1. TOP
  2. >
  3. Fashion anak
  4. >
  5. Sepatu anak
  6. >
  7. 10 Merk Sepatu yang Bagus untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Sepatu yang Bagus untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Sepatu yang Bagus untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Sepatu yang Bagus untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Sepatu yang Bagus untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Sepatu yang Bagus untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Sepatu yang Bagus untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2023)

Memilih sepatu untuk anak tidak boleh sembarangan, apalagi anak laki-laki yang biasanya lebih aktif. Jika Anda salah memilih sepatu, dikhawatirkan akan menghambat pertumbuhan kaki anak. Jangan memilih sepatu anak dari modelnya yang keren saja. Lalu, sepatu seperti apa yang terbaik untuk anak?


Kami akan memberikan tips memilih sepatu khusus untuk anak laki-laki di artikel ini. Kami juga akan mengulas produk sepatu anak laki-laki yang bagus rekomendasi kami. Merek-merek sepatu anak laki-laki terbaik, seperti Nike, Ardiles, Skechers, dan Tomkins, masuk dalam daftar rekomendasi kami. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Diperbaharui 08-26-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih sepatu untuk anak laki-laki

Ketika memilih sepatu anak, Anda harus memperhatikan fungsi, kenyamanan, serta ukuran yang tepat. Salah memilih sepatu dikhawatirkan akan membuat kaki anak terluka. Simak tips-tips berikut ini agar Anda tidak salah memilih produk, ya!

① Pilih sepatu berdasarkan modelnya

Sama seperti sepatu orang dewasa, model sepatu anak laki-laki yang dijual di pasaran juga beragam. Pilihlah sepatu yang sesuai dengan aktivitas anak. Berikut ini beberapa model sepatu anak beserta fungsi dan kelebihannya masing-masing.

Sneakers, fleksibel untuk berbagai aktivitas

Sneakers, fleksibel untuk berbagai aktivitas

Sneakers merupakan sepatu paling fleksibel untuk mendukung berbagai aktivitas anak. Sepatu ini adalah sepatu untuk bergaya kasual yang bisa dipakai sehari-hari. Sneakers cocok dipakai untuk berolahraga, traveling, jalan-jalan ke mal, bermain di luar rumah, sekolah, dan lainnya. 


Sneakers memberikan gaya sporty look yang keren pada penampilan si kecil. Sneakers anak yang dijual di pasaran menawarkan banyak variasi warna dan model. Pilihlah model sneakers yang sesuai untuk kegiatan anak. Misalnya, jika dipakai untuk sekolah, pilihlah sneakers berwarna gelap.

Slip-on, simpel dan mudah dikenakan

Slip-on, simpel dan mudah dikenakan

Slip-on adalah jenis sepatu yang tidak menggunakan tali. Sepatu ini praktis karena memudahkan anak untuk melepas dan memasang sepatu. Sepatu ini cocok dikenakan oleh anak Anda saat pergi ke tempat yang mengharuskannya melepas dan memasang sepatu sendirian.


Slip-on dirancang sangat sederhana dengan bobot yang ringan. Terdapat juga model sepatu slip-on yang menyerupai sneakers. Tipe ini cocok sekali untuk anak yang ingin bergaya casual sporty.

Loafers, cocok untuk acara formal dan kasual

Loafers, cocok untuk acara formal dan kasual

Jika ingin mengajak anak laki-laki Anda ke acara formal, Anda dapat memilihkannya sepatu jenis loafers. Desain sepatu ini hampir mirip dengan slip-on, tetapi loafers biasanya dibuat dari bahan kulit atau suede. Penampilan si kecil akan terlihat maskulin jika mengenakan sepatu ini.


Desain loafers juga beragam, ada yang kasual dan ada yang formal. Sesuaikanlah dengan acara yang akan dihadiri. Selain itu, sesuaikan warnanya dengan pakaian si kecil, ya.

Boots, pas untuk kegiatan outdoor

Boots, pas untuk kegiatan outdoor

Nah, jika Anda ingin mengajak si kecil untuk berkegiatan outdoor, seperti hiking atau berkemah, pilihlah sepatu boots. Sepatu dengan model tinggi yang menutupi mata kaki ini dirancang untuk melindungi kaki si kecil dari genangan air, bebatuan, dan lainnya. Tentunya Anda harus menyesuaikannya dengan bahan yang digunakan. 


Jika ingin menggunakannya untuk kegiatan outdoor, pilih boots dari bahan yang antiair. Kini banyak juga dijual sepatu boots yang dapat menunjang fashion  anak.

② Perhatikan bahan sepatu

Pemilihan bahan sepatu adalah poin penting untuk dipertimbangkan. Bahan yang dipilih akan memengaruhi kenyamanan anak Anda saat memakainya. Sebelum Anda memilih, ketahui dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan bahan sepatu berikut ini.

Kulit sintetis: Tahan air dan mudah dibersihkan

Kulit sintetis: Tahan air dan mudah dibersihkan

Sepatu dari kulit sintetis memiliki tampilan mengilat. Bahan kulit yang digunakan bukan kulit asli, melainkan kulit imitasi dari campuran bahan kimia. Sepatu dari kulit sintetis relatif lebih murah ketimbang kulit asli. Sepatu ini tahan air sehingga pas jika harus dikenakan oleh anak saat musim hujan. Membersihkan sepatu dari bahan ini juga mudah, cukup dilap dengan kain saja.


Dengan memberikannya sepatu ini, Anda juga dapat melatih si kecil membersihkan sepatunya sendiri. Akan tetapi, karena sifat bahannya menyimpan panas, sepatu kulit sintetis ini mungkin kurang nyaman dikenakan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga memeriksa ada tidaknya lubang ventilasi dari sepatu kulit sintetis pilihan Anda.

Mesh: Mempunyai sirkulasi udara yang baik

Mesh: Mempunyai sirkulasi udara yang baik

Ciri utama sepatu berbahan mesh adalah berlubang-lubang menyerupai jaring. Mesh sendiri merupakan bahan dari serat sintetis yang kemudian dirajut (knit). Lubang atau pori-pori tersebut merupakan ventilasi sehingga sirkulasi udara di dalam sepatu menjadi lebih baik. 


Meskipun berpori, sepatu ini mudah dibersihkan dengan sikat. Dengan demikian, sepatu ini bisa mencegah kaki anak Anda lembap dan terbebas dari bakteri penyebab bau. Sepatu dari bahan mesh sangat cocok dipakai berolahraga. Jadi, jika si kecil hobi berolahraga, pilih sepatu berbahan mesh.

Kanvas: Berbobot ringan dan awet

Kanvas: Berbobot ringan dan awet

Sepatu dari bahan kanvas berbobot ringan serta awet. Karena ringan, sepatu berbahan kanvas tak akan menghambat pergerakan si kecil ketika beraktivitas. Ciri-ciri sepatu berbahan kanvas terlihat dari permukaannya yang berserat. Sepatu anak dari kanvas biasanya memiliki desain yang simpel sehingga mudah dipadankan dengan berbagai outfit.


Namun, sepatu dari kanvas tidak cocok digunakan di tempat yang basah atau pada saat musim hujan. Hal ini karena kanvas memiliki daya serap air yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kaki anak Anda lembap dan berbau. 

③ Cek bahan sol sepatu yang digunakan

Cek bahan sol sepatu yang digunakan

Ada banyak bahan yang digunakan untuk sol sepatu di antaranya adalah karet (rubber) atau phylon. Berikut penjelasan singkatnya untuk Anda.


  • Sol karet

Sol karet memiliki kelebihan tahan air, awet, elastis, dan tidak mudah rusak. Namun, sol karet lebih berat dari phylon. Harga material sol karet yang cenderung murah juga membuat sepatu dengan sol karet memiliki harga lebih terjangkau.


  • Sol phylon

Phylon sering disebut dengan nama ethyl vinyl acetate (EVA). Sol phylon berbobot ringan yang membuatnya memiliki fleksibilitas tinggi. Sol phylon menawarkan bantalan yang berfungsi sebagai peredam kejut yang baik. Hal ini dapat mengurangi nyeri pada kaki anak, terutama jika si kecil sangat aktif bergerak. Sebaiknya Anda juga memilih sol sepatu yang dilengkapi fitur antiselip.

10 Rekomendasi sepatu yang bagus untuk anak laki-laki

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu yang bagus untuk anak laki-laki yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Homyped

Imagine 01

Homyped Imagine 01 1枚目

Sirkulasi udara di kaki baik untuk cuaca panas!

2

Tamagoo

Jack Series Sepatu Anak Boots (1-4 th)

Tamagoo Jack Series Sepatu Anak Boots (1-4 th)  1枚目

Ajak si kecil mengeksplorasi dunia luar dengan boots keren!

3

Syalu

Slip On Motif Beruang

Syalu Slip On Motif Beruang 1枚目

Slip-on antiselip untuk belajar berjalan

4

Ardiles

Kids Envato Sepatu Sneakers – Hitam Putih

Ardiles Kids Envato Sepatu Sneakers – Hitam Putih 1枚目

Tidak mudah lepas dengan fitur dual function

5

adidas

Running Shoes EQ21

adidas Running Shoes EQ21 1枚目

Dengan teknologi Bounce, kaki anak tidak gampang capek!

6

Tomkins

Grinch

Tomkins  Grinch 1枚目

Tali sepatunya dilengkapi pengunci, tak ada lagi tali terlepas

7

Converse

Kids Chuck Taylor All Star

Converse Kids Chuck Taylor All Star 1枚目

Sepatu model klasik yang paling banyak digemari

8

Mackandphil

Ryan Brown

Mackandphil Ryan Brown 1枚目

Yuk, tampil keren ke acara formal bersama ayah dan bunda!

9

Nike

Dynamo Free Younger Kids' Shoe

Nike Dynamo Free Younger Kids' Shoe 1枚目

Sepatu berdaya tahan tinggi untuk si kecil yang superaktif

10

Skechers

Nitro Sprint Boys Grade School Sneakers Shoes

Skechers Nitro Sprint Boys Grade School Sneakers Shoes 1枚目

Dilengkapi velcro tape, mudah untuk dipakai sendiri oleh anak

Perincian produk
Close
No.1

Sirkulasi udara di kaki baik untuk cuaca panas!

Kaki anak yang sedang aktif beraktivitas tentu lebih sering berkeringat. Untuk mengatasinya, Anda perlu sepatu dengan sirkulasi udara yang baik. Anda bisa membeli sepatu anak laki-laki dari Homyped satu ini! Kombinasi sirkulasi udara yang baik dengan bahan light mesh membuat anak Anda tetap nyaman beraktivitas di cuaca panas.


Modelnya pun cukup universal. Si kecil bisa menggunakannya untuk bersekolah, berolahraga, atau aktivitas santai lainnya. Segera cek marketplace kesayangan Anda!

No.2

TamagooJack Series Sepatu Anak Boots (1-4 th)

Mulai dari Rp250.000,00

Ajak si kecil mengeksplorasi dunia luar dengan boots keren!

Ada rencana mengajak si kecil pergi mengeksplorasi alam? Kami sarankan Anda untuk memakaikannya sepatu boots ini. Sepatu ini menggunakan kulit sintetis sebagai bahan utamanya. Dengan begitu, sepatu lebih tahan air dan mudah dibersihkan jika terkena lumpur atau debu. 


Bagian solnya memiliki fitur antiselip untuk mencegah si kecil terjatuh atau tergelincir di tanah. Selain itu, desainnya yang sangat keren membuat balita Anda tampak macho!

No.3

SyaluSlip On Motif BeruangE01

Mulai dari Rp80.000,00

Slip-on antiselip untuk belajar berjalan

Memilih sepatu untuk anak yang baru belajar berjalan memang harus selektif. Jika salah produk, anak Anda bisa jadi tidak nyaman dan terjatuh karena sol sepatu licin. Nah, produk satu ini sangat pas untuk anak yang sedang aktif-aktifnya belajar berjalan!


Slip ons yang direkomendasikan untuk anak usia 1–2 tahun ini terbuat dari bahan kanvas yang nyaman. Solnya pun terbuat dari bahan berkualitas yang tidak licin. Berikan sepatu terbaik untuk anak Anda, ya!

No.4

ArdilesKids Envato Sepatu Sneakers – Hitam Putih

Mulai dari Rp207.000,00

Tidak mudah lepas dengan fitur dual function

Sepatu yang cocok dipakai untuk sekolah ini dilengkapi fitur dual function. Fitur ini membuat sepatu anak Anda tidak mudah terlepas saat dikenakan. Selain tali yang kencang, sepatu ini dilengkapi velco strap yang merekat kuat.


Tampilannya pun akan terlihat lebih rapi dan kuat. Tali sepatu tertutup serta bisa menghindarkan kaki anak terjerat tali saat beraktivitas. Anda bisa membeli sepatu ini untuk menambah semangat si kecil dalam mengikuti sekolah yang sudah mulai tatap muka!

No.5

adidasRunning Shoes EQ21H01876

Mulai dari Rp900.000,00

Dengan teknologi Bounce, kaki anak tidak gampang capek!

Jika anak Anda termasuk aktif dan suka berlari-larian, sepatu dari adidas ini sangat pas! Teknologi Bounce pada midsole-nya menawarkan bantalan yang ringan dan fleksibel. Anak Anda pun makin leluasa berlari dan tidak mudah capek!


Menariknya, produk ini merupakan produk Primegreen, yakni menggunakan bahan daur ulang berperforma tinggi. Jadi, selain bisa merasakan manfaatnya Anda pun turut mendukung gerakan go green!

No.6

Tali sepatunya dilengkapi pengunci, tak ada lagi tali terlepas

Apakah Anda khawatir sepatu si kecil terlepas saat beraktivitas? Pilih saja sepatu dengan tali pengikat elastis yang bagian ujungnya dilengkapi dengan pengunci (lock lace) ini. Adanya lock lace membuat sepatu lebih kuat dan rapi. Jadi, tali terlepas saat berjalan atau berlari tidak akan terjadi lagi. Si kecil juga makin nyaman bergerak karena sepatu ini cukup ringan. 

No.7

ConverseKids Chuck Taylor All Star

Mulai dari Rp459.000,00

Sepatu model klasik yang paling banyak digemari

Selain keren untuk dipakai orang dewasa, sepatu Converse Chuck Taylor All Star in juga cocok untuk anak-anak. Modelnya yang klasik tidak berubah dari masa ke masa. Memakai sepatu ini membuat penampilan anak laki-laki Anda sangat keren! Sepatu ini sangat pas untuk gaya kasual dan cocok dipadukan dengan atasan atau celana warna apa pun. Anda juga bisa memakai sepatu kembaran dengan si kecil, lho!

No.8

MackandphilRyan Brown

Mulai dari Rp219.900,00

Yuk, tampil keren ke acara formal bersama ayah dan bunda!

Ingin mengajak anak laki-laki Anda ke acara formal seperti pesta pernikahan? Coba pakaikan dia sepatu ini karena kami yakin penampilannya akan tampak rapi. Sepatu ini memiliki desain stylish dengan warna cokelat layaknya sepatu formal orang dewasa.


Lalu, siapa sangka loafers keren ini merupakan produk asli Indonesia! Meski begitu, bahan yang digunakan untuk produk ini diklaim berkualitas. Dengan harga terjangkau Anda sudah bisa mendapatkan sepatu keren satu ini!

No.9

NikeDynamo Free Younger Kids' Shoe

Mulai dari Rp499.000,00

Sepatu berdaya tahan tinggi untuk si kecil yang superaktif

Jika sepatu anak Anda sering rusak, cobalah ganti dengan sepatu ini. Kualitas dari sepatu Nike tentu tak perlu diragukan lagi. Upper produk ini menggunakan serat sintetis yang dipadukan dengan bahan karet yang membentuk gelombang. 


Perpaduan dua bahan tersebut membuat sepatu lebih stabil dan tahan lama. Sepatu ini juga makin kuat dan awet berkat adanya bahan karet di ujung sepatu. Pasalnya, ujung sepatu adalah bagian yang paling mudah rusak, apalagi jika anak sangat aktif bergerak.

No.10

SkechersNitro Sprint Boys Grade School Sneakers Shoes

Mulai dari Rp459.000,00

Dilengkapi velcro tape, mudah untuk dipakai sendiri oleh anak

Sepatu Skechers ini dilengkapi dengan perekat velcro. Perekat ini akan memudahkan anak Anda saat memegang dan memasang sepatu sendiri. Tidak perlu usaha terlalu keras karena velcro ini akan melekat erat dalam sekali perekatan. Selain itu, sepatu ini juga dilengkapi dengan insole yang empuk dan nyaman. Anda tidak perlu khawatir jika anak Anda banyak aktivitas selama di sekolah.

Memilih ukuran sepatu yang tepat untuk anak

Memilih ukuran sepatu yang tepat untuk anak

Memilih ukuran sepatu yang tepat untuk kaki anak Anda merupakan poin penting. Jika sepatu terlalu sempit, dikhawatirkan kaki anak akan terluka dan mengganggu pertumbuhannya. Sebaliknya, jika terlalu besar, sepatu tersebut dapat membuat anak jatuh tersandung. Anda bisa menyimak tips berikut untuk mengukur kaki anak dengan tepat.


  • Ukurlah kaki anak menggunakan meteran. Untuk hasil yang lebih akurat, pastikan Anda mengukur dari ujung jari terpanjang hingga tumit. Setelah mengetahui hasilnya, Anda bisa mencocokkan dengan tabel ukuran yang sudah disediakan penjual.

  • Gambar kaki anak di kertas kemudian ukur menggunakan penggaris. Dengan menggambar kaki anak terlebih dahulu, Anda bisa lebih mudah mengukurnya menggunakan penggaris.

  • Beri sedikit jarak untuk pertumbuhan kaki anak. Anda bisa memilih sepatu dengan ukuran setengah atau satu nomor lebih besar. Hal ini selain untuk memberi ruang bagi pertumbuhan kaki anak agar tidak sesak ketika memakai kaos kaki.

Biasanya, sepatu anak yang dijual mencantumkan ukuran dalam EU, US, atau UK. Tiap ukuran tersebut umumnya sudah disertai dengan dalam ukuran cm. Jadi, jangan khawatir salah pilih.

Baca juga rekomendasi produk sandal dan sepatu anak lainnya di sini

Selain sepatu untuk anak laki-laki, mungkin Anda juga sedang mencari sandal atau jenis sepatu lainnya untuk anak Anda. Untuk itu, kami sudah menyiapkan berbagai artikel sandal dan sepatu anak-anak yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Penasaran dengan produk rekomendasi dari kami? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel kami, apakah Anda telah menjatuhkan pilihan pada salah satu produk? Sepatu untuk anak haruslah sesuai dengan ukurannya. Kenyamanan sepatu juga perlu diperhatikan dengan menyesuaikan modelnya dan mengetahui bahan yang digunakan.


Memperhatikan bahan sol sepatu juga tidak boleh diabaikan agar anak Anda makin nyaman beraktivitas. Jangan lupa memilih sepatu sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda, ya. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer