mybest
Loker

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rekomendasi Locker Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Locker Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Locker Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Locker Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Locker Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Locker Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Locker Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Loker atau locker adalah lemari dengan kompartemen yang dilengkapi kunci dan biasanya digunakan untuk keperluan penyimpanan perseorangan. Locker umumnya berupa lemari besi sehingga sanggup melindungi barang di dalamnya dengan baik. Terlebih lagi, locker memiliki kunci dalam beragam tipe sehingga tingkat keamanannya makin tinggi.


Kami akan menjelaskan tips memilih locker di artikel ini. Mulai dari poin-poin untuk memilih locker sampai rekomendasi produk, semuanya ada. Kami juga mengulas locker merek Krisbow, Sapporo, dan locker plastik merek Napolly yang best seller. Temukan locker yang bagus dan sesuai kebutuhan!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih locker

Untuk memilih locker yang paling pas, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Poin-poin di bawah ini akan membantu Anda dalam menemukan produk terbaik. Simak baik-baik, ya.

1

Pilih tipe kunci yang praktis untuk Anda

Locker memiliki beragam sistem penguncian, mulai dari yang manual sampai yang elektrik. Namun, produk dengan kunci elektrik seperti RFID belum umum dijumpai di Indonesia. Anda masih bisa memilih produk yang menggunakan cam lock atau kunci digital. Berikut adalah karakteristik dari tiap-tiap tipenya.

Cam lock: Tiap penggunanya memegang anak kunci

Cam lock: Tiap penggunanya memegang anak kunci

Kunci cam lock sering Anda jumpai sebagai sistem pengamanan lemari kabinet. Sama seperti lemari kabinet, locker pada umumnya juga terdiri dari beberapa kabinet yang memiliki pintu. Jadi, tipe kunci ini juga cocok digunakan pada locker. Cara kerjanya mirip dengan kunci silinder pada pintu. Anda membutuhkan anak kunci untuk membuka dan mengunci locker.


Jumlah kuncinya sama dengan jumlah pintu pada locker. Tiap kunci didedikasikan untuk tiap pintu. Pengguna tidak bisa membuka dan mengunci pintu lain dengan anak kunci yang sama. Meski begitu, terdapat kunci master yang bisa membuka semua pintu. Kunci master biasanya diberikan kepada pemilik locker. Kunci tersebut berguna saat terdapat pintu yang anak kuncinya hilang.

Digital: Dioperasikan dengan kode angka

Digital: Dioperasikan dengan kode angka

Tipe ini tidak mewajibkan pengguna locker untuk memegang anak kunci. Tiap pintunya bisa dibuka dan dikunci dengan kode angka.


Model yang banyak digunakan adalah kombinasi angka. Kombinasi digit angka yang tepat akan bisa membuka pintunya. Selain itu, kunci tipe digital bisa menggunakan model keypad. Tidak perlu memutar setiap digit angka secara manual, pengguna cukup menekan tombol-tombol angka.


Namun, beberapa produk tetap dilengkapi dengan kunci cam lock. Mirip dengan cam lock, pemilik locker akan diberikan kunci master yang bisa membuka semua pintu. Kunci tersebut berguna untuk pengguna yang melupakan kombinasi angkanya. Setelah dibuka, kunci pintu bisa diatur ulang dengan kode yang baru.

2

Perhatikan area yang tersedia untuk locker

Perhatikan area yang tersedia untuk locker

Perlu diketahui bahwa rata-rata locker memiliki ukuran lebar dan tinggi yang tidak jauh berbeda. Kisaran ukuran lebarnya adalah 42–51 cm. Sementara itu, ukuran tinggi ada di kisaran 180–185 cm. 


Yang perlu benar-benar Anda perhatikan adalah panjangnya. Ukuran panjang bervariasi, mulai dari sekitar 30 cm hingga 100 cm. Apabila area yang tersedia tidak banyak, Anda dapat memilih locker dengan ukuran panjang paling minimum.


Dengan area yang lebih luas, Anda memiliki opsi lebih banyak dalam memilih panjang locker. Makin panjang produknya, makin banyak jumlah kabinet yang dimiliki. Rata-rata kabinet pada locker memiliki panjang 30 cm. Jadi, Anda sudah bisa memperkirakan jumlah kabinet yang didapatkan melalui ukuran panjang produknya.

3

Ketahui jumlah pintu locker yang akan digunakan

Ketahui jumlah pintu locker yang akan digunakan

Apakah locker akan digunakan untuk publik atau kalangan terbatas? 


  • Locker yang memiliki banyak pintu tentu praktis untuk disewakan ke publik. Dengan satu produk, Anda mendapat lebih banyak pengguna. 

  • Apabila locker digunakan untuk di kantor atau menjadi fasilitas bisnis Anda, sesuaikan jumlah pintu dengan kapasitas maksimal penggunanya. Jadi, akan lebih baik jika Anda telah mengetahui jumlah pengguna locker nantinya. Beberapa produk juga memiliki slot kartu identitas di tiap pintunya. Dengan begitu, setiap kabinet bisa dibuat personal oleh penggunanya.
4

Sesuaikan dimensi per kabinetnya dengan barang yang akan disimpan

Sesuaikan dimensi per kabinetnya dengan barang yang akan disimpan

Menentukan jumlah pintu saja belum sepenuhnya akan memenuhi kebutuhan. Anda juga perlu memperhatikan dimensinya. Dimensi kabinet di locker akan menentukan ragam barang yang bisa disimpan di dalamnya.


Makin banyak pintu pada suatu produk, makin kecil dimensi per kabinetnya. Locker dengan kabinet yang lebih kecil tidak berarti lebih buruk dibandingkan yang besar. Semua bergantung pada jenis barang yang akan disimpan di dalamnya.


  • Jika Anda membutuhkan kabinet dengan rel gantungan pakaian, pilih yang ukurannya cukup tinggi. Kabinet seperti ini biasanya juga dilengkapi dengan kompartemen untuk sepatu. Locker dengan kabinet seperti ini umum dijumpai di fasilitas olahraga.

  • Locker yang ingin digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil tidak membutuhkan ruang kompartemen yang luas. Volume 30 cm kubik sudah dapat menyimpan beragam jenis barang, seperti alas kaki hingga helm.
5

Kenali karakteristik material dari lemari locker

Kenali karakteristik material dari lemari locker
  • Lemari locker besi

Besi paling banyak digunakan sebagai material locker karena sifatnya yang kokoh. Ketebalan pelat besi memberikan keamanan yang dibutuhkan. Makin tebal pelat besinya, makin sulit ditembus strukturnya. Locker dengan pelat besi lebih tebal menawarkan tingkat keamanan lebih tinggi


Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan terjadinya penyok pada besi. Selain itu, besi akan mengalami korosi apabila diletakkan di area yang lembap. Bahkan, besi berpotensi berkarat saat banyak terpapar air. Nah, area penempatan locker bisa menentukan ketahanannya. Letakkan lemari locker besi di tempat bersuhu normal dan jauh dari sumber air demi membuatnya lebih awet.


  • Lemari locker plastik dan kayu

Selain besi, Anda juga bisa menemukan lemari locker plastik dan locker kayu yang lebih ringan dan ekonomis. Namun, kedua bahan ini tidak seawet lemari locker besi. Pertimbangkanlah terlebih dahulu material lemari locker yang sesuai dengan kebutuhan.

6

Pastikan ada ventilasi untuk sirkulasi udara

Pastikan ada ventilasi untuk sirkulasi udara

Setiap pintu locker umumnya ditambahkan ventilasi. Jumlah dan letaknya bervariasi. Fungsi dari lubang-lubang ventilasi pada locker adalah memberikan sirkulasi udara untuk barang di dalamnya. Barang yang bisa meninggalkan bau, seperti alas kaki, pakaian kotor, dan helm tentu membutuhkan aliran udara. Baunya bisa menempel di dalam apabila locker tidak dilengkapi ventilasi.


Bau yang tertinggal tentu akan membuat penggunanya tidak nyaman. Locker dengan ventilasi lebih nyaman digunakan untuk publik. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan produk tanpa lubang sirkulasi udara. Asalkan barang yang disimpan tidak berbau, kabinet di locker akan terhindar dari bau tak sedap. Agar tidak pengap, pintu kabinet yang tidak terpakai sebaiknya dibiarkan tetap terbuka.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi locker terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk locker terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Napolly

CONRA

Napolly CONRA 1

Rp465.000

Agak Murah

Lemari locker plastik yang ringan dan fungsional, tiap laci sudah dilengkapi kunci

2

Uni Home

Rak 5 Susun Loker Kunci

Uni Home Rak 5 Susun Loker Kunci 1

Rp448.000

Agak Murah

Lemari locker kayu yang minimalis, cocok untuk penggunaan di rumah

3

Atria

Loker Sterling Metal

Atria Loker Sterling Metal 1

Rp2.399.000

Menengah

Keutuhan anak kunci akan lebih terjaga karena bisa dilipat

4

Activ

Poku Orc Mono Colour

Activ Poku Orc Mono Colour 1

Rp148.000

Lebih Murah

Lemari locker kayu tanpa pintu untuk tempat penitipan barang

5

Sapporo

Loker Besi 32 Pintu STUTTGART

Sapporo  Loker Besi 32 Pintu STUTTGART 1

Rp5.872.000

Lebih Mahal

Pintunya banyak, memaksimalkan potensi jumlah penggunanya

6

Kozure

Locker Besi 3 PintuKL-3W

Kozure Locker Besi 3 Pintu 1

Rp3.295.400

Agak Mahal

Punya tiga kompartemen, bisa memisahkan lebih banyak barang

7

Krisbow

Locker 1 Doors Single Coloum Red10155038

Krisbow Locker 1 Doors Single Coloum Red 1

Rp2.249.970

Menengah

Gantung baju dan simpan alas kaki di rak terpisah

8

Sapporo

HORISON

Sapporo HORISON 1

Rp4.166.527

Agak Mahal

Lemari horizontal, semua ruang locker jadi mudah diakses!

9

Tiger

Locker Half Height 1 Pintu AyunHM-A5

Tiger Locker Half Height 1 Pintu Ayun 1

Rp1.320.000

Menengah

Lemari locker kecil dengan beragam pilihan warna kekinian

10

Krisbow

Loker 2 Pintu Dengan Kunci Digital

Krisbow Loker 2 Pintu Dengan Kunci Digital 1

Rp1.899.000

Menengah

Menggunakan keypad digital, kuncinya bisa dioperasikan dengan cepat

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

NapollyCONRA

CONRA 1
Sumber: napolly.co.id
Harga referensi
Rp465.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp465.000
Agak Murah

Lemari locker plastik yang ringan dan fungsional, tiap laci sudah dilengkapi kunci

Kelebihan:

  • Bobot ringan dan harga jauh lebih ekonomis
  • Ada roda di bawahnya sehingga mudah digeser
  • Ada dua pilihan warna dan ukuran

Kekurangan:

  • Material tidak sekokoh locker besi dan kayu
  • Menurut beberapa pengguna, lacinya terkadang sulit dibuka tutup

Locker memang identik dengan lemari besi berbobot berat dan sulit digeser. Jika Anda ingin memiliki locker yang ringan dan simpel untuk di rumah, pertimbangkan locker plastik Napolly. Seri CONRA yang best seller ini memiliki tampilan seperti rotan yang estetis, ya. Namun, ternyata materialnya adalah plastik PP!


Locker plastik lebih ringan dan mudah ditempatkan di mana saja. Meski terbuat dari plastik, tiap-tiap laci locker-nya sudah dilengkapi dengan kunci sehingga aman digunakan oleh 4–5 orang secara personal. Selain itu, lemari locker plastik CONRA juga sudah dilengkapi dengan roda.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Uni HomeRak 5 Susun Loker Kunci

Harga referensi
Rp448.000
Agak Murah

Lemari locker kayu yang minimalis, cocok untuk penggunaan di rumah

Kelebihan:

  • Material particleboard grade A, lapisan laminasinya diklaim sangat tahan lama hingga bertahun-tahun
  • Dapat dijadikan lemari multifungsi


Kekurangan:

  • Lebih cocok untuk penggunaan di rumah
  • Tidak ada ventilasi udara


Lemari locker umumnya memiliki desain yang kaku. Jika Anda mencari locker yang multifungsi dapat menjadi lemari penghias interior, produk ini bisa dipilih. Uni Home mempunyai lemari locker kayu yang cocok untuk konsep ruangan minimalis ataupun Scandinavian


Ada beberapa pilihan warna, mulai dari cokelat putih ataupun hitam putih. Tiap kompartemennya sudah dilengkapi dengan kunci sehingga bisa digunakan oleh tiap anggota keluarga. Untuk makin memperindah lemari, di bagian atasnya Anda dapat meletakkan pajangan.

No.3

AtriaLoker Sterling Metal

Harga referensi
Rp2.399.000
Menengah

Keutuhan anak kunci akan lebih terjaga karena bisa dilipat

Kelebihan:

  • Banyak pilihan ukuran dan jumlah pintu locker
  • Ujung anak kunci bisa dilipat ke bagian pegangan sehingga lebih aman
  • Ada beberapa variasi warna handel

Kekurangan:

  • Tidak ada informasi mengenai dimensi per kabinet secara detail

Anak kunci locker memiliki struktur yang tipis. Struktur tersebut membuat anak kunci rentan tertekuk saat menerima beban. Sementara itu, Anda tidak bisa memastikan bagaimana pengguna locker menyimpan anak kuncinya. Untuk menambah kepastian keamanan anak kunci, gunakan saja produk ini. 


Locker Atria ini dilengkapi anak kunci yang bisa dilipat! Dengan melipat ujung anak kunci ke bagian dalam pegangannya, keutuhannya akan lebih terjaga. Anda tidak perlu lagi sering-sering mengganti anak kunci yang rusak akibat penggunaan. Locker ini akan cocok dipakai di sekolah, kantor, atau fasilitas olahraga.

No.4

ActivPoku Orc Mono Colour

Harga referensi
Rp148.000
Lebih Murah

Lemari locker kayu tanpa pintu untuk tempat penitipan barang

Kelebihan:

  • Bisa dijadikan locker kayu tanpa pintu untuk anak TK/SD
  • Bisa dijadikan rak pajangan dan rak buku
  • Desain warna-warni yang ceria

Kekurangan:

  • Tanpa pintu dan kunci, tidak cocok untuk menyimpan barang penting

Locker tanpa pintu sering digunakan untuk tempat penitipan barang sementara atau tempat siswa meletakkan tas di kelas. Dengan kabinet yang terbuka, anak lebih mudah mengambil dan meletakkan barang secara cepat. Locker kayu tanpa pintu ini juga bisa dijadikan rak pajangan dan rak buku anak. Ada pilihan 2, 3, dan 4 kotak dengan warna-warni menarik. Ketiganya dapat disusun dan dikombinasikan!

No.5

Sapporo Loker Besi 32 Pintu STUTTGART

Harga referensi
Rp5.872.000
Lebih Mahal

Pintunya banyak, memaksimalkan potensi jumlah penggunanya

Kelebihan:

  • Locker 32 pintu yang cocok untuk banyak pengguna
  • Ada tiga pilihan warna yang menarik

Kekurangan:

  • Locker ini memiliki tinggi 210 cm sehingga deretan pintu teratas tidak mudah digapai semua pengguna
  • Tidak ada lubang ventilasi, sebaiknya tidak digunakan untuk menyimpan benda yang berbau

Apabila Anda mengedepankan kuantitas, pertimbangkan produk ini. Dengan satu produk saja, Anda sudah bisa memfasilitasi hingga 32 pengguna dalam satu waktu. Lemari locker besi ini cocok digunakan untuk kebutuhan publik ataupun karyawan kantor. Ukuran per kabinet juga cukup untuk menyimpan benda esensial, seperti tas, pakaian ganti, dan dokumen.

No.6

KozureLocker Besi 3 PintuKL-3W

Harga referensi
Rp3.295.400
Agak Mahal

Punya tiga kompartemen, bisa memisahkan lebih banyak barang

Kelebihan:

  • Tiga kompartemen penyimpanan per pintu, termasuk rel gantungan baju
  • Dua pilihan warna

Kekurangan:

  • Posisi kompartemen di bagian atas cukup tinggi sehingga agak sulit digapai

Kabinet pada locker umumnya memiliki dua kompartemen saja. Satu untuk alas kaki dan satunya lagi untuk menggantung baju atau menyimpan barang lain. Nah, kabinet pada locker Kozure ini diberikan satu partisi lagi di atas rel gantungan baju! 


Dengan struktur tersebut, pengguna bisa mengatur barang-barangnya dengan lebih leluasa. Bagian atas bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang yang tidak terlalu sering digunakan. Dengan begitu, kompartemen dengan rel gantungan baju tidak perlu lagi menampung seluruh barang selain alas kaki.

No.7

KrisbowLocker 1 Doors Single Coloum Red10155038

Locker 1 Doors Single Coloum Red 1
Sumber: krisbow.com
Harga referensi
Rp2.249.970
Menengah
Harga referensi
Rp2.249.970
Menengah

Gantung baju dan simpan alas kaki di rak terpisah

Kelebihan:

  • Dua kompartemen penyimpanan dalam satu lemari, termasuk rel gantungan baju

Kekurangan:

  • Hanya cocok digunakan untuk satu orang


Locker satu pintu dapat menjadi tempat penyimpanan eksklusif untuk penggunanya. Locker Krisbow ini memiliki rel gantungan baju untuk Anda menggantung pakaian. Space-nya cukup tinggi sehingga celana dan baju terusan panjang bisa digantung tanpa tertekuk. Selain itu, ada partisi di bawah untuk memisahkan alas kaki dengan pakaian sehingga tetap bersih.

No.8

SapporoHORISON

Harga referensi
Rp4.166.527
Agak Mahal

Lemari horizontal, semua ruang locker jadi mudah diakses!

Kelebihan:

  • Locker dengan ketinggian yang rendah sehingga lebih mudah diakses
  • Ada dua pilihan ukuran dengan banyak pintu

Kekurangan:

  • Locker horizontal lebih memakan tempat
  • Pengguna harus membungkuk untuk mengambil barang


Locker dengan jumlah dua belas pintu atau lebih biasanya didesain dengan susunan vertikal dan memiliki ketinggian. Beberapa pengguna mungkin merasa kesulitan saat ingin mengambil barang di kompartemen teratas. Kalau begitu, bagaimana jika Anda membeli locker berbentuk horizontal saja?


Jika locker berbentuk horizontal, tentu semua pengguna lebih mudah mengakses locker, termasuk anak-anak sekalipun! Sapporo punya seri HORISON untuk kebutuhan Anda. Ada locker dengan dua belas pintu dan lima belas pintu untuk mengakomodasi kebutuhan kantor, lho!

No.9

TigerLocker Half Height 1 Pintu AyunHM-A5

Harga referensi
Rp1.320.000
Menengah

Lemari locker kecil dengan beragam pilihan warna kekinian

Kelebihan:

  • Meski berukuran kecil, ada dua kompartemen di dalamnya
  • Fleksibel diletakkan di mana saja, termasuk digantung di dinding
  • Banyak pilihan warna menarik

Kekurangan:

  • Tidak ada kunci sehingga kurang aman untuk menyimpan barang penting 
  • Pastikan terpasang dengan kuat di dinding karena akan berbahaya jika terjatuh

Keterbatasan space mungkin membuat Anda harus memasang locker di dinding. Maka dari itu, pertimbangkan locker half height dari Tiger ini. Lemari locker kecil ini sudah dilengkapi dengan lubang di bagian punggungnya untuk dapat digantung di dinding. 


Meski begitu, Anda juga bisa meletakkannya di atas meja atau di lantai. Ada empat kaki di bagian bawahnya sehingga lebih mudah dipindahkan. Selain itu, pilihan warna merah tua, biru muda, dan kuning cerahnya akan menambah estetika di ruangan Anda.

No.10

KrisbowLoker 2 Pintu Dengan Kunci Digital

Harga referensi
Rp1.899.000
Menengah

Menggunakan keypad digital, kuncinya bisa dioperasikan dengan cepat

Kelebihan:

  • Menggunakan kunci digital
  • Ada rel gantungan baju

Kekurangan:

  • Belum ada keterangan mengenai sistem kunci master
  • Keterangan soal jumlah digit angka yang bisa digunakan sebagai kode juga belum tercantum
  • Kabinet dengan rel gantungan baju hanya terdapat di pintu atas

Apakah Anda membutuhkan locker dengan sistem penguncian yang cepat dioperasikan? Jangan ragu untuk memilih lemari locker besi dari Krisbow ini. Kuncinya menggunakan keypad digital sehingga pengguna hanya perlu menekan tombol-tombol untuk memasukkan kode angka. Dengan produk ini, lemari besi Anda akan tampil beda dari yang lain.

Baca juga rekomendasi produk tempat penyimpanan barang lainnya di sini

Locker memang ditujukan sebagai tempat penyimpanan pribadi ataupun bersama. Jika Anda membutuhkan produk untuk menyimpan barang penting lainnya, kami memiliki rekomendasinya. Ada rak untuk dokumen, kontainer penyimpanan barang, dan lemari besi. Temukan tempat penyimpanan terbaik untuk barang Anda di artikel-artikel kami berikut ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan locker yang dibutuhkan? Dengan mengetahui tujuan penggunaannya, Anda bisa menentukan locker terbaik. Ada yang cocok ditempatkan di kantor, ada juga yang pas dijadikan fasilitas di tempat usaha. Bahkan, ada yang bisa Anda manfaatkan untuk berbisnis.


Setelah mendapatkan produk yang sesuai, jangan lupa untuk dirawat, ya. Produk yang terjaga kualitasnya akan lebih tahan lama. Selamat memilih locker yang bagus!

5 Rekomendasi Locker terbaik

No. 1: NapollyCONRA

No. 2: Uni HomeRak 5 Susun Loker Kunci

No. 3: AtriaLoker Sterling Metal

No. 4: ActivPoku Orc Mono Colour

No. 5: Sapporo Loker Besi 32 Pintu STUTTGART

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Tempat penyimpanan
  4. 10 Rekomendasi Locker Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.