• 10 Serum Rambut Terbaik untuk Rambut Rontok - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)  1
  • 10 Serum Rambut Terbaik untuk Rambut Rontok - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)  2
  • 10 Serum Rambut Terbaik untuk Rambut Rontok - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)  3
  • 10 Serum Rambut Terbaik untuk Rambut Rontok - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)  4
  • 10 Serum Rambut Terbaik untuk Rambut Rontok - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)  5

10 Serum Rambut Terbaik untuk Rambut Rontok - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Rambut rontok menjadi masalah yang menghantui banyak kalangan. Untuk mengatasinya, produk seperti tonik dan serum rambut (hair serum) perlu dipakai. Untungnya, serum rambut rontok sangat mudah ditemukan di pasaran.


Anda bisa mempertimbangkan serum rambut rontok yang bagus dari merek populer, seperti Erha, Makarizo, dan L'Oréal. Agar Anda tak bingung, kami akan menyajikan rekomendasi dan review serum rambut rontok yang ampuh. Sebelumnya, tips memilih serum rambut rontok juga akan kami paparkan. Tak lupa, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Yuk, simak ulasannya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 10 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktik di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.

Dengan minat pada cosmeceuticals dan laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Apa itu serum rambut (hair serum)?

Apa itu serum rambut (hair serum)?

Seperti serum wajah, serum rambut (hair serum) adalah produk berbahan cair yang mengandung bahan aktif untuk merawat rambut. Tergantung pada bahannya, serum rambut memiliki manfaat seperti mengurangi kerontokan, mengatasi rambut kering, bahkan meningkatkan kilau alami rambut.


Tak dimungkiri lagi bahwa rambut rontok menjadi masalah yang mengganggu banyak orang. Untuk itu, banyak serum rambut memiliki klaim untuk mengatasi kerontokan. Serum rambut rontok menjagokan zat yang dapat mengurangi kerontokan. Serum spesifik ini biasanya juga diklaim dapat merangsang pertumbuhan rambut.


Namun, seperti produk perawatan tubuh lainnya, serum rambut rontok bukanlah produk ajaib yang dapat mengatasi sepenuhnya masalah Anda. Jika kerontokan terjadi dengan sangat parah dan tidak merespons produk, Anda sebaiknya menemui dokter kulit. Dokter dapat mencari tahu akar permasalahan rambut Anda dan merancang penanganan yang tepat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum rambut untuk rambut rontok

Selanjutnya, kami akan berbagi cara memilih serum rambut untuk rambut rontok, mulai dari kandungannya hingga tipe produknya. Mari simak poin-poin cara memilih di bawah ini.

Periksa bahan kandungannya

Periksa bahan kandungannya

Salah satu pertimbangan utama dalam memilih serum untuk rambut rontok adalah kandungannya. Ada cukup banyak zat aktif yang dipakai dalam pembuatan produk serum. Berikut ini beberapa kandungan populer dalam serum rambut rontok beserta klaim manfaatnya:


  • Aminexil: Diklaim dapat melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala. Dengan begitu, pertumbuhan rambut dapat terangsang dan rambut rontok pun berkurang.
  • Kopexil: Bekerja pada akar rambut demi pertumbuhan rambut yang lebih sehat.
  • Stemoxydine: Turut membantu merangsang pertumbuhan rambut.
  • Capyxil: Dikatakan dapat mengurangi peradangan dan mengurangi kerontokan.

Selain bahan di atas, Anda juga bisa menemukan bahan-bahan alami. Ekstrak ginseng bisa ditemukan pada beberapa produk. Begitu pula dengan minyak kemiri dan argan yang memang sangat termasyhur bermanfaat untuk rambut.

Ginseng menjadi salah satu bahan alami yang menjadi primadona untuk rambut rontok. Anda pun bisa menemukannya pada produk tonik. Apakah Anda tertarik mencobanya? Cek dahulu rekomendasi tonik ginseng dari kami.

Sesuaikan juga dengan jenis rambut

Sesuaikan juga dengan jenis rambut

Layaknya kulit, rambut pun memiliki kondisi spesifik. Rambut bisa saja kering, normal, hingga berminyak. Jenis atau karakter rambut ini sebaiknya dijadikan pertimbangan saat memilih serum rambut. 


  • Untuk rambut kering, pilih produk yang mengandung bahan pelembap, seperti argan oil, soya oil, dan sunflower oil.
  • Untuk rambut berminyak, temukan serum yang tidak terlalu menghidrasi atau membuat lepek.

Sayangnya, tidak semua merek mencantumkan peruntukan tipe rambut yang cocok untuk produk serum rambut mereka. Jika ragu, Anda bisa menanyakan hal ini kepada penjual resmi produk idaman Anda.

Pilih jenis produk yang sesuai untuk Anda

Rata-rata serum rambut berbentuk cair, tetapi ada pula yang berbentuk aerosol dan dikemas dalam kemasan spray. Ketahui kelebihan dan kekurangan tiap-tiap tipe produk agar Anda lebih mudah menentukan produk idaman.

Jenis aerosol, pemakaiannya relatif praktis

Jenis aerosol, pemakaiannya relatif praktis

Apakah Anda sudah familier dengan jenis produk aerosol? Secara sederhana, produk berjenis aerosol merupakan partikel padat atau cair di dalam gas. Karenanya, produk hampir terasa seperti uap atau partikel cairan yang sangat halus saat digunakan.


Umumnya, aerosol dikemas dalam bentuk spray sehingga penggunaannya relatif praktis. Anda dapat langsung menyemprotkan serum di rambut tanpa harus diratakan dengan tangan. Selain itu, serum pun lebih mudah diserap oleh kulit kepala karena karakter partikel aerosol yang sangat halus. Sayangnya, serum rambut jenis aerosol ini masih jarang ditemukan di Indonesia.

Jenis cair, menjaga kesehatan rambut sambil relaksasi

Jenis cair, menjaga kesehatan rambut sambil relaksasi

Jenis produk serum rambut lainnya adalah cairan. Seperti serum wajah, pemakaian serum rambut jenis ini dilakukan dengan meneteskannya secara perlahan di atas rambut. Anda kemudian bisa melakukan pijat ringan pada kulit kepala. Ritual ini tentu memberikan sensasi yang nyaman.


Namun, beberapa produk tidak disarankan mengenai kulit kepala. Artinya, cairan hanya sebaiknya diaplikasikan pada batang rambut. Cara pemakaian ini biasanya dijelaskan pada laman produk atau kemasannya. Selalu cek dengan saksama aturan cara pakainya, ya.

10 Rekomendasi produk serum rambut terbaik untuk rambut rontok

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum rambut terbaik untuk rambut rontok yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 26 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Salsa Growth Hair Serum with Panax Ginseng memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Erhair Hairgrow Serum yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 5 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Gambar produk
1
Salsa Growth Hair Serum with Panax Ginseng 1

Salsa

2
Martha Tilaar RHC Hair Growth Serum  1

Martha Tilaar

3
Makarizo Vitaglitz Hair Serum Strength Booster 1

Makarizo

4
Erha Erhair Hairgrow Serum  1

Erha

5
L'Oréal Serioxyl Denser Hair Serum  1

L'Oréal

6
Matrix Biolage Advanced ScalpSync Aminexil 1

Matrix

7
Mama’s Choice Strengthening Hair Serum 1

Mama’s Choice

8
Oemah Herborist Miranda Hair Serum Vitamin Kukui Nut 1

Oemah Herborist

9
Kérastase Spécifique Cure Anti-Chute 1

Kérastase

10
Bless Bless Hair Serum 1

Bless

Nama produk

Growth Hair Serum with Panax Ginseng

RHC Hair Growth Serum

Vitaglitz Hair Serum Strength Booster

Erhair Hairgrow Serum

Serioxyl Denser Hair Serum

Biolage Advanced ScalpSync Aminexil

Strengthening Hair Serum

Miranda Hair Serum Vitamin Kukui Nut

Spécifique Cure Anti-Chute

Bless Hair Serum

Keunggulan

Praktis dipakai dengan bentuk spray

Kurangi rambut rontok dengan DHT blockers

Serum rambut murah dengan formula menggoda

Kuatkan akar rambut agar tak mudah rontok

Rambut tumbuh hingga 1.000 helai dalam 6 minggu

Menjagokan aminexil yang populer untuk menangani rambut rontok

Rambut tak rontok lagi saat hamil dan menyusui

Kombinasi minyak kemiri dan argan untuk rambut sehat

Mengurangi rambut rontok dan melindunginya dari radikal bebas

Ramah bagi rambut karena bebas alkohol dan pewangi

Harga mulai dariRp 19.900,00Rp 104.600,00Rp 13.200,00Rp 235.200,00Rp 542.900,00Rp 459.200,00Rp 109.000,00Rp 63.400,00Rp 1.464.000,00Rp 195.000,00
Kandungan unggulanEkstrak akar ginseng KoreaSophora root extract, tripeptide complex, dan hydrolized sericin Soya oil, sunflower oil, dan vitamin (A, C, dan E)Kopexil, ekstrak ginseng panax ginseng, gluconate, biotin, niacinamide, dan panthenolStemoxydine, resveratol, dan neohesperidinAminexil Ekstrak kemiri, kiwi, dan green peaMinyak kemiri dan minyak arganAminexil, rhamnose, complex AOX, dan lainnyaCapyxil, provitamin B5, dan allantoin
Jenis produk CairTidak disebutkanCairCairCair CairCairCairCairCair
Jumlah sediaan dan volume1 x 80 ml5 x 9 ml1 x 8 ml7 x 8 ml dan 28 x 8 ml1 x 90 ml 10 x 6 ml1 x 50 ml1 x 100 ml10 x 6 ml dan 42 x 6 ml1 x 50 ml
Tautan produk
10
Kandungan unggulanCapyxil, provitamin B5, dan allantoin
Jenis produk Cair
Jumlah sediaan dan volume1 x 50 ml
9

KérastaseSpécifique Cure Anti-Chute

Mulai dari Rp 1.464.000,00

Kandungan unggulanAminexil, rhamnose, complex AOX, dan lainnya
Jenis produk Cair
Jumlah sediaan dan volume10 x 6 ml dan 42 x 6 ml
8

Oemah HerboristMiranda Hair Serum Vitamin Kukui Nut

Mulai dari Rp 63.400,00

Kandungan unggulanMinyak kemiri dan minyak argan
Jenis produk Cair
Jumlah sediaan dan volume1 x 100 ml
7

Mama’s ChoiceStrengthening Hair Serum

Mulai dari Rp 109.000,00

Kandungan unggulanEkstrak kemiri, kiwi, dan green pea
Jenis produk Cair
Jumlah sediaan dan volume1 x 50 ml
6
Kandungan unggulanAminexil
Jenis produk Cair
Jumlah sediaan dan volume10 x 6 ml
5
Kandungan unggulanStemoxydine, resveratol, dan neohesperidin
Jenis produk Cair
Jumlah sediaan dan volume1 x 90 ml
4
Kandungan unggulanKopexil, ekstrak ginseng panax ginseng, gluconate, biotin, niacinamide, dan panthenol
Jenis produk Cair
Jumlah sediaan dan volume7 x 8 ml dan 28 x 8 ml
3

MakarizoVitaglitz Hair Serum Strength Booster

Mulai dari Rp 13.200,00

Kandungan unggulanSoya oil, sunflower oil, dan vitamin (A, C, dan E)
Jenis produk Cair
Jumlah sediaan dan volume1 x 8 ml
2

Martha TilaarRHC Hair Growth Serum

Mulai dari Rp 104.600,00

Kandungan unggulanSophora root extract, tripeptide complex, dan hydrolized sericin
Jenis produk Tidak disebutkan
Jumlah sediaan dan volume5 x 9 ml
1

SalsaGrowth Hair Serum with Panax Ginseng

Mulai dari Rp 19.900,00

Kandungan unggulanEkstrak akar ginseng Korea
Jenis produk Cair
Jumlah sediaan dan volume1 x 80 ml

Pertanyaan umum seputar rambut rontok

Pertanyaan umum seputar rambut rontok

Selain tips memilih dan rekomendasi produk, kami juga telah menyiapkan ulasan terkait pertanyaan umum seputar rambut rontok. Kalau Anda masih penasaran, silakan simak pembahasan di bawah ini.

Tips mengurangi kerontokan rambut?

Tips mengurangi kerontokan rambut: 

  1. Keramas dengan gentle dan gunakan sampo serta conditioner yang lembut di ujung rambut setelah keramas. Hindari blow dry. Biarkan rambut kering secara alami.

  2. Sementara waktu, hindari mewarnai, mengeriting, atau meluruskan rambut untuk mengurangi bahan kimia dan trauma pada rambut.

  3. Kurangi penggunaan alat catok pelurus rambut sebab panasnya dapat memperparah kerontokan.

  4. Bila terpaksa blow dry, gunakan setting suhu terendah.

  5. Hindari mengikat atau mengucir rambut terlalu ketat.

  6. Pilih sisir bergigi jarang dan sisir rambut dengan hati-hati.

  7. Hindari merokok

  8. Perbaiki pola makan serta penuhi kebutuhan protein, mineral, dan vitamin yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Mengapa rambut rontok?

Beberapa kondisi yang dapat berhubungan dengan kerontokan rambut, antara lain:

  1. Hormonal: Male pattern baldness dan female pattern hair loss
  2. Usia
  3. Autoimun seperti pitak (alopecia areata)
  4. Pengobatan seperti kemoterapi atau radiasi
  5. Setelah melahirkan, sakit, dan stress atau trauma lain dalam hidup
  6. Treatment rambut seperti mewarnai, mengeriting, atau meluruskan rambut
  7. Haistyle, misalnya mengikat atau mengucir rambut terlalu ketat
  8. Kelainan hormonal seperti PCOS dan thyroid
  9. Infeksi kulit kepala karena jamur
  10. Obat-obatan
  11. Penyakit kulit kepala seperti psoriasis scalp
  12. Kekurangan mineral biotin, besi, zinc, dan lain-lain

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk rambut rontok di sini

Meskipun serum efektif untuk mengatasi rambut rontok, tetapi Anda mungkin membutuhkan produk lain agar hasilnya lebih optimal. Itu sebabnya tautan berikut ini kami siapkan untuk Anda yang membutuhkan rekomendasi produk perawatan untuk rambut rontok.

Kesimpulan

Serum rambut layak dicoba untuk mengatasi kerontokan. Namun, pastikan bahan di dalamnya memang memiliki klaim dan manfaat untuk mengurangi kerontokan. Serum rambut rontok biasanya juga memiliki klaim untuk menumbuhkan rambut.


Selain menggunakan serum, pastikan Anda memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi. Misalnya, memenuhi asupan protein diyakini berkontribusi untuk menyehatkan. Begitu juga dengan vitamin A, B, C, D, dan vitamin E. Nah, semoga ulasan dan review di atas bermanfaat untuk Anda, ya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus Tanpa Bleaching (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Rambut yang Bagus Tanpa Bleaching (Terbaru Tahun 2022)
    Anda ingin tampil outstanding dengan warna rambut baru, tetapi takut rambut rusak? Cat rambut tanpa bleaching solusinya! Anda bisa mencari produk cat rambut yang bagus tanpa bleaching di marketplace. Jika sudah membaca review, tetapi masih bingung dalam menentukan produknya, Anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai. Kami akan memaparkan cara memilih pewarna rambut yang bagus tanpa bleaching sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Anda bisa menemukan berbagai merek cat rambut populer, seperti Garnier, Nyu, Miranda, hingga Revlon. Selamat membaca!
    Perawatan rambut
  • 10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Rambut Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Rambut yang sehat dan berkilau merupakan dambaan semua orang. Untuk mendapatkannya, Anda harus merawat rambut dengan baik. Salah satu produk perawatan rambut yang dapat digunakan adalah serum rambut. Serum rambut memiliki beragam manfaat, misalnya untuk merawat rambut kering dan mengembang, mencegah kerontokan, serta merangsang pertumbuhan rambut.Jika Anda masih tergolong baru dalam menggunakan serum rambut, kami akan berbagi tips memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek serum rambut yang bagus, seperti L'Oréal Paris, Makarizo, Kérastase, dan TRESemmé. Yuk, disimak! Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Herbal Essences Shampoo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Herbal Essences Shampoo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak pilihan merek sampo di pasaran, salah satunya adalah Herbal Essences dari P&G. Herbal Essences memiliki berbagai produk perawatan rambut yang bagus dan mengandung bahan-bahan alami. Varian produknya pun cukup banyak sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan rambut dan kulit kepala Anda.Kali ini kami akan mengupas tuntas tentang Herbal Essences shampoo. Agar Anda lebih mengenal produknya, simaklah tips cara memilihnya dari kami di artikel ini. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk terbaik, seperti Color Me Happy untuk rambut berwarna dan Hello Hydration untuk rambut rontok. Langsung mulai saja, yuk!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Rambut rontok berlebih merupakan masalah yang bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memakai sampo yang tepat. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih sampo terbaik yang bagus untuk mengatasi rontok parah ataupun ringan.Mulai dari sampo yang menguatkan rambut dari akar sampai sampo yang mengatasi kerontokan disertai ketombe akan kami bahas. Simak juga sepuluh rekomendasi sampo antirontok terbaik mulai dari merek L'Oreal Paris, Dove, hingga Pantene. Mari pelajari penyebab rambut rontok berlebih dan temukan produk yang sesuai dengan kondisi Anda!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Masalah kerontokan, ketombe, kulit kepala gatal, dan beragam masalah rambut lainnya memerlukan lebih dari sekadar shampo. Menambahkan hair tonic yang bagus akan mengoptimalkan perawatan yang Anda butuhkan. Pemakaian hair tonic yang tepat menjadikan rambut lebih kuat, sehat, dan berkilau. Namun, dengan banyaknya merek hair tonic saat ini, manakah produk yang tepat untuk mengatasi masalah rambut Anda? Kali ini, kami akan berbagi tips memilih hair tonic terbaik untuk Anda. Beragam review hair tonic dari merek ternama, seperti ERHA, Natur, dan Dove ada di sini. Penasaran dengan ulasan lengkapnya? Simak artikel ini!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Cat Rambut Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cat Rambut Garnier Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sekarang ini, mewarnai rambut bukan lagi hal asing. Bahkan, Anda dapat mewarnai rambut di rumah. Salah satu merek cat rambut yang bagus dan praktis sekaligus dapat merawat rambut adalah Garnier. Cat rambut Garnier hadir dengan berbagai pilihan warna, mulai dari yang netral sampai fashionable.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih cat rambut Garnier. Kami juga akan merekomendasikan pilihan warna cat rambut terbaik dari Garnier. Berbagai warna, mulai dari Golden Brown, ungu, sampai Coklat Caramel ada dalam rekomendasi kami. Sebelum mewarnai rambut Anda, simak dahulu artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan rambut
  • 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Conditioner Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Berbicara tentang rangkaian perawatan rambut, conditioner hampir pasti masuk ke dalam daftar must have. Pasalnya, conditioner bisa melembapkan, mengantarkan nutrisi, serta menghaluskan rambut. Manfaat tersebut akan dirasakan baik pada rambut wanita maupun pria. Karena itu, sebagai pria, tidak ada salahnya menambahkan conditioner ke dalam regimen perawatan rambut Anda.Mencari conditioner untuk pria terbilang cukup mudah, ada banyak merk yang bagus, seperti Kerastase, Dove, serta Olaplex. Meskipun begitu, Anda tetap perlu mempertimbangkan poin-poin penting sebelum membelinya. Nah, supaya makin mudah menentukan produknya, yuk, simak tips memilih dan rekomendasi produknya berikut ini!
    Perawatan rambut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori