• 10 Rekomendasi Minuman Elektrolit Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Minuman Elektrolit Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Minuman Elektrolit Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Minuman Elektrolit Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Minuman Elektrolit Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Minuman Elektrolit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Tubuh kita membutuhkan mineral dalam bentuk ion-ion untuk tetap dapat berfungsi dengan baik. Berbagai kondisi, seperti sakit dan olahraga berat, dapat membuat tubuh kekurangan ion-ion. Kekurangan ion tubuh dapat menyebabkan dehidrasi sampai kegagalan organ. Untuk itu, minuman elektrolit hadir untuk mencukupi kebutuhan ion tubuh.


Ada banyak minuman elektrolit yang dapat Anda temui di pasaran. Kami akan memberikan tips dalam memilih minuman elektrolit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak juga rekomendasi kami tentang minuman elektrolit terbaik, seperti Pocari Sweat, Hydro Coco, YOU•C1000 Water, dan banyak lainnya. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Minuman elektrolit, kembalikan ion-ion tubuh yang hilang

Minuman elektrolit, kembalikan ion-ion tubuh yang hilang

Ion-ion di dalam tubuh, lebih tepatnya dalam darah, sangat penting untuk mengontrol keseimbangan cairan, mempertahankan pH darah, menjaga tekanan darah, sampai membantu kontraksi otot. Aktivitas fisik yang berat atau cuaca panas dapat membuat Anda kehilangan ion-ion tubuh. Akibatnya, tubuh Anda akan mengalami dehidrasi dan kelelahan.


Minuman elektrolit hadir untuk menggantikan ion-ion tubuh yang hilang. Elektrolit sendiri merupakan mineral yang memiliki muatan listrik atau disebut sebagai ion. Sodium, potasium, magnesium, kalsium, dan bikarbonat merupakan golongan elektrolit. 


Mengonsumsi minuman elektrolit setelah melakukan aktivitas fisik yang berat akan membantu mengembalikan ion-ion dalam tubuh. Tak hanya setelah berolahraga atau saat cuaca panas, ion-ion dalam tubuh juga dapat hilang saat Anda sakit. Kehilangan cairan tubuh saat muntah atau diare membuat tubuh mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, mengonsumsi minuman elektrolit saat sakit akan membantu tubuh lebih terhidrasi.


Contoh minuman elektrolit alami adalah air kelapa, jus buah, dan susu. Ketiganya mengandung nutrisi serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Minuman elektrolit dipilih sebagai pengganti ion tubuh karena lebih mudah diserap dibandingkan makanan.

Cara memilih minuman elektrolit

Berikutnya, kami akan memberikan tips dalam memilih minuman elektrolit. Poin-poin berikut ini akan membantu Anda menemukan minuman elektrolit yang pas dikonsumsi sesuai dengan kondisi tubuh.

Kenali jenis-jenis minuman elektrolit

Kenali jenis-jenis minuman elektrolit

Ada tiga jenis minuman elektrolit berdasarkan kesamaan konsentrasi gula dalam minuman dengan darah manusia, yaitu hipotonik, isotonik, dan hipertonik. Ketiganya menjawab kebutuhan tubuh Anda dalam kondisi yang berbeda-beda.


  • Minuman elektrolit yang paling umum ditemui di pasaran adalah isotonik. Konsentrasi gula dan ion dalam minuman isotonik sangat menyerupai kandungan tersebut di dalam darah manusia. Minuman isotonik banyak dipilih karena dapat dengan cepat mengatasi elektrolit yang hilang melalui keringat setelah berolahraga.

  • Berbeda halnya dengan minuman isotonik, minuman hipotonik memiliki konsentrasi gula dan ion yang lebih rendah dibandingkan darah manusia. Konsentrasi karbohidratnya biasanya 5% lebih rendah daripada kandungan gula darah manusia. Minuman hipotonik memberikan energi yang lebih rendah dibandingkan jenis minuman elektrolit lainnya. Pilihlah minuman hipotonik untuk menggantikan elektrolit saat cuaca cukup panas atau setelah olahraga ringan.

  • Yang terakhir adalah minuman hipertonik. Sesuai dengan namanya, minuman hipertonik memiliki kandungan gula dan ion yang lebih tinggi dari darah manusia. Hal ini membuat minuman hipertonik lebih sulit diserap tubuh dibandingkan dua jenis minuman elektrolit lainnya. Namun, minuman hipertonik merupakan pilihan terbaik untuk mengembalikan cadangan glikogen dalam otot setelah Anda melakukan olahraga berat.

Jenis minuman isotonik memang lebih banyak Anda temui di pasaran. Di samping itu, biasanya minuman elektrolit tidak mencantumkan informasi tentang jenis minumannya di kemasan. Anda dapat memastikannya dari kandungan minuman tersebut.

Hindari mengonsumsi minuman elektrolit setiap hari

Hindari mengonsumsi minuman elektrolit setiap hari

Minuman elektrolit memang sangat baik untuk menggantikan ion-ion tubuh yang hilang setelah Anda beraktivitas. Akan tetapi, hindarilah mengonsumsi minuman elektrolit terlalu banyak. Jika Anda tak memiliki aktivitas yang terlalu berat, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi minuman elektrolit setiap hari.


Selain memiliki manfaat untuk tubuh, rasa minuman elektrolit yang manis membuatnya disukai banyak orang. Rasa manis tersebut ternyata berasal dari kandungan gula di dalam minuman elektrolit. Dengan demikian, mengonsumsi minuman elektrolit setiap hari dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes.


Selain gula, di dalam minuman elektrolit juga terkandung garam. Konsumsi garam yang berlebih dapat memicu tekanan darah tinggi sampai penyakit jantung. Kerja ginjal pun menjadi lebih berat akibat mengonsumsi minuman elektrolit setiap hari.


Minuman elektrolit juga kurang baik bagi pengidap diabetes, gagal ginjal, penyakit jantung, dan gangguan lambung. Jika Anda memiliki penyakit tersebut, berkonsultasi dahulu dengan dokter Anda. Konsumsilah minuman elektrolit apabila Anda memiliki aktivitas fisik yang berat di luar ruangan, mengalami dehidrasi, atau aktif berolahraga. Selain itu, cukupilah keutuhan cairan tubuh Anda dengan air mineral.

Perhatikan kandungan kalorinya

Perhatikan kandungan kalorinya

Kandungan gula dan garam di dalam minuman elektrolit menjadi penyumbang kalori di dalamnya. Bagi Anda yang sedang berdiet atau ingin menjaga berat badan, pilihlah minuman elektrolit dengan jumlah kalori yang rendah. Minuman elektrolit rendah kalori tentu memiliki kandungan gula yang lebih rendah.


Mungkin mencari minuman elektrolit dengan kalori yang rendah cukup sulit ditemukan. Namun, belakangan ini sudah mulai banyak minuman elektrolit dengan kandungan kalori yang rendah.

10 Rekomendasi minuman elektrolit terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minuman elektrolit terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10
KandunganFructose, sucrose, natrium chloride, potassium chloride, calcium lactate, magnesium carbonate
RasaOriginal
Isi250 ml
Kalori25 kkal per 250 ml
9
KandunganGula, ekstrak teh putih, sodoium chloride, trisodium citrate, potassium carbonate, potassium chloride, vitamin B1, B3, B6, B12
RasaLychee lemon, starfruit, cherry blossom, cranberry
Isi350 ml, 500 ml
Kalori45 kkal per 200 ml
8
KandunganDextrose, fructose, sodium, potassium, chloride, citrate,
RasaOriginal, bubble gum
Isi500 ml
Kalori10 kkal per 100 ml
7

Science in Sport (SIS)Go Isotonic Energy Gels

Mulai dari Rp 35.000,00

KandunganMaltodextrin, natural flavouring, sweetener (acesulfame K), sodium chloride
RasaOrange, lemon & lime, pink grapefruit, berry, tropical
Isi60 ml
Kalori87 kkal per 60 ml
6
KandunganCalcium, potassium, sodium, magnesium, chloride, citrate, lactate, vitamin C
RasaGrapefruit
Isi350 ml
Kalori90 kkal per 350 ml
5
KandunganSodium chloride, glucose anhydrate, trisodium citrate dihydrate, potassium chloride
RasaOriginal
Isi200 ml
KaloriTidak disebutkan
4
KandunganAir kelapa, sukrosa
RasaAir kelapa
Isi250 ml, 300 ml, 500 ml, 1 L
Kalori70 kkal per 250 ml
3

Djojonegoro C-1000YOU•C1000 Water

Mulai dari Rp 7.200,00

Kandungan Vitamin C 1000 mg, 100% fresh lemon / orange juice, sodium chloride, calcium lactate, magnesium chloride, potassium phosphate, fructose, sugar
RasaLemon, orange
Isi500 ml
KaloriLemon water: 150 kkal per 500 ml・Orange water: 160 kkal per 500 ml
2
KandunganFructose, fruit juice, sugar, salt, siraitia grosvenorii extract/acidulant, fragrance, potassium chloride, calcium lactate, sweetener (stevia), magnesium chloride, flavor enhancer (amino acids), antioxidants (vitamin C)
RasaOriginal
Isi350 ml, 500 ml
Kalori14 kkal per 100 ml
1
KandunganGula, fruktosa, fruit juice (lychee/bengkoang/starfruit), chyrsantemum extract, potassium, magnesium, sodium
RasaLychee, bengkoang, belimbing
Isi350 ml
Kalori90 kkal per 350 ml

Tabel perbandingan produk minuman elektrolit terbaik

Gambar produk
1
Enesis Coolant 1

Enesis

2
Otsuka Pocari Sweat Ion Water 1

Otsuka

3
Djojonegoro C-1000 YOU•C1000 Water 1

Djojonegoro C-1000

4
Kalbe Hydro Coco 1

Kalbe

5
Kimia Farma Oralit 1

Kimia Farma

6
Wings Isoplus 1

Wings

7
Science in Sport (SIS) Go Isotonic Energy Gels 1

Science in Sport (SIS)

8
Abbott Pedialyte 1

Abbott

9
Danone Mizone 1

Danone

10
Otsuka Pocari Sweat Ionessence 1

Otsuka

Nama produk

Coolant

Pocari Sweat Ion Water

YOU•C1000 Water

Hydro Coco

Oralit

Isoplus

Go Isotonic Energy Gels

Pedialyte

Mizone

Pocari Sweat Ionessence

Keunggulan

Air pegunungan sumber elektrolit alami

Lebih rendah kalori, diet jalan terus!

1.000 mg vitamin C untuk tingkatkan kesehatan

Air kelapa murni bebas pengawet dalam kemasan steril

Serbuk elektrolit turun-temurun saat diare

Cukupi kebutuhan elektrolit tanpa membuat kantong jebol

Sumber karbohidrat terbaik setelah olahraga berat

Efektif diserap tubuh saat diare dan muntah-muntah

Pilihan rasanya ampuh buat balikin mood

Cukupi kebutuhan elektrolit untuk kulit tetap sehat

Harga mulai dariRp 5.600,00Rp 6.000,00Rp 7.200,00Rp 6.500,00Rp 1.200,00Rp 3.000,00Rp 35.000,00Rp 37.000,00Rp 5.700,00Rp 6.400,00
KandunganGula, fruktosa, fruit juice (lychee/bengkoang/starfruit), chyrsantemum extract, potassium, magnesium, sodiumFructose, fruit juice, sugar, salt, siraitia grosvenorii extract/acidulant, fragrance, potassium chloride, calcium lactate, sweetener (stevia), magnesium chloride, flavor enhancer (amino acids), antioxidants (vitamin C) Vitamin C 1000 mg, 100% fresh lemon / orange juice, sodium chloride, calcium lactate, magnesium chloride, potassium phosphate, fructose, sugarAir kelapa, sukrosaSodium chloride, glucose anhydrate, trisodium citrate dihydrate, potassium chlorideCalcium, potassium, sodium, magnesium, chloride, citrate, lactate, vitamin CMaltodextrin, natural flavouring, sweetener (acesulfame K), sodium chlorideDextrose, fructose, sodium, potassium, chloride, citrate, Gula, ekstrak teh putih, sodoium chloride, trisodium citrate, potassium carbonate, potassium chloride, vitamin B1, B3, B6, B12Fructose, sucrose, natrium chloride, potassium chloride, calcium lactate, magnesium carbonate
RasaLychee, bengkoang, belimbingOriginalLemon, orangeAir kelapaOriginalGrapefruitOrange, lemon & lime, pink grapefruit, berry, tropicalOriginal, bubble gumLychee lemon, starfruit, cherry blossom, cranberryOriginal
Isi350 ml350 ml, 500 ml500 ml250 ml, 300 ml, 500 ml, 1 L200 ml350 ml60 ml500 ml350 ml, 500 ml250 ml
Kalori90 kkal per 350 ml14 kkal per 100 mlLemon water: 150 kkal per 500 ml・Orange water: 160 kkal per 500 ml70 kkal per 250 mlTidak disebutkan90 kkal per 350 ml87 kkal per 60 ml10 kkal per 100 ml45 kkal per 200 ml25 kkal per 250 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi minuman lainnya yang dapat mengembalikan ion tubuh di sini

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, jus merupakan salah satu minuman elektrolit terbaik. Namun, jangan sembarangan memilih jus. Cooled pressed juice adalah pilihan jus terbaik yang kaya akan nutrisi. Ketahui cooled pressed juice terbaik dalam artikel kami lainnya. Klik tautan di bawah ini dan dapatkan berbagai informasi tentang cooled pressed juice.

Kesimpulan

Olahraga memang baik bagi tubuh, tetapi jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan elektrolit dalam tubuh Anda. Minuman elektrolit hadir sebagai solusi memenuhi kebutuhan elektrolit harian Anda. Meski demikian, minuman elektrolit bukalah minuman yang dapat Anda konsumsi secara rutin, ya.


Sekian artikel kali ini tentang minuman elektrolit. Pastikan kandungan minuman elektrolit yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa memastikan juga kalorinya. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda sedang dalam program diet? Jika iya, susu diet dapat membantu program penurunan berat badan Anda. Susu untuk diet umumnya dirancang sebagai meal replacement saat pagi dan malam agar asupan kalori lebih terkontrol. Susu diet biasanya mengandung protein tinggi dan rendah lemak.Kali ini, kami punya cara memilih susu diet yang bagus untuk Anda. Tak cuma itu, kami juga menyediakan rekomendasi merek susu diet terbaik, seperti WRP, Tropicana Slim, dan L-Men. Simak juga tips dari biotechnologist agar Anda menemukan susu diet yang efektif. Penasaran? Langsung saja simak ulasan kami, ya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Merk Minuman Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Minuman Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minuman kolagen dikenal sangat baik untuk kulit. Ketika mendengar mengenai minuman kolagen, mungkin tebersit pertanyaan-pertanyaan ini di benak Anda. Adakah merek minuman kolagen yang bagus dan cocok untuk remaja? Adakah produk yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui?Menjawab kebimbangan tersebut, kami akan memberikan penjelasan mengenai minuman kolagen. Kami juga akan menjelaskan cara memilih minuman kolagen hingga mengulas berbagai merek terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Temukan ulasan mengenai Byoote, Ms Glow, Noera, dan lain sebagainya di artikel ini.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Susu Pertumbuhan Terbaik untuk Anak Usia 6 Tahun ke Atas - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Pertumbuhan Terbaik untuk Anak Usia 6 Tahun ke Atas - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Memasuki usia 6 tahun, pertumbuhan anak, baik dari segi fisik, kognitif, maupun psikologis, berkembang dengan sangat pesat. Agar tumbuh kembangnya optimal, susu pertumbuhan dapat menjadi pilihan untuk melengkapi asupan gizi anak. Dari sekian banyak merek susu yang ada di pasaran, seperti Bebelac, Dancow, PediaSure, dan Friso, manakah yang terbaik?Kali ini kami akan memberikan tips memilih susu pertumbuhan yang bagus untuk anak usia 6 tahun ke atas. Simak juga tips memilihnya dari dokter umum, dr. Aldila Ardine. Mari pilih susu anak yang mendukung kecerdasan dan perkembangannya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Sereal adalah makanan yang berasal dari biji-bijian dan dapat dibuat dari jagung, gandum, serta oat. Selain menjadi makanan favorit untuk sarapan, sereal juga banyak dikonsumsi untuk diet. Terdapat beragam pilihan sereal yang tersedia di pasaran. Namun, apakah Anda sudah tahu sereal yang bagus untuk diet?Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk sereal untuk diet. Setelahnya, kami juga akan memberi review sepuluh merek sereal rendah kalori untuk diet, seperti Kellogg's, Quaker, dan Energen. Jangan lupa, cek juga informasi tambahan dari ahli gizi, Mochammad Rizal, di bawah ini.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang sedang workout, mengonsumsi makanan saja tidak cukup memaksimalkan pertumbuhan massa otot. Di sinilah minuman protein berperan sebagai minuman penambah massa otot. Dengan mengonsumsi minuman tinggi protein sesuai timing, pertumbuhan massa otot Anda akan lebih cepat.Di pasaran terdapat banyak jenis minuman berprotein tinggi, misalnya whey casein dan soy. Ada banyak pula merek minuman protein yang bagus, seperti L-Men, Vectorlabs, dan Muscle First yang bisa dipilih. Nah, kami telah menyiapkan tips cara memilih dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Selamat membaca!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Minuman Protein Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Protein Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Protein merupakan zat gizi yang sangat mengenyangkan. Oleh karena itu, minuman protein sering dijadikan sumber nutrisi saat menjalani program diet. Ada banyak merek minuman protein untuk diet, seperti Puro, Natlab, dan Xpose. Apakah Anda bingung memilih produk yang bagus?Tenang saja. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih minuman protein untuk diet. Selain itu, kami juga akan memberikan review minuman protein yang cocok untuk menurunkan berat badan. Semua produk bisa dikonsumsi oleh pria maupun wanita. Untuk membantu Anda, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga memberikan komentarnya di artikel ini.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Rekomendasi Jamu Beras Kencur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jamu Beras Kencur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dikeluarkan oleh Kemenkes, 60% masyarakat Indonesia pernah mencoba mengonsumsi jamu. Salah satu yang banyak dikonsumsi adalah jamu beras kencur yang bermanfaat menambah nafsu makan dan meringankan pegal linu. Saat ini, jamu beras kencur sudah tersedia dalam kemasan, baik berbentuk serbuk maupun cair. Anda bisa menikmati jamu beras kencur yang diproduksi oleh Sido Muncul, Mustika Ratu, ataupun Jamu Djago. Supaya pemilihannya lebih mudah, Anda dapat menyimak panduan cara memilih dan rekomendasi produk dari kami. Selamat membaca!
    Makanan & minuman kesehatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori