• 10 Rekomendasi Garam Masala Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Garam Masala Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Garam Masala Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Garam Masala Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Garam Masala Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Garam Masala Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Garam masala merupakan racikan rempah yang mampu melezatkan dan mengharumkan berbagai hidangan khas India. Aromanya yang kuat, serta cita rasanya yang pekat membuat bumbu ini kian digemari masyarakat Indonesia. Terlebih, sekarang sudah banyak garam masala siap pakai yang lebih praktis. Banyaknya produk garam masala terkadang membuat Anda susah dalam memilih.


Untuk itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih garam masala yang tepat untuk Anda. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk garam masala yang bagus, seperti merk MDH, Everest Spices, dan Cairo Food. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 22 Oktober 2021
  • 777 Views
Daftar isi

Apa itu garam masala?

Apa itu garam masala?

Garam masala merupakan bumbu khas India yang terbuat dari racikan rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang khas. Meskipun namanya serupa, garam masala berbeda dari garam yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Dalam bahasa India, garam berarti panas, sedangkan masala berarti racikan rempah-rempah. Panas yang dimaksud adalah meningkatnya suhu tubuh yang disebabkan konsumsi rempah-rempah. 


Masakan India memang terkenal dengan cita rasa dan aromanya yang kuat. Salah satu penyebabnya adalah campuran garam masala. Bahan-bahan rempah untuk membuat garam masala biasanya dipanggang atau disangrai terlebih dahulu hingga wangi. Setelah itu, seluruh bahan dicampur dan dihaluskan, baik dengan cara tradisional maupun modern. Garam masala menambahkan kehangatan, rasa manis, aroma, dan sensasi panas pada hidangan.


Dalam masakan India Utara, garam masala biasanya berbentuk bubuk. Sementara itu, garam masala di bagian selatan India sering kali dibentuk menjadi pasta dengan santan, cuka, atau air. Komposisi rempah-rempahnya pun sangat beragam sehingga tidak ada resep baku untuk membuat garam masala. Mengonsumsi garam masala dipercaya dapat bermanfaat bagi kesehatan, antara lain melancarkan pencernaan dan melawan diabetes. 

Cara memilih garam masala

Ada banyak produk garam masala yang dapat Anda temukan di pasaran, Namun, mungkin tidak semuanya cocok di lidah Anda. Simaklah sejumlah poin memilih di bawah ini untuk menemukan garam masala yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

Pilih berdasarkan komposisi dan aromanya

Pilih berdasarkan komposisi dan aromanya

Sebelum membeli garam masala, Anda perlu melihat komposisi produk untuk mengetahui rempah-rempah apa saja yang digunakan. Tergantung pada wilayah asalnya di India, komposisi garam masala biasanya berbeda-beda. Selain itu, preferensi peraciknya juga turut memengaruhi. Resep garam masala biasanya diwariskan melalui keluarga secara turun-temurun sehingga rasa dan aromanya sangat bervariasi.


Garam masala biasanya terdiri dari ketumbar, jintan, kapulaga, cengkih, lada hitam, kayu manis atau cassia, dan pala. Ada pula garam masala yang ditambahkan kunyit, biji adas, jahe, bawang putih, bunga pala, asam, fenugreek, daun salam, daun malabar, atau cabai. Jika Anda alergi terhadap suatu bumbu, pastikan untuk memeriksa labelnya sebelum membeli.


Apabila Anda pergi ke India Utara, rasa garam masala cenderung lembut dan aromatik. Sementara itu, garam masala di India bagian selatan biasanya lebih pedas dan terasa panas. Kini sudah banyak produsen lokal di tiap negara yang memodifikasi komposisi garam masala sesuai dengan selera masyarakat kebanyakan.

Tentukan ukuran dan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan

Anda juga sebaiknya memilih ukuran dan kemasan garam masala sesuai dengan kebutuhan. Kebanyakan garam masala yang dijual di pasaran tersedia dalam kemasan plastik, baik berupa saset, botol, atau pouch. Periksalah apakah kemasan yang akan dipilih bisa ditutup dengan rapat. Hal tersebut akan membantu mempertahankan aroma dan rasa garam masala.


Jika Anda baru ingin mencoba garam masala, pilihlah produk berukuran kecil. Setelah cocok, Anda bisa melanjutkannya dengan membeli produk berukuran lebih besar. 


Apabila Anda membeli produk berukuran besar, jangan lupa untuk memindahkan garam masala ke wadah kedap udara. Dengan begitu, rasa dan aroma garam masala Anda akan bertahan dalam waktu lama.

Perhatikan mengenai daya tahannya

Perhatikan mengenai daya tahannya

Anda juga sebaiknya mengecek daya tahan dari produk garam masala yang akan dipilih. Sebagian besar garam masala memiliki umur simpan enam bulan hingga 24 bulan. Produk yang menggunakan pengawet mungkin bisa bertahan lebih lama dari biasanya. Namun, Anda dianjurkan untuk menggunakan garam masala dalam waktu beberapa minggu agar masih terasa segar dan beraroma kuat. 


Jika tidak disimpan dengan benar, garam masala akan menggumpal dan kehilangan rasa sehingga mempersingkat daya tahannya. Karena itu, perhatikanlah tempat penyimpanan garam masala yang disarankan di masing-masing produk. Anda juga perlu menyimpannya di tempat yang tidak lembap atau terpapar panas agar lebih awet.

Cari tahu berdasarkan mereknya

Cari tahu berdasarkan mereknya

Poin lain yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih garam masala adalah merek produk. Selain berdasarkan resep turun temurun dan daerah penghasilnya, komposisi garam masala juga berbeda di setiap merek. 


Sejumlah merek menggunakan rempah impor, tetapi ada pula yang menggunakan rempah lokal untuk membuat garam masala. Jika Anda telah memiliki merek bumbu favorit, periksalah apakah merek tersebut menyediakan produk garam masala.


Untuk Anda yang ingin merasakan cita rasa masakan India yang autentik, Anda dapat memilih merek impor yang memang asli dari India. Namun, produk garam masala impor masih cukup terbatas dan tidak begitu mudah didapatkan. Sementara itu, sekarang sudah banyak merek lokal yang menyediakan garam masala dengan komposisi yang tidak kalah lezat. 

10 Rekomendasi garam masala terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk garam masala terbaikyang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10

Hasil Tjandra Jaya Yutakachi Garam Masala

Mulai dari Rp 117.000,00

Berat/isi1 kilogram
KomposisiTidak disebutkan
KemasanPlastik
9
Berat/isi50 gram
KomposisiRempah pilihan
KemasanPlastik dengan seal
8
Berat/isi35 gram
KomposisiKapulaga organik, ketumbar, lada hitam organik, adas organik, fenugreek organik, kunyit, daun salam, cengkih, adas manis organik, pala organik bubuk, kayu manis cassia organik, potongan jahe organik
KemasanBahan ramah lingkungan
7
Berat/isi80 gram
KomposisiJintan, ketumbar, kayu manis, dan berbagai rempah lain
KemasanBotol plastik
6

Rasa Rempah NusantaraGaram Masala / Bumbu India

Mulai dari Rp 17.500,00

Berat/isi45 gram
KomposisiLada, kayu manis, cengkih, pala, kapulaga, jintan, cabai, daun salam
KemasanBotol plastik
5
Berat/isi200 gram
KomposisiKetumbar, bubuk cabai merah, jintan, lada hitam, kayu manis, cengkih, pala, bunga lawang, garam, daun salam, adas
KemasanBotol plastik
4
Berat/isi70 gram
KomposisiKetumbar, jintan, kayu manis, kapulaga, lada hitam
KemasanBotol plastik
3
Berat/isi100 gram
KomposisiBiji ketumbar, jintan, cabai merah, lada hitam, kapulaga hijau, cengkih, kayu manis, daun salam, jahe putih, biji pala, kapulaga putih, adas manis, beras putih.
KemasanPlastik dengan seal
2
Berat/isi100 gram
KomposisiBunga lawang, kapulaga hitam, lada hitam, cassia, daun cassia, cabai, cengkih, daun cengkih, garam biasa, ketumbar, jintan, jahe kering, biji adas
KemasanPlastik dalam dus
1
Berat/isi100 gram
KomposisiBiji ketumbar, jintan hitam, lada hitam, cassia, jahe kering, daun fenugreek, kapulaga amomum, cabai kuning, cengkih, pala, bunga pala
KemasanPlastik dalam dus

Tabel perbandingan produk garam masala terbaik

Gambar produk
1
MDH Garam Masala 1

MDH

2
Everest Spices Garam Masala 1

Everest Spices

3
Cairo Food Garam Masala 1

Cairo Food

4
Jay's Kitchen Garam Masala 1

Jay's Kitchen

5
De' Maderaas Garam Masala 1

De' Maderaas

6
Rasa Rempah Nusantara Garam Masala / Bumbu India 1

Rasa Rempah Nusantara

7
House Of Organix  Garam Masala 1

House Of Organix

8
Sonnentor  Garam Masala 1

Sonnentor

9
MSH Rempah Garam Masala 1

MSH Rempah

10
Hasil Tjandra Jaya  Yutakachi Garam Masala 1

Hasil Tjandra Jaya

Nama produk

Garam Masala

Garam Masala

Garam Masala

Garam Masala

Garam Masala

Garam Masala / Bumbu India

Garam Masala

Garam Masala

Garam Masala

Yutakachi Garam Masala

Keunggulan

Garam masala nomor satu di India yang dibuat dari bahan-bahan berkualitas

Perpaduan 13 rempah pilihan hasilkan cita rasa pedas eksotis

Produk lokal yang populer di kalangan chef restoran dan hotel

Menggunakan rempah Indonesia dengan rasa yang mantap

Memberi Anda pengalaman rasa masakan India yang sesungguhnya

Bebas MSG, tetapi rasanya tetap lezat

Menggunakan rempah alami tanpa tambahan pengawet

Produk vegan yang dikemas secara ramah lingkungan

Kemasan mungil dilengkapi seal. Praktis dibawa bepergian!

Mencukupkan kebutuhan Anda yang rutin menggunakan garam masala

Harga mulai dariRp 31.000,00Rp 32.000,00Rp 34.000,00Rp 23.100,00Rp 53.500,00Rp 17.500,00Rp 21.000,00Rp 69.900,00Rp 20.000,00Rp 117.000,00
Berat/isi100 gram100 gram100 gram70 gram200 gram45 gram80 gram35 gram50 gram1 kilogram
KomposisiBiji ketumbar, jintan hitam, lada hitam, cassia, jahe kering, daun fenugreek, kapulaga amomum, cabai kuning, cengkih, pala, bunga palaBunga lawang, kapulaga hitam, lada hitam, cassia, daun cassia, cabai, cengkih, daun cengkih, garam biasa, ketumbar, jintan, jahe kering, biji adasBiji ketumbar, jintan, cabai merah, lada hitam, kapulaga hijau, cengkih, kayu manis, daun salam, jahe putih, biji pala, kapulaga putih, adas manis, beras putih.Ketumbar, jintan, kayu manis, kapulaga, lada hitamKetumbar, bubuk cabai merah, jintan, lada hitam, kayu manis, cengkih, pala, bunga lawang, garam, daun salam, adasLada, kayu manis, cengkih, pala, kapulaga, jintan, cabai, daun salamJintan, ketumbar, kayu manis, dan berbagai rempah lainKapulaga organik, ketumbar, lada hitam organik, adas organik, fenugreek organik, kunyit, daun salam, cengkih, adas manis organik, pala organik bubuk, kayu manis cassia organik, potongan jahe organikRempah pilihanTidak disebutkan
KemasanPlastik dalam dusPlastik dalam dusPlastik dengan sealBotol plastikBotol plastikBotol plastikBotol plastikBahan ramah lingkunganPlastik dengan sealPlastik
Tautan produk

Baca juga rekomendasi bumbu dapur lainnya di sini

Selain garam masala, Anda tentu membutuhkan produk bumbu dapur lainnya untuk membuat berbagai jenis masakan. Jika Anda sedang mencari bumbu masakan lainnya, klik tautan di bawah ini dan dapatkan informasinya.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel ini? Adakah produk yang membuat Anda tertarik untuk segera mencoba garam masala?


Garam masala merupakan bumbu khas India yang terbuat dari campuran rempah-rempah aromatik dan kaya rasa. Selain melezatkan hidangan, garam masala juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sebelum membeli produknya, pastikan Anda telah memeriksa komposisi, kemasan, daya tahan, dan mereknya agar bisa menemukan yang paling sesuai. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Kecap Manis Terbaik  - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kecap Manis Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Kecap manis merupakan pelengkap dalam masakan Indonesia. Baik pada masakan kuah, bakaran, hingga gorengan, kecap manis membuat rasa masakan jadi kian lezat. Mi ayam dan sate misalnya, terasa kurang lengkap jika tak memakai kecap manis.Kali ini, kami akan membagikan tips memilih kecap manis terbaik untuk Anda. Review kecap manis yang enak untuk berbagai masakan juga akan kami hadirkan. Kecap manis dari berbagai merek, seperti kecap Tjap Ikan Lele, Bango, dan ABC, juga masuk dalam rekomendasi kami. Artikel ini ditinjau oleh pakar foodie, Dionisius Denizar. Mari simak artikelnya sampai tuntas!
    Bumbu & bahan masakan
    13.472 Views
  • 10 Merk Tepung Sagu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Tepung Sagu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan seperti bakmi, bakso, atau pempek pasti sudah tidak asing bagi Anda. Namun, tahukah Anda tepung apa saja yang biasanya digunakan untuk membuat makanan tersebut? Untuk membuat tekstur kenyal yang pas, salah satu bahan yang digunakan adalah tepung sagu. Tepung sagu juga digunakan untuk membuat jajanan pasar seperti dawet dan bubur mutiara. Tertarik membeli tepung sagu? Di artikel ini, kami merekomendasikan berbagai produk dari merek terkenal, seperti Javara, KebonQta, serta Alini. Tidak hanya produk rekomendasinya, kami juga akan membahas cara memilih tepung sagu yang baik karena ternyata ada berbagai macam tepung sagu, lho. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut!
    Bumbu & bahan masakan
    29.119 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Ajinomoto Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Ajinomoto Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Siapa yang tak kenal dengan merk Ajinomoto? Ajinomoto merupakan produsen penyedap masakan yang melegenda. Produknya memang sebagian besar berupa penyedap masakan. Sekarang, Ajinomoto tak hanya memproduksi penyedap masakan. Minuman dan mi instan juga dimiliki Ajinomoto untuk memperluas pasarnya.Kali ini, kami akan membahas tentang berbagai produk Ajinomoto. Kami bakal memperkenalkan beberapa produk yang dimiliki Ajinomoto. Tak ketinggalan juga, kami akan memberikan rekomendasi produk yang bagus dari Ajinomoto. Mayumi, Saori, Sajiku, dan brand lainnya dari Ajinomoto ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    1.149 Views
  • 10 Bumbu Sate Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Bumbu Sate Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Selera sate setiap orang mungkin berbeda, ada yang suka sate ayam, sate kambing, ataupun sate daging lainnya. Apa pun dagingnya, kelezatan sate tak luput dari bumbunya. Meracik bumbu sendiri memang terasa lebih homemade. Namun, saat butuh cepat, bumbu sate instan bisa diandalkan. Banyak bumbu sate instan yang enak di pasaran. Sebut saja bumbu sate Munik dan Enak Eco. Selain kedua merek tersebut, ada beberapa merek lainnya yang akan kami ulas. Kami juga akan berbagi tips memilih bumbu sate terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar.
    Bumbu & bahan masakan
    928 Views
  • 10 Rekomendasi Bumbu Ayam Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bumbu Ayam Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda pencinta ayam goreng? Sekarang ini memasak ayam goreng makin mudah dengan adanya bumbu instan. Anda tidak perlu meracik dan menghaluskan bumbu lagi. Aneka bumbu olahan ayam goreng, seperti ayam goreng lengkuas, ayam goreng Kalasan, dan ayam goreng bumbu kuning sudah banyak dijual.Sajiku, Indofood, dan Bamboe merupakan beberapa merek bumbu ayam goreng yang populer di pasaran. Supaya Anda tidak bingung menentukan pilihan, pada kesempatan ini akan kami sampaikan cara memilih bumbu ayam goreng yang tepat. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Simak terus artikel ini, ya!
    Bumbu & bahan masakan
    3.410 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda pasti sudah tidak asing dengan salah satu jenis gorengan ini, bukan? Bakwan dibuat dari campuran tepung terigu, sayuran, jagung, dan bumbu. Kini membuat bakwan tidaklah sulit berkat adanya tepung bakwan instan. Tepung bakwan ini sudah diracik dengan bumbu-bumbu lengkap, Anda hanya perlu menyiapkan bahan, kemudian bakwan siap digoreng.Kobe, Sasa, Mamasuka dan Sajiku adalah beberapa merek tepung bakwan yang populer. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih tepung bakwan untuk Anda. Rekomendasi produk terbaik dan tips membuat bakwan goreng juga akan kami bagikan. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    3.369 Views
  • 10 Merk Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Beras Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Popularitas beras hitam terus meroket belakangan ini seiring dengan meningkatnya kesadaran akan gaya hidup sehat. Beras hitam dipercaya sebagai jenis beras terbaik berkat kandungan gizinya yang melimpah. Anda yang sedang diet juga dapat mengonsumsi beras hitam.Kali ini, kami akan membahas tentang manfaat dan cara memilih produk beras hitam yang bagus. Produk terbaik yang didominasi oleh beras hitam organik seperti merek Lingkar Organik, Dua Tani, dan Seblang Banyuwangi ada di sini. Simak juga komentar dari nutritionist kami, Astrine Permata L, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    1.462 Views
  • 10 Merk Kencur Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kencur Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kenikmatan rasa, ditambah aroma menyegarkan dari kencur, memang membuatnya tak bisa dipisahkan dari beragam resep nusantara. Kini Anda bisa menikmati kencur dalam bentuk kencur bubuk, lho! Selain lebih praktis, manfaat kencur bubuk pun tidak berbeda dengan tanaman kencur.Nah, kali ini kami akan membahas beberapa khasiat kencur bubuk sekaligus menjelaskan tips memilih produk yang bagus. Rekomendasi bubuk kencur asli dari beragam merek, seperti Koepoe Koepoe, Dapur Kita, dan RASA, juga telah disiapkan. Selain harganya bervariasi, kemasannya juga bermacam-macam, mulai dari sachet hingga botol. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
    194 Views
  • 10 Merk Kunyit Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kunyit Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kunyit bubuk atau kunir bubuk dapat menjadi alternatif bila Anda tak ingin repot mengolah kunyit segar. Seperti kunyit segar, kunyit bubuk bisa digunakan untuk memasak maupun diolah sebagai jamu. Ada pula produk kunyit bubuk khusus untuk masker wajah.Terdapat berbagai merek kunyit bubuk di pasaran, mulai dari Desaku, Koepoe-Koepoe, hingga Adabi. Banyaknya merek ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih kunyit bubuk yang bagus. Jangan khawatir. Pada artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih kunyit bubuk serta rekomendasi produk yang layak dipertimbangkan. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    785 Views
  • 10 Merk Ketumbar Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Ketumbar Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketumbar adalah salah satu rempah yang dapat memperkaya rasa dan aroma masakan. Rempah ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mampu meningkatkan imunitas tubuh. Kini telah banyak beredar produk ketumbar dalam bentuk bubuk di pasaran, seperti merek Desaku, Koepoe Koepoe, hingga Lemonilo.Namun, manakah yang terbaik? Untuk mencegah kebingungan, kali ini kami akan menjelaskan tips memilih ketumbar bubuk yang bagus. Kami juga akan memberi sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda beli di toko dan e-commerce. Selain harga, kemasannya pun bervariasi, mulai dari sachet, botol, hingga plastik 1 kg. Yuk, dimulai!
    Bumbu & bahan masakan
    241 Views
  • Artikel populer

  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2021)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    111.747 Views
  • 10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar bolu, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, salted butter dan unsalted butter.Kali ini kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Simak terus artikel ini dan temukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    201.196 Views
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
    155.017 Views
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2021)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Lalu, ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Ada komentar dari cook, Debbie Ariesthea juga, lho. Simak terus artikel ini!
    Bumbu & bahan masakan
    94.780 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merk, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    154.793 Views
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2021)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    60.304 Views
  • 10 Pewarna Makanan yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pewarna Makanan yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    Tambahan pewarna pada makanan akan membuat tampilannya lebih menarik dan menggugah selera. Namun, pewarna alami terkadang dapat mengubah rasa makanan sehingga akhirnya pewarna sintetis lebih banyak dipakai. Dalam memilih pewarna makanan sintetis, Anda perlu berhati-hati. Pilihlah produk yang aman dikonsumsi.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberi tips dalam memilih pewarna makanan yang aman untuk dikonsumsi, juga memberi rekomendasi produk terbaik. Berbagai produk, seperti Koepoe Koepoe, AmeriColor, Colatta, dan Chefmaster ada dalam rekomendasi kami. Silakan lanjutkan membaca untuk menemukan berbagai info menarik!
    Bumbu & bahan masakan
    25.086 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori