• 10 Rekomendasi Perosotan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Perosotan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Perosotan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Perosotan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Perosotan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Perosotan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Perosotan adalah mainan anak-anak yang cocok untuk merangsang motorik kasar sejak dini. Tidak hanya di luar ruangan, perosotan anak juga bisa ditempatkan di dalam rumah, lho. Tentunya, perosotan anak yang aman adalah pilihan utama bagi orang tua.


Anda bisa memilih perosotan indoor atau perosotan fiber sesuai kebutuhan. Tergantung produknya, ada yang cocok dipakai balita, ada pula yang bisa dipakai anak TK hingga SD. Kami akan menjelaskan cara memilih perosotan anak terbaik dan mengulas produknya untuk Anda. Ada perosotan anak dari Grow'n Up, Parklon, dan lainnya. Silakan disimak!

  • Pembaharuan terakhir: 24 April 2022
Daftar isi

Cara memilih perosotan anak

Bagi anak-anak, semua perosotan adalah mainan yang menyenangkan. Namun, perosotan anak yang aman pastinya lebih utama bagi orang tua. Berikut ini adalah cara memilih perosotan yang aman sekaligus menyenangkan untuk si kecil. Yuk, disimak!

Pilihlah perosotan berdasarkan bahan yang digunakan

Tergantung bahannya, perosotan anak diaplikasikan di tempat yang berbeda. Tentukan lebih dahulu area perosotan nantinya untuk disesuaikan dengan bahan yang digunakan.

Perosotan plastik, menceriakan suasana bermain di dalam rumah

Perosotan plastik, menceriakan suasana bermain di dalam rumah

Perosotan plastik cocok dimainkan di dalam ruangan karena penempatannya fleksibel dan tidak perlu ditanam dengan baut. Umumnya, tipe ini bisa dilipat menjadi lebih ringkas sehingga ukurannya lebih kecil dari perosotan fiber. Meskipun cuaca di luar sedang tidak mendukung, anak-anak tetap bisa bergembira bermain perosotan di dalam rumah.


Salah satu material yang umum digunakan untuk membuat perosotan plastik adalah linear low-density polyethylene atau LLDPE. Material ini merupakan plastik yang kuat, tetapi lunak dan lentur di saat yang sama. Anak-anak akan terhindar dari cedera berat saat tidak sengaja membentur perosotan plastik.


Beberapa produk berbahan plastik masih bisa dipindahkan ke luar ruangan. Hanya saja, Anda perlu menambahkan alas untuk perosotan agar tidak cepat rusak dan mudah kotor. Sebagai contoh, perosotan plastik bisa Anda gabungkan dengan kolam plastik. Namun, pastikan bagian tangganya mendapatkan alas yang lembut agar tidak cepat rusak saat bergeser atau menerima beban.

Perosotan fiber, mainan favorit anak-anak di luar ruangan

Perosotan fiber, mainan favorit anak-anak di luar ruangan

Fiberglass merupakan material yang umum digunakan pada perosotan fiber. Karakternya yang kuat, tetapi lentur di saat bersamaan, membuatnya ideal sebagai mainan anak yang aman. Apabila anak-anak terbentur saat bermain pun, kepadatan material ini tidak membahayakan mereka.


Kualitas fiber bergantung pada komposisinya. Karena berupa serat kaca, fiberglass membutuhkan campuran untuk membuatnya lebih padat. Produsen biasanya menambahkan resin untuk memadatkan serat kaca. Sayangnya, resin membuat biaya produksinya naik karena harganya lumayan mahal.


Banyak pabrikan yang menambahkan bubuk pada resin untuk mengurangi biaya produksi. Makin banyak bubuk yang ditambahkan, makin rendah pula kualitas fiber yang dihasilkan. Terlalu banyak bubuk membuat permukaan fiber kurang halus dan mudah cacat sehingga berpotensi membahayakan anak. 


Perosotan fiber yang bagus adalah yang permukaannya mengilat. Selain lebih kuat, perosotan fiber yang mengilat juga lebih lancar digunakan untuk meluncur. Tentunya, harga perosotan fiber sebanding dengan kualitasnya.


Karena merupakan tipe outdoor, perosotan fiber umumnya dilengkapi tangga dan pegangan dari besi. Material tersebut akan menahan letak perosotan agar tidak terpengaruh dengan cuaca di luar. Untuk memantapkan posisinya, Anda bisa menanamkan baut atau mengecor kaki-kakinya.

Sesuaikan produk dengan umur anak

Sesuaikan produk dengan umur anak

Setiap perosotan anak memiliki ketinggian dan tingkat kelandaian yang berbeda tergantung kategori umurnya. Untuk balita, perosotan dibuat rendah dan sangat landai sebagai perkenalan untuk permainan ini. Sementara itu, perosotan untuk anak TK hingga usia SD dibuat lebih tinggi dan lebih menantang.


Tentunya, perosotan yang tidak sesuai kategori umur bisa berbahaya untuk anak-anak. Balita belum akan siap untuk bermain di perosotan yang didesain untuk anak sekolah. Sebaliknya, anak sekolah tidak akan menemukan tantangan baru pada perosotan balita sehingga bisa cepat bosan. Jadi, sesuaikan kategori umur pada produk dengan anak-anak yang akan menggunakannya, ya.

Perhatikan beban maksimal yang bisa ditampung perosotan

Perhatikan beban maksimal yang bisa ditampung perosotan

Setiap anak memiliki berat badan yang berbeda-beda. Meskipun kategori umurnya sudah sesuai dengan produk, bisa saja beban maksimalnya tidak memenuhi syarat. Hal ini perlu Anda pastikan saat perosotan akan digunakan lebih dari satu anak. 


Jika Anda membeli perosotan untuk anak balita, setidaknya produk tersebut harus mampu menopang berat hingga 35 kg. Dengan kemampuan tersebut, perosotan mampu menampung hingga dua anak sekaligus. Sementara itu, anak TK hingga SD umumnya suka mengantre di tangga perosotan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih perosotan yang mampu menampung berat minimal 50 kg.


Agar anak-anak lebih aman saat bermain bersama, berilah pengertian untuk bermain secara bergantian. Tentunya, Anda juga perlu memberi pengertian pada anak-anak soal ketahanan perosotan. Dengan begitu, si kecil akan terhindar dari cedera saat bermain perosotan bersama.

Pertimbangkan yang dilengkapi permainan lain agar anak makin senang

Sebuah perosotan bisa memiliki beberapa permainan sekaligus, dari dua hingga lima permainan. Sebagai contoh, perosotan bisa terhubung dengan ring basket, gawang, hingga ayunan yang sudah sepaket di dalam kemasannya. 


Selain itu, terdapat perosotan yang bisa dialihfungsikan. Alih-alih memberi permainan tambahan saat produk selesai dirakit, perosotan bisa dilipat untuk diubah menjadi permainan lain. 


Dengan fungsi-fungsi tersebut, Anda bisa makin menghemat karena cukup membeli satu produk untuk beberapa permainan sekaligus. Memiliki perosotan sendiri di rumah saja sudah memanjakan anak-anak, apalagi kalau produknya menawarkan permainan selain perosotan. Pastinya, si kecil juga akan makin bahagia dan tidak cepat bosan!

Periksa apakah produk memiliki flat plate agar anak makin aman

Flat plate atau plat datar berfungsi sebagai landasan saat anak-anak selesai meluncur di perosotan. Plat ini berbentuk datar dan terletak di ujung perosotan. Makin panjang flat plate pada suatu produk, makin tinggi tingkat keamanan yang didapatkan anak-anak saat mendarat.


Bagian datar pada ujung perosotan ini akan menghambat laju anak-anak saat meluncur. Sebelum mencapai ujung, flat plate akan menurunkan kecepatan sehingga anak-anak mendapat pendaratan yang halus. Dengan adanya flat plate, anak akan terhindar dari risiko terjungkal.

Pilih yang bisa dilipat agar mudah dibereskan

Umumnya, perosotan indoor dikemas dalam beberapa potongan yang harus dirakit sebelum bisa digunakan. Namun, tidak semua produk bertipe ini bisa dilipat menjadi lebih ringkas setelah selesai digunakan.


Perosotan yang bisa dilipat akan memudahkan Anda saat akan membersihkan area bermain anak-anak. Selain mudah dibereskan, perosotan juga memungkinkan untuk dimasukkan ke dalam bagasi mobil dan dibawa bepergian.


Fungsi ini memang tidak akan dijumpai pada tipe fiber. Jadi, tentukan dulu fungsi yang Anda butuhkan sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu perosotan anak, ya.

10 Rekomendasi perosotan anak terbaik

Apa yang Anda cari dalam sebuah perosotan? Kelengkapan pengamannya, kekayaan fungsinya, atau keduanya? Pilih yang sesuai kebutuhan Anda dari sepuluh rekomendasi perosotan anak yang telah kami ulas berikut ini!

10

DwisuryaL'abeille ID - Whale Slide

KC1002

Mulai dari Rp 799.000,00

BahanPlastik
Kategori umur1–5 tahun
Beban maksimal50 kg
Flat plateAda
Bisa dilipatTidak
9

master fiberPerosotan Fiber Anak 1,5 M

Mulai dari Rp 2.200.000,00

BahanFiberglass
Kategori umurTidak tercantum
Beban maksimalTidak tercantum
Flat plateAda
Bisa dilipatTidak
8

Happy Play IndonesiaPerosotan Anak

WM19025

Mulai dari Rp 539.000,00

BahanPlastik (LLDPE)
Kategori umur1–6 tahun
Beban maksimal35 kg
Flat plateAda
Bisa dilipatYa
7
BahanPlastik
Kategori umurTidak tercantum
Beban maksimalTidak tercantum
Flat plateAda
Bisa dilipatYa
6

Grow'n UpQwikfold Maxi Slide

GNU-2017

Mulai dari Rp 1.799.000,00

BahanPlastik
Kategori umur2–6 tahun
Beban maksimal50 kg
Flat plateAda
Bisa dilipatYa
5

DwisuryaL'abeille ID - Luxury Dream House

KC-811 TC +512

Mulai dari Rp 3.199.000,00

BahanPlastik
Kategori umurTidak tercantum
Beban maksimal30 kg
Flat plateAda
Bisa dilipatTidak
4

Grow'n Up2-in-1 Slide to Rocker

GNU-2024

Mulai dari Rp 1.199.000,00

BahanPlastik
Kategori umur1,5–3 tahun
Beban maksimal23 kg
Flat plateAda
Bisa dilipatYa
3
BahanFiberglass
Kategori umurTidak tercantum
Beban maksimalTidak tercantum
Flat plateAda
Bisa dilipatTidak
2
BahanPlastik
Kategori umur1–10 tahun
Beban maksimalTidak tercantum
Flat plateAda
Bisa dilipatTidak
1

Happy Play IndonesiaPerosotan & Ayunan Anak

WM 19012

Mulai dari Rp 1.978.000,00

BahanPlastik (LLDPE)
Kategori umur1–8 tahun
Beban maksimal50 kg
Flat plateAda
Bisa dilipatTidak

Tabel perbandingan produk perosotan anak terbaik

Gambar produk
1
Happy Play Indonesia Perosotan & Ayunan Anak 1

Happy Play Indonesia

2
Parklon Elephant Fun Slide 1

Parklon

3
nma auto Perosotan Anak Fiber Gelombang 1

nma auto

4
Grow'n Up 2-in-1 Slide to Rocker 1

Grow'n Up

5
Dwisurya L'abeille ID - Luxury Dream House 1

Dwisurya

6
Grow'n Up Qwikfold Maxi Slide 1

Grow'n Up

7
Parklon Fun Slide 1

Parklon

8
Happy Play Indonesia Perosotan Anak 1

Happy Play Indonesia

9
master fiber Perosotan Fiber Anak 1,5 M 1

master fiber

10
Dwisurya L'abeille ID - Whale Slide 1

Dwisurya

Nama produk

Perosotan & Ayunan Anak

Elephant Fun Slide

Perosotan Anak Fiber Gelombang

2-in-1 Slide to Rocker

L'abeille ID - Luxury Dream House

Qwikfold Maxi Slide

Fun Slide

Perosotan Anak

Perosotan Fiber Anak 1,5 M

L'abeille ID - Whale Slide

Keunggulan

Banyak permainannya, bikin anak betah di rumah!

Tingkat keamanannya tinggi dari tangga hingga ujung perosotan

Menggunakan sistem knock-down, perosotan fiber yang fleksibel

Main perosotan bisa, kuda-kudaan pun bisa!

Perosotan dengan rumah-rumahan impian anak-anak

Dengan efek air mancur, berenang di rumah serasa di water park!

Lebih menarik dengan bentuk binatang yang lucu

Bisa dilipat, mudah dibawa bepergian!

Tidak mudah bergeser dengan empat pasang kaki yang kukuh

Perosotan penuh warna yang bikin anak ceria

Harga mulai dariRp 1.978.000,00Rp 1.200.000,00Rp 900.000,00Rp 1.199.000,00Rp 3.199.000,00Rp 1.799.000,00Rp 950.000,00Rp 539.000,00Rp 2.200.000,00Rp 799.000,00
BahanPlastik (LLDPE)PlastikFiberglassPlastikPlastikPlastikPlastikPlastik (LLDPE)FiberglassPlastik
Kategori umur1–8 tahun1–10 tahunTidak tercantum1,5–3 tahunTidak tercantum2–6 tahunTidak tercantum1–6 tahunTidak tercantum1–5 tahun
Beban maksimal50 kgTidak tercantumTidak tercantum23 kg30 kg50 kgTidak tercantum35 kgTidak tercantum50 kg
Flat plateAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda
Bisa dilipatTidakTidakTidakYaTidakYaYaYaTidakTidak
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk mainan anak lainnya di sini

Masih banyak produk yang bisa membahagiakan anak-anak selain perosotan. Dengan mainan yang sesuai, anak-anak bisa mengembangkan diri dengan cara yang menyenangkan. Nah, Anda bisa mendukung tumbuh kembang si kecil dari mainan-mainan terbaik yang telah kami ulas berikut ini!

Kesimpulan

Menurut Anda, bagaimana penjelasan cara memilih perosotan anak terbaik dan rekomendasinya dari kami? Sudah menemukan produk yang sesuai kebutuhan Anda? 


Perosotan anak yang tepat akan menyenangkan bagi si kecil dan tentunya memberi rasa aman bagi Anda. Tidak ada yang lebih membahagiakan selain melihat anak-anak bahagia. Yuk, ajak si kecil meluncur dengan perosotan anak yang terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2022)
    Usia satu tahun merupakan usia di mana anak memasuki usia emas atau golden age. Karena otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, orang tua dapat memberikan mainan untuk menunjang pertumbuhannya. Mainan tersebut bersifat mendidik dan ada juga yang ditujukan untuk belajar jalan.Agar Anda bisa menemukan mainan yang tepat, kami akan membagikan tips memilih mainan untuk anak usia satu tahun. Rekomendasi mainan anak usia satu tahun terbaik seperti merk Sugar Baby dan Fisher-Price juga akan kami ulas. Simak artikel ini untuk mendapatkan produk yang sesuai untuk anak Anda.
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Pada usia 2–3 tahun anak mengalami perkembangan yang pesat. Si kecil akan mulai banyak berbicara dan mengerjakan hal-hal sederhana sendiri. Periode usia ini sampai usia 5 tahun disebut sebagai golden age. Pada usia ini, terjadi perkembangan signifikan secara kepribadian dan kemampuan.Agar perkembangannya optimal, Anda perlu memberikan stimulasi berupa mainan edukasi yang sesuai bagi anak Anda. Kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi bagi anak usia 2–3 tahun. Ada pula rekomendasi mainan-mainan terbaik sebagai referensi. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Selamat menyimak!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 4, 5, 6 Tahun - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak hal menyenangkan yang dapat anak Anda lakukan sebelum memulai pendidikan di sekolah dasar. Salah satunya adalah memainkan mainan edukasi untuk menstimulasi perkembangan daya pikir dan kreativitas. Anak Anda bisa belajar mengenal huruf, angka, bentuk, mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, dan sebagainya.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 4, 5, 6 tahun. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk mainan yang sesuai bagi putra dan putri Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh praktisi terapi bermain kami, Grace Melia. Mari simak terus artikel ini!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    Memperkenalkan aktivitas berenang sejak dini dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk anak. Selain otak anak dapat berkembang dengan maksimal, anak dapat merasa bahagia dan meningkatkan rasa percaya dirinya. Pada awal memperkenalkan serunya berenang, Anda dapat memasang pelampung demi keselamatan anak Anda. Banyak jenis pelampung yang bisa Anda temukan, mulai dari neck ring, arm ring, hingga life vest! Merk-merknya pun beragam seperti Zoggs, Swimava, dan Intex. Karena itu, kami akan memperkenalkan cara memilih dan rekomendasi pelampung yang bagus sesuai dengan usia anak Anda. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mobil Remote Control Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya untuk bersenang-senang, mobil remote control dapat merangsang saraf motorik dan koordinasi otak anak, lho. Saat ini, sudah tersedia beragam produk di pasaran. Harga, fitur, hingga cara pengoperasiannya berbeda pada setiap produk. Modelnya pun bervariasi.Mobil remote control atau mobil RC tersedia dalam model mobil balap, sedan, hingga truk. Mobil RC offroad juga bisa dipilih untuk penggunaan outdoor. Kami akan merekomendasikan produk yang bagus dari beragam merk. Ada produk dari Cruzer, JJRC, Huina, dan lainnya. Semuanya sudah kami ulas untuk Anda. Namun, pahami cara memilihnya lebih dahulu, yuk!
    Mainan anak
  • 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Bayi membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar ataupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam memberikan stimulasi ini. Jenisnya pun ada bermacam-macam, seperti mainan berbentuk bola, play mat atau alas main, boneka, sampai balok susun.Dalam artikel ini, kami akan membahas mainan edukasi bayi dari berbagai merek, seperti Playgro, LEGO, dan Fisher-Price. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang bagus. Bidan Ony Christy juga menambahkan komentarnya, lho. Kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih. Selamat membaca!
    Mainan anak
  • 10 Rekomendasi Mainan Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Terbaik yang Terbuat dari Kayu (Terbaru Tahun 2022)
    Mainan kayu memiliki kesan yang hangat dan sederhana. Selain itu, mainan ini cenderung tahan lama dan aman dimainkan, bahkan oleh batita. Berbagai jenis mainan kayu yang ada, mulai dari set puzzle, balok susun, hingga mainan edukatif, mungkin akan membuat Anda bingung saat hendak membelinya untuk anak Anda.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih mainan berbahan kayu yang bagus. Selanjutnya, akan kami perkenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda berikan pada si kecil. Mulai dari balok edukasi, sampai marakas kayu, pastikan Anda memilih mainan yang akan menjadi favoritnya!
    Mainan anak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori