1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Mainan anak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Perosotan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Perosotan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Perosotan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Perosotan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Perosotan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Perosotan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Perosotan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Perosotan adalah mainan anak yang cocok untuk merangsang motorik kasar sejak dini. Perosotan anak tidak hanya ditempatkan di luar ruangan, tetapi juga bisa ditempatkan di dalam rumah. Materialnya pun beragam, ada plastik dan fiber. Tentunya, perosotan anak yang aman adalah pilihan utama bagi orang tua.


Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mendapatkan perosotan anak terbaik yang sesuai dengan usia anak-anak dan kebutuhan pemakaian. Selain itu, beberapa rekomendasi perosotan anak juga akan diulas, seperti dari Parklon dan L'abeille. Yuk, langsung saja dapatkan merek perosotan anak yang bagus di sini.

Diperbaharui 11-01-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih perosotan anak

Bagi anak-anak, semua perosotan adalah mainan yang menyenangkan. Namun, bagi orang tua, perosotan anak yang aman pastinya lebih utama. Berikut ini adalah cara memilih perosotan yang aman sekaligus menyenangkan untuk si kecil. Yuk, disimak!

① Pilih perosotan berdasarkan bahan yang digunakan

Perosotan anak diaplikasikan di tempat yang berbeda, tergantung bahannya. Karena itu, tentukan lebih dahulu area perosotannya, kemudian sesuaikan dengan materialnya.

Perosotan plastik, menceriakan suasana bermain di dalam rumah

Perosotan plastik, menceriakan suasana bermain di dalam rumah

Perosotan plastik cocok dimainkan di dalam ruangan karena penempatannya fleksibel dan tak perlu ditanam dengan baut. Umumnya perosotan tipe ini bisa dilipat menjadi lebih ringkas sehingga ukurannya lebih kecil dari perosotan fiber. Jadi, meskipun cuaca di luar sedang tidak mendukung, anak-anak tetap bisa bergembira bermain perosotan di dalam rumah.


Salah satu material yang umum digunakan untuk membuat perosotan plastik adalah linear low-density polyethylene atau LLDPE. Material ini merupakan plastik yang kuat, tetapi lunak dan lentur di saat yang sama. Dengan begitu, anak-anak akan terhindar dari cedera berat saat tidak sengaja membentur perosotan plastik.


Beberapa produk berbahan plastik masih bisa dipindahkan ke luar ruangan. Hanya saja Anda perlu menambahkan alas untuk perosotan supaya tidak cepat rusak dan mudah kotor. Sebagai contoh, perosotan plastik bisa Anda gabungkan dengan kolam plastik. Namun, pastikan bagian tangganya mendapatkan alas yang lembut agar tidak cepat rusak saat bergeser atau menerima beban.

Perosotan fiber, mainan favorit anak-anak di luar ruangan

Perosotan fiber, mainan favorit anak-anak di luar ruangan

Fiberglass merupakan material yang umum digunakan pada perosotan fiber. Karakter fiberglass yang kuat, tetapi lentur di saat bersamaan, membuatnya ideal sebagai mainan anak yang aman. Jika anak-anak terbentur saat bermain, kepadatan material ini tidak membahayakan si kecil.


Kualitas fiber bergantung pada komposisinya. Karena berupa serat kaca, fiberglass membutuhkan campuran bubuk resin untuk membuatnya lebih padat. Makin banyak bubuk resin yang ditambahkan, makin rendah pula kualitas fiber yang dihasilkan. Permukaan fiber jadi kurang halus sehingga berpotensi membahayakan anak.


Perosotan fiber yang bagus memiliki permukaan halus dan mengilat sehingga lebih lancar digunakan untuk meluncur. Karena merupakan tipe outdoor, perosotan fiber umumnya dilengkapi tangga dan pegangan dari besi. Hal ini bertujuan untuk menahan letak perosotan supaya tidak terpengaruh dengan cuaca di luar. Untuk memantapkan posisinya, Anda bisa menanamkan baut atau mengecor kaki-kakinya.

② Sesuaikan produk dengan umur anak

Sesuaikan produk dengan umur anak

Setiap perosotan anak memiliki ketinggian dan tingkat kelandaian yang berbeda-beda, tergantung kategori umurnya. Untuk balita, perosotan dibuat rendah dan sangat landai sebagai perkenalan untuk permainan ini. Sementara itu, perosotan untuk anak TK hingga usia SD dibuat lebih tinggi dan lebih menantang.


Perosotan yang tidak sesuai kategori umur bisa berbahaya untuk anak-anak. Balita belum siap untuk bermain di perosotan yang didesain untuk anak sekolah. Sebaliknya, anak sekolah tidak akan menemukan tantangan pada perosotan balita sehingga bisa cepat bosan. Jadi, sesuaikan kategori umur pada produk dengan anak-anak yang akan menggunakannya, ya.

③ Cek beban maksimal yang bisa ditampung perosotan

Cek beban maksimal yang bisa ditampung perosotan

Berat badan setiap anak pasti berbeda-beda. Meskipun kategori umurnya sudah sesuai dengan produk, bisa saja beban maksimalnya tidak memenuhi syarat. Hal ini perlu Anda pastikan, apalagi jika perosotan akan digunakan lebih dari satu anak.


Jika Anda membeli perosotan untuk anak balita, setidaknya produk tersebut harus mampu menopang berat hingga 35 kg. Dengan kemampuan tersebut, perosotan mampu menampung hingga dua anak sekaligus. Sementara itu, anak TK hingga SD umumnya suka mengantre di tangga perosotan. Anda dapat memilih perosotan yang mampu menampung berat minimal 50 kg.


Agar anak-anak lebih aman saat bermain bersama, berilah pengertian untuk bermain secara bergantian. Tentunya Anda juga perlu memberi pengertian kepada anak-anak soal ketahanan perosotan. Dengan begitu, si kecil akan terhindar dari cedera saat bermain perosotan bersama.

④ Pertimbangkan yang dilengkapi permainan lain agar anak makin senang

Sebuah perosotan bisa memiliki beberapa permainan sekaligus, dari dua hingga lima permainan. Misalnya, perosotan terhubung dengan ring basket, gawang, hingga ayunan yang sudah sepaket di dalam kemasannya. Selain itu, terdapat perosotan yang bisa dialihfungsikan. Alih-alih memberi permainan tambahan saat produk selesai dirakit, perosotan bisa dilipat untuk diubah menjadi permainan lain.


Dengan fungsi-fungsi tersebut, Anda bisa lebih hemat karena hanya perlu membeli satu produk untuk mendapatkan beberapa permainan. Memiliki perosotan sendiri di rumah saja sudah memanjakan anak-anak, apalagi kalau produknya menawarkan permainan selain perosotan. Pastinya si kecil juga akan makin bahagia dan tidak cepat bosan!

⑤ Perhatikan apakah produk memiliki flat plate agar anak makin aman

Flat plate atau plat datar berfungsi sebagai landasan saat anak-anak selesai meluncur di perosotan. Plat ini berbentuk datar dan terletak di ujung perosotan. Makin panjang flat plate pada suatu produk, tingkat keamanan yang didapatkan anak-anak saat mendarat pun lebih tinggi.


Bagian datar pada ujung perosotan ini akan menghambat laju anak-anak saat meluncur. Sebelum mencapai ujung, flat plate akan menurunkan kecepatan sehingga anak-anak mendapat pendaratan yang halus. Dengan adanya flat plate, anak akan terhindar dari risiko terjungkal.

⑥ Pilih yang bisa dilipat agar mudah dibereskan

Perosotan indoor umumnya dikemas dalam beberapa potongan yang harus dirakit sebelum bisa digunakan. Namun, tidak semua produk bertipe ini bisa dilipat menjadi lebih ringkas setelah selesai digunakan.


Perosotan yang bisa dilipat akan memudahkan Anda ketika membersihkan area bermain anak-anak. Selain mudah dibereskan, perosotan yang bisa dilipat juga lebih memungkinkan untuk dimasukkan ke dalam bagasi mobil dan dibawa bepergian. Fungsi ini memang tidak akan dijumpai pada tipe fiber. Jadi, tentukan dahulu fungsi yang Anda butuhkan sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu perosotan anak, ya.

10 Rekomendasi perosotan anak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk perosotan anak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

L'abeille

Luxury Dream House Slide Table Chair

L'abeille  Luxury Dream House Slide Table Chair 1枚目

Perosotan dengan rumah-rumahan impian anak-anak

2

Bebehome

Mainan Anak Perosotan Dolphin

Bebehome Mainan Anak Perosotan Dolphin 1枚目

Multifungsi! Bisa untuk menyimpan mainan juga!

3

Grow'n Up

Qwikfold Maxi Slide

Grow'n Up Qwikfold Maxi Slide 1枚目

Dengan efek air mancur, berenang di rumah serasa di water park!

4

Parklon

Elephant Slide

Parklon Elephant Slide 1枚目

Tingkat keamanannya tinggi dari tangga hingga ujung perosotan

5

L'abeille Indonesia

Whale Slide

L'abeille Indonesia Whale Slide 1枚目

Perosotan penuh warna yang bikin anak ceria

6

Happy Play Indonesia

Perosotan & Ayunan Anak

Happy Play Indonesia Perosotan & Ayunan Anak 1枚目

Banyak permainannya, anak makin betah di rumah, deh!

7

Hongzhuo

Perosotan Anak Karakter

Hongzhuo  Perosotan Anak Karakter 1枚目

Flat plate lebih panjang untuk pendaratan yang sempurna

8

Speeds

Perosotan Anak Karakter 2 in 1

Speeds Perosotan Anak Karakter 2 in 1 1枚目

Produk lokal! Kualitasnya oke, harganya pun oke

9

Very Variasi

Perosotan Fiber Premium Full Set 2 m

Very Variasi Perosotan Fiber Premium Full Set 2 m 1枚目

Menggunakan sistem knock-down, perosotan fiber yang fleksibel

10

Tritu

Perosotan Mainan Anak Motif Panda 3 In 1

Tritu Perosotan Mainan Anak Motif Panda 3 In 1 1枚目

Main perosotan bisa, main kuda-kudaan pun bisa!

Perincian produk
Close
No.1

L'abeille Luxury Dream House Slide Table ChairKC-811 TC + 512

Mulai dari Rp3.050.000,00

Perosotan dengan rumah-rumahan impian anak-anak

Kelebihan:
  • Mudah dipasang dan mudah dibersihkan
  • Sudah tersertifikasi SNI
  • Bisa dimainkan di dalam ataupun di luar ruangan

Kekurangan:

  • Setelah dipasang, sulit untuk dipindah-pindahkan karena ukurannya besar dan bobotnya berat

Anak-anak tidak akan selalu menikmati permainan yang membutuhkan banyak tenaga. Sesekali, mereka akan menikmati permainan yang membutuhkan imajinasi saja seperti bermain peran. Nah, produk ini bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Luxury Dream House dari L'abeille ID adalah perosotan anak yang dilengkapi rumah-rumahan.


Tidak hanya rumahnya saja, tetapi lengkap dengan meja dan kursi. Jadi, anak-anak bisa memainkan peran seperti di rumah. Tentunya, beberapa anak sekaligus bisa bermain dengan produk ini. Ada yang bisa meluncur di perosotannya, ada juga yang bisa bermain peran di rumah-rumahannya.

No.2

BebehomeMainan Anak Perosotan Dolphin

Mulai dari Rp1.000.000,00

Multifungsi! Bisa untuk menyimpan mainan juga!

Kelebihan:

  • Setiap sudut didesain rounded supaya tidak melukai anak
  • Pijakan kaki didesain bertekstur sehingga tidak licin

Kekurangan:

  • Panjang perosotan 1,8 meter sehingga membutuhkan space cukup besar

Perosotan satu ini bisa dibilang multifungsi. Selain bisa dijadikan seluncuran dan sisinya terdapat ring basket, area bagian bawah pijakan bisa dipakai untuk menyimpan mainan, lho! Area tersebut didesain seperti mobil. Ukurannya pun cukup luas sehingga anak-anak bisa menyimpan beberapa mainan berukuran besar, seperti boneka atau mobil-mobilan. Pilihan tepat untuk si kecil yang punya banyak mainan.

No.3

Grow'n UpQwikfold Maxi SlideGNU-2017

Mulai dari Rp1.359.900,00

Dengan efek air mancur, berenang di rumah serasa di water park!

Kelebihan:

  • Dapat dimainkan di luar ruangan dengan pancuran air
  • Terdapat tuas di bagian bawah papan seluncur untuk mengubah ukuran ketinggian perosotan

Kekurangan:

  • Perakitannya membutuhkan tenaga kuat supaya bisa terpasang kokoh

Selain cocok dimainkan di dalam ruangan, perosotan anak ini bisa menjadi permainan outdoor yang menyenangkan. Qwikfold Maxi Slide dilengkapi lubang selang yang akan memberikan efek air mancur. Anda tak perlu terus-menerus mengalirkan air sehingga perosotan ini bisa difungsikan menjadi water slide di kolam renang. Seru, kan?


Ketinggian produk Grow'n Up ini juga bisa diatur, lho. Saat si kecil masih dalam masa mempelajari cara meluncur, Anda bisa mengatur ketinggiannya ke yang paling rendah. Ketika sudah menguasai cara bermain, tentunya anak-anak membutuhkan tantangan baru. Anda bisa meningkatkan ketinggiannya sehingga anak-anak akan meluncur lebih cepat dibanding pengaturan sebelumnya.

No.4

ParklonElephant SlideFS-004

Mulai dari Rp1.999.000,00

Tingkat keamanannya tinggi dari tangga hingga ujung perosotan

Kelebihan:

  • Range penggunanya cukup luas, usia 1–10 tahun, sehingga perosotan dapat dimainkan dalam jangka panjang
  • Pijakan tangga didesain antiselip

Kekurangan:

  • Desain warna yang soft kurang memberi kesan ceria untuk anak-anak

Melihat produknya saja sudah memberikan rasa aman, ya. Perosotan anak ini dibuat bergelombang supaya anak-anak tidak meluncur terlalu cepat. Selain itu, desainnya cenderung memanjang ketimbang tinggi. Ketika mencapai ujung perosotan, terdapat flat plate panjang yang memastikan si kecil tidak langsung mendarat di lantai.


Permukaan anak tangganya juga memiliki tekstur antiselip agar anak-anak tidak akan mudah terpeleset saat melangkah di tangganya. Di kedua sisinya juga ada sekat supaya si kecil tidak jalur keluar. Jadi, Anda bisa mengizinkan anak-anak bermain di Elephant Fun Slide dari Parklon dengan tenang.

No.5

L'abeille IndonesiaWhale SlideKC1002

Mulai dari Rp575.000,00

Perosotan penuh warna yang bikin anak ceria

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan plastik yang tebal dan kuat
  • Sudah tersertifikasi SNI dan bebas BPA

Kekurangan:

  • Desain perosotan cukup tinggi (85,5 cm) sehingga perlu pengawasan khusus

Bila Anda membutuhkan perosotan yang didesain khusus untuk balita, pertimbangkan Whale Slide KC1002 dari L'abeille. Berbagai elemen dari perosotan ini memang menggoda bagi balita.


Pertama, warnanya menggunakan kombinasi beberapa warna sehingga makin menarik perhatian. Kedua, baut untuk menghubungkan berbagai komponennya menggunakan bentuk bunga dan hati yang lucu. Pastinya, si kecil akan cepat jatuh hati dengan perosotan ini!

No.6

Happy Play IndonesiaPerosotan & Ayunan AnakWM 19012

Mulai dari Rp1.869.900,00

Banyak permainannya, anak makin betah di rumah, deh!

Kelebihan:

  • Dilengkapi mainan ayunan, ring basket, dan gawang bola
  • Sudah tersertifikasi SNI

Kekurangan:

  • Setelah dipasang, sulit untuk dipindah-pindahkan
  • Membutuhkan space yang besar

Produk Happy Play Indonesia ini akan membahagiakan balita hingga anak-anak usia awal SD. Terdapat boneka yang bisa memainkan musik pada ayunannya sehingga balita akan betah duduk di atasnya. Bagi anak-anak yang gemar bermain basket atau sepak bola, perosotan ini dilengkapi ring dan gawang juga.


Dapat dikatakan perosotan ini adalah produk 5 in 1 dengan ragam permainannya. Namun, dengan dimensi 200 cm x 180 cm x 120 cm, sebaiknya Anda tentukan lebih dahulu letaknya, ya. Anda tetap perlu memberikan ruang lega di sekitarnya supaya anak-anak dapat bermain dengan nyaman.

No.7

Hongzhuo Perosotan Anak Karakter

Mulai dari Rp900.000,00

Flat plate lebih panjang untuk pendaratan yang sempurna

Kelebihan:

  • Flat plate didesain menempel dengan alas supaya pendaratan mulus dan lebih aman 
  • Papan seluncuran bisa dilipat jika menginginkan perosotan yang ringkas

Kekurangan:

  • Tinggi hanya 67 cm sehingga tidak bisa digunakan jika anak sudah tumbuh tinggi

Area flat plate dalam perosotan menjadi hal yang krusial untuk diperhatikan demi keselamatan anak dalam bermain. Ada beberapa mainan perosotan dengan flat plate tinggi sehingga hal ini bisa membahayakan anak saat mendarat dari seluncuran.


Untungnya, Hongzhuo mendesain area flat plate perosotannya lebih panjang dengan posisinya yang rendah, bahkan menempel dengan alas. Dengan demikian, pendaratan bisa lebih mulus dan tulang belakang anak lebih aman karena tidak terbentur. Cocok sekali untuk Anda yang ingin anak-anak tetap aman saat meluncur di perosotannya.

No.8

SpeedsPerosotan Anak Karakter 2 in 1LX001-1102

Mulai dari Rp359.000,00

Produk lokal! Kualitasnya oke, harganya pun oke

Kelebihan:

  • Sudah tersertifikasi SNI
  • Bahan tebal dan tidak mudah patah
  • Pijakan didesain antiselip dan dilengkapi pengunci sehingga aman dinaiki anak

Kekurangan:

  • Tangga pijakan kurang begitu lebar, tetapi dilengkapi pengunci

Perosotan lucu dengan bentuk kepala kuda dan panda ini tentu akan membuat anak-anak tertarik untuk menggunakannya. Selain mengantongi label SNI, material plastik yang digunakan juga kokoh dan tebal sehingga tidak mudah patah. Jadi, meskipun buatan lokal, kualitas produk ini oke.


Pijakannya memang tidak terlalu lebar, tetapi aman untuk anak-anak karena didesain antiselip. Kedua sisinya dilengkapi pengunci agar tak mudah bergeser. Jika si kecil bosan bermain perosotan, ia bisa bermain basket karena di sebelah sisinya ada ring. Jadi, apabila Anda mencari perosotan lokal dengan kualitas dan harga yang oke, produk ini jawabannya.

No.9

Very VariasiPerosotan Fiber Premium Full Set 2 m

Mulai dari Rp1.450.000,00

Menggunakan sistem knock-down, perosotan fiber yang fleksibel

Kelebihan:

  • Kokoh, bisa dimainkan bersama dengan orang tua
  • Ukuran besar sehingga akan lebih menantang untuk anak usia TK dan SD

Kekurangan:

  • Karena terbuat dari besi dan dihubungkan dengan baut, saat membongkar pasangnya membutuhkan waktu dan skill khusus
  • Menurut review customer, cat kurang rata

Meski menggunakan material fiberglass yang ditempel ke besi, letak perosotan ini bisa dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan. Bagian tangga dan pegangannya juga memakai sistem knock-down. Sistem ini memungkinkan Anda untuk membongkar dan memasangnya kembali apabila ingin memindahkan letaknya.


Namun, karena dimensinya cukup besar, 210 cm x 48 cm x 120 cm, perosotan fiber ini lebih pas dipasang di luar ruangan. Jika buah hati Anda memang lebih aktif bermain di luar ruangan, produk ini bisa jadi pilihan tepat.

No.10

TrituPerosotan Mainan Anak Motif Panda 3 In 1

Mulai dari Rp682.000,00

Main perosotan bisa, main kuda-kudaan pun bisa!

Kelebihan:

  • Ukurannya ringkas sehingga tidak membutuhkan space besar
  • Bisa dilipat dan dibentuk rocker atau kuda-kudaan
  • Bisa diberdirikan dan dibentuk tiang basket

Kekurangan:

  • Berukuran kecil (tinggi 45 cm) sehingga kurang awet lama digunakan hingga anak besar

Tritu 3 in 1 ini adalah perosotan yang bisa dialihfungsikan menjadi kuda-kudaan dan tiang basket. Cocok sekali untuk si kecil yang gampang bosan. Selain itu, setiap sudut mainan ini terkunci oleh baut dengan kuat sehingga aman dimainkan anak.


Anda juga bisa tenang mengizinkan si kecil bermain perosotan karena papan seluncurannya tidak menukik tajam. Hanya dengan ketinggian 45 cm, perosotan ini bisa membuat si kecil seru bermain.

Baca juga rekomendasi produk mainan anak lainnya di sini

Masih banyak produk yang bisa membahagiakan anak-anak selain perosotan. Dengan mainan yang sesuai, si kecil bisa mengembangkan diri dengan cara nan menyenangkan. Nah, Anda bisa mendukung tumbuh kembang si kecil dari mainan-mainan terbaik yang telah kami ulas berikut ini!

Kesimpulan

Menurut Anda, bagaimana penjelasan mengenai cara memilih perosotan anak terbaik dan rekomendasi produk yang kami berikan? Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai kebutuhan?


Perosotan anak yang tepat akan menyenangkan bagi si kecil dan tentunya memberi rasa aman bagi Anda. Tidak ada yang lebih membahagiakan selain melihat anak-anak bahagia. Yuk, ajak si kecil meluncur dengan perosotan anak yang terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer