• 10 Rekomendasi Meteran Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Meteran Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Meteran Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Meteran Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Meteran Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Meteran Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Meteran merupakan alat yang sangat berguna untuk beragam aktivitas, mulai dari keperluan sehari-hari hingga kebutuhan pertukangan. Karena itu, Anda sebaiknya memiliki meteran sendiri di rumah agar bisa digunakan jika sewaktu-waktu diperlukan. Namun, ada banyak sekali jenis meteran yang tersedia di pasaran sehingga mungkin membingungkan Anda untuk memilihnya.


Di artikel ini, kami akan memberikan tips dalam memilih meteran yang paling sesuai untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk meteran terbaik dari berbagai merek, antara lain dari Krisbow, Nankai, dan Bosch. Selamat membaca! 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 20 April 2022
Daftar isi

Cara memilih meteran

Saat memilih meteran, Anda harus mempertimbangkan berbagai faktor agar produk yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih meteran yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Pilih berdasarkan tipenya

Pilih berdasarkan tipenya

Secara garis besar, ada dua tipe meteran yaitu meteran konvensional dan digital. Meteran konvensional merupakan alat ukur yang mengharuskan penggunanya membaca sendiri hasil pengukuran. Umumnya, meteran dibuat dalam dua satuan ukuran yakni meter dan inci. Namun, ada beberapa produk yang mencantumkan satuan centimeter untuk memudahkan pengguna. 


Sementara itu, meteran digital memanfaatkan sinar laser untuk mengukur sesuatu. Hasil pengukurannya akan ditampilkan di layar. Alat ini memungkinkan pengguna untuk mengukur dalam hitungan detik. Penggunanya juga tidak perlu bergerak jauh karena hanya butuh mengarahkan sinar lasernya saja.


Di sisi lain, masing-masing tipe tetap memiliki kekurangan. Meteran konvensional memang lebih merepotkan, tetapi biasanya memiliki harga yang lebih murah. Meteran seperti ini cocok untuk digunakan dalam rumah tangga. Sementara itu, meteran digital lebih praktis, tetapi harganya cukup mahal. Meteran digital umumnya banyak digunakan untuk aktivitas khusus. Pilihlah tipe meteran yang paling tepat untuk Anda.

Sesuaikan dengan objek yang ingin Anda ukur

Selain memilih berdasarkan tipenya, Anda perlu menyesuaikan meteran dengan objek yang ingin Anda ukur. Kami akan menjelaskan dengan lebih detail di bawah ini.

Meteran gulung: Untuk mengukur lingkar tubuh

Meteran gulung: Untuk mengukur lingkar tubuh

Salah satu fungsi meteran yang sering digunakan sehari-hari adalah untuk mengukur lingkar tubuh. Anda dapat memilih meteran gulung plastik dengan harga terjangkau yang mudah ditemukan di mana-mana. Selain itu, meteran gulung juga sering digunakan oleh penjahit untuk mengukur pakaian. Meteran ini dapat ditemukan dalam ukuran yang beragam. Namun, untuk kebutuhan rumahan, Anda cukup memilih produk yang berukuran satu meter hingga dua meter. 

Meteran dengan hook: Untuk mengukur benda

Meteran dengan hook: Untuk mengukur benda

Meteran juga sangat dibutuhkan untuk mengukur benda. Akan lebih baik bila Anda memilih meteran yang simpel dan multifungsi. Jenis meteran yang terbuat dari besi tidak kalah populer dengan produk berbahan plastik. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya karena cukup berisiko melukai kulit. Agar meteran tidak mudah goyah saat dipakai mengukur, pilihlah produk dengan hook di ujungnya. Selain itu, sebaiknya Anda memilih produk dengan mekanisme penguncian yang mampu menahan tape ruler sesuai keinginan. 

Meteran digital: Untuk mengukur jarak

Meteran digital: Untuk mengukur jarak

Meteran juga sering digunakan untuk mengukur jarak bangunan, terutama oleh arsitek dan tukang. Namun, tentu cukup merepotkan bila Anda harus mengukur jarak dengan meteran konvensional. Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda sering mengukur jarak, pilihlah meteran digital yang memakai laser. Selain lebih mudah digunakan, waktu yang diperlukan untuk mengetahui jarak pun hanya beberapa detik.

Periksa total panjang pengukurnya

Periksa total panjang pengukurnya

Poin selanjutnya dalam memilih meteran yaitu memperhatikan panjang maksimal yang dapat diukur oleh suatu produk. Agar penggunaan meteran tepat sasaran, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. 


Untuk aktivitas sehari-hari, seperti menjahit atau mengukur lingkar tubuh, Anda bisa memilih meteran berukuran satu setengah meter hingga dua meter. Sementara itu, untuk kegiatan yang melibatkan pengukuran benda, seperti pertukangan, pilihlah meteran sepanjang dua meter hingga lima meter.


Namun, jika Anda membutuhkan ukuran yang lebih panjang, banyak juga produsen yang menyediakan ukuran di atas lima meter. Selain itu, pastikan penanda ukurannya dapat terlihat jelas, baik angka maupun garisnya.


Jika Anda memilih meteran konvensional, perhatikan bahan dan ketebalan pita pengukurnya. Meteran yang tipis akan mudah patah atau tertekuk sehingga dapat mengubah bentuk asli dan putaran porosnya. Anda sebaiknya memilih meteran dengan perputaran yang halus agar lebih awet. Di sisi lain, Anda yang memilih meteran digital harus memperhatikan kualitas laser, serta jenis baterai yang digunakan. 

Perhatikan dimensi dan kemasan produk

Selanjutnya, jangan lupa untuk memperhatikan kemasan dan dimensi dari meteran incaran. Agar lebih tahan lama, Anda perlu mengecek kualitas casing atau kemasan meteran yang akan dipilih. Akan lebih baik jika Anda memilih meteran dengan casing yang tebal dan tidak mudah pecah bila terjatuh.


Di samping itu, sesuaikan juga dimensinya dengan kebutuhan Anda. Meteran kecil atau yang pas di saku akan lebih praktis untuk Anda yang mobilitasnya tinggi. Selain tidak boros tempat, meteran kecil juga ringan, tetapi fungsinya tetap optimal. Sementara itu, meteran berukuran besar akan lebih pas untuk diletakkan di area kerja. 

10 Rekomendasi meteran terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh meteran terbaik dari berbagai merek untuk Anda. Untuk mendapatkan produk yang tepat, Anda bisa menggunakan tips di atas sebagai referensi. Selamat memilih!

10
TipeKonvensional
Panjang pengukur1,5 meter
Saran penggunaanMengukur tinggi badan/lingkar tubuh, menjahit, mengukur benda
9
TipeKonvensional
Panjang pengukur1,5 meter
Saran penggunaanMengukur tinggi badan/lingkar tubuh, menjahit, mengukur benda
8
TipeKonvensional
Panjang pengukur2 meter
Saran penggunaanMengukur tinggi badan/lingkar tubuh, menjahit, mengukur benda
7
TipeKonvensional
Panjang pengukur1,5 meter
Saran penggunaanMengukur tinggi badan/lingkar tubuh, menjahit, mengukur benda
6
TipeKonvensional
Panjang pengukur5 meter
Saran penggunaanMengukur benda, tinggi badan, jarak
5

NankaiMeteran Digital 40M

010 - 02

Mulai dari Rp 360.000,00

TipeDigital
Panjang pengukur40 meter
Saran penggunaanMengukur jarak
4

TekiroMeasurement Tape Transparent 3M

GT-MT1718

Mulai dari Rp 38.000,00

TipeKonvensional
Panjang pengukur3 meter
Saran penggunaanMengukur benda, tinggi badan, jarak
3
TipeDigital
Panjang pengukur40 meter
Saran penggunaanMengukur jarak
2
TipeManual dan digital
Panjang pengukur2,5 meter
Saran penggunaanMengukur benda, mengukur jarak
1
TipeDigital
Panjang pengukur20 meter
Saran penggunaanMengukur jarak

Tabel perbandingan produk meteran terbaik

Gambar produk
1
Krisbow Laser Distance Meter 20M 1

Krisbow

2
Nankai Waterpass Level 3 in 1 1

Nankai

3
Bosch GLM 40 Professional 1

Bosch

4
Tekiro Measurement Tape Transparent 3M 1

Tekiro

5
Nankai Meteran Digital 40M 1

Nankai

6
Joyko Pocket Ruler 1

Joyko

7
Deli Meteran Mini Plastik 1

Deli

8
Ataru Tape Measure 2M 1

Ataru

9
Cindy Meteran Gulung Mini Flower 1

Cindy

10
Meteran Gulung Putar 1

Nama produk

Laser Distance Meter 20M

Waterpass Level 3 in 1

GLM 40 Professional

Measurement Tape Transparent 3M

Meteran Digital 40M

Pocket Ruler

Meteran Mini Plastik

Tape Measure 2M

Meteran Gulung Mini Flower

Meteran Gulung Putar

Keunggulan

Mudah digunakan oleh pemula sekaligus profesional

Tiga metode pengukuran dalam satu alat

Sahabat ideal para profesional

Lebih praktis dengan hook di dua sisi

Bebas repot saat mengukur

Tahan pecah sehingga lebih awet

Terbuat dari plastik fiberglass, bebas kerut dan kusut

Desain simpel dengan ukuran compact

Bentuknya imut. Bisa dijadikan gantungan kunci!

Simpel dan ekonomis, serta mudah dipakai

Harga mulai dariRp 711.700,00Rp 72.000,00Rp 1.148.000,00Rp 38.000,00Rp 360.000,00Rp 27.600,00Rp 19.900,00Rp 39.900,00Rp 19.000,00Rp 3.500,00
TipeDigitalManual dan digitalDigitalKonvensionalDigitalKonvensionalKonvensionalKonvensionalKonvensionalKonvensional
Panjang pengukur20 meter2,5 meter40 meter3 meter40 meter5 meter1,5 meter2 meter1,5 meter1,5 meter
Saran penggunaanMengukur jarakMengukur benda, mengukur jarakMengukur jarakMengukur benda, tinggi badan, jarakMengukur jarakMengukur benda, tinggi badan, jarakMengukur tinggi badan/lingkar tubuh, menjahit, mengukur bendaMengukur tinggi badan/lingkar tubuh, menjahit, mengukur bendaMengukur tinggi badan/lingkar tubuh, menjahit, mengukur bendaMengukur tinggi badan/lingkar tubuh, menjahit, mengukur benda
Tautan produk

Tips menggunakan meteran

Tips menggunakan meteran

Jika Anda menggunakan meteran konvensional, Anda cukup merentangkan pita ukur dari ujung objek yang akan diukur ke ujung lainnya. Anda bisa minta bantuan orang lain untuk menahan ujungnya. Cara lainnya, Anda dapat menggunakan mekanisme penguncian meteran. Perhatikanlah garis meteran yang paling tepat untuk membaca hasil pengukuran objek. 


Sementara itu, untuk menggunakan meteran digital, Anda perlu memastikan bahwa baterainya telah terpasang dan bisa dinyalakan. Setelah itu, tentukan sasaran yang akan diukur dengan laser meteran. Saat menggunakan meteran digital, usahakan untuk menghindari intervensi sinar matahari, serta meminimalkan halangan pada sensor pembaca. Selain itu, pastikan arahnya tegak lurus dengan gerakan seminim mungkin agar hasilnya lebih akurat.

Baca juga rekomendasi perkakas pertukangan lainnya di sini

Selain meteran, masih banyak perkakas pertukangan lain yang mungkin Anda butuhkan. Ingin referensi terkait berbagai perkakas pertukangan lainnya? Baca artikel di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Wah, ternyata ada banyak sekali jenis dan merek meteran yang patut dicoba, ya! Sudahkah Anda menemukan produk meteran yang paling sesuai kebutuhan Anda?


Memilih meteran bukanlah hal yang menyulitkan bila Anda telah mengetahui poin-poin yang perlu diperhatikan. Sebelum menentukan produk yang akan dibeli, pastikan Anda telah mengecek tipe, kegunaan, panjang produk, serta dimensi dan kemasannya. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menemukan meteran terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kunci Ring Pas Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kunci Ring Pas Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti tak asing dengan kunci ring pas. Selain untuk kendaraan, alat ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki benda apa pun yang memiliki baut. Bagi orang awam, Anda mungkin bertanya-tanya, apa itu kunci ring pas dan bagaimana cara kerjanya?Kami akan menjelaskan cara memilih serta rekomendasi merek kunci ring pas yang bagus, seperti Tekiro, Wipro, Stanley, dan Deli. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ayi Adiana. Penasaran dengan detail lebih lanjutnya? Yuk, baca artikel ini secara saksama!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Kapas Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kapas Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kapas pada vape tergabung dalam rangkaian atomizer atau alat untuk mengubah liquid menjadi uap. Pada prosesnya, kapas yang sudah menyerap liquid akan dipanaskan oleh coil hingga menghasilkan uap. Uap inilah yang memberikan rasa bagi pemakainya. Namun, kapas yang digunakan tidak boleh sembarangan karena dapat memengaruhi rasa liquid.Di sini kami akan mengulas cara memilih kapas vape. Selanjutnya, kami juga merekomendasikan merek kapas vape yang bagus seperti Atomix, Cotton Bacon, dan Holy Fiber. Harganya pun beragam, mulai dari yang murah hingga mahal. Penasaran seperti apa? Mari simak artikel ini sampai habis!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin las merupakan alat yang dipakai untuk menyatukan logam besi hingga menjadi bentuk yang diinginkan. Ada beberapa jenis mesin las, yakni las listrik, las karbit, dan las laser. Untuk las listrik, Anda masih memiliki beberapa jenis pilihan lagi, seperti las MMA, las TIG, atau las MIG.Di artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan masing-masing dan memberikan beberapa tips cara memilihnya. Selain itu, ada juga rekomendasi produk mesin las terbaik yang barangkali membantu Anda menemukan produk yang cocok. Semuanya adalah merk mesin las yang bagus, seperti Lakoni, Daiden, dan Multipro.
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Tool Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tool Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tool kit adalah set perkakas yang dikemas dalam boks. Perkakas, seperti obeng, tang, sampai palu, memang lekat dengan kegiatan pertukangan. Namun, sebenarnya hand tools tersebut juga bermanfaat dalam kebutuhan sehari-hari, di antaranya untuk memperbaiki mobil, motor, dan sebagainya. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara memilih tool kit yang bagus. Kami juga akan membagikan rekomendasi tool kit terbaik dari berbagai brand. Produk dari merek tool kit terbaik, seperti Krisbow, Tekiro, dan lainnya, ada dalam rekomendasi kami. Baca terus artikel ini untuk menemukan tool kit lengkap sesuai kebutuhan Anda!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Obeng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Obeng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Obeng adalah salah satu perkakas pertukangan yang mungkin sudah sering Anda temukan. Alat ini digunakan untuk mengencangkan dan melepaskan sekrup atau baut. Untuk menggunakannya, Anda harus memastikan tipe dan ukurannya sesuai dengan sekrup. Obeng kecil untuk HP tentu tidak dapat Anda gunakan untuk sekrup berukuran besar.Selain itu, ada beberapa tipe mata obeng, seperti obeng plus dan obeng minus. Lalu, bagaimana cara memilih obeng yang tepat? Kami akan memberikan tips dan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, seperti TEKIRO, NANKAI, dan STANLEY. Simak selengkapnya berikut ini!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Meteran Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meteran Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apa itu meteran roll? Meteran roll adalah alat pengukur panjang berupa pita meteran yang ditempatkan dalam suatu casing. Lalu, meteran roll digunakan untuk mengukur apa? Meteran roll digunakan mengukur panjang suatu benda atau bidang tertentu, misalnya furniture, dinding, tanah, kain, dan sebagainya. Meteran roll atau meteran gulung memiliki beragam bahan dan ukuran. Untuk membantu Anda menemukan produk terbaik, kami akan membagikan tips memilih meteran roll yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi meteran roll terbaik dari merek Tekiro, SNDWAY, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Hand tools
  • 10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tang potong kabel merupakan alat yang dirancang untuk memudahkan Anda memotong kabel. Dengan alat ini, Anda akan mendapatkan potongan kabel yang rapi. Ada tiga tipe tang potong kabel yang diproduksi oleh berbagai manufaktur. Beberapa merek yang dikenal di antaranya adalah Krisbow, Tekiro, dan Nankai.Bagaimana cara memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda mendapatkan produk yang sesuai, simaklah poin-poin berikut ini. Setelah itu, simak juga rekomendasi produk tang potong kabel terbaik yang telah kami susun untuk Anda. Selamat membaca!
    Hand tools
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori