1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Ruang tamu & keluarga
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Meja Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Meja Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Meja Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Meja Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Meja Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Meja Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Meja Bar Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Menampilkan meja bartender di tempat tinggal Anda tentu akan terkesan keren, bukan? Anda bisa mewujudkannya dengan membeli meja bar. Benda yang disebut juga dengan meja cafe ini tersedia dalam beragam desain di pasaran. Tergantung pada lokasi penempatannya, ukuran meja bar bisa berbeda-beda.


Dalam artikel ini kami akan membahas secara detail mengenai tips memilih dan memberikan rekomendasi meja bar yang bagus. Meja bar berkualitas dari merek Atria, Informa, Sapporo, dan sebagainya akan Anda temukan. Kini Anda bisa menciptakan mini bar sendiri di dapur Anda!

Diperbaharui 07-07-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih meja bar

Di bawah ini terdapat beberapa tips memilih meja bar. Silakan jadikan poin berikut ini sebagai acuan.

① Sesuaikan dengan lokasi penempatan

Selain di bar atau tempat makan lainnya, meja bar juga bisa Anda tempatkan di rumah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempertimbangkan lokasi penempatannya sebelum membeli meja bar.

Untuk bar atau kafe, pilih meja yang tinggi

Untuk bar atau kafe, pilih meja yang tinggi

Bar, kafe, atau tempat makan dengan konsep sejenis lebih mengutamakan aspek sebagai tempat nongkrong daripada tempat makan. Mempertimbangkan hal tersebut, sebaiknya Anda memilih produk yang tinggi dan compact untuk ditempatkan di bar.


Desain meja bar yang tinggi membuat orang yang datang lebih fokus untuk mengobrol daripada makan. Kalaupun ada makanan dan minuman, keduanya lebih dimaksudkan sebagai camilan sembari bersosialisasi. 


Karakteristik meja bar yang tinggi dan ramping malah akan membuatnya terlihat makin stylish. Selain itu, Anda juga jadi bisa meletakkan lebih dari satu meja dalam ruangan tanpa membuat ruangan terkesan sumpek. Terlebih lagi, meja bar jenis ini rata-rata memiliki bagian kolong yang kosong. Dengan begitu, Anda atau pengunjung bar pun bisa lebih leluasa menggerakkan kaki. Makin nyaman untuk bercengkerama, deh!

Untuk rumah, pilih meja bar serbaguna

Untuk rumah, pilih meja bar serbaguna

Memang benar meja bar yang ditempatkan di bar ataupun rumah memiliki desain yang tinggi. Meski begitu, Anda bisa memilih produk yang ukurannya lebih besar untuk di rumah. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda bisa menggunakannya untuk tujuan lain.


Ukuran besar membuat meja bar masih memadai untuk difungsikan sebagai meja makan. Selain itu, mengingat posisinya yang selalu berdekatan dengan dapur, Anda pun bisa menggunakannya sebagai meja dapur. Anda bisa memotong bahan makanan, meletakkan bumbu dapur untuk sesaat, dan sebagainya di atas permukaan meja bar.


Meja bar untuk di rumah biasanya memiliki kompartemen penyimpanan. Area dapur menjadi makin rapi, makanan dan minuman pun aman tersimpan. Tergantung pada desainnya, ada juga meja bar yang cocok ditempatkan di bar sebagai meja counterApabila Anda ingin area meja counter yang lebih luas, tempatkan saja beberapa unit meja bar bersebelahan. Multifungsi, bukan?

② Perhatikan ukuran meja bar dengan kursinya

Perhatikan ukuran meja bar dengan kursinya

Selanjutnya, mengecek kesesuaian antara tinggi permukaan meja dengan kursi adalah hal krusial. Agar Anda atau tamu yang datang bisa duduk nyaman, pastikan terdapat selisih ketinggian 27–30 cm antara meja bar dengan kursi. Jarak tersebut berlaku dengan mempertimbangkan tinggi rata-rata orang Indonesia.


Bagaimana jika tinggi badan Anda di atas rata-rata? Anda bisa menggunakan rumus berikut: ( (tinggi badan x 0,55) :3 ) -2 atau 3 cm. Dengan begitu, terlepas dari Anda sudah memiliki kursi bar, atau hendak membelinya, Anda bisa memperkirakan tinggi meja yang pas.


Kurang lengkap rasanya apabila Anda menempatkan meja bar tanpa kursi bar. Karena itu, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli kursi bar juga. Lihatlah rekomendasinya pada tautan berikut! 

③ Kenali material yang digunakan dan sesuaikan dengan gaya interior

Kenali material yang digunakan dan sesuaikan dengan gaya interior

Anda dapat menemukan meja bar dengan berbagai bahan, seperti kayu, besi, kaca, dan keramik. Tiap-tiap meja bar memiliki desain yang apik dan dapat Anda sesuaikan dengan interior ruangan,


  • Meja bar kayu

Beberapa meja bar minimalis dibuat dari bahan particle board, MDF (medium-density fiberboard), kayu jati, dan material kekayuan lainnya. Keragaman bahan tersebut membuat harga meja bar kayu variatif tergantung pada jenis kayu yang digunakan. Meja bar kayu sangat cocok untuk konsep ruangan minimalis, natural, rustic, dan Scandinavian.


  • Meja bar kaca

Meja bar dengan bahan kaca adalah pilihan tepat untuk mempertegas kesan futuristis. Tidak hanya itu, karakteristiknya yang tahan akan perubahan suhu, baik panas maupun dingin, juga menjadi keunggulan tersendiri. Meja bar kaca juga cocok ditempatkan di ruangan dengan gaya interior modern.


  • Meja bar stainless steel dan besi

Meja bar berbahan metal atau logam, seperti besi dan stainless steel, menawarkan daya tahan yang sangat baik. Ruangan bernuansa industrial juga akan makin kentara saat Anda hadirkan meja bar stainless steel. Sama seperti meja bar kaca, meja bar besi dan stainless steel juga mampu memberikan kesan futuristis dan modern.


  • Meja bar keramik

Dapur memang erat dengan material keramik dan granit pada meja ataupun konternya. Karena itu, beberapa meja bar juga buat dari bahan keramik yang sangat cocok untuk penggunaan di dapur. Meja bar keramik juga dapat menonjolkan interior yang elegan dan memberikan kesan mahal.


Namun, satu unit meja bar tidak selalu hanya dibuat dari satu material saja. Bisa jadi produsennya menggabungkan beberapa jenis material untuk menonjolkan keunggulan tertentu. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek dahulu material yang digunakan, ya!

④ Cek ada tidaknya keunggulan tambahan

Cek ada tidaknya keunggulan tambahan
Sumber: ruparupa.com

Meja bar umumnya memiliki sandaran kaki atau dudukan kaki sehingga membuat Anda nyaman. Selain itu, ada pula meja bar yang dilengkapi dengan rak atau laci penyimpanan. Meja bar seperti ini memudahkan Anda untuk menyimpan berbagai peralatan makan dengan rapi.


Ada juga meja bar yang dilengkapi tempat penyimpanan khusus untuk gelas atau botol. Anda pun lebih mudah menonjolkan nuansa ala bar atau memamerkan gelas dan botol minuman favorit. 


Bisa jadi produk yang hendak Anda beli memiliki keunggulan tambahan selain yang telah kami sebutkan. Jadi, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi meja bar terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk meja bar terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

OSLO HomeLiving

Grinell Table

OSLO HomeLiving Grinell Table 1枚目

Slim dan two-tone, makin menawan

2

saMju Homedecor

Meja Bar Minimalis Bulat Tinggi Scandinavian Japandi

saMju Homedecor Meja Bar Minimalis Bulat Tinggi Scandinavian Japandi 1枚目

Sempurnakan konsep Japanese Scandinavian dengan meja bar kayu minimalis

3

Meja Bar Dapur Kayu Minimalis

 Meja Bar Dapur Kayu Minimalis 1枚目

Meja bar dinding, untuk konsep ruang makan atau dapur minimalis

4

Central Djava Furniture

Meja Bar Mini Minimalis Kayu Jati

Central Djava Furniture Meja Bar Mini Minimalis Kayu Jati 1枚目

Durable dan bisa maksimalkan sudut ruangan

5

Informa

Marsten Meja Bar - Hitam

Informa Marsten Meja Bar - Hitam 1枚目

Atur ketinggian meja bar sesuka Anda

6

Atria

Meja Multifungtion Silvano

Atria Meja Multifungtion Silvano 1枚目

Meja bar kaca kombinasi besi dengan rak terbuka, fresh dan modern!

7

Informa

Saga Meja Bar Hitam

Informa Saga Meja Bar Hitam 1枚目

Desain industrial, cocok juga digunakan sebagai meja bar outdoor

8

iCreate Living Style

Meja Bar Kaca

iCreate Living Style Meja Bar Kaca 1枚目

Meja bar kaca kekinian untuk berbagai interior ruangan

9

Interio

Meja Bar Cafe Resto Kayu Besi Set Minimalis Mattwood

Interio Meja Bar Cafe Resto Kayu Besi Set Minimalis Mattwood 1枚目

Sudah sepaket dengan empat kursi berdesain senada, lho!

10

Sapporo

Massie Meja Bar

Sapporo Massie Meja Bar 1枚目

Meja bar kotak, bisa dijadikan meja makan minimalis di kafe

Perincian produk
Close
No.1

OSLO HomeLivingGrinell Table

Mulai dari Rp1.259.000,00

Slim dan two-tone, makin menawan

Kelebihan:

  • Desain two tone untuk interior minimalis modern
  • Ada dua pilihan warna
  • Ada dudukan kaki untuk kenyamanan

Kekurangan:

  • Tiga kaki meja yang slim mungkin tidak sekokoh meja bar kebanyakan yang terdiri dari empat kaki

Dimensi yang slim memungkinkan meja bar ini untuk ditempatkan beberapa unit sekaligus, bahkan di ruangan sempit. Selain itu, meja bar ini terlihat eye-catching berkat desain two-tone. Kombinasi kedua keunggulan tersebut membuat meja ini tepat digunakan untuk ruangan minimalis modern. Untuk menjadikan kafe dan bar Anda terlihat makin kekinian, meja bar Oslo ini sebaiknya Anda miliki.

No.2

saMju HomedecorMeja Bar Minimalis Bulat Tinggi Scandinavian Japandi

Mulai dari Rp137.800,00

Sempurnakan konsep Japanese Scandinavian dengan meja bar kayu minimalis

Kelebihan:

  • Desain minimalis yang cocok untuk interior natural dan Japandi style
  • Harga ekonomis untuk kebutuhan dalam jumlah besar

Kekurangan:

  • Sistem pre-order sehingga Anda perlu menunggu 3–5 hari sampai barang dikirim

Tema Japandi atau Japanese Scandinavian pada bar dan kafe sedang diminati saat ini. Apabila kafe atau bar Anda memiliki tema tersebut, lengkapilah dengan kursi bar bertema senada. Kursi bar ini memiliki desain minimalis dan berbahan full kayu yang memberikan nuansa hangat dan natural. Harganya pun terjangkau, Anda juga bisa memilih tiga desain warna yang sesuai dengan interior.

No.3

Meja Bar Dapur Kayu Minimalis

Mulai dari Rp275.000,00

Meja bar dinding, untuk konsep ruang makan atau dapur minimalis

Kelebihan:

  • Hemat tempat
  • Harga ekonomis untuk Anda yang berbujet terbatas
  • Ukuran panjang sehingga bisa dijadikan meja makan dan meja dapur

Kekurangan:

  • Ukuran produk dapat berbeda tergantung pada produsen
  • Finishing tidak terlalu halus

Jika Anda ingin menempatkan meja bar dalam ruangan dengan space terbatas, seperti di kamar apartemen, meja ini adalah solusi cerdas. Berbeda dengan meja bar kebanyakan, produk ini dipasang di dinding sehingga lebih hemat tempat. Anda pun tidak perlu repot memindahkan furnitur lainnya. Meja bar ini dapat difungsikan untuk meja makan ataupun meja dapur.

No.4

Central Djava FurnitureMeja Bar Mini Minimalis Kayu Jati

Mulai dari Rp3.400.000,00

Durable dan bisa maksimalkan sudut ruangan

Kelebihan:

  • Banyak tempat penyimpanan
  • Bahan kayu jati yang kokoh
  • Bisa diletakkan di sudut ruangan

Kekurangan:

  • Finishing dinilai kurang baik

Produk ini pas sekali digunakan sebagai mini bar atau meja bartender. Permukaan meja yang luas plus adanya rak dan kompartemen penyimpanan memungkinkan benda yang dapat disimpan makin banyak. Meja bar kayu jati ini juga dapat diletakkan di sudut ruangan. 


Menariknya lagi, produk ini dibuat dari kayu jati pilihan sehingga menjadi sangat durable dan classy. Untuk memaksimalkan area sudut yang biasanya jarang terjamah, meja bar ini adalah pilihan bijak untuk memperindah hunian Anda.

No.5

InformaMarsten Meja Bar - Hitam10251002

Mulai dari Rp1.999.000,00

Atur ketinggian meja bar sesuka Anda

Kelebihan:

  • Ketinggian meja dapat diatur
  • Ada dudukan kaki untuk kenyamanan

Kekurangan:

  • Harga cukup tinggi dibandingkan produk meja bar sejenis

Anda butuh meja bar yang bisa diatur ketinggiannya? Anda sebaiknya memilih meja bar Informa ini. Anda dapat mengubah ketinggian meja ini, mulai dari 90 cm hingga 105 cm. Dengan begitu, Anda lebih mudah menyesuaikannya dengan tinggi kursi yang sudah dimiliki. Fleksibilitas tersebut juga memberi Anda kebebasan lebih dalam memilih kursi bar yang hendak dibeli.

No.6

AtriaMeja Multifungtion Silvano

Mulai dari Rp3.699.000,00

Meja bar kaca kombinasi besi dengan rak terbuka, fresh dan modern!

Kelebihan:

  • Ada rak penyimpanan yang multifungsi untuk berbagai kebutuhan
  • Desain modern

Kekurangan:

  • Harga produk satuan tergolong cukup tinggi jika ingin digunakan untuk bar atau kafe

Ada dua tingkat rak penyimpanan pada meja bar Atria ini. Ukuran tiap-tiap raknya pun cukup luas. Dengan begitu, Anda pun dapat menyimpan banyak botol, gelas, atau benda lainnya di rak tersebut.


Menariknya lagi, rak tersebut sengaja didesain terbuka agar Anda lebih mudah mengambil atau menyimpan benda yang dibutuhkan. Kombinasi desain tersebut plus bahan kaca dan metal menjadikan meja bar Atria ini tampak mewah dan modern. Tentu produk ini layak diperhitungkan jika Anda ingin memajang meja bar berdesain kekinian.

No.7

InformaSaga Meja Bar Hitam

Mulai dari Rp1.249.000,00

Desain industrial, cocok juga digunakan sebagai meja bar outdoor

Kelebihan:

  • Bahan metal yang kokoh dan awet dalam waktu lama
  • Desain industrial yang stylish dengan pilihan warna gelap
  • Ada dudukan kaki untuk kenyamanan

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan warna cerah

Apakah konsep hunian, kafe, atau bar Anda bertema industrial? Lengkapi ruangan Anda dengan meja bar berbahan full metal. Bahan logam yang dijamin kokoh plus tampilan warna hitamnya akan terlihat memesona dalam jangka panjang.


Meja ini juga tergolong besar dengan panjang dan lebar meja 70 cm x 70 cm. Dengan demikian, meja bar ini nyaman digunakan 2–4 orang untuk menikmati minuman dan kudapan ringan. Meja bar ini pun cocok diletakkan di teras ataupun area outdoor.

No.8

iCreate Living StyleMeja Bar Kaca

Mulai dari Rp1.299.000,00

Meja bar kaca kekinian untuk berbagai interior ruangan

Kelebihan:

  • Dua pilihan seri
  • Ada dudukan kaki untuk kenyamanan pada seri Calista
  • Permukaan meja berbentuk kotak yang lebih lebar

Kekurangan:

  • Cathleen tidak dilengkapi dengan dudukan kaki

Apabila Anda bingung saat hendak memilih meja bar untuk berbagai tema ruangan, Anda bisa memilih meja bar kaca yang simpel. iCreate Living Style pun menawarkan dua macam meja bar kaca yang cocok ditempatkan di mini bar di rumah ataupun di kafe. Ada Cathleen dengan permukaan kaca hitam yang modern dan Calista yang stylish dengan permukaan kaca bening. 


Kedua seri memiliki kaki meja berlapis kayu yang memberikan kesan minimalis. Di sisi lain, permukaan meja berbentuk kotaknya memiliki ukuran 70 cm x 70 cm yang lebih lebar. Anda dapat menggunakannya sebagai meja makan minimalis di pantry.

No.9

InterioMeja Bar Cafe Resto Kayu Besi Set Minimalis MattwoodDN1847CH7119

Mulai dari Rp2.822.000,00

Sudah sepaket dengan empat kursi berdesain senada, lho!

Kelebihan:

  • Satu set dengan empat kursi berdesain senada sehingga lebih hemat biaya
  • Ada dudukan kaki untuk kenyamanan
  • Bahan kokoh dan tahan lama

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan warna

Banyak orang cukup kesulitan saat mencari ukuran kursi bar yang sesuai dengan meja bar ataupun berdesain senada. Belum lagi biaya tambahan yang dikeluarkan cukup besar. Agar Anda tidak perlu keluar dana tambahan untuk membeli kursi bar, pertimbangkan set meja bar dari Interio Home Furnishing. 


Ketika membeli produk ini, Anda akan memperoleh satu unit meja panjang dan empat unit kursi bar. Tampilan meja dan kursinya sangat senada yang tentu terlihat makin apik saat Anda tempatkan di dalam kafe!

No.10

SapporoMassie Meja Bar

Mulai dari Rp1.900.000,00

Meja bar kotak, bisa dijadikan meja makan minimalis di kafe

Kelebihan:

  • Ada tiga pilihan warna untuk kaki meja
  • Ada dudukan kaki untuk kenyamanan
  • Permukaan meja berbentuk kotak

Kekurangan:

  • Untuk kebutuhan bar atau kafe, harga produk satuan cukup mahal

Meja bar mini pada umumnya didesain dengan bentuk bulat. Karena itu, benda yang dapat diletakkan di atas meja bar biasanya terbatas. Apabila Anda ingin meja bar yang lebih lapang, pertimbangkan produk ini. 


Permukaan meja yang berbentuk kotak terasa lebih lapang dibandingkan meja bar bulat pada umumnya. Meja bar kayu ini pun cocok dijadikan sebagai meja makan minimalis di kafe. Desain kayunya yang berwarna gelap tampak klasik dan memberikan nuansa yang homey. Jika mencari desain dengan sentuhan fun, pilihlah kaki meja berwarna merah terang.

Baca juga rekomendasi meja lainnya di sini

Selain meja bar, Anda mungkin ingin melihat beragam produk meja yang bagus lainnya untuk di rumah atau di kafe. Silakan membaca lebih jauh mengenai artikel rekomendasi meja makan minimalis, meja cafe, hingga meja IKEA berikut! 

Kesimpulan

Meja bar adalah pilihan tepat untuk menjadikan tempat tinggal atau bar Anda tampak kian mengagumkan. Pastikanlah untuk membeli meja bar yang sesuai dengan tinggi kursi barnya, ya.


Selain itu, kenali juga material meja bar yang digunakan. Agar lebih fungsional, Anda juga bisa memilih meja bar yang memiliki keunggulan tambahan, seperti rak ataupun tempat penyimpanan botol. Selamat menikmati minuman dari mini bar baru Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer