1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Baju Batik Kombinasi Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Baju Batik Kombinasi Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Baju Batik Kombinasi Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Baju Batik Kombinasi Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Baju Batik Kombinasi Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Baju Batik Kombinasi Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Baju Batik Kombinasi Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)

Batik adalah wastra kebanggaan Indonesia yang memiliki motif beragam. Dahulu, baju batik identik dengan gaya formal, kaku, dan terkesan old school. Kini, baju batik telah banyak dikombinasikan dengan beragam jenis kain sehingga tercipta baju batik kombinasi modern yang fashionable.

Kali ini kami akan membahas cara memilih baju batik kombinasi untuk wanita. Mulai dari baju batik kombinasi polos hingga baju batik kombinasi brokat. Tak lupa ada rekomendasi produk yang bagus dari merek ternama, seperti Aksa Batik, Nona Rara, dan lainnya. Yuk, baca artikelnya dan dapatkan baju batik kombinasi terbaik di sini.

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih baju batik kombinasi untuk wanita

Sebelum membahas rekomendasi baju batik kombinasi terbaik untuk wanita, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Anda bisa mempertimbangkan poin-poin berikut ini ketika sedang memilih. Simak baik-baik, ya!

① Pilih berdasarkan model baju yang Anda cari

Sama seperti baju pada umumnya, model baju batik kombinasi untuk wanita juga beragam. Nah, di artikel ini kami membaginya ke dalam tiga kategori, yaitu model dress, blouse, dan outer. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini!

Dress: Untuk Anda yang ingin tampil feminin

Dress: Untuk Anda yang ingin tampil feminin
Sumber: nonarara.com

Baju terusan atau one piece terbagi ke dalam beberapa jenis, misalnya kaftan, gamis, dan dress atau gaun. Kaftan merupakan model baju wanita yang mirip seperti jubah, tetapi bagian tangannya tampak longgar seperti sayap kelelawar. Model ini identik sebagai pakaian muslim. Sementara itu, gamis mirip seperti kaftan, tetapi desainnya tidak terlalu longgar.


Dress atau gaun merupakan baju terusan yang menonjolkan lekuk pinggang. Untuk Anda yang ingin tampil feminin, model baju seperti kaftan, gamis, dan dress adalah pilihan yang tepat. Model baju ini bisa dipadukan dengan beragam aksesori, seperti kalung, tas tangan, dan bros untuk menambah kesan elegan. Anda pun bisa memakainya untuk tampil di berbagai kegiatan, baik formal maupun informal.


Untuk menambah koleksi batik di lemari, Anda bisa juga mencari rekomendasi dress batik lainnya dari tautan di bawah ini. Yuk, baca juga dan dapatkan dress batik untuk mempercantik penampilan Anda.

Blouse: Bisa dipadukan dengan celana atau rok

Ada beragam bentuk blouse, mulai dari atasan lengan panjang, lengan pendek, hingga model tanpa lengan. Blouse ini bisa dipadukan dengan celana atau rok sesuai dengan preferensi Anda. Untuk kesan formal, pilih model blouse lengan panjang atau lengan 7/8. Sementara itu, blouse sleeveless (tanpa lengan) cocok untuk tampilan kasual. 


Blouse  wanita juga bisa ditambahkan berbagai aksesori untuk menampilkan kesan yang berbeda-beda tiap kali Anda memakainya. Dengan begitu, Anda bisa mencoba berbagai look untuk menemukan mana yang paling pas dan nyaman bagi Anda.

Outer: Lebih trendi dan stylish

Apabila Anda ingin memakai batik, tetapi tetap menampilkan kesan dinamis, pilihlah baju model outer. Adapun model outer batik kombinasi yang populer yaitu rompi, jaket, dan blazer. Anda bisa memadukannya dengan celana dan kaos polos agar outer tampak lebih menonjol.


Biasanya batik memberikan kesan yang formal dan old school. Namun, outer batik kombinasi justru memberikan kesan modern yang trendi dan stylish. Tak hanya untuk remaja, model baju ini juga cocok untuk dipakai oleh orang dewasa. Bahkan, saat ini telah tersedia outer batik kombinasi dengan corak-corak yang anti-mainstream.


Untuk itu, Anda perlu juga melirik beberapa rekomendasi outer batik pada tautan di bawah ini. Siapa tahu salah satu produknya sesuai dengan yang Anda cari. 

② Ketahui jenis kain batiknya

Berdasarkan proses pembuatannya, kain batik terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu batik tulis, batik cap, dan batik printing. Tiap-tiap jenis batik tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Untuk memudahkan Anda saat memilih, simaklah penjelasan berikut ini dengan saksama.

Batik tulis: Mewah dan berkelas

Batik tulis: Mewah dan berkelas

Batik tulis merupakan jenis batik yang motifnya digambar langsung oleh pembatik menggunakan alat yang disebut canting. Proses pembuatan batik tulis ini sangat rumit dan memakan waktu yang tidak sedikit. Sebelum menjadi kain batik yang indah, kain mori melewati proses nyoret, nglowongi, pewarnaan, dan nglorot. Proses itu terkadang perlu diulang-ulang untuk mendapatkan motif dan warna yang indah. 


Karena proses pembuatannya dilakukan manual, motif kain batik tulis yang satu dan lainnya tidak ada yang benar-benar sama persis. Meski dibuat memakai pewarna yang sama, hasilnya bisa berbeda tergantung tingkat kecerahan sinar matahari saat penjemuran. Dibandingkan jenis batik yang lain, batik tulis terlihat jauh lebih mewah dan berkelas. Jadi, tak heran harga batik tulis jauh lebih tinggi dibandingkan batik jenis lain. 

Batik cap: Elegan dan harganya lebih ekonomis

Batik cap: Elegan dan harganya lebih ekonomis

Jika Anda menginginkan batik orisinal dengan harga yang terjangkau, batik cap bisa jadi solusi tepat. Batik cap dibuat menggunakan stempel khusus yang sudah ada motif batiknya. Karena sama-sama dibuat menggunakan malam, batik ini juga memiliki aroma yang mirip seperti batik tulis. Namun, motifnya lebih sederhana dan cenderung monoton karena dicap secara berulang. 

Batik printing: Kaya motif dan warna

Batik printing: Kaya motif dan warna

Dibandingkan dua jenis batik sebelumnya, batik printing memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. Motifnya pun terlihat lebih rapi dan simetris. Jenis ini merupakan hasil terobosan para produsen untuk memproduksi batik dalam waktu yang lebih singkat dan ekonomis.


Batik printing dibuat menggunakan bantuan mesin dengan teknik printing atau sablon. Karena itu, jangan harap untuk mendapatkan orisinalitas dari jenis batik ini. Pasalnya, batik ini diproduksi secara massal dan banyak ditemukan di pasaran. Meskipun begitu, motif dan warna batik printing jauh lebih beragam dibandingkan batik tulis dan batik cap.

③ Pertimbangkan motif kombinasi modern untuk tampilan yang lebih kekinian

Pertimbangkan motif kombinasi modern untuk tampilan yang lebih kekinian
Sumber: nonarara.com

Batik adalah kain etnik yang kebanyakan memberi kesan old. Namun, saat ini motif batik makin berkembang. Kombinasi baju batik juga bermacam-macam. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan batik kombinasi modern untuk kesan fashion yang lebih kekinian. Misalnya, batik motif lampion, batik motif ondel-ondel, dan batik motif sepeda dapat membuat look lebih unik, tetapi tetap cantik.


Perpaduan beberapa motif batik dalam satu baju juga bisa memberi kesan fashion yang lebih berwarna. Selain itu, Anda juga bisa mencari batik yang dikombinasikan dengan kain etnik lainnya seperti kain lurik. Dengan begitu, Anda pun siap tampil lebih kekinian dengan baju batik kombinasi modern yang lebih kaya motif dan gaya.

10 Rekomendasi baju batik kombinasi terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baju batik kombinasi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sovinska

Atasan Batik WP 132

Sovinska Atasan Batik WP 132 1枚目

Model asimetris yang manis untuk berbagai acara

2

Aksa Batik

Laura Lionel Blouse Batik

Aksa Batik Laura Lionel Blouse Batik 1枚目

Kombinasi polos dengan aksen pita menyempurnakan tampilan kerja

3

Bathara Batik

Rosalind Blouse/4817B

Bathara Batik Rosalind Blouse/4817B 1枚目

Sentuhan modern yang pas dipakai jalan-jalan

4

Nayara

Blouse Batik Kalina MR

Nayara Blouse Batik Kalina MR 1枚目

Tampak elegan dengan blouse merah berlengan 7/8

5

Batik Universalku

Kimono Batik Cap Mermaid

Batik Universalku Kimono Batik Cap Mermaid 1枚目

Batik motif mermaid, unik lengkapi style feminin Anda

6

Nona Rara

Maggy-L Mgm Dobi T0747

Nona Rara Maggy-L Mgm Dobi T0747 1枚目

Kerah shanghai berwarna monokrom yang menawan untuk acara formal

7

Rianty Batik

Dress Batik Wanita Eksklusive Arasya

Rianty Batik Dress Batik Wanita Eksklusive Arasya 1枚目

Dengan kombinasi brokat, outfit terlihat eksklusif

8

Oralia

Blouse Rambutan Panjang

Oralia Blouse Rambutan Panjang 1枚目

Modis dan stylish dipakai wanita berbadan gemuk

9

La Karina

Blouse Baju Hamil & Menyusui Tiana G1612

La Karina Blouse Baju Hamil & Menyusui Tiana G1612 1枚目

Nyaman bergerak meski sedang hamil

10

Batik Kinanti

Dress Batik Mix Lurik

Batik Kinanti Dress Batik Mix Lurik 1枚目

Lurik dan batik, kombinasi etnik nan cantik

Perincian produk
Close
No.1

SovinskaAtasan Batik WP 132

Mulai dari Rp190.000,00

Model asimetris yang manis untuk berbagai acara

Batik kombinasi dari Sovinska ini bisa Anda pakai di berbagai kesempatan. Detail atasan ini memiliki leher bulat dengan kancing penutup di bagian belakang. Potongan asimetrisnya membuat gaya Anda tampak berbeda. Menariknya lagi, atasan ini tersedia dalam beragam pilihan warna.


Anda bisa memakainya saat hangout bersama teman-teman, nge-date dengan pacar, pergi ke kantor, dan lain-lain. Bahkan Anda juga bisa memadukannya dengan bawahan kain batik untuk dipakai saat wisuda, lamaran, hingga kondangan.

No.2

Aksa BatikLaura Lionel Blouse Batik

Mulai dari Rp549.000,00

Kombinasi polos dengan aksen pita menyempurnakan tampilan kerja

Batik asal Solo ini didominasi warna gelap dengan garis potong nan tegas. Kombinasi kain katun dan batik motif parangnya memperkuat kesan bold pada blouse ini. Di bagian sampingnya juga terdapat pita yang bisa mempermanis tampilan Anda. 


Jadi, bila Anda sedang mencari baju untuk dipakai saat akan memimpin meeting di kantor, blouse ini patutlah dilirik. Aura pemimpin wanita yang tegas, tetapi ramah akan terlihat saat Anda memakainya.

No.3

Bathara BatikRosalind Blouse/4817B4817B

Mulai dari Rp199.500,00

Sentuhan modern yang pas dipakai jalan-jalan

Pakailah blouse batik modern ini untuk melengkapi outfit kasual Anda. Blouse model kerah V dengan kombinasi batik kawung dan kain motif garis membuat Anda terlihat santai, tetapi tetap chic. Potongannya longgar sehingga dipakai hangout atau dipakai beraktivitas yang memerlukan mobilitas cepat pun terasa nyaman. Padukanlah dengan celana jeans dan sneakers, dijamin penampilan etnik Anda jadi lebih kekinian.

No.4

NayaraBlouse Batik Kalina MR

Mulai dari Rp360.000,00

Tampak elegan dengan blouse merah berlengan 7/8

Anda sedang mencari blouse batik lengan 7/8 untuk dipakai bekerja? Batik kombinasi dari Nayara ini bisa menjadi pilihan tepat. Potongannya formal sehingga bisa dipakai oleh karyawan kantoran, guru, ataupun dosen. 


Pada bagian lengannya terdapat belahan kecil. Jadi, meskipun panjangnya tanggung, Anda tetap bisa menekuk tangan dan beraktivitas dengan nyaman. Warna merah polos yang dikombinasikan dengan batik motif bunga dapat memancarkan kharisma Anda yang kuat dan bersemangat.

No.5

Batik UniversalkuKimono Batik Cap Mermaid

Mulai dari Rp195.000,00

Batik motif mermaid, unik lengkapi style feminin Anda

Yuk, lengkapi koleksi fashion feminin Anda dengan membeli outer ini. Motif batik mermaid-nya terlihat unik dan cantik dikombinasikan dengan motif parang. Dengan cetakan warna-warni pada motif batiknya membuat warna batik tidak terlalu monoton. 


Potongan outer ini cukup lebar sehingga pas untuk ukuran badan S hingga L. Jika Anda ingin siluet tubuh lebih terlihat, tambahkan saja belt di pinggang. Selanjutnya, padukan dengan celana pendek atau kulot. Anda pun siap jalan-jalan dengan outfit etnik, tetapi tetap imut.

No.6

Nona RaraMaggy-L Mgm Dobi T0747T0747

Mulai dari Rp370.000,00

Kerah shanghai berwarna monokrom yang menawan untuk acara formal

Blouse batik ini terlihat manis dengan kerah shanghai-nya. Kombinasi batik tulis motif mega mendung asal Cirebon dan batik cap asal Garut membuat batik ini tampak menarik. Warnanya pun monokrom sehingga mudah dipadu padankan dengan berbagai jenis bawahan.


Anda yang sering kebingungan memadukan batik dengan celana atau rok sepertinya akan menyukai produk ini. Tambahan lagi, setiap pembelian blouse, Anda akan mendapatkan masker motif mega mendung juga, lho!

No.7

Rianty BatikDress Batik Wanita Eksklusive Arasya

Mulai dari Rp699.000,00

Dengan kombinasi brokat, outfit terlihat eksklusif

Beberapa dari Anda mungkin sering merasa kebingungan saat memilih dress untuk menghadiri pesta. Untuk itu, kami merekomendasikan dress batik kombinasi ini. Batik motif merak berwarna biru dongkernya akan memberikan sentuhan klasik. 


Ditambah aksen lengan model kelelawar dengan kombinasi brokat makin menambah kesan eksklusif pada dress ini. Perpaduan unik tersebut sepertinya akan membuat Anda jadi pusat perhatian. Tambahan lagi, produk ini dibuat dengan bahan katun berkualitas supaya Anda tetap merasa nyaman memakainya sepanjang pesta.

No.8

OraliaBlouse Rambutan Panjang

Mulai dari Rp300.000,00

Modis dan stylish dipakai wanita berbadan gemuk

Kini, waktunya Anda yang berbadan gemuk untuk tampil berbeda. Blouse satu ini memiliki pilihan ukuran yang sangat beragam mulai dari L hingga 7L. Jadi, tidak perlu khawatir baju tidak cukup karena blouse cantik ini pasti pas untuk badan Anda. 


Alih-alih berwarna gelap, batik printing ini berwarna cerah sehingga membuktikan bahwa wanita berbadan gemuk pun cocok memakainya. Aksen lipit di bagian depan dapat memberi kesan lebih ramping. Dengan model lengan panjang, batik kombinasi mega mendung, parang, dan truntum ini juga bisa dipakai oleh Anda yang berhijab.

No.9

La KarinaBlouse Baju Hamil & Menyusui Tiana G1612G1612

Mulai dari Rp399.000,00

Nyaman bergerak meski sedang hamil

Perut Anda akan membesar saat sedang hamil. Karena itu, Anda membutuhkan baju yang tidak membuat tubuh merasa makin sesak, contohnya La Karina Tiana G1612. Produk ini merupakan baju hamil yang nyaman digunakan sehari-hari. 


Selain untuk hangout bersama teman-teman, baju ini juga cocok dipakai saat bekerja di kantor. Anda bisa mix and match blus ini dengan celana longgar berwarna putih, krem, atau warna-warna cerah lainnya. Di pihak lain, blus ini juga dilengkapi ritsleting untuk memudahkan para ibu saat menyusui, lho!

No.10

Batik KinantiDress Batik Mix Lurik

Mulai dari Rp129.700,00

Lurik dan batik, kombinasi etnik nan cantik

Terusan yang satu ini bisa memperkaya koleksi baju etnik Anda. Kombinasi batik jumputan dan luriknya terlihat sangat serasi. Potongan terusan model kaftannya juga pas di badan Anda dan bisa menyamarkan bentuk tubuh. Di pihak lain, motif lurik pada bagian lengan bisa membuat badan Anda terkesan semampai. Memakainya saat menghadiri pesta pasti akan membuat Anda tampak memesona.

Baca juga rekomendasi baju batik untuk wanita lainnya di sini

Bagi Anda yang ingin menambah koleksi baju batik, kami memiliki beberapa produk rekomendasi yang mungkin cocok untuk Anda. Silakan kunjungi tautan yang telah kami siapkan di bawah ini dan temukan baju batik yang Anda sukai. Good luck!

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih serta merekomendasikan baju batik kombinasi terbaik untuk wanita. Dengan memakai baju batik, keanggunan Anda sebagai wanita Indonesa pun akan makin terpancar. Baju batik kombinasi telah menghapuskan kesan kuno dan kaku. Jadi, Anda harus bangga menggunakan batik. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan membuat Anda lebih mencintai batik. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer