1. TOP
  2. >
  3. Otomotif
  4. >
  5. Aksesori motor
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Helm Arai Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Helm Arai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Helm Arai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Helm Arai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Helm Arai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Helm Arai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Helm Arai Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Helm merupakan perlengkapan penting saat mengendarai sepeda motor. Bukan sekadar aksesori, helm terutama berfungsi untuk melindungi kepala bila terjadi kecelakaan. Karena itu, sangat penting untuk memilih helm yang berkualitas. Salah satu merek helm terbaik saat ini adalah Arai.


Anda bisa mendapatkan berbagai jenis helm Arai, mulai dari helm full face, half face, hingga helm cross. Kami akan berikan beberapa tips memilih helm Arai yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami juga telah siapkan beberapa rekomendasi produk terbaik dengan berbagai rentang harga dan warna, misalnya hitam dan putih. Selamat membaca!

Diperbaharui 11-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Arai, helm asal Jepang yang berkelas dunia

Arai adalah salah satu brand helm yang paling populer di dunia. Perusahaan asal Jepang ini awalnya memproduksi topi bergaya kepi oleh Yuichiro Arai pada tahun 1900. Kemudian, bisnis tersebut diambil alih oleh anaknya yang bernama Hirotake Arai tahun 1930. Ia membuat desain baru topi pelindung matahari untuk tentara kekaisaran Jepang. 


Bisnisnya terus berkembang hingga terlibat dalam invasi tahun 1934 ke Tiongkok dan Perang Dunia II. Untuk lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini agar Anda mengetahui sejarah helm Arai.


  • Pada tahun 1950, Hirotake Arai memproduksi helm pengaman untuk pekerja konstruksi yang dibuat dari kulit luar resin berlapis gabus. Helm pengaman tersebut juga sering digunakan Hirotake Arai saat berkendara. 

  • Tahun 1952, Arai memproduksi helm pertama untuk sepeda motor. Diversifikasi ini dilakukan setelah Hirotake Arai berhasil memperoleh lisensi Japanese Industrial Standards (JIS).

  • Pada akhir 70-an, Arai yang makin terkenal kemudian mendirikan Arai Helmet Americas.

  • Pada tahun 1978, Arai berhasil merekrut pembalap Amerika, yakni Ted Boody Jr. yang kemudian diikuti oleh Freddie Spencer.

Nah, itu tadi sekilas perjalanan helm Arai yang terkenal hingga sekarang. Helm Arai sendiri memiliki bentuk bulat yang dirancang untuk keamanan pengendara. Tujuan dibentuk bulat adalah agar dapat menangkis guncangan yang akan membuat helm bergerak. Selain itu, helm Arai juga digunakan oleh beberapa pembalap MotoGP terkenal, seperti Nicky Hayden, Dani Pedrosa, dan Maverick Vinales.

Cara memilih helm Arai

Ada banyak tipe dan model helm Arai yang bisa Anda temukan di pasaran. Untuk itu, sebelum membeli ada baiknya Anda baca tips berikut ini agar lebih mudah saat memilih.

① Ketahui jenis helm Arai

Hal pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah tujuan Anda menggunakannya. Dengan demikian, Anda dapat menemukan jenis helm Arai yang cocok untuk digunakan.

Helm full face, aman untuk touring

Helm full face adalah jenis helm yang paling aman digunakan karena dapat melindungi kepala hingga dagu dengan maksimal. Karena itu, helm ini banyak dipakai oleh para pembalap di sirkuit. Anda pun dapat menggunakan helm ini untuk berkendara jauh atau touring. Helm ini cocok untuk Anda yang menggunakan motor kopling atau sport.


Meski begitu, helm ini bobotnya lebih berat dan agak pengap saat cuaca panas terik. Pandangan pengendara di kanan dan kiri juga lebih terbatas. Untungnya, helm full face Arai dilengkapi teknologi agar pengendara mendapatkan pandangan lebih lebar. Helm jenis ini dapat ditemukan pada tipe RX, XD, dan lainnya. Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari 6,5 juta rupiah hingga 12 juta rupiah. 

Helm half face, nyaman dipakai untuk aktivitas harian

Ada banyak helm Arai jenis half face yang bisa Anda temukan di pasar Indonesia. Tipe SZ, VZ, dan CT adalah beberapa di antaranya. Helm ini memiliki kaca yang lebih besar ketimbang helm full face. Selain itu, helm jenis ini juga tidak memiliki pelindung dagu. Oleh karena itu, helm half face memiliki bobot yang lebih ringan ketimbang helm full face.


Meski tak seaman helm full face, helm half face juga bisa diandalkan untuk melindungi kepala saat berkendara. Helm ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas harian. Terlebih lagi, bila berkendara santai menggunakan motor bebek atau matik. Pasti akan lebih nyaman dipakai! Anda bisa membeli helm Arai half face dengan harga mulai dari 7,5 juta rupiah hingga 8 juta rupiah.

Helm retro, cocok untuk Anda yang ingin tampil klasik

Helm retro? Wah, pasti Anda langsung terpikir helm bulat tanpa kaca sambil mengendarai motor vespa, ya. Gaya klasik semacam ini memang banyak disukai dan menjadi tren kembali. Anda juga bisa menemukan helm Arai dengan gaya ini pada tipe Classic Mod dan Classic Air, lho! 


Selain klasik, helm jenis ini juga tampak lebih simpel dan adem saat dipakai. Anda bisa tampil lebih menawan dengan gaya retro sambil keliling kota bersama motor vespa kesayangan. Biar makin keren, jangan lupa pakai kacamata hitam dan jaket denimnya, ya! Anda dapat membeli helm Arai retro ini dengan harga mulai dari 3,4 juta rupiah hingga 6,7 juta rupiah.

Helm cross, dirancang khusus untuk Anda yang gemar off-road


Helm cross bentuknya berbeda dari jenis helm lainnya karena dirancang khusus untuk kegiatan ekstrem, seperti motor trail atau off-road. Pasalnya, helm cross berdesain meruncing di bagian topi dan dagu yang bertujuan untuk melindungi dagu dan gigi dari benturan. Sirkulasi udara pun lebih optimal sehingga pengendara tidak merasa pengap dan goggle tidak berembun. 


Helm cross biasanya tidak menggunakan visor, melainkan goggle atau kacamata khusus yang mudah dilepas. Dengan begitu, pengguna lebih mudah membersihkannya dari lumpur atau debu yang menumpuk. Anda bisa menemukan helm Arai jenis ini pada tipe Tour Cross, TIP, dan lainnya. Helm jenis ini bisa dibeli dengan harga mulai dari 7,4 juta rupiah hingga 8,7 juta rupiah.

② Pastikan ukuran helm pas di kepala

Pastikan ukuran helm pas di kepala

Helm Arai tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari XS, S, M, L, hingga XL. Anda bisa menyesuaikan ukuran yang pas untuk kepala Anda. Ukuran tersebut dihitung berdasarkan lingkar kepala. Untuk lebih jelasnya, simak ukuran helm Arai berikut ini.


  • Ukuran XS untuk lingkar kepala 53–54 cm
  • Ukuran S untuk lingkar kepala 55–56 cm
  • Ukuran M untuk lingkar kepala 57-58 cm
  • Ukuran L untuk lingkar kepala 59-60 cm
  • Ukuran XL untuk lingkar kepala 61-62 cm

Untuk itu, ada baiknya Anda memastikan ukuran lingkar kepala sebelum membeli helm Arai. Menggunakan helm yang kebesaran dapat membuatnya rentan jatuh dan kurang optimal dalam melindungi. Sebaliknya, menggunakan helm yang kekecilan akan membuat kepala terasa tidak nyaman dan sakit.

③ Periksa keaslian produk

Produk helm Arai asli dijual dengan harga yang tidak murah. Hal itu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Karena itu, tak sedikit produk tiruan Arai banyak bermunculan di pasaran dengan harga murah di bawah harga resminya. Anda pun harus berhati-hati saat membeli agar tidak salah pilih. Untuk menghindari produk palsu, mari simak tips berikut ini.


  • Langsung beli dari dealer resmi atau e-commerce yang bertanda official store

  • Perhatikan kemasan helmnya. Helm Arai yang asli dikemas dalam kantong kain dan kardus putih bergaris biru. Di dalamnya juga ada buku petunjuk serta sebotol kecil pelumas.

  • Cek label pada helm. Helm Arai yang asli memiliki label pada tali dagu helmnya.

 

  • Pastikan memiliki garansi resmi. Helm Arai yang asli memiliki garansi resmi hingga 5 tahun.

Pada laman resminya, Arai juga mengimbau agar pelanggan membeli helm Arai di negaranya masing-masing. Pasalnya, tiap negara memiliki standar helm yang berbeda. Pembelian di luar negara domisili memungkinkan helm tidak nyaman dipakai dan tidak bisa diklaim garansinya. Di Indonesia sendiri, standar helm Arai asli memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI). Jadi, jangan sampai beli yang palsu, ya!

10 Rekomendasi helm Arai terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk helm Arai terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Arai

RX7X Nakagami GP2

Arai RX7X Nakagami GP2 1枚目

Tampil ala pembalap? Pakai helm Arai RX7X ini makin keren!

2

Arai

Rapide Neo

Arai Rapide Neo 1枚目

Sistem visor VAS Max Vision, buat pandangan pengendara lebih luas

3

Arai

RX7X Glass

Arai RX7X Glass 1枚目

Dilengkapi sistem ERS, berkendara pun makin nyaman dan aman

4

Arai

VZ-Ram Glass

Arai VZ-Ram Glass 1枚目

Warna polos dengan finishing glossy yang menawan

5

Arai

Classic Air Era Black

Arai Classic Air Era Black 1枚目

Berkendara makin asyik dengan helm gaya retro klasik

6

Arai

Tour Cross 3 Glass

Arai Tour Cross 3 Glass  1枚目

Helm cross antibau yang mudah dibersihkan

7

Arai

XD Diablo

Arai XD Diablo 1枚目

Lebih kokoh dan kuat dengan material berkualitas tinggi

8

Arai

VZ-Ram Russel

Arai VZ-Ram Russel 1枚目

Bobotnya ringan dan dilengkapi sistem antimaling agar lebih aman

9

Arai

VX-4 Hayden SB

Arai VX-4 Hayden SB 1枚目

Lebih bebas bergerak saat berkendara di medan ekstrem

10

Arai

Classic Air Flat Black

Arai Classic Air Flat Black 1枚目

Dijamin antigerah karena dilengkapi teknologi Eco-pure!

Perincian produk
Close
No.1

AraiRX7X Nakagami GP2

Mulai dari Rp9.800.000,00

Tampil ala pembalap? Pakai helm Arai RX7X ini makin keren!

Kelebihan:

  • Dilengkapi spoiler helm yang membuat tampilannya lebih aerodinamis
  • Bahan fiberglass sehingga helm lebih kuat dan tahan banting

Kekurangan:

  • Motifnya kurang cocok untuk Anda yang menyukai motif kalem

Ingin merasakan berkendara menggunakan helm ala pembalap? Wah, pas banget nih! Helm Arai full face RX7X Nakagami GP2 ini bisa jadi pilihan yang tepat. Produk ini merupakan replika helm dari pembalap MotoGP, Takaaki Nakagami, lho! 


Helm ini memiliki motif lebih ramai dengan perpaduan warna yang cerah. Asyiknya lagi, tersedia empat pilihan ukuran, lho! Helm ini juga dilengkapi dengan spoiler yang akan membuat tampilannya lebih aerodinamis.

No.2

Sistem visor VAS Max Vision, buat pandangan pengendara lebih luas

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan peripherally belted e-complex laminate construction (PB e-cLc) yang kuat dan ringan
  • Dilengkapi visor VAS MAX Vision sehingga pandangan lebih luas

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk digunakan saat berkendara di trek motocross

Anda sering melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor? Jika iya, helm full face ini kami rekomendasikan untuk Anda. Helm full face bergaya retro ini terbuat dari bahan PB e-cLc yang kuat dan ringan ketika digunakan. 


Helm ini juga dilengkapi visor VAS Max Vision yang membuat pandangan lebih luas 24 mm. Selain itu, helm ini juga dilengkapi dengan ventilasi free flow system (FFS) yang membuat sirkulasi udara baik. Jadi, Anda tidak akan kegerahan saat memakainya. 

No.3

Dilengkapi sistem ERS, berkendara pun makin nyaman dan aman

Kelebihan:

  • Dilengkapi ERS, kurangi risiko cidera
  • Bagian inner cheek pad dapat dilepas sehingga mudah dicuci

Kekurangan:

  • Ukurannya tergolong sempit, kurang cocok untuk pengendara yang berkacamata menurut beberapa pembeli

Ini adalah salah satu helm full face dengan perlindungan maksimal yang kami rekomendasikan untuk Anda. Helm ini sangat cocok untuk menemani perjalanan jauh Anda. Ia dilengkapi teknologi ERS yang berfungsi sebagai pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan. 


Selain itu, helm Arai original ini juga bisa Anda lepas cheek pad-nya, lho! Dengan begitu, Anda bisa membersihkan dan mencuci helmnya. Terlebih, helm ini juga tidak gerah saat digunakan karena dilengkapi sistem ventilasi free flow system (FFS). Jadi, apakah Anda tertarik memilikinya?

No.4

Warna polos dengan finishing glossy yang menawan

Kelebihan:

  • Fitur antimaling pada bagian strap menjaga helm tidak hilang
  • Helm bisa digunakan untuk berkendara harian

Kekurangan:

  • Relatif pricey untuk helm harian

Apakah Anda familier dengan desain helm yang satu ini? Benar, helm yang satu ini sering Anda lihat di kehidupan sehari-hari. Helm Arai ini memiliki desain sederhana dengan warna polos, yakni putih atau hitam. Meski warnanya polos, helm ini memiliki finishing glossy sehingga tampilannya menawan. 


Helm ini berbahan fiber resin shell sama seperti desain helm Arai lainnya. Meski cocok dipakai saat berkendara sehari-hari, harga helm Arai ini cukup tinggi. Jadi, sebelum membelinya, pertimbangkan dahulu kebutuhan helm Anda, ya!

No.5

AraiClassic Air Era Black

Mulai dari Rp6.500.000,00

Berkendara makin asyik dengan helm gaya retro klasik

Kelebihan:

  • Tampilannya klasik, cocok digunakan untuk berkendara dengan motor vespa
  • Dilengkapi teknologi Eco-pure, pengendara tidak akan kegerahan

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi visor untuk menahan angin

Naik vespa keliling kota atau pergi ke tempat nongkrong untuk bertemu teman-teman? Coba pakai helm bergaya retro dari Arai ini, deh! Aktivitas berkendara Anda pasti akan makin asyik dan tampilan Anda pun akan tambah keren! Helm tanpa kaca ini berbahan peripherally belted complex laminate construction (PB-cLc2) yang berstandar SNI. Jadi, keamanannya terjamin, ya!

No.6

AraiTour Cross 3 Glass

Mulai dari Rp7.700.000,00

Helm cross antibau yang mudah dibersihkan

Kelebihan:

  • Dilengkapi fitur new XQRS yang memudahkan helm untuk dilepas dan dibersihkan
  • Dilengkapi ventilasi pada bagian alis di visornya sehingga nyaman digunakan
  • Cocok dipakai saat touring atau kegiatan ekstrem seperti off-road

Kekurangan:

  • Visor clear, kurang nyaman digunakan saat berkendara di cuaca panas terik

Anda penggemar motor trail dan sering berkendara di medan off-road? Pasti seru dan menantang, ya. Namun, jangan lupa untuk memakai helm Tour Cross 3 Glass dari Arai. Pasalnya, helm ini mampu memberikan perlindungan maksimal untuk bagian kepala Anda. Jadi, risiko cedera kepala dapat dikurangi.


Selain itu, helm ini juga mudah dibersihkan. Bagian dalam helm memiliki fitur X-tra Quick Release System (XQRS) yang membuatnya mudah dilepas. Anda bisa membersihkan tiap bagiannya kapan pun Anda inginkan. Helm akan terasa lebih segar dan tidak bau meski sering Anda pakai off-road seharian.

No.7

Lebih kokoh dan kuat dengan material berkualitas tinggi

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan fiber resin shell yang kokoh dan kuat
  • Sirkulasi udara dalam helm meningkat berkat teknologi IVS

Kekurangan:

  • Hanya cocok dipakai saat berkendara dengan motor sport

Helm yang kokoh dan kuat adalah salah satu indikator helm tersebut memiliki keamanan yang optimal. Helm ini salah satu yang tak perlu Anda ragukan soal kekuatannya. Hal itu karena helm full face ini didukung dengan material kualitas tinggi, yakni fiber resin shell.


Helm ini sangat cocok dipakai untuk touring ke luar kota bersama komunitas motor Anda. Kekuatannya bisa diandalkan untuk melindungi kepala bila sampai terjadi kecelakaan. Meski demikian, Anda harus tetap berhati-hari saat berkendara, ya!

No.8

Bobotnya ringan dan dilengkapi sistem antimaling agar lebih aman

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan fiber resin shell yang tahan benturan
  • Bobotnya ringan dengan sistem pelapis interior yang dapat dilepas dan dibersihkan
  • Dilengkapi sistem keamanan antimaling

Kekurangan:

  • Kurang cocok digunakan saat berkendara di trek motocross

Jika Anda mencari helm dengan desain simpel yang berbobot ringan, produk ini bisa jadi pilihannya. Helm Arai biasanya terkenal berbobot berat, tetapi produk ini memiliki bobot yang ringan. Tidak hanya itu, inner produk ini pun sangat nyaman ketika dipakai. 


Dilengkapi dengan sistem tali penahan DD ring, helm ini tidak mudah lepas saat digunakan. Helm ini juga dilengkapi sistem antimaling, lho! Jadi, sangat aman dan nyaman saat Anda gunakan untuk pergi ke kampus atau kegiatan lainnya.

No.9

Lebih bebas bergerak saat berkendara di medan ekstrem

Kelebihan:

  • Berbahan fiberglass yang kokoh dan fleksibel, pengendara lebih bebas bergerak
  • Desain sporty dengan banyak saluran udara, tidak gerah saat dipakai
  • Dilengkapi sistem ERS untuk mengurangi risiko pengendara terluka saat kecelakaan

Kekurangan:

  • Kurang cocok digunakan untuk berkendara menggunakan motor bebek

Bagi Anda pencinta motocross, helm Arai VX-4 Hayden SB ini patut dipertimbangkan. Helm cross ini menawarkan konstruksi yang kokoh dan kuat karena terbuat dari bahan fiberglass yang berkualitas. 


Selain itu, helm Arai ini juga antigerah karena dilengkapi banyak ventilasi udara pada helmnya. Diffuser pada helmnya pun dapat Anda lepas dan bersihkan. Asyiknya lagi, helm cross ini juga dilengkapi sistem keamanan emergency response system (ERS) dan antimaling. Mantap, bukan?

No.10

AraiClassic Air Flat Black

Mulai dari Rp5.600.000,00

Dijamin antigerah karena dilengkapi teknologi Eco-pure!

Kelebihan:

  • Dilengkapi tiga ventilasi pada bagian dahi, kepala, dan tengkuk leher, antigerah dan nyaman digunakan
  • Dilengkapi strap double d-ring, tidak mudah lepas saat berkendara
  • Cheek pad bisa dilepaskan, mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Finishing matte atau flat sehingga tampilan kurang elegan

Sebagian orang selalu mengeluh gerah dan panas tiap menggunakan helm saat berkendara. Bila Anda salah satunya, coba pilih helm Arai ini sebagai helm harian. Kepala dijamin antigerah saat Anda menggunakannya. 


Pasalnya, helm ini telah dilengkapi teknologi Eco-pure yang membuat Anda tetap merasa sejuk dan nyaman saat menggunakannya. Untuk keamanannya, Anda jangan khawatir karena helm ini sudah memenuhi standar ECE dan SNI, lho!

Baca juga rekomendasi helm motor lainnya di sini

Helm Arai memiliki banyak jenis dan tipe yang dapat memikat Anda. Namun, bila Anda masih bingung memilih helm motor yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Tenang saja, kami akan memberikan rekomendasi helm motor lainnya untuk Anda. Silakan temukan rekomendasi produk helm terbaik lainnya di tautan berikut ini.

Kesimpulan

Siapa pun pasti jatuh hati melihat produk-produk helm Arai. Selain kualitasnya sudah diakui dunia, desain dan motifnya pun sangat keren. Akan tetapi, harga helm Arai cukup tinggi sehingga sering diincar oleh pencuri. Jadi, selalu rawat dan jaga helm Arai agar tidak dicuri, ya!


Semoga artikel kami membantu Anda menemukan helm Arai yang Anda idamkan. Meski sudah menggunakan helm terbaik, tetaplah berkendara dengan aman dan patuh kepada aturan lalu lintas, ya! 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer