1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Makanan & minuman kesehatan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Jamu Beras Kencur Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Jamu Beras Kencur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Jamu Beras Kencur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Jamu Beras Kencur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Jamu Beras Kencur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Jamu Beras Kencur Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Jamu Beras Kencur Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dikeluarkan oleh Kemenkes, 60% masyarakat Indonesia pernah mencoba mengonsumsi jamu. Salah satu yang banyak dikonsumsi adalah jamu beras kencur. Jamu beras kencur memiliki beragam manfaat seperti menambah nafsu makan dan meringankan pegal linu. Saat ini jamu beras kencur sudah tersedia dalam kemasan serbuk dan cair. 


Di artikel ini Anda bisa menemui sejumlah merek jamu beras kencur yang bagus, misalnya Sido Muncul, Air Mancur, dan Jamu Djago. Supaya lebih mudah memilih, Anda dapat menyimak panduan cara memilih dan rekomendasi produk dari kami. Selamat membaca!

Diperbaharui 11-17-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa manfaat dari jamu beras kencur?

Apa manfaat dari jamu beras kencur?

Jamu beras kencur merupakan salah satu jamu yang terkenal di kalangan masyarakat. Jamu ini terbuat dari beras dan rimpang kencur yang dihaluskan dan direbus. Rasanya yang cenderung manis, membuat jamu ini disukai banyak orang, termasuk anak-anak. Selain rasa yang enak, jamu beras kencur memiliki beberapa manfaat berikut:


  • Meredakan pegal pada tubuh: Anda bisa mengonsumsi jamu beras kencur untuk meredakan pegal di tubuh setelah beraktivitas seharian. Selain dikonsumsi, Anda juga bisa membalurkan jamu beras kencur yang berbentuk param agar badan kembali segar.

  • Meningkatkan nafsu makan: Jamu beras kencur dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anak. Anda bisa memberikan jamu beras kencur secara teratur untuk meningkatkan dan menjaga nafsu makan si kecil.

  • Antiradang dan antioksidan: Kandungan zat antiradang pada kencur dipercaya dapat meredakan gejala sakit gigi dan sakit perut. Jamu beras kencur juga mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Jamu beras kencur memang memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Namun, ada baiknya Anda tidak mengonsumsinya setiap hari. Anda bisa mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Hal ini untuk menghindari masalah kesehatan jika Anda mengonsumsi jamu beras kencur setiap hari.


Jika dikonsumsi secara berlebihan, jamu beras kencur bisa memberi efek samping negatif bagi tubuh Anda, lho. Efek instannya, Anda bisa mengalami mual, sakit perut, atau diare. Dalam jangka panjang, Anda bisa mengalami gangguan lever hingga kerusakan ginjal. Oleh karena itu, konsumsilah jamu beras kencur sewajarnya agar manfaatnya tetap maksimal.

Cara memilih jamu beras kencur

Manfaat beras kencur bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Wajar saja jika makin banyak produk jamu beras kencur yang tersedia di pasaran. Lalu, produk mana yang harus Anda pilih? Simak poin-poin cara memilih di bawah ini, ya.

① Pilih berdasarkan kebutuhan pemakaian

Meskipun beras kencur banyak dikonsumsi sebagai minuman, jamu ini sebetulnya bisa digunakan untuk pengobatan luar. Karena itu, sesuaikan produk yang Anda pilih dengan kebutuhan, baik untuk pemakaian luar maupun diminum.

Jamu minum, sebagai terapi dari dalam

Jamu minum, sebagai terapi dari dalam

Bila keluhan kesehatan Anda bersumber dari bagian dalam tubuh, pilihlah produk jamu beras kencur yang berbentuk minuman kesehatan. Jamu beras kencur memiliki kandungan yang dapat meredakan beragam penyakit dari dalam tubuh. Keluhan seperti batuk dan perut kembung dapat diatasi dengan meminum jamu beras kencur.


Selain itu, jamu beras kencur juga dapat meningkatkan energi dan nafsu makan. Di banyak daerah, jamu beras kencur kerap diberikan kepada anak yang sulit makan. Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda cukup mengonsumsi jamu beras kencur secara teratur.

Param, untuk pengobatan luar

Param, untuk pengobatan luar

Kombinasi beras dan kencur dapat membantu meringankan nyeri akibat otot yang keseleo. Di samping itu, kombinasi bahan tersebut juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Perlu diperhatikan, jamu beras kencur digunakan dalam bentuk param jika Anda ingin meringankan keseleo atau nyeri sendi. Dengan mengoleskannya di bagian otot yang terasa sakit, ketegangan otot dapat mereda.

② Tentukan jenis produk yang diinginkan

Tentukan jenis produk yang diinginkan

Hampir seperti berbagai jamu lainnya, jamu beras kencur pun tersedia dalam jenis serbuk dan cair. Untuk memahami mana yang lebih baik untuk Anda, simak penjelasan berikut.


  • Jamu serbuk

Jamu ini tentu perlu diseduh terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Biasanya jamu beras kencur serbuk sudah dikemas dalam kemasan satu kali minum sehingga Anda tidak perlu repot menakarnya. Jamu kemasan ini juga lebih irit tempat jika dibawa bepergian.


  • Jamu cair

Jamu beras kencur cair biasanya bisa langsung dikonsumsi. Untuk mendapatkan sensasi rasa segar, Anda bisa memasukkan jamu jenis ini ke dalam kulkas terlebih dahulu. Jamu beras kencur cair juga praktis saat dibawa bepergian karena sudah siap minum tanpa perlu diseduh atau dipanaskan.


  • Param

Param beras kencur dapat berbentuk serbuk atau serbuk yang dipadatkan menjadi kepingan. Karena itu, param perlu diseduh dengan alkohol atau air terlebih dahulu. Pemakaiannya juga lebih mudah jika dilakukan di rumah. Sayangnya, param beras kencur belum tersedia dalam bentuk cair yang mudah digunakan ketika Anda sedang bepergian.

③ Ketahui kandungan lain yang mungkin terdapat dalam produk

Ketahui kandungan lain yang mungkin terdapat dalam produk

Setelah Anda mengetahui kebutuhan pemakaian serta jenis produknya, ada baiknya Anda memeriksa bahan kandungannya juga. Periksa tambahan rempah dalam produk agar makin kaya manfaat. Sebagai contoh, tersedia jamu beras kencur yang mengandung tambahan asam jawa. Ada pula produk yang dilengkapi dengan kandungan kapulaga dan kunyit.


Anda juga perlu memeriksa bahan tambahan di dalam jamu beras kencur yang sebaiknya dihindari. Bahan-bahan berikut dapat menimbulkan efek samping negatif, seperti perut mual, muntah, atau gangguan perkembangan janin:

  • Black cohosh tidak cocok diminum anak-anak.
  • Ginseng tidak direkomendasikan bagi ibu hamil dan menyusui.

Selain itu, Anda sebaiknya juga menghindari mengonsumsi jamu beras kencur bersamaan dengan obat kimia lainnya. Hal ini karena beras kencur sebagai herbal dapat bereaksi negatif ketika dicampur dengan obat. Berikut kombinasi yang sebaiknya Anda hindari:

  • Jika jamu beras kencur mengandung jahe, hindari mengonsumsinya bersama dengan obat pengencer darah.
  • Hindari mengonsumsi obat jantung jika dalam jamu beras kencur terdapat tambahan ginseng, licorice, atau buah senna.

Jangan lupa untuk memeriksa nomor registrasi BPOM pada produk yang Anda pilih. Anda dapat mengeceknya pada laman resmi BPOM.

10 Rekomendasi jamu beras kencur terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jamu beras kencur terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Air Mancur

Param Beras Kencur

Air Mancur  Param Beras Kencur 1枚目

Param andalan untuk meredakan otot keseleo

2

Sido Muncul

Beras Kencur

Sido Muncul  Beras Kencur  1枚目

Tubuh tetap prima dengan kombinasi beras kencur dan asam jawa

3

Konimex

Herbadrink Beras Kencur

Konimex Herbadrink Beras Kencur 1枚目

Segarkan badan setelah seharian beraktivitas

4

IBOE

Natural Drink Beras Kencur

IBOE Natural Drink Beras Kencur 1枚目

Gejala masuk angin hilang, badan pun segar!

5

Jamu Djago

Alamix Beras Kencur Cair

Jamu Djago  Alamix Beras Kencur Cair 1枚目

Andalan keluarga kala batuk melanda

6

Mustika Ratu

Minuman Beras Kencur

Mustika Ratu Minuman Beras Kencur 1枚目

Bisa langsung diminum saat batuk dan pegal melanda

7

Wedang Goyang

Wedang Beras Kencur Instan

Wedang Goyang Wedang Beras Kencur Instan 1枚目

Tinggal seduh dan goyang untuk menikmati segarnya beras kencur

8

Suwe Ora Jamu

Beras Kencur

Suwe Ora Jamu  Beras Kencur  1枚目

Jamu segar untuk tingkatkan stamina

9

Tiara Farm

Beras Kencur + Jahe

Tiara Farm Beras Kencur + Jahe 1枚目

Lebih sehat dengan formula low sweet

10

Singabera

Beras Kencur Heritage Selection

Singabera Beras Kencur Heritage Selection 1枚目

Cara baru minum jamu dengan kemasan teabags!

Perincian produk
Close
No.1

Air Mancur Param Beras Kencur

Mulai dari Rp3.000,00

Param andalan untuk meredakan otot keseleo

Kelebihan:

  • Kemasan kecil, praktis untuk sekali pakai dan tidak perlu ditakar
  • Dapat digunakan untuk meredakan bengkak akibat luka
  • Beraroma herbal wangi

Kekurangan:

  • Rasa hangat dan aroma kencur kurang terasa bagi sebagian pengguna

Param Beras Kencur dapat menjadi andalan bagi Anda yang mengalami keseleo atau pegal-pegal. Kombinasi kandungannya akan membantu meringankan rasa nyeri pada otot. Anda bisa melumatkan terlebih dahulu param ini dengan air atau alkohol sebelum dioleskan ke bagian badan yang sakit. Param ini juga efektif meredakan bengkak akibat luka terbentur, lho!

No.2

Tubuh tetap prima dengan kombinasi beras kencur dan asam jawa

Kelebihan:

  • Terdapat kombinasi rasa asam jawa yang menyegarkan
  • Sejumlah review menyebut klaim menjaga kesehatan tubuh cukup terbukti

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan menyebut rasa kencur tidak seperti kencur segar
  • Perlu diseduh sehingga kurang cocok dibawa bepergian

Menjaga kesehatan tubuh terlebih saat cuaca sedang tidak menentu menjadi hal yang penting. Anda bisa mengonsumsi jamu Beras Kencur dari Sido Muncul ini. Khasiatnya mampu menjaga badan Anda tetap fit setiap hari. Kombinasi beras kencur dengan asam jawa juga memberikan rasa segar saat diminum. Anda pun bisa mengonsumsinya rutin untuk mencegah terserang penyakit.

No.3

KonimexHerbadrink Beras Kencur

Mulai dari Rp13.200,00

Segarkan badan setelah seharian beraktivitas

Kelebihan:

  • Tidak menyisakan ampas
  • Komposisi bahan pas dan tidak terlalu manis
  • Beberapa pembeli menyebut jamu ini dapat meredakan kembung atau gejala masuk angin

Kekurangan:

  • Perlu diseduh sehingga kurang praktis dibawa bepergian
  • Ada review menyebut rasa beras kencur kurang terasa

Apakah Anda sering merasa lesu atau pegal usai bekerja? Cobalah minum Herbadrink Beras Kencur secara rutin. Anda bisa menyeduhnya dengan air panas ataupun dingin. Jamu ini dapat membantu tubuh Anda kembali segar setelah lelah beraktivitas seharian. Selain itu, jamu ini juga diproses dengan teknologi modern serta tidak mengandung bahan pengawet.

No.4

IBOENatural Drink Beras Kencur

Mulai dari Rp12.000,00

Gejala masuk angin hilang, badan pun segar!

Kelebihan:

  • Rasa manis alami, tidak menimbulkan batuk
  • Beberapa pembeli menyebut jamu ini tidak membuat enek di perut

Kekurangan:

  • Ada ulasan menyebut rasa beras kencur kurang alami

Istilah masuk angin sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Untuk mengatasinya pun sering kali hanya menggunakan ramuan herbal, salah satunya jamu beras kencur. Jamu beras kencur dari IBOE ini bisa Anda minum saat mengalami gejala masuk angin. Jamu ini juga diperkaya dengan kapulaga yang mampu meredakan perut kembung, mual, dan pegal-pegal.

No.5

Jamu Djago Alamix Beras Kencur Cair

Mulai dari Rp18.500,00

Andalan keluarga kala batuk melanda

Kelebihan:

  • Dapat dicampur ke beragam minuman, seperti teh, kopi, dan susu
  • Dapat diseduh dengan air panas atau dingin

Kekurangan:

  • Isi hanya empat saset, cepat habis jika diminum rutin

Apabila Anda sedang mencari alternatif pereda batuk berbahan alami untuk keluarga, cobalah produk ini. Kombinasi antara kencur dengan jahe akan bekerja maksimal menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. Selain itu, dua bahan utama ini mampu menghangatkan tubuh Anda. Cukup seduh dengan 150 ml air hangat dan rasakan manfaatnya!

No.6

Mustika RatuMinuman Beras Kencur

Mulai dari Rp5.900,00

Bisa langsung diminum saat batuk dan pegal melanda

Kelebihan:

  • Praktis, bisa langsung diminum dengan kemasan ready to drink
  • Mudah dibawa bepergian

Kekurangan:

  • Terasa kurang fresh karena merupakan produk kemasan UHT

Untuk Anda yang memiliki banyak kegiatan, jaga kondisi tubuh dengan beras kencur dari Mustika Ratu ini. Jamu ini akan membantu meringankan batuk dan pegal-pegal yang mungkin menyerang setelah Anda melakukan aktivitas fisik. Jamu yang telah melalui proses UHT (ultra high temperature) ini dapat langsung diminum tanpa perlu diseduh atau dihangatkan.

No.7

Wedang GoyangWedang Beras Kencur Instan

Mulai dari Rp20.300,00

Tinggal seduh dan goyang untuk menikmati segarnya beras kencur

Kelebihan:

  • Mudah disimpan karena berbentuk keping
  • Tanpa bahan pengawet

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli menyebut produk terlalu manis

Menikmati jamu beras kencur tidak melulu berbentuk serbuk atau cair. Ada juga yang berbentuk keping seperti gula jawa. Nah, Anda bisa mencoba produk ini! Jamu beras kencur sudah diproses berbentuk keping, Anda hanya tinggal menyeduh dan menggoyang gelas untuk menikmatinya. Produk lokal satu ini juga tanpa pengawet dan pemanis buatan, lho! Makin aman untuk Anda konsumsi rutin, deh.

No.8

Suwe Ora Jamu Beras Kencur

Mulai dari Rp38.500,00

Jamu segar untuk tingkatkan stamina

Kelebihan:

  • Lebih segar dan alami karena dibuat setelah order masuk

Kekurangan:

  • Tidak tahan lama, harus segera dikonsumsi
  • Kemasan kaca rentan pecah jika tidak hati-hati

Jika Anda mulai merasa stamina menurun atau mengalami tanda awal flu, Anda bisa mengonsumsi jamu ini. Jamu beras kencur dari Suwe Ora Jamu ini dijamin fresh karena dibuat berdasarkan pesanan.


Karena diproses secara alami, rasanya pun identik dengan jamu gendong. Namun, pastikan Anda mengonsumsi jamu ini tidak lebih dari 3 hari setelah dibuka karena jamu ini tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali.

No.9

Tiara FarmBeras Kencur + Jahe

Mulai dari Rp30.000,00

Lebih sehat dengan formula low sweet

Kelebihan:

  • Formula low sweet, cocok untuk Anda yang sedang mengurangi gula
  • Menggunakan gula tebu alami

Kekurangan:

  • Kurang praktis karena harus diseduh dengan air panas
  • Kemasan cukup besar, rawan menggumpal jika disimpan terlalu lama

Bagi Anda yang sedang diet gula, tetapi ingin menikmati jamu beras kencur, cobalah produk satu ini. Jamu beras kencur dari Tiara Farm ini dibuat low sweet menggunakan gula tebu asli. Anda dapat merasakan manfaat badan segar dan konsumsi gula Anda pun tetap terkontrol. Selain itu, kandungan jahenya juga membantu Anda menjaga kondisi jantung jika dikonsumsi secara teratur.

No.10

SingaberaBeras Kencur Heritage Selection

Mulai dari Rp72.600,00

Cara baru minum jamu dengan kemasan teabags!

Kelebihan:

  • Mudah diseduh karena menggunakan kemasan teabag

Kekurangan:

  • Harga lebih mahal dibandingkan produk jamu beras kencur lainnya

Ingin menikmati jamu beras kencur dengan cara baru? Anda bisa mencicipi produk ini. Beras kencurnya dikemas dalam kantong teh yang memungkinkan Anda menikmatinya seperti minum teh celup. Jamu ini juga diklaim 100% alami karena tidak menggunakan pengawet dan perasa tambahan. Namun, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk menikmati jamu beras kencur versi ini.

Cara membuat jamu beras kencur di rumah

Cara membuat jamu beras kencur di rumah

Jika Anda sedang memiliki banyak waktu luang, Anda bisa mencoba membuat jamu beras kencur sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah didapatkan. Berikut resep jamu beras kencur simpel yang bisa Anda coba.


Bahan yang dibutuhkan:
  • 5 sdm beras
  • 100 gram kencur
  • 100 gram gula aren/gula jawa
  • Sejumput garam
  • 1 liter air

Cara membuat:
  • Rendam beras dalam air panas kurang lebih 1 jam, tiriskan.
  • Sangrai beras hingga kecokelatan.
  • Rebus air bersama dengan kencur, gula aren, dan garam hingga mendidih. Diamkan hingga dingin.
  • Blender beras sangrai beserta air rebusan kencur hingga halus. Saring dan jamu beras kencur siap dinikmati.

Anda bisa menyimpannya dalam kulkas untuk diminum pada lain waktu. Namun, pastikan tidak lebih dari tiga hari untuk menjaga kualitasnya. Selamat mencoba!

Baca juga rekomendasi minuman kesehatan lainnya di sini

Jamu memang bukan satu-satunya alternatif minuman tradisional yang bisa menjaga kesehatan Anda. Terdapat aneka minuman kesehatan lain, seperti wedang, teh herbal, atau jus. Nah, bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi tentang minuman tersebut, silakan klik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Mengonsumsi obat tradisional memang tidak bisa dihilangkan dari kebiasaan masyarakat Indonesia, termasuk konsumsi jamu beras kencur. Manfaat jamu beras kencur pun dirasakan secara nyata oleh para penggunanya. 


Bagi Anda yang ingin mengonsumsi jamu beras kencur, jangan lupa perhatikan poin cara memilih di atas. Dengan demikian, Anda dapat menemukan produk terbaik yang sesuai kebutuhan dengan mudah. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer