1. TOP
  2. >
  3. Fashion anak
  4. >
  5. Pakaian anak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Baju Imlek Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Baju Imlek Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Baju Imlek Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Baju Imlek Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Baju Imlek Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Baju Imlek Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Baju Imlek Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2023)

Menyambut Tahun Baru Cina, biasanya orang tua akan membelikan baju baru untuk anak-anaknya. Nah, jika Anda juga sedang mencarikan baju Imlek untuk anak, Anda bisa mencari referensinya melalui artikel ini. Kami akan menjelaskan cara memilih baju Imlek yang bagus.


Setelah itu, kami akan merekomendasikan baju Imlek terbaik dari berbagai merek. Anda akan menemukan baju Imlek anak laki-laki dari merek Ziel Kids. Sementara itu, untuk baju Imlek anak perempuan, ada produk dari KIV. Modelnya beragam! Ada model baju cina, dress, dan setelan. Yuk, baca artikelnya dan temukan baju Imlek anak terbaik.

Diperbaharui 11-15-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih baju Imlek untuk anak

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli baju Imlek anak. Selain memperhatikan modelnya, ternyata warna dan bahan juga tidak boleh diabaikan. Simak baik-baik penjelasan kami di bawah ini.

① Pilih berdasarkan modelnya

Agar makin kental dengan nuansa Imlek, cari model baju yang pas dan sesuai dengan perayaan Imlek. Misalnya, Anda dapat mencarikan changsan untuk anak laki-laki serta cheongsam untuk anak perempuan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Baju Imlek anak laki-laki: Setelan kemeja atau changsan pendek

Baju Imlek anak laki-laki: Setelan kemeja atau changsan pendek

Banyak orang mengira semua tipe baju Imlek adalah cheongsam. Padahal, untuk laki-laki, baju tersebut lebih tepat disebut changsan. Changsan adalah baju untuk laki-laki yang umumnya berupa setelan kemeja dan bawahan. Kerah kemejanya biasanya khas oriental tanpa lipatan.


Awalnya changsan merupakan baju lengan panjang dan celana panjang. Namun, kini sudah banyak modifikasi changsan berupa setelan baju lengan pendek. Untuk anak-anak, Anda bisa memilih setelan changsan pendek agar tidak membuatnya gerah dan bisa lebih bebas bergerak. 

Baju Imlek anak perempuan: Model baju cheongsam

Baju Imlek anak perempuan: Model baju cheongsam

Bagi anak perempuan, model baju cheongsam bisa jadi pilihan terbaik. Cheongsam atau yang juga dikenal dengan qipao adalah baju terusan dengan model lurus dan pas di tubuh.

 
Saat ini model cheongsam untuk anak sudah sangat beragam. Ada dress cheongsam dengan model A-line, dikombinasikan dengan tutu, atau set atasan cheongsam dan bawahan rok. Dalam hal ini, silakan Anda pilih model yang paling disukai si kecil atau yang paling nyaman untuk dikenakan anak-anak.

② Pertimbangkan baju dengan warna keberuntungan anak

Pertimbangkan baju dengan warna keberuntungan anak

Imlek memang lekat dengan warna merah. Warna merah adalah simbol kesuksesan, keberuntungan, dan kebahagiaan. Karena itu, warna merah selalu jadi warna favorit dari tahun ke tahun untuk dijadikan baju Imlek. Sebenarnya, baju Imlek tidak harus selalu berwarna merah, lho. Anda dapat memilihkan baju Imlek sesuai dengan warna keberuntungan berdasarkan shio si kecil.

 
Dengan memilih warna sesuai shio, diharapkan anak bisa mendapat keberuntungan lebih. Jadi, cari tahu dahulu shio anak Anda sebelum membelikan mereka baju baru untuk Imlek tahun ini. Untuk lebih lengkapnya akan kami bahas di akhir artikel ini tentang warna-warna keberuntungan berdasarkan shio

③ Cari motif yang menggambarkan kemakmuran atau keberuntungan

Cari motif yang menggambarkan kemakmuran atau keberuntungan

Ada banyak simbol, gambar, atau lambang yang dipercaya bisa membawa kemakmuran atau keberuntungan bagi etnis Tionghoa. Gambar atau simbol tersebut juga biasanya dipakai untuk baju-baju Imlek. Jika baju Imlek 2022 dipenuhi dengan motif harimau, lain halnya untuk tahun 2023. 

 
Karena 2023 adalah tahun kelinci air, Anda bisa mencarikan baju bermotif kelinci untuk anak Anda. Selain itu, ada gambar lain seperti kura-kura dan bangau yang dianggap membawa keberuntungan.


Beberapa jenis bunga, seperti anggrek dan mawar cina, juga dianggap membawa keberuntungan pada tahun kelinci air. Anda bisa mencarikan baju dengan gambar-gambar tersebut untuk mendapat keberuntungan.

④ Cari bahan yang nyaman dipakai

Cari bahan yang nyaman dipakai

Untuk anak-anak, bahan baju sangatlah penting. Gerak yang aktif dan energik membuat anak-anak cenderung mudah berkeringat. Jadi, pilihlah bahan baju yang tidak panas dan breathable agar si kecil merasa nyaman.


Anda bisa mempertimbangkan baju berbahan katun atau linen yang halus dan dapat menyerap keringat secara maksimal. Di sisi lain, Anda mungkin akan menemukan banyak baju berbahan satin dan poliester. Sayangnya bahan-bahan ini merupakan bahan yang panas dan sebaiknya dihindari. 


Akan tetapi, jika harus memilih baju dengan bahan satin atau poliester, Anda bisa mengakalinya dengan memakaikan kaus dalam. Hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan anak dari rasa tidak nyaman.

10 Rekomendasi baju Imlek terbaik untuk anak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baju Imlek terbaik untuk anak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Ziel Kids

Alvaro Cheongsam

Ziel Kids Alvaro Cheongsam 1枚目

Kembaran dengan ayah saat Imlek, pasti kece!

2

Kumoru.id

Baju Imlek Anak Laki-laki

Kumoru.id Baju Imlek Anak Laki-laki 1枚目

Pilih motif kelinci atau ikan koi? Keduanya sama-sama baik

3

KIV

Dress Imlek Motif Sakura

KIV Dress Imlek Motif Sakura  1枚目

Model klasik dengan motif bunga sakura yang girly

4

Mobasa

Dress Imlek Cheongsam

Mobasa Dress Imlek Cheongsam 1枚目

Tetap cantik dengan setelan blouse dan rok nan simpel

5

Linco

Red Series 1794

Linco Red Series 1794 1枚目

Lengkap! Dijual paketan beserta sarung tangan dan kaki

6

Kiddy and Kiddo

Cheongsam Xila Purple Maroon Shirt

Kiddy and Kiddo Cheongsam Xila Purple Maroon Shirt 1枚目

Tampil beda dengan changsan motif batik

7

Setelan Imlek Anak

 Setelan Imlek Anak 1枚目

Pilihan tepat untuk si kecil yang aktif bergerak

8

Iris Baby Wear

Aksa oriental Red

Iris Baby Wear Aksa oriental Red 1枚目

Dipakai Imlek bisa, dipakai acara lain pun bisa

9

Ichigo

Hong Kong Dress Imlek Sincia Anak

Ichigo Hong Kong Dress Imlek Sincia Anak 1枚目

Bikin penampilan si kecil terlihat elegan saat Sincia

10

Little Glam

Hope Top

Little Glam Hope Top 1枚目

Yuk, tampil kompak dengan putra dan putri Anda

Perincian produk
Close
No.1

Ziel KidsAlvaro Cheongsam

Mulai dari Rp219.000,00

Kembaran dengan ayah saat Imlek, pasti kece!

Kelebihan:

  • Ukurannya tersedia hingga anak usia remaja
  • Tersedia dalam tiga pilihan warna menarik

Kekurangan:

  • Warna Dusty Blue-nya cenderung lebih mirip warna abu-abu

Jika Anda berencana memakai baju kembaran dengan si kecil, Anda cukup membeli baju dari Ziel Kids ini saja. Ziel Kids menyediakan berbagai macam baju Imlek yang dibuat khusus untuk kembaran dengan ayah. Modelnya simpel sehingga cocok dipakai oleh anak-anak atau orang dewasa.


Range ukurannya luas sehingga Anda yang mencari baju Imlek remaja bisa meliriknya juga. Di pihak lain, varian warnanya memang tidak terlalu banyak, tetapi setiap warna memiliki karakter yang khas. Misalnya, warna Maroon terlihat lebih tegas, Dusty Blue memberikan kesan cool, sedangkan Rose Gold cenderung memberikan kesan hangat.

No.2

Kumoru.idBaju Imlek Anak Laki-laki

Mulai dari Rp90.000,00

Pilih motif kelinci atau ikan koi? Keduanya sama-sama baik

Kelebihan:

  • Motifnya disablon sehingga lebih presisi

Kekurangan:

  • Ada konsumen yang menyatakan bahan atasannya kaku, tetapi bahan celananya lembut

Setiap lambang memiliki makna tersendiri di dalam kebudayaan Tionghoa. Misalnya, lambang kelinci dianggap mampu membawa kekayaan, sedangkan lambang ikan koi diyakini membawa keberuntungan dan perlindungan.


Kalau dilihat dari maknanya, tak ada salahnya jika Anda memilih baju Imlek ini untuk jagoan Anda. Di bagian depannya terdapat lambang kelinci atau dua ikan koi. Lambang tersebut diaplikasikan menggunakan sablon sehingga tidak mudah rusak. Bagaimana? Anda tertarik memilih pakaian ini untuk dijadikan baju Imlek anak laki-laki Anda?

No.3

KIVDress Imlek Motif Sakura DO 270 DO 328

Mulai dari Rp250.000,00

Model klasik dengan motif bunga sakura yang girly

Kelebihan:

  • Menurut beberapa konsumen, bahannya adem dan nyaman

Kekurangan:

  • Ada konsumen yang menyatakan ukuran leher akan sempit bagi anak yang gemuk

Jika Anda ingin membelikan gaun model cheongsam klasik, produk ini bisa dijadikan pilihan. Dress model A-line ini akan sangat manis saat dikenakan anak perempuan Anda. Motif bunga sakuranya tidak hanya indah, tetapi memiliki makna yang dalam. Bunga sakura dimaknai sebagai awal mula kehidupan baru. Sementara itu, rantingnya yang panjang dapat diumpamakan sebagai umur yang panjang.

No.4

MobasaDress Imlek Cheongsam

Mulai dari Rp182.520,00

Tetap cantik dengan setelan blouse dan rok nan simpel

Kelebihan:

  • Bahannya tidak tebal dan menyerap keringat
  • Bagian belt-nya didesain berkerut sehingga bisa melar
  • Cutting atasan dan roknya dibuat longgar dan simpel agar lebih leluasa bergerak

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mengeluhkan ukuran yang kekecilan dan kebesaran sehingga Anda harus memastikannya dengan lebih teliti

Imlek memang identik dengan warna merah, tetapi jika putri Anda enggan memakai pakaian berwarna merah, coba lirik produk ini. Setelan blouse dan rok ini terbuat dari katun yang menyerap keringat dengan Cutting longgar sehingga anak-anak lebih leluasa bergerak. 


Untuk warnanya sendiri, Mobasa memadukan warna yang soft dengan motif bunga sehingga terlihat simpel. Meskipun begitu, anak perempuan Anda akan tetap terlihat cantik dalam balutan baju Imlek simpel ini.

No.5

LincoRed Series 1794

Mulai dari Rp65.000,00

Lengkap! Dijual paketan beserta sarung tangan dan kaki

Kelebihan:

  • Tersedia dalam beberapa model dan beberapa dijual dengan sistem paketan
  • Setiap paketan sudah dilengkapi dengan sarung tangan dan sarung kaki bayi

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam ukuran all size yang cocok untuk bayi berusia 0–3 bulan

Bagi Anda yang masih memiliki anak bayi, coba lirik produk ini. Baju ini tersedia dalam beberapa model, seperti setelan panjang, setelan pendek, jumper, dan juga jumpsuit. Menariknya lagi adalah baju bayi ini dijual dalam lima varian paketan. Setiap paketnya sudah dilengkapi sarung tangan serta sarung kaki. Jadi, Anda tak perlu repot mencari sarung tangan dan kaki yang bisa matching dengan pakaian ini.


Cutting baju bayi ini memang tidak didesain sebagaimana baju Imlek pada umumnya. Motifnya juga polos tanpa ornamen yang melambangkan Imlek. Meskipun begitu, warna merah membuat produk ini cocok dijadikan baju imlek bayi laki-laki atau perempuan Anda.

No.6

Kiddy and KiddoCheongsam Xila Purple Maroon Shirt

Mulai dari Rp135.000,00

Tampil beda dengan changsan motif batik

Kelebihan:

  • Banyak konsumen yang menuliskan bahannya nyaman dan jahitannya rapi di kolom review

Kekurangan:

  • Baju akan luntur saat dicuci pertama kali sehingga harus dipisahkan dengan pakaian lain

Ternyata, batik juga cocok dijadikan changsan, lho! Buktinya, produk ini berhasil memadukan model changsan dan motif batik sehingga menjadi outfit yang keren. Anda bisa memadukannya dengan celana panjang untuk membuat kesan yang lebih rapi dan formal. Namun, dipadukan dengan celana pendek juga tidak kalah keren, kok!


Motifnya memang kental dengan nuansa Indonesia. Meskipun begitu, Kiddy and Kiddo memberikan aksen pankou warna putih yang dipadukan dengan garis putih di area kerahnya. Perpaduan tersebut memberikan statement tersendiri yang mempertegas nuansa oriental pada pakaian.

No.7

Pilihan tepat untuk si kecil yang aktif bergerak

Kelebihan:

  • Menurut beberapa konsumen bahannya halus dan adem
  • Bagian pinggang celananya berbahan karet sehingga dapat mengikuti bentuk perut anak

Kekurangan:

  • Hanya tersedia untuk anak hingga usia 4–5 tahun dan tidak ada motif lainnya

Apakah jagoan Anda termasuk anak yang aktif? Jika demikian, produk ini sepertinya bisa jadi pilihan tepat untuk dipakai saat Imlek. Setelah ini memang seperti kaos dengan celana pendek pada umumnya. Namun, di bagian dada kiri dan belakang t-shirt-nya diberi gambar kepala naga sehingga nuansa Imlek tetap terasa.


Di pihak lain, bahan katunnya lembut di kulit dan adem saat digunakan. Bagian pinggangnya juga dilengkapi karet supaya melar dan dapat mengikuti ukuran perut si kecil. Jadi, cocok sekali untuk anak laki-laki yang aktif bergerak. Si kecil senang, mama pun bisa lebih tenang.

No.8

Iris Baby WearAksa oriental Red

Mulai dari Rp150.000,00

Dipakai Imlek bisa, dipakai acara lain pun bisa

Kelebihan:

  • Ada konsumen yang menyatakan bahannya tebal, tetapi tetap adem
  • Ada juga konsumen yang menyatakan warnanya tidak cepat pudar

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu model dan warna

Liriklah kemeja koko lengan pendek ini jika Anda sedang mencari baju untuk Imlek yang bisa dipakai ke acara lain juga. Perpaduan warna merah dengan kerah model changi membuat baju ini pas untuk acara Imlek. Di sisi lain, warna yang polos serta cutting yang mirip kemeja pada umumnya membuat baju ini bisa digunakan ketika acara lain juga. Anda tinggal memadukannya dengan celana chino. Fleksibel.

No.9

IchigoHong Kong Dress Imlek Sincia Anak

Mulai dari Rp365.000,00

Bikin penampilan si kecil terlihat elegan saat Sincia

Kelebihan:

  • Dilengkapi tali di kedua sisi supaya kekencangannya bagian atas gaun bisa diatur

Kekurangan:

  • Gaun didesain dengan ritsleting di belakang sehingga sulit dilepaskan sendiri

Bouffant gown merupakan gaun yang bagian roknya didesain mengembang sehingga cocok digunakan anak-anak. Salah satu bouffant gown yang cocok untuk Sincia adalah produk dari Ichigo ini. Kerah cheongsam beraksen pankou nan cantik dan bagian bawah dress yang berwarna merah membuatnya terlihat sangat oriental.


Dress Imlek anak ini juga terlihat elegan berkat bahan jacquard berwarna gold champagne dengan motif bunga di bagian atasnya. Benar-benar pilihan tepat untuk menghadiri Sincia dengan keluarga besar.

No.10

Yuk, tampil kompak dengan putra dan putri Anda

Kelebihan:

  • Bagian kerah dibuat longgar sehingga tidak terasa sesak saat digunakan
  • Kancingnya sedikit sehingga tidak repot saat digunakan

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam warna navy

Anda berencana memakai baju kembaran dengan si kecil? Baju Imlek couple ini bisa jadi jawabannya. Little Glam menyediakan atasan untuk anak perempuan dan ibu dengan cutting yang sangat mirip. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot ke tukang jahit.


Untuk atasan putra Anda memang cutting-nya berbeda, tetapi bahannya sama. Di bagian kerah dan placket-nya juga dilengkapi aksen warna merah. Jadi, meskipun desainnya berbeda, Anda akan tetap terlihat kompak dengan putra dan putri.

Warna keberuntungan pada tahun kelinci air

Warna keberuntungan pada tahun kelinci air

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, baju Imlek tidak harus selalu berwarna merah. Anak juga bisa mengenakan pakaian warna lain yang disesuaikan dengan warna keberuntungan mereka. Bagi Anda yang percaya dengan ramalan fengsui, Anda bisa memilih warna berdasarkan shio berikut ini: 


  • Shio tikus

Warna keberuntungan: Biru, merah, dan hijau.


  • Shio kerbau

Warna keberuntungan: Hijau, putih, dan emas.


  • Shio harimau
Warna keberuntungan: Biru, oranye, dan abu-abu.

  • Shio kelinci
Warna keberuntungan: Merah, biru, pink, dan ungu.

  • Shio naga
Warna keberuntungan: Emas, perak, dan ungu.

  • Shio ular
Warna keberuntungan: Pink, hitam, dan hijau.

  • Shio kuda
Warna keberuntungan: Ungu, hijau, dan kuning.

  • Shio kambing
Warna keberuntungan: Biru, merah, dan putih.

  • Shio monyet
Warna keberuntungan: Perak, emas, dan abu-abu.

  • Shio ayam
Warna keberuntungan: Hitam, emas, dan cokelat.

  • Shio anjing
Warna keberuntungan: Merah, hijau, dan pink.

  • Shio babi
Warna keberuntungan: Kuning, abu-abu, cokelat, dan emas.

Baca juga rekomendasi baju anak lainnya di sini

Jika Anda belum menemukan produk baju Imlek yang pas di artikel ini, Anda tidak perlu khawatir. Kami masih punya banyak artikel rekomendasi lainnya terkait pakaian anak yang bisa Anda jadikan referensi. Untuk pembahasan lebih lengkap, langsung saja klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Ternyata ada begitu banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan saat memilih baju Imlek anak. Jika selama ini Anda selalu mencari baju berwarna merah, ternyata baju Imlek anak memiliki lebih banyak pilihan.


Anda dapat menyesuaikannya dengan warna keberuntungan atau motif dengan makna yang baik bagi anak. Jadi, sudahkah Anda menemukan produk yang tepat untuk anak Anda? Semoga artikel ini bisa membantu Anda, ya. Selamat menyambut tahun baru Imlek!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer