• 10 Rekomendasi Masker Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Masker Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Masker Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Masker Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Masker Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Masker Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Masker tidak hanya bermanfaat untuk menutrisi kulit wajah, tetapi juga menenangkan kulit dan pikiran. Salah satu masker yang perlu dicoba adalah masker bubuk. Di pasaran tersedia masker bubuk dari berbagai bahan, seperti kopi, teh hijau, dan bahan-bahan organik lainnya.


Nah, di artikel ini terdapat rekomendasi masker bubuk yang bagus dari merek ternama. Anda bisa menemukan produk dari Aztec SecretJordanie, dan Teddy Clubs. Namun, sebelum memilih produk, pastikan Anda menyimak tips memilihnya terlebih dahulu, ya. Tanpa berlama-lama, langsung kita mulai pembahasannya, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Fidelia Alamsjah
  • Pembaharuan terakhir: 10 Agustus 2022
Daftar isi

Kelebihan dari masker bubuk

Kelebihan dari masker bubuk

Masker bubuk baik untuk wajah karena memiliki tekstur kering sehingga lebih aman dari bakteri dan jamur. Cara membuat atau mengaplikasikan masker bubuk cukup sederhana. Anda hanya perlu mencampurkannya dengan air, salah satunya rose water.


Jenis dari masker bubuk pun cukup beragam. Ada masker yang dapat dibilas atau wash off serta bisa dikelupas atau peel off. Lalu, apa kelebihan dari masker bubuk? Cari tahu jawabannya di bawah ini.


  • Banyak masker bubuk dibuat dari bahan organik sehingga memberikan manfaat secara alami, mulai dari menutrisi hingga melembapkan wajah.

  • Pemakaiannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya untuk bagian tertentu saja.

  • Bisa diaplikasikan atau dicampur dengan bahan lainnya, contohnya perasan lemon untuk menyamarkan noda hitam.

  • Memiliki harga yang relatif terjangkau serta banyak pilihannya.

Cara memilih masker bubuk

Ada beberapa poin penting yang dapat Anda jadikan acuan dalam memilih masker bubuk. Pilihlah masker sesuai masalah kulit yang sedang Anda alami agar kondisi kulit dapat membaik.

Pilih berdasarkan kebutuhan kulit

Sama seperti memilih skincare, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui jenis kulit Anda. Di bawah ini, akan kami bahas kandungan masker yang tepat dengan sesuai kebutuhan tiap-tiap jenis kulit.

Kulit kering: Niacinamide dan Aloe vera akan membuat kulit terhidrasi

Kulit kering: Niacinamide dan Aloe vera akan membuat kulit terhidrasi

Masker bubuk sering dihindari oleh pemilik kulit kering karena dianggap menyerap sebum alami kulit. Pada kenyataannya, Anda dapat memanfaatkan masker dari bahan-bahan yang melembapkan, seperti niacinamide dan Aloe vera.


Bahan-bahan tersebut membuat kulit terhidrasi dengan baik selama kulit tertutup masker sehingga kulit tidak terasa kaku setelah dibilas. Kulit kering pun tetap terasa nyaman menggunakan jenis masker bubuk berbahan tersebut.

Kulit berminyak: Kopi, bentonit, atau kaolin mampu membersihkan kotoran hingga ke pori-pori

Kulit berminyak: Kopi, bentonit, atau kaolin mampu membersihkan kotoran hingga ke pori-pori

Sebaliknya, masker bubuk banyak disukai oleh pemilik kulit berminyak karena kemampuannya untuk menarik kotoran dan minyak berlebih. Masker bubuk dianggap efektif untuk membersihkan kotoran sampai ke pori-pori.


Terlebih lagi, untuk kulit berminyak yang rentan jerawat, Anda dapat memilih masker berbahan kopi, bentonit, atau kaolin. Kandungan tersebut sekaligus dapat mengangkat sel kulit mati sehingga dapat menyamarkan bekas jerawat.

Kulit sensitif: Green tea atau mugwort dapat mencegah iritasi

Kulit sensitif: Green tea atau mugwort dapat mencegah iritasi

Kulit sensitif lebih mudah bereaksi terhadap bahan-bahan tertentu dibandingkan jenis kulit lainnya. Oleh karena itu, kami sarankan untuk memilih masker bubuk dengan kandungan green tea atau mugwort.


Green tea dapat meredakan peradangan, mengatasi kulit terbakar, dan menghilangkan beruntus. Sementara itu, mugwort bersifat antibakteri dan anti-inflamasi yang efektif mencegah iritasi serta merelaksasi kulit dengan sensasi dinginnya.

Kulit kombinasi: Bahan dengan sifat yang netral cocok dipilih, misalnya black tea

Kulit kombinasi: Bahan dengan sifat yang netral cocok dipilih, misalnya black tea

Kulit kombinasi merupakan gabungan dua jenis kulit, yaitu kulit berminyak dan kering. Pemilik kulit kombinasi lebih baik menghindari bahan-bahan yang terlalu melembapkan dan yang terlalu banyak menyerap sebum. Black tea dapat menjadi pilihan karena bersifat netral dan dapat memperkuat perlindungan kulit dari efek negatif sinar UV.


Anda juga bisa mengakalinya dengan menggunakan dua jenis masker bubuk yang berbeda. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan clay mask pada bagian T-zone. Sementara itu, gunakan jenis wash off mask atau peel off mask untuk daerah lainnya. Jadi, setiap area wajah mendapatkan perawatan masker yang sesuai dengan kondisi masing-masing.

Tentukan jenis maskernya

Walaupun sama-sama bertekstur bubuk, masker bubuk terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut dibedakan berdasarkan cara membersihkannya dari wajah setelah penggunaan. Mau tahu jenis-jenisnya? Yuk, simak lebih lanjut!

Wash off mask dan clay mask, bantu mengontrol produksi sebum

Wash off mask dan clay mask, bantu mengontrol produksi sebum

Wash off mask dan clay mask sama-sama harus dibilas dengan air untuk membersihkannya dari kulit wajah. Perbedaan di antara kedua masker ini adalah pada bahan aktifnya. Umumnya, clay mask berbahan abu vulkanik yang kaya mineral, sedangkan wash off mask memanfaatkan bahan alami lain.


Keduanya memiliki peran yang sama, yaitu untuk mengontrol sebum sehingga tidak terjadi produksi minyak berlebih. Karena itu, jenis masker ini banyak disukai pemilik kulit berminyak atau kulit kombinasi yang cenderung berminyak. Meskipun begitu, ada juga wash off mask yang ditujukan bagi kulit normal dan kering.

Peel off mask, efektif untuk mengangkat sel kulit mati

Peel off mask, efektif untuk mengangkat sel kulit mati

Saat awal diaplikasikan, masker ini terlihat sama dengan masker bubuk lainnya. Akan tetapi, teksturnya akan mengeras dan lebih padat setelah mengering. Hal ini membuat peel off mask tidak membutuhkan air untuk membersihkannya, melainkan dapat langsung dikelupas dari kulit wajah. Jenis masker ini efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo.


Sebagian masker bubuk jenis peel off mungkin akan terasa sakit saat dibersihkan. Karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan masker ini terlalu sering karena dapat membuat kulit kemerahan dan iritasi. Gunakan 2–3 kali saja dalam seminggu atau sesuai petunjuk pemakaian produk.

Prioritaskan masker berbahan organik

Prioritaskan masker berbahan organik

Saat ini Anda dapat menemukan banyak jenis masker bubuk di pasaran dalam berbagai jenis dan varian bahan. Namun, sebaiknya prioritaskan masker bubuk berbahan organik karena dibuat dengan bahan-bahan alami. Dengan kata lain, masker tersebut lebih aman untuk kulit dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Anda yang memiliki jenis kulit sensitif bisa menggunakannya tanpa rasa khawatir.


Meski begitu, perlu dicatat bahwa tidak semua bahan kimia berbahaya bagi kulit. Kandungan kimia dalam bentuk mineral, seperti talc dan kaolin juga diperlukan oleh kulit dalam kondisi tertentu. Pada intinya, ketahuilah dengan pasti bahan-bahan yang ada di dalam masker bubuk pilihan Anda.

Periksa durasi penggunaan yang disarankan

Periksa durasi penggunaan yang disarankan

Sebelum mengaplikasikan masker pada kulit wajah, pastikan terlebih dahulu durasi penggunaan yang disarankan. Umumnya, masker bubuk cukup didiamkan selama 5–30 menit sebelum akhirnya dibilas atau dibersihkan. Penggunaan masker yang terlalu lama dapat menyerap sebum secara berlebihan sehingga kulit menjadi kering. Akibatnya, kulit menjadi dehidrasi dan berkerut.


Masker memang salah satu produk perawatan kulit, tetapi frekuensi pemakaiannya tetap harus diperhatikan. Sebagian besar masker bubuk umumnya tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari. Karena itu, perhatikanlah saran penggunaan dari produsen yang biasanya tertulis di belakang kemasan produk.

10 Rekomendasi masker bubuk terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker bubuk terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 9 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa HeyGurl Mugwort Mask memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Lea Gloria Masker Bubuk yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 4 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
HeyGurl  Mugwort Mask 1

HeyGurl

2
Aztec Secret  Indian Healing Clay 1

Aztec Secret

3
Pinkroulette  Wash Off Mask Coffee  1

Pinkroulette

4
Lea Gloria  Masker Bubuk 1

Lea Gloria

5
Teddy Clubs  Boba Pore Care Mask 1

Teddy Clubs

6
Jordanie Peel Off Mask Powder Gold 1

Jordanie

7
Jordanie  Peel Off Mask Powder Green Tea 1

Jordanie

8
Bali Alus  Masker Face and Body Black Tea 100 gr 1

Bali Alus

9
La Tulipe  Face Mask Powder 1

La Tulipe

10
Acone  Collagen Peel Off Mask Botol 10 gr 1

Acone

Nama produk

Mugwort Mask

Indian Healing Clay

Wash Off Mask Coffee

Masker Bubuk

Boba Pore Care Mask

Peel Off Mask Powder Gold

Peel Off Mask Powder Green Tea

Masker Face and Body Black Tea 100 gr

Face Mask Powder

Collagen Peel Off Mask Botol 10 gr

Keunggulan

Atasi kulit kemerahan dengan kandungan yang soothing

Kandungannya bantu angkat kotoran, sisa makeup, dan minyak berlebih

Atasi beruntusan dengan kandungan coffea robusta seed

Coba semua variannya dan dapatkan nutrisi terbaik untuk kulit!

Masker dengan aroma manis khas boba? Ada, dong!

Dengan gold extract yang membuat kulit tampak kenyal dan segar

Kulit bersih sampai ke pori-pori dengan kesegaran green tea

Tidak hanya menutrisi kulit wajah, tetapi juga kulit tubuh!

Menghaluskan permukaan kulit dengan membersihkan kulit mati

Pemakaiannya seru, tinggal shake terus pakai!

Harga mulai dariRp 29.000,00Rp 190.000,00Rp 50.000,00Rp 6.000,00Rp 35.000,00Rp 110.000,00Rp 119.000,00Rp 28.490,00Rp 56.650,00Rp 10.000,00
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulitKulit berjerawat, kulit berminyakKulit kering, kulit berjerawatSemua jenis kulitSemua jenis kulitKulit kering, kulit kombinasiKulit berminyak dan berjerawat, kulit sensitifKulit kombinasiKulit berjerawatKulit berminyak, kulit kombinasi
Jenis maskerWash off maskClay maskWash off maskWash off maskClay mask, wash off maskPeel off maskPeel off maskWash off maskClay maskPeel off mask
KandunganMugwort dan Centella asiatica100% natural calcium bentonite clayCoffea robusta seed powder, Centella asiatica extract, niacinamideCoffee, chocolate, vanilla, green tea, avocado, strawberry, milk, egg white honey, menthol, exclusive mudTalc, kaolin, Oryza sativa powder, dan lain-lainEkstrak goldGreen teaBlack tea Talc, kaolin, dan zinc oxidePomeberry (strawberry, pomegranate, collagen, glutathione), matcha (green tea, niacinamide, collagen)
Durasi pemakaian 10–15 menit 5–10 menit, 1x seminggu10–15 menit 10–15 menit5–10 menit10–15 menit10–15 menit15–30 menit, 2x seminggu 15 menit, 1x seminggu10–15 menit, 2–3x seminggu
Tautan produk
10

Acone Collagen Peel Off Mask Botol 10 gr

Mulai dari Rp 10.000,00

Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak, kulit kombinasi
Jenis maskerPeel off mask
KandunganPomeberry (strawberry, pomegranate, collagen, glutathione), matcha (green tea, niacinamide, collagen)
Durasi pemakaian10–15 menit, 2–3x seminggu
9
Rekomendasi jenis kulitKulit berjerawat
Jenis maskerClay mask
Kandungan Talc, kaolin, dan zinc oxide
Durasi pemakaian 15 menit, 1x seminggu
8

Bali Alus Masker Face and Body Black Tea 100 gr

Mulai dari Rp 28.490,00

Rekomendasi jenis kulitKulit kombinasi
Jenis maskerWash off mask
KandunganBlack tea
Durasi pemakaian15–30 menit, 2x seminggu
7

Jordanie Peel Off Mask Powder Green Tea

Mulai dari Rp 119.000,00

Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak dan berjerawat, kulit sensitif
Jenis maskerPeel off mask
KandunganGreen tea
Durasi pemakaian10–15 menit
6

JordaniePeel Off Mask Powder Gold

Mulai dari Rp 110.000,00

Rekomendasi jenis kulitKulit kering, kulit kombinasi
Jenis maskerPeel off mask
KandunganEkstrak gold
Durasi pemakaian10–15 menit
5
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Jenis maskerClay mask, wash off mask
KandunganTalc, kaolin, Oryza sativa powder, dan lain-lain
Durasi pemakaian5–10 menit
4
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Jenis maskerWash off mask
KandunganCoffee, chocolate, vanilla, green tea, avocado, strawberry, milk, egg white honey, menthol, exclusive mud
Durasi pemakaian 10–15 menit
3

Pinkroulette Wash Off Mask Coffee

Mulai dari Rp 50.000,00

Rekomendasi jenis kulitKulit kering, kulit berjerawat
Jenis maskerWash off mask
KandunganCoffea robusta seed powder, Centella asiatica extract, niacinamide
Durasi pemakaian10–15 menit
2

Aztec Secret Indian Healing Clay

Mulai dari Rp 190.000,00

Rekomendasi jenis kulitKulit berjerawat, kulit berminyak
Jenis maskerClay mask
Kandungan100% natural calcium bentonite clay
Durasi pemakaian 5–10 menit, 1x seminggu
1
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Jenis maskerWash off mask
KandunganMugwort dan Centella asiatica
Durasi pemakaian 10–15 menit

Baca juga rekomendasi masker lainnya di sini

Selain masker bubuk, ada pula jenis masker lain yang dapat Anda gunakan sebagai selingan. Nah, artikel-artikel tentang masker terbaik sudah kami siapkan untuk Anda. Yuk, langsung klik link di bawah ini!

Kesimpulan

Memilih masker bubuk hampir sama dengan memilih skincare lainnya. Hal terpenting yang harus Anda tahu adalah jenis kulit dan masalah yang dialami. Penggunaan masker bubuk dapat membuat kulit terasa lebih kering setelahnya. Itulah alasan Anda harus memperhatikan durasi dan frekuensi pemakaiannya.


Semoga tips memilih dan rekomendasi produk yang kami bahas pada artikel ini berhasil membantu Anda menentukan pilihan. Selamat berbelanja dan merawat diri!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Cetaphil, Hada Labo, dan Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Masker Lea Gloria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Masker Lea Gloria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak cara untuk merawat kulit wajah, salah satunya dengan menggunakan masker. Fungsi masker berbeda-beda tergantung kandungan di dalamnya, ada yang bisa mengatasi jerawat, wajah kusam, hingga penuaan dini. Salah satu merk masker wajah lokal yang bagus dan populer adalah Lea Gloria.Lea Gloria menawarkan berbagai jenis dan varian masker yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah. Untuk membantu Anda, kami akan membahas tips cara memilihnya. Kemudian, kami juga akan mengulas beberapa varian masker Lea Gloria terbaik, seperti Avocado Recipes dan Green Tea Clay. Temukan masker Lea Gloria favorit Anda!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori