• 10 Merk Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2022)

Tas menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki oleh anak sejak memasuki usia sekolah. Tas sekolah haruslah memberikan kenyamanan ketika dibawa. Selain berfungsi untuk membawa peralatan sekolah, tas sekolah sebaiknya dapat menunjang penampilan anak agar makin keren dan stylish.


Dari banyaknya model tas sekolah anak di pasaran, Anda mungkin jadi bingung memilih tas yang bagus. Karena itu, kami akan memberikan tips memilih tas sekolah, khususnya untuk anak laki-laki. Rekomendasi produk tas sekolah terbaik, seperti merek Jansport, Bodypack, dan Exsport juga akan kami ulas untuk Anda. Jadi, jangan lewatkan artikel ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 November 2022
Daftar isi

Cara memilih tas sekolah untuk anak laki-laki

Bagi anak laki-laki, tas sekolah bukan hanya soal kenyamanan, melainkan juga tentang kepercayaan diri. Karena itu, model dan desain tas harus sesuai dengan seleranya. Memakai tas yang disukai tentu akan membuat mereka makin semangat sekolah. Berikut ini, kami akan membagikan tips-tips memilih tas sekolah untuk anak laki-laki. Baca sampai tuntas sebelum membeli, ya!

Pilih tas berdasarkan modelnya

Terdapat tiga model tas sekolah anak laki-laki yang beredar di pasaran, yaitu tas ransel, tas trolley, dan tas selempang. Tiap model tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Anda harus memilih model yang tepat karena model tas yang salah bisa membuat anak tidak nyaman. Karena itu, sesuaikan model tas dengan usia dan kebutuhan anak Anda.

Tas ransel, beban tas seimbang di bahu anak

Tas ransel, beban tas seimbang di bahu anak

Tas ransel merupakan salah satu model tas yang cocok dipakai untuk sekolah, terutama bagi anak-anak. Bahu anak-anak masih belum sekuat bahu dewasa dalam membawa beban berat. Nah, tas ransel dapat membantu mendistribusikan beban tas pada kedua bahu anak. Tas model ransel juga bisa dipakai untuk segala usia, mulai dari anak usia PAUD hingga SMA.


Dengan tas ransel, bahu anak tidak akan terasa sakit sehingga ia nyaman membawanya ke sekolah. Namun, pastikan tas memiliki tali bahu yang lebar serta bantalan empuk. Tas ransel untuk anak laki-laki juga memiliki motif dan warna yang beragam, mulai dari yang polos hingga yang bermotif karakter kartun. Pilih sesuai seleranya, ya!

Tas selempang dan tas bahu, cocok untuk anak yang sudah besar

Tas selempang dan tas bahu, cocok untuk anak yang sudah besar

Untuk anak-anak yang sudah besar, misalnya usia SMP atau SMA, tas selempang atau tas bahu biasanya lebih banyak dipilih. Tas ini cocok untuk anak yang sudah memiliki bahu yang kuat. Hal ini karena tas selempang hanya memiliki satu tali yang dikenakan di satu sisi bahu. Memakai tas selempang juga akan membuat penampilan anak menjadi lebih modis.


Namun, jangan membawa barang terlalu banyak ketika memakai tas ini. Jika bawaan anak Anda banyak, bawalah sebagian barang bawaan menggunakan tangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah salah satu sisi bahu anak menjadi sakit saat memakainya.

Tas karakter, membuat si kecil makin semangat ke sekolah

Tas sekolah model karakter banyak digemari oleh anak laki-laki usia PAUD hingga SD. Tas karakter biasanya memiliki gambar atau desain sesuai karakter yang banyak digemari, misalnya karakter hewan atau tokoh kartun. Variasinya pun bermacam-macam. Ada yang gambarnya timbul, bahkan ada yang telinga hewannya bisa Anda mainkan.


Menggunakan tas model ini, anak Anda dijamin makin semangat bersekolah. Hal itu karena dunia anak sangat lekat dengan berbagai karakter imajinatif sehingga mereka ingin selalu melibatkannya saat beraktivitas.

Perhatikan bahan yang digunakan

Bahan menjadi salah satu poin yang memengaruhi kualitas tas. Bahan yang umum digunakan untuk dijadikan tas anak adalah kain kanvas dan poliester. Anda tak wajib memilih salah satunya karena banyak juga tas sekolah dengan kombinasi dua material tersebut.

Poliester, lebih enteng dan tahan air

Poliester, lebih enteng dan tahan air

Poliester banyak dipakai untuk tas ransel, tas bahu, dan tas model lainnya. Tas dari polister digemari karena karakteristiknya yang tahan lama, tidak mudah kusut, dan tahan air. Selain itu, tas sekolah poliester akan lebih mudah kering saat dijemur. Jadi, tas sekolah dengan bahan ini cocok dikenakan saat musim hujan. Satu hal yang perlu Anda waspadai adalah tas poliester mudah terbakar. Untuk itu, sebisa mungkin jauhkan dari api.

Kanvas, lebih kuat dan tidak mudah sobek

Kanvas, lebih kuat dan tidak mudah sobek

Dibandingkan dengan jenis bahan sebelumnya, kain kanvas lebih bertekstur. Ia juga kuat sehingga lebih kuat saat digunakan untuk membawa beban yang berat. Dari segi tampilan, tas kanvas terbilang kasual.


Apabila Anda menginginkan tampilan yang lebih eye-catching, tas berbahan Cordura bisa menjadi pilihan. Karakteristiknya mirip dengan kanvas, tetapi kain Cordura lebih tahan air dan gesekan, serta tak mudah sobek. Cordura juga lebih mengilap sehingga tas akan tampak lebih keren.

Sesuaikan ukurannya dengan tingkat sekolah anak

Poin selanjutnya adalah menyesuaikan ukuran tas dengan tingkat sekolah anak. Ukuran tas sekolah haruslah sesuai dengan tubuh anak Anda. Berikut ini kami jelaskan perkiraan ukuran tas sekolah yang cocok untuk anak mulai dari usia PAUD hingga SMA. Simak sampai habis, ya!

PAUD dan TK, pas menggunakan tas berukuran kecil supaya ringan

PAUD dan TK, pas menggunakan tas berukuran kecil supaya ringan

Anak-anak PAUD dan TK biasanya tidak membawa terlalu banyak barang ke sekolah. Karena itu, ia tidak membutuhkan tas yang terlalu besar. Pilihkan tas yang berukuran sekitar 19 cm x 28 cm atau yang panjangnya tidak lebih dari 30 cm. Ukuran tersebut sudah sesuai dengan ukuran punggung anak usia 4–6 tahun.


Ukuran tas sekolah yang baik adalah 75% dari punggung anak (panjang bahu hingga pinggang). Jadi, sebelum membeli tas ransel, ukurlah panjang dan lebar punggung anak Anda terlebih dahulu.

SD, tas berukuran sedang lebih pas untuk membawa kebutuhan sekolahnya

SD, tas berukuran sedang lebih pas untuk membawa kebutuhan sekolahnya

Berbeda dengan saat TK, anak yang memasuki usia SD memerlukan tas yang lebih besar. Hal ini karena mereka harus membawa buku-buku pelajaran, kotak bekal, dan baju olahraga saat ke sekolah. Panjang rata-rata punggung anak usia 7–12 tahun adalah 33–39 cm dengan lebar 18–20 cm. Karena itu, anak usia tersebut membutuhkan tas berukuran sekitar 42 cm x 29 cm.

SMP dan SMA, tas berukuran sedang hingga besar sesuai untuk menemaninya berkegiatan

SMP dan SMA, tas berukuran sedang hingga besar sesuai untuk menemaninya berkegiatan

Untuk anak SMP dan SMA, pilihkan tas berukuran cukup besar, yakni sekitar 47 cm x 25 cm. Tas ukuran ini cukup untuk membawa banyak buku pelajaran, dokumen A4, serta laptop.


Anda juga bisa memilih berdasarkan kapasitas tas. Jika berencana membelikan ransel, pilih yang berkapasitas 20 liter atau lebih. Selain itu, tas dengan banyak kantong juga bisa dijadikan pilihan untuk memudahkan anak Anda mengatur barang bawaannya.

Cek jumlah kompartemen pada tas

 Cek jumlah kompartemen pada tas

Tas anak laki-laki yang dilengkapi banyak kompartemen membuat barang bawaan lebih rapi dan terorganisasi. Tas berkantong banyak cocok untuk anak usia SD hingga SMA. Banyaknya kantong yang ada akan membantu mendistribusikan berat dari barang bawaan agar lebih merata.


Akan tetapi, jangan memberikan tas dengan banyak kantong untuk anak PAUD atau TK. Hal ini akan membingungkan mereka karena anak berusia tersebut cenderung mudah lupa menaruh barang-barangnya. Jadi, sesuaikan jumlah kantong dengan usia anak.

10 Rekomendasi produk tas sekolah terbaik untuk anak laki-laki

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tas sekolah terbaik untuk anak laki-laki yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 30 November 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya ANT Project Tas Selempang Messenger menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Tonga Tas Ransel Motif memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Tonga Tas Ransel Motif  1

Tonga

2
Esternal Tas Ransel Dinosaurus 1

Esternal

3
Skoola Tas Ransel Sekolah Anak - Roki 1

Skoola

4
Catenzo Junior Tas Sekolah Anak dengan Rain Cover 1

Catenzo Junior

5
JanSport Superbreak  1

JanSport

6
Bodypack Modest 2.1 Laptop Shoulder Bag 1

Bodypack

7
Exsport Scholar Rucksack 1

Exsport

8
Papamama Enzo Kid Mini Bag 2in1 1

Papamama

9
Skip Hop Zoo Let Tas Ransel Mini - Pug 1

Skip Hop

10
3Second Kids Tas Punggung Anak Laki laki 1

3Second Kids

Nama produk

Tas Ransel Motif

Tas Ransel Dinosaurus

Tas Ransel Sekolah Anak - Roki

Tas Sekolah Anak dengan Rain Cover

Superbreak

Modest 2.1 Laptop Shoulder Bag

Scholar Rucksack

Enzo Kid Mini Bag 2in1

Zoo Let Tas Ransel Mini - Pug

Tas Punggung Anak Laki laki

Keunggulan

Pilihan tas bermotif untuk anak SMA

Tas karakter dengan motif timbul, buat anak lebih semangat sekolah!

Tampil keren dengan karakter favorit si kecil

Cukup menampung segala keperluan hingga jam ekstrakurikuler

Terlihat klasik, tas ini muat banyak dan sangat awet!

Shoulder bag yang nyaman untuk digunakan sehari-hari

Barang bawaan aman saat menembus hujan!

Bisa dijadikan ransel atau tas selempang

Terdapat tali pengaman untuk memastikan si kecil tak kehilangan tasnya

Mudah mengorganisasi barang-barang kecil

Harga mulai dariRp 229.000,00Rp 101.576,00Rp 302.000,00Rp 129.000,00Rp 649.000,00Rp 419.000,00Rp 429.000,00Rp 299.000,00Rp 305.000,00Rp 299.000,00
ModelTas ranselTas ransel, karakterTas karakter, ranselTas ranselTas ranselTas selempangTas ranselTas ransel, tas selempangTas karakter, ranselTas ransel
BahanCorduraTidak disebutkanCanvas corduraCorduraPoliesterPoliesterNilonTidak disebutkanTidak disebutkan (BPA-free & Phthalate-free)Poliester
UkuranTidak disebutkan18 cm x 10 cm x 22 cm23 cm x 11 cm x 27 cm29 cm x 12 cm x 42 cm42 cm x 32 cm x 14 cm35 cm x 25 cm x 10 cm28 cm x 12 cm x 38 cm19 cm x 10 cm x 25 cm 19 cm x 8,25 cm x 23 cm26 cm x 37 cm x 12 cm
Jumlah kompartemen1 kompartemen besar, 1 kompartemen kecil, 1 slot laptop1 kompartemen utama1 kompartmen utama, 1 kompartemen sekunder, 2 kantong samping1 kompartemen utama, 2 kompartemen sekunder, 1 kantong laptop, 2 kantong samping1 kompartemen utama, 1 kompartemen sekunder, 1 kantong samping1 kompartemen utama, 1 kompartemen tablet, 1 kompartemen laptop, 1 saku depan1 kompartemen utama, 1 kantong dokumen, 2 kantong depan1 kompartemen besar, 1 kompartemen kecil, 2 kantong samping1 kompartemen utama, 2 saku samping1 kompartemen besar, 1 kompartemen kecil, 2 kantong samping, 3 saku kecil, 2 tempat pensil/pulpen
Tingkatan pelajarSMAPAUD-TKPAUD-TKSDSMASMP-SMASMAPAUD-TKPAUD–TKSMP
Tautan produk
10

3Second KidsTas Punggung Anak Laki laki

Mulai dari Rp 299.000,00

ModelTas ransel
BahanPoliester
Ukuran26 cm x 37 cm x 12 cm
Jumlah kompartemen1 kompartemen besar, 1 kompartemen kecil, 2 kantong samping, 3 saku kecil, 2 tempat pensil/pulpen
Tingkatan pelajarSMP
9

Skip HopZoo Let Tas Ransel Mini - Pug

Mulai dari Rp 305.000,00

ModelTas karakter, ransel
BahanTidak disebutkan (BPA-free & Phthalate-free)
Ukuran19 cm x 8,25 cm x 23 cm
Jumlah kompartemen1 kompartemen utama, 2 saku samping
Tingkatan pelajarPAUD–TK
8

PapamamaEnzo Kid Mini Bag 2in1

Astroman

Mulai dari Rp 299.000,00

ModelTas ransel, tas selempang
BahanTidak disebutkan
Ukuran19 cm x 10 cm x 25 cm
Jumlah kompartemen1 kompartemen besar, 1 kompartemen kecil, 2 kantong samping
Tingkatan pelajarPAUD-TK
7

ExsportScholar Rucksack

Black M

Mulai dari Rp 429.000,00

ModelTas ransel
BahanNilon
Ukuran28 cm x 12 cm x 38 cm
Jumlah kompartemen1 kompartemen utama, 1 kantong dokumen, 2 kantong depan
Tingkatan pelajarSMA
6

BodypackModest 2.1 Laptop Shoulder Bag

Mulai dari Rp 419.000,00

ModelTas selempang
BahanPoliester
Ukuran35 cm x 25 cm x 10 cm
Jumlah kompartemen1 kompartemen utama, 1 kompartemen tablet, 1 kompartemen laptop, 1 saku depan
Tingkatan pelajarSMP-SMA
5
ModelTas ransel
BahanPoliester
Ukuran42 cm x 32 cm x 14 cm
Jumlah kompartemen1 kompartemen utama, 1 kompartemen sekunder, 1 kantong samping
Tingkatan pelajarSMA
4

Catenzo JuniorTas Sekolah Anak dengan Rain Cover

CST 2742

Mulai dari Rp 129.000,00

ModelTas ransel
BahanCordura
Ukuran29 cm x 12 cm x 42 cm
Jumlah kompartemen1 kompartemen utama, 2 kompartemen sekunder, 1 kantong laptop, 2 kantong samping
Tingkatan pelajarSD
3

SkoolaTas Ransel Sekolah Anak - Roki

Mulai dari Rp 302.000,00

ModelTas karakter, ransel
BahanCanvas cordura
Ukuran23 cm x 11 cm x 27 cm
Jumlah kompartemen1 kompartmen utama, 1 kompartemen sekunder, 2 kantong samping
Tingkatan pelajarPAUD-TK
2
ModelTas ransel, karakter
BahanTidak disebutkan
Ukuran18 cm x 10 cm x 22 cm
Jumlah kompartemen1 kompartemen utama
Tingkatan pelajarPAUD-TK
1

TongaTas Ransel Motif

31NG013508

Mulai dari Rp 229.000,00

ModelTas ransel
BahanCordura
UkuranTidak disebutkan
Jumlah kompartemen1 kompartemen besar, 1 kompartemen kecil, 1 slot laptop
Tingkatan pelajarSMA

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan anak laki-laki lainnya di sini

Selain tas sekolah, anak laki-laki Anda tentu membutuhkan perlengkapan lainnya seperti sepatu atau sandal. Untuk itu, kami sudah menyiapkan artikel sepatu, sandal, topi, jam tangan, dan juga jaket untuk jagoan Anda. Penasaran dengan cara memilih serta produk terbaiknya? Simak informasi selengkapnya dari artikel-artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Cara memilih beserta rekomendasi produk tas sekolah untuk anak laki-laki sudah kami bahas di atas. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan anak Anda? Pilihlah tas sekolah berdasarkan modelnya, ada tas ransel, tas karakter, dan tas selempang.


Perhatikan juga bahan yang digunakan untuk mengetahui kualitas tas. Kemudian, sesuaikan ukurannya dengan tingkatan sekolah anak. Jangan lupa juga cek jumlah kantongnya, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Tas Sekolah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tas Sekolah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tas sekolah haruslah nyaman dipakai dan memiliki tampilan menarik agar anak makin semangat ke sekolah. Namun, banyak sekali merek tas sekolah yang beredar di pasaran. Hal ini mungkin membingungkan Anda saat memilih tas sekolah untuk anak.Kali ini kami akan membantu Anda memilihkan tas sekolah terbaik untuk anak SD, SMP, dan SMA. Selain itu, kami akan berbagi rekomendasi produk dari merek tas sekolah yang bagus, seperti JanSport, Justice, dan Exsport. Anda akan menemukan produk yang awet, tahan air, dan aesthetic untuk anak laki-laki ataupun perempuan. Jadi, jangan lewatkan ulasan berikut!
    Tas anak
  • 10 Rekomendasi Tas Smiggle Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Smiggle Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tas menjadi kebutuhan anak sejak mereka mulai masuk sekolah. Tentu saja tas untuk anak-anak punya warna-warni yang lebih ceria serta memiliki gambar-gambar dan karakter tertentu. Salah satu merek tas anak yang kualitasnya tidak perlu diragukan adalah Smiggle, merek asal Australia.Berbagai desain tas Smiggle yang menarik mungkin membuat Anda sulit memutuskan tas yang cocok untuk si kecil. Simaklah artikel ini untuk mendapatkan tas Smiggle terbaru yang bagus untuk anak Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, seperti Flow Trolley Backpack, Block Backpack, dan lainnya. Selamat membaca!
    Tas anak
  • 10 Rekomendasi Tas Ransel Terbaik untuk Anak TK (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Ransel Terbaik untuk Anak TK (Terbaru Tahun 2022)
    Ransel merupakan salah satu perlengkapan sekolah anak TK hingga SMA. Namun, di artikel ini kami akan fokus membahas ransel anak TK. Model tas ransel untuk anak TK sangat beragam. Ada tas ransel yang berbentuk lucu hingga tas bergambar karakter kesukaan si kecil.Pilihan yang beragam mungkin membuat Anda dilema menentukan pilihan. Karena itu, kami akan memberikan rekomendasi tas anak TK yang bagus dari berbagai merek. Ada Decathlon, Adinata, dan lainnya. Sebelum Anda memilih salah satunya, simaklah poin-poin mengenai cara memilih tas ransel terbaik berikut ini. Baca artikelnya sampai tuntas, ya!
    Tas anak
  • 10 Rekomendasi Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2022)
    Tas sekolah anak adalah barang esensial untuk membawa perlengkapan sekolah anak. Nah, Anda harus mencari model yang tepat agar anak lebih percaya diri ke sekolah, termasuk anak perempuan. Kalau Anda sedang mencari tas sekolah untuk anak perempuan, bacalah artikel ini.Kami akan membahas cara memilih tas sekolah yang bagus untuk anak perempuan, mulai dari tas anak TK hingga SMA. Kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi tas anak perempuan terbaru dari merek Gabag, Justice, atau Neosack. Selain itu, terdapat berbagai model tas, dari tas selempang hingga tas ransel, Yuk, simak artikelnya!
    Tas anak
  • 10 Rekomendasi Tas Ransel Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Ransel Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2022)
    Semenjak mulai memasuki usia sekolah, baik playgroup maupun SD, tas ransel menjadi perlengkapan yang wajib anak Anda miliki. Banyaknya desain, ukuran, dan spesifikasi tas ransel yang berbeda satu sama lain mungkin membuat Anda bingung memilih. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi tas ransel terbaik untuk anak perempuan. Dengan begitu, menemukan tas anak perempuan yang awet dan berkualitas tinggi jadi mudah dilakukan. Anda akan menemukan merek tas ransel anak perempuan yang bagus keluaran Smiggle, XODA, GabaG, dan lainnya. Selamat memilih!
    Tas anak
  • 10 Rekomendasi Baju Pesta Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baju Pesta Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baju pesta untuk bayi perempuan dan bayi laki-laki cocok dikenakan pada acara spesial, seperti pesta pernikahan, Lebaran, dan Natal. Namun, memilih baju untuk bayi dan balita tentu tidak boleh asal-asalan. Anda sedang mencari model baju pesta yang lucu untuk bayi Anda? Anda berada di artikel yang tepat!Kami akan membagikan tips memilih serta merekomendasikan produk baju bayi yang bagus untuk dipakai ke acara-acara. Beberapa merek baju bayi terbaik, seperti MacBee, Maxkenzo, Two Mix, IYAB, dan Torio, ada dalam rekomendasi, lho! Yuk, simak artikelnya!
    Pakaian anak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori