• 10 Rekomendasi Penghisap Asap Dapur / Cooker Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Penghisap Asap Dapur / Cooker Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Penghisap Asap Dapur / Cooker Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Penghisap Asap Dapur / Cooker Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Penghisap Asap Dapur / Cooker Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Penghisap Asap Dapur / Cooker Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Cooker hood atau penghisap asap dapur adalah produk elektronik rumah tangga yang dipasang di atas kompor. Alat ini berfungsi untuk meredam asap dan aroma yang menyengat saat memasak. Modelnya cukup beragam, ada cooker hood dengan cerobong dan ada pula cooker hood tanpa cerobong.


Cooker hood sebaiknya Anda miliki supaya aktivitas di dapur jadi lebih nyaman. Di artikel ini kami akan mengulas beberapa rekomendasi cooker hood dari MODENA, Electrolux, Rinnai, dan sebagainya. Namun, sebelumnya, bacalah dahulu beberapa tips yang harus diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Pembaharuan terakhir: 05 Februari 2021
Daftar isi

Manfaat memasang penghisap asap dapur / cooker hood

Manfaat memasang penghisap asap dapur / cooker hood

Memasang cooker hood di dapur bukan saja menjadi sebuah tren, melainkan juga kebutuhan. Jika dapur berada di ruang tertutup, udara panas yang dihasilkan saat memasak berputar di ruangan dan itu sangatlah mengganggu. Jadi, memasang pengisap dapur atau cooker hood dapat menjadi solusi supaya Anda bisa memasak dengan nyaman.


Pada prinsipnya, cooker hood berfungsi untuk mengisap asap kotor, aroma menyengat, dan udara panas yang dihasilkan saat memasak. Kemudian, cooker hood akan memprosesnya dan menyalurkannya kembali menjadi udara yang bersih dan sehat. 


Dapur dengan udara yang sehat tentunya akan membuat kreativitas dan produktivitas memasak Anda menjadi meningkat. Manfaat lain dari cooker hood adalah bisa membuat tampilan dapur Anda menjadi lebih cantik. Ditambah lagi, jika cooker hood memiliki fitur lampu, memasak pada malam hari pun tidak menjadi halangan.

Cara memilih penghisap asap dapur / cooker hood

Ada berbagai macam merek cooker hood yang ada di pasaran. Supaya Anda bisa mendapatkan produk yang tepat, berikut ini kami akan membagikan beberapa tips memilih cooker hood.

Sesuaikan ukuran produk dengan kompor

Sesuaikan ukuran produk dengan kompor

Sebelum mulai membeli cooker hood, Anda harus mengukur panjang dan lebar kompor. Jika kompor Anda berbentuk dua tungku, pilihlah cooker hood yang kecil dan panjangnya sesuai dengan panjang kompor. Sebaliknya, jika kompor Anda berbentuk empat tungku, pilihlah cooker hood yang besar. Dengan demikian, asap dari kompor bisa terserap dengan baik.

Tentukan model yang cocok dengan desain dapur

Ada berbagai macam model cooker hood yang dipasarkan. Semuanya memang tampak cantik ketika dipasang di dapur. Namun, supaya tidak salah pilih, cermati dahulu model yang sesuai untuk konsep desain dapur Anda.

Chimney hood, cooker hood dengan cerobong untuk dapur tampak elegan

Chimney hood, cooker hood dengan cerobong untuk dapur tampak elegan

Chimney adalah cooker hood yang bagian atasnya berbentuk seperti cerobong. Daya isap chimney hood sangat bagus sehingga sering dipakai untuk dapur restoran. Cara pemasangan cooker hood ini perlu ditempelkan ke dinding. Karena itu, chimney hood cocok dipasang untuk kompor yang posisinya berhimpitan dengan dinding. Memasang cooker hood model ini bisa membuat tampilan dapur Anda tampak lebih elegan.

Island hood, cooker hood untuk dapur yang luas

Island hood, cooker hood untuk dapur yang luas

Mirip dengan chimney hood, island hood juga berbentuk seperti cerobong di bagian atasnya. Perbedaannya, island hood dipasang dengan cara digantung di tengah dapur. Jika Anda memiliki dapur yang luas dan posisi kompor ada di tengah dapur, island hood adalah pilihan yang tepat.

Visor hood, modelnya sederhana untuk desain dapur konvensional

Visor hood, modelnya sederhana untuk desain dapur konvensional

Visor hood adalah cooker hood tanpa cerobong yang pemasangannya relatif lebih mudah. Cooker hood ini cocok dipasang untuk dapur konvensional yang memiliki kabinet yang sudah terpasang. Kemudian, Anda tinggal menempelkannya di dinding terbuka atau menggantungnya di bawah kabinet dapur. Dibandingkan dengan cooker hood model lainya, harga visor hood lebih terjangkau.

Integrated hood, cooker hood tanpa cerobong untuk dapur minimalis

Integrated hood, cooker hood tanpa cerobong untuk dapur minimalis

Sama dengan visor hood, integrated hood juga merupakan cooker hood tanpa cerobong. Namun, integrated hood bentuknya lebih compact dan pemasangannya lebih rumit. Anda harus memesan kabinet dapur agar ukurannya sesuai dengan cooker hood ini.


Secara sekilas, integrated hood tidak akan mencolok karena seakan tersembunyi di bawah kabinet. Kelebihannya, cooker hood ini membuat dapur Anda tampak cantik dengan desain minimalis.

Downdraft hood, untuk pemasangan yang menyatu dengan meja dapur

Downdraft hood, untuk pemasangan yang menyatu dengan meja dapur

Jika pemasangan cooker hood lainnya digantung di atas dapur, cooker hood satu ini dipasang di dalam meja dapur. Anda harus merancang meja kompor supaya downdraft hood bisa terpasang di dalamnya.


Saat akan memasak, Anda cukup menekan tombol control panel di meja sehingga downdraft hood akan keluar. Kemudian, mesinnya akan bekerja menyerap asap kotor. Namun, cooker hood ini memiliki harga yang paling tinggi dibandingkan model lainnya.

Perhatikan daya hisapnya

Perhatikan daya hisapnya

Setiap cooker hood memiliki kekuatan isap yang berbeda-beda. Jika intensitas memasak Anda cukup sering, carilah cooker hood yang memiliki daya isap tinggi. Namun, artinya kebutuhan listrik Anda akan lebih tinggi juga.


Sebaliknya, jika Anda tidak terlalu sering memasak, cooker hood yang memiliki daya isap sedang sudah sangat cukup. Jumlah daya isap cooker hood adalah meter kubik per jam. Untuk mengetahuinya, perhatikan keterangan airflow yang ada pada setiap produk.

Ketahui letak control panelnya

Ketahui letak control panelnya

Posisi control panel cooker hood berbeda-beda, ada yang terletak di bagian bawah, tetapi ada juga yang di depan mesin. Letak control panel yang mudah dijangkau tentu akan memudahkan Anda mengoperasikannya.


Demi kemudahan, kami merekomendasikan cooker hood dengan control panel di bagian depan. Namun, sebelum membeli, pastikan Anda sudah mengetahui posisi control panel-nya dan sesuaikan dengan kenyamanan Anda.

Pilih yang memiliki fitur lainnya

Pilih yang memiliki fitur lainnya

Supaya lebih hemat listrik, pertimbangkan cooker hood yang memiliki fitur sensor otomatis. Dengan fitur ini, cooker hood akan otomatis menyala ketika mendeteksi adanya asap. Lalu, mesin akan mati sendiri ketika asapnya sudah hilang.


Selain itu, pertimbangkan juga cooker hood yang memiliki fitur lampu. Hal ini mungkin terkesan kurang penting, tetapi bila Anda memasak pada malam hari, fitur lampu sangat diperlukan. Lampu yang digunakan biasanya tidak membutuhkan daya yang besar sehingga tidak akan membuat listrik Anda jadi boros.

Cek juga tingkat kebisingan mesin

Cek juga tingkat kebisingan mesin

Karena bekerja untuk menyerap udara kotor, cooker hood pasti akan mengeluarkan suara ketika beroperasi. Kebisingan suara yang dihasilkan memang berbeda-beda pada setiap produknya. 


Namun, supaya lebih nyaman saat memasak, gunakan cooker hood yang tingkat kebisingannya seperti rata-rata orang berbicara. Sebelum membeli, Anda bisa membaca review pembeli lain untuk mengetahui tingkat kebisingan cooker hood.

10 Rekomendasi penghisap asap dapur / cooker hood terbaik

Selanjutnya, kami akan mengulas beberapa cooker hood yang bisa Anda pilih di bawah ini. Gunakan panduan di atas untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10
ModelChimney
Ukuran90 cm / 75 cm / 60 cm x 50 cm x 56,5–92,5 cm
Daya isap1080 m³ per jam
Fitur lainnyaDua lampu, sensor asap, panas, dan gas
Kebisingan≤56 dB
9
ModelVisor
Ukuran90 cm x 50 cm x 8 cm
Daya isap520 m³ per jam
Fitur lainnyaSatu lampu
KebisinganTidak diketahui
8
ModelVisor
Ukuran60 cm x 50 cm x 10 cm
Daya isap300 m³ per jam
Fitur lainnyaDua lampu, touch control
Kebisingan40 dB
7
ModelIntegrated
Ukuran59,5 cm x 46,3 cm x 20 cm・Dimensi tanam: 54,9 x 28,2 cm
Daya isap350 m³ per jam
Fitur lainnyaDua lampu LED
KebisinganTidak diketahui
6

Blue GasBlue Gaz Cooker Hood Crystal Series

Mulai dari Rp 1.250.000,00

ModelVisor
Ukuran60 cm x 50 cm x 14 cm
Daya isapTidak diketahui
Fitur lainnyaDua lampu LED
KebisinganTidak diketahui
5
ModelVisor
Ukuran64 cm x 17 cm x 32 cm
Daya isap300 m³ per jam
Fitur lainnyaSatu lampu bohlam
KebisinganTidak diketahui
4
ModelVisor
Ukuran89,6 cm x 50 cm x 60 cm
Daya isapTidak diketahui
Fitur lainnyaTidak diketahui
KebisinganTidak diketahui
3
ModelIsland
Ukuran90 cm x 60 cm x 94-116 cm
Daya isap1002 m³ per jam
Fitur lainnyaSatu lampu, timer
Kebisingan59 dB
2
ModelDowndraft
Ukuran88 cm x 11,5 cm x 71,8–105 cm
Daya isap1000 m³ per jam
Fitur lainnyaDua lampu, shut off timer
KebisinganTidak diketahui
1

ElectroluxChimney Hood Inspiration

EFC935SAR

Mulai dari Rp 5.090.000,00

ModelChimney
Ukuran90 cm x 50,4 cm x 49,5–106 cm
Daya isap1100 m³ per jam
Fitur lainnyaDua lampu, IQ touch
Kebisingan61,8 dB

Tabel perbandingan produk penghisap asap dapur / cooker hood terbaik

Gambar produk
1
Electrolux Chimney Hood Inspiration 1

Electrolux

2
MODENA Avanzare  1

MODENA

3
Rinnai Cooker Hood 1

Rinnai

4
Midea Cooker Hood 1

Midea

5
Winn Gas Cooker Hood 1

Winn Gas

6
Blue Gas Blue Gaz Cooker Hood Crystal Series 1

Blue Gas

7
Azalea Built in Hood 1

Azalea

8
Teka Cooker Hood 1

Teka

9
DOMO Slim Hood 1

DOMO

10
FOTILE Range Hood 1

FOTILE

Nama produk

Chimney Hood Inspiration

Avanzare

Cooker Hood

Cooker Hood

Cooker Hood

Blue Gaz Cooker Hood Crystal Series

Built in Hood

Cooker Hood

Slim Hood

Range Hood

Keunggulan

Efektif menghisap udara tidak sedap tanpa mengeluarkan suara bising!

Dengan fitur shut off timer, lebih bebas atur waktu kerja mesin

Atur daya hisap lebih fleksibel dengan tiga mode kecepatan

Dilengkapi cover kaca supaya asap mudah terkumpul

Ukurannya compact, pas untuk dapur kecil Anda!

Udara di dapur lebih segar berkat pembuangan udara bersih ke tiga arah

Lebih ekonomis, lebih hemat listrik!

Tombol sentuh dan LED display-nya membuat tampilan lebih futuristis

Ukuran slim buat dapur terlihat lebih minimalis

Dapur makin elegan dengan desain transparannya

Harga mulai dariRp 5.090.000,00Rp 14.000.000,00Rp 6.000.000,00Rp 840.000,00Rp 1.150.000,00Rp 1.250.000,00Rp 2.250.000,00Rp 1.735.000,00Rp 1.475.000,00Rp 6.198.000,00
ModelChimneyDowndraftIslandVisorVisorVisorIntegratedVisorVisorChimney
Ukuran90 cm x 50,4 cm x 49,5–106 cm88 cm x 11,5 cm x 71,8–105 cm90 cm x 60 cm x 94-116 cm89,6 cm x 50 cm x 60 cm 64 cm x 17 cm x 32 cm60 cm x 50 cm x 14 cm59,5 cm x 46,3 cm x 20 cm・Dimensi tanam: 54,9 x 28,2 cm 60 cm x 50 cm x 10 cm90 cm x 50 cm x 8 cm90 cm / 75 cm / 60 cm x 50 cm x 56,5–92,5 cm
Daya isap1100 m³ per jam 1000 m³ per jam1002 m³ per jamTidak diketahui300 m³ per jamTidak diketahui350 m³ per jam300 m³ per jam520 m³ per jam1080 m³ per jam
Fitur lainnyaDua lampu, IQ touchDua lampu, shut off timerSatu lampu, timerTidak diketahuiSatu lampu bohlamDua lampu LEDDua lampu LEDDua lampu, touch controlSatu lampuDua lampu, sensor asap, panas, dan gas
Kebisingan61,8 dBTidak diketahui59 dBTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui40 dBTidak diketahui≤56 dB
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan dapur lainnya di sini

Untuk mendukung kebutuhan memasak, Anda mungkin membutuhkan juga beberapa produk rumah tangga lainnnya. Kami telah mengulas rekomendasi stand mixer, blender tangan, kompor gas, dan sebagainya. Bukalah tautan di bawah ini dan temukan produk terbaik untuk Anda miliki.

Kesimpulan

Memiliki cooker hood di dapur sekarang menjadi sebuah kebutuhan. Kebanyakan dapur masa kini berada di dalam ruang tertutup. Jadi, jika asap tidak dikontrol, asap akan mengganggu kenyamanan memasak, bahkan bisa menyebar hingga ke ruangan lainnya.


Semoga ulasan kami tentang cooker hood bisa membantu Anda dalam memilih produk yang paling sesuai. Jangan lupa bacalah petunjuk pemasangan agar cooker hood bisa terpasang dan berfungsi dengan baik. Selamat memasak dengan nyaman!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap merk kulkas, seperti Panasonic, Sharp, Samsung, Polytron, dan LG tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan, seperti harga, ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda. Yuk, simak terus artikel ini!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Dengan demikian, penggunaan listriknya perlu Anda perhitungkan. Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan di pasaran. Dengan menggunakan kulkas yang kebutuhan listriknya kecil, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas hemat listrik, simaklah tips dari kami. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk kulkas hemat listrik, seperti merek LG, Samsung, Sharp, Electrolux, dan lainnya. Selamat membaca! Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Diet low carbo atau rendah karbohidrat diperlukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Di lain sisi, nasi memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Padahal, nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Nah, sekarang sudah ada teknologi baru, yaitu rice cooker low carbo.Berkat rice cooker ini, Anda bisa menanak nasi rendah karbohidrat sehingga kesehatan senantiasa terjaga. Di artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi rice cooker low carbo yang bagus dari berbagai merek, seperti Signora, LocknLock, dan Ecohome. Bacalah hingga selesai dan dapatkan produk terbaik Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Siapa yang tidak tahu dispenser? Peralatan dapur yang satu ini sangat berguna menyediakan air panas dan dingin di rumah. Dengan adanya dispenser, Anda tak perlu repot-repot memasak air panas menggunakan kompor. Seiring perkembangan teknologi, dispenser tipe galon bawah yang lebih praktis pemasangan airnya pun sudah banyak dijual di pasaran.Kali ini, kami akan membahas tips memilih dispenser galon bawah beserta sepuluh rekomendasi terbaiknya. Temukanlah produk andalan dari berbagai merek terkenal, seperti SHARP, Polytron, dan Electrolux. Anda sedang mencari dispenser baru untuk di rumah? Baca artikel ini sampai habis!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berfungsi untuk menjaga kesegaran makanan, kulkas menjadi perlengkapan elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki. Ada banyak merk kulkas bagus yang saat ini mendomasi pasaran, seperti Samsung, LG, Polytron, dan Sharp. Mereka memproduksi aneka kulkas dengan fitur canggih, mulai dari kulkas mini, kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, hingga kulkas besar.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Anda bisa memilih kulkas berdasarkan kapasitas, dimensi, merek, dan fiturnya. Mari simak artikel ini sampai akhir dan temukan kulkas yang tepat untuk kebutuhan Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Food processor adalah perkakas dapur multifungsi yang membuat proses memasak menjadi lebih mudah. Tak hanya untuk memotong sayuran, alat ini juga dapat digunakan untuk menumbuk, menguleni, dan mencampur bahan makanan. Namun, karena tersedia dalam beragam karakteristik dan merk, Anda mungkin akan kebingungan saat memilihnya.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips memilih food processor yang bagus sesuai kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga akan mengulas rekomendasi produk dari berbagai merk seperti Philips, MITOCHIBA, Oxone, dan Russell Hubbs. Mari simak sampai akhir dan temukan food processor terbaik untuk Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Mesin Kopi DeLonghi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Kopi DeLonghi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, membuat kopi kualitas kafe di rumah tidaklah sulit. Mesin kopi yang dirancang untuk pemakaian di rumah memiliki cara pengoperasian yang cukup mudah dan praktis. Salah satu merek mesin kopi terbaik adalah DeLonghi yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya dalam membuat kopi. Di pasaran memang terdapat banyak seri mesin kopi DeLonghi yang membuat Anda bingung dalam memilihnya. Maka dari itu, untuk membantu Anda untuk memilih mesin kopi DeLonghi terbaik, kami akan mengulas cara memilihnya. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan sepuluh mesin kopi DeLonghi terbaik khusus untuk Anda. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori