1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Aksesori handphone & tablet
  6. >
  7. 10 Speaker Portable Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Speaker Portable Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Speaker Portable Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Speaker Portable Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Speaker Portable Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Speaker Portable Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Speaker Portable Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)

Portable speaker adalah aksesori wajib bagi penikmat musik yang nyaman dibawa ke mana pun. Ketika mencari speaker portable, Anda akan dibanjiri banyak pilihan produk dengan berbagai merek dan tipe. Anda dapat menjumpai Bluetooth speaker dengan banyak fitur tambahan ataupun sound system portable yang dilengkapi microphone.


Kali ini kami hadir untuk membantu Anda memilih speaker portable yang bagus. Di sini, kami telah merangkum beragam tips memilih speaker. Kami juga mengulas beragam merek speaker, seperti SONY, JBL, dan Bose. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simaklah sampai akhir!

Diperbaharui 05-29-2022
Pakar
Music composer dan tech & audio enthusiast
Joshua Pandu

Joshua mulai bermain piano klasik sejak usia 6 tahun. Ia berpengalaman kerja mengajar piano di Yamaha sebelum melanjutkan studi bidang music composing and arranging di Jepang. Joshua sudah mengenal dan merakit komputer pertamanya ketika masih di bangku SD secara otodidak. Ia juga mempunyai hobi overclocking dan jual beli parts komputer di waktu senggangnya. Pria yang merupakan seorang tech enthusiast ini juga hobi mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari smartphone hingga VR.

Profil Joshua Pandu
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih speaker portable

Kesulitan pertama saat hendak membeli speaker portable adalah memilih berdasarkan spesifikasinya. Nah, untuk memudahkan keputusan Anda ketika memilihnya, ikutilah tips berikut ini.

① Pahami spesifikasi speaker portable

Pahami spesifikasi speaker portable

Saat melihat sebuah speaker portable, hal pertama yang perlu Anda periksa adalah membaca spesifikasinya. Dari spesifikasi tersebut, Anda bisa mencermati poin-poin penting, seperti output power dan jangkauan frekuensinya. Lebih lanjut, simak penjelasan singkatnya di bawah ini.


  • Output power (watt)
Speaker dengan output 15–20 watt dapat menghasilkan intensitas suara sekitar 80 dB. Makin besar intensitas suara yang dihasilkan, makin kencang pula suara yang dikeluarkan.

  • Jangkauan frekuensi
Umumnya, speaker portable yang baik berada pada rentang frekuensi 20 Hz–20.000 Hz. Namun, hal tersebut tidak selalu bisa menjadi patokan, sebab kondisi telinga setiap orang berbeda-beda. Pendengaran juga dipengaruhi oleh faktor usia seseorang. Pada usia tertentu, kemampuan telinga manusia menerima frekuensi akan turut berkurang.

② Ketahui konektivitas yang didukung

Speaker portable didukung dengan dua macam konektivitas, yaitu dengan kabel dan nirkabel. Koneksi nirkabel juga ada bermacam-macam, di antaranya ada Bluetooth, Wi-Fi, AirPlay, DLNA, dan lain-lain. Yuk, simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Koneksi dengan kabel, penggunaan baterai jadi lebih hemat

Koneksi dengan kabel, penggunaan baterai jadi lebih hemat

Speaker portable yang mendukung konektivitas dengan kabel standar biasanya menggunakan kabel auxiliary. Auxiliary connector standar yang digunakan pada speaker umumnya adalah 3,5 mm. Koneksi semacam ini memiliki kelebihan dari segi kualitas suara dan penggunaan baterai yang lebih hemat. Selain kabel auxiliary, ada juga produk speaker portable yang menggunakan konektor USB.

Nirkabel, praktis bawa speaker ke mana saja

Nirkabel, praktis bawa speaker ke mana saja

Speaker nirkabel umumnya menggunakan koneksi Bluetooth, Wi-Fi, AirPlay, DLNA, dan lainnya. Jenis ini memudahkan Anda untuk membawa speaker ke mana pun tanpa repot dengan kabel. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Apa saja itu?


  • Bluetooth merupakan koneksi nirkabel yang paling umum digunakan pada segala macam speaker. Pilihlah speaker dengan Bluetooth versi terbaru atau minimal versi 4.0. Versi Bluetooth yang Anda pilih akan menentukan kualitas dan jangkauan transmisi audio.

  • Perhatikan codec yang digunakan. Codec merupakan software yang menentukan kualitas transmisi Bluetooth dari perangkat ke speaker Anda. Setidaknya, ada empat jenis codec yang banyak digunakan pada speaker saat ini. Kami urutkan dari jenis codec paling dasar, yaitu SBC, AAC, aptX, dan LDAC yang paling high resolution.

  • Jika smartphone Android Anda dilengkapi NFC, Anda dapat menyambungkannya dengan speaker portable hanya dengan sekali ketuk saja. Meskipun begitu, tidak semua tipe Android memiliki fitur ini. 

  • Untuk speaker kelas premium, beberapa di antaranya dilengkapi koneksi DLNA dan AirPlay. Kedua jenis koneksi ini bisa Anda pakai untuk mengakses file multimedia antar perangkat. Baik DLNA maupun AirPlay membutuhkan Wi-Fi sehingga lebih cocok digunakan di dalam ruangan saja.

③ Temukan ukuran yang compact

Temukan ukuran yang compact

Jika berbicara mengenai speaker portable, salah satu keutamaan dari benda ini adalah ukurannya. Speaker portable haruslah mudah dibawa, ringan, dan hemat tempat. Namun, ukuran speaker portable yang kecil terkadang memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Oleh karena itu, bijaklah dalam menimbang antara kualitas suara dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

④ Pahami spesifikasi baterai speaker

Baterai adalah satu aspek penting dalam sebuah portable gadget. Oleh karena itu, mari pahami spesifikasi baterai speaker portable yang akan Anda pilih.

Cek ketahanan baterai dan metode charging-nya

Cek ketahanan baterai dan metode charging-nya

Ketahanan baterai adalah salah satu faktor penting saat memilih speaker portable. Anda bisa mengetahui durasi baterai melalui spesifikasi produk yang ada di website ataupun kemasan produk. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengecek metode isi ulang speaker Anda.


  • Durasi baterai

Rata-rata, baterai speaker portable dapat bertahan selama 4–6 jam. Beberapa produk ada yang menawarkan durasi penggunaan lebih lama. Namun, Anda perlu mempertimbangkan bahwa kapasitas baterai biasanya selaras dengan makin besarnya ukuran speaker.


  • Metode charging

Speaker yang menggunakan kabel USB konvensional sebagai charging port lebih menguntungkan Anda. Hal ini sebagai antisipasi ketika Anda lupa membawa charger dan harus meminjam kepada orang lain. Selain itu, saat ini juga sudah banyak beredar speaker yang dilengkapi dengan Micro-USB port. Micro-USB port memungkinkan Anda melakukan isi ulang dengan menggunakan power bank.

Li-ion dan Li-poly, memiliki keunggulan yang berbeda-beda

Li-ion dan Li-poly, memiliki keunggulan yang berbeda-beda

Lithium-ion dan lithium polymer adalah dua jenis baterai yang paling banyak digunakan pada perangkat portabel. Selain memiliki fungsi yang sama, kedua baterai ini juga memiliki keunggulan yang berbeda. Simak keunggulan dan kekurangan dari kedua jenis baterai tersebut, yuk!


  • Lithium-ion atau Li-ion

Jenis baterai ini paling sering ditemui pada hampir semua speaker. Li-ion merupakan jenis baterai yang menggunakan penghantar listrik berbentuk padat dengan perawatan yang mudah. Sayangnya, ukurannya relatif besar, sensitif terhadap suhu tinggi, dan life cycle-nya yang pendek. Karena memiliki siklus charging 1.000 kali, performa baterai akan menurun setelah mendekati jumlah tersebut.


  • Lithium polymer atau Li-poly

Li-poly merupakan generasi baterai lithium terbaru yang bersifat nonremovable. Meski nonremovable, Li-poly tetap dapat dilepas dengan bantuan alat khusus. Li-poly unggul dengan bobotnya yang ringan dan life cycle yang lebih panjang dari pada Li-ion. Jika dibandingkan Li-ionLi-poly juga lebih fast-charging. Namun, Li-poly cenderung lebih mahal dan lebih sulit dalam hal perawatan.

⑤ Cari tahu fitur pendukung lainnya

Cari tahu fitur pendukung lainnya

Selain memutar musik, speaker portable juga menawarkan fitur-fitur pendukung lainnya. Beberapa fitur dasar yang bisa mempermudah penggunaan speaker. Sebagai contoh, adanya charging indicator, tombol pengaturan, handsfree, waterproof, dan lainnya. Setiap fitur memiliki fungsinya masing-masing. Yuk, cari tahu detail fungsinya di bawah ini.


  • Charging indicator dan tombol pengaturan

Dengan tombol pengaturan, Anda bisa mengatur volume, play, pause, hingga tombol skip dengan sekali tekan. Sementara itu, charging indicator juga mempermudah Anda untuk mengetahui kapasitas baterai.


  • Handsfree dengan built-in mic 

Fitur ini memungkinkan Anda menerima telepon dari speaker Anda. Anda tinggal memencet tombol yang ada di speaker untuk menjawab telepon. Lebih praktis dan suara pun bisa terdengar lebih keras.


  • TWS (true wireless stereo)

Fitur yang tak kalah menarik adalah True Wireless Stereo (TWS). Fitur ini berfungsi menggabungkan beberapa speaker identik lain untuk memainkan musik yang sama. Fitur ini akan membuat efek stereo pada speaker Anda.


  • Waterproof (antiair)

Untuk Anda yang sering beraktivitas outdoor, speaker yang waterproof cocok dipilih. Fitur ini memiliki standar yang dituliskan dengan ingress protection (IP). Ini merupakan penanda yang menjelaskan tingkatan perlindungan terhadap partikel padat ataupun cair. Untuk perlindungan terhadap cipratan air, kami sarankan speaker dengan minimal spesifikasi IPX5.


  • Antidebu

Selain untuk ketahanan air, IP juga digunakan sebagai penanda untuk ketahanan debu. IP ini biasanya diikuti oleh dua atau lebih digit angka di depannya. Digit pertama merupakan level dari ketahanan terhadap debu, sedangkan digit kedua merupakan ketahanan dari cipratan air. Sebagai contoh, untuk produk dengan IP54, artinya produk tersebut memiliki fitur tahan debu dan tahan cipratan air.

10 Rekomendasi speaker portable terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk speaker portable terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Joshua Pandu.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

ACOME

Speaker Bluetooth

ACOME Speaker Bluetooth 1枚目

Harga bersahabat dengan kualitas unggulan

2

JBL

Go 2

JBL Go 2 1枚目

Tawarkan dua belas pilihan warna yang menarik

3

Advance

Speaker Portable

Advance Speaker Portable 1枚目

Portable speaker dengan mic yang cocok untuk karaoke

4

Logitech

Mobile Wireless Speaker

Logitech Mobile Wireless Speaker 1枚目

Si mini yang mampu bersuara nyaring

5

SONY

XB13 EXTRA BASS™ Portable Wireless Speaker

SONY XB13 EXTRA BASS™ Portable Wireless Speaker 1枚目

Kualitas audio untuk para audiophile

6

Yamada

Speaker Aktif 15" Boom Bass + 2 Mic Wireless

Yamada  Speaker Aktif 15" Boom Bass + 2 Mic Wireless  1枚目

Speaker portable 15 inci yang mudah didorong

7

Bose

SoundLink Color II Speaker

Bose SoundLink Color II Speaker 1枚目

Pengaturan lebih mudah berkat Bose Connect

8

Fingertime

Speaker Bluetooth Wireless Bass Portable

Fingertime Speaker Bluetooth Wireless Bass Portable  1枚目

Desainnya unik, bisa dijadikan pajangan juga!

9

Zound

Marshall Emberton

Zound Marshall Emberton 1枚目

Nikmati musik seharian dengan durasi baterai terlama

10

House of Marley

No Bounds Sport

House of Marley No Bounds Sport 1枚目

Dibuat dari bahan daur ulang yang eco-friendly

Perincian produk
Close
No.1

ACOMESpeaker BluetoothA1

Mulai dari Rp99.000,00

Harga bersahabat dengan kualitas unggulan

Apabila Anda memiliki bujet yang terbatas, pilihlah produk yang satu ini! Meski harganya bersahabat, produk dari ACOME ini memiliki kualitas yang tidak kalah tanding dengan produk ternama.


Dengan kemampuan fast charging-nya, speaker portable ini dapat terisi penuh hanya dalam waktu sekitar dua jam. Ditambah lagi, produk ini juga mampu memutar musik favorit Anda dengan suara jernih dan tanpa delay. Menarik sekali, bukan?

No.2

Tawarkan dua belas pilihan warna yang menarik

Jika Anda sedang mencari speaker portable dengan banyak pilihan warna, produk dari JBL inilah jawabannya. Speaker Go 2 ini mempunyai dua belas pilihan warna, mulai dari warna cerah, gelap, hingga mencolok. Alhasil, Anda bisa lebih leluasa memilih warna speaker yang sesuai dengan selera. 


Selain itu, karena ukurannya cukup kecil, Anda pun bisa mudah memasukkannya ke dalam saku. Produk ini juga aman dibawa ke kolam renang atau pantai karena tahan terhadap air. 

No.3

AdvanceSpeaker PortableS-50

Mulai dari Rp300.000,00

Portable speaker dengan mic yang cocok untuk karaoke

Maksimalkan hobi karaoke Anda dengan memilih speaker portable ini. Advance S-50 sudah dilengkapi dengan microphone yang dapat Anda pakai langsung. Selain itu, di bagian atas speaker terdapat handle yang bisa dijadikan sebagai stand holder untuk gadget Anda. 


Dengan demikian, Anda pun bisa bernyanyi dan melihat lirik lagu melalui gadget dengan nyaman. Nah, agar family time makin seru, jangan lupa siapkan speaker ini untuk karaoke bersama keluarga, ya!

No.4

LogitechMobile Wireless SpeakerX50

Mulai dari Rp390.000,00

Si mini yang mampu bersuara nyaring

Dengarkan musik kapan pun dan di mana pun dengan mudah bersama speaker mini dari Logitech. Speaker ini memiliki ukuran compact dan ringan yang bisa Anda masukkan ke dalam kantung baju Anda. Selain warna hitam, speaker ini juga hadir dengan varian warna lain yang colorful dan eye-catching. 


Meski bentuknya kecil, suara yang dihasilkan cukuplah kencang. Konektivitasnya mendukung kebutuhan dasar, yaitu aux-in 3,5 mm dan Bluetooth. Dengan playtime hingga 5 jam, speaker ini cocok untuk penggunaan sehari-hari.

No.5

SONYXB13 EXTRA BASS™ Portable Wireless SpeakerSRS-XB13

Mulai dari Rp1.009.000,00

Kualitas audio untuk para audiophile

Brand yang satu ini pasti tak asing lagi bagi para penikmat audio berkualitas tinggi. SONY memang paling bisa menghadirkan inovasi dalam setiap perangkatnya. Kali ini, SONY menghadirkan EXTRA BASS™ yang mampu menghasilkan kualitas bass yang lebih deep, powerful, dan suara jernih.


Speaker ini juga menunjang aktivitas outdoor Anda dengan aksesori tali pengait dan proteksi IP67. Selain itu, berkat ukurannya yang super compact, Anda bisa mendengarkan musik berkualitas di mana saja!

No.6

Yamada Speaker Aktif 15" Boom Bass + 2 Mic Wireless YMD-1515

Mulai dari Rp1.600.000,00

Speaker portable 15 inci yang mudah didorong

Apabila Anda ingin memiliki speaker portable dengan ukuran yang lebih besar, jangan ragu untuk melirik produk ini, ya. Speaker keluaran Yamada ini memiliki roda dan handle. Jadi, meski ukurannya besar, produk ini mudah dipindahkan karena Anda hanya perlu mendorongnya saja. 


Tak hanya itu, karena dilengkapi dengan remote control, Anda pun bisa mengontrolnya dari jarak jauh. Produk ini juga cocok Anda pakai ketika ada acara keluarga, meeting, ataupun arisan. 

No.7

BoseSoundLink Color II Speaker

Mulai dari Rp2.899.000,00

Pengaturan lebih mudah berkat Bose Connect

Anda ingin mempunyai speaker portable dengan kemampuan cerdas yang dapat Anda atur sendiri? Pilih saja SoundLink Color II Speaker dari Bose. Produk ini mempunyai fitur yang dapat disambungkan dengan aplikasi Bose Connect. Aplikasi tersebut dapat diunduh dengan mudah ke smartphone Anda. 


Dengan mengunduhnya, Anda bisa leluasa mengatur timer dan volume, bahkan memeriksa baterai speaker. Menariknya lagi, untuk terhubung dengan Siri atau Google Assistant, Anda hanya perlu memencet tombol multifungsi di speaker. Speaker cerdas yang praktis, bukan?

No.8

FingertimeSpeaker Bluetooth Wireless Bass Portable HM11

Mulai dari Rp299.900,00

Desainnya unik, bisa dijadikan pajangan juga!

Fingertime menghadirkan speaker dengan tampilan yang antimainstream. Speaker ini memiliki bentuk layaknya radio bergaya retro. Sentuhan list warna keemasannya pun membuat tampilannya tampak lebih mewah. Jika ingin memiliki speaker dengan desain unik yang cocok dijadikan pajangan, produk ini patut Anda pertimbangkan. 


Selain tampilannya menarik, speaker ini juga didukung oleh Bluetooth 5.0 dengan kemampuan yang canggih, lho. Anda juga tak perlu takut jika speaker ini rusak karena produknya memiliki garansi 6 bulan!

No.9

ZoundMarshall Emberton

Mulai dari Rp3.299.000,00

Nikmati musik seharian dengan durasi baterai terlama

Produk yang satu ini diciptakan bagi Anda yang mencari speaker dengan baterai tahan lama. Durasi playtime yang ditawarkan Marshall Emberton ini mencapai 20 jam, lho! Dengan ekstra perlindungan tahan air IPX7, speaker ini siap Anda bawa pada saat pool party.


Desainnya ikonis dan khas seperti speaker Marshall lainnya. Fitur control buttons-nya bisa mengatur banyak hal dalam genggaman. Dengan Bluetooth versi terbaru, pemutaran musik Anda dijamin stabil.

No.10

House of MarleyNo Bounds SportEM-JA016-SB

Mulai dari Rp2.250.000,00

Dibuat dari bahan daur ulang yang eco-friendly

Untuk Anda pencinta aktivitas outdoor, speaker No Bounds Sport ini akan sangat cocok untuk Anda. Selain memiliki perlindungan dari air dan debu dengan IP67, tambahan aksesori carabiner-nya akan sangat berguna. 


Keunikan produk dari House of Marley ini terletak pada materialnya yang dibuat dari bahan daur ulang. Hal tersebut tentu cocok untuk Anda yang concern dengan isu sustainable living. Dari segi kualitas, Anda juga tak perlu ragu. Meski ukurannya compact, suara yang dihasilkan cukup powerful dan akan menghentak telinga Anda. 

Baca juga rekomendasi produk speaker lainnya di sini

Selain rekomendasi speaker portable, kami juga mempunyai ulasan mengenai varian speaker lainnya. Anda dapat menemukan speaker Bluetooth, speaker outdoor, dan Wi-Fi speaker. Klik link di bawah ini untuk rekomendasi produk terbaiknya!

Kesimpulan

Saat mencari sebuah speaker portable, Anda akan dibanjiri banyak pilihan merek dan spesifikasi. Speaker terbaik adalah speaker yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 


Pada artikel ini, kami telah memberikan berbagai tips dan sepuluh rekomendasi merek terbaik. Semoga artikel dari kami membantu Anda. Jangan lupa untuk selalu menggunakan referensi dari kami untuk menemukan produk-produk terbaik. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer