1. TOP
  2. Fashion wanita
  3. Pakaian wanita
  4. 10 Blouse Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Blouse Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Blouse Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Blouse Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Blouse Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Blouse Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Blouse Batik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Akhir-akhir ini, popularitas baju batik kian meroket. Dari berbagai jenis baju batik, model blus batik adalah salah satu yang paling populer di kalangan para wanita. Model atasan longgar ini cocok dipakai untuk berbagai situasi, baik formal maupun kasual. 


Pada artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih blouse batik terbaik untuk Anda. Setelah itu, beragam merek blouse batik yang bagus, seperti Nayara, Bhatara Batik, dan Adinata Batik juga akan kami ulas. Blouse batik yang modern dan kekinian juga bisa Anda temukan, lho. Jadi, simak artikel ini sampai akhir!

Diperbaharui 08-26-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih blouse batik

Model blus batik sangatlah beragam. Anda bisa memilihnya berdasarkan pada bentuk tubuh, selera, hingga acara yang hendak didatangi. Untuk itu, mari simak cara memilih blus batik yang sesuai dengan kebutuhan berikut ini!

① Batik tulis, printing, atau cap? Periksa jenis batiknya lebih dahulu!

Batik tulis, printing, atau cap? Periksa jenis batiknya lebih dahulu!

Kain batik terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu batik tulis, batik cap, dan batik printing. Dari ketiga jenis batik ini, pilihlah batik yang sesuai dengan selera serta budget yang Anda miliki. Berikut penjelasan selengkapnya.


  • Batik tulis

Bila menginginkan batik orisinal, pilihlah blus dengan batik tulis. Karena digambar langsung oleh tangan pembatik, corak batik tulis berbeda satu sama lain. Jenis batik ini memiliki aroma khas yang berasal dari malam (lilin) yang dipakai dalam proses pembuatannya. Karena membutuhkan kehati-hatian dan ketelitian ekstra, batik ini memiliki harga yang cukup tinggi dibanding jenis batik lainnya.


  • Batik cap

Batik cap memiliki karakteristik yang mirip dengan batik tulis. Hanya saja, jenis batik ini dibuat dengan menggunakan cetakan batik dan dicap secara berulang. Oleh karenanya, corak batik ini bisa sama persis. Jenis batik ini cocok untuk Anda yang menginginkan batik orisinal, tetapi dengan harga lebih terjangkau.


  • Batik printing 

Jenis batik ini memiliki motif beragam dan harga yang sangat terjangkau. Sesuai dengan namanya, batik printing dibuat dengan teknik printing dan diproduksi dalam jumlah banyak sekaligus. Karenanya, corak batik ini cenderung pasaran dan tidak orisinal. 

② Pilih berdasarkan model dan karakteristiknya

Terdapat banyak jenis atau model blus batik untuk wanita. Bahkan, model-model tersebut masih terus dikembangkan hingga saat ini. Kali ini, kami akan mengulas beberapa model blus yang cukup populer di pasaran. Simaklah uraian yang kami sajikan di bawah ini dan pilih model blus yang Anda sukai.

Oversized dan peplum blouse: Menonjolkan dan menyamarkan bentuk tubuh

Model blus peplum adalah atasan wanita dengan potongan yang menonjolkan bentuk pinggang dan mengembang di bagian bawahnya. Blus ini membuat tubuh terlihat lebih ramping sekaligus memberikan kesan yang elegan. Namun, karena menekankan bagian pinggang, disarankan untuk memilih blus peplum yang benar-benar pas dengan bentuk tubuh Anda.


Selanjutnya, oversized blouse adalah atasan yang ukurannya terlihat kebesaran dan menyamarkan bentuk tubuh Anda. Blus ini cocok digunakan oleh orang bertubuh mungil untuk membuatnya tampak besar. Bisa juga dipakai oleh orang bertubuh besar untuk menyamarkan lemak di perut. Bagi Anda yang tak nyaman menonjolkan bentuk tubuh, model blus ini adalah pilihan yang tepat.

Blouse asimetris: Tampil unik dengan potongan yang berbeda di tiap sisinya

Blouse asimetris: Tampil unik dengan potongan yang berbeda di tiap sisinya
Sumber: nayara.id

Blus dengan potongan yang tidak seimbang di tiap sisinya disebut sebagai blus asimetris. Model blus ini cocok untuk Anda yang ingin tampil unik dan anti-mainstream. Detail ini bisa ditemukan di beberapa bagian mulai dari leher hingga bagian bawah blus. Tak hanya unik, detail tersebut juga memiliki fungsi untuk menyamarkan bentuk tubuh, lho!


Sebagai contoh, untuk menyamarkan lemak pada lengan, gunakanlah blus dengan detail asimetris di bagian lengan. Anda juga bisa memakai blus asimetris dengan detail di bagian leher untuk membuatnya tampak jenjang. Modelnya yang unik ini akan membuat Anda tampil menonjol dari orang-orang di sekitar Anda.

One shoulder: Untuk tampilan feminin dan sexy look

Bagi Anda yang ingin terlihat feminin sekaligus seksi, model blus one shoulder dapat dijadikan pilihan. Model blus ini mirip seperti model sabrina. Perbedaannya, model sabrina memiliki desain bagian bahu yang sepenuhnya terbuka. Sementara itu, blus one shoulder hanya menunjukkan satu sisi bahu yang terbuka dan sisi lainnya tertutup penuh. Saat dipakai, model blus ini akan menonjolkan bagian bahu Anda yang indah.


Anda juga bisa mencoba model blus cold shoulder dan sleeveless untuk mendapatkan tampilan seksi dan feminin. Blus cold shoulder memiliki model yang terbuka sedikit di bagian bahu, sementara blus sleeveless tidak berlengan.

Wrap blouse dan cross over top: Dipakai dengan cara dililitkan

Model wrap blouse dan cross over top memiliki kemiripan satu sama lain. Kedua blus ini mirip seperti kimono, pakaian tradisional Jepang. Keduanya sama-sama terlihat seperti dililitkan ke tubuh. Hanya saja, cross over top telah dijahit terlebih dahulu dan dapat langsung dipakai seperti model blus lainnya.


Di sisi lain, model wrap blouse dilengkapi tali di bagian pinggangnya yang perlu diikat saat akan dipakai. Karena dipakai dengan cara dililit dan diikat, model wrap blouse ini biasanya tak memerlukan kancing atau ritsleting. Namun, kini telah tersedia model wrap blouse yang sudah dijahit dan talinya hanya perlu diikat untuk melengkapi penampilan saja.

Batwing sleeve blouse: Menyiasati tampilan lengan yang besar

Batwing sleeve blouse: Menyiasati tampilan lengan yang besar
Sumber: nonarara.com

Apakah Anda memiliki lengan yang besar? Hindari memilih blus lengan panjang berpotongan lurus di bagian lengan  karena akan membuat lengan terlihat makin besar. Sebaiknya, kenakan blus yang longgar di bagian lengan, seperti batwing sleeve blouse.


Blus dengan model lengan batwing atau sayap kelelawar memiliki potongan lengan yang besar dan longgar. Model blus ini sangat cocok untuk menyembunyikan lengan yang besar. Selain batwing sleeve blouse, Anda juga bisa memilih butterfly sleeve blouse. Blus ini memiliki desain lengan berpotongan lurus, tetapi melebar pada bagian bawah.

③ Perhatikan corak batiknya, klasik atau abstrak kontemporer?

Pada dasarnya, corak batik terbagi ke dalam dua kategori, yaitu batik klasik dan batik abstrak kontemporer. Mari ketahui perbedaannya dengan membaca ulasan di bawah ini.

Corak klasik, memberikan kesan formal

Corak batik klasik merupakan corak yang sudah ada sejak dulu. Sebagai contoh, ada corak batik parang yang tumbuh di lingkungan keraton Jogja dan Solo. Ada corak kawung yang merupakan salah satu corak batik tertua di Indonesia. Ada batik mega mendung khas Cirebon, batik semen yang coraknya identik dengan alam, serta masih banyak lagi.


Jika ingin tampil dalam acara formal, Anda bisa menggunakan blus batik dengan corak klasik yang disebutkan di atas. Hanya saja, karena kain batik sarat akan nilai filosofis, ada beberapa aturan terkait pemakaian batik tersebut. Misalnya, saat berkunjung ke kompleks keraton, Anda dilarang menggunakan batik motif parang. Namun, jika Anda memakainya di luar keraton, hal itu tidak masalah.

Corak abstrak kontemporer, untuk tampil stylish dan playful


Bagi para generasi muda, corak batik klasik mungkin terkesan kaku dan oldish. Jika demikian, Anda bisa beralih ke blus batik modern dengan corak abstrak kontemporer. Jenis batik ini memiliki corak yang beragam dengan pola tidak beraturan. Motif batik ini tidak lagi terpaku pada pattern dan pola batik klasik.


Batik jenis ini juga memiliki warna yang sangat beragam, tidak didominasi warna tanah. Dengan pilihan warna yang colorful, batik abstrak akan membuat tampilan Anda makin stylish dan playful. Jenis ini cocok untuk Anda yang ingin memakai batik, tetapi tetap bergaya kekinian serta modern.


Ingin tahu lebih banyak mengenai batik modern? Anda bisa membaca artikel menarik kami lainnya di bawah ini!

④ Ketahui bahan kain yang digunakan

Ketahui bahan kain yang digunakan

Selain poin-poin penting di atas, mengetahui kain yang digunakan untuk membuat blus batik juga tak kalah penting. Kain ini akan memengaruhi tampilan baju serta kenyamanan penggunaannya. Adapun jenis kain yang paling sering digunakan untuk membuat blus batik adalah kain katun. Hal ini karena katun memiliki karakteristik mudah menyerap keringat, halus, dan adem.


Kain katun juga terbagi lagi ke dalam beberapa jenis, seperti katun rayon, katun toyobo, katun Jepang, dan lain-lain. Ada juga jenis katun prima yang sering dipakai dalam pembuatan batik tulis. Selain itu, Anda juga akan menemukan blus batik berbahan kain taffeta. Jenis kain ini agak sedikit kaku dan memiliki kilau yang khas. Ia juga biasa digunakan untuk membuat pakaian mewah atau high end.

10 Rekomendasi blouse batik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk blouse batik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Blouse Brokat Batik Kombinasi Ruby and Arsyla

 Blouse Brokat Batik Kombinasi  Ruby and Arsyla 1枚目

Yuk, kenakan blus batik kombinasi brokat yang elegan ini

2

Adinata Batik

Blouse Jovanka

Adinata Batik Blouse Jovanka 1枚目

Model versatile yang bisa dipadukan dengan bawahan apa saja

3

Aksa Batik

Laura Lionel Blouse Batik

Aksa Batik Laura Lionel Blouse Batik 1枚目

Memberikan aura berbeda pada style serba hitam Anda

4

Nayara

Blouse Batik Alsava

Nayara Blouse Batik Alsava 1枚目

Blus batik lengan pendek yang cocok dijadikan baju kerja

5

Bhatara Batik

Rosalind

Bhatara Batik Rosalind 1枚目

Batik kombinasi polos dengan desain multicolor dan multipattern

6

Flike Batik

Blouse Selena

Flike Batik Blouse Selena 1枚目

Satu set blouse seksi plus celana pendek, cocok untuk piknik

7

Pradawita

Batik Blouse Puspawarna

Pradawita Batik Blouse Puspawarna 1枚目

Bisa diandalkan untuk menyamarkan bentuk lengan besar

8

Larisgaleri

Blouse Eva Batik Motif Sisik Naga

Larisgaleri Blouse Eva Batik Motif Sisik Naga 1枚目

Tampil trendi dengan oversized blouse bergaya etnik

9

Sekouwit

Gaura 4 Panels Puff Sleeve Blouse

Sekouwit Gaura 4 Panels Puff Sleeve Blouse 1枚目

Paduan batik klasik dan desain modern, pas untuk remaja kekinian

10

Nona Rara

Radjani Encim Cemani

Nona Rara Radjani Encim Cemani 1枚目

Kombinasi batik cap encim Pekalongan dan batik cap Garut, elegan!

Perincian produk
Close
No.1

Blouse Brokat Batik Kombinasi Ruby and Arsyla

Mulai dari Rp75.000,00

Yuk, kenakan blus batik kombinasi brokat yang elegan ini

Inilah produk blus terlaris di marketplace saat ini! Blus cantik yang menggabungkan keindahan batik dan brokat tile ini memang begitu menarik. Wrap blouse dengan sentuhan peplum ini membuat Anda terlihat feminin dan elegan saat mengenakannya.


Blus ini juga cocok Anda kenakan saat kondangan. Anda bisa memasangkannya dengan bawahan celana kulot atau rok duyung polos. Sempurnakan penampilan dengan menyanggul rapi rambut Anda. Jika Anda pemakai hijab, carilah jilbab berwarna senada.

No.2

Adinata BatikBlouse Jovanka

Mulai dari Rp199.000,00

Model versatile yang bisa dipadukan dengan bawahan apa saja

Blouse Jovanka ini cukup versatile, yakni bisa disandingkan dengan bawahan apa saja. Blus batik ini bisa dipadukan dengan celana panjang, celana pendek, rok mini, rok pensil, dan lain-lain. Anda bisa mengenakannya untuk kerja ataupun menghadiri pesta pernikahan. Corak dan warnanya pun terlihat sangat cantik untuk dikenakan!

No.3

Aksa BatikLaura Lionel Blouse Batik

Mulai dari Rp549.000,00

Memberikan aura berbeda pada style serba hitam Anda

Apabila Anda menyukai gaya yang serba hitam, cobalah tampil berbeda dengan menambahkan aksen batik ke dalamnya. Kombinasi antara batik berwarna cokelat dengan katun hitam ini membuat penampilan Anda lebih fresh dan tetap tegas.


Anda bisa memadukan blus ini dengan heels, celana, serta aksesori yang serba hitam. Tak hanya itu, tali pengikat di bagian pinggangnya bisa dikreasikan sesuai selera dan gaya Anda.

No.4

NayaraBlouse Batik Alsava

Mulai dari Rp320.000,00

Blus batik lengan pendek yang cocok dijadikan baju kerja

Bingung memilih batik untuk dipakai saat bekerja? Cobalah blus batik lengan pendek buatan Nayara ini. Dengan desain slim fit, blus ini akan membalut tubuh Anda dengan sempurna. Kreasikan bersama aksesori berwarna senada, Anda pun bisa berangkat kerja dengan blus yang cantik. 


Terlebih lagi, blus batik ini juga memiliki potongan asimetris serta kancing depan yang letaknya tidak pas berada di tengah. Dengan detail tersebut, blus ini terkesan unik dan tidak biasa.

No.5

Bhatara BatikRosalind

Mulai dari Rp199.500,00

Batik kombinasi polos dengan desain multicolor dan multipattern

Apakah Anda ragu untuk memakai baju batik karena khawatir terkesan kuno? Jika iya, blus Rosalind dari Bhatara Batik ini bisa menghapus keraguan Anda. Kombinasi corak batik kawung, kain polos, dan motif stripe pada blus ini sangat ideal untuk Anda yang ingin tampil kekinian.


Dengan menggunakan blus ini, Anda akan terlihat lebih lebih muda dan fresh. Produk ini juga tersedia dalam berbagai pilihan warna yang tidak membosankan. Pilihlah warna dan motif yang paling sesuai dengan gaya Anda.

No.6

Flike BatikBlouse Selena

Mulai dari Rp550.000,00

Satu set blouse seksi plus celana pendek, cocok untuk piknik

Memakai blus saat liburan ke pantai, mengapa tidak? Set blus dengan celana pendek satu ini bisa menjadi outfit yang pas untuk Anda kenakan. Blus ini memiliki model one shoulder yang seksi tanpa terkesan vulgar. Saat memakainya, Anda justru akan terlihat elegan.


Dengan memakai floppy hat dan strappy sandal, outfit santai Anda saat di pantai akan makin maksimal. Jangan lupa juga untuk memakai kacamata hitam agar gaya Anda makin sempurna, ya!

No.7

PradawitaBatik Blouse Puspawarna1F

Mulai dari Rp379.000,00

Bisa diandalkan untuk menyamarkan bentuk lengan besar

Bagi sejumlah wanita, bentuk lengan yang besar memang membuat kurang percaya diri. Tidak hanya itu, pemilihan outfit, terlebih atasan seperti blus juga harus lebih selektif. Jika Anda bingung mencari model blus yang cocok, produk dari Pradawita ini bisa Anda pilih.


Blus Puspawarna ini memiliki lengan model kelelawar yang bisa Anda andalkan untuk menyamarkan lengan besar. Uniknya lagi, panjang lengannya yang 3/4 ini didesain tidak biasa, yakni terdapat detail belahan. Selain stylish, desainnya yang unik tersebut tidak akan membuat Anda kegerahan saat memakainya.

No.8

LarisgaleriBlouse Eva Batik Motif Sisik Naga

Mulai dari Rp450.000,00

Tampil trendi dengan oversized blouse bergaya etnik

Anda penggemar outfit dengan sentuhan gaya etnik? Produk ini bisa Anda jadikan pilihan. Di tangan Larisgaleri, baju bergaya ethnic ini dibuat menjadi blus yang sangat modis.


Blus ini memiliki model oversized yang menambah kesan unik dan menarik. Untuk Anda yang menyukai oversized blouse, produk ini wajib dijadikan koleksi. Anda dapat memasangkannya dengan bawahan polos atau jeans untuk tampilan yang kasual.

No.9

SekouwitGaura 4 Panels Puff Sleeve Blouse

Mulai dari Rp259.000,00

Paduan batik klasik dan desain modern, pas untuk remaja kekinian

Batik klasik identik dengan kesan kaku dan formal. Tidak jarang, blus batik bercorak klasik biasanya dipakai olah wanita dewasa dan orang tua. Namun, tidak dengan produk-produk buatan Sekouwit, termasuk blus koleksinya ini.


Salah satu produk yang kami rekomendasikan adalah Gaura 4 Panels Puff Sleeve Blouse. Produk ini memadukan batik jumputan dengan desain baju yang modern. Unik sekali, bukan? Blus ini tentu sangat cocok dikenakan remaja kekinian untuk tampil kasual!

No.10

Nona RaraRadjani Encim Cemani T1030

Mulai dari Rp400.000,00

Kombinasi batik cap encim Pekalongan dan batik cap Garut, elegan!

Apakah Anda mencari outfit yang elegan dan memberikan kesan dewasa? Produk satu ini kami rekomendasikan untuk Anda. Blus dari Nona Rara ini memiliki desain modern dengan sentuhan klasik. Jika Anda perhatikan, blus ini memiliki detail kerah yang mirip kerah Shanghai, bukan? Sementara itu, sentuhan modern terletak pada batwing sleeve-nya.


Padukan saja blus ini dengan bawahan rok plisket atau rok A-line polos, serta sempurnakan dengan high heels. Anda akan terlihat anggun dan berwibawa saat menghadiri acara-acara formal.

Tips merawat baju batik

Tips merawat baju batik

Tak seperti produk tekstil lainnya, perawatan baju batik bisa dibilang cukup tricky dan menantang. Apalagi jika baju tersebut adalah jenis batik tulis yang memerlukan perawatan ekstra. Untuk itu, kami telah menyiapkan beberapa tips merawat baju batik agar tahan lama dan tidak mudah rusak.


  • Hindari mencuci batik menggunakan mesin cuci

Kebanyakan baju batik terbuat dari serat kain yang tipis sehingga mudah rusak apabila dicuci menggunakan mesin cuci. Oleh karena itu, cucilah baju batik Anda menggunakan tangan dan jangan disikat atau digosok. Jika terpaksa memakai mesin cuci, gunakan mode delicate atau handwash saat mencucinya.


  • Hindari penggunaan detergen dan pelembut pakaian

Hal tersebut bisa membuat warna batik Anda terkikis dan merusak seratnya. Selain itu, hindari pula memeras batik terlalu keras karena akan membuatnya mudah luntur. 


  • Jangan menjemur baju batik di bawah sinar matahari langsung

Menjemur baju batik di bawah sinar matahari langsung tidak disarankan karena dapat melunturkan warna kain batik. Baju batik Anda akan terlihat tidak menarik lagi. Untuk itu, cukup angin-anginkan baju batik di tempat yang teduh di luar ruangan.


  • Jangan menyetrika batik secara langsung

Lapisi baju batik dengan kain lain di atasnya dan setrikalah menggunakan suhu rendah. Pada jenis batik tulis, cucilah baju tersebut menggunakan lerak demi menjaga kualitasnya. Selain itu, sampo, sabun mandi, atau buah jeruk juga bisa dijadikan alternatif untuk membersihkan noda membandel pada batik.

Baca juga rekomendasi baju batik lainnya di sini

Selain blus, baju batik juga tersedia dalam model baju lainnya. Apabila Anda tertarik untuk menambah koleksi baju batik Anda, silakan baca beberapa rekomendasi artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Selesai sudah ulasan kami mengenai blus batik pada artikel ini. Bagaimana pendapat Anda mengenai tips dan rekomendasi yang kami berikan?


Sebelum membeli blus batik, pastikan Anda telah mengetahui model yang sesuai dengan gaya dan bentuk tubuh Anda. Selain itu, perhatikan pula jenis kain batik serta cara perawatannya agar baju Anda lebih tahan lama. Mari lengkapi koleksi pakaian Anda dengan blus batik kebanggaan Indonesia!

5 Rekomendasi Blouse Batik terbaik

No. 1Blouse Brokat Batik Kombinasi Ruby and Arsyla

No. 2Adinata BatikBlouse Jovanka

No. 3Aksa BatikLaura Lionel Blouse Batik

No. 4NayaraBlouse Batik Alsava

No. 5Bhatara BatikRosalind

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer