• 10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Konsol Game Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Memiliki konsol game yang tepat akan memberi pengalaman gaming maksimal. Dengan audio jernih atau grafis tajam, kepuasan bermain game turut meningkat. Menariknya lagi, game Android dan iOS kini bisa Anda nikmati di layar televisi.


Produk konsol game bervariasi, dari yang terpasang di rumah hingga yang portable. Kami akan memandu Anda memilih konsol game yang bagus dari berbagai merek dan sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga akan mengulas rekomendasi produknya untuk Anda. Ada konsol dari Nintendo, Sony, dan lainnya. Yuk, simak artikel ini untuk menemukan konsol game terbaik Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 15 April 2022
Daftar isi

Apa yang dimaksud dengan konsol game?

Apa yang dimaksud dengan konsol game?

Konsol game adalah peralatan atau mesin elektronik yang didesain khusus untuk memainkan game. Konsol game terkadang menyertakan monitor bawaan untuk tampilan grafis, meskipun ada juga yang menggunakan media terpisah seperti layar televisi. Untuk menjalankan permainan, konsol game memakai CPU dan software khusus. Game yang dimainkan disesuaikan dengan software khusus tersebut.


Konsol game juga membutuhkan kontroler untuk menggerakkan pemain dan mengendalikan jalannya permainan. Berawal dari joystick, kontroler pun berkembang menjadi gamepad. Bahkan, untuk meningkatkan kepuasan bermain game, hadirlah virtual reality atau VR. Namun, tanpa VR pun, tampilan di layar display juga makin cemerlang. Semua berkat peningkatan teknologi grafis dan audio.


Konsol game pertama muncul pada 1960-an, yaitu Magnavox Odysey, yang memuat enam belas built-in games. Kesuksesan konsol tersebut disusul produk lainnya, termasuk dari Nintendo yang semula adalah distributor resmi Magnavox Odysey di Jepang. Nintendo memproduksi konsol game sendiri, yaitu Color TV-Game pada 1972. Kompetisi semacam inilah yang merangsang perkembangan pesat dalam industri game.

Cara memilih konsol game

Bukan hanya game yang sudah banyak tersedia, melainkan juga konsolnya. Anda bisa memilih konsol game berdasarkan tipe, permainan, hingga fitur-fitur yang eksklusif. Kami akan menjelaskannya satu per satu untuk Anda. Yuk, disimak.

Pilih tipe konsol game sesuai kebutuhan

Tiap-tiap tipe konsol game memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang cocok dimainkan di rumah saja, ada juga yang bisa dibawa bepergian. Kami akan menjelaskan setiap tipenya. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Home console: Sasaran utama pengembang game flagship

Seperti namanya, tipe ini dibuat untuk media permainan video di rumah. Home console perlu tersambung dengan perlengkapan lain sebagai layar. Anda bisa memakai televisi atau monitor lainnya asalkan dapat dihubungkan. Selain itu, tipe ini membutuhkan tenaga listrik untuk mulai digunakan


Dalam kemasan produk biasanya juga tersedia kontroler. Sebagian kontroler perlu dihubungkan dengan kabel, tetapi ada juga yang hanya menggunakan sinyal. Pengembang game AAA banyak menyasar home console sebagai platform bersama dengan PC. Generasi baru tipe ini biasanya mendapat perilisan game baru setiap bulannya. Jika memilih tipe ini, Anda tidak akan kehabisan permainan video.

Plug & play: Mulai dari PlayStation hingga Nintendo jadul

Konsol plug & play adalah konsol game yang sudah ditanami game di dalamnya. Anda tidak perlu lagi mengunduh dan menginstal game terlebih dahulu. Seperti namanya, cukup tancapkan (plug) kabel ke arus listrik, lalu bermainlah (play). Konsol plug & play bisa berbentuk microconsole dan handheld


Tipe konsol plug & play ini pernah menjadi favorit para gamer karena kepraktisannya. Namun, seiring dengan pertumbuhan industri game, "kepraktisan" ini jadi bumerang. Kemampuan konsol ini dalam memainkan game jadi terbatas, padahal hampir tiap bulan muncul game baru dan seru. Itu sebabnya konsol tipe ini akhirnya ditinggalkan.


Kini produsen-produsen konsol game memanfaatkan tipe ini sebagai media nostalgia. Nintendo dan Sony Interactive Entertainment merilis ulang produk lawasnya sebagai konsol plug & play. Desainnya dibuat mirip dengan yang terdahulu. Di dalamnya sudah tertanam berbagai game hit pada masanya. Selain itu, Anda akan menggunakan kontroler yang pernah Anda pegang bertahun-tahun lalu.

Handheld: Konsol game portable yang sudah lengkap

Ingin bisa bermain video game kapan saja dan di mana saja? Gunakan konsol tipe handheld. Tipe ini merupakan konsol game portabel yang dapat digenggam. Controller dan layar sudah built-in dengan konsol. Jadi, Anda tidak memerlukan perlengkapan tambahan untuk mulai menggunakannya


Beberapa produsen bahkan memadukan tipe handheld dengan home console sehingga menghasilkan konsol game hybrid. Konsep konsol game hybrid adalah memainkan konsol handheld dengan menyambungkannya ke layar yang lebih besar. Contohnya adalah Nintendo Switch. Kontroler pada produk ini bisa dicopot sehingga Anda akan mendapatkan dua kontroler. Konsolnya sendiri bisa disambungkan ke TV. 


Yang perlu diperhatikan dari konsol handheld adalah dayanya. Karena tidak menggunakan listrik, tipe ini membutuhkan baterai sebagai sumber tenaga. Baterainya bisa terpisah atau tertanam di dalam konsol. Masalah ketahanan baterai ini perlu Anda pertimbangkan jika berencana main bareng kawan. Jangan sampai konsol game Anda mati mendadak karena kehabisan baterai.

Microconsole: Bisa memainkan game Android atau iOS

Memainkan game Android atau iOS kini tidak hanya bisa lewat smartphone saja. Anda dapat memindahkan layarnya ke televisi dengan microconsole. Mirip dengan home console, tipe ini berbentuk sebuah boks sebagai sistem utama serta membutuhkan tenaga listrik untuk digunakan.


Bedanya, belum ada game yang dirilis khusus untuk microconsole. Walaupun demikian, tipe ini dapat memainkan aplikasi-aplikasi yang tersedia via sistem operasi yang digunakan. Bila produknya menggunakan sistem operasi Android, Anda dapat memainkan game yang tersedia di Play Store. Begitu pula dengan produk yang mendukung sistem operasi iOS.

Periksa varian game yang kompatibel

Setelah membeli konsol, tentunya Anda berharap dapat memainkan banyak game. Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa sebuah konsol mustahil memainkan semua game. Bahkan dalam satu game saja, setiap generasinya memiliki karakter dan kompatibilitas yang berbeda-beda. Karena itu, varian game ini harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum menetapkan pilihan konsol


Misalnya, Anda mengincar game Assassin's Creed Valhalla. Anda harus tahu bahwa game ini hanya bisa dimainkan di PS4, PS5, PC, Xbox One, dan Xbox Series. Jadi, jika Anda membeli konsol game lainnya, tentu saja Anda tidak akan menemukannya.

Pastikan kapasitas memori internalnya sesuai ekspektasi

Game AAA memiliki ukuran rata-rata 50–100 GB. Dengan demikian, konsol game yang memiliki kapasitas penyimpanan 500 GB bisa menampung sekitar lima game dalam satu waktu. Saat akan menambahkan judul baru, Anda perlu menghapus yang lama terlebih dahulu.


Meski begitu, beberapa produk menawarkan varian kapasitas penyimpanan internal yang lebih besar. Tak sedikit juga produk yang memungkinkan penyimpanan game secara eksternal. Jadi, Anda bisa menyimpan lebih banyak game. Cara lainnya adalah memperbanyak game ringan, yang rata-rata berukuran di bawah 10 GB. Dengan demikian, konsol Anda bisa menampung lebih banyak game.


Lantas, bagaimana dengan konsol yang kapasitas penyimpanannya kecil, misalnya 16 GB? Tentu game yang kompatibel juga berukuran kecil. Untungnya beberapa produk saat ini telah dilengkapi layanan cloud gaming. Berkat layanan tersebut, Anda tak perlu memiliki game di konsol Anda.

Ketahui jumlah pemain yang bisa bermain bersama di satu konsol secara offline

Ketahui jumlah pemain yang bisa bermain bersama di satu konsol secara offline

Saat bermain secara online, tentunya sebuah game dapat dimainkan oleh puluhan orang sekaligus. Beda halnya dengan bermain offline. Konsol game punya batas jumlah pemain dalam mode ini. Bila Anda mencari konsol game untuk penggunaan pribadi, tentunya produk yang membutuhkan satu pemain saja sudah cukup.


Lain ceritanya bila Anda membutuhkan produk yang bisa dimainkan bersama. Konsol game yang mendukung lebih dari satu pemain tentu akan lebih tepat. Untuk beberapa game, visualnya juga akan terbagi atau split-screen.

Cek kelengkapan yang akan Anda peroleh

Saat membeli konsol game untuk keluarga, Anda tentu ingin langsung memainkannya bersama. Namun, bagaimana jika produknya hanya dilengkapi satu controller saja, sedangkan unit tambahannya dijual secara terpisah? Untuk menghindari hal tersebut, selalu periksa kelengkapan sebuah produk terlebih dahulu.


Tidak hanya controller yang perlu Anda periksa. Produsen terkadang memberikan materi promosi yang lengkap, tetapi yang didapatkan konsumen ternyata hanya separuhnya saja. Sebagai contoh, PlayStation 5 memiliki headphone khusus. Namun, perangkat tersebut tidak dijual di paket yang sama dengan konsolnya. Anda perlu membelinya secara terpisah untuk melengkapi konsol.


Khusus untuk game bertipe hybrid, sebagian produk menyertakan docking atau perangkat untuk menopang konsol saat terhubung dengan layar televisi. Konsol jadi tidak mudah jatuh dan, tentunya, Anda bisa bermain dengan lebih seru bersama teman.

10 Rekomendasi konsol game terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk konsol game terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
TipeMicroconsole
Memori internal32 GB, 64 GB
Jumlah pemain offline1 pemain
KelengkapanApple TV 4K, remote, kabel daya, kabel lightning ke USB
Varian game yang kompatibelAsphalt 8 Airborne, Crossy Road, Alto's Adventure
9
TipeHome console
Memori internal1 TB
Jumlah pemain offline1–4 pemain
KelengkapanXbox Series X, 1 controller, kabel HDMI, adaptor
Varian game yang kompatibelSea of Thieves, Asassins Creed Valhalla
8
TipeHome console
Memori internal512 GB
Jumlah pemain offline1–4 pemain
KelengkapanXbox Series S, Xbox wireless controller, kabel HDMI
Varian games yang kompatibelMinecraft, Forza, FIFA
7
TipeHandheld
Memori internal128 GB, 256 GB
Jumlah pemain offline1 pemain
KelengkapanVR headset, 2 touch controller, kabel USB, dua baterai AA, adaptor, glasses spacer
Varian gamesResident Evil 4, The Walking Dead: Saints and Sinners
6
TipeHandheld
Memori internal64 GB
Jumlah pemain offline4 pemain
KelengkapanNintendo Switch Oled, oycon, power adapter, kabel HDMI, dock, strap
Varian games yang kompatibelMetroid Dread, Tetris Effect, The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Animal Crossings: New Horizons
5

Sony Interactive EntertainmentPlayStation 5

Mulai dari Rp 11.715.000,00

TipeHome console
Memori internal667,2 GB
Jumlah pemain offline1–4 pemain
KelengkapanPlaystation 5, 1 controller, kabel HDMI, kabel USB A-C, adaptor AC, dudukan konsol
Varian game yang kompatibelElden Ring, Grand Theft Auto V, Gran Turismo 7, FIFA 22
4
TipeHandheld
Memori internal32 GB
Jumlah pemain offline1 pemain
KelengkapanPower adaptor
Varian games yang kompatibelSuper Mario Odyssey™, Mario Kart™ 8 Deluxe, Super Smash Bros.™ Ultimate, The Legend of Zelda™: Breath of the Wild
3
TipeHybrid
Memori internal32 GB
Jumlah pemain offline1–4 pemain
KelengkapanNintendo Switch, 2 Joy-Con, 2 tali Joy-Con, dudukan Joy-Con, grip Joy-Con, kabel HDMI, adaptor AC
Varian game yang kompatibelAnimal Crossing: New Horizons, The Legend of Zelda Breath of the Wild
2
TipePlug-n-Play
Memori internal500 GB, 1 TB
Jumlah pemain offline2 pemain
KelengkapanKonsol, kontroler, kabel micro USB, kabel power, kabel HDMI, mono headset dengan mic
Varian game yang kompatibelGod of War, Ghost of Tsushima, Horizon Zero Down
1
TipePlug-n-play
Memori internal1 TB
Jumlah pemain offline2 pemain
KelengkapanPS4 Pro, stick, kabel HDMI, kabel USB, headset
Varian games yang kompatibelSpider-man, FIFA 19, FIFA 20, Resident Evil, Final Fantasy

Tabel perbandingan produk konsol game terbaik

Gambar produk
1
Playstation PS4 Pro 1

Playstation

2
Sony Interactive Entertainment PS4 1

Sony Interactive Entertainment

3
Nintendo Switch 1

Nintendo

4
Nintendo Switch Lite 1

Nintendo

5
Sony Interactive Entertainment PlayStation 5 1

Sony Interactive Entertainment

6
Nintendo Switch Oled 1

Nintendo

7
Facebook Oculus Quest 2 1

Facebook

8
Microsoft Xbox Series S 1

Microsoft

9
Microsoft Xbox Series X 1

Microsoft

10
Apple Inc. Apple TV 4K 1

Apple Inc.

Nama produk

PS4 Pro

PS4

Switch

Switch Lite

PlayStation 5

Switch Oled

Oculus Quest 2

Xbox Series S

Xbox Series X

Apple TV 4K

Keunggulan

Mampu menaikkan resolusi game yang rendah

Konsol PS4 yang paling hemat daya

Konsol hybrid yang bisa dimainkan dengan berbagai cara

Bobotnya ringan, enak dibawa ke mana saja

Generasi terbaru yang kecepatan dan ketajamannya meningkat

Layar lebih lapang, membuat mata nyaman selama bermain

Dilengkapi teknologi 3D, suaranya mengikuti ke mana Anda pergi

Loading time cepat dengan custom SSD

Game dari empat generasi Xbox bisa dimainkan di sini

Memaksimalkan potensi dari game-game iOS

Harga mulai dariRp 4.000.000,00Rp 3.000.000,00Rp 3.890.000,00Rp 2.100.000,00Rp 11.715.000,00Rp 3.119.000,00Rp 5.039.000,00Rp 4.350.000,00Rp 9.000.000,00Rp 2.970.000,00
TipePlug-n-playPlug-n-PlayHybridHandheldHome consoleHandheldHandheldHome consoleHome consoleMicroconsole
Memori internal1 TB500 GB, 1 TB32 GB32 GB667,2 GB64 GB128 GB, 256 GB512 GB1 TB32 GB, 64 GB
Jumlah pemain offline2 pemain2 pemain1–4 pemain1 pemain1–4 pemain4 pemain1 pemain1–4 pemain1–4 pemain1 pemain
KelengkapanPS4 Pro, stick, kabel HDMI, kabel USB, headsetKonsol, kontroler, kabel micro USB, kabel power, kabel HDMI, mono headset dengan micNintendo Switch, 2 Joy-Con, 2 tali Joy-Con, dudukan Joy-Con, grip Joy-Con, kabel HDMI, adaptor ACPower adaptorPlaystation 5, 1 controller, kabel HDMI, kabel USB A-C, adaptor AC, dudukan konsolNintendo Switch Oled, oycon, power adapter, kabel HDMI, dock, strapVR headset, 2 touch controller, kabel USB, dua baterai AA, adaptor, glasses spacerXbox Series S, Xbox wireless controller, kabel HDMIXbox Series X, 1 controller, kabel HDMI, adaptorApple TV 4K, remote, kabel daya, kabel lightning ke USB
Varian games yang kompatibelSpider-man, FIFA 19, FIFA 20, Resident Evil, Final FantasyGod of War, Ghost of Tsushima, Horizon Zero DownAnimal Crossing: New Horizons, The Legend of Zelda Breath of the WildSuper Mario Odyssey™, Mario Kart™ 8 Deluxe, Super Smash Bros.™ Ultimate, The Legend of Zelda™: Breath of the WildElden Ring, Grand Theft Auto V, Gran Turismo 7, FIFA 22Metroid Dread, Tetris Effect, The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Animal Crossings: New HorizonsResident Evil 4, The Walking Dead: Saints and SinnersMinecraft, Forza, FIFASea of Thieves, Asassins Creed ValhallaAsphalt 8 Airborne, Crossy Road, Alto's Adventure
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk game lainnya di sini

Setelah memilih konsolnya, mungkin Anda juga tidak sabar untuk memainkan game-nya. Baca artikel di bawah ini untuk mengetahui ulasan game yang paling cocok untuk Anda!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan konsol game yang sesuai kebutuhan Anda? Bila hanya sempat bermain di rumah, manfaatkan produk yang terhubung dengan layar televisi. Sebaliknya, Anda yang gemar mengisi waktu luang dengan bermain game saat bepergian bisa memilih produk yang portable.


Jangan lupa juga untuk memeriksa fitur dan kelengkapannya, ya. Dengan demikian, Anda bisa menyusun budget sejak awal. Jika semuanya terencana dengan matang, bermain game pastinya makin menyenangkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 7 PC Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    7 PC Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain game bagi sebagian orang sudah menjadi sebuah kebutuhan, bahkan ada yang menjadikannya sebagai profesi. Industri game berkembang begitu pesat, baik industri pembuatan game maupun perangkat game. PC menjadi salah satu perangkat yang populer digunakan para gamer untuk bermain.Namun, dari banyaknya PC gaming di pasaran, manakah yang layak dipilih? Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan cara memilih PC gaming yang bagus. Rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti ROG ASUS, Dell, dan MSI juga tersedia. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla. Jadi, langsung simak informasinya!
    PC gaming
  • 10 Rekomendasi Gamepad Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gamepad Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain game menggunakan gamepad Android akan membuat permainan Anda makin kompetitif. Pasalnya, Anda tidak perlu memasukkan perintah lewat layar smartphone lagi. Tombol-tombol gamepad akan bertindak sebagai shortcut sehingga permainan Anda makin cepat. Alhasil, mengalahkan lawan saat main PUBG atau Mobile Legends bakal jadi lebih mudah.Akan tetapi, banyaknya produk gamepad Android yang dijual di pasaran barangkali membuat Anda bingung. Kami akan membantu Anda memilih gamepad Android yang bagus. Merek gamepad Android terbaik seperti Logitech dan Rexus ada dalam rekomendasi kami. Silakan baca artikel ini sampai habis.
    Aksesori mobile gaming
  • 10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Nintendo 3DS (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Nintendo 3DS (Terbaru Tahun 2022)
    Deretan game Nintendo 3DS terbaik sudah menanti Anda. Game-nya kompatibel, baik untuk Nintendo 3DS XL maupun New Nintendo 3DS yang merupakan tipe terbaru. Judulnya bervariasi, dari yang bergenre RPG, simulasi, action, dan lainnya. Mencari game ringan? Tentu ada. Anda tak perlu khawatir karena game merek Nintendo dikenal bersahabat untuk anak-anak.Tetaplah di sini agar Anda mendapatkan game Nintendo 3DS yang bagus. Kami sudah menyiapkan panduan cara memilihnya untuk Anda. Setelahnya, Anda dapat menyimak rekomendasi game Nintendo 3DS terbaik, lengkap dengan ulasannya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, segera telusuri artikel ini.
    CD game
  • 10 Gaming Mouse Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Mouse Murah yang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Gaming mouse merupakan perangkat wajib bila Anda hobi bermain game di komputer. Pemilihan gaming mouse sangat erat kaitannya dengan performa Anda selama bermain. Meski demikian, keterbatasan dana mungkin membuat Anda bingung menemukan gaming mouse murah terbaik.Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih gaming mouse murah lengkap dengan sepuluh rekomendasi produk yang bagus. Anda dapat memilih mouse gaming murah 100 ribuan dengan fitur yang tidak kalah menarik. Kami akan membahas mouse gaming murah wireless dan wired dari sejumlah merek, seperti Logitech, Razer, dan Fantech. Selamat membaca!
    PC gaming
  • 10 In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Dengan menggunakan earphone gaming, Anda dapat menyelami dunia game lebih dalam. Saat bermain game TPS dan FPS, Anda juga dapat mendengarkan suara sekecil apa pun. Kini ada banyak merek earphone gaming yang bagus dan terkadang membuat Anda bingung memilih.Melalui artikel ini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk-produk terkenal, seperti Asus ROG, Rexus, Razer, dan Logitech G. Tak hanya itu, kami juga akan menyajikan tips memilih earphone yang cocok untuk menemani Anda bermain game, seperti PUBG. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla. Temukan produk pilihan Anda!
    Aksesori mobile gaming
  • 10 Rekomendasi Game Open World Terbaik untuk PlayStation 4 (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Open World Terbaik untuk PlayStation 4 (Terbaru Tahun 2022)
    Game open world menawarkan kebebasan mengeksplorasi dunia yang sangat luas. Meski jalan ceritanya bisa saja linier, tetapi game open world memberi Anda fleksibilitas pemilihan misi. Terdapat misi utama atau misi sampingan, lakukan saja dahulu misi mana pun yang Anda inginkan. Ada begitu banyak game open world berkualitas untuk PlayStation 4. Game keren seperti The Witcher 3: Wild Hunt, Elden Ring, dan GTA V  akan kami bahas. Cara memilih dan rekomendasi game open world untuk PS4 ada dalam artikel ini, pilihlah game yang paling Anda suka!
    CD game
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori