bunyi atau bunyinya sangat kecil.


Tidak semua nyamuk yang mati akan jatuh ke tray dari perangkap. Anda perlu membersihkan nyamuk yang menempel di pelatnya dengan kuas. Sebelum Anda membersihkan, pastikan produknya dalam keadaan mati, ya.

Kipas, mengisap nyamuk saat mendekat

Jebakan lain pada perangkap nyamuk adalah kipas pengisap. Pada jebakan ini nyamuk yang tergoda dengan pancaran sinar UV akan terisap oleh kipasnya. Jebakan ini memang tidak membunuh nyamuk dengan seketika seperti aliran listrik. Akan tetapi, metodenya tidak mengeluarkan bunyi.


Nyamuk akan terus diputar di bawah kipas yang aktif. Lama-kelamaan nyamuk akan kehabisan energi dan dehidrasi. Metode ini membutuhkan waktu untuk membuat nyamuk benar-benar mencapai keadaan tersebut. Jadi, nyamuk masih bisa kabur setelah terperangkap apabila alatnya dimatikan.


Sebelum membeli, pastikan kipas dari produk pilihan Anda mengeluarkan suara 30 dB ke bawah. Intensitas tersebut setara dengan suara bisikan.

Periksa jangkauan efektif perangkap nyamuk

Periksa jangkauan efektif perangkap nyamuk

Setiap produk memiliki jangkauan efektif yang berbeda-beda. Sesuaikanlah dengan area tempat perangkap nyamuk akan diletakkan. Beberapa produk mumpuni untuk ditaruh di kamar tidur. Sementara itu, produk lainnya bisa bekerja di ruangan yang lebih luas, bahkan area outdoor.


Produk dengan jangkauan efektif 24 m² ke bawah cukup untuk penggunaan di kamar tidur. Di sisi lain, jangkauan 60 m² ke atas bisa mencakup hampir seluruh bagian rumah


Namun, efektivitas produk dengan jangkauan 60 m² tersebut hanya maksimal di ruangan yang sama. Dengan kata lain, produknya akan bekerja lebih optimal jika diletakkan di ruangan luas. Anda bisa memilih jangkauan efektif yang lebih tinggi untuk penggunaan di area outdoor.

Cek sumber daya perangkap nyamuk

Cek sumber daya perangkap nyamuk

Perangkap nyamuk tidak harus Anda dedikasikan untuk satu ruangan. Anda bisa memindah-mindahkannya berdasarkan area yang dihuni banyak nyamuk. Syaratnya adalah terdapat sumber daya yang tersedia di area tersebut.


Perangkap nyamuk umumnya dilengkapi kabel AC yang membutuhkan stopkontak untuk bekerja. Area penggunaannya tentu terbatas. Sebaliknya, produk dengan kabel USB menawarkan fleksibilitas yang lebih baik. Selain bisa menggunakan adaptor AC, dayanya bisa disuplai dari power bank atau komputer


Portabilitas sesungguhnya bisa Anda dapatkan dari produk yang dilengkapi baterai, baik yang perlu dicas maupun tidak. Anda dapat mengaktifkannya tanpa sumber daya. Produknya bisa Anda gunakan di alam terbuka. Akan tetapi, waktu kerjanya akan terbatas, terutama untuk baterai sekunder (perlu diisi ulang).

Pertimbangkan tipe tradisional bila tak ada sumber listrik

Pertimbangkan tipe tradisional bila tak ada sumber listrik

Tidak semua perangkap nyamuk membutuhkan sumber listrik. Di lingkungan yang jauh dari pasokan daya listrik, Anda bisa memanfaatkan perangkap nyamuk tradisional. Perangkap ini banyak digunakan di area taman atau kebun.


Perlu diketahui, hanya nyamuk jantan yang biasanya berhabitat di area tersebut. Anda memang tidak langsung memberantas nyamuk betina yang mengisap darah. Akan tetapi, angka perkembangbiakannya akan turut tertekan.


Perangkap nyamuk ini bekerja dengan cara yang sederhana. Produknya menggunakan umpan alami untuk menarik nyamuk masuk ke dalam. Setelah masuk, nyamuk akan sulit keluar karena perangkapnya menggunakan sistem one-way entrance.


Tergantung pada umpan yang Anda pasang, perangkap ini justru dapat menarik serangga terbang yang lain. Nyamuk tertarik pada sari buah-buahan atau bunga, sedangkan lalat dan tawon tertarik pada protein. Produknya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai jenis serangga yang mengganggu lingkungan Anda.

10 Rekomendasi perangkap nyamuk terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk perangkap nyamuk terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 25 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa New Style Mosquito Killer memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Portoti PR-25MB yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 5 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

10

Trade GalleryYeelight 2-In-1 Mosquito Killer

Mulai dari Rp 299.000,00

JebakanListrik
Jangkauan 45 m²
Sumber dayaBaterai sekunder (bisa dicas)
Daya0,65 W
9

KrisbowPerangkap Nyamuk 2 x 15 W

10088607

Mulai dari Rp 499.900,00

JebakanListrik
Jangkauan Medium (indoor)
Sumber dayaStopkontak
Daya2 x 15 W
8

Bright CrownPerangkap Nyamuk Ringan Model Rusa

Mulai dari Rp 195.000,00

JebakanListrik
Jangkauan Tidak disebutkan
Sumber dayaTidak disebutkan
Daya5 W
7

Jaring Perangkap Jebakan Nyamuk Lalat

Mulai dari Rp 13.500,00

JebakanUmpan
Jangkauan X
Sumber dayaX
DayaX
6

TissorEkstro Mosquito Killer

T135MKT

Mulai dari Rp 469.900,00

JebakanKipas pengisap dan listrik
Jangkauan 60 m²
Sumber dayaStopkontak
Daya8 W
5

PortotiNew Inhalant Mosquito Killer

PR-25MB

Mulai dari Rp 540.000,00

JebakanAngin
Jangkauan 200 m²
Sumber dayaStopkontak
Daya4 W
4

KadonioPerangkap Nyamuk Elektrik Cas

MQ10B

Mulai dari Rp 115.000,00

JebakanListrik
Jangkauan 20–100 m²
Sumber dayaBaterai sekunder (bisa dicas)
Daya5W
3

Han RiverMosquito Killer

LKS-2019

Mulai dari Rp 199.000,00

JebakanKipas pengisap
Jangkauan Tidak disebutkan
Sumber dayaStopkontak
Daya5 W
2

AOKIPerangkap Nyamuk Elektrik LED

AK-880

Mulai dari Rp 60.500,00

JebakanKipas pengisap
Jangkauan 50–80 m²
Sumber dayaAdaptor, power bank, komputer
Daya5 W
1
JebakanListrik
Jangkauan 30 m²
Sumber dayaStopkontak
Daya3 W

Tabel perbandingan produk perangkap nyamuk terbaik

Gambar produk
1
New Style Mosquito Killer 1

New Style

2
AOKI Perangkap Nyamuk Elektrik LED 1

AOKI

3
Han River Mosquito Killer 1

Han River

4
Kadonio Perangkap Nyamuk Elektrik Cas 1

Kadonio

5
Portoti New Inhalant Mosquito Killer 1

Portoti

6
Tissor Ekstro Mosquito Killer 1

Tissor

7
Jaring Perangkap Jebakan Nyamuk Lalat 1

8
Bright Crown Perangkap Nyamuk Ringan Model Rusa 1

Bright Crown

9
Krisbow Perangkap Nyamuk 2 x 15 W 1

Krisbow

10
Trade Gallery Yeelight 2-In-1 Mosquito Killer 1

Trade Gallery

Nama produk

Mosquito Killer

Perangkap Nyamuk Elektrik LED

Mosquito Killer

Perangkap Nyamuk Elektrik Cas

New Inhalant Mosquito Killer

Ekstro Mosquito Killer

Jaring Perangkap Jebakan Nyamuk Lalat

Perangkap Nyamuk Ringan Model Rusa

Perangkap Nyamuk 2 x 15 W

Yeelight 2-In-1 Mosquito Killer

Keunggulan

Intai nyamuk dari semua sudut

Harganya murah, tak sampai tujuh puluh ribu rupiah

Mudah dilepas pasang, mudah juga dibersihkan

Nyamuk langsung mati dengan tegangan tinggi

Menghasilkan gelombang UV yang sulit ditolak nyamuk!

Basmi nyamuk dengan kipas penyedot dan listrik sekaligus!

Tak hanya nyamuk, jebak lalat juga!

Cocok untuk kamar jagoan dengan model yang menggemaskan

Nyamuk mudah dirayu dengan dua buah lampu

Raket dan perangkap nyamuk dalam satu produk!

Harga mulai dariRp 100.000,00Rp 60.500,00Rp 199.000,00Rp 115.000,00Rp 540.000,00Rp 469.900,00Rp 13.500,00Rp 195.000,00Rp 499.900,00Rp 299.000,00
JebakanListrikKipas pengisapKipas pengisapListrikAnginKipas pengisap dan listrikUmpanListrikListrikListrik
Jangkauan 30 m²50–80 m²Tidak disebutkan20–100 m²200 m²60 m²XTidak disebutkanMedium (indoor)45 m²
Sumber dayaStopkontakAdaptor, power bank, komputerStopkontakBaterai sekunder (bisa dicas)StopkontakStopkontakXTidak disebutkanStopkontakBaterai sekunder (bisa dicas)
Daya3 W5 W5 W5W4 W8 WX5 W2 x 15 W0,65 W
Tautan produk

Tips agar perangkap nyamuk bekerja optimal

Tips agar perangkap nyamuk bekerja optimal
Agar perangkap nyamuk bekerja optimal, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Mari simak tips berikut ini.


  • Tempatkan perangkap nyamuk dalam kondisi gelap
Perangkap nyamuk akan bekerja lebih efektif dalam kondisi gelap total. Usahakan tidak ada orang di ruangan yang sama saat produknya bekerja. Dengan begitu, nyamuk hanya akan tertarik pada cahaya yang dipancarkan lampu. Jika ada orang, nyamuk bisa lebih tertarik pada suhu tubuh manusia. 

  • Pertimbangkan untuk menaruh perangkap nyamuk di tempat tinggi

Menempatkan perangkap nyamuk di area yang tinggi juga meningkatkan kinerjanya. Saat digunakan di kamar tidur, Anda bisa meletakkannya di atas lemari pakaian. Namun, jika tempatnya jauh dari sumber energi, produk masih bisa diaplikasikan di atas meja.


  • Biarkan perangkap nyamuk bekerja untuk waktu yang lama

Anda bisa menggunakannya saat hari sudah mulai gelap. Membiarkannya aktif saat Anda tidur juga tidak masalah. Namun, pastikan Anda tidak masalah dengan cahaya yang dipancarkan oleh perangkap nyamuk.

Baca juga rekomendasi produk antinyamuk lainnya di sini

Adakalanya nyamuk sangat banyak meski sudah memakai perangkap nyamuk. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan produk antinyamuk lain, seperti raket nyamuk, pengusir nyamuk, dan gelang antinyamuk. Kami sudah memilihkan produk yang bagus untuk Anda. Yuk, simak ulasannya!

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan perangkap nyamuk yang menarik? Anda bisa memilih berdasarkan jebakannya, yakni listrik dan kipas pengisap. Setiap jebakan tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Anda juga bisa menggunakan perangkap nyamuk tradisional, lho.


Selain perangkap nyamuk, gunakan pula produk antinyamuk lainnya. Anda bisa mempertimbangkan raket nyamuk, tanaman antinyamuk, serta obat nyamuk. Semoga ulasan kami membantu Anda hidup lebih nyaman dan aman dari gigitan nyamuk, ya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi MCB Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi MCB Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    MCB atau miniature circuit breaker adalah alat pengaman instalasi listrik yang ada di setiap rumah hingga gedung perkantoran. Alat ini umumnya terletak berdekatan dengan kWh meter PLN. Tidak jarang dalam suatu instalasi listrik diperlukan MCB tambahan untuk membagi beban daya sekaligus pengaman ganda.Ada banyak merek MCB yang populer, seperti Schneider, ABB, Merlin Gerin, Chint, Dutron, dan lainnya. Kami akan membahas tips memilih MCB listrik rumah terbaik dan merekomendasikan berbagai merek MCB yang bagus. Ada juga ukuran MCB listrik untuk 900 watt dan 1300 watt. Simak sampai tuntas, ya!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Kunci Pintu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kunci Pintu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Keberadaan kunci pintu rumah sangatlah krusial agar rumah aman dihuni. Produk futuristis, seperti kunci pintu rumah otomatis, kunci pintu rumah digital, hingga kunci pintu rumah alarm, tersedia di pasaran. Desainnya pun variatif, ada kunci pintu rumah minimalis, modern, tanpa gagang, bulat, dan sebagainya.Cara memilih dan rekomendasi kunci pintu rumah terbaik ada dalam artikel ini. Kunci pintu rumah merek PALOMA, Dekkson, Muller, dan sebagainya, akan Anda temukan. Dengan begitu, kunci pintu rumah yang bagus pun bisa segera Anda pasang. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Endi Burhan. Yuk, disimak!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, tidak sedikit rumah yang menggunakan mesin pompa air untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Dengan pompa air, Anda tidak perlu repot lagi menimba air dari sumur sehingga lebih hemat waktu dan tenaga. Di pasaran, banyak merek dan jenis pompa air yang bagus, baik untuk sumur bor, kolam ikan, bahkan untuk irigasi di sawah.Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih mesin pompa air terbaik yang dijual secara online. Rekomendasi merek pompa air terbaik dan awet seperti Shimizu dan Panasonic dapat Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Pewangi Pakaian Downy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pewangi Pakaian Downy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun belum lama hadir di Indonesia, pewangi pakaian Downy sudah memiliki banyak penggemar. Parfum Downy memang sangat beragam dan tahan lama wanginya sehingga wajar bila disukai oleh banyak orang. Downy biru yaitu Sunrise Fresh serta Mystique atau Downy hitam merupakan dua produk yang sangat diminati. Namun, Downy tentu masih memiliki berbagai pilihan produk lain yang juga hadir dalam beragam kemasan. Anda bisa memilih Downy dalam kemasaln botol ataupun Downy sachet. Agar Anda lebih mudah menemukan pewangi Downy yang bagus, pertimbangkan cara memilih serta rekomendasi produk berikut ini. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Stella Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stella Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum ruangan sangat dibutuhkan untuk membuat ruangan yang apak dan berbau tidak sedap menjadi lebih segar. Salah satu merek pengharum ruangan yang sangat terkenal adalah Stella. Stella memiliki produk pengharum mobil, pengharum lemari, pengharum kamar mandi, dan pengharum ruangan otomatis Stella Matic.Terlebih lagi, varian Stella pengharum ruangan pun ada banyak, mulai dari Wild Flower, Japanese Sakura, Dream Island, Green Fantasy, Spring Garden, dan lainnya. Manakah Stella yang paling wangi? Di artikel ini kami akan membahas cara memilih Stella berikut berbagai varian produk Stella yang best seller. Yuk, disimak!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Pompa Submersible Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Submersible Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pompa submersible sering disebut juga dengan pompa celup. Pompa ini punya banyak jenis tergantung spesifikasi dan tujuan penggunaan. Anda bisa menggunakannya untuk akuarium, kolam, bahkan sumur bor yang dalam. Bila Anda tertarik untuk menggunakan pompa submersible, kami akan berbagi tips memilihnya kepada Anda.Tak hanya itu, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk pompa submersible dari berbagai merek yang bagus. Pompa submersible dari Shimizu, Grundfos, dan Wasser adalah beberapa contoh merek yang laris di pasaran. Semoga salah satu di antaranya cocok untuk Anda pakai!
    Kebutuhan rumah
  • 10 Rekomendasi Tirai Magnet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tirai Magnet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, menghias area pintu masuk menggunakan tirai magnet lazim digunakan. Tidak hanya memperindah ruangan, memasang tirai magnet juga berfungsi sebagai anti nyamuk. Di pasaran sendiri sudah tersedia beragam tirai magnet yang bagus dan berdesain menarik. Namun , produk manakah yang tepat untuk dipilih?Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih tirai magnet. Tidak lupa, kami sertakan juga daftar berisi rekomendasi tirai magnet terbaik. Tirai magnet kuat merek Krisbow dan produsen lainnya ada dalam artikel ini. Mari simak selengkapnya dan temukan produk yang cocok untuk Anda!
    Kebutuhan rumah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori