• 10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Furnitur yang menggunakan bahan kayu masih menjadi pilihan banyak orang. Selain kuat, bahan kayu juga tampak lebih klasik dan elegan. Agar makin cantik dan tahan lama, sebaiknya lapisi furnitur kayu Anda dengan cat. Anda bisa pilih warna putih, coklat, atau warna lain favorit Anda.


Anda juga bisa menemukan cat kayu anti air yang mampu menahan rembes air. Jadi, jangan lewatkan tips memilih beserta rekomendasi produk cat kayu terbaik di artikel ini. Selain cat kayu Avian, Mowilex, dan Propan, masih banyak lagi produk cat kayu dengan berbagai rentang harga. Yuk, disimak!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Lusitris
  • Pembaharuan terakhir: 24 Februari 2021
  • 8.734 Views
Daftar isi

Cara memilih cat kayu

Memilih cat kayu sebaiknya jangan hanya berdasarkan warna saja. Ada beberapa hal lain yang juga perlu Anda perhatikan.

Pilih jenis cat berdasarkan bahan pelarutnya

Salah satu perbedaan produk cat kayu satu dengan yang lain adalah bahan pelarutnya. Masing-masing bahan memiliki karakteristik yang tidak sama. Oleh karena itu, Ada baiknya Anda kenali terlebih dahulu perbedaannya.

Solvent based: Hasil akhir lebih tajam dan mengilap!

Solvent based: Hasil akhir lebih tajam dan mengilap!

Cat kayu jenis solvent based menggunakan bahan organik atau sering juga dikenal dengan VOC (volatile organic compound). Biasanya, bahan cat ini mengandung bahan mineral, seperti formalin, merkuri, dan timbal. Salah satu ciri cat ini adalah memiliki aroma yang menyengat. Untuk melarutkannya, Anda membutuhkan pelarut organik berbasis minyak, seperti spiritus, tiner, atau terpentin. 


Cat kayu solvent based memiliki kelebihan, yakni hasil akhir dengan warna yang lebih tajam dan mengilap. Jenis ini juga lebih tahan jamur. Akan tetapi, solvent based juga memiliki kekurangan. Senyawa organik di dalamnya mudah menguap dan dapat memberikan efek buruk bagi manusia. 


Bila senyawa ini terhirup, dalam jangka pendek bisa mengakibatkan pusing, iritasi kulit, dan mual. Sementara itu, dalam jangka panjang dapat berakibat gangguan organ dalam sampai meningkatkan risiko kanker. Oleh sebab itu, cat dengan pelarut jenis ini sangat tidak direkomendasikan untuk produk yang mensyaratkan keamanan tinggi. Sebagai contoh, produk mainan anak-anak, boks bayi, dan lainnya.

Water based: Cepat kering dan ramah lingkungan

Water based: Cepat kering dan ramah lingkungan

Water based adalah jenis cat dengan teknologi terbaru dan lebih aman untuk digunakan. Anda hanya perlu menggunakan air bersih saja sebagai pelarutnya. Cat ini lebih cepat kering dan aromanya pun tidak menyengat. Selain lebih ramah lingkungan, cara aplikasi cat water based juga lebih fleksibel. Anda bisa menggunakan kuas, roll, ataupun spray dengan lebih mudah. Akan tetapi, warna yang dihasilkan oleh cat jenis ini tidak setajam dan semengilap cat solvent based.

Pertimbangkan lokasi furnitur kayu ditempatkan

Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi di mana furnitur kayu Anda letakkan. Hal itu karena akan memengaruhi ketahanan cat dan kayu terhadap kondisi cuaca.

Untuk outdoor, cat waterproof lebih awet

Untuk outdoor, cat waterproof lebih awet

Cat waterproof adalah pilihan paling tepat untuk furnitur kayu yang Anda letakkan di luar ruangan. Alasannya adalah karena cat jenis ini dapat melindungi kayu dari sinar matahari dan hujan. Perubahan cuaca yang ekstrem secara terus menerus dapat mengakibatkan kayu lebih mudah berlumut, berjamur, dan lapuk. Jika menggunakan cat jenis ini, pastinya pagar kayu atau kursi taman Anda akan lebih awet.

Untuk indoor, cat pelitur lebih cantik

Untuk indoor, cat pelitur lebih cantik

Furnitur di dalam ruangan jauh lebih mudah perawatannya sebab lebih terjaga kondisinya. Anda bisa lebih mudah mengatur udaranya agar tidak terlalu lembap atau panas sehingga tidak merusak furnitur kayu. Untuk itu, Anda bisa fokus memilih jenis cat yang menonjolkan kecantikan furnitur kayu tersebut. Cat kayu pelitur atau cat kayu warna solid adalah jenis cat yang cocok Anda gunakan. Meja, kursi, lemari, atau furnitur lainnya akan tampak lebih cantik dan menawan.

Sesuaikan cat dengan karakter kayu

Sesuaikan cat dengan karakter kayu

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah karakter kayu. Hal itu karena tiap jenis kayu memiliki karakter serat dan kandungan kimia yang berbeda. Kayu yang memiliki karakter halus dan rata seperti kayu jati tidak membutuhkan banyak polesan. Anda hanya perlu memberikan sedikit sentuhan agar kayu makin mengilap dan menonjolkan kecantikannya. Untuk kayu jenis ini, Anda bisa menggunakan cat water based.


Cat kayu water based memberikan warna yang lebih natural dan transparan pada kayu. Hal itu akan membuat kayu tampak lebih cantik dan mewah tanpa menghilangkan karakter asli kayu itu sendiri. Sementara itu, untuk jenis kayu yang memiliki serat dan warna yang tidak rata, Anda perlu sedikit menyiasatinya. Salah satu jenis kayu yang bertekstur tidak rata adalah kayu dari pohon pinus. Akan lebih baik bila Anda mengecat kayu jenis ini dengan cat kayu yang bersifat primer coat. Primer coat dapat mengisi tiap pori-pori kayu sehingga dapat meningkatkan penampilannya.

Pastikan warna cat kayu sudah sesuai

Pastikan warna cat kayu sudah sesuai

Memilih warna cat kayu juga membutuhkan trik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tiap jenis kayu memiliki serat dan warna yang tidak sama. Oleh karena itu, tiap jenis kayu juga memiliki hasil akhir yang berbeda meski dicat menggunakan warna yang sama. 


Sebaiknya, jangan terlalu terpaku pada kartu warna yang disediakan oleh toko ataupun produsen cat. Anda bisa mencoba mengaplikasikan cat yang Anda pilih pada potongan kayu sebelum mengaplikasikannya secara keseluruhan. Bila warna yang dihasilkan sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda bisa membelinya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi cat kayu terbaik

Sekarang, Anda jadi lebih paham cara memilih cat kayu, bukan? Selanjutnya, silakan simak ulasan beberapa produk cat kayu terbaik rekomendasi dari kami khusus untuk Anda.

10
Jenis catSolvent based
PenggunaanIndoor, outdoor
9

Trico PaintKUDA TERBANG SYNTHETIC GLOSS ENAMEL

Mulai dari Rp 10.000,00

Jenis catSolvent based
PenggunaanTidak disebutkan
8
Jenis catSolvent based
PenggunaanTidak disebutkan
7
Jenis catSolvent based
PenggunaanTidak disebutkan
6
Jenis catSolvent based
PenggunaanIndoor, outdoor
5
Jenis catWater based
PenggunaanIndoor, outdoor
4
Jenis catWater based
PenggunaanIndoor, outdoor
3
Jenis catWater based
PenggunaanIndoor, outdoor
2
Jenis catWater based
PenggunaanIndoor
1
Jenis catSolvent based
PenggunaanTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk cat kayu terbaik

Gambar produk
1
Avian  Cat Kayu dan Besi  1

Avian

2
Mowilex Woodstain 1

Mowilex

3
Propan GO FAST A-1000 1

Propan

4
NIPPON  WOODSTAIN 1

NIPPON

5
Propan ACRYLUX 1

Propan

6
Puffin  Alkyd Enamel Supergloss 1

Puffin

7
Mataram Paint EMCO LUX 1

Mataram Paint

8
Dulux  V-Gloss 1

Dulux

9
Trico Paint KUDA TERBANG SYNTHETIC GLOSS ENAMEL 1

Trico Paint

10
BITAL BITAGUARD QUICK DRY 605 1

BITAL

Nama produk

Cat Kayu dan Besi

Woodstain

GO FAST A-1000

WOODSTAIN

ACRYLUX

Alkyd Enamel Supergloss

EMCO LUX

V-Gloss

KUDA TERBANG SYNTHETIC GLOSS ENAMEL

BITAGUARD QUICK DRY 605

Keunggulan

Cari cat kayu warna putih? Ini dia juara di kelasnya

Kayu makin cantik dengan pilihan warna yang indah

Mantap! Cat ini punya daya lekat yang kuat dan tahan cuaca

Tonjolkan serat asli dari kayu menjadi lebih indah

Aman dan fleksibel, bisa diaplikasikan ke berbagai substrat

Hadir juga dalam kemasan besar, mencapai 20 kg!

Lebih hemat dengan daya tutup dan daya sebar yang tinggi

Pakai roll, kuas, atau spray, hasilnya tetap berkilau sempurna!

Tersedia dalam kemasan yang praktis dan ekonomis

Cepat kering dan dapat diaplikasikan langsung tanpa primer

Harga mulai dariRp 57.000,00Rp 81.650,00Rp 65.000,00Rp 75.000,00Rp 62.000,00Rp 48.800,00Rp 61.500,00Rp 49.000,00Rp 10.000,00Rp 82.000,00
Jenis catSolvent basedWater basedWater based Water basedWater basedSolvent basedSolvent basedSolvent basedSolvent basedSolvent based
PenggunaanTidak disebutkanIndoorIndoor, outdoorIndoor, outdoorIndoor, outdoorIndoor, outdoorTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanIndoor, outdoor
Tautan produk

Baca juga rekomendasi cat tembok di sini

Dari rekomendasi produk cat kayu di atas, apakah ada yang sesuai dengan keinginan Anda? Bila Anda membutuhkan rekomendasi cat lain, kami juga memilikinya. Jadi, jangan lupa untuk cek artikel berikut, ya!

Kesimpulan

Dari artikel ini, kami yakin Anda jadi makin paham hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli cat kayu. Semoga tips dan rekomendasi kami kali ini membantu Anda menemukan produk cat kayu yang cocok.


Dengan memilih cat kayu yang tepat, Anda bisa melindungi dan mempercantik furnitur kayu kesayangan Anda. Furnitur kayu pun jadi lebih awet dan bebas dari lumut, jamur, serta rayap. Jadi, selamat mengecat, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    Pemilihan cat tembok untuk kamar berbeda dengan area luar. Anda membutuhkan cat interior untuk area indoor, sedangkan untuk outdoor Anda membutuhkan cat exterior. Keunggulan cat tembok pun beragam. Ada cat yang mudah dibersihkan, anti noda, hingga tahan cuaca ekstrem.Kami akan berbagi tips agar Anda mendapatkan cat dinding dengan kualitas warna yang bagus. Kami juga merekomendasikan berbagai merek cat tembok paling bagus, seperti Dulux, Nippon Paint, Jotun, Danapaint, dan Paladin. Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar. Temukan cat tembok yang tahan lama dan pas untuk Anda!
    Cat & perlengkapan
    467.261 Views
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Terminal listrik atau power strip biasa digunakan untuk memperbanyak stopkontak (colokan) di rumah Anda. Alat ini sangat membantu ketika Anda ingin menggunakan banyak peralatan elektronik sekaligus. Terminal listrik kini hadir dengan berbagai fitur, seperti terminal listrik dengan USB port, kabel roll, dan banyak lagi.Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi terminal listrik yang telah kami pilih dengan saksama. Terminal listrik merek YUNIOR, Broco, ECLE, BARDI, hingga Xiaomi ada di sini. Simak sampai akhir, ya!
    Cat & perlengkapan
    45.790 Views
  • 10 Cat Akrilik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Cat Akrilik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    Kebanyakan orang menjadikan cat air atau cat minyak sebagai alat lukis. Namun, saat ini cat akrilik mulai menjadi alat lukis alternatif, baik untuk kain, kanvas, maupun plastik. Nah, apakah Anda sudah mengetahui cara memilihnya? Di pasaran cat akrilik hadir dalam berbagai merk, seperti Liquitex, Joyko, atau Reeves.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih cat akrilik yang bagus dan tepat. Tentunya, kami juga akan memberikan rekomendasi cat akrilik terbaik untuk Anda. Agar makin yakin, simak juga komentar watercolorist dan illustrator, Karina Doniho, di artikel ini, ya!
    Cat & perlengkapan
    167.094 Views
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kabel roll merupakan gulungan kabel yang berfungsi untuk menyambung aliran listrik. Kabel roll digunakan saat Anda membutuhkan daya di tempat yang jauh dari jangkauan listrik. Sebut saja untuk menyalakan lampu pada pekerjaan outdoor. Apakah Anda masih bingung dalam memilih kabel roll yang bagus?Kali ini, kami akan membahas produk kabel roll terbaik yang bagus dan dapat dibeli secara online. Produk merk Krisbow, GAO, dan Uticon juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Segera temukan produk kabel roll yang dapat memenuhi kebutuhan Anda!
    Cat & perlengkapan
    46.006 Views
  • 10 Rekomendasi Keramik Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Keramik Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Keramik lantai biasanya terbuat dari tanah liat dan dibentuk menjadi berbagai ukuran, contohnya 40x40 dan 60x60. Keramik lantai dapat digunakan untuk melapisi lantai dapur, kamar mandi, teras, hingga ruang tamu. Ada banyak motif dan warna keramik yang sesuai untuk rumah bergaya klasik hingga minimalis.Untuk membantu Anda memilih, kami telah mengulas tips memilih keramik lantai yang bagus. Setelahnya, kami merekomendasikan keramik lantai motif kayu dari KIA Ceramics dan Wisma Sehati. Ada pula keramik lantai motif batu alam merk Mulia Ceramics yang cocok untuk lantai garasi. Selamat membaca!
    Cat & perlengkapan
    13.496 Views
  • 10 Rekomendasi Bata Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bata Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Seiring dengan perkembangan zaman, material bangunan pun mengalami banyak perubahan, misalnya saja bata ringan. Bata ringan kini menjadi bahan bangunan yang banyak dipakai untuk dinding, menggantikan bata merah dan batako. Karakteristiknya yang tahan air, tahan api, dan ringan membuat bahan ini kian diminati oleh banyak kalangan. Meski begitu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli. Kami akan menjelaskannya untuk Anda dan merekomendasikan sepuluh produk yang bagus, seperti bata ringan Citicon, Bricon dan sebagainya. Simak informasinya dan tentukan produk pilihan Anda!
    Cat & perlengkapan
    3.236 Views
  • 10 Rekomendasi Thinner Cat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Thinner Cat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mau mengecat tembok, jendela kayu, pagar besi, atau bahkan motor Anda? Jangan cuma beli catnya karena Anda juga akan membutuhkan thinner cat. Sudah tahu thinner seperti apa yang harus Anda beli? Thinner cat ada berbagai macam jenis, misalnya thinner untuk cat duco, cat besi, cat kayu, dan sebagainya.Kami akan memberikan tips memilih thinner cat yang bagus beserta rekomendasi produknya. Ada beberapa merek terkenal, seperti Imapala, Cobra, ND, dan sebagainya. Kami juga akan memberikan cara mencampur cat dengan thinner yang benar. Simak sampai selesai, ya!
    Cat & perlengkapan
    5.380 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori