• 10 Beras Basmati yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Beras Basmati yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Beras Basmati yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Beras Basmati yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Beras Basmati yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Beras Basmati yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Penikmat masakan India pastinya sudah tidak asing dengan beras basmati yang sering disajikan dalam nasi beriani. Ciri khas beras yang berasal dari India ini adalah aromanya yang wangi, rasa sedikit pedas, dan ukurannya yang lebih panjang. Beras yang disebut juga beras Arab ini memiliki berbagai macam khasiat, misalnya mengontrol gula darah.


Penasaran ingin coba memasak beras basmati? Di artikel ini kami akan membantu Anda dalam memilih beras basmati yang bagus dengan harga bersahabat. Anda juga akan kami ajak untuk melihat beberapa rekomendasi merk beras basmati terkenal, seperti Doonmalai, Daawat, dan Abu Kass.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa itu beras basmati?

Apa itu beras basmati?

Beras basmati berasal dari India dan Pakistan lalu diimpor ke seluruh dunia, terutama Asia Tenggara dan Amerika Selatan. Basmati sendiri dalam bahasa Sanskerta berarti aroma atau wewangian.


Bagi negara yang menjadikan nasi sebagai salah satu makanan utamanya, seperti India, Pakistan, dan Indonesia, beras adalah produk yang sangat penting. Namun, beras putih tergolong sebagai makanan dengan indeks glikemik tinggi sehingga bisa menyebabkan obesitas, diabetes, hingga serangan jantung. Hal ini tentunya jadi masalah bagi negara-negara yang rutin menyantap nasi putih. 


Berbeda dengan beras putih biasa, beras basmati tergolong sebagai makanan dengan indeks glikemik rendah. Dengan indeks glikemik rendah, gula darah Anda jadi lebih terkontrol sehingga risiko terjadinya diabetes bisa diminimalkan. Berkat itu pula, beras ini kerap menjadi pilihan untuk diet.


Kandungan arsenik di dalam beras basmati juga lebih rendah dibandingkan beras putih biasa. Arsenik adalah logam berat yang dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, serta kanker. Selain itu, rasanya sedikit lebih pedas dibandingkan nasi putih biasa. Nah, tertarik untuk mencoba?

Cara memilih beras basmati

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih beras basmati, misalnya variannya, teknik pengemasannya, serta kemurnian berasnya. Simak penjelasan berikut ini untuk lebih lengkapnya.

Cari tahu perbedaan antara basmati coklat, sella, dan putih

Cari tahu perbedaan antara basmati coklat, sella, dan putih

Beras basmati yang dijual di pasaran dibedakan menjadi beras basmati putih, sella, dan cokelat. Beras basmati cokelat masih tergolong whole grain karena strukturnya masih lengkap, yakni kulitnya (husk), biji (germ), dan berasnya. Jenis beras whole grain dinilai lebih baik untuk mencegah terjadinya diabetes tipe II. Beras basmati cokelat memiliki kandungan kalori, karbohidrat, dan serat yang lebih tinggi.


Sementara itu, beras basmati putih adalah beras yang sudah tidak mengandung kulit dan biji. Ketika dimasak, beras basmati putih teksturnya menjadi lebih lengket, sedangkan beras basmati cokelat agak keras dan tidak lengket. Dari segi nutrisi, dalam satu cup (sekitar 163 gram) beras basmati putih mengandung 210 kalori, 46 gram karbohidrat, serta berbagai mikronutrien seperti folat, tiamina, dan selenium.


Selain beras basmati cokelat dan putih, ada juga beras basmati sella. Beras basmati sella adalah basmati cokelat atau wholegrain yang direbus hingga setengah matang. Setelah direbus, beras akan digiling hingga menjadi bulir beras. Warnanya lebih kecokelatan dan teksturnya tidak selengket beras basmati putih. Gizinya juga sedikit lebih baik dibandingkan beras basmati putih.

Perhatikan bentuk bulirnya, makin panjang makin baik

Perhatikan bentuk bulirnya, makin panjang makin baik

Berdasarkan ukurannya, beras dikategorikan menjadi short-grain, medium-grain, dan long-grain. Beras basmati tergolong ke dalam beras long-grain. Tak hanya itu, beras basmati bahkan bisa dibilang sebagai beras long-grain terbaik. Beras long-grain biasanya lebih keras dan kurang enak saat dimakan. Namun, beras basmati bisa menjadi lembut dan rasanya sangat lezat saat sudah dimasak.


Beras basmati yang berkualitas baik adalah yang ukurannya panjang dan tidak mudah patah. Basmati kualitas ekspor biasanya akan disortir lagi hingga jumlah beras yang patah hanya beberapa persen dari keseluruhan. Selain itu, bulir beras basmati agak meruncing di bagian kedua ujungnya, bukannya mendatar.


Jika Anda membeli secara online, mungkin agak sulit untuk memeriksa tingkat kepecahan berasnya. Akan tetapi, Anda bisa menanyakannya kepada penjual. Mungkin juga Anda bisa membeli beberapa varian beras basmati, lalu membandingkan produk mana yang kualitas berasnya lebih baik dari segi teksturnya.

Pilih produk yang dikemas dalam kemasan aslinya

Pilih produk yang dikemas dalam kemasan aslinya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beras basmati kebanyakan diimpor dari negara India. Sampai di Indonesia, banyak penjual yang mengemas ulang produknya dalam kemasan plastik 1 kg. Mungkin faktor harga dan permintaan pembeli menjadi alasan utamanya. Namun, hal ini bisa memengaruhi kualitas beras basmati yang Anda dapatkan.


Beras basmati yang berkualitas baik biasanya dikemas dalam kemasan kain, bukan plastik. Kemasannya pun khusus untuk membawa beras tipe long-grain sehingga tak heran terdapat label "khusus extra long-grain". Usahakan untuk membeli beras basmati dengan kemasan asli dari produsennya. 

Pastikan berasnya bebas dari pengotor, seperti kerikil atau gabah

Pastikan berasnya bebas dari pengotor, seperti kerikil atau gabah

Di semua jenis beras, tentu ada pengotor seperti kerikil atau gabah yang ikut ke dalam kemasan. Makin murni berasnya, tentu kualitasnya akan makin baik. Selain menambah berat, pengotor dalam beras akan membuat rasa beras jadi kurang mantap dan cukup mengganggu secara visual.


Beras basmati impor dari India tentunya sudah melalui proses penyortiran yang ketat sehingga jumlah pengotornya mungkin hampir tidak ada. Namun, usahakan untuk tetap mengecek dan memastikannya kepada penjual. Jika Anda membeli secara online, cek juga ulasan tokonya apakah ada komplain dari pembeli lain terkait kehigienisan dan kemurnian produknya. 

10 Rekomendasi beras basmati terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk beras basmati terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10

Marks & SpencerMicrowave Basmati Rice

Mulai dari Rp 64.000,00

Jenis beras Basmati putih
Berat bersih250 gram
9

LundbergOrganic California Brown Basmati Rice

Mulai dari Rp 172.000,00

Jenis beras Basmati cokelat
Berat bersih907 gram, 11,3 kg
8
Jenis beras Basmati cokelat
Berat bersih1 kg, 5 kg
7
Jenis beras Basmati sella
Berat bersih5 kg, 10 kg, 1 kg (kemas ulang)
6
Jenis beras Basmati putih
Berat bersih1 kg, 5 kg
5
Jenis beras Basmati sella
Berat bersih1 kg, 5 kg
4

Dua TaniPremium Gold Basmati Rice

Mulai dari Rp 94.900,00

Jenis beras Basmati sella
Berat bersih2 kg, 5 kg
3

Al MumtazzaBeras Basmati Plus Bumbu

Mulai dari Rp 44.000,00

Jenis beras Basmati sella
Berat bersih335 gram
2
Jenis beras Basmati sella
Berat bersih5 kg, 1 kg (produk kemas ulang)
1

Mega Guna ShariShukriya Beras Basmati India

Mulai dari Rp 45.000,00

Jenis beras Basmati sella
Berat bersih1 kg, 5 kg

Tabel perbandingan produk beras basmati terbaik

Gambar produk
1
Mega Guna Shari Shukriya Beras Basmati India 1

Mega Guna Shari

2
Abu Kass Beras Basmati Mazza 1

Abu Kass

3
Al Mumtazza Beras Basmati Plus Bumbu 1

Al Mumtazza

4
Dua Tani Premium Gold Basmati Rice 1

Dua Tani

5
DS Agri Food Doonmalai Sella Basmati Rice 1

DS Agri Food

6
Daawat Select Basmati Rice 1

Daawat

7
White Pearl Gold 1121 Sella Rice 1

White Pearl Gold

8
Daawat Quick Cooking Brown Basmati Rice 1

Daawat

9
Lundberg Organic California Brown Basmati Rice 1

Lundberg

10
Marks & Spencer Microwave Basmati Rice 1

Marks & Spencer

Nama produk

Shukriya Beras Basmati India

Beras Basmati Mazza

Beras Basmati Plus Bumbu

Premium Gold Basmati Rice

Doonmalai Sella Basmati Rice

Select Basmati Rice

1121 Sella Rice

Quick Cooking Brown Basmati Rice

Organic California Brown Basmati Rice

Microwave Basmati Rice

Keunggulan

Memiliki aroma khas tersendiri yang tidak menyengat

Teksturnya kuat, tak benyek saat dimasak

Makin praktis dengan tujuh pilihan bumbu masakan!

Kehigienisan terjaga berkat kemasan vakum

Tingkat kepecahan berasnya sangat rendah

Aromanya memikat, nutrisinya membuat tubuh sehat

Beras asal Pakistan dengan reputasi tepercaya

Matang dalam waktu 15 menit saja!

Basmati organik terjamin kesehatan dan rasanya

Penyajiannya mudah, matangnya cepat!

Harga mulai dariRp 45.000,00Rp 50.000,00Rp 44.000,00Rp 94.900,00Rp 45.000,00Rp 52.000,00Rp 41.000,00Rp 65.000,00Rp 172.000,00Rp 64.000,00
Jenis beras Basmati sellaBasmati sellaBasmati sellaBasmati sella Basmati sellaBasmati putihBasmati sellaBasmati cokelatBasmati cokelatBasmati putih
Berat bersih1 kg, 5 kg5 kg, 1 kg (produk kemas ulang)335 gram2 kg, 5 kg1 kg, 5 kg1 kg, 5 kg5 kg, 10 kg, 1 kg (kemas ulang)1 kg, 5 kg907 gram, 11,3 kg250 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi jenis beras lainnya di sini

Tak hanya beras basmati, kami juga sudah pernah mengulas berbagai jenis beras lainnya. Anda yang sedang menjalankan diet sehat mungkin bisa membaca artikel tentang beras merah atau beras shirataki. Simak ulasannya dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Beras basmati bisa dibilang varian terbaik dari beras. Beras ini memiliki wangi seperti pandan, rasa pedasnya nikmat, serta kandungan nutrisinya yang sangat baik. Untuk Anda yang sedang menjalani diet penurunan berat badan atau ingin lebih hidup sehat, beras basmati adalah pilihan yang tepat.


Apakah Anda sudah memiliki merek beras basmati favorit? Ingat selalu untuk memperhatikan kehigienisan kemasan beras, ya. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Saus Barbeque Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Saus Barbeque Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Pesta barbeque kerap menjadi pilihan saat kumpul keluarga maupun sahabat dekat. Sajian berupa daging dan olahan dengan pelengkap berupa sayuran ini memang menjadi favorit. Salah satu bahan yang tidak boleh ketinggalan agar sajian barbeque Anda makin enak adalah saus barbeque.Berbagai merek saus barbeque, misalnya Kraft, Remia, dan Del Monte memproduksi saus barbeque dengan keistimewaan rasa masing-masing. Kali ini, kami akan memberikan cara memilih dan merekomendasikan saus barbeque. Beragam saus barbeque terenak akan kami ulas, pilih saja sesuai selera Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saus tiram atau oyster sauce merupakan salah satu bahan pelengkap masakan yang terbuat dari tiram. Selain banyak digunakan pada Chinese food, saus serbaguna ini juga sering ditambahkan pada masakan Jepang dan western. Saat ini, telah banyak merek saus tiram di pasaran seperti Lee Kum Kee, Saori, dan Kikkoman.Nah, kami akan menjelaskan cara memilih saus tiram yang enak. Mulai dari saus tiram halal, vegan, hingga non-MSG. Kami juga akan membahas sepuluh rekomendasi saus tiram yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Dengan begitu, Anda tidak akan salah dalam membeli. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori