1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Makanan & minuman kesehatan
  6. >
  7. 10 Minuman Elektrolit Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Minuman Elektrolit Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Minuman Elektrolit Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Minuman Elektrolit Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Minuman Elektrolit Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Minuman Elektrolit Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Minuman Elektrolit Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Tubuh membutuhkan mineral dalam bentuk ion-ion untuk dapat berfungsi dengan baik. Kondisi sakit serta berolahraga terlalu berat dapat membuat tubuh kekurangan ion-ion sehingga menyebabkan dehidrasi, bahkan kegagalan organ. Untuk itu, minuman yang mengandung elektrolit adalah pilihan yang baik untuk anak-anak dan orang dewasa.


Ada banyak minuman elektrolit di pasaran. Kami akan memberikan tips memilihnya untuk Anda. Simak juga rekomendasi minuman elektrolit terbaik, seperti merek Pocari Sweat, Hydro Coco, YOU•C1000 Water, dan lain-lain. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Selamat membaca!

Diperbaharui 12-30-2022
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace menemukan lowongan sebagai freelance writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace menemukan passion-nya di dalam dunia menulis. Grace hobi menjelajahi supermarket untuk menemukan makanan dan minuman yang menarik untuk dicoba. Review makanan dan minuman tersebut dibagikan dalam akun Instagram pribadinya. Berbekal dari hobi tersebut, kini Grace menjadi seorang content creator di Lemon8. Grace juga gemar membaca informasi terbaru tentang kesehatan, perawatan rambut, wajah, dan tubuh serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa manfaat minuman elektrolit?

Apa manfaat minuman elektrolit?

Elektrolit adalah ion-ion bermuatan listrik yang membantu jalannya fungsi organ tubuh, termasuk saraf, otot, dan peredaran darah. Sodium, potasium, magnesium, kalsium, dan bikarbonat merupakan golongan elektrolit. Elektrolit penting untuk mengontrol keseimbangan cairan, mempertahankan pH dan tekanan darah, dan membantu kontraksi otot.


Namun, elektrolit tubuh bisa berkurang akibat produksi keringat berlebih, air seni, dan cairan tubuh lainnya. Aktivitas fisik yang berat, cuaca terik, dan diare juga dapat membuat Anda kehilangan ion-ion di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan mengalami dehidrasi dan kelelahan. Sayangnya, air biasa tidak 100% mampu menggantikan elektrolit yang hilang dalam tubuh.


Itu sebabnya, minuman yang mengandung elektrolit atau sports drink hadir untuk menggantikan ion-ion tubuh yang hilang. Contoh minuman elektrolit alami adalah air kelapa, jus buah, dan susu. Ketiganya mengandung nutrisi serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Minuman elektrolit dipilih sebagai pengganti ion tubuh karena lebih mudah diserap dibandingkan makanan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minuman elektrolit

Berikutnya, kami akan memberikan tips memilih minuman elektrolit. Poin-poin berikut ini akan membantu Anda menemukan minuman elektrolit yang pas dikonsumsi sesuai dengan kondisi tubuh.

① Kenali jenis-jenis minuman elektrolit

Ada tiga jenis minuman elektrolit berdasarkan kesamaan konsentrasi gula dalam minuman dengan darah manusia, yaitu hipotonik, isotonik, dan hipertonik. Ketiganya menjawab kebutuhan tubuh Anda dalam kondisi yang berbeda-beda. Jangan lupa juga untuk membaca label pada minuman elektrolit, ya.

Minuman isotonik: Minuman elektrolit yang umum ada di pasaran

Minuman isotonik: Minuman elektrolit yang umum ada di pasaran

Minuman elektrolit yang paling umum dijumpai di pasaran adalah isotonik. Minuman isotonik banyak dipilih karena cepat mengatasi kehilangan elektrolit dan gula darah. Namun, terkadang konsumen tidak menyadari bahwa minuman yang dibeli termasuk kategori produk isotonik. Pasalnya, minuman isotonik kerap diletakkan bersama produk minuman kemasan lainnya di toko atau minimarket.


Pembeda minuman isotonik dengan minuman lainnya adalah memiliki konsentrasi gula dan ion. Kandungan tersebut menyerupai kandungan di dalam darah manusia. Meski demikian, banyak minuman isotonik dengan kadar gula, pemanis, dan zat aditif yang tinggi. Alhasil, Anda bisa mengalami kembung, bahkan kram perut. Jadi, berhati-hatilah dan periksa tabel nutrisi minuman isotonik pilihan Anda.

Minuman hipotonik: Menggantikan elektrolit saat udara panas

Minuman hipotonik: Menggantikan elektrolit saat udara panas

Berbeda halnya dengan minuman isotonik, minuman hipotonik memiliki konsentrasi gula dan ion yang lebih rendah dibandingkan darah manusia. Konsentrasi gulanya sekitar 5% lebih rendah daripada kandungan gula dalam darah manusia.


Karena rendah gula, minuman hipotonik bisa jadi pilihan apabila Anda sedang membatasi asupan gula dari minuman kemasan. Namun, minuman hipotonik memberikan energi yang lebih rendah dibandingkan jenis minuman elektrolit lainnya.


Pilihlah minuman hipotonik untuk menggantikan elektrolit saat cuaca cukup panas atau setelah berolahraga ringan. Jenis minuman hipotonik ini sayangnya cukup sulit ditemukan di e-commerce.

Minuman hipertonik: Mengembalikan cadangan glikogen

Minuman hipertonik: Mengembalikan cadangan glikogen

Sesuai dengan namanya, minuman hipertonik memiliki kandungan gula dan ion yang lebih tinggi dari darah manusia. Hal ini membuat minuman hipertonik lebih sulit diserap tubuh jika dibandingkan dua jenis minuman elektrolit lainnya.


Namun, minuman hipertonik merupakan pilihan terbaik untuk mengembalikan cadangan glikogen otot dan mendapatkan kalori lebih banyak setelah berolahraga berat. Sebaliknya, apabila intensitas aktivitas Anda cenderung ringan, minuman hipertonik bukanlah rekomendasi utama untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

② Hindari mengonsumsi minuman elektrolit setiap hari

Hindari mengonsumsi minuman elektrolit setiap hari

Minuman elektrolit memang baik untuk menggantikan ion-ion tubuh yang hilang setelah beraktivitas. Namun, hindari mengonsumsi minuman elektrolit setiap hari atau terlalu banyak jika tidak memiliki aktivitas berat. Air mineral sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan apabila tidak melakukan aktivitas fisik berat dan mengeluarkan banyak keringat.


Selain memiliki manfaat untuk tubuh, rasa minuman elektrolit yang manis membuatnya disukai banyak orang. Rasa manis tersebut ternyata berasal dari kandungan gula di dalam minuman elektrolit. Akibatnya, mengonsumsi minuman elektrolit dengan kandungan gula yang tinggi setiap hari dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes.


Selain gula, minuman elektrolit juga mengandung garam. Konsumsi garam berlebihan dapat memicu tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Kerja ginjal pun menjadi lebih berat akibat mengonsumsi minuman elektrolit setiap hari. Minuman elektrolit juga kurang baik bagi pengidap diabetes, gagal ginjal, penyakit jantung, dan gangguan lambung.


Kelebihan garam dan gula dalam jangka pendek mungkin tidak akan langsung terasa dampaknya. Namun, apabila hal ini berlangsung lama, ada risiko obesitas dan penyakit kronik lainnya. Selalu periksa label kemasan dan informasi nilai gizi produk sebelum membeli dan batasi konsumsi produk yang mengandung gula berlebihan.


Konsumsilah minuman elektrolit hanya jika Anda memiliki aktivitas fisik yang berat di luar ruangan, mengalami dehidrasi, atau sangat aktif berolahraga. Selain itu, cukupilah kebutuhan cairan tubuh Anda dengan air mineral.

③ Perhatikan kandungan kalorinya

Perhatikan kandungan kalorinya

Kandungan gula di dalam minuman elektrolit menjadi penyumbang kalori di dalamnya. Jika Anda sedang diet menurunkan berat badan atau ingin menjaga berat badan, pilihlah minuman elektrolit yang rendah kalori


Minuman elektrolit yang rendah kalori tentu memiliki kandungan gula yang lebih rendah. Meski masih jarang ditemukan, belakangan ini sudah mulai banyak produsen yang membuat minuman elektrolit rendah kalori.

10 Rekomendasi minuman elektrolit terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minuman elektrolit terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Otsuka

Pocari Sweat Lab Sachet

Otsuka Pocari Sweat Lab Sachet 1枚目

Pocari Sweat sachet bentuk serbuk, mudah dibawa ke mana saja

2

Otsuka

Pocari Sweat Ion Water

Otsuka Pocari Sweat Ion Water 1枚目

Minuman elektrolit rendah kalori, diet jalan terus!

3

Science in Sport (SIS)

Go Isotonic Energy Gels

Science in Sport (SIS) Go Isotonic Energy Gels 1枚目

Sumber karbohidrat terbaik setelah olahraga berat

4

Kalbe

Hydro Coco

Kalbe Hydro Coco 1枚目

Air kelapa murni bebas pengawet dalam kemasan steril

5

Djojonegoro C-1000

YOU•C1000 Water

Djojonegoro C-1000 YOU•C1000 Water 1枚目

Minuman isotonik dengan 1.000 mg vitamin C

6

Abbott

Pedialyte

Abbott Pedialyte 1枚目

Minuman elektrolit untuk anak-anak yang diare

7

Wings

Isoplus

Wings Isoplus 1枚目

Cukupi kebutuhan elektrolit dengan harga yang ramah di kantong

8

Danone

Mizone

Danone Mizone 1枚目

Pilihan rasa minuman isotonik yang ampuh buat kembalikan mood

9

F&N

100Plus Original

F&N 100Plus Original 1枚目

Minuman elektrolit berkarbonasi untuk mengembalikan energi

10

Kimia Farma

Oralit

Kimia Farma Oralit 1枚目

Serbuk elektrolit turun-temurun saat diare

Perincian produk
Close
No.1

OtsukaPocari Sweat Lab Sachet

Mulai dari Rp10.000,00

Pocari Sweat sachet bentuk serbuk, mudah dibawa ke mana saja

Kelebihan:

  • Dikemas dalam sachet yang memudahkan Anda membawanya saat bepergian

Kekurangan:

  • Perlu dilarutkan terlebih dahulu dengan air, tidak praktis langsung minum di perjalanan

Anda pasti sudah tak asing dengan minuman pengganti ion Pocari Sweat. Selain botol, Anda bisa menemukan Pocari Sweat dalam kemasan sachet. Pocari Sweat kemasan sachet adalah minuman isotonik praktis yang cocok dibawa saat mendaki gunung ataupun beraktivitas outdoor lainnya. Kemasannya memudahkan Anda untuk menyimpan dan membawa minuman elektrolit serbuk ini saat travelling.

No.2

OtsukaPocari Sweat Ion Water

Mulai dari Rp6.000,00

Minuman elektrolit rendah kalori, diet jalan terus!

Kelebihan:

  • Kandungan kalorinya lebih rendah dibandingkan Pocari Sweat biasa

Kekurangan:

  • Produknya tinggi kandungan gula dan fruktosa

Anda mungkin ragu untuk mengonsumsi minuman elektrolit saat sedang menjalani program diet penurunan berat badan. Jangan ragu untuk mengonsumsi minuman elektrolit setelah berolahraga saat diet. Anda dapat memilih Pocari Sweat Ion Water untuk mengembalikan ion tubuh.


Pocari Sweat Ion Water memiliki kandungan gula 48% lebih rendah dibandingkan minuman varian Pocari Sweat lainnya. Pocari Sweat Ion Water hanya mengandung sekitar 14 kkal saja dalam setiap 100 ml. Jadi, tak perlu ragu untuk berolahraga berat saat diet dan mengonsumsi minuman ini, ya.

No.3

Science in Sport (SIS)Go Isotonic Energy Gels

Mulai dari Rp35.000,00

Sumber karbohidrat terbaik setelah olahraga berat

Kelebihan:

  • Lebih rendah kalori dan tinggi elektrolit
  • Cocok dikonsumsi setelah olahraga berat
  • Praktis dibawa saat berolahraga ke tempat gym karena bentuknya mini

Kekurangan:

  • Harga satuannya tergolong cukup mahal

Go Isotonic Energy Gels adalah gel isotonik yang diformulasikan untuk Anda yang berolahraga dengan intensitas tinggi. Gel isotonik ini mengandung 22 gram karbohidrat yang dapat mengembalikan glikogen secara cepat. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kembali energi Anda. Selain itu, gel isotonik ini dibuat dalam beragam pilihan rasa buah yang menyegarkan.

No.4

Air kelapa murni bebas pengawet dalam kemasan steril

Kelebihan:

  • Rasanya seperti air kelapa asli yang segar

Kekurangan:

  • Kemasan kecilnya tidak dilengkapi dengan tutup

Air kelapa merupakan sumber elektrolit yang baik untuk tubuh. Air kelapa murni sayangnya memang lebih cepat basi sehingga harus cepat dihabiskan. Jika Anda ingin memiliki stok air kelapa yang segar dan bebas pengawet di rumah, pilih saja Hydro Coco.


Hydro Coco menggunakan proses UHT yang menjadikan air kelapa murninya lebih steril. Produknya juga tidak menggunakan tambahan pengawet. Selain itu, Hydro Coco aman bagi lambung. Jika Anda mencari minuman elektrolit yang nyaman bagi lambung, Hydro Coco merupakan pilihan yang tepat.

No.5

Djojonegoro C-1000YOU•C1000 Water

Mulai dari Rp7.800,00

Minuman isotonik dengan 1.000 mg vitamin C

Kelebihan:

  • Rasanya menyegarkan dan mengandung vitamin C

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, varian YOU•C1000 Lemon Water punya sedikit rasa pahit

Saat Anda terkena flu atau pilek, hidung Anda akan terus-menerus mengeluarkan ingus. Badan pun menjadi cepat lelah. Anda dapat mengembalikan stamina saat pilek dengan bantuan YOU•C1000 Water. Kandungan vitamin C sebanyak 1.000 mg membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Di samping itu, minuman ini juga lengkap dengan ion yang dibutuhkan tubuh.

No.6

Minuman elektrolit untuk anak-anak yang diare

Kelebihan:

  • Tersedia dalam varian rasa Bubble Gum yang disukai anak-anak
  • Dibuat dalam bentuk sirop sehingga mudah dikonsumsi anak-anak

Kekurangan:

  • Dapat menyebabkan efek samping untuk sebagian orang, seperti mual dan perut kembung

Muntah dan diare dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi seperti ini dapat membuat tubuh Anda menjadi dehidrasi dan lemas. Memilih minuman elektrolit lainnya mungkin saja lebih sulit diserap tubuh.


Pedialyte hadir untuk mengatasi dehidrasi akibat muntah dan diare. Formulanya dirancang supaya lebih efektif diserap oleh tubuh dan tidak mengalami dehidrasi. Pedialyte juga tersedia dalam rasa Bubble Gum sehingga si kecil tetap dapat mengonsumsinya tanpa ragu.

No.7

Cukupi kebutuhan elektrolit dengan harga yang ramah di kantong

Kelebihan:

  • Rasanya asam dan menyegarkan saat cuaca terik

Kekurangan:

  • Kandungan gulanya tergolong cukup tinggi

Jika Anda mencari minuman isotonik yang harganya ekonomis, pertimbangkan Isoplus. Minuman isotonik ini memiliki harga yang ramah di kantong. Selain itu, minuman isotonik ini memiliki rasa anggur yang menyegarkan. Terlebih lagi, Isoplus punya desain yang ergonomis untuk digenggam. Anda bisa mengonsumsi Isoplus sehabis berolahraga atau saat hari sangat terik.

No.8

Pilihan rasa minuman isotonik yang ampuh buat kembalikan mood

Kelebihan:

  • Mengandung white tea extract dan vitamin B
  • Empat pilihan rasanya sangat menyegarkan

Kekurangan:

  • Rasa minuman ini tergolong sangat manis menurut sebagian orang

Bagi para anak muda, minuman yang memiliki rasa tentu saja menjadi pilihan yang disukai. Mizone hadir untuk menjawab kebutuhan minuman elektrolit kesukaan anak muda. Mizone memiliki empat varian rasa buah untuk minuman elektrolit yang menyegarkan. 


Jika Anda mencari minuman elektrolit dengan rasa yang menyegarkan, Mizone adalah pilihan yang pas. Segarnya rasa buah dapat mengembalikan mood Anda menjadi lebih baik. Mizone juga mengandung ekstrak teh putih serta vitamin B yang baik untuk tubuh Anda.

No.9

Minuman elektrolit berkarbonasi untuk mengembalikan energi

Kelebihan:

  • Mengandung glukosa dan sukrosa untuk mengembalikan energi secara instan

Kekurangan:

  • Kandungan sodanya bisa menyebabkan perut kembung

100Plus dari F&N adalah minuman isotonik berkarbonasi. Minuman berkarbonasi ini membuat Anda lebih bersemangat setelah menyelesaikan olahraga berat, seperti lari jarak jauh. Minuman 100Plus menjadi minuman isotonik yang cukup unik berkat kandungan air berkarbonasinya. Namun, Anda yang memiliki masalah lambung sebaiknya tidak mengonsumsi minuman ini, ya.

No.10

Serbuk elektrolit turun-temurun saat diare

Kelebihan:

  • Pertolongan pertama saat dehidrasi karena diare
  • Mengembalikan kadar cairan tubuh dalam jangka waktu 8–12 jam setelah dikonsumsi

Kekurangan:

  • Anda perlu melarutkannya sesuai dengan takaran agar efektif

Oralit sudah menjadi minuman elektrolit wajib saat mengalami diare. Simpanlah Oralit sebagai stok di dalam kotak P3K Anda sebagai pertolongan pertama saat diare. Oralit berupa serbuk yang harus Anda larutkan terlebih dahulu di dalam air. Anda pun dapat menyajikan oralit dengan air hangat sehingga membuat perut lebih nyaman.

Pertanyaan umum seputar minuman elektrolit

Pertanyaan umum seputar minuman elektrolit

Kami sudah membahas hal yang harus Anda perhatikan saat memilih minuman elektrolit serta rekomendasi produknya. Namun, masih ada beberapa pertanyaan umum seputar minuman elektrolit yang perlu Anda ketahui. Simak baik-baik jawabannya agar Anda lebih memahami minuman elektrolit.

Apa penyebab ketidakseimbangan elektrolit?

Ketidakseimbangan elektrolit adalah kondisi kelebihan ataupun kekurangan mineral tertentu di dalam darah. Pada kondisi kekurangan mineral, penyebab umumnya ialah kurangnya asupan air mineral, terlalu banyak berkeringat, dan pola makan tidak sehat. Di sisi lain, ketidakseimbangan elektrolit dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti kerusakan ginjal ataupun efek pengobatan.


Pada kondisi ringan, biasanya gejala yang dirasakan saat kekurangan elektrolit adalah kelelahan dan kram otot. Namun, pada kondisi lebih berat dan jangka panjang, gejalanya bisa berupa kejang, gangguan fungsi syaraf, hingga gangguan jantung.

Bagaimana cara menyeimbangkan elektrolit agar tidak berlebihan dan kekurangan?

Anda bisa mendapatkan elektrolit dari makanan sehari-hari, seperti sayur, buah, kacang-kacangan, dan daging. Salah satu bahan makanan alami berupa cairan yang tinggi elektrolit adalah air kelapa. Cara termudah lainnya adalah dengan minum cukup air mineral. Namun, jangan sampai mengonsumsi air mineral secara berlebihan karena akan membuat kadar natrium di dalam darah turun drastis.

Bagaimana cara menaikkan elektrolit dalam tubuh?

Cara yang aman untuk meningkatkan kadar elektrolit dalam tubuh adalah dengan menjaga asupan air mineral yang cukup setiap harinya. Paling tidak, jumlah air mineral yang diminum tidak kurang dari 1,5-2 liter per hari. Hal ini membantu kebutuhan mineral bagi sistem pembuluh darah dan jantung tercukupi.


Beberapa makanan yang tinggi elektrolit antara lain air kelapa, lemon, timun, tomat, pisang, alpukat, dan sayur-sayuran hijau. Bahan makanan tersebut bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan elektrolit dalam tubuh. Mengonsumsi makanan sehat dan berimbang, cukup istirahat, dan tidak mengonsumsi alkohol juga dapat membantu menstabilkan kadar elektrolit tubuh.

Baca juga rekomendasi minuman lainnya yang dapat mengembalikan ion tubuh di sini

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, jus merupakan salah satu minuman elektrolit terbaik. Namun, jangan sembarangan memilih jus. Cooled pressed juice adalah pilihan jus terbaik yang kaya akan nutrisi. Yuk, ketahui cooled pressed juice terbaik dengan mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Minuman elektrolit memang sangat bermanfaat untuk mengembalikan kandungan elektrolit di dalam darah secara cepat. Namun, pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan elektrolit sehari-hari. Pastikan juga Anda mengonsumsi air mineral tanpa berlebihan atau kekurangan.


Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi minuman elektrolit. Jangan lupa memastikan juga kandungan minuman elektrolit. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer