• 10 Rekomendasi Pembersih Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Pembersih Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Pembersih Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Pembersih Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Pembersih Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Pembersih Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kamar mandi merupakan tempat dengan bakteri terbanyak. Tak hanya kuman dan bakteri, kerak dan bau tak sedap juga kerap menjadi masalah saat membersihkan kamar mandi. Untuk itu, Anda perlu memilih pembersih kamar mandi yang bagus untuk mengatasi masalah tersebut.


Kami akan memberikan tips memilih sekaligus memberikan rekomendasi pembersih kamar mandi paling ampuh yang ada di pasaran. Beberapa merek ternama, seperti Porstex, Vixal, atau Wipol dapat menjadi pertimbangan. Temukan produk pembersih lantai kamar mandi, pembersih kerak kamar mandi, dan pembersih keramik kamar mandi yang tepat untuk Anda! 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 Juni 2022
Daftar isi

Cara memilih pembersih kamar mandi

Sebelum membeli cairan pembersih kamar mandi, Anda perlu menentukan area yang akan dibersihkan. Kemudian, Anda baru bisa menentukan poin-poin berikutnya. Apa saja poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih pembersih kamar mandi? Silakan disimak!

Sesuaikan bahan aktif berdasarkan area yang akan dibersihkan

Area dan perabot kamar mandi terdiri dari beragam material, seperti keramik, porselen, kaca, dan logam. Agar bersih secara maksimal dan tidak merusak, Anda perlu mencari produk pembersih yang sesuai dengan materialnya. 

Cairan pembersih dengan kandungan asam untuk kerak membandel

Cairan pembersih dengan kandungan asam untuk kerak membandel

Kerak membandel memang sering muncul di porselen atau keramik kamar mandi. Tentu saja adanya kerak membandel sangat mengganggu pemandangan kamar mandi. Untuk itu, Anda dapat memilih pembersih yang mengandung asam kuat, seperti HCl atau hydrochloric acid.


Cairan pembersih yang mengandung asam kuat dapat dengan mudah merontokkan kerak pada dinding dan lantai kamar mandi. Kamar mandi akan tampak lebih bersih setelahnya. Karena asam kuat bersifat korosif, sebaiknya Anda menghindari penggunaan asam kuat pada material logam.


Apabila Anda memilih cairan pembersih yang mengandung asam kuat, gunakanlah sarung tangan dan alas kaki. Hal ini untuk mencegah iritasi kulit.

Jika Anda secara khusus ingin mencari pembersih lantai atau keramik, silakan baca artikel kami yang membahas tentang itu. Klik tautan di bawah ini untuk membaca artikel selengkapnya. 

Surfaktan untuk membersihkan permukaan kaca

Surfaktan untuk membersihkan permukaan kaca

Air yang menciprati cermin atau permukaan kaca akan meninggalkan bekas jika tidak segera dibersihkan. Untuk itu, Anda membutuhkan pembersih kaca yang mengandung surfaktan, seperti linear alkylbenzene sulfonates. Zat surfaktan ini dapat mengangkat kotoran pada permukaan kaca.


Selain itu, ada juga isopropil alkohol untuk melarutkan kotoran pada kaca. Amonia juga sering digunakan sebagai pembersih kaca. Amonia menghancurkan mineral pada permukaan kaca serta membentuk lapisan agar memperlambat munculnya noda baru. Jika Anda memilih pembersih dengan amonia, jangan gunakan terlalu sering karena dapat membuat kaca berwarna kekuningan.

Kalsium karbonat untuk permukaan logam

Kalsium karbonat untuk permukaan logam

Permukaan logam juga sering terkena noda, seperti cipratan air dan sisa sabun. Keduanya membuat permukaan logam menjadi kusam. Pilihlah pembersih kamar mandi , seperti kalsium karbonat yang dapat membantu mengangkat noda membandel.


Produk pembersih stainless steel dapat berupa cairan ataupun krim. Cukup oleskan pada permukaan logam, kemudian bersihkan dengan spons atau kain.

Pembersih khusus lubang toilet yang praktis

Pembersih khusus lubang toilet yang praktis

Jika ingin fokus membersihkan kloset, Anda bisa mencari pembersih khusus kloset. Ada berbagai macam bentuk pembersih kloset, mulai dari cairan pembersih, tablet padat, hingga yang bisa dikaitkan di kloset.


Apabila Anda ingin memilih pembersih khusus lubang toilet, pilihlah produk yang tidak mengandung zat korosif. Hal ini disebabkan zat korosif akan merusak septic tank. Sebaiknya Anda memilih pembersih yang mengandung zat antibakteri saja.

Pilih pembersih kamar mandi berdasarkan bentuknya

Selain dalam bentuk cair, Anda juga bisa menemukan pembersih kamar mandi bubuk atau padat. Sebelum mencoba salah satunya, cari tahu dahulu kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Cairan, bentuk pembersih kamar mandi paling umum

Cairan, bentuk pembersih kamar mandi paling umum

Pembersih kamar mandi paling umum ditemui dalam bentuk cairan. Anda bisa menemukannya dalam wadah spray atau botol biasa. Pembersih berbentuk cairan mudah digunakan, tinggal disemprotkan atau disiramkan ke area yang ingin dibersihkan


Cairan ini umumnya berupa larutan kimia yang mampu membersihkan kotoran, noda, bahkan kerak membandel. Ada beberapa produk yang bisa langsung disikat setelah diaplikasikan. Ada pula yang harus didiamkan beberapa saat untuk membuat cairan kimianya bekerja terlebih dahulu. 

Bubuk, umumnya tidak berbau menyengat

Bubuk, umumnya tidak berbau menyengat

Saat ini, banyak orang mencari pembersih kamar mandi sitrun atau sodium percarbonate untuk membersihkan kamar mandi. Kedua bahan kimia berbentuk bubuk ini dipercaya dapat membersihkan kerak membandel pada lantai kamar mandi dan area lainnya. Namun, dibandingkan memakai kedua bahan tersebut, lebih baik Anda mencari produk yang sudah jelas izin edarnya.


Pembersih kamar mandi bubuk umumnya tidak berbau semenyengat pembersih cair. Beberapa ahli juga mengatakan jika pembersih bubuk jauh lebih minim kimia dibandingkan bentuk cair. Cara pakainya sama dengan pembersih cair, yaitu disebarkan di area yang ingin dibersihkan. Pembersih bubuk bisa langsung disikat dalam keadan kering, bisa juga dicampur dengan air terlebih dahulu. 

Tablet atau padat, biasa ditemukan pada pembersih kloset

Pembersih dalam bentuk tablet atau padat umumnya ditemukan pada pembersih kloset. Pembersih kloset berbentuk padat kebanyakan dilapisi dengan biofilm yang akan larut setelah terkena air. Kandungan ini pula yang membuat air toilet kemudian menjadi berwarna. 


Selain biofilm, pembersih kloset padat juga umumnya mengandung pemutih. Di sisi lain, kandungan kimia lain yang terdapat dalam pembersih kloset bisa membunuh kuman dan bakteri. Jadi, selain lebih bersih dan harum, kloset Anda pun bisa lebih aman dari bakteri penyebab penyakit.

Cari tahu aroma pembersih kamar mandi

Cari tahu aroma pembersih kamar mandi

Cairan pembersih kamar mandi memang sering kali memiliki aroma yang terlalu kuat dan menusuk hidung. Adanya aroma menyengat tersebut disebabkan oleh penggunaan bahan asam yang kuat.


Sekarang ini sudah mulai banyak pembersih kamar mandi dengan aroma yang lebih harum. Anda dapat menemukan pembersih kamar mandi dengan aroma buah ataupun bunga. Meski begitu, biasanya pembersih dengan aroma harum tidak memiliki kandungan asam kuat sehingga kurang cocok untuk membersihkan kerak membandel.

Tentukan merek pembersih kamar mandi berdasarkan karakteristiknya

Ada banyak sekali merek pembersih kamar mandi yang beredar di pasaran. Kami akan menjelaskan karakteristik beberapa merek yang sudah populer untuk menjadi pertimbangan Anda. 

Porstex, mengandung asam kuat yang lebih banyak

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan Porstex. Porstex merupakan cairan pembersih lantai dari Yuri. Formulanya mengandung hydrochloric acid yang ampuh menghilangkan noda membandel pada keramik. Produk ini memiliki aroma asam yang cukup kuat. 

Vixal, cairan pembersih kamar mandi dengan asam dan aroma harum

Vixal adalah produk cairan pembersih kamar mandi dari Unilever. Sama seperti Porstex, Vixal mengandung hydrochloric acid untuk membersihkan permukaan porselen dan keramik. Namun, cairan pembersih Vixal tidak berbau kimia sekuat Porstex, melainkan harum dan menyegarkan.

Wipol, karbol wangi dengan pine action dan aroma cemara

Wipol merupakan karbol wangi yang banyak digunakan untuk membersihkan lantai rumah. Tak hanya bisa dipakai untuk cairan pel, Anda juga bisa membersihkan lantai kamar mandi dengan Wipol. Bau cemara atau karbolnya sangat khas. Selain itu, setiap tetesnya mengandung formula pine action untuk membunuh kuman dan menghilangkan bau tidak sedap.

Bebek, menawarkan beragam bentuk pembersih kamar mandi

Bebek dikenal sebagai produk pembersih kamar mandi dari SC Johnson & Son. Produk-produk Bebek diformulasikan untuk kloset dan porselen. Bebek Semerbak Flush, Bebek Kloset, dan Bebek In Tank merupakan produk pembersih khusus toilet yang mengandung Germinex. Selain itu, masih ada banyak lagi produk lainnya yang bisa Anda coba.

10 Rekomendasi pembersih kamar mandi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pembersih kamar mandi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 28 Juni 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Vixal Pembersih Kamar Mandi Kuat Harum masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Wipol Pembersih Lantai Sereh & Jeruk muncul sebagai produk terlaris kedua.

10

Milenium Masa ManunggalSuper KIFA All-in Cleaner

Mulai dari Rp 6.000,00

Bahan aktifSurfactant 3%
BentukBubuk
IsiBotol: 650 gr・Refill: 550 gr
Area penggunaanKeramik (lantai dan dinding kamar mandi), keran, shower
9

YuriPorstex Porcelain Ceramic Cleaner

Mulai dari Rp 13.400,00

Bahan aktifHydrochloric acid 20%
BentukCair
Isi500 ml, 1000 ml, 2000 ml, 3700 ml
Area penggunaanKeramik dan porselen
8
Bahan aktifTidak disebutkan
BentukCair
Isi200 ml
Area penggunaanKeran kamar mandi, shower, semua permukaan stainless steel
7

SC Johnson & Son IndonesiaBebek Kamar Mandi

Mulai dari Rp 11.100,00

Bahan aktifBenzalkonium klorida 0,1%, sodium lauryl ether sulfate 1,5%
BentukCair
IsiBotol: 500 ml・Pouch: 400 ml
Area penggunaanSeluruh permukaan kamar mandi (bathtub, wastafel, keran, lantai dan dinding)
6

Reckitt BenckiserHarpic Power Plus Original

Mulai dari Rp 10.500,00

Bahan aktifHydrochloric acid 10,5%
BentukCair
Isi200ml, 450ml, 750ml
Area penggunaanKloset
5
Bahan aktifDYE, Alkyl benzene sulphonate, sodium carbonate
BentukPadat
Isi50 gr
Area penggunaanKloset
4
Bahan aktifTidak disebutkan
BentukCair
Isi500 ml
Area penggunaanSeluruh permukaan kamar mandi
3
Bahan aktifSurfactant
BentukCair
IsiSpray: 440 ml・Pouch: 425 ml
Area penggunaanWastafel, kaca kamar mandi
2

UnileverWipol Pembersih Lantai Sereh & Jeruk

Mulai dari Rp 23.000,00

Bahan aktifEthoxylated alcohol 3%, benzalkonium chloride 1,25%
BentukCair
Isi750 ml
Area penggunaanLantai
1

UnileverVixal Pembersih Kamar Mandi Kuat Harum

Mulai dari Rp 18.300,00

Bahan aktifHCl 12%
BentukCair
Isi470 ml, 750 ml
Area penggunaanKeramik dan porselen

Tabel perbandingan produk pembersih kamar mandi terbaik

Gambar produk
1
Unilever Vixal Pembersih Kamar Mandi Kuat Harum 1

Unilever

2
Unilever Wipol Pembersih Lantai Sereh & Jeruk 1

Unilever

3
Wings Cling Pembersih Kaca 1

Wings

4
Loxus Cleaner  1

Loxus

5
Bagus Sibiru Pembersih Kloset 1

Bagus

6
Reckitt Benckiser Harpic Power Plus Original 1

Reckitt Benckiser

7
SC Johnson & Son Indonesia Bebek Kamar Mandi  1

SC Johnson & Son Indonesia

8
EZClean Stainless Cleaner 1

EZClean

9
Yuri Porstex Porcelain Ceramic Cleaner 1

Yuri

10
Milenium Masa Manunggal Super KIFA All-in Cleaner 1

Milenium Masa Manunggal

Nama produk

Vixal Pembersih Kamar Mandi Kuat Harum

Wipol Pembersih Lantai Sereh & Jeruk

Cling Pembersih Kaca

Cleaner

Sibiru Pembersih Kloset

Harpic Power Plus Original

Bebek Kamar Mandi

Stainless Cleaner

Porstex Porcelain Ceramic Cleaner

Super KIFA All-in Cleaner

Keunggulan

Membersihkan secara maksimal dengan aroma yang harum

Efektif membunuh kuman dan basmi serangga di kamar mandi

Kaca kamar mandi dijamin lebih kinclong dan berkilau

Pembersih serbaguna, bisa untuk segala jenis permukaan dan bahan

Tak perlu repot lagi bersihkan kloset setiap hari!

Membersihkan noda membandel pada kloset 10x lebih kuat!

Pembersih kamar mandi yang tidak merusak nat

Menghilangkan noda pada stainless steel tanpa membuatnya berkarat

Cairan paling ampuh untuk basmi kerak membandel pada keramik

Tak ada bau menyengat plus aman jika terkena kulit

Harga mulai dariRp 18.300,00Rp 23.000,00Rp 4.000,00Rp 79.000,00Rp 25.800,00Rp 10.500,00Rp 11.100,00Rp 57.500,00Rp 13.400,00Rp 6.000,00
Bahan aktifHCl 12%Ethoxylated alcohol 3%, benzalkonium chloride 1,25%SurfactantTidak disebutkanDYE, Alkyl benzene sulphonate, sodium carbonateHydrochloric acid 10,5%Benzalkonium klorida 0,1%, sodium lauryl ether sulfate 1,5%Tidak disebutkanHydrochloric acid 20%Surfactant 3%
BentukCairCairCairCairPadatCairCairCairCairBubuk
Isi470 ml, 750 ml750 mlSpray: 440 ml・Pouch: 425 ml500 ml50 gr200ml, 450ml, 750mlBotol: 500 ml・Pouch: 400 ml200 ml500 ml, 1000 ml, 2000 ml, 3700 mlBotol: 650 gr・Refill: 550 gr
Area penggunaanKeramik dan porselenLantaiWastafel, kaca kamar mandiSeluruh permukaan kamar mandiKlosetKlosetSeluruh permukaan kamar mandi (bathtub, wastafel, keran, lantai dan dinding)Keran kamar mandi, shower, semua permukaan stainless steelKeramik dan porselenKeramik (lantai dan dinding kamar mandi), keran, shower
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar pembersih kamar mandi

Pertanyaan umum seputar pembersih kamar mandi

Anda sudah menemukan produk yang menarik untuk dibeli, tetapi masih terganjal oleh beberapa pertanyaan? Kalau begitu, coba cek poin-poin di bawah ini. Siapa tahu salah satunya bisa menjawab pertanyaan Anda.

Seberapa sering kamar mandi perlu dibersihkan?

Sebenarnya, Anda perlu membersihkan kamar mandi setiap hari agar tetap bersih. Untuk membersihkan kamar mandi setiap hari, gunakanlah pembersih yang lebih ringan tanpa asam kuat. Apabila Anda tidak sempat membersihkan kamar mandi setiap hari, bersihkanlah kamar mandi setidaknya seminggu sekali

Apa bahaya mencampurkan cairan pembersih kamar mandi?

Banyak orang menginginkan hasil praktis dan instan untuk membersihkan kamar mandi yang berkerak. Pada akhirnya, mereka mencampurkan cairan pembersih kamar mandi dengan bahan lain dengan harapan lantai kamar mandi bisa lebih bersih. Campuran yang paling sering ditemukan adalah cairan pembersih kamar mandi dengan pemutih baju. 


Padahal, tahukah Anda kedua bahan ini jika dicampurkan bisa menghasilkan gas klorin yang mematikan? Cairan pembersih lantai yang mengandung hydrochloric acid dan cairan pemutih yang mengandung sodium hypochlorite dapat menyebabkan keracunan. Maka dari itu, jangan sekali-kali mencampurkan berbagai cairan pembersih, deterjen, dan jenis sabun lainnya karena bisa berdampak negatif.

Benarkah produk pembersih lantai mengandung bahan kimia berbahaya?

Sebagian besar produk pembersih lantai memang mengandung bahan kimia berbahaya. Karena itu, disarankan kepada pengguna agar berhati-hati supaya dijauhkan dari anak-anak dan jangan sampai tertelan. Jika terhirup terlalu sering bisa menimbulkan gangguan pernafasan. 


Lalu, jika terkena kulit juga bisa menyebabkan gatal-gatal bahkan kemerahan. Beberapa keluhan lain yang bisa terjadi saat memakai pembersih lantai, antara lain mual, pusing, hingga yang fatal seperti kanker.

Baca juga perlengkapan kamar mandi lainnya di sini

Anda membutuhkan perlengkapan lainnya agar kamar mandi lebih nyaman. Pengharum, sikat, sampai keset perlu untuk Anda pertimbangkan. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui perlengkapan lainnya demi menjaga kenyamanan dan kebersihan kamar mandi Anda.

Kesimpulan

Apa Anda sudah menemukan produk yang tepat untuk membersihkan kamar mandi? Pastikan Anda memilih pembersih yang paling sesuai dengan material kamar mandi. Lalu, pilih berdasarkan bentuk atau aroma yang paling disukai.


Semoga tips dan rekomendasi dari kami berguna bagi Anda yang sedang mencari referensi cairan pembersih kamar mandi. Bersihkan kamar mandi paling tidak seminggu sekali, dan gunakan perlengkapan yang tepat saat membersihkan kamar mandi, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2022)
    Pelicin pakaian adalah salah satu solusi untuk memudahkan kegiatan menyetrika. Kandungan pelicin pakaian yang relatif aman membuatnya banyak diminati. Variannya juga cukup beragam, misalnya pelicin pakaian antibakteri, pelicin pakaian serbaguna, dan pelicin pakaian untuk setrika laundry.Artikel ini akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi pelicin pakaian yang bagus untuk setrika. Produk dari merek ternama, seperti So Klin, Kispray, dan Molto juga akan kami review. Banyak juga rekomendasi pelicin pakaian untuk setrika yang aromanya tahan lama. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat mencuci baju, Anda membutuhkan deterjen yang bagus untuk membersihkan noda. Deterjen sebaiknya juga lembut di tangan dan aman untuk kulit sensitif. Saat ini bahkan sudah banyak produsen yang membuat deterjen dengan formula antibakteri hingga antiseptik. Berbagai keunggulan ini dapat ditemukan pada merek terkenal, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan Daia.Namun, banyaknya produk deterjen yang bagus dapat membuat Anda bingung memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih deterjen terbaik beserta sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda pertimbangkan. Simak ulasan kami hingga tuntas, ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menjaga kebersihan rumah adalah hal yang perlu dilakukan setiap hari. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk bersih-bersih. Bagi Anda yang sibuk, serahkan saja urusan menyedot debu hingga mengepel lantai pada robot vacuum cleaner. Alat ini dapat bekerja membersihkan lantai secara otomatis sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda.Banyak merek ternama, seperti Samsung, Xiaomi, Bardi, ECOVACS, dan Kurumi, memproduksi robot pembersih lantai dengan berbagai spesifikasi. Jika Anda kebingungan menentukan pilihan, silakan baca artikel ini sampai habis. Temukanlah tips memilih, review, serta rekomendasi robot vacuum cleaner yang bagus dari kami. 
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Detergen cair yang mudah larut dalam air membuat proses mencuci pakaian lebih mudah. Selain itu, mesin cuci bisa lebih awet karena tidak ada residu yang tertinggal dan mengendap. Tak hanya membersihkan noda, deterjen cair juga ada yang mengandung pewangi dan pelembut. Lewat artikel ini, kami akan mengulas tips memilih deterjen atau sabun cuci baju cair yang bagus untuk Anda. Berbagai merek deterjen cair terbaik, seperti Rinso, Attack, dan Gentle Gen akan kami ulas keunggulannya. Ada juga produk rekomendasi deterjen cair yang wanginya tahan lama dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum ruangan menjadi solusi cepat untuk menghilangkan bau tidak sedap di sebuah ruangan. Pewangi ruangan dapat membantu memperbaiki mood agar Anda relaks kembali setelah lelah bekerja seharian. Sebagian produk pengharum ruangan dapat menebarkan aroma tahan lama, sementara sebagian yang lain cepat hilang. Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk pengharum ruangan yang bagus. Mulai dari merek Stella, Glade, Heaven Scent, Miniso, dan lainnya. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa mendapatkan pengharum ruangan terbaik yang cocok untuk Anda, ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Supaya baju Anda selalu harum, mencuci baju dengan deterjen yang wanginya tahan lama adalah kuncinya. Saat ini, ada banyak jenis deterjen yang dijual di pasaran, salah satunya adalah deterjen bubuk. Selain bisa dipakai untuk mencuci dengan mesin cuci dua tabung, deterjen bubuk juga banyak dipakai untuk mesin cuci otomatis.Pada artikel ini kami akan mengulas beberapa merek deterjen yang bagus, seperti Rinso, Attack, hingga SoKlin. Sebelumnya, bacalah dahulu tips memilih deterjen bubuk berikut ini. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan deterjen terbaik yang paling bersih dan paling wangi sesuai kebutuhan.
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hand Sanitizer Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari kuman dan virus penyebab penyakit adalah dengan mencuci tangan. Nah, hand sanitizer dapat menjadi alternatif yang lebih praktis bila Anda tidak menemukan sabun dan air. Kini hand sanitizer dalam kemasan spray sangat mudah ditemukan di pasaran. Produk manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini kami akan memberikan tips memilih hand sanitizer spray yang bagus untuk membersihkan tangan. Selain itu, kami juga akan merekomendasi berbagai merek hand sanitizer spray terbaik, seperti Antis, Natura, Bigroot, dan lainnya. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Peralatan kebersihan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori