• Review: 10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • Review: 10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • Review: 10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • Review: 10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • Review: 10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

Review: 10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Pembersih wajah atau face cleanser berperan penting untuk membersihkan makeup. Anda bisa mendapatkan pembersih wajah yang bagus dalam berbagai jenis, mulai dari oil, gel, milk, sampai balm. Tiap tipe pembersih memiliki karakteristik dan kemampuan yang berbeda.


Kali ini, mybest original review akan memverifikasi pembersih wajah yang beredar di pasaran. Review ini dilakukan oleh tim editorial mybest di Jepang dengan tiga poin yang menjadi tolok ukur:

1. Kemampuan membersihkan

2. Kemampuan melembapkan

3. Kandungan bahan


Setelah itu, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik pilihan mybest. Sejumlah merk, seperti Bioré, Cow Brand, sampai COVERMARK ada di sini! Semoga review ini bisa membantu Anda saat memilih.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Aidacht
Liana Eka Wulandari
Della Delila
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Analisis komposisi bahan dengan kerja sama spesialis kosmetik

Analisis komposisi bahan dengan kerja sama spesialis kosmetik

Kali ini, kami bekerja sama dengan Mizuha, seorang spesialis di bidang kosmetik. Selain verifikasi komposisi, dua poin tolok ukur lainnya dilakukan oleh tim editorial mybest.


Mizuha bekerja sebagai peneliti obat-obatan dan aktif membagikan informasi terkait kandungan bahan produk kosmetik, terutama untuk kulit sensitif. Hal ini dilakukannya dengan mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya saat bekerja di divisi R&D produk kosmetik. Ia memiliki banyak kualifikasi seperti ahli bahan kosmetik serta konsultan kecantikan. Selama lebih dari 10 tahun, ia telah me-review komposisi produk melalui media sosial.

Cara memilih pembersih wajah

Terdapat enam poin yang sebaiknya Anda pastikan saat memilih pembersih wajah.

① Pertimbangkan jenis pembersih wajah

Membersihkan makeup adalah salah satu tujuan utama pemakaian pembersih wajah. Saat memilih pembersih terbaik, Anda perlu mempertimbangkan jenis yang cocok dengan kondisi dan jenis kulit. Produk pembersih wajah untuk kulit kering dan kusam tentu memiliki prioritas yang berbeda dengan pembersih untuk kulit kombinasi.


Pembersih wajah sendiri memiliki beragam varian, mulai dari pembersih wajah alami sampai bahan kombinasi. Kali ini, mybest akan memperkenalkan delapan jenis pembersih wajah beserta kelebihannya masing-masing.

Cleansing oil, membersihkan makeup tebal sampai tuntas

Cleansing oil, membersihkan makeup tebal sampai tuntas

Sesuai namanya, cleansing oil adalah pembersih wajah berbahan dasar minyak. Jenis ini memiliki kelebihan mampu membersihkan makeup tebal. Anda yang sering memakai makeup waterproof atau liquid foundation akan cocok menggunakan pembersih tipe ini. Selain itu, kandungan minyak pada cleansing oil efektif membersihkan pori-pori yang tersumbat minyak. Berkat karakteristik tersebut, cleansing oil bisa menjadi opsi pembersih wajah yang bagus untuk kulit berjerawat.


Kemampuan cleansing oil dalam membersihkan bisa berbeda-beda tergantung formula dan jenis minyak. Urutan tiga jenis minyak sesuai kekuatan pembersihannya adalah mineral-based oil, ester-based oil, serta fat-based oil. Namun, perlu Anda waspadai bahwa makin kuat daya membersihkan suatu produk, makin besar pula kemungkinan terkikisnya minyak alami di wajah.


Fat-based cleansing oil dengan komponen menyerupai minyak manusia sering disebut sebagai pembersih wajah yang bagus untuk kulit sensitif. Sebaliknya, mineral-based cleansing oil dengan kemampuan membersihkan yang kuat lebih cocok digunakan sebagai pembersih wajah untuk kulit berminyak.


<Kesimpulan cleansing oil>

  • Kemampuan membersihkan: ★★★★★
    • Tipe: oil-based
    • Saran pemakaian: membersihkan makeup tebal

Cleansing balm, membersihkan wajah dengan nyaman

Cleansing balm, membersihkan wajah dengan nyaman

Cleansing balm adalah pembersih wajah berbahan dasar minyak dengan tekstur semipadat seperti mentega. Tekstur balm unik yang meleleh saat bersentuhan dengan kulit wajah membuat pembersih tipe ini populer.


Pembersih tipe balm banyak menggunakan minyak ester sebagai komponen utamanya. Minyak ester memiliki kemampuan cleansing yang tinggi sehingga sering juga digunakan sebagai pembersih makeup tebal. Cleansing balm adalah pembersih wajah yang baik untuk kulit berminyak dan berjerawat. Namun, cleansing balm berpotensi menghilangkan minyak alami di wajah. Jadi, jangan lupa mengoleskan pelembap wajah setelah memakai pembersih ini.


<Kesimpulan cleansing balm>

  • Kemampuan membersihkan: ★★★★☆
  • Tipe: oil-based
  • Saran pemakaian: membersihkan makeup tebal

Cleansing gel, meminimalkan gesekan pada kulit

Cleansing gel, meminimalkan gesekan pada kulit

Pembersih wajah dengan tekstur gel bisa mengurangi pergesekan dengan kulit, cocok untuk kulit sensitif. Terdapat tiga subtipe cleansing gel, yaitu water-based, oil in water-based, serta oil-in-gel. Makin banyak unsur minyak dalam pembersih gel, makin efektif produk tersebut membersihkan riasan.


Untuk makeup ringan atau saat Anda menggunakan eyelash extension, gunakanlah water-based cleansing gel. Sebaliknya, saat ingin menghapus makeup yang cukup tebal, pilihlah oil-in-gel cleanser. Bahkan, belakangan ini ada juga hot cleansing gel yang memberikan rasa hangat saat diaplikasikan ke wajah. Cleansing gel sulit diaplikasikan apabila tangan atau wajah dalam keadaan basah. Jadi, pastikan kulit Anda kering sebelum memakai pembersih wajah ini.


<Kesimpulan cleansing gel>

  • Kemampuan membersihkan: ★★☆☆☆〜★★★☆☆(tergantung jenis
  • Tipe: water-based・oil-based
  • Saran pemakaian: membersihkan makeup natural sampai tebal

Cleansing cream, memberikan sensasi kulit lembap

Cleansing cream, memberikan sensasi kulit lembap

Cleansing cream atau krim pembersih wajah memiliki keseimbangan yang baik antara kandungan minyak dan surfaktan. Tipe ini terbagi dalam dua tipe yaitu yang dibilas dengan air dan yang dibersihkan dengan kapas. Saat memilih, pertimbangkanlah gaya hidup serta hasil akhir yang Anda inginkan.


Kelebihan cleansing cream adalah mengandung bahan-bahan dengan manfaat kecantikan. Anda bisa memijat wajah dengan lembut sembari membersihkannya. Namun, beberapa cream pembersih wajah membutuhkan tahapan double cleansing. Jadi, tipe ini tidak disarankan saat Anda ingin menghemat waktu.


<Kesimpulan cleansing cream>

  • Kemampuan membersihkan: ★★★☆☆
  • Tipe: oil-based
  • Saran pemakaian: membersihkan makeup natural

Cleansing milk, pembersih makeup natural yang cocok untuk kulit sensitif

Cleansing milk, pembersih makeup natural yang cocok untuk kulit sensitif

Kelebihan cleansing milk terletak pada tekstur yang menyerupai losion dan manfaat melembapkan wajah. Pembersih ini juga dikenal sebagai susu pembersih wajah. Bisa dibilang, cleansing milk adalah produk pembersih wajah yang bagus untuk kulit kering dan sensitif.


Meskipun komposisi bahannya bervariasi tergantung merek, umumnya cleansing milk memiliki kadar minyak yang rendah. Hal ini menyebabkan kemampuan membersihkannya tidak sekuat pembersih oil-based lainnya. Karena itu pula, cleansing milk umumnya tidak digunakan untuk membersihkan makeup waterproof maupun foundation cair.


Cleansing milk cocok dipakai Anda yang biasa menggunakan makeup natural. Untuk riasan tebal, kombinasikan pemakaian cleansing milk dengan pembersih tipe lain.


<Kesimpulan cleansing milk>

  • Kemampuan membersihkan: ★★☆☆☆
  • Tipe: oil-based
  • Saran pemakaian: membersihkan makeup natural

Cleansing water, untuk sensasi yang menyegarkan

Cleansing water, untuk sensasi yang menyegarkan

Cleansing water memiliki tekstur air yang menyegarkan. Anda akan merasakan sensasi segar setelah memakainya. Namun, pembersih tipe ini tidak cocok digunakan untuk membersihkan makeup tebal.


Cara menggunakan cleansing water mirip dengan cara memakai toner wajah. Tuangkan cleansing water secukupnya ke kapas, lalu usapkan ke wajah untuk mengangkat makeup dan kotoran. Umumnya, Anda tidak perlu membersihkan wajah dengan sabun setelah memakai cleansing water. Sekarang ini banyak juga cleansing water yang berfungsi ganda sebagai toner sekaligus serum wajah. Jadi, pembersih ini cocok digunakan saat Anda sibuk atau sedang bepergian.


Di sisi lain, Anda dengan kulit sensitif atau kering sebaiknya berhati-hati saat memakai cleansing water. Sebab, usapan kapas ke wajah bisa melukai kulit wajah Anda.


<Kesimpulan cleansing water>

  • Kemampuan membersihkan: ★☆☆☆☆ (*)
  • Tipe: water-based
  • Saran pemakaian: membersihkan makeup natural

*Dilihat dari komposisi bahan, kemampuan membersihkan cleansing water adalah ★ atau ★★. Namun, dapat berubah menjadi ★★★ karena gesekan fisik kapas.

Cleansing sheet, pembersih praktis saat bepergian

Cleansing sheet, pembersih praktis saat bepergian

Daya tarik utama cleansing sheet adalah bisa digunakan kapan saja, sangat praktis digunakan saat bepergian atau dalam keadaan darurat. Namun, hal ini juga menjadikan kulit rawan teriritasi karena sering tergesek tisu pembersih. Selain itu, beberapa produk juga mengandung etanol sehingga pemilik kulit kering dan sensitif perlu berhati-hati.


Secara umum, kami menyarankan pemakaian cleansing sheet hanya pada saat tertentu. Pembersih ini akan menjadi penyelamat ketika Anda pulang malam dan terlalu lelah untuk melakukan rutinitas skincare.


<Kesimpulan cleansing sheet>

  • Kemampuan membersihkan: ★★★★☆〜★★★★★ (bervariasi tergantung merek)
  • Tipe: water-based dan oil-based
  • Saran pemakaian: membersihkan makeup natural sampai tebal

Eye makeup remover, membersihkan bagian tertentu dengan cepat

Eye makeup remover, membersihkan bagian tertentu dengan cepat

Riasan mata sering kali sulit dibersihkan secara tuntas, apalagi saat Anda memakai maskara atau waterproof eyeliner. Nah, eye makeup remover ditujukan spesifik untuk menghapus riasan seperti itu.


Pembersih ini terbagi atas dua jenis yaitu untuk membersihkan keseluruhan riasan wajah atau pembersih maskara saja. Jika Anda ingin fokus membersihkan makeup mata, terutama maskara tahan air, pilihlah tipe kedua.


Hanya saja, beberapa pembersih tipe ini mengandung etanol. Penggunaannya pun bisa membuat kulit wajah terus-menerus tergosok kapas. Karena itu, berhati-hatilah apabila Anda memiliki kulit sensitif atau kering.


<Kesimpulan eye makeup remover>

  • Kemampuan membersihkan: ★★★★☆〜★★★★★(bervariasi tergantung tipe
  • Tipe: water-based dan oil-based
  • Saran pemakaian: membersihkan makeup berat

② Carilah pembersih wajah dengan fungsi tambahan

Saat memilih pembersih wajah terbaik, pertimbangkan juga fungsi tambahannya. Sejumlah produk memiliki tambahan pelembap dari hyaluronic acid atau kolagen. Anda yang berkulit kering bisa mempertimbangkan kandungan tambahan semacam ini. Jika Anda mencari pembersih wajah untuk kulit berjerawat, pilihlah pembersih yang dilengkapi dengan fungsi antiacne.


Selain itu, ada juga pembersih wajah yang dilengkapi fungsi peeling. Fungsi ini sangat bermanfaat untuk mencegah kulit kusam, menghilangkan komedo, serta mengangkat kulit mati.


Agar mendapatkan manfaat maksimal, cocokkan pembersih wajah dengan masalah kulit Anda. Berikut ini beberapa kandungan bahan yang bisa Anda pertimbangkan:


<Fungsi melembapkan wajah>

  • Hyaluronic acid
  • Butylene glycol (BG)
  • Gliserin
  • Kolagen
  • Ceramide

<Fungsi peeling>

  • AHA (asam laktat atau asam malat)
  • Enzim papine
  • Turunan vitamin C

③ Untuk kulit sensitif, pilih pembersih yang hypoallergenic

③ Untuk kulit sensitif, pilih pembersih yang hypoallergenic

Bagi pemilik kulit sensitif, bahan-bahan yang biasanya tidak mengakibatkan iritasi pada kulit normal bisa berakibat buruk pada kulit Anda. Karena itu, pilihlah pembersih dengan formula yang ringan atau bebas zat aditif.


Berhati-hatilah saat memilih pembersih yang mengeklaim "bebas zat aditif". Bebas dari zat pewarna atau pewangi sudah bisa dikategorikan sebagai "bebas zat aditif". Identifikasikan bahan yang tidak cocok dipakai di kulit Anda lebih spesifik.


Berikut ini beberapa bahan yang sebaiknya dihindari apabila Anda memiliki kulit sensitif:

  • Etanol atau alkohol yang dimodifikasi
  • Mentol
  • Pewangi
  • Pewarna
  • Pengawet (paraben dan asam benzoat)*
  • Bahan peeling (salicylic acid dan glycolic acid)
  • Ekstrak dari beberapa jenis minyak

*Paraben tidak selalu menyebabkan iritasi. Beberapa produsen telah menetapkan standar peracikan yang ketat dengan pertimbangan keamanan. Pada kasus yang jarang terjadi, paraben dengan jumlah tinggi bisa menyebabkan iritasi kulit.

④ Pakailah pembersih dengan fungsi double cleanser untuk menghemat waktu

④ Pakailah pembersih dengan fungsi double cleanser untuk menghemat waktu

Di antara bermacam pembersih wajah, ada yang memiliki fungsi ganda sebagai pembersih sekaligus sabun wajah. Tipe double cleansing ini sebaiknya dihindari jika Anda mencari pembersih wajah untuk kulit berminyak. Sebaliknya, Anda yang mengutamakan kepraktisan atau ingin menghemat biaya bisa mencoba produk tipe ini.


Dengan produk double cleanser, gesekan pada wajah akan berkurang sehingga tidak terlalu mengurangi kelembapan kulit. Namun, jika Anda khawatir dengan rasa lengket setelah mencuci muka, lakukanlah langkah tambahan. Ingatlah bahwa sisa sebum di wajah bisa memicu timbulnya jerawat.

⑤ Pilih yang bisa digunakan dengan tangan basah untuk pemakaian saat mandi

⑤ Pilih yang bisa digunakan dengan tangan basah untuk pemakaian saat mandi

Pembersih wajah yang bisa digunakan dalam keadaan tangan basah praktis dipakai sembari mandi. Pilihlah pembersih wajah berketerangan "bisa digunakan dalam keadaan basah" atau "bisa dipakai di tangan basah" pada kemasannya.


Namun, ada pembersih oil-based yang akan kehilangan fungsi membersihkannya apabila tercampur air. Karena itu, jika Anda ingin memaksimalkan fungsi cleansing, utamakan penggunaan dalam keadaan tangan kering.

⑥ Cek apakah bisa digunakan pada eyelash extension

⑥ Cek apakah bisa digunakan pada eyelash extension

Penting untuk memastikan apakah pembersih wajah bisa digunakan pada sulaman bulu mata atau eyelash extension. Umumnya, lem yang digunakan pada eyelash extension rentan terhadap minyak. Namun, terdapat pengecualian seperti minyak tetumbuhan yang bisa ditoleransi oleh eyelash extension. Sebaliknya, mineral-based oil cenderung membuat extension lepas.

Review pembersih wajah terpopuler

Kali ini, mybest telah melakukan review produk pembersih wajah populer dalam berbagai varian. Setelah itu, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya!


Poin verifikasi yang kami gunakan adalah:

Verifikasi ①:Kemampuan membersihkan 

Verifikasi ②:Kemampuan melembapkan

Verifikasi ③:Kandungan bahan (kelembutan pada kulit)

Verifikasi ① kemampuan membersihkan

Verifikasi ① kemampuan membersihkan

Di tahap ini, tim kami mengoleskan beberapa jenis makeup pada punggung dan lengan tangan. Lalu, kami mengusapnya dengan pembersih wajah pilihan. Terakhir, kami menilai hasil pembersihan dalam poin 1–5.


Berikut ini adalah jenis makeup yang digunakan dalam verifikasi. Tim mybest memilih makeup yang sulit dihapus untuk mempermudah penilaian, seperti:

  • Maskara tahan air
  • Eyeshadow
  • Eyeliner tahan air
  • Lip tint
  • Liquid eyeliner

Verifikasi ② kemampuan melembapkan

Verifikasi ② kemampuan melembapkan

Kemampuan membersihkan tentunya menjadi hal utama. Namun, apabila kulit wajah menjadi kering, hal itu tentunya tidak baik. Karena itulah, kami memverifikasi kemampuan melembapkan pada setiap pembersih wajah.


Di tahap ini, tim mybest menggunakan mesin pengukur kadar air pada kulit (corneometer). Kami membandingkan kadar air di tangan sebelum dan setelah pemakaian produk pembersih.

Verifikasi ③ kandungan bahan

Verifikasi ③ kandungan bahan

Tahap terakhir adalah verifikasi kandungan bahan. Tim mybest dibantu oleh Mizuha yang akrab dengan kandungan bahan dalam makeup. Mizuha secara ketat memeriksa kelembutan bahan terhadap kulit. Dengan mempertimbangkan kesesuaian terhadap pemilik kulit sensitif, Mizuha menilai bahan dalam poin 1–5.


*Skor rendah bukan berarti produk berbahaya, melainkan menunjukkan bahwa produk tersebut berisiko menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

ElsheSkin Deep Cleansing for Sensitive Skin

Mulai dari Rp 97.000,00

Tabel perbandingan produk pembersih wajah terbaik mybest original review

Gambar produk
1
FANCL Mild Cleansing Oil 1

FANCL

2
Cow Brand Soap Kyoshinsha Cow Style Non-Annexed Cleansing Oil 1

Cow Brand Soap Kyoshinsha

3
StylingLife Holdings Tsururi Hot Gel Cleansing 1

StylingLife Holdings

4
KAO Bioré Makeup Remover Perfect Cleansing Water 1

KAO

5
Cow Brand Soap Kyoshinsha Cow Style Non-Annexed Cleansing Milk Pump 1

Cow Brand Soap Kyoshinsha

6
KAO Bioré Makeup Remover Cleansing Gel 1

KAO

7
COVERMARK Treatment Cleansing Milk 1

COVERMARK

8
Mandom Bifesta Cleansing Sheets 1

Mandom

9
KAO Bioré Makeup Remover Cleansing Oil Sheet 1

KAO

10
FANCL Mild Cleansing Gel 1

FANCL

Nama produk

Mild Cleansing Oil

Cow Style Non-Annexed Cleansing Oil

Tsururi Hot Gel Cleansing

Bioré Makeup Remover Perfect Cleansing Water

Cow Style Non-Annexed Cleansing Milk Pump

Bioré Makeup Remover Cleansing Gel

Treatment Cleansing Milk

Bifesta Cleansing Sheets

Bioré Makeup Remover Cleansing Oil Sheet

Mild Cleansing Gel

Keunggulan

Must-have cleanser untuk membersihkan makeup berat

Membersihkan sampai tuntas dan lembut di kulit! Cocok untuk si kulit sensitif

Dilengkapi scrub konyaku, nyaman di kulit!

Daya membersihkan tinggi dengan sensasi menyegarkan

Performa memuaskan untuk membersihkan makeup natural!

Mendapatkan nilai seimbang pada verifikasi tim mybest

Top class cleanser untuk membersihkan dan melembapkan

Cleanser dan skincare dalam satu helai tisu!

Ideal untuk membersihkan liquid foundation

Menghapus maskara dan lip tint sampai tuntas!

Harga mulai dariRp 490.000,00Rp 135.000,00Rp 175.000,00Rp 68.000,00Rp 135.000,00Rp 250.000,00Rp 370.000,00Rp 119.000,00Rp 97.400,00Rp 510.000,00
Tipe Cleansing oilCleansing oilHot cleansing gelCleansing waterCleansing milk (bilas)Oil in cleansing gelCleansing milk (bilas)Cleansing sheetCleansing sheetCleansing gel (oil in water gel)
Fungsi double cleansingXX--
Digunakan pada eyelash extension-------
Digunakan dengan tangan basah------
Kemampuan membersihkan5.04.05.04.03.04.05.04.04.05.0
Kemampuan melembapkan4.05.04.05.04.04.05.05.04.02.0
Kandungan bahan4.04.03.03.05.04.02.02.02.04.0
Total penilaian5.05.05.05.05.04.04.04.04.04.0
Tautan produk

10 Rekomendasi pembersih wajah terbaik mybest original review

Setelah me-review puluhan pembersih wajah dengan saksama, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. 

1
Tipe Cleansing oil
Fungsi double cleansing
Digunakan pada eyelash extension
Digunakan dengan tangan basah
Kemampuan membersihkan5.0
Kemampuan melembapkan4.0
Kandungan bahan4.0
Total penilaian5.0
2

Cow Brand Soap KyoshinshaCow Style Non-Annexed Cleansing Oil

Mulai dari Rp 135.000,00

Tipe Cleansing oil
Fungsi double cleansingX
Digunakan pada eyelash extension-
Digunakan dengan tangan basah
Kemampuan membersihkan4.0
Kemampuan melembapkan5.0
Kandungan bahan4.0
Total penilaian5.0
3

StylingLife HoldingsTsururi Hot Gel Cleansing

Mulai dari Rp 175.000,00

Tipe Hot cleansing gel
Fungsi double cleansing
Digunakan pada eyelash extension
Digunakan dengan tangan basah-
Kemampuan membersihkan5.0
Kemampuan melembapkan4.0
Kandungan bahan3.0
Total penilaian5.0
4

KAOBioré Makeup Remover Perfect Cleansing Water

Mulai dari Rp 68.000,00

Tipe Cleansing water
Fungsi double cleansing
Digunakan pada eyelash extension-
Digunakan dengan tangan basah-
Kemampuan membersihkan4.0
Kemampuan melembapkan5.0
Kandungan bahan3.0
Total penilaian5.0
5
Cow Brand Soap Kyoshinsha Cow Style Non-Annexed Cleansing Milk Pump 1

Cow Brand Soap KyoshinshaCow Style Non-Annexed Cleansing Milk Pump

Mulai dari Rp 135.000,00

Tipe Cleansing milk (bilas)
Fungsi double cleansing
Digunakan pada eyelash extension-
Digunakan dengan tangan basah
Kemampuan membersihkan3.0
Kemampuan melembapkan4.0
Kandungan bahan5.0
Total penilaian5.0
6

KAOBioré Makeup Remover Cleansing Gel

Mulai dari Rp 250.000,00

Tipe Oil in cleansing gel
Fungsi double cleansing
Digunakan pada eyelash extension-
Digunakan dengan tangan basah-
Kemampuan membersihkan4.0
Kemampuan melembapkan4.0
Kandungan bahan4.0
Total penilaian4.0
7

COVERMARKTreatment Cleansing Milk

Mulai dari Rp 370.000,00

Tipe Cleansing milk (bilas)
Fungsi double cleansingX
Digunakan pada eyelash extension
Digunakan dengan tangan basah
Kemampuan membersihkan5.0
Kemampuan melembapkan5.0
Kandungan bahan2.0
Total penilaian4.0
8
Tipe Cleansing sheet
Fungsi double cleansing-
Digunakan pada eyelash extension-
Digunakan dengan tangan basah-
Kemampuan membersihkan4.0
Kemampuan melembapkan5.0
Kandungan bahan2.0
Total penilaian4.0
9

KAOBioré Makeup Remover Cleansing Oil Sheet

Mulai dari Rp 97.400,00

Tipe Cleansing sheet
Fungsi double cleansing-
Digunakan pada eyelash extension-
Digunakan dengan tangan basah-
Kemampuan membersihkan4.0
Kemampuan melembapkan4.0
Kandungan bahan2.0
Total penilaian4.0
10

FANCLMild Cleansing Gel

Mulai dari Rp 510.000,00

Tipe Cleansing gel (oil in water gel)
Fungsi double cleansing
Digunakan pada eyelash extension-
Digunakan dengan tangan basah-
Kemampuan membersihkan5.0
Kemampuan melembapkan2.0
Kandungan bahan4.0
Total penilaian4.0

Cara membersihkan wajah yang benar (dengan susu pembersih atau pembersih lainnya)

Setelah menemukan pembersih yang cocok, mari ketahui cara membersihkan wajah dengan tepat. Meskipun cara pakai dan prosedur setiap jenis pembersih wajah berbeda, kami akan memperkenalkan poin-poin yang berlaku secara umum.

Bersihkan mulai dari bagian inti riasan

Bersihkan mulai dari bagian inti riasan

Pernahkah merasa wajah Anda belum bersih meskipun sudah melakukan face cleansing dengan saksama? Mungkin urutan pembersihannya kurang tepat!


Saat membersihkan dengan susu pembersih wajah atau pembersih lain, mulailah dari riasan inti seperti bagian mata dan bibir. Apabila Anda membersihkan seluruh makeup wajah sekaligus, semua kotoran akan tercampur aduk. Akibatnya, makeup akan menjadi sulit luntur. Jadi, bersihkan makeup dari bagian inti, lalu lanjutkan ke bagian base makeup seperti foundation dan bedak.


Selain itu, hindari menggosok wajah terlalu kuat. Hal ini bisa menambah beban pada kulit wajah dan lama-kelamaan akan memicu timbulnya masalah kulit.

Bersihkan area T-zone dengan teliti

Bersihkan area T-zone dengan teliti

Selanjutnya, biasakan untuk membersihkan area T-zone yang memproduksi banyak minyak di wajah. Anda bisa menggunakan alat pembersih wajah seperti kapas untuk hasil yang maksimal. Karena bagian ini rawan menimbulkan jerawat dan komedo, pastikan untuk membersihkannya dengan saksama.


Setelah bagian T-zone selesai, berikutnya bersihkahlah area U-zone di bagian pipi dan garis wajah. Kulit di sekitar U-zone cenderung tipis dan mudah mengalami iritasi. Karena itu, bersihkanlah dengan memijatnya lembut menggunakan jari Anda.

Cuci dan bilas dengan air hangat bersuhu 32–34℃

Cuci dan bilas dengan air hangat bersuhu 32–34℃

Membilas wajah dengan air panas mungkin membuat kotoran terasa luntur dan wajah terasa lebih bersih. Namun, berhati-hatilah karena mencuci wajah dengan air panas akan membuat wajah kering. Bilaslah wajah dengan air hangat pada suhu 32–34℃ untuk menjaga kadar minyak yang diperlukan kulit.

Bersihkan wajah dalam satu menit

Bersihkan wajah dalam satu menit

Proses membersihkan wajah, termasuk membilasnya dengan air, sebaiknya dilakukan dalam satu menit. Apabila Anda membersihkan wajah terlalu lama, sebum yang diperlukan wajah berisiko ikut terkikis. Jika Anda menggunakan riasan mata dan bibir yang berat, bersihkan area-area tersebut menggunakan eye makeup remover terlebih dahulu.

Gunakan cleansing oil untuk perawatan pori-pori

Gunakan cleansing oil untuk perawatan pori-pori

Pori-pori wajah yang tersumbat merupakan awal terbentuknya komedo, bahkan jerawat. Untuk membersihkan minyak berlebih di wajah, gunakanlah cleansing oil.


Setelah selesai menghapus riasan, pijatkan lembut cleansing oil pada area wajah yang berminyak dengan gerakan memutar. Kami merekomendasikan cleansing oil dari minyak tumbuhan, seperti olive, yang relatif tidak mudah teroksidasi.


Setelah selesai memijat dengan cleansing oil, bilas wajah dengan air hangat. Pastikan untuk membersihkan wajah secara menyeluruh untuk menghilangkan seluruh kotoran dan sisa-sisa minyak.

Baca juga rekomendasi sabun pembersih wajah di sini

Pembersih wajah umumnya digunakan untuk membersihkan makeup dan minyak dari wajah. Untuk membersihkan debu dan sisa polusi, biasanya tahapan ini diikuti dengan mencuci muka menggunakan facial wash. Mari simak artikel mybest lain yang membahas mengenai sabun pembersih wajah.

Kesimpulan

Kali ini tim mybest telah melakukan verifikasi menyeluruh terhadap pembersih wajah yang beredar di pasaran. Kami harap Anda bisa menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.


Proses cleansing merupakan langkah penting dalam perawatan kulit. Jika lalai membersihkan wajah dengan baik, masalah kulit bisa timbul dalam jangka panjang. Karena itu, pilihlah pembersih yang paling cocok dengan riasan dan kondisi kulit Anda!

Artikel terkait

  • 9 Essence Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    9 Essence Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Essence adalah produk skincare penting untuk perawatan kulit wajah sehari-hari. Produk ini populer di kalangan wanita karena dapat mencegah berbagai masalah kulit seperti kulit kering dan keriput. Banyak produk essence yang ditujukan untuk kulit kering dan berminyak, tetapi bagaimana dengan kulit kombinasi?Nah, kami telah menyiapkan sembilan rekomendasi essence terbaik untuk kulit kombinasi beserta cara memilihnya. Ada produk keluaran merek-merek ternama, seperti Etude, Laneige, hingga The Body Shop. Bandingkanlah harga dan manfaatnya, lalu temukan produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022)
    Seiring dengan pertambahan usia, produksi kolagen dan fungsi perlindungan kulit akan menurun. Tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, kulit kering, kendur, serta flek hitam menjadi lebih mencolok. Selain pelembap dan serum wajah, face emulsion merupakan produk perawatan wajah yang patut dipertimbangkan dalam skincare routine Anda.Namun, banyaknya merek face emulsion di pasaran mungkin membuat Anda bingung. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih face emulsion yang bagus untuk kondisi kulit Anda. Produk face emulsion terbaik dengan formula antianging, seperti SK-II, Sulwhasoo, dan Shiseido juga akan kami review di sini.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkah sheet mask pada step skincare rutin dapat mengoptimalkan perawatan wajah Anda. Sheet mask memiliki kandungan skincare berkonsentrasi lebih tinggi daripada cream biasa. Saat ini, ada bermacam-macam daily sheet mask dengan bahan aktif untuk beragam masalah kulit. Bagaimana cara memilih sheet mask yang bagus? Untuk menjawabnya, kami telah menyiapkan tips memilih sheet mask untuk kulit kering, kulit berjerawat, kulit berminyak, dan lain-lain. Kami juga mengulas produk sheet mask lokal seperti Emina dan Wardah, serta sheet mask Korea seperti Nature Republic. Penasaran dengan ulasan kami? Langsung simak penjelasannya di bawah ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika memasuki usia remaja, kondisi kulit juga akan mulai berubah. Karena itu, banyak remaja usia 14 tahun ke atas yang mencari skincare, salah satunya essence yang aman dipakai remaja. Namun, ada begitu banyak produk essence yang tersedia di pasaran. Tahukan Anda essence mana yang terbaik?Kali ini kami akan membahas essence yang bagus dan aman untuk remaja dari berbagai merk, seperti Garnier, Innisfree, COSRX. Tidak lupa, kami juga akan membahas cara memilih dan memberi rekomendasi produknya. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan skincare tidak hanya terbatas untuk kaum wanita saja. Dengan aktivitas yang lebih padat dan paparan polutan, kulit pria sebenarnya jauh lebih membutuhkan skincare. Salah satu skincare untuk perawatan intensif adalah masker. Saat ini, pilihan masker untuk pria sudah banyak tersedia. Lalu, bagaimana memilih masker wajah pria yang bagus? Di sini, kami akan menyajikan tips memilih masker wajah untuk pria beserta rekomendasi masker wajah pria terbaik. Berbagai merek masker pria, seperti Himalaya, Garnier, Innisfree, dan Lacoco akan kami ulas di sini. Tertarik untuk mencoba? Simak terus ulasannya sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah mengering pun, jerawat kerap meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan serum yang bagus dan berkualitas. Berbagai brand lokal telah memproduksi serum untuk menghilangkan bekas jerawat. Mana yang sebaiknya Anda pilih?Baca terus artikel ini dan ketahui tips memilih serum lokal terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat! Simak juga rekomendasi produk lokal penghilang bekas jerawat dari berbagai merek populer, seperti Wardah, Avoskin, Hanasui, dan Implora. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Pilih yang terbaik supaya kulit Anda terbebas dari bekas jerawat!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Nu Skin Terbaik untuk Merawat Wajah (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Nu Skin Terbaik untuk Merawat Wajah (Terbaru Tahun 2022)
    Kondisi kulit wajah turut dipengaruhi oleh jenis kulit, usia, dan gaya hidup. Mulai dari jerawat, flek hitam, garis halus, warna tidak merata, dan permasalahan kulit lainnya bisa saja Anda alami. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan produk perawatan kulit wajah. Salah satu brand perawatan kulit wajah yang tepercaya adalah Nu Skin.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk Nu Skin agar Anda dapat menemukan yang tepat. Tidak hanya itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk terbaiknya, seperti Creamy Cleansing Lotion, ageLOC Transforming Night, dan lainnya. Jadi, dibaca hingga selesai, ya.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Anti-aging Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Anti-aging Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Munculnya keriput, garis halus, hingga kulit kendur merupakan hal alami yang terjadi seiring bertambahnya usia. Untungnya, Anda bisa memperlambat laju penuaan kulit dengan serum anti-aging. Serum anti-aging hadir dengan formula yang beragam, ada yang untuk remaja, untuk kulit sensitif, hingga untuk kulit berminyak. Serum yang bagus dan murah juga ada, lho! Kali ini, kami ingin membahas cara memilih serum anti-aging yang bagus. Rekomendasi dari merek-merek terbaik seperti Wardah, Avoskin, hingga The Ordinary telah kami siapkan. Simak juga tips memilih serum dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK!
    Perawatan wajah
  • 10 Krim Malam Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Krim Malam Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang dengan kondisi kulit berminyak menghindari menggunakan pelembab karena khawatir wajah jadi makin berminyak. Padahal, memberikan pelembap pada kulit berminyak sama pentingnya seperti melembapkan kulit kering. Night cream, merupakan salah satu perawatan maksimal untuk kulit berminyak Anda.Kami akan menyajikan rekomendasi night cream beserta tips memilih krim malam yang bagus untuk kulit berminyak. Kami mengulas berbagai merek krim malam untuk kulit berminyak dan berjerawat, seperti Wardah, Garnier, Haple, dan Whitelab. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis dermatologi dan venereologi kami, dr. Dedianto Hidajat. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Toner yang Bagus untuk Fungal Acne - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Toner yang Bagus untuk Fungal Acne - Ditinjau oleh Apoteker (Terbaru Tahun 2022)
    Dari berbagai permasalahan kulit yang ada, salah satu yang cukup mengganggu dan sulit dihilangkan ialah fungal acne. Meski sekilas mirip jerawat, fungal acne tidak disebabkan oleh bakteri, melainkan jamur. Lantas, toner apa yang aman dan cocok untuk fungal acne, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan seputar fungal acne beserta cara memilih toner yang bagus untuk fungal acne. Tak lupa, kami pun turut merekomendasikan merek toner dengan kandungan fungal acne-safe, seperti Pyunkang Yul, Avoskin, dan COSRX. Artikel ini juga telah ditinjau oleh apoteker kami, Meilasari Tri Jayanti. Mari simak informasi selengkapnya!
    Perawatan wajah
  • Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 6 Rekomendasi Toner The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    6 Rekomendasi Toner The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    The Body Shop merupakan salah satu brand kecantikan ternama yang turut mengeluarkan beragam produk toner. Fungsi utama toner adalah untuk membersihkan wajah. Selain itu, toner juga memiliki manfaat lain untuk kulit. The Body Shop sendiri memiliki beberapa varian toner dengan manfaat berbeda yang mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih toner The Body Shop kepada Anda. Tak lupa, kami pun telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik, seperti varian Tea Tree, Aloe Calming, dan serta Seaweed Oil Balancing. Mari simak informasi selengkapnya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori