• 10 Rekomendasi Blazer Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Blazer Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Blazer Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Blazer Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Blazer Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Blazer Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Blazer pria merupakan salah satu outwear yang dapat membuat penampilan pria terkesan lebih santai, tetapi tetap rapi. Banyak pria modern menampilkan gaya kasual yang dipadukan dengan blazer dalam kesehariannya. Banyaknya model blazer pria yang dijual mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat.


Kali ini, kami akan memberikan tips memilih blazer pria yang bagus agar penampilan Anda makin keren dan gaya. Kami juga akan mengulas produk blazer pria terbaik rekomendasi kami. Anda bisa memilih blazer dari merek Uniqlo, ZARA, atau Parayu. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 24 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih blazer untuk pria

Blazer lebih tipis dari jas dan memilih warna-warna yang beragam sehingga bisa digunakan untuk suasana santai. Nah, agar Anda makin mengenali blazer dan cara memilihnya yang pas, simak terus ulasan kami.

Sesuaikan jenis lapel dengan acara yang akan dihadiri

Lapel adalah lipatan kerah pada blazer yang menyambung hingga kancing. Terdapat tiga jenis lapel, yakni notch lapel, peak lapel, dan shawl lapel. Ketiga jenis lapel ini memiliki perbedaan masing-masing. Tiap jenis lapel memengaruhi penampilan yang ingin ditunjukkan. Sesuaikanlah jenis lapel dengan acara yang akan Anda hadiri.

Notch lapel, untuk tampilan gaya simpel dan kasual

Notch lapel, untuk tampilan gaya simpel dan kasual

Jika ingin berpenampilan simpel dan tetap rapi, blazer dengan kerah jenis ini sangat cocok dipilih. Anda bisa hangout bersama teman dengan memakai blazer ini. Jenis notch lapel banyak terdapat pada blazer kasual. Anda bisa dengan mudah membeli blazer jenis ini karena memang paling umum dijual


Jangan takut penampilan Anda jadi terlihat salah kostum karena blazer ini paling aman untuk dipilih. Hal ini karena notch lapel bisa digunakan untuk berbagai acara, baik acara semiformal maupun formal. Setidaknya milikilah beberapa blazer notch lapel untuk disesuaikan dengan berbagai acara.

Peak lapel, cocok untuk ke acara formal

Peak lapel, cocok untuk ke acara formal

Bagian yang membedakan jenis ini dengan notch lapel adalah bagian lapelnya yang lebih lebar dan menonjol. Blazer dengan peak lapel cocok digunakan untuk pergi ke acara-acara formal, seperti wedding, meeting dengan klien, dinner, dan lainnya.


Blazer dengan lapel ini juga membuat Anda terlihat fashionable. Jangan menggunakan blazer ini untuk berjalan-jalan bersama teman karena penampilan Anda akan terlihat aneh. Sayangnya, blazer dengan desain peak lapel ini masih jarang ditemukan di toko-toko online Indonesia

Shawl lapel, jenis lapel yang paling formal

Shawl lapel, jenis lapel yang paling formal

Seperti namanya, shawl lapel adalah jenis lapel seperti shawl atau selendang. Kerahnya berbentuk lurus memanjang tanpa lekukan dan tidak meruncing layaknya bentuk V seperti kedua jenis lapel lainnya. Blazer dengan lapel ini adalah blazer yang paling formal. 


Kebanyakan shawl lapel digunakan pada tuksedo mewah untuk acara yang eksklusif. Kerah ini biasanya dibuat dari satin yang mengilap dan berwarna sedikit kontras dengan tuksedo atau jasnya. 


Blazer dengan shawl lapel ini dinilai paling tidak fleksibel dikenakan. Model ini tidak cocok digunakan untuk kencan santai bersama pacar atau untuk pergi ke kantor. Namun, kini banyak desainer yang mengembangkan shawl lapel pada blazer dengan gaya yang lebih kasual.

Cek bahan yang digunakan

Blazer hadir dengan berbagai pilihan bahan, di antaranya adalah katun dan poliester. Kedua bahan ini adalah bahan yang paling banyak digunakan. Berikut ini penjelasan dari kami.

Katun, memiliki daya serap keringat yang baik

Katun, memiliki daya serap keringat yang baik

Blazer berbahan katun cocok dikenakan di Indonesia, terutama bila Anda cenderung mudah berkeringat. Katun memiliki karakter dapat menyerap keringat dengan baik. Blazer dari katun umumnya tidak terlalu tebal dan terasa adem ketika dikenakan. Dengan begitu, Anda tak akan merasa kegerahan meski dikenakan seharian.


Blazer dari katun juga dapat memberikan kesan kasual bagi pemakainya. Kenyamanan blazer dari katun sudah terbukti. Anda bisa memakai blazer dari katun untuk segala cuaca entah dingin atau panas. Namun, kekurangan bahan ini adalah mudah kusut.

Poliester, tidak mudah kusut

Poliester, tidak mudah kusut

Nah, blazer dari bahan yang satu ini memiliki kelebihan tidak mudah kusut. Anda pun dapat tampak rapi seharian tanpa perlu khawatir blazer akan kusut meski harus banyak bergerak. Hal ini karena kain poliester mempunyai karakter yang tebal dan elastis. 


Poliester memiliki kelebihan lain, antara lain awet, mudah dibersihkan, serta tahan terhadap bakteri dan jamur. Blazer dari bahan ini juga lebih murah dari katun dan sangat nyaman dikenakan. Namun, bahan ini memiliki kemampuan yang kurang baik dalam menyerap keringat.

Perhatikan jumlah kancing pada blazer

Perhatikan jumlah kancing pada blazer

Poin berikutnya adalah memperhatikan jumlah kancing pada blazer. Jumlah kancing pada blazer pria memengaruhi penampilan dan kenyamanan ketika dikenakan. Umumnya, blazer pria yang dijual di pasaran berjenis single-breasted blazer. Blazer ini terdiri dari satu baris kancing yang memiliki dua atau tiga kancing dalam satu baris.


  • Blazer dengan satu kancing merupakan tipe yang tergolong aman digunakan semua tipe tubuh pria. Modelnya yang simpel dapat menjadi pilihan bila Anda masih bingung menentukan blazer yang tepat.

  • Blazer dengan dua kancing merupakan model klasik yang tidak pernah ketinggalan zaman. Tipe ini akan membuat Anda tampak lebih tinggi karena memberikan efek memanjangkan tubuh Anda.

  • Jika Anda memiliki tubuh besar atau perut buncit, cobalah blazer berkancing tiga. Hal ini agar kekurangan tubuh pada bagian perut Anda dapat tersamarkan. Namun, pastikan Anda hanya mengancingkan satu atau dua kancing teratas blazer agar tidak terasa sesak. 

Pilihlah ukuran yang tepat

Pilihlah ukuran yang tepat

Agar gaya Anda makin maksimal saat mengenakan blazer, jangan sampai salah memilih ukuran.  Anda memang sebaiknya mencoba langsung ketika membeli blazer. Namun, jika Anda membeli secara online, kami sarankan untuk membaca deskripsi produk dengan saksama.


  • Blazer pria di pasaran dijual dengan ukuran S hingga XXL. Ukuran blazer yang ideal sebaiknya tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. Anda dapat memastikannya dengan mengancingkan blazer secara penuh saat mencobanya.

  • Blazer yang pas di tubuh akan terlihat jatuh tepat di bagian bahu. Saat blazer dipakai, bagian bahu sebaiknya tampak rata tanpa kerutan atau kelebihan kain.

  • Perhatikan juga bagian lengan blazer. Sebaiknya bagian ini memiliki beberapa cm ekstra di antara ketiak dan bagian bawah tempat memasukkan lengan. Pastikan lengan Anda terasa nyaman bila digerakkan saat menggunakan blazer.

  • Untuk bagian kerahnya, usahakan memilih blazer yang memiliki sedikit celah dari kemeja atau dalaman Anda.

  • Posisi kancing atas blazer harus berada tepat di atas pusar Anda, sekitar 3 cm dan tidak pernah di bawah. Penempatan kancing blazer yang tepat akan menampilkan siluet tubuh yang proporsional.

10 Rekomendasi blazer terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk blazer terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Parayu Jas Blazer Pria Formal Kancing Satu Slim Fit 1

Parayu

2
Brotherholic Premium Jas / Blazer Pria Slimfit Formal 1

Brotherholic

3
Carlos Moreno Blazer Casual Pria 1

Carlos Moreno

4
Medellin Blazer Jas Pria Premium 1

Medellin

5
Jobb Harvent T2 1

Jobb

6
Celcius CELCIUS x HUBBUB Blazer  1

Celcius

7
Andrew Smith Multi Pockets Blazer 1

Andrew Smith

8
Uniqlo MEN Blazer Comfort  1

Uniqlo

9
Hamlin  Woreq Jas Blazer Pria Pockets Two Tone Formal Casual 1

Hamlin

10
ZARA Blazer Comfort 1

ZARA

Nama produk

Jas Blazer Pria Formal Kancing Satu Slim Fit

Premium Jas / Blazer Pria Slimfit Formal

Blazer Casual Pria

Blazer Jas Pria Premium

Harvent T2

CELCIUS x HUBBUB Blazer

Multi Pockets Blazer

MEN Blazer Comfort

Woreq Jas Blazer Pria Pockets Two Tone Formal Casual

Blazer Comfort

Keunggulan

Produk lokal best seller dengan harga terjangkau

Desainnya kekinian dan cocok untuk menemani gaya casual

Cegah siku blazer robek dengan detail elbow patch

Tampil menawan ala Korea dengan blazer berbahan rajut

Warna cerahnya ceriakan hari Anda

Shawl lapel blazer untuk gaya kasual? Bisa!

Tampil maskulin dengan blazer warna hitam beraksen kantong

Bahannya ringan dan elastis, sangat nyaman dipakai

Kombinasi warnanya akan buat Anda jadi pusat perhatian

Model minimalis yang pas untuk pria modern

Harga mulai dariRp 175.000,00Rp 400.000,00Rp 389.000,00Rp 763.400,00Rp 1.899.000,00Rp 675.000,00Rp 1.599.000,00Rp 899.000,00Rp 1.150.000,00Rp 1.099.900,00
Jenis lapelNotch lapelNotch lapelNotch lapelNotch lapelNotch lapelShawl lapelNotch lapelNotch lapelNotch lapelNotch lapel
Bahan High twistTidak ada keteranganKatunKnitting44,5% polyester, 20% viscose, 34% linen, 1,5% lycraTidak ada keteranganPoliesterPoliesterCotton stretchStretchy fabric
Jumlah kancing11222X3211
Ukuran S, M, L, XL, XXL, XXLS, M, L, XLS, M, L, XL, XXLM, L, XL, XXLXS, S, M, L, XL, XXLS, M, L, XLS, M, L, XLS, M, L, XLAll sizeS, M, L, XL
VarianHitam, abu-abu, navy, maroon, creamCharcoal, Misty Grey, Brown, BlackNavy, maroon, blue, greyCoklat, Navy, Abu, MaroonLight Khaki, Light BlueGrey, biruBlackNavyCream, BlackAbu-abu arang, biru, hitam, abu-abu
Tautan produk
10

ZARABlazer Comfort

Mulai dari Rp 1.099.900,00

Jenis lapelNotch lapel
Bahan Stretchy fabric
Jumlah kancing1
Ukuran S, M, L, XL
VarianAbu-abu arang, biru, hitam, abu-abu
9

Hamlin Woreq Jas Blazer Pria Pockets Two Tone Formal Casual

Mulai dari Rp 1.150.000,00

Jenis lapelNotch lapel
Bahan Cotton stretch
Jumlah kancing1
Ukuran All size
VarianCream, Black
8

UniqloMEN Blazer Comfort

Mulai dari Rp 899.000,00

Jenis lapelNotch lapel
Bahan Poliester
Jumlah kancing2
Ukuran S, M, L, XL
VarianNavy
7

Andrew SmithMulti Pockets Blazer

Mulai dari Rp 1.599.000,00

Jenis lapelNotch lapel
Bahan Poliester
Jumlah kancing3
Ukuran S, M, L, XL
VarianBlack
6
Jenis lapelShawl lapel
Bahan Tidak ada keterangan
Jumlah kancingX
Ukuran S, M, L, XL
VarianGrey, biru
5
Jenis lapelNotch lapel
Bahan 44,5% polyester, 20% viscose, 34% linen, 1,5% lycra
Jumlah kancing2
Ukuran XS, S, M, L, XL, XXL
VarianLight Khaki, Light Blue
4

MedellinBlazer Jas Pria Premium

10126

Mulai dari Rp 763.400,00

Jenis lapelNotch lapel
Bahan Knitting
Jumlah kancing2
Ukuran M, L, XL, XXL
VarianCoklat, Navy, Abu, Maroon
3

Carlos MorenoBlazer Casual Pria

Mulai dari Rp 389.000,00

Jenis lapelNotch lapel
Bahan Katun
Jumlah kancing2
Ukuran S, M, L, XL, XXL
VarianNavy, maroon, blue, grey
2

BrotherholicPremium Jas / Blazer Pria Slimfit Formal

Mulai dari Rp 400.000,00

Jenis lapelNotch lapel
Bahan Tidak ada keterangan
Jumlah kancing1
Ukuran S, M, L, XL
VarianCharcoal, Misty Grey, Brown, Black
1

ParayuJas Blazer Pria Formal Kancing Satu Slim Fit

Mulai dari Rp 175.000,00

Jenis lapelNotch lapel
Bahan High twist
Jumlah kancing1
Ukuran S, M, L, XL, XXL, XXL
VarianHitam, abu-abu, navy, maroon, cream

Pertanyaan umum seputar blazer pria

Pertanyaan umum seputar blazer pria

Kami telah mengulas cara memilih dan membagikan rekomendasi produk blazer terbaik untuk pria. Ada pula pertanyaan populer mengenai blazer, yaitu terkait panjang yang tepat. Simak jawabannya di bawah ini.

Seberapa panjang blazer yang tepat?

Saat berdiri, bagian bawah blazer harus berada 2,5–5 cm di atas bagian paha atas Anda. Bagian belakang blazer juga sebaiknya menutupi bagian belakang sepenuhnya. Karena itu, panjang blazer harus disesuaikan dengan tinggi tubuh. Pertimbangkan juga panjang lengan blazer. Usahakan memilih blazer yang dapat menampakkan sekitar 0,6 cm lengan kemeja.

Baca juga rekomendasi outer pria lainnya di sini

Selain blazer, masih banyak outer pria yang sebaiknya Anda lirik demi menunjang penampilan. Mulai dari jas, rompi, hingga outer batik dapat Anda pertimbangkan untuk membelinya. Supaya Anda makin mudah memilih, berikut ini kami berikan tautan artikel mengenai outer pria lainnya. Silakan Anda baca di sini!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menentukan ingin membeli produk yang mana? Masing-masing blazer pria yang kami rekomendasikan memiliki kelebihan dan daya tariknya tersendiri. Sesuaikanlah model lapel blazer dengan acara yang akan Anda hadiri. Kemudian, pilihlah bahan yang nyaman. 


Perhatikan juga jumlah kancing serta pilih ukuran yang tepat agar penampilan Anda makin menawan. Jadikan tips cara memilih dari kami di atas sebagai acuan ketika akan membeli blazer. Selamat berburu blazer, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Kemeja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kemeja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Kemeja atau hem berperan penting dalam menampilkan karakter dan menciptakan kesan pertama. Untuk itu, jangan sampai salah memilih motif ataupun merek kemeja. Sebagai informasi, kemeja pria hadir dalam berbagai model, tak terbatas untuk acara formal saja. Desainnya juga beragam, ada yang polos dan yang bermotif.Kemeja pria bermerek, seperti Levi's, Jobb, dan Alisan pun berlomba-lomba mengeluarkan produk kemeja sesuai tren terbaru. Nah, agar Anda mudah menentukan pilihan, mari simak tips memilih baju kemeja pria yang bagus berikut ini. Selamat membaca!
    Pakaian pria
  •  10 Merk Kaos Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaos Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    T-shirt atau yang dikenal juga dengan kaos oblong merupakan salah satu outfit favorit pria dalam urusan fashion. Berbeda dengan wanita, pria memang cenderung memilih pakaian yang simpel dan tidak ribet. Namun, di pasaran ada banyak sekali merek dan model kaos yang bisa dipilih.Untuk mempermudah Anda menemukan kaos pria yang bagus, kami akan memberikan tipsnya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa kaos branded keluaran Matsuda, Giordano, dan Zalmore. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Pakaian pria
  • 10 Merk Kaos Polo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaos Polo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika berbicara mengenai kaos polo, pasti Anda terpikir merk terkenal, seperti Erigo, Polo Ralph Lauren, dan sebagainya. Hingga saat ini, kaos polo masih menjadi andalan outfit sehari-hari karena memiliki desain yang simpel, tetapi keren. Kaos polo juga bisa digunakan dalam berbagai suasana, baik formal maupun santai.Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kaos polo terbaik dari berbagai merek. Kami juga akan menjelaskan cara memilih bahan kaos polo yang bagus untuk Anda. Temukan juga rekomendasi merk kaos polo terbaik di Indonesia dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Pakaian pria
  • 10 Merk Celana Chino Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Celana Chino Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Celana chino adalah celana yang bisa diandalkan untuk berbagai gaya dan suasana. Celana chino awalnya terbuat dari katun twill yang kemudian disebut “chino” dalam bahasa Spanyol. Saat ini celana chino menjadi celana favorit pria karena bahannya kuat dan lentur.Kami akan membahas cara memilih celana chino terbaik dan mengenalkan bahan celana chino yang bagus serta nyaman dipakai. Beberapa merek celana chino pria terbaik, seperti Erigo, Benhill, dan House of Cuff pun akan direkomendasikan. Mari temukan rekomendasi celana chino pria terbaru untuk Anda di sini!
    Pakaian pria
  • 10 Rekomendasi Kemeja Batik Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kemeja Batik Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kemeja batik adalah pakaian pria dengan corak khas Indonesia. Fashion item ini wajib dimiliki karena bisa digunakan untuk menghadiri undangan pernikahan, acara resmi, hingga pergi ke kantor. Selain itu, saat ini juga banyak kemeja batik modern yang cocok untuk dikenakan hangout dan acara kasual.Jika Anda sedang mencari kemeja batik, sebaiknya simak artikel ini hingga akhir. Kami akan membagikan tips memilih kemeja batik pria dengan bahan yang bagus dan sesuai untuk Anda. Simak juga rekomendasi beberapa merek baju batik pria mewah, seperti Batik Keris, Adikusuma, dan Hadinata Batik. Selamat membaca!
    Pakaian pria
  • 10 Merk Jaket Hoodie Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Jaket Hoodie Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Jaket hoodie, baik yang beritsleting maupun tidak beritsleting, adalah fashion item yang sebaiknya ada dalam koleksi busana pria. Ada banyak merek yang memproduksi hoodie dengan kualitas terbaik saat ini. Tiap-tiap hoodie tersebut memiliki desain variatif dan warna yang bagus untuk pria.Banyaknya brand yang memproduksi hoodie mungkin akan membingungkan Anda dalam menentukan pilihan. Untuk itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi merek hoodie pria yang bagus. Ada produk dari The North Face, W.Essentiels, 3Second, dan M231. Sebelum Anda melihat-lihat jaket hoodie di rekomendasi produk, simaklah pembahasan berikut ini terlebih dahulu!
    Pakaian pria
  • 10 Celana Merk Dickies Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Celana Merk Dickies Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Celana Dickies merupakan fashion yang banyak dipakai para pekerja industri sejak 1922. Merk asal Amerika ini digemari karena bahannya yang nyaman dan juga awet digunakan. Nah, jika Anda kurang menyukai jeans, celana Dickies akan menjadi alternatif yang tepat. Struktur jahitan celana ini akan memberikan hasil akhir yang menawan saat dipadukan dengan atasan.Celana Dickies memiliki banyak varian sehingga mungkin Anda bingung memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih celana Dickies dan merekomendasikan produk terbaiknya untuk Anda. Tipe terpopuler, seperti 874 dan WP801 juga ada dalam rekomendasi produk. Selamat membaca!
    Pakaian pria
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori