mybest
Handphone

Layanan Rekomendasi

  1. TOP
  2. Handphone & tablet
  3. Handphone
  4. 10 Rekomendasi iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

iPhone sudah populer dengan kualitas kameranya yang bagus selain dari performanya yang gahar. Smartphone ini juga dibekali kemampuan grafis yang mumpuni untuk gaming. Anda bahkan ditawarkan fitur-fitur andal yang terkadang tak bisa ditemukan pada ponsel merek lain.


Apple sendiri sudah memproduksi beragam seri iPhone. Ada iPhone 12, iPhone 13, hingga iPhone 14 Pro Max. Jika ragam serinya membingungkan, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan. Kami akan mengulas tips memilih serta berbagi rekomendasi iPhone terbaik untuk Anda. Selamat membaca!

Diperbaharui 11-14-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Daftar isi

Cara memilih iPhone

Kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan saat memilih iPhone. Check it out!

① Pastikan tipe iPhone yang Anda pilih kompatibel dengan iOS terbaru

Pastikan tipe iPhone yang Anda pilih kompatibel dengan iOS terbaru

Saat ingin membeli sebuah iPhone, pertimbangkanlah apakah iPhone tersebut masih bisa dipakai untuk beberapa tahun ke depan. Hal ini bukan tanpa alasan karena produk keluaran Apple memang rata-rata awet hingga bertahun-tahun.


Saat ini iPhone sudah dibekali dengan iOS 16 sebagai sistem operasi yang terbaru. Namun, iPhone keluaran lama pun bisa menerima update-an iOS terbaru hingga waktu 5–6 tahun setelah tahun rilisnya. Kira-kira iPhone apa saja yang worth it untuk Anda beli pada tahun ini dan tahun 2023 nanti?


Berikut daftar iPhone baru dan lama yang masih mendapat update iOS terbaru (iOS 16):

  • iPhone 8, 8 Plus, SE (generasi ke-2), SE (generasi ke-3) 
  • iPhone X, Xr, Xs, Xs Max
  • iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max
  • iPhone 12 mini, 12, 12 Pro, 12 Pro Max
  • iPhone 13 mini, 13, 13 Pro, 13 Pro Max
  • iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, 14 Pro Max

② Periksa chipset yang terpasang

Periksa chipset yang terpasang
Sumber: ibox.co.id

Selain sistem operasi, chipset juga faktor penting yang memengaruhi performa iPhone. Jika sistem operasi adalah perangkat lunak, chipset adalah perangkat keras. Chipset berfungsi menghubungkan berbagai hardware dan mengatur pemrosesan data dalam iPhone.


Chipset iPhone terbaru ditandai dengan angka. Makin besar angkanya, makin baru pula versinya. Fitur dan kemampuannya pun lebih canggih. 


Berikut ini daftar chipset Apple beserta seri iPhone-nya:

  • A16 Bionic pada iPhone 14 Pro, 14 Pro Max
  • A15 Bionic pada iPhone 14, 14 Plus, 13 mini, 13, 13 Pro, 13 Pro Max, SE (generasi ke-3)
  • A14 Bionic pada iPhone 12 mini, 12, 12 Pro, 12 Pro Max

③ Kenali fitur yang ditawarkan

Anda juga perlu memeriksa fitur-fitur menarik yang ditawarkan oleh iPhone. Langsung saja simak detail dari fiturnya masing-masing.

Fitur kamera, hasilkan kualitas gambar dan video seperti profesional

Fitur kamera, hasilkan kualitas gambar dan video seperti profesional
Sumber: ibox.co.id

Bicara soal iPhone memang tidak lepas dari kameranya yang luar biasa. Gambar yang jernih, warna yang natural, dan detail yang tajam menjadi kelebihan iPhone untuk mengalahkan pesaingnya.


iPhone terbaru saat ini dibekali dengan fitur kamera yang makin menarik, terlebih untuk para vlogger dan content creator. Mari kita ulik satu per satu.


  • Video 4K

Untuk para content creator, beauty blogger, maupun vlogger, video bergambar jernih dan stabil adalah kunci konten berkualitas. Nah, dengan fitur 4K, Anda bisa menghasilkan video yang tajam, halus, dan anteng! Untuk video sederhana, Anda bahkan tidak perlu gimbal lagi. Fitur ini bisa Anda nikmati mulai dari iPhone 11.

 

  • Mode sinematik

Kini, Anda bisa membuat video sinematik hanya berbekal iPhone di tangan Anda. Mode sinematik memungkinkan Anda membuat video layaknya film. Kedalaman gambar dan transisi fokusnya superhalus. Fitur ini akan membantu video Anda menyampaikan cerita dengan lebih berkesan. Mode sinematik bisa Anda dapatkan mulai dari iPhone 13.

Dynamic Island, menyajikan cara interaksi yang istimewa

Dynamic Island, menyajikan cara interaksi yang istimewa
Sumber: ibox.co.id

Sesuai namanya, Dynamic Island merupakan sebuah fitur shortcut dinamis yang berfungsi seperti widget. Fitur ini bekerja dengan menampilkan ringkasan aplikasi-aplikasi yang tengah berjalan di iPhone Anda.


Fitur ini bersifat multitasking atau dapat menampilkan multiple fitur sekaligus. Jadi, Anda bisa saja menyetel timer sembari mendengarkan musik dan Dynamic Island akan menampilkannya secara bersamaan. Dynamic Island bisa difungsikan untuk membuka maupun meng-hold aplikasi on going Anda.


Tentunya, seperti ciri khas iPhone, fitur praktis ini juga didukung dengan tampilan animasi yang mulus. Fitur Dynamic Island bisa Anda nikmati di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max, ya.

④ Pilihlah iPhone dengan kapasitas penyimpanan yang sesuai kebutuhan

Pilihlah iPhone dengan kapasitas penyimpanan yang sesuai kebutuhan
Sumber: ibox.co.id

Berbeda dengan Android, iPhone tidak dilengkapi dengan slot kartu memori sehingga Anda tidak bisa menambahkan memori eksternal. Untuk itu, Anda perlu cermat ketika memilih kapasitas iPhone karena selain memengaruhi penggunaan, hal ini akan memengaruhi harga.


  • 64 GB, cocok untuk komunikasi

Kapasitas ini merupakan kapasitas terendah yang mulai jarang ditemukan. Kapasitas 64 GB kami rekomendasikan untuk Anda yang menggunakan iPhone sebagai sarana komunikasi saja.


  • 128 GB, kapasitas ideal

Kapasitas 128 GB merupakan kapasitas ideal untuk penggunaan sederhana. Kapasitas ini cukup untuk menyimpan aplikasi dan game yang yang tidak terlalu berat. Untuk keperluan foto dan video sehari-hari, kapasitas ini juga sudah pas.


  • 256 GB, mendukung produktivitas

Kapasitas yang satu ini cocok untuk Anda yang menggunakan iPhone sebagai pendukung produktivitas. Dengan kapasitas ini, Anda bisa mengambil gambar atau video berkualitas tinggi dengan lebih leluasa. Anda pun bisa mengunduh puluhan hingga ratusan aplikasi untuk mengedit foto/video Anda.


  • 512 GB – 1 TB, cukup berlebihan

Kapasitas terbesar iPhone saat ini ada pada 512 GB dan 1 TB. Kedua kapasitas ini cukup jarang dipilih karena terbilang berlebihan. Hal ini membuatnya lebih cocok untuk Anda yang aktif menggunakan iPhone sebagai seorang vlogger, video editor dan semacamnya. 


Namun, kapasitas iPhone ini bukan satu-satunya jalan untuk menyimpan dokumen. Anda bisa memanfaatkan iCloud yang sudah pasti Anda dapatkan saat membeli iPhone.


Sebagai default, iPhone memberikan 5 GB ruang penyimpanan gratis untuk Anda. Sementara, jika ingin mendapatkan kapasitas yang besar, Anda bisa berlangganan mulai dari Rp 15.000/bulan untuk 50 GB ruang penyimpanan.

⑤ Kenali seri iPhone yang dikeluarkan Apple

Saat memilih iPhone, bayangkan bagaimana Anda akan menggunakannya. Dengan begitu, Anda bisa memilih seri yang paling sesuai. 

iPhone 12, hadirkan kualitas fotografi dan videografi yang menakjubkan

iPhone 12, hadirkan kualitas fotografi dan videografi yang menakjubkan
Sumber: apple.com

iPhone 12 masih bisa dibilang masuk dalam seri terbaru yang digadang-gadang sebagai seri iPhone terlaris pada 2020. Dari segi design, seri iPhone 12 hadir kembali dengan flat design yang menjadi tampilan generasi awal khas iPhone.


Seri iPhone 12 menggunakan chipset A14 Bionic dengan sistem bawaan iOS 14. Chipset ini memiliki performa yang kencang untuk pemakaian sehari-hari. Namun, untuk dipakai bermain game berat, chipset ini sedikit lebih cepat panas.


iPhone 12 unggul dengan kamera mode malamnya, baik pada kamera depan maupun belakang. Smartphone ini memungkinkan Anda untuk merekam video 4K dengan Dolby Vision. Dari segi kualitas, gambar yang dihasilkan akan lebih tajam dengan warna yang lebih natural khas iPhone. Video yang dihasilkan pun akan lebih tenang alias minim getaran.


Untuk baterai, seri iPhone 12 juga lebih efisien ketimbang seri terdahulunya. iPhone 12 cocok untuk Anda yang mencari iPhone dengan harga bersahabat, tetapi memiliki fitur terdekat dari iPhone terbaru.

iPhone 13, dibekali teknologi lebih modern nan canggih

iPhone 13, dibekali teknologi lebih modern nan canggih
Sumber: apple.com

iPhone 13 adalah iPhone terbaru yang dibekali chipset A15 Bionic dengan bawaan iOS 15. Karena merupakan smartphone terbaru, seri iPhone 13 lebih futureproof untuk setidaknya lima tahun ke depan.


Jika dibandingkan seri iPhone sebelumnya, seri iPhone 13 menyajikan upgrade yang lebih kerasa. Baik dari segi performa mesin, daya tahan baterai, dan kamera, Anda akan lebih merasakan perbandingannya.


Untuk Anda yang hobi mengambil video, seri iPhone 13 menambahkan fitur cinematic yang bisa menggerakkan fokus secara otomatis. Anda bisa menghasilkan video layaknya film.


Dari segi baterai, seri iPhone 13 diklaim lebih awet hingga 2,5 jam dibandingkan seri iPhone 12. Namun, dari segi bobot, seri iPhone 13 sedikit lebih berat. iPhone ini juga menggunakan layar Super Retina XDR dengan ProMotion yang memberikan pengalaman grafis luar biasa saat gaming.

iPhone 14, performa makin pro

iPhone 14, performa makin pro
Sumber: apple.com

Yang terbaru, iPhone 14 akhirnya sudah muncul di Indonesia. Seri iPhone ini hadir dengan pilihan iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, 14 Pro Max. Untuk iPhone 14 bentuk dan ukurannya sama dengan iPhone 13. Sementara itu, iPhone 14 Plus, 14 Pro, 14 Pro Max punya layar yang lebih besar.


Hal yang paling menonjol dari iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max ini tentu saja fitur Dynamic Island. Alih-alih menyembunyikan kamera depan yang menghalangi layar, iPhone justru mengubah kekurangan tersebut menjadi fitur terbaru. Layaknya widget, fitur ini membantu pengguna untuk meringkas penggunaan aplikasi.


Seri iPhone 14 dibekali dengan chipset A16 Bionic yang lebih kencang, tetapi 20% lebih low power. Seri ini juga unggul dengan fitur deteksi tabrakan yang bisa menelepon ke nomor darurat saat Anda mengalami kecelakaan. Baterainya pun jauh tahan lama hingga 20 jam.

10 Rekomendasi iPhone terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk iPhone terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Apple

iPhone 13 Pro Max

Apple iPhone 13 Pro Max 1枚目

Baterai tangguh, kuat digunakan sepanjang hari!

2

Apple

iPhone 12 Pro Max

Apple iPhone 12 Pro Max 1枚目

Hasil foto malam hari yang lebih menawan

3

Apple

iPhone 13 Pro

Apple iPhone 13 Pro 1枚目

Menawarkan spesifikasi mumpuni untuk gaming

4

Apple

iPhone SE

Apple iPhone SE 1枚目

Si compact dengan spesifikasi yang pas untuk pengguna sederhana

5

Apple

iPhone 13

Apple iPhone 13 1枚目

iPhone ideal untuk pengguna dengan mobilitas tinggi

6

Apple

iPhone 14 Pro

Apple iPhone 14 Pro 1枚目

Layar always-on untuk melihat informasi dalam sekilas

7

Apple

iPhone 12

Apple iPhone 12  1枚目

Foto lebih cerah dalam keadaaan gelap

8

Apple

iPhone 13 Mini

Apple iPhone 13 Mini 1枚目

Fitur mumpuni dengan ukuran yang pas digenggam

9

Apple

iPhone 14 Pro Max

Apple iPhone 14 Pro Max 1枚目

Spesifikasi maksimal untuk para profesional!

10

Apple

iPhone 14

Apple iPhone 14 1枚目

Performa pro dengan harga yang tak jauh berbeda dari iPhone 13

Perincian produk
Close
No.1

AppleiPhone 13 Pro Max

Mulai dari Rp20.199.000,00

Baterai tangguh, kuat digunakan sepanjang hari!

Kelebihan:

  • Mendukung mode kamera makro untuk foto dan video yang lebih detail
  • Refresh rate adaptif hingga 120Hz menghasilkan animasi yang halus

Kekurangan:

  • Transisi kamera makro saat membuat video dirasa kurang halus oleh beberapa pengguna

Satu lagi rekomendasi iPhone untuk Anda yang supersibuk dan suka fotografi. iPhone 13 Pro Max punya kapasitas baterai besar yang bisa tahan seharian! Kalau Anda orang yang sibuk, iPhone ini cocok untuk mendukung aktivitas padat Anda.


iPhone ini juga menawarkan fitur kamera maksimal yang mendukung mode makro, mode sinematik, Photographic Styles, dan ProRaw. Dengan kemampuan ini, tidak sulit bagi Anda membuat konten berkualitas. Untuk main game pun iPhone ini juga mumpuni berkat kecepatan chipset-nya.

No.2

AppleiPhone 12 Pro Max

Mulai dari Rp20.499.000,00

Hasil foto malam hari yang lebih menawan

Kelebihan:

  • Hasil foto 47% lebih baik dari seri iPhone 12 lainnya

Kekurangan:

  • Refresh rate-nya masih di 60Hz sehingga kualitas pergeseran layarnya kurang smooth untuk game

Satu lagi rekomendasi iPhone untuk Anda yang suka dengan fotografi. iPhone 12 Pro Max menawarkan sensor kamera 47% lebih baik dari seri iPhone 12 sebelumnya. Untuk foto dan video dalam pencahayaan gelap, iPhone ini bisa menyajikan gambar yang berkualitas.


Selain itu, sensor kameranya juga membantu menentukan fokus 6X lebih cepat dengan mengukur jarak perangkat ke objek. Tak cuma dari kamera, iPhone 12 Pro Max ini juga lebih lega dari segi ukuran dan daya tahan baterai.

No.3

AppleiPhone 13 Pro

Mulai dari Rp18.699.000,00

Menawarkan spesifikasi mumpuni untuk gaming

Kelebihan:

  • Refresh rate adaptif hingga 120Hz sehingga gerak animasi game-nya lebih smooth

Kekurangan:

  • Jika di-set ke grafik maksimal pada game besar, cenderung cepat panas (sekitar 40° C)

Jika Anda butuh rekomendasi iPhone yang mumpuni untuk gaming, iPhone 13 Pro pilihannya. Dengan chipset A15 Bionic, loading game yang berat pun bisa berjalan dengan cepat. Untuk grafisnya, iPhone ini sudah dilengkapi layar Super Retina XDR dengan ProMotion.


Fitur tersebut membuat layar memiliki refresh rate yang adaptif hingga 120Hz. Dengan demikian, layar menghasilkan performa grafis yang luar biasa halus saat gaming. Didukung dengan baterai besar, bermain game pun jadi makin menyenangkan.

No.4

Si compact dengan spesifikasi yang pas untuk pengguna sederhana

Kelebihan:

  • Ukurannya compact, bisa dioperasikan dengan satu tangan dan bisa masuk saku
  • Tahan air dan debu dengan rating IP67

Kekurangan:

  • Tidak mendukung fitur MagSafe dan Face ID

Jika Anda mencari iPhone yang tahan air untuk kebutuhan sederhana, kami rekomendasikan iPhone SE. iPhone SE disajikan dengan ukuran mini yang bisa dioperasikan dengan satu tangan saja. Tidak hanya ukuran yang mini, pilihan storage-nya pun tersedia mulai dari 64 GB.


Jadi, untuk Anda yang tidak terlalu membutuhkan fitur yang wah, inilah HP yang ideal. Meski begitu, iPhone ini dibekali dengan chipset A15 Bionic yang masih upgradable untuk beberapa tahun mendatang. Menariknya lagi, iPhone ini juga mampu merekam video 4K dan HD.

No.5

iPhone ideal untuk pengguna dengan mobilitas tinggi

Kelebihan:

  • Hadir dengan mode sinematik dalam ukuran layar yang pas, tidak terlalu kecil maupun besar

Kekurangan:

  • Untuk harga yang cukup jauh di atas iPhone 12, refresh rate-nya masih di 60Hz sehingga perpindahan layarnya kurang smooth

Apakah Anda punya mobilitas tinggi dan sering melakukan aktivitas outdoor? Jika iya, iPhone 13 akan cocok untuk Anda. iPhone 13 memiliki layar OLED cemerlang yang membuatnya terlihat jelas saat di bawah cahaya matahari langsung. Tanpa menaikkan brightness, baterainya akan lebih efisien.


Kameranya sudah didukung dengan mode sinematik seperti iPhone 13 Mini. Namun, dengan layar 6,7", tentunya Anda akan lebih leluasa mengutak-atik foto atau video. Ukuran layar ini juga bisa dibilang lebih handy untuk Anda yang sering take video tanpa gimbal.

No.6

AppleiPhone 14 Pro

Mulai dari Rp19.999.000,00

Layar always-on untuk melihat informasi dalam sekilas

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan fitur Dynamic Island
  • Kamera utamanya sudah 48 MP, resolusi terbesar saat ini
  • Refresh rate adaptif hingga 120Hz

Kekurangan:

  • Saat memutar video dalam mode full screen, Dynamic Island-nya tetap memotong layar

Seri iPhone 14 hadir dengan empat pilihan. Nah, jika Anda mencari spek yang pro dengan ukuran yang sedikit lebih kecil, Anda bisa memilih iPhone 14 Pro. Dari segi fitur, iPhone 14 Pro sama seperti 14 Pro Max dan hanya berbeda pada ukuran layar serta ketahanan baterai.


Sama seperti versi Pro Max-nya, iPhone ini juga dilengkapi dengan fitur always-on display untuk melihat notifikasi dalam sekilas. iPhone 14 Pro cocok untuk Anda yang mencari smartphone yang dinamis dibawa ke mana saja.

No.7

Foto lebih cerah dalam keadaaan gelap

Kelebihan:

  • Night mode pada kamera depan dan belakang

Kekurangan:

  • Refresh rate-nya masih di 60Hz sehingga kualitas pergeseran layarnya kurang smooth


Jika Anda sering berfoto, kami merekomendasikan iPhone 12. iPhone 12 merupakan salah satu iPhone dengan kamera terbaik. Kedua kameranya mendukung night mode. Saat dalam kondisi minim cahaya, hasil foto Anda tetap cerah dan tajam.


Untuk kualitas video, iPhone 12 memungkinkan Anda untuk merekam, mengedit, dan memutar video berkualitas Dolby Vision. Gambar yang Anda hasilkan akan cerah dan tajam. iPhone 12 cocok dan ideal untuk content creator pemula.

No.8

AppleiPhone 13 Mini

Mulai dari Rp13.199.000,00

Fitur mumpuni dengan ukuran yang pas digenggam

Kelebihan:

  • Fiturnya menyamai iPhone 13, tetapi dengan ukuran yang lebih compact

Kekurangan:

  • Ukuran layarnya kurang memuaskan untuk kepentingan editing

Kalau Anda mencari iPhone dengan ukuran yang lebih handy, tetapi fitur yang mumpuni, kami rekomendasikan iPhone 13 Mini. Fitur iPhone ini menyerupai iPhone 13 dan chipset-nya sudah A15 Bionic yang supercepat. 


iPhone ini punya layar OLED yang lebih cemerlang, lebih berwarna, dan tajam. Rentang warnanya bahkan seluas bioskop. iPhone ini cocok untuk Anda yang suka membuat konten. Namun, agar leluasa, ada baiknya proses editing-nya Anda lakukan di laptop, ya.

No.9

AppleiPhone 14 Pro Max

Mulai dari Rp21.999.000,00

Spesifikasi maksimal untuk para profesional!

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan fitur Dynamic Island untuk notifikasi dan widget yang lebih atraktif
  • Kamera utamanya 48 MP dan menunjang format ProRaw layaknya kamera profesional
  • Memiliki sertifikasi IP68 tahan air dengan maksimal kedalaman 6 meter selama 30 menit

Kekurangan:

  • Saat memutar video dalam mode full screen, Dynamic Island-nya tetap memotong layar

Jika Anda menginginkan smartphone dengan spesifikasi pro dan memiliki budget lebih, sebaiknya langsung saja pilih iPhone 14 Pro Max. Kualitas kamera HP ini lebih menonjol daripada seluruh seri iPhone lainnya.


Resolusi kameranya empat kali lebih besar dengan dukungan format ProRaw yang membuat detail foto Anda akan serupa kamera digital. Anda juga bisa mengambil video berkualitas HDR 4K 24 fps dengan kualitas standar industri film. Benar-benar iPhone untuk content creator!

No.10

AppleiPhone 14

Mulai dari Rp15.999.000,00

Performa pro dengan harga yang tak jauh berbeda dari iPhone 13

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan Deteksi Tabrakan, sebuah fitur keselamatan terbaru
  • Dilengkapi mode aksi untuk video yang lebih stabil dalam gerak cepat

Kekurangan:

  • Ukuran layar dan refresh rate-nya sama persis dengan iPhone 13 sehingga perbedaannya tidak terlalu kentara

Ingin ikut hype dengan seri iPhone 14, tetapi punya budget terbatas? iPhone 14 bisa jadi alternatif Anda. Harganya tak jauh dari iPhone 13. Dari segi fitur, iPhone 14 sedikit menyamai "kakaknya", yaitu iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Pengecualiannya adalah dalam hal chipset, Dynamic Island, dan ketahanan baterai.


Dari segi kamera, iPhone 14 sudah dilengkapi dengan Photonic Engine yang meningkatkan kualitas foto di pencahayaan rendah serta mode aksi untuk video yang lebih stabil. Anda hampir tidak butuh gimbal! Sayangnya, fitur canggih ini masih dibungkus dengan refresh rate hanya 60Hz yang dinilai nanggung dan terasa sama seperti iPhone 13.

Baca juga rekomendasi aksesori untuk iPhone di sini

Selain ulasan iPhone, kami juga telah menyiapkan rekomendasi casing iPhone dan tempered glass untuk Anda. Yuk, kunjungi artikel di bawah ini untuk ulasan selengkapnya!

Kesimpulan

Kami telah mengulas beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum membeli iPhone. Kami juga merekomendasikan produk-produk pilihan untuk jadi pertimbangan Anda. Apakah Anda sudah menemukan iPhone yang ingin segera dibawa pulang?


Kualitas iPhone tidak perlu diragukan lagi meski harganya relatif tinggi. Maka dari itu, pilihlah iPhone yang masih layak digunakan hingga beberapa tahun ke depan. Anda dapat menggunakan tips yang kami berikan agar tidak salah ketika memilih produknya.

5 Rekomendasi iPhone terbaik

No. 1AppleiPhone 13 Pro Max

No. 2AppleiPhone 12 Pro Max

No. 3AppleiPhone 13 Pro

No. 4AppleiPhone SE

No. 5AppleiPhone 13

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer