• 10 Rekomendasi USB Type C Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi USB Type C Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi USB Type C Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi USB Type C Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi USB Type C Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi USB Type C Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Saat ini, USB Type-C menjadi salah satu konektor populer yang digunakan pada perangkat elektronik. Hal ini karena banyak smartphone yang mengganti port-nya dari micro USB menjadi USB Type-C. Perangkat yang kompatibel dengan smartphone, seperti PC dan laptop pun kemudian dilengkapi dengan port USB Type-C.


Ada banyak perusahaan elektronik yang memproduksi USB Type-C, seperti AUKEY, Anker, dan UGREEN. Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih USB Type-C yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 02 Agustus 2022
Daftar isi

Apa itu USB Type C?

Apa itu USB Type C?

USB Type-C adalah USB yang memiliki 24 pin yang bisa digunakan secara bolak-balik. Umumnya, USB Type-C digunakan pada laptop, monitor, dan smartphone. USB ini memiliki kemampuan mengisi daya baterai dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lain dengan cepat. Bahkan, kecepatan transfer datanya mencapai 10 Gbps!


Namun, apa bedanya dengan USB Type-A, micro USB, dan Lightning? Perbedaan keempat USB tersebut terletak pada bentuknya. Kami akan menjelaskan secara lebih detail di bawah ini:


  • USB Type-A berbentuk persegi panjang. USB ini yang paling umum digunakan di berbagai perangkat komputer.
  • Micro USB memiliki bentuk lebar dan pipih yang terpasang di beragam tipe smartphone. Banyak power bank yang memakai USB ini untuk mengisi daya.
  • Lightning memiliki konektor yang simetris sehingga bisa dicolokkan ke port tanpa memperhatikan sisi bawah atau atasnya. Namun, Lightning hanya bisa dipakai untuk produk keluaran Apple, seperti iPhone, iPad, dan iPod.

Tabel perbandingan produk USB Type C

Gambar produk
1
UGREEN MFi USB-C to Lightning Charging Cable 5

UGREEN

2
Uneed Kabel Data USB Type C Gaming RGB Fast Charging 3A 1

Uneed

3
Baseus Kabel Data Type-C to Type-C Fast Charge PD Quick Charge 4.0 1

Baseus

4
Veger Cable Data Type-C VM20 230 MM 1

Veger

5
Mcdodo CA-882 Digital Pro Type C to Type C Data Cable 1

Mcdodo

6
Anker PowerLine+ II USB-C With Lightning MARVEL Version 1

Anker

7
AUKEY CB-CD23 Cable USB-C to C 5A TPE 1

AUKEY

8
Baseus 100W Explorer Series Auto Power-Off Fast Charging Cable USB to Type-C 1

Baseus

9
Indo Pro Teknologi Vention Kabel Data USB Type C 3.0 Fast Charging 1

Indo Pro Teknologi

10
Indo Pro Teknologi Vention Kabel Micro USB Type C Adapter Micro USB to USB-C Lightning 1

Indo Pro Teknologi

Nama produk

MFi USB-C to Lightning Charging Cable

Kabel Data USB Type C Gaming RGB Fast Charging 3A

Kabel Data Type-C to Type-C Fast Charge PD Quick Charge 4.0

Cable Data Type-C VM20 230 MM

CA-882 Digital Pro Type C to Type C Data Cable

PowerLine+ II USB-C With Lightning MARVEL Version

CB-CD23 Cable USB-C to C 5A TPE

100W Explorer Series Auto Power-Off Fast Charging Cable USB to Type-C

Vention Kabel Data USB Type C 3.0 Fast Charging

Vention Kabel Micro USB Type C Adapter Micro USB to USB-C Lightning

Keunggulan

Isi daya iPhone lebih aman dengan kabel bersertifikat MFi

Gaming lebih lancar tanpa terhalang sudut kabel

Charging Macbook layaknya menggunakan kabel original

Lebih pendek untuk pemakaian yang lebih praktis

Dilengkapi LED display untuk pantau kecepatan pengisian daya

Keren dengan desain karakter Marvel

Tawarkan output video berkualitas 4K

Bebas khawatir dengan kabel yang otomatis disconnect saat baterai penuh

Memindahkan file lebih cepat berkat USB Type-C 3.0

Satu kabel untuk semua gadget Anda

Harga mulai dariRp 159.000,00Rp 59.000,00Rp 239.000,00Rp 12.000,00Rp 127.500,00Rp 599.000,00Rp 475.000,00Rp 259.000,00Rp 38.100,00Rp 175.000,00
Daya output3 A3 A5 A3 A5 A3 A5 A6 A3 A2–2,4 A
Material coatingTPENilonNilonTidak disebutkanNilonNilonTPENilonPVCTPE, nilon
Panjang50 cm, 100 cm, 150 cm, 200 cm120 cm100 cm, 200 cm23 cm120 cm183 cm100 cm100 cm, 200 cm25 cm, 50 cm, 100 cm, 150 cm, 200 cm50 cm, 100 cm, 150 cm
Output portLightningUSB Type-CUSB Type-CUSB Type-CUSB Type-CLightningUSB Type-CUSB Type-CUSB Type-CLightning, USB Type-C, micro USB
Input portUSB Type-CUSB Type-A, USB Type-CUSB Type-CUSB Type-AUSB Type-CUSB Type-CUSB Type-CUSB Type-AUSB Type-AUSB Type-A
Tautan produk

Cara memilih USB Type C

Ada banyak USB Type-C dengan berbagai spesifikasi yang tersedia di pasaran. Perbedaan spesifikasi ini disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang bervariasi juga. Bacalah dengan saksama setiap poin di bawah ini dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih USB yang nilai output-nya sesuai dengan daya device Anda

Pilih USB yang nilai output-nya sesuai dengan daya device Anda

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah nilai output pada USB Type-C yang akan Anda beli. Nilai output merupakan arus maksimal yang bisa dihantarkan oleh USB tersebut. Pilihlah USB Type-C dengan nilai output yang sama dengan kebutuhan daya device Anda. Dengan begitu, baik kabel USB dan device akan lebih tahan lama dan awet digunakan.


Jika smartphone Anda membutuhkan arus sebesar 2 A, besaran arus kabel USB Type-C yang Anda beli juga harus sebesar 2 A. Dengan begitu, besaran daya yang masuk dengan yang dibutuhkan pun seimbang.


Nilai output pada USB Type-C biasa tertera di tabel spesifikasi kemasan produk. Sementara itu, nilai output pada smartphone bisa diketahui dari tabel yang tertulis di buku panduan. Selain itu, Anda bisa melihat nilai output yang dibutuhkan pada charger smartphone Anda.

Periksa bahan pelindung kabelnya

Setidaknya, ada tiga jenis bahan yang membungkus (coating) kabel USB, yakni PVC, TPE, dan nilon. Setiap bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengetahui jenis bahan coating USB Type-C yang Anda inginkan.

PVC, harga terjangkau dan tahan terhadap berbagai jenis cuaca

Jenis bahan pembungkus kabel USB yang pertama adalah PVC. Bahan ini biasa ditemukan pada kabel data yang memiliki harga terjangkau. Karakteristik bahan PVC adalah terasa keras, kaku, dan tidak elastis. Keunggulannya, bahan ini diklaim kukuh, tidak mudah terbakar, dan tahan dengan berbagai kondisi cuaca. Namun, untuk performanya sendiri, bahan PVC masih kalah dari bahan TPE.

TPE, daya hantar listrik stabil dan ramah lingkungan

Bahan TPE memiliki ciri-ciri elastis, kukuh, dan tidak mudah sobek. Jenis bahan ini biasa digunakan oleh brand besar karena bahannya yang ramah lingkungan. Selain itu, bahan TPE diklaim menjadi bahan yang paling stabil dan cepat dalam menghantarkan daya listrik.

Nilon, tingkat elastisitas tinggi sehingga mudah dilipat

Jenis bahan ini dikenal memiliki elastisitas dan daya tahan tinggi. Karena itu, kabel USB yang menggunakan bahan nilon dapat menerima tekanan lebih saat digulung atau bahkan dilipat. Bahan nilon diklaim menjadi bahan yang paling kuat dan tidak mudah rusak.

Sesuaikan panjang kabel dengan kebutuhan penggunaan

Sesuaikan panjang kabel dengan kebutuhan penggunaan

Anda juga perlu menyesuaikan panjang kabel dengan kebutuhan Anda. Panjang kabel menentukan kecepatan hantar arus listrik ke smartphone. Makin panjang kabelnya, makin besar juga tingkat hambatannya sehingga kecepatan menghantarkan daya makin berkurang.


Panjang kabel USB Type-C yang tersedia di pasaran biasanya sekitar 1–2 meter. Kabel USB yang terlalu panjang dapat membuat kabel tersangkut atau tertarik sehingga membuat smartphone terlempar. Sebaliknya, kabel yang terlalu pendek dapat membatasi ruang gerak Anda. Namun, jika Anda memiliki ruang kerja yang terbatas, USB Type-C dengan kabel pendek bisa menjadi pilihan.


Kabel USB yang pendek juga cocok dipilih apabila Anda hendak menggunakan USB untuk mengisi daya ponsel dari power bank. Sekali lagi, pilihlah panjang kabel yang mendukung penggunaan dan aktivitas Anda sehari-hari.

Tentukan konektor berdasarkan jenis device

Tentukan konektor berdasarkan jenis device

Saat ini, setidaknya ada beberapa jenis port USB di berbagai perangkat elektronik, yakni USB Type-A, USB Type-C, micro USB, dan Lightning. Pilihlah USB Type-C dengan konektor yang kompatibel dengan perangkat yang Anda pakai. Jika Anda menggunakan produk Apple, kami merekomendasikan untuk memilih USB yang berkonektor Lightning.


Jika Anda hendak menyambungkan smartphone ke PC atau laptop, pilih USB dengan konektor USB Type-A atau USB Type-C itu sendiri. Hal ini tergantung pada ketersediaan jenis port yang terpasang di PC Anda. Konektor micro USB dapat dipilih jika Anda menggunakan smartphone dengan port micro USB.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Vyatta Gamer Type C USB Cable - Fast Charge

Mulai dari Rp 75.000,00

10 Rekomendasi USB Type C terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk USB Type-C terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Indo Pro TeknologiVention Kabel Micro USB Type C Adapter Micro USB to USB-C Lightning

Mulai dari Rp 175.000,00

Daya output2–2,4 A
Material coatingTPE, nilon
Panjang50 cm, 100 cm, 150 cm
Output portLightning, USB Type-C, micro USB
Input portUSB Type-A
9

Indo Pro TeknologiVention Kabel Data USB Type C 3.0 Fast Charging

Mulai dari Rp 38.100,00

Daya output3 A
Material coatingPVC
Panjang25 cm, 50 cm, 100 cm, 150 cm, 200 cm
Output portUSB Type-C
Input portUSB Type-A
8

Baseus100W Explorer Series Auto Power-Off Fast Charging Cable USB to Type-C

Mulai dari Rp 259.000,00

Daya output6 A
Material coatingNilon
Panjang100 cm, 200 cm
Output portUSB Type-C
Input portUSB Type-A
7

AUKEYCB-CD23 Cable USB-C to C 5A TPE

500584

Mulai dari Rp 475.000,00

Daya output5 A
Material coatingTPE
Panjang100 cm
Output portUSB Type-C
Input portUSB Type-C
6

AnkerPowerLine+ II USB-C With Lightning MARVEL Version

A9551

Mulai dari Rp 599.000,00

Daya output3 A
Material coatingNilon
Panjang183 cm
Output portLightning
Input portUSB Type-C
5

McdodoCA-882 Digital Pro Type C to Type C Data Cable

Mulai dari Rp 127.500,00

Daya output5 A
Material coatingNilon
Panjang120 cm
Output portUSB Type-C
Input portUSB Type-C
4

VegerCable Data Type-C VM20 230 MM

Mulai dari Rp 12.000,00

Daya output3 A
Material coatingTidak disebutkan
Panjang23 cm
Output portUSB Type-C
Input portUSB Type-A
3

BaseusKabel Data Type-C to Type-C Fast Charge PD Quick Charge 4.0

Mulai dari Rp 239.000,00

Daya output5 A
Material coatingNilon
Panjang100 cm, 200 cm
Output portUSB Type-C
Input portUSB Type-C
2

UneedKabel Data USB Type C Gaming RGB Fast Charging 3A

Mulai dari Rp 59.000,00

Daya output3 A
Material coatingNilon
Panjang120 cm
Output portUSB Type-C
Input portUSB Type-A, USB Type-C
1

UGREENMFi USB-C to Lightning Charging Cable

Mulai dari Rp 159.000,00

Daya output3 A
Material coatingTPE
Panjang50 cm, 100 cm, 150 cm, 200 cm
Output portLightning
Input portUSB Type-C

Pertanyaan umum seputar kabel USB Type C

Selain mengulas cara memilih USB Type-C dan merekomendasikan produknya, kami juga merangkum pertanyaan populer seputar USB Type-C. Silakan simak hingga selesai, ya!

Apakah kabel USB Type-C bisa dipakai bolak-balik?

Apakah kabel USB Type-C bisa dipakai bolak-balik?

Kabel USB Type-C bisa digunakan bolak-balik sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya. Anda pun tidak perlu memperhatikan port USB saat menancapkannya. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa saat menancapkannya untuk mengisi daya atau mentransfer data.

Apakah kabel Type-C fast charging?

Apakah kabel Type-C fast charging?

Umumnya, kabel Type-C memiliki fitur fast charging yang dapat mengisi daya dengan cepat. Tak hanya itu, untuk mentransfer data, kabel Type-C juga termasuk kabel yang cepat dibandingkan dengan kabel jenis lain. Saat ini, kabel Type-C hadir sebagai standar konektor dengan berbagai kelebihannya.

Kabel USB Type-C untuk HP apa?

Kabel USB Type-C untuk HP apa?

Seiring berkembangnya dunia digital, banyak merek HP yang sudah menggunakan standar konektor USB Type-C. Beberapa merek HP pun sudah mendukung USB OTG pada konektornya. Nah, berikut ini beberapa HP yang menggunakan USB Type-C:

  • Samsung Galaxy A30s
  • Realme Narzo 30A
  • Realme Narzo 20
  • Realme Narzo 50A
  • Poco X3 NFC
  • Vivo Y50 8GB
  • Oppo A15
  • dll.

Baca juga rekomendasi aksesori gadget lainnya di sini

Masih ada perlengkapan gadget lainnya yang telah kami ulas, seperti flashdisk, USB hub, dan aksesori lainnya. Apakah Anda membutuhkan artikel-artikel tersebut? Anda dapat membacanya di tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dan rekomendasi produk dari kami, apakah Anda berhasil menemukan produk yang pas? Terdapat berbagai pilihan produk USB Type-C yang tersedia di pasaran. Silakan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda ingat saat memilih, seperti bahan pelindung kabel, panjang USB, dan lainnya. Anda juga bisa menentukan produk USB Type-C berdasarkan merek yang Anda percaya. Selamat menemukan USB Type-C terbaik untuk kebutuhan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai daya cadangan, penting untuk memilih power bank yang bagus agar penggunaannya lebih awet dan tahan lama. Kapasitas power bank bervariasi, mulai dari 10.000 mAh, 20.000 mAh, hingga 30.000 mAh. Fiturnya pun beragam, seperti fast charging dan wireless charging. Harga power bank sangat berpengaruh dari kapasitas dan fiturnya.  Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih power bank yang bagus dan awet. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek power bank terbaik, seperti Robot, Samsung, dan Xiaomi. Ada produk yang kompatibel dengan iPhone, lho. Simak terus artikel ini sampai habis!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Earphone Bluetooth ada yang berupa TWS dan ada yang masih menggunakan kabel penghubung ear piece. Banyaknya produk earphone Bluetooth di pasaran mungkin membuat Anda bingung.Kali ini kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, Samsung, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds atau TWS. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Banyaknya merek yang bersaing mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds yang bagus. Temukan beragam wireless earbuds no delay terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    In-ear headphone atau earphone adalah perangkat audio yang praktis Anda bawa ke mana saja. Ada beragam model dan spesifikasi in-ear headphone yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih wired earphone, earphone Bluetooth, sampai TWS. Harganya pun beragam, mulai dari yang 50 ribu-an sampai jutaan rupiah.Kami akan merekomendasikan beragam produk in-ear headphone terbaik untuk Anda. JBL, Audio Technica, dbE, dan Sennheiser adalah beberapa merek earphone yang bagus. Agar Anda tidak bingung memilih produknya, simak dahulu tips dari kami kali ini. Langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu solusi untuk mendengarkan musik dengan nyaman dan praktis adalah menggunakan headphone wireless. Alat ini berukuran kecil dan portabel sehingga bisa dibawa ke mana pun Anda pergi. Kini, banyak merek populer, seperti JBL, Nokia, Baseus, dan Sony, yang meluncurkan Bluetooth headphone dengan berbagai macam spesifikasi.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih dan memberi rekomendasi merek headphone Bluetooth yang bagus untuk Anda. Terdapat beragam produk mulai dari headphone Bluetooth gaming hingga yang desainnya lucu. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi dalam menentukan headphone terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Tempered Glass Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempered Glass Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2022)
    Tempered glass atau kaca anti-gores merupakan pelindung layar handphone yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk melindungi layar handphone agar tidak tergores ataupun pecah. Saat handphone tidak sengaja terjatuh, biasanya bagian yang retak adalah tempered glass yang menempel di layar handphone.Kami kali ini akan membahas tentang tempered glass khusus iPhone. Ada beberapa jenis tempered glass yang bagus dari merek Spigen, Nillkin, Mocolo, dan lainnya. Kami juga akan memberikan tips memilih tempered glass terbaik agar Anda tidak salah pilih. Yuk, langsung saja simak artikel ini!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Smart Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart Speaker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Smart speaker adalah speaker yang dilengkapi AI assistant, seperti Google Assistant, Alexa, dan Siri. Sebab itu, Anda dapat mengoperasikannya melalui perintah suara. Beberapa produk bahkan diberi teknologi yang lebih canggih sehingga bisa terintegrasi dengan smart home.Kali ini kami akan mengulas tips cara memilih smart speaker. Kami juga akan mengulas rekomendasi produk yang bisa Anda pertimbangkan. Anda bisa menemukan produk dari merek smart speaker yang bagus, seperti Google, JBL, dan Xiaomi. Mari baca terus artikel ini untuk mengetahui smart speaker terbaik yang tersedia di Indonesia!
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori