1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita
  6. >
  7. 10 Merk Cardigan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Cardigan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Cardigan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Cardigan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Cardigan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Cardigan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Cardigan Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)

Yuk, bikin isi lemari Anda makin lengkap dengan mengoleksi cardigan. Selain membuat tampilan makin modis, cardigan juga bisa memberikan kehangatan dan menyamarkan bentuk tubuh Anda, lho. Anda bisa memilih cardigan wanita Korea ataupun cardigan panjang berbahan brokat. Banyak pilihan yang bisa Anda pinang!


Namun, Anda tak boleh asal-asalan saat memilih, ya. Bacalah artikel ini sampai tuntas untuk menemukan produk yang bagus. Pelbagai merek ternama, seperti MKY Clothing, EMIKOAWA, dan Clouwny, kami ulas di sini. Tak ketinggalan tips memilih produk terbaik juga akan kami berikan. Selamat membaca!

Diperbaharui 08-26-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Pesona cardigan wanita

Pesona cardigan wanita
Sumber: clouwny.com

Cardigan merupakan fashion item yang mudah di-mix and match dengan berbagai gaya. Umumnya, cardigan dibuat dari bahan rajutan wol yang tebal dan hangat, layaknya sweater. Namun, sebetulnya kedua busana ini memiliki ciri khas yang berbeda. 


Rata-rata, sweater dipakai dengan cara dimasukkan lewat kepala. Sementara itu, cardigan memiliki detail kancing atau bukaan di bagian depan sehingga masuk ke dalam jenis outer. Cardigan sangat praktis dan cocok dipakai saat acara santai atau semiformal. Desain yang ditawarkannya pun lebih beragam, mulai dari kesan yang trendi hingga vintage.

Cara memilih cardigan untuk wanita

Sebelum menentukan pilihan, alangkah baiknya Anda membaca cara memilihnya terlebih dahulu. Ada empat poin penting yang perlu diperhatikan, mulai dari bahan, jenis, desain, hingga warna dan motifnya. Dengan memperhatikan poin-poin tersebut, Anda bukan hanya bisa mendapatkan cardigan yang bagus, tetapi juga sesuai dengan kebutuhan. Yuk, mulai!

① Pilih model cardigan yang Anda sukai

Di pasaran, ada empat model cardigan yang banyak diminati. Empat model tersebut tentu memiliki pesonanya masing-masing. Apakah itu? Simak penjelasan berikut ini, ya!

Cardigan pendek, nyaman dijadikan daily outfit

Cardigan pendek, nyaman dijadikan daily outfit
Sumber: clouwny.com

Jika Anda suka mengenakan outer untuk dipadukan dengan outfit sehari-hari, pakai saja cardigan pendek ini. Karena memiliki panjang hingga pinggang, cardigan pendek ini pun sangat nyaman dipakai untuk bergerak.


Anda bisa memilih cardigan pendek dengan pola rajut yang khas untuk mendapatkan classic look yang sempurna. Sementara itu, pilihlah cardigan pendek dengan tiga kombinasi warna untuk kesan lebih cheerful dan kekinian.

Cardigan panjang, mampu menyamarkan siluet tubuh Anda

Cardigan panjang, mampu menyamarkan siluet tubuh Anda
Sumber: emikoawa.com

Bentuk tubuh merupakan salah satu hal yang terkadang bikin wanita menjadi insecure. Ada yang tidak percaya diri dengan bentuk tubuh yang kurus, chubby, bahkan pendek. Namun, dengan menggunakan cardigan panjang, segala kekhawatiran Anda bisa teratasi. 


Kenapa begitu? Alasannya karena cardigan ini biasanya memiliki panjang lebih dari 70 cm sehingga dapat menyamarkan siluet tubuh Anda. Untuk membuat tubuh Anda terlihat lebih singset, Anda bisa memilih cardigan panjang dengan desain yang slim. Di sisi lain, pilihlah cardigan dengan motif vertikal untuk menciptakan kesan tubuh lebih tinggi.

Sleeveless, menonjolkan bagian lengan yang mulus

Sleeveless, menonjolkan bagian lengan yang mulus

Cardigan wanita model sleeveless ini mempunyai ciri khas tanpa lengan. Dengan demikian, bagian lengan Anda akan terekspos dan casual look pun lebih melekat. Akan tetapi, jika kurang percaya diri memperlihatkan bagian lengan, Anda bisa memadukannya dengan manset lengan panjang. 


Untuk gaya yang semiformal, padukan saja dengan blus atau kemeja. Jangan lupa untuk memakai dalaman berwarna kontras agar siluet cardigan tampak lebih menawan, ya!

Batwing, dapat menutupi lengan yang berisi

Nah, apabila Anda memiliki lengan yang berisi, cardigan wanita model batwing merupakan pilihan yang pas. Model ini rata-rata didesain dengan bagian lengan yang lebar dan longgar. Potongannya yang tidak ketat tentu akan sukses menutupi bentuk lengan Anda yang berisi. 


Beberapa cardigan model batwing juga ada yang memiliki tampilan seperti kimono. Terlebih lagi, cukup banyak seller yang menjual satu set dengan bawahan yang senada. Lebih praktis dan ekonomis, bukan? Karena memiliki lingkar dada yang cukup besar, penggemar cardigan jumbo atau oversized pun bisa menjadikannya sebagai pilihan.

② Kenali bahannya

Cardigan memang identik dengan bahan rajutan wol. Namun, seiring berkembangnya fashion, bahan yang digunakan untuk membuat cardigan pun lebih beragam. Untuk itu, Anda perlu mengenali bahannya terlebih dahulu. Jika Anda memilih bahan yang tepat, otomatis Anda pun bisa lebih nyaman memakainya.


  • Cotton

Cardigan berbahan cotton memiliki karakteristik yang lembut dan mudah menyerap keringat. Alhasil, saat cuaca sedang panas Anda akan tetap merasa adem dan tidak pengap ketika mengenakannya. 


  • Denim
Bahan ini memiliki karakteristik yang kuat dan tidak mudah sobek sehingga tergolong awet dipakai. Cardigan berbahan denim pun memiliki tampilan yang tak lekang oleh waktu. Jadi, Anda tak akan mati gaya saat mengenakannya.

  • Brokat

Berbeda dengan bahan cotton, cardigan berbahan brokat tidak akan mudah kusut. Selain itu, tampilannya pun tampak sophisticated sekaligus elegan saat dikenakan. Nah, agar tidak mudah rusak, sebaiknya Anda mencucinya manual menggunakan tangan, ya.

 

  • Knit
Selanjutnya, bahan yang dapat menghangatkan Anda ketika udara sedang dingin adalah knit atau rajut. Karakteristik dari bahan knit, yaitu tebal dan fleksibel sehingga lebih nyaman dan leluasa dipakai bergerak.


Jika Anda tertarik mengoleksi cardigan rajut wanita, periksa tautan di bawah ini, ya. Di artikel tersebut Anda akan menemukan cardigan rajut model crop, oversized, dan lainnya. Selamat berburu!

③ Pertimbangkan desain produknya

Desain dari cardigan juga patut untuk dipertimbangkan. Ada desain cardigan dengan kancing, hoodie, lengan panjang, lengan pendek, dan lainnya. Ketika Anda memilih desain cardigan yang sesuai dengan kebutuhan, pasti tampilan Anda pun jadi maksimal.


  • Cardigan tanpa kancing atau model loose memiliki tampilan yang begitu trendi dan bergaya

  • Jika memilih cardigan dengan detail kancingaksen yang lebih manis akan Anda dapatkan

  • Pilihlah cardigan yang dilengkapi hoodie untuk mendapatkan sporty look.

  • Cardigan berlengan panjang akan memberikan kesan lebih rapi.

  • Untuk gaya lebih santai dan trendi, cardigan lengan pendek cocok dipilih.

  • Cardigan dengan desain saku akan memudahkan Anda ketika membawa kunci kendaraan atau dompet.

④ Pilih warna dan motif yang bikin gaya lebih on point

Pemilihan warna dan corak dari cardigan mampu membuat penampilan Anda makin on point. Bagi Anda yang memiliki kulit sawo matang, pilihlah cardigan berwarna terang agar kulit tampak lebih cerah. Beberapa warna yang bisa Anda pilih adalah pink, kuning, hijau, burgundy, atau merah. 


Nah, pilihlah warna pastel, seperti baby pink, krem, atau lavender, jika Anda ingin mendapatkan look yang kalem. Selanjutnya, balutan motif floral akan membuat gaya Anda tampak makin feminin. Sementara itu, motif vertikal akan membuat tubuh Anda terlihat lebih jenjang. Namun, ketika Anda akan mengenakan cardigan bermotif, padukanlah dengan busana yang polos agar tidak terlihat ramai, ya.

10 Rekomendasi cardigan terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cardigan terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Vintage House

Cable Hoodie

Vintage House Cable Hoodie 1枚目

Terdapat detail hoodie yang bikin hangatnya maksimal

2

Ghanimi

Giolla Outer

Ghanimi Giolla Outer 1枚目

Ukurannya besar, motifnya pun kekinian!

3

MKY Clothing

Cable Button Knit Cardigan

MKY Clothing Cable Button Knit Cardigan  1枚目

Vintage style didapat berkat pattern yang khas

4

Bajubunda

Cardigan Denim Big Size Wanita

Bajubunda Cardigan Denim Big Size Wanita 1枚目

Cardigan jumbo berbahan denim untuk si chubby

5

NOA Everyday

KYORA Threetone Checked Cardigan - Three Tone

NOA Everyday KYORA Threetone Checked Cardigan - Three Tone 1枚目

Hadirkan kombinasi tiga warna bergaya eonni Korea

6

EMIKOAWA

Outer Brocade

EMIKOAWA Outer Brocade 1枚目

Outerwear brokat tampilkan gaya anggun dan luwes

7

Clouwny

Levon Long Outer

Clouwny Levon Long Outer 1枚目

Cardigan kerah lapel ciptakan preppy look yang menawan

8

MUSAMMA

Sinaya Long Cardi

MUSAMMA  Sinaya Long Cardi 1枚目

Cardigan panjang muslimah dengan detail full button

9

Rodeo

Quinza Outer Batik

Rodeo Quinza Outer Batik 1枚目

Corak batiknya tampilkan pesona khas Indonesia

10

ELLIPSES INC

Set Cardigan Tie Dye

ELLIPSES INC  Set Cardigan Tie Dye 1枚目

Bergaya trendi bersama tren tie-dye

Perincian produk
Close
No.1

Vintage HouseCable Hoodie

Mulai dari Rp205.000,00

Terdapat detail hoodie yang bikin hangatnya maksimal

Ketika berlibur ke pegunungan atau dataran tinggi, sempurnakanlah tampilan Anda dengan produk dari Vintage House ini. Dengan detail hoodie dan kancing di bagian depan, Anda akan terasa lebih hangat ketika memakainya. Dijamin, udara dingin tak akan mengganggu liburan Anda saat memakai cardigan wanita lengan panjang ini. Selamat menikmati pemandangan sekitar tanpa khawatir kedinginan, ya!

No.2

Ukurannya besar, motifnya pun kekinian!

Jika Anda mencari cardigan model batwing dengan banyak pilihan motif, produk yang satu ini bisa Anda lirik. Ghanimi merilis Giolla Outer dengan delapan pilihan motif yang kekinian. Anda bisa memilih mulai dari motif abstrak yang colorful hingga corak bernuansa monokrom. Karena size-nya cukup besar, cardigan lengan 3/4 ini pun pas dipakai untuk wanita gemuk.

No.3

MKY ClothingCable Button Knit Cardigan

Mulai dari Rp399.000,00

Vintage style didapat berkat pattern yang khas

Apakah Anda penyuka vintage style? Kalau begitu, tak usah ragu menjatuhkan pilihan Anda pada Cable Button Knit Cardigan dari MKY Clothing ini, ya! Pola rajut yang ada pada cardigan ini memiliki classic vintage look yang terlihat begitu sempurna. Desain lengan balon dan detail kancing berwarna kontras pun bikin tampilan Anda terlihat makin menawan.

No.4

BajubundaCardigan Denim Big Size Wanita

Mulai dari Rp199.000,00

Cardigan jumbo berbahan denim untuk si chubby

Pilihlah produk dari Bajubunda ini jika Anda mencari cardigan dengan size jumbo. Produk ini dibuat dari bahan denim yang memancarkan gaya timeless. Tak hanya itu, didesain dengan lengan 3/4, cardigan ini pun menghadirkan kesan santai yang kece abis. Kemudian, dua pilihan warna polosnya juga terlihat simpel sehingga mudah dipadukan dengan berbagai busana.

No.5

NOA EverydayKYORA Threetone Checked Cardigan - Three Tone880621334538

Mulai dari Rp379.900,00

Hadirkan kombinasi tiga warna bergaya eonni Korea

Anda pencinta Korean style wajib memasukkan cardigan dari NOA Everyday ini ke dalam koleksi favorit. Produk ini memiliki model lengan panjang bermotif kotak-kotak dengan detail tiga kancing berukuran besar di bagian depannya. Tak hanya itu, motif yang dihadirkan memiliki kombinasi tiga warna yang membuatnya tampak lebih unik dan menarik. Mau pakai bawahan celana atau rok, semuanya cocok!

No.6

EMIKOAWAOuter Brocade

Mulai dari Rp180.000,00

Outerwear brokat tampilkan gaya anggun dan luwes

Dengan bahan brokat yang digunakan, cardigan dari Emikoawa ini memiliki pesona yang begitu anggun ketika Anda kenakan. Produk ini sangat pas dipakai untuk menemani Anda saat pergi ke pesta atau kondangan, bukan? Kancing hiasan mutiaranya pun membuat look-nya tampak lebih classy.


Karena tampilannya semitransparan, cardigan ini bisa dipadukan dengan kaus atau blus lengan panjang bagi Anda yang menggunakan hijab. Tinggal kombinasikan dengan kerudung berwarna matching dan aurat pun dapat tertutupi dengan baik. Lengannya juga didesain wudu friendly, lho!

No.7

ClouwnyLevon Long Outer

Mulai dari Rp229.000,00

Cardigan kerah lapel ciptakan preppy look yang menawan

Lengkapi outfit ngantor Anda dengan produk dari Clouwny ini, yuk! Cardigan ini memiliki model lengan panjang dengan detail kerah lapel yang lebar. Ada tiga warna yang bisa Anda pilih, mulai dari warna kalem, gelap, hingga mencolok. Saat Anda memadukannya dengan kemeja atau bawahan kain, preppy look pun akan tercipta dengan sempurna.

No.8

MUSAMMA Sinaya Long Cardi

Mulai dari Rp262.000,00

Cardigan panjang muslimah dengan detail full button

Para hijaber yang ingin tampil modis saat memakai cardigan, mari rapatkan barisan untuk memilih produk ini. MUSAMMA mengeluarkan cardigan dengan panjang hingga mencapai mata kaki. Potongannya pun cukup longgar sehingga tak akan memperlihatkan lekuk tubuh Anda.


Menariknya lagi, karena didesain dengan full kancing, Anda pun bisa menjadikannya sebagai gamis cardigan. Kancingnya mau Anda buka atau dikancingkan semua, tinggal sesuaikan saja dengan style favorit.

No.9

RodeoQuinza Outer Batik

Mulai dari Rp369.900,00

Corak batiknya tampilkan pesona khas Indonesia

Solusi tepat bagi Anda yang menginginkan produk dengan corak khas Indonesia adalah produk keluaran Rodeo ini. Cardigan ini memiliki model tanpa lengan dengan balutan motif batik. Untuk look yang lebih santai, Anda bisa memadukannya dengan tank top. Sementara itu, coba padukan dengan manset atau kemeja panjang untuk mendapatkan semiformal look, ya!

No.10

ELLIPSES INC Set Cardigan Tie Dye

Mulai dari Rp200.000,00

Bergaya trendi bersama tren tie-dye

Tak dapat dimungkiri lagi, beberapa tahun belakangan ini eksistensi dari busana tie-dye sedang digemari oleh banyak orang. Nah, untuk Anda yang ingin mengikuti tren saat ini, produk dari ELLIPSES INC ini layak dipertimbangkan.


Cardigan kimono bercorak tie-dye ini terdiri dari atasan cardigan dan bawahan celana yang serasi. Dengan membeli satu set, tentu Anda pun tak perlu repot-repot mix and match lagi, kan?

Baca juga rekomendasi atasan wanita lainnya di sini

Yuk, lengkapi koleksi atasan wanita lainnya dengan mengintip beberapa artikel yang sudah kami kumpulkan di bawah ini! Anda bisa memilih berbagai produk terbaik, mulai dari kemeja, blazer, hingga tunik wanita. Tak lupa kami juga akan memberikan tips memilih produk yang tepat untuk Anda. Jadi, langsung klik tautan berikut, ya!

Kesimpulan

Bagaimana tips memilih serta rekomendasi cardigan terbaik untuk wanita dari kami? Sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan? Lebih suka cardigan panjang dengan motif yang full atau cardigan pendek berdesain simpel?


Setiap produk yang kami rekomendasikan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, agar Anda tidak salah pilih, jadikanlah poin penting di atas sebagai acuan saat memilih, ya. Selamat bergaya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer