• 10 Rekomendasi Kismis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kismis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kismis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kismis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kismis Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kismis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Pencinta makanan manis pasti sudah tidak asing lagi dengan kismis. Anda sering menemuinya sebagai topping untuk roti, cookiesdessert, dan masih banyak lagi. Kismis terbuat dari buah anggur yang dikeringkan sehingga kandungan nutrisinya mirip dengan buah anggur. Selain rasanya manis, kismis ternyata juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.


Kami akan memaparkan cara memilih kismis yang bagus. Merek kismis terbaik, Foodmall, Asba Food, Greenara akan ada dalam rekomendasi kami. Ada juga jenis kismis hitam, kismis kuning, dan kismis sultana yang bisa Anda pilih. Silakan simak artikel ini sampai habis.

  • Pembaharuan terakhir: 22 April 2022
Daftar isi

Apa manfaat kismis?

Apa manfaat kismis?

Apakah Anda pernah bertanya-tanya seperti apa bentuk pohon kismis atau bagaimana cara membuat kismis? Untuk Anda yang belum tahu, kismis berasal dari buah anggur yang dikeringkan. Buah anggur akan kehilangan sekitar 75% kadar airnya saat menjadi kismis. Karena terbuat dari buah anggur, kandungan kismis dengan anggur pun mirip, hanya berbeda dari segi karakteristik.


Kismis memiliki sangat banyak manfaat jika dikonsumsi dalam takaran yang tepat. Beberapa manfaat kismis adalah:


  • Menurunkan risiko kanker. Di dalam kismis terdapat kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.
  • Mencegah anemia pada ibu hamil. Kandungan zat besi yang ada di dalam kismis cukup tinggi.
  • Mencegah osteoporosis. Kismis mengandung kalsium yang baik yang dibutuhkan tulang.
  • Sumber energi yang praktis. Kismis mengandung gula sukrosa dan fruktosa yang cukup tinggi yang mudah dipecah menjadi energi. Hal tersebut dibutuhkan ketika Anda beraktivitas berat, seperti naik gunung, lari jarak jauh, atau high intensity interval training (HIIT).

Akan tetapi, karena kandungan gulanya tinggi, Anda perlu membatasi konsumsi kismis. Hal tersebut dilakukan agar Anda tidak meningkatkan risiko diabetes. Konsumsilah kismis secukupnya sesuai dengan kebutuhan gizi Anda.

Cara memilih kismis

Sebelum memilih kismis yang baik, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal. Jenis, ciri kismis berkualitas, kemasan, dan kandungan bahan pengawet adalah hal-hal yang patut Anda pertimbangkan. Untuk lebih jelasnya silakan simak pemaparan berikut ini.

Kenali jenis-jenis kismis sebelum membeli

Jika Anda melihat kismis yang dijual di pasaran, mungkin Anda akan bingung memilih kismis terbaik karena warnanya bervariasi. Tiap jenis kismis memang memengaruhi warna, tekstur, dan cara pembuatannya. Mari kenali jenis kismis yang terbaik lewat pembahasan di bawah ini!

Kismis hitam, dikeringkan dengan sinar matahari alami

Kismis hitam, dikeringkan dengan sinar matahari alami

Salah satu produk kismis yang terkenal adalah kismis hitam atau black raisins. Kismis hitam terbuat dari aneka jenis anggur yang dikeringkan secara alami menggunakan sinar matahari.


Proses pengeringan kismis hitam bisa berlangsung selama dua sampai empat minggu, bergantung dari kandungan air dalam anggurnya. Karakteristik kismis hitam ini antara lain lebih keriput, rasanya manis seperti terkaramelisasi, dan teksturnya agak chewy.


Selain kismis hitam, ada juga kismis berwarna cokelat atau yang disebut currant. Proses pengeringannya sama dengan kismis hitam, yakni secara alami memanfaatkan sinar matahari. Kismis cokelat ini awalnya menggunakan anggur merah dari pelabuhan Corinth di Yunani. Dari situlah awal mula kismis cokelat dinamakan currant.


Kandungan kismis cokelat mirip dengan kismis hitam, hanya saja ukurannya berbeda. Ukuran kismis cokelat rata-rata di bawah 1 cm, sedangkan kismis hitam ukurannya mulai dari 1,5 cm hingga 2,5 cm. Kismis yang dikeringkan secara alami ini umumnya rasanya lebih manis sehingga sering ditemukan pada roti atau campuran energy bar.

Kismis kuning, dikeringkan tanpa sinar matahari dan ditambahkan sulfur dioksida

Kismis kuning, dikeringkan tanpa sinar matahari dan ditambahkan sulfur dioksida

Kismis kuning atau golden raisins sebenarnya terbuat dari kismis yang sama seperti kismis hitam. Namun, proses pembuatannya yang berbeda. Proses pengeringan kismis kuning tidak menggunakan sinar matahari, melainkan oven dengan suhu terkontrol.


Cara tersebut akan mencegah warna kismis menjadi hitam. Namun, meski telah menggunakan oven, terkadang warna kismis masih bisa kecokelatan. Oleh karena itu, beberapa produk menambahkan sulfur dioksida untuk mencegah warna kismis menjadi gelap.


Penambahan sulfur dioksida memengaruhi rasa, warna, dan kandungan di dalam kismis kuning. Jadi, selain warnanya lebih cerah, kismis kuning rasanya lebih fruity, tajam, dan tidak terlalu terkaramelisasi seperti kismis hitam.


Dari segi nutrisi, kismis kuning bisa dibilang mirip dengan kismis hitam secara keseluruhan. Hanya saja, kandungan flavonoid, serat, dan sodium di kismis kuning lebih banyak dibandingkan kismis hitam. Kismis kuning juga biasanya dijadikan energy bar atau tambahan di oatmeal sereal.

Kismis sultana, terbuat dari anggur Turki tanpa biji

Kismis sultana, terbuat dari anggur Turki tanpa biji

Kismis sultana biasanya terbuat dari anggur hijau Thompson varian tanpa biji yang berasal dari Turki. Sebelum dikeringkan, anggur hijau ini biasanya dilapisi minyak tertentu untuk mempercepat proses pengeringan.


Namun, beberapa daerah juga ada yang melakukan proses pengeringan alami sehingga sering disebut kismis sultana alami. Proses pengeringan ini memakan waktu yang lebih lama, yakni tiga minggu.


Ada juga kismis sultana yang diolah menggunakan sulfur dioksida sehingga warnanya menjadi keemasan. Tak heran banyak yang menyamakan kismis ini sebagai kismis kuning atau golden raisins.


Untuk membedakan kismis sultana dengan kismis lain, Anda harus mengecek kemasannya agar mengetahui jenis anggur apa yang digunakan. Biasanya penjual akan memberikan informasi jika kismis yang digunakan berasal dari anggur sultana.


Dari segi nutrisi, kismis sultana mirip dengan kismis hitam ataupun kismis kuning. Namun, kismis sultana ukurannya lebih kecil dan warnanya lebih terang dibandingkan jenis kismis lainnya. Biasanya kismis ini dijadikan topping untuk mempercantik makanan atau minuman.

Ketahui ciri-ciri kismis berkualitas bagus

Ketahui ciri-ciri kismis berkualitas bagus

Ada beberapa ciri kismis berkualitas bagus yang harus Anda ketahui. Ciri-ciri kismis berkualitas bagus adalah sebagai berikut.


  • Kismis masih segar dan tidak terlalu kering. Makin lama, kismis akan makin kering karena kadar airnya hilang. Jika Anda membeli di supermarket, coba goyangkan kemasannya. Jika kismis di dalamnya ikut bergoyang, bisa dibilang kismisnya sudah cukup kering.

  • Kismis tidak keras saat ditekan. Kismis yang sudah terlalu lama akan mengering dan membuatnya keras saat ditekan. Saat Anda membeli di supermarket, coba tekan pada kemasan plastik atau pouch. Jika keras, dapat dipastikan kismis sudah mengering.

  • Kismis tidak menempel satu sama lain atau terkristalisasi. Hal ini mengindikasikan adanya pemanis tambahan yang diberikan saat proses pengolahannya.

  • Warna kismis tidak memudar. Perhatikan warna kismis yang ingin Anda beli. Jika warna kismis sudah memudar dari warna pada umumnya, dapat dipastikan kualitas kismis tersebut buruk.

  • Aroma kismis belum busuk. Ciumlah aroma kismis dari bungkusnya. Jika Anda mencium aroma busuk, hindari produk tersebut. Pilihlah kismis dengan aroma yang masih fresh.

  • Rasa kismis tidak masam. Salah satu ciri kismis yang berkualitas buruk adalah rasanya yang masam atau kecut. Jika Anda menemukan kismis rasa kecut, dapat dipastikan produk tersebut sudah lama dan kualitasnya menurun.

Sekarang kismis sudah banyak diperjualbelikan secara online karena lebih praktis. Namun, membeli kismis secara online lebih tricky karena Anda tidak bisa melihat langsung kualitasnya. Karena itu, sebaiknya memilih produk dari toko yang reputasinya bagus dan melihat ulasan produknya terlebih dahulu.

Pastikan kemasannya aman dan tertutup rapat

Pastikan kemasannya aman dan tertutup rapat

Saat Anda membeli kismis di pasar tradisional, kebanyakan produknya belum dikemas dalam plastik vacuum seal. Hal ini menyebabkan kismis lebih mudah terpapar jamur jika lingkungannya terlalu lembap. Karena itu, usahakan membeli kismis yang dikemas dengan rapi, tertutup rapat, dan menggunakan bahan yang aman. Selain lebih aman, kualitas kismis akan terjaga lebih lama.


Kuantitas Anda dalam membeli kismis juga harus menjadi pertimbangan penting. Kismis bisa dijual secara kiloan atau per beberapa ratus gram. Membeli kismis kiloan tak jadi masalah jika Anda sering menggunakan kismis. Namun, jika jarang mengonsumsi kismis, pilihlah kemasan kecil karena kismis bisa kering dan nutrisinya menurun jika terlalu lama disimpan.

Periksa ada tidaknya bahan pengawet di dalamnya

Periksa ada tidaknya bahan pengawet di dalamnya

Sebelum membeli, sebaiknya Anda mengecek semua kandungan bahan yang tertulis di label kemasan. Anda bisa mendapatkan informasi mulai dari jenis anggurnya, jumlah nutrisinya, hingga jenis pengawet atau pemanis yang digunakan. Tabel nutrisi akan memudahkan Anda untuk mengatur konsumsi Anda.


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, beberapa kismis dibuat dengan menambahkan sulfur dioksida saat proses pengeringannya. Sulfur dioksida berperan juga sebagai bahan pengawet. Bila sensitif terhadap bahan pengawet, Anda sebaiknya menghindari produk tersebut.

10 Rekomendasi kismis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kismis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

MajestaBlack Brown Raisins

Mulai dari Rp 22.000,00

Jenis kismisKismis hitam cokelat
Pilihan isi100 g, 250 g, 500 g, 1 kg, 10 kg
KemasanPlastik zip lock, box
Bahan pengawetx
9
Jenis kismisKismis hitam, kismis kuning, kismis hijau, kismis merah, kismis hitam cokelat
Pilihan isi425 gram
KemasanKaleng
Bahan pengawet
8
Jenis kismisKismis hitam
Pilihan isi100 gram, 250 gram, 500 gram, 1 kilogram
KemasanBox, kaleng
Bahan pengawetx
7
Jenis kismisKismis kuning
Pilihan isi250 gram, 500 gram, 1 kg
KemasanPlastik zip lock
Bahan pengawet-
6
Jenis kismisKismis hitam
Pilihan isi250 g, 500 g, 1 kg
KemasanPlastik zip lock
Bahan pengawet-
5
Jenis kismisKismis sultana
Pilihan isi100 g, 500 g, 1 kg
KemasanPlastik zip lock
Bahan pengawet-
4
Jenis kismisKismis hitam
Pilihan isi100 g, 250 g, 500 g, 1 kg
KemasanPlastik zip lock
Bahan pengawet-
3
Jenis kismisKismis hitam
Pilihan isi250 g, 500 g, 1 kg
KemasanPlastik zip lock
Bahan pengawetx
2

FoodmallPremium Raisin Organic USA

Mulai dari Rp 45.000,00

Jenis kismisKismis hitam
Pilihan isi250 g, 1 kg
KemasanPlastik zip lock
Bahan pengawetx
1
Jenis kismisKismis kuning
Pilihan isi250 g, 500 g, 1 kg, 10 kg
KemasanPlastik zip lock
Bahan pengawet x

Tabel perbandingan produk kismis terbaik

Gambar produk
1
Kurma Arafah Golden Raisin 1

Kurma Arafah

2
Foodmall Premium Raisin Organic USA 1

Foodmall

3
Granola Addict Dried Seedless Raisin 1

Granola Addict

4
Granology Dark Raisin 1

Granology

5
Asba Food Kismis Sultana Raisin 1

Asba Food

6
Mamiseed by Minime Dark Raisin 1

Mamiseed by Minime

7
Greenara Jumbo Golden Raisin 1

Greenara

8
Sun-Maid California Sun Dried Raisins 1

Sun-Maid

9
Sunview Raisins 1

Sunview

10
Majesta Black Brown Raisins 1

Majesta

Nama produk

Golden Raisin

Premium Raisin Organic USA

Dried Seedless Raisin

Dark Raisin

Kismis Sultana Raisin

Dark Raisin

Jumbo Golden Raisin

California Sun Dried Raisins

Raisins

Black Brown Raisins

Keunggulan

Solusi camilan untuk keluarga atau oleh-oleh haji dan umrah

Kismis organik yang dikemas higienis dengan kemasan food grade

Bisa dimakan langsung atau dicampur ke makanan lainnya

Dark raisin kualitas grade A impor dari Amerika Serikat

Butirannya kecil-kecil, cocok sebagai topping makanan atau minuman

Camilan sehat dan praktis untuk para backpacker!

Origin USA, rasa kismisnya lebih berkualitas dibanding origin Arab

Mengandung gula alami, pas ditabur di oatmeal atau granola Anda

Kismis organik yang aman untuk semua kalangan

Tiap 40 gramnya setara dengan mengonsumsi satu porsi buah

Harga mulai dariRp 30.000,00Rp 45.000,00Rp 17.500,00Rp 17.500,00Rp 7.000,00Rp 48.000,00Rp 38.000,00Rp 35.400,00Rp 90.000,00Rp 22.000,00
Jenis kismisKismis kuningKismis hitamKismis hitamKismis hitamKismis sultanaKismis hitamKismis kuningKismis hitamKismis hitam, kismis kuning, kismis hijau, kismis merah, kismis hitam cokelatKismis hitam cokelat
Pilihan isi250 g, 500 g, 1 kg, 10 kg250 g, 1 kg250 g, 500 g, 1 kg100 g, 250 g, 500 g, 1 kg100 g, 500 g, 1 kg250 g, 500 g, 1 kg250 gram, 500 gram, 1 kg100 gram, 250 gram, 500 gram, 1 kilogram425 gram100 g, 250 g, 500 g, 1 kg, 10 kg
KemasanPlastik zip lockPlastik zip lockPlastik zip lockPlastik zip lockPlastik zip lockPlastik zip lockPlastik zip lockBox, kalengKalengPlastik zip lock, box
Bahan pengawet xxx----xx
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar kismis

Pertanyaan umum seputar kismis

Kami menghimpun beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar kismis. Jika Anda masih penasaran apakah kismis berbahaya, membuat gemuk, dan apa beda kismis hitam dan kuning, simak penjelasan berikut. Jangan sampai salah informasi, ya!

Apakah kismis berbahaya?

Ya, jika dikonsumsi secara berlebihan. Kismis mengandung kadar gula darah tinggi yang tidak cocok bagi penderita diabetes. Selain itu, konsumsi pada ibu hamil dapat menyebabkan obesitas pada bayi. Untuk itu, disarankan mengonsumsi kismis secukupnya.

Apa perbedaan kismis hitam dan kuning?

Kismis hitam pada umumnya dikeringkan secara alami dengan cara dijemur di bawah sinar matahari selama sekitar tiga minggu. Hal tersebut membuat warna kismis menjadi hitam kecokelatan. Sementara itu, kismis kuning dikeringkan dengan alat khusus dengan suhu yang lebih terkontrol. Warna kismis ini bisa menjadi kuning cerah karena ditambah sulfur dioksida.

Apakah ngemil kismis membuat gemuk?

Belum tentu. Kandungan gula dan rasa manis yang terdapat dalam kismis tidak lantas membuat orang menjadi gemuk. Sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi kismis secara rutin akan dapat mengontrol dan menurunkan berat badan.

Baca juga rekomendasi produk lainnya yang bisa disantap bersama kismis di sini

Kismis adalah buah kering yang sering dijadikan tambahan untuk oatmeal, granola, atau snack bar. Untuk Anda yang menginginkan rekomendasi produk yang cocok disantap bersama kismis, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan produk terbaik? Rasa manis kismis memang unik dan teksturnya yang chewy bisa membuat Anda tidak berhenti mengunyah. Kismis pun kaya akan antioksidan, zat besi, serat, dan kalsium. Karena itu, mengonsumsi kismis secara teratur bisa berkhasiat baik untuk tubuh Anda.


Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati karena kandungan gulanya cukup tinggi. Pastikan Anda mengonsumsi kismis secukupnya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda setiap kali ingin membeli kismis.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Sereal gandum merupakan makanan alternatif yang disukai baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tak hanya mengenyangkan, sereal gandum, terutama yang terbuat dari gandum utuh, memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Sereal gandum dapat menjadi sumber karbohidrat, protein, mineral, bahkan antioksidan.  Dalam artikel ini kami berkolaborasi dengan nutritionist untuk memberikan tips memilih sereal gandum yang bagus. Tak hanya itu, Anda juga dapat menemukan rekomendasi produk sereal gandum. Merek sereal ternama seperti Koko Krunch, Honey Stars, dan Energen, dapat Anda temukan dalam artikel ini. Jadi, baca sampai selesai, ya.
    Makanan olahan kering
  • 10 Merk Baso Aci Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Baso Aci Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda penggemar bakso, jangan lewatkan untuk mencoba baso aci. Makanan khas Garut ini terbuat dari campuran tepung aci dan tepung terigu sehingga teksturnya terasa kenyal. Ditambah varian topping, seperti ceker, cuanki, dan pilus membuat baso aci makin sedap dinikmati dengan kuah pedas.Anda tidak perlu jauh-jauh ke Garut untuk menikmati baso aci tulang rangu terenak. Berkat baso aci instan, Anda kini bisa membuatnya sendiri di rumah. Di artikel ini kami akan mengulas baso aci instan yang enak dan recommended dari berbagai merk, seperti Bapper, 69, Kylafood, dan Mak Igun.
    Makanan olahan kering
  • 10 Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini makanan bebas gluten makin populer di kalangan pegiat gaya hidup sehat. Awalnya, makanan bebas gluten dibuat untuk penderita celiac (coeliac) atau orang yang sensitif terhadap gluten. Namun, kini makanan tersebut banyak diminati oleh orang yang ingin menjaga pola makannya.Di pasaran, produk makanan bebas gluten juga makin banyak, mulai dari cemilan, roti, hingga pasta. Merek-merek yang memproduksi makanan bebas gluten di antaranya Javara, Ladang Lima, dan Nourish Kitchen. Simaklah tips memilih produk makanan gluten-free dan intiplah rekomendasi produknya. Cek juga komentar ahli gizi, Leona Victoria di artikel ini!
    Makanan olahan kering
  • 10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Abon atau beef floss merupakan olahan daging sapi yang berasal dari Tiongkok. Rasanya yang gurih membuat abon menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Abon sapi kini makin enak karena varian rasanya banyak, termasuk rasa bawang dan rasa pedas. Apakah Anda termasuk penggemar abon sapi? Jika iya, Anda sudah tepat membaca artikel ini karena kami akan membahas bagaimana cara memilih abon sapi yang enak. Berbagai merek, seperti Gloria, Mesran Solo, Pronas, Patma, dan lainnya ada dalam rekomendasi kami. Ayo baca artikelnya sampai habis untuk mengetahui produk-produk tersebut!
    Makanan olahan kering
  • 10 Sale Pisang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sale Pisang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pada musim hujan, paling enak minum teh hangat, selimutan, dan menonton film yang bagus sambil mencamil. Salah satu camilan yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah sale pisang. Perpaduan rasa manis dan gurih melebur di lidah dengan sangat mantap. Apa Anda sudah tahu kalau sale pisang punya banyak jenis, bentuk, serta rasa?Kami akan membahas lebih mendalam tentang sale pisang, mulai dari tips memilihnya hingga rekomendasi produknya. Merek camilan sale pisang yang enak, seperti Oke Snack, Salena, Pissale, dan Juara Snack akan turut kami bahas. Simak selengkapnya di sini!
    Makanan olahan kering
  • 10 Sereal Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sereal Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Sereal jagung atau yang dikenal juga dengan corn flakes dapat menjadi pilihan untuk menu sarapan. Sereal jagung cocok dikonsumsi oleh berbagai kalangan, bahkan bagi Anda yang sedang diet. Ibu hamil pun bisa mengonsumsi sereal jagung. Hal ini karena sereal jagung memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.Ikuti cara memilih sereal jagung yang kami bahas pada artikel ini untuk mendapatkan produk yang bagus. Kami juga akan merekomendasi produk sereal jagung yang enak dari berbagai merek, seperti Nestlé dan Kellogg's. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, S.P., sehingga terjamin.
    Makanan olahan kering
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori