• 10 Merk Jas Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Jas Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Jas Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Jas Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Jas Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Jas Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)

Ada kalanya Anda harus menghadiri acara yang membutuhkan jas, misalnya kondangan, wisuda, atau pernikahan. Karena tidak terbiasa menggunakannya, mungkin kebanyakan pria akan bingung saat pertama kali memilih jas. Model jas juga bermacam-macam, mulai dari jas hitam untuk acara formal hingga jas bergaya kasual dan lebih modern.


Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih jas yang bagus untuk pria. Produk dari merk terkenal, seperti The Executive, Mango, dan Izzue akan kami rekomendasikan untuk Anda. Sudah siap untuk tampil lebih keren dan gentleman dengan jas terbaik? 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

M. Munggaran Meldrat
  • Pembaharuan terakhir: 02 Maret 2021
  • 5.040 Views
Daftar isi

Cara memilih jas untuk pria

Menggunakan jas bisa membuat karisma Anda meningkat berkali-kali lipat. Namun, Anda harus tepat memilih jenis jas, ukuran, hingga bahannya. Simak tips memilih jas terbaik untuk para pria berikut ini!

Sesuaikan jenis jas dengan acara yang Anda hadiri

Jas umumnya digunakan saat Anda menghadiri acara-acara penting, seperti meeting dengan klien, makan malam romantis bersama pasangan, hingga pesta pernikahan. Ada beberapa aturan penting yang tidak boleh Anda lewatkan saat memakai jas. Salah satunya adalah jas yang dipakai harus sesuai dengan acara yang dihadiri.

Dinner suit: Untuk tampil ke acara penting di malam hari

Dinner suit: Untuk tampil ke acara penting di malam hari

Pernahkah Anda menerima undangan formal dengan dresscode memakai dinner suit? Dinner suit atau yang disebut juga tuxedo adalah jas pria yang digunakan untuk menghadiri acara-acara formal. Dinner suit biasanya dikenakan saat menghadiri pesta ulang tahun pernikahan hingga acara penghargaan musik atau film. Dalam mengenakan dinner suit, ada aturan-aturan yang cukup kaku. 


Dinner suit umumnya berwarna hitam atau navy serta hanya digunakan saat malam hari. Kemeja putih, dasi kupu-kupu berwarna hitam, celana panjang bahan, serta sepatu pantofel yang kinclong adalah pelengkapnya. Ikat pinggangnya pun khusus terbuat dari kain yang ukurannya agak lebar bernama cummerbund. Kabar baiknya, pakaian ini benar-benar membuat Anda terlihat seperti laki-laki sejati!

Basic suit: Untuk tampil ke acara semiformal

Basic suit: Untuk tampil ke acara semiformal

Basic suit adalah jas pria yang lebih bisa digunakan untuk berbagai acara, mulai dari undangan pernikahan, pergi ke kantor, atau meeting dengan klien. Aturannya juga tidak sebanyak saat Anda menggunakan dinner suit. Anda bisa memilih varian warna yang lebih banyak, misalnya abu-abu, biru muda, atau putih. Jika ingin tampil semiformal, justru Anda sebaiknya menghindari basic suit berwarna hitam karena terkesan terlalu formal. 


Anda juga bisa memadukan basic suit dengan celana chino atau dark jeans untuk tampil sedikit lebih kasual. Untuk acara yang cukup penting, Anda bisa mengenakan dasi panjang yang senada dengan warna jasnya. Berdasarkan jumlah dan posisi kancingnya, basic suit dibedakan menjadi single-breasted dan double-breasted. Double-breasted suit biasanya digunakan untuk acara yang lebih formal. 

Blazer: Tampil kasual, tetapi tetap rapi

Blazer: Tampil kasual, tetapi tetap rapi

Jika Anda ingin tampilan yang kasual, blazer adalah pilihan yang tepat. Jeans dan kaos polos akan terasa naik kelas saat Anda padukan dengan blazer. Berbeda dari basic suit dan dinner suit yang biasanya memiliki pasangan celana panjang, blazer umumnya tidak dijual sepasang. Anda jadi lebih bebas memadukan outfit yang Anda suka.


Dari segi bentuknya, blazer tidak sekaku basic suit, terutama di bagian pundaknya. Potongannya juga lebih longgar dibandingkan jenis jas lainnya. Blazer lebih identik dengan dandanan anak muda masa sekarang saat diundang ke acara resmi. Warnanya juga bermacam-macam sehingga memudahkan Anda dalam menyesuaikannya dengan selera.

Ketahui bahan jas yang ingin Anda pakai

Ketahui bahan jas yang ingin Anda pakai

Tak bisa dipungkiri, harga jas memengaruhi bahan yang digunakan. Jas dengan harga yang tinggi biasanya terbuat dari bahan wol. Jas berbahan wol sangat halus dan nyaman saat dikenakan. Kesan yang ditampilkan juga lebih berkelas. Selain itu, jas ini memberikan kehangatan yang lebih baik dibandingkan bahan lainnya.


Nah, jika Anda ingin yang lebih ekonomis, pilihlah jas berbahan campuran wol dan poliester. Harganya memang lebih terjangkau, tetapi biasanya bentuk jasnya tidak sekaku jas berbahan wol. Selain itu, jas berbahan linen dan sutra juga boleh dipertimbangkan sebab lebih sejuk untuk di daerah tropis.

Pilih model potongannya

Agar Anda tampil layaknya seorang pria sejati, ukuran jas harus pas dengan badan Anda. Jas yang kekecilan atau terlalu besar membuat penampilan Anda kurang oke. Ada beberapa pilihan potongan jas yang bisa Anda pilih, misalnya classic fit, regular fit, dan slim fit.

Slim fit: Mengikuti lekuk tubuh Anda

Slim fit: Mengikuti lekuk tubuh Anda

Potongan slim fit terkenal dengan ciri khas ketat mengikuti lekuk tubuh Anda. Jas dengan potongan slim fit sedang populer saat ini. Apa pun jenis postur tubuhnya, Anda bisa menggunakan jas dengan potongan slim fit asalkan percaya diri.


Untuk Anda yang postur tubuhnya kurus dan jangkung, Anda bisa memilih potongan extreme slim fit. Sementara itu, untuk Anda yang berbadan besar, pilihlah jas dengan ukuran lebih besar jika Anda ingin mengenakan potongan slim fit. Idealnya, Anda harus menaikkan setidaknya dua nomor dari ukuran jas bermodel classic fit. Selain itu, pilihlah warna gelap untuk menciptakan kesan slim.

Regular fit: Tidak seketat slim fit, tetapi tidak sekaku model classic fit

Regular fit: Tidak seketat slim fit, tetapi tidak sekaku model classic fit

Jas dengan potongan regular fit cocok untuk Anda yang menginginkan model jas yang lebih kekinian, tetapi kurang percaya diri saat memakai jas slim fit. Bisa dibilang jas ini berada di antara slim fit dan classic fit. Bentuknya tidak terlalu kaku seperti classic fit, tetapi juga tidak seketat slim fit. Bagian lengan jas dengan potongan regular fit juga lebih pas di badan dibandingkan dengan classic fit yang lebih longgar.


Di luar ketiga model potongan yang sudah dibahas, ada beberapa jenis potongan lagi yang bisa Anda pilih. Untuk yang berbadan kekar, Anda bisa mencoba tipe athletic fit. Intinya, pilihlah jas yang pas dan mampu menonjolkan lekuk tubuh Anda dengan baik. Namun, pastikan tetap nyaman di tubuh Anda, ya.

Classic fit: Lebih longgar dan nyaman saat dipakai

Classic fit: Lebih longgar dan nyaman saat dipakai

Kebanyakan pria memilih jas dengan potongan classic fit karena kurang percaya diri saat mengenakan jas slim fit. Selain itu, model yang terlalu ketat juga membuat pergerakan Anda kurang nyaman, apalagi jika dipakai dalam waktu lama. Untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan saat memakai jas, sebaiknya Anda memilih jas dengan potongan classic fit.


Jas dengan potongan classic fit agak menyempit di bagian dada dan pinggang, tetapi masih ada ruang untuk bergerak. Dengan begitu, postur tubuh Anda akan tetap terlihat bagus, tanpa terlihat terlalu ketat. Jas tipe ini cocok untuk berbagai situasi, mulai dipakai kerja hingga ke undangan pernikahan kerabat.

Sesuaikan dengan bentuk tubuh Anda

Sesuaikan dengan bentuk tubuh Anda

Memilih jas untuk tetap tampil keren sekaligus nyaman mungkin sedikit tricky bagi sebagian orang. Anda yang memiliki postur tubuh sedang akan cocok dengan model jas pada umumnya, misalnya slim fit. Anda hanya harus menyesuaikan warna dengan acara yang dihadiri. Acara malam hari cocoknya menggunakan dinner suit atau basic suit berwarna gelap. 


Untuk Anda yang bertubuh besar atau gemuk, hindari memilih jas yang terlalu sempit. Selain tidak nyaman, orang-orang akan menyadari jas Anda kekecilan. Gunakan jas yang pas di badan Anda, tipe kerah yang lebar, serta warna jas yang gelap. Jas berwarna hitam, biru tua, atau abu-abu tua dengan kemeja medium blue akan sangat cocok untuk Anda. Selain itu, pilihlah jas yang panjangnya menutupi bokong.


Pria bertubuh pendek dan ramping sebaiknya menggunakan jas bermodel slim fit. Hindarilah jas yang kebesaran karena akan membuat Anda terlihat lebih pendek. Pastikan bagian dada dan bahunya pas di badan Anda. Selain itu, pilih jas dengan tipe kerah V-neck agar membuat Anda terlihat lebih tinggi. 


Memilih jas yang pas akan lebih sulit untuk Anda yang memiliki tubuh unik, misalnya ukuran tangan yang panjang atau pundak yang terlalu lebar. Solusinya, Anda bisa pergi ke tukang jahit andalan Anda untuk membuat jas custom. Dengan begitu, ukurannya tetap pas di badan. Anda juga bisa tetap membeli jas di mall atau secara online, tetapi sering kali Anda harus menyesuaikannya lagi ke tukang jahit.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Merk jas terbaik untuk pria

Sekarang saatnya memilih jas terbaik untuk pria dari berbagai merek terkenal. Pilih yang modelnya paling Anda suka, ya! 

10

Crows DenimGakuran Premium Blazer

Mulai dari Rp 570.000,00

Jenis jasBlazer
PotonganClassic fit
BahanDrill impor
WarnaHitam
9

Boyland Mens Tuxedo Vintage

Mulai dari Rp 2.547.200,00

Jenis jasDinner suit (tuxedo)
PotonganTidak ada keterangan
BahanPolyester jacquard
WarnaAbu-abu bermotif
8

HamlinWoreq

741E9AA9915EAAGS

Mulai dari Rp 1.600.000,00

Jenis jasBasic suit
PotonganTidak ada keterangan
BahanDrill
WarnaHitam
7
Jenis jasBasic suit
PotonganSlim fit
Bahan100% Poliester
WarnaHitam, cokelat, medium blue
6

MangoSuper Slim Fit Microstructure Suit Blazer

77110509-PAULO-LH

Mulai dari Rp 1.799.000,00

Jenis jasBlazer
PotonganExtreme slim fit
Bahan79% poliester, 19% viscose,2% elastane
WarnaInk Blue
5

Arnon BrookJas Slim Fit

PX5082BK

Mulai dari Rp 2.799.000,00

Jenis jasBasic suit
PotonganExtreme slim fit
BahanPolyviscose
WarnaHitam
4

Burton Menswear LondonBlack Stretch Skinny Fit Tuxedo Suit Jacket

02K30MBLK

Mulai dari Rp 1.669.000,00

Jenis jasDinner suit (tuxedo)
PotonganSkinny fit
Bahan70% Poliester, 27% viscose, 3% elastane
WarnaHitam
3

IzzueMens Suit

D39F3AA61A8500GS

Mulai dari Rp 1.499.000,00

Jenis jasBasic suit
PotonganRegular fit
BahanCampuran poliester
WarnaNavy
2

Andrew SmithSmart Casual Blazer

AAAAIS0167J.02H

Mulai dari Rp 1.299.900,00

Jenis jasBlazer
PotonganRegular fit
BahanKatun
WarnaNavy, Brown, Cream Olive
1

The Executive4 Way Stretch Cut

91000600300

Mulai dari Rp 1.299.900,00

Jenis jasBasic suit
PotonganSlim fit
BahanPoliester, spandeks
WarnaDark blue, hitam

Tabel perbandingan produk jas terbaik untuk pria

Gambar produk
1
The Executive 4 Way Stretch Cut 1

The Executive

2
Andrew Smith Smart Casual Blazer 1

Andrew Smith

3
Izzue Mens Suit 1

Izzue

4
Burton Menswear London Black Stretch Skinny Fit Tuxedo Suit Jacket 1

Burton Menswear London

5
Arnon Brook Jas Slim Fit 1

Arnon Brook

6
Mango Super Slim Fit Microstructure Suit Blazer 1

Mango

7
JOBB Bellwool-T2 1

JOBB

8
Hamlin Woreq  1

Hamlin

9
Boyland Mens  Tuxedo Vintage 1

Boyland Mens

10
Crows Denim Gakuran Premium Blazer  1

Crows Denim

Nama produk

4 Way Stretch Cut

Smart Casual Blazer

Mens Suit

Black Stretch Skinny Fit Tuxedo Suit Jacket

Jas Slim Fit

Super Slim Fit Microstructure Suit Blazer

Bellwool-T2

Woreq

Tuxedo Vintage

Gakuran Premium Blazer

Keunggulan

Potongan slim fit dengan bahan yang stretchy

Tampil smart casual dengan jas berbahan katun

Tampil lebih kasual dengan jas regular fit

Berdandan ala gentleman untuk acara-acara spesial!

Terbuat dari bahan polyviscose yang mirip sutra

Menempel di badan dengan nyaman seperti kulit kedua

Pilihan warnanya membuat Anda lebih bebas berekspresi

Dua garis oranye memberikan warna tersendiri di jas hitam ini!

Dinner suit bergaya vintage dengan bahan polyester

Tampil beda dengan blazer bergaya Mandarin

Harga mulai dariRp 1.299.900,00Rp 1.299.900,00Rp 1.499.000,00Rp 1.669.000,00Rp 2.799.000,00Rp 1.799.000,00Rp 989.450,00Rp 1.600.000,00Rp 2.547.200,00Rp 570.000,00
Jenis jasBasic suitBlazerBasic suitDinner suit (tuxedo)Basic suitBlazerBasic suitBasic suitDinner suit (tuxedo)Blazer
PotonganSlim fitRegular fitRegular fitSkinny fitExtreme slim fitExtreme slim fitSlim fitTidak ada keteranganTidak ada keteranganClassic fit
BahanPoliester, spandeksKatunCampuran poliester70% Poliester, 27% viscose, 3% elastanePolyviscose79% poliester, 19% viscose,2% elastane100% PoliesterDrillPolyester jacquardDrill impor
WarnaDark blue, hitamNavy, Brown, Cream OliveNavyHitamHitamInk BlueHitam, cokelat, medium blueHitamAbu-abu bermotifHitam
Tautan produk

Baca juga rekomendasi fashion item lainnya untuk pria di sini

Ada beberapa produk yang harus Anda pakai untuk melengkapi penampilan keren Anda saat menggunakan jas. Kami sudah pernah mengulas produk-produk khusus untuk pria, seperti kemeja, jam tangan, sepatu, dan celana bahan. Silakan baca artikelnya dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Saat memilih jas, hal terpenting adalah Anda harus menyesuaikannya dengan acara yang akan didatangi. Setelah itu, pastikan potongan jasnya pas di badan Anda. Potongan jas yang pas akan membuat Anda lebih percaya diri sehingga karisma Anda akan lebih terpancar.


Perhatikan juga detail lainnya, seperti warna jas serta fashion item pelengkapnya. Lalu, jangan lupakan kemeja, celana bahan, dasi, dan sepatu pantofel yang dapat menyempurnakan penampilan Anda. Selamat bergaya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Celana Chino Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Celana Chino Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda diminta memilih satu celana yang bisa diandalkan untuk setiap kesempatan, celana chino-lah jawabannya. Awalnya, celana chino terbuat dari katun twill yang kemudian disebut “chino” dalam bahasa Spanyol. Saat ini, celana chino menjadi celana favorit pria karena bahannya yang kuat dan lentur.Tersedia dalam berbagai warna, celana chino juga mudah dikombinasikan untuk berbagai gaya. Kami akan membahas cara memilih celana chino serta merekomendasikan produk yang bagus untuk Anda. Merek terkenal, seperti Erigo, Edwin Jeans, dan VENGOZ ada dalam daftar rekomendasi kami, lho. Mari temukan celana chino terbaik untuk Anda!
    Pakaian pria
    33.341 Views
  • 10 Merk Jaket Hoodie Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Jaket Hoodie Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Jaket hoodie, baik yang beritsleting maupun tidak beritsleting, adalah fashion item yang sebaiknya ada dalam koleksi busana pria. Ada banyak merek yang memproduksi hoodie dengan kualitas terbaik saat ini. Tiap-tiap hoodie tersebut memiliki desain variatif dan warna yang bagus untuk pria.Banyaknya brand yang memproduksi hoodie mungkin akan membingungkan Anda dalam menentukan pilihan. Untuk itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi merek hoodie pria yang bagus. Ada produk dari The North Face, W.Essentiels, 3Second, dan M231. Sebelum Anda melihat-lihat jaket hoodie di rekomendasi produk, simaklah pembahasan berikut ini terlebih dahulu!
    Pakaian pria
    23.364 Views
  • 10 Merk Sweater Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Sweater Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Sweater merupakan jenis baju luaran dengan bahan tebal dan biasanya dipakai saat cuaca dingin. Selain melindungi tubuh dari udara dingin, sweater sanggup menunjang penampilan Anda. Modelnya pun beragam, seperti pullover sweater polos dengan crewneck, v-neck cardigan, sampai vest sweater.Dalam artikel ini kami akan membahas sweater khusus pria. Berbagai merek pakaian ternama, seperti Marks & Spencer dan Tommy Hilfiger, ada dalam rekomendasi kami. Merek distro lokal pun tak kalah menariknya, contohnya Reclays, Kale, dan Gomuda. Yuk, simak sampai akhir dan temukan model sweater pria dengan harga yang cocok di kantong!
    Pakaian pria
    25.334 Views
  •  10 Rekomendasi T-shirt Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi T-shirt Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    T-shirt atau yang dikenal juga dengan kaus oblong merupakan salah satu outfit favorit pria dalam urusan fashion. Berbeda dengan wanita, pria memang cenderung memilih pakaian yang simpel dan tidak ribet. Di pasaran sendiri ada banyak sekali jenis dan model T-shirt yang bisa dipilih.Untuk mempermudah Anda menemukan T-shirt terbaik, kami memberikan tips cara memilih T-shirt yang bisa dijadikan referensi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik, seperti dari Hush Puppies, Deus ex Machina, atau Carvil. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Pakaian pria
    14.276 Views
  • 10 Merk Kemeja Batik Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kemeja Batik Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Kemeja batik adalah pakaian pria dengan corak khas Indonesia yang menjadi fashion item wajib untuk pergi ke undangan perkawinan atau acara resmi. Namun, saat ini banyak juga corak batik yang menarik untuk bisa digunakan hangout atau acara santai.Jika Anda sedang mencari kemeja batik, sebaiknya simak artikel ini hingga akhir. Kami akan membagikan tips memilih kemeja batik dengan bahan yang bagus dan sesuai untuk Anda. Simak juga rekomendasi beberapa merek batik pria terbaik, seperti Batik Keris, Danar Hadi, dan Batik Trusmi. Jangan lewatkan informasinya!
    Pakaian pria
    25.181 Views
  • 10 Merk Kemeja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kemeja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, kemeja pria hadir dalam berbagai model sehingga tidak terbatas untuk acara formal saja. Ada kemeja pria lengan panjang dan lengan pendek, hingga kemeja pria polos maupun bermotif. Sebagai contoh, merek kemeja pria terbaik, seperti UNIQLO, Jobb, dan Alisan berlomba-lomba mengeluarkan produk berdesain kasual.Kemeja yang Anda gunakan cukup berperan penting dalam membentuk karakter dan menciptakan kesan pertama. Untuk itu, jangan sampai salah dalam memilih dan membeli kemeja. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih baju kemeja pria branded yang bagus dan sesuai untuk Anda. Silakan disimak!
    Pakaian pria
    22.357 Views
  • 10 Rekomendasi Produk The Executive Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk The Executive Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    The Executive merupakan merk lokal yang memproduksi pakaian, alas kaki, serta aksesori untuk pria dan wanita. Namun, di artikel kali ini, kami akan fokus membahas produk The Executive untuk pria.Produk The Executive untuk pria tak kalah beragam dibandingkan produk untuk wanita. Hal ini mungkin membuat Anda bingung saat menentukan pilihan. Maka dari itu, kami menyiapkan daftar rekomendasi produk The Executive yang bagus untuk pria. Sebelum itu, Anda sebaiknya menyimak poin-poin cara memilih produk The Executive untuk pria terlebih dahulu.
    Pakaian pria
    955 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori