mybest
Lighting

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kamera
  3. Lighting & studio
  4. 10 Rekomendasi Light Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Light Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Light Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Light Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Light Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Light Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Light Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Jika Anda menggeluti dunia fotografi, Anda membutuhkan light meter atau lux meter. Fungsi light meter adalah untuk mengukur tingkat kecerahan cahaya. Alat ini juga digunakan sebagai pengukur cahaya lampu untuk lighting di studio. Pengguna kamera analog ataupun kamera digital akan terbantu olehnya.


Kali ini kami akan berbagi rekomendasi light meter yang bagus dari berbagai merek, seperti Sekonic, KEKS, dan Voigtländer. Beragam jenisnya pun tersedia di pasaran. Misalnya, hot shoe light meter yang kecil dan dapat ditempelkan di atas kamera. Mari simak dahulu cara memilihnya agar Anda mendapatkan light meter terbaik!

Diperbaharui 31/08/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa fungsi light meter?

Apa fungsi light meter?

Light meter dan lux meter adalah alat yang sama. Alat ini digunakan untuk mengukur tingkat intensitas cahaya. Mengingat fotografi mengandalkan cahaya, penting untuk mengetahui intensitas cahaya pada objek yang hendak difoto. Berkat adanya light meter, Anda tidak perlu menebak-nebak kombinasi bukaan diafragma dan shutter speed yang pas di kamera.


Ada dua jenis light meter, yakni light meter analog dan light meter digital. Light meter analog menggunakan dua skala, yaitu skala atas dan skala bawah. Anda harus melihat dua skala tersebut untuk mendapatkan nilai dari tingkat intensitas cahaya. Sementara itu, light meter digital menggunakan sistem digital yang mudah dipahami.


Dalam kehidupan sehari-hari, lux meter berguna untuk mengetahui tingkat penerangan suatu tempat. Biasanya lux meter digunakan di bidang arsitektur dan industri. Produknya dipakai untuk mengetahui tingkat keterangan studio, etalase foto, hingga tempat penetasan telur.

Cara memilih light meter

Agar bisa mendapatkan lux meter yang tepat, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Mari simak lebih lanjut penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1

Pilih tipenya berdasarkan kebutuhan Anda

Light meter dapat dibagi menjadi dua tipe tergantung bagaimana cara mengukur cahayanya, yaitu reflected light dan incident light. Pilihlah tipe light meter dengan mempertimbangkan keterampilan fotografi Anda dan hasil fotonya.

Reflected light: Mudah digunakan dan hasil foto tampak detail

Reflected light: Mudah digunakan dan hasil foto tampak detail

Reflected light meter adalah tipe yang mengukur cahaya yang dipantulkan oleh objek foto. Light meter ini biasanya juga sudah terpasang pada kamera digital. Namun, Anda dapat menangkap cahaya dari berbagai macam objek foto saat digunakan terpisah. Selain itu, Anda dapat menghasilkan foto dengan keindahan yang mendetail.


Meskipun begitu, tipe reflected light mudah dipengaruhi oleh pantulan objek dan bergantung pada objek. Hal tersebut dapat membuat foto yang tampak pada layar menjadi terlalu terang atau buram. Tak heran jika tipe ini agak sulit untuk digunakan. Gunakanlah tipe reflected light untuk memotret lanskap pegunungan yang tenang atau pemandangan malam yang berkilauan.

Incident light: Dapat mengukur cahaya dengan lebih akurat

Incident light: Dapat mengukur cahaya dengan lebih akurat

Tipe incident light akan mengukur cahaya yang mengenai objek secara langsung. Light meter ini bisa mengukur secara akurat dan tidak dipengaruhi pantulan objek. Tipe ini cocok digunakan untuk kebutuhan foto dengan objek yang dekat, seperti foto portrait dengan flash.


Di sisi lain, tipe incident light tidak cocok untuk memotret objek yang jauh. Tipe ini juga tidak cocok untuk memotret binatang yang tidak dapat ditangkap oleh light meter walaupun jaraknya dekat. Hasil gambar bisa jadi biasa saja tergantung bagaimana Anda meletakkan light meter. Jadi, Anda harus mengandalkan rasa dan keterampilan artistik Anda.

2

Pertimbangkan alat yang memiliki fungsi kedua tipenya

Pertimbangkan alat yang memiliki fungsi kedua tipenya

Jika Anda kesulitan menentukan tipe mana yang lebih baik, Anda dapat memilih light meter yang memiliki fungsi kedua tipenya. Anda dapat membeli alat ini dengan harga yang lebih terjangkau daripada membeli tipe reflected light dan incident light saja. Anda pun dapat bersantai saat sedang memotret karena tidak perlu mengganti alatnya satu per satu.

3

Gunakan produk yang mudah dioperasikan dan digunakan

Gunakan produk yang mudah dioperasikan dan digunakan

Anda pastinya akan membawa dan menggunakan light meter bersama Anda saat sedang mengambil gambar. Oleh karena itu, pilihlah light meter yang memiliki bodi kecil dan ringan agar nyaman dibawa-bawa.


Namun, perlu diingat bahwa terdapat beberapa ketidaknyamanan pada produk yang kecil. Contohnya, layarnya sulit dilihat dan dioperasikan. Saat memilih light meter, cobalah memegangnya dan pertimbangkan apakah mudah atau tidak untuk Anda gunakan.

4

Cari produk yang baterainya sesuai dengan pemakaian Anda

Cari produk yang baterainya sesuai dengan pemakaian Anda

Ada dua jenis sumber daya light meter, yakni baterai charging dan baterai konvensional. Produk dengan baterai charging lebih hemat karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi. Sementara itu, produk dengan baterai konvensional lebih fleksibel untuk Anda yang melakukan pemotretan di outdoor.


Anda tidak perlu membeli baterai litium berkapasitas besar. Hal itu karena light meter hanya akan digunakan dalam waktu yang singkat saat pengambilan gambar. Jadi, alat ini tidak membutuhkan masa pemakaian baterai yang lama.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi light meter terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk light meter terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Smart Sensor

Digital Lux MeterAS803

Smart Sensor Digital Lux Meter 1

Rp159.000

Lebih Murah

Harganya terjangkau untuk berbagai kebutuhan

2

Krisbow

Light Meter Digital 40.000 Lux

Krisbow Light Meter Digital 40.000 Lux 1

Rp1.060.050

Menengah

Pengukurannya cepat dan dapat disambungkan dengan aplikasi seluler

3

Sekonic

LiteMaster PRO Light MeterL-478D

Sekonic LiteMaster PRO Light Meter 1

Rp4.740.000

Agak Mahal

Panel sentuh LCD-nya besar untuk pengoperasian yang intuitif

4

Voigtländer

VC Meter II

Voigtländer VC Meter II 1

Rp3.850.000

Agak Mahal

Desain klasiknya cocok dipadukan dengan kamera yang klasik pula

5

KEKS

KM02

KEKS KM02 1

Rp2.400.000

Agak Mahal

Praktis dan tahan lama, bisa digunakan seharian

6

TTArtisan

Light Meter

TTArtisan Light Meter 1

Rp1.149.000

Menengah

Bisa atur ISO, aperture, dan shutter speed sekaligus

7

UNI-T

Mini Light MetersUT383

UNI-T Mini Light Meters 1

Rp220.000

Agak Murah

Terjangkau dan fungsional untuk para pemula

8

Sekonic

Studio Deluxe IIIL-398A

Sekonic Studio Deluxe III 1

Rp8.400.000

Lebih Mahal

Light meter analog tanpa baterai yang masih diminati

9

SNDWAY

Lux MeterSW-582

SNDWAY  Lux Meter 1

Rp437.600

Agak Murah

Light meter yang kukuh dan tahan banting

10

Benetech

Split Type Lux MeterGM1030

Benetech  Split Type Lux Meter 1

Rp730.000

Menengah

Fungsinya ganda, bisa jadi termometer juga

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Smart SensorDigital Lux MeterAS803

Digital Lux Meter 1
Sumber: shopee.co.id
Digital Lux Meter 2
Sumber: shopee.co.id
Digital Lux Meter 3
Sumber: shopee.co.id
Digital Lux Meter 4
Sumber: shopee.co.id
Digital Lux Meter 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp159.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp159.000
Lebih Murah

Harganya terjangkau untuk berbagai kebutuhan

Kelebihan:

  • Bentuknya kecil dan mudah dioperasikan
  • Penggunaan daya baterainya efisien


Kekurangan:

  • Build quality tidak sekukuh produk lain

Pada umumnya, lux meter memiliki harga yang cukup tinggi. Namun, Anda masih bisa menemukan lux meter dengan harga terjangkau, lho! Salah satunya adalah Smart Sensor AS803. Dengan produk ini, Anda tidak perlu menyiapkan bujet yang besar untuk mendapatkan lux meter.


Lux meter ini juga dilengkapi fitur-fitur yang menarik, seperti LCD display dengan backlight. Fitur ini memungkinkan Anda melihat tampilan LCD dengan jelas meski dalam kondisi minim cahaya. Ada juga fitur peringatan baterai low dan auto power off untuk efisiensi penggunaan baterainya. Jadi, baterai dari lux meter ini lebih awet dan tahan lama.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

KrisbowLight Meter Digital 40.000 Lux

Harga referensi
Rp1.060.050
Menengah

Pengukurannya cepat dan dapat disambungkan dengan aplikasi seluler

Kelebihan:

  • Ukurannya kecil, mudah disimpan di dalam tas
  • Tingkat akurasi pengukurannya tinggi

Kekurangan:

  • Tidak langsung menampilkan eksposur yang direkomendasikan

Krisbow mengeklaim produknya ini mudah dan cepat untuk digunakan serta memiliki akurasi tinggi. Light meter ini memiliki desain yang ergonomis dan LCD yang besar. Selain itu, produk ini dapat disambungkan dengan aplikasi seluler Krisbow Meter. Jadi, Anda bisa dengan mudah melihat, menyimpan, dan mengatur aktivitas Anda saat menggunakan alat ini.


Akan tetapi, penggunaan light meter ini sedikit berbeda dengan yang lain. Anda perlu mempelajari pencahayaan yang baik karena produk ini hanya dapat menghitung tingkat kecerahan. Produk ini tidak bisa membantu Anda dalam pengaturan kamera. Anda pun dapat memilihnya jika hanya ingin mengetahui tingkat kecerahan suatu ruangan.

No.3

SekonicLiteMaster PRO Light MeterL-478D

Harga referensi
Rp4.740.000
Agak Mahal

Panel sentuh LCD-nya besar untuk pengoperasian yang intuitif

Kelebihan:

  • Sudah menampilkan setting eksposur yang direkomendasikan
  • Display-nya jelas dengan resolusi FHD

Kekurangan:

  • Pengaturannya cukup rumit, kurang mudah digunakan untuk pemula

Produk ini adalah light meter pertama di dunia yang menggunakan panel LCD sentuh berwarna. Ukuran yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan dari model konvensional sekaligus desain ergonomis membuatnya mudah untuk dipegang. Produk ini akan pas bagi Anda yang ingin menggunakan fungsi kamera secara maksimal.


Anda dapat memanfaatkan kamera secara maksimal dengan mendaftarkan profil eksposur dari kamera menggunakan Data Transfer Software yang sudah disertakan. Dengan fitur tersebut, Anda dapat menyinari dan memutuskan posisi pengambilan gambar sambil melihat profil eksposur.

No.4

VoigtländerVC Meter II

Harga referensi
Rp3.850.000
Agak Mahal

Desain klasiknya cocok dipadukan dengan kamera yang klasik pula

Kelebihan:

  • Bisa langsung dipasang di kamera
  • Visibilitas tinggi di kondisi minim cahaya

Kekurangan:

  • Kurang efektif untuk pemotretan outdoor


Produk Voigtländer ini mengedepankan kesatuan dengan kamera dan mengadopsi desain datar dengan ketebalan 13 mm. VC Meter II bahkan kompatibel saat dipasang ke kamera klasik. Produk ini menggunakan jenis fixed point matching dengan LED sehingga memiliki visibilitas tinggi dan pengoperasian yang intuitif.


Light meter kamera ini dapat digunakan dengan pengaturan prioritas apertur atau kecepatan rana. Ia dapat mengukur nilai EV 1 dan mendukung pemotretan dalam ruangan. Voigtländer VC Meter II bisa digunakan juga pada malam hari. Produk ini merupakan salah satu light meter terbaik untuk Anda yang suka mengambil gambar dengan menggunakan cahaya alami.

Harga referensi
Rp2.400.000
Agak Mahal

Praktis dan tahan lama, bisa digunakan seharian

Kelebihan:

  • Desainnya kukuh dan elegan
  • Dapat dibongkar dan dipasang dengan mudah sesuai dengan kebutuhan

Kekurangan:

  • Petunjuk indikatornya kecil, Anda harus mengamati dengan saksama

Produk KEKS ini menjadi pilihan untuk Anda yang mencari rekomendasi light meter dengan baterai awet. Anda juga tidak perlu menyiapkan bujet tambahan saat baterainya habis. Dalam sekali full charging, light meter kamera ini bisa tahan dipakai selama 20 jam. Keunggulan lainnya adalah dapat dipasang di kamera sehingga bisa menampilkan rekomendasi eksposur yang ideal.

Harga referensi
Rp1.149.000
Menengah

Bisa atur ISO, aperture, dan shutter speed sekaligus

Kelebihan:

  • Bentuknya kecil, bisa menempel langsung di kamera
  • Desainnya minimalis dan elegan

Kekurangan:

  • Pengoperasiannya cukup rumit untuk pemula


Jika Anda ingin mendapatkan gambar dengan pencahayaan yang ideal, Anda perlu mengatur ISO, aperture, dan shutter speed kamera. Apabila Anda masih bingung mengatur tiga elemen itu, Anda bisa memilih light meter kamera ini. Produk ini menggunakan konsep three dials untuk membantu Anda menemukan nilai ISO, aperture, dan shutter speed yang ideal. TTArtisan Light Meter akan cocok untuk Anda yang baru serius menggunakan kamera.

Harga referensi
Rp220.000
Agak Murah

Terjangkau dan fungsional untuk para pemula

Kelebihan:

  • Ada fitur notifikasi saat baterai low dan auto power off

Kekurangan:

  • Sensornya tidak bisa diputar untuk mengukur arah lain

Untuk seorang pemula, menggunakan light meter dengan banyak pengaturan terasa merepotkan. Jika Anda masih awam, Anda bisa mencoba UNI-T Mini Light Meters. Produk ini merupakan light meter yang kecil sehingga bisa dioperasikan dengan satu tangan.

 
Tombol pengukuran pada produk ini juga simpel dan jelas sehingga mudah dipahami. Anda pun bisa menyambungkannya dengan ponsel via Bluetooth. Jadi, semua data hasil pengukuran dapat Anda simpan di HP.

No.8

SekonicStudio Deluxe IIIL-398A

Harga referensi
Rp8.400.000
Lebih Mahal

Light meter analog tanpa baterai yang masih diminati

Kelebihan:

  • Tanpa baterai sehingga bisa digunakan kapan saja

Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi dan butuh keahlian untuk dioperasikan

Studio Deluxe III termasuk pengukur analog yang masih populer. Light meter Sekonic ini terlihat cocok dengan kamera tua dengan desain hangat dan klasiknya. Menggunakan sensor cahaya amorf sebagai elemen penerima cahaya, produk ini tidak membutuhkan baterai untuk dioperasikan.


Light meter kamera analog ini dapat membaca nilai eksposur secara cepat dengan mencocokkan pengaturan apertur lensa dan ISO ke dial ring. Makin sering menggunakannya, maka Anda akan cepat terbiasa dengan dasar-dasar eksposur. Produk ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin belajar fotografi dengan sungguh-sungguh.

No.9

SNDWAY Lux MeterSW-582

Harga referensi
Rp437.600
Agak Murah

Light meter yang kukuh dan tahan banting

Kelebihan:

  • Sensornya dapat diputar 360 derajat
  • Drop-proof sampai 1 meter

Kekurangan:

  • Tidak langsung menampilkan eksposur yang direkomendasikan

Jika Anda mencari rekomendasi lux meter yang lebih tangguh, produk ini bisa dipertimbangkan. SNDWAY Lux Meter SW-582 memiliki fall off protection yang menjaganya tetap aman saat jatuh dari ketinggian 1 meter. Dengan begitu, Anda dapat merasa lebih aman saat membawa lux meter ini untuk pemotretan outdoor. Display layar LCD-nya juga jernih sehingga Anda bisa melihat jelas tingkat intensitas cahaya di daerah yang akan Anda potret.

No.10

Benetech Split Type Lux MeterGM1030

Harga referensi
Rp730.000
Menengah

Fungsinya ganda, bisa jadi termometer juga

Kelebihan:

  • Respons pengukurannya cepat


Kekurangan:

  • Ukuran lux meter dan tasnya besar, kurang praktis dibawa-bawa

Benetech GM1030 bisa menjadi lux meter terbaik untuk dipilih bila Anda mencari produk yang multifungsi. Selain menjadi alat untuk mengukur tingkat intensitas cahaya, produk ini bisa digunakan untuk mengukur suhu. Kami merekomendasikan alat ini untuk Anda yang sering memotret di daerah yang dingin, seperti dataran tinggi atau pegunungan. Saat suhu udara terlalu dingin, Anda bisa melindungi kamera Anda agar tidak mengembun.

Cara menggunakan light meter untuk fotografi

Cara menggunakan light meter untuk fotografi

Bagi pemula, cara menggunakan light meter mungkin agak membingungkan. Hal ini karena penggunaan reflected light meter dan incident light meter berbeda. Kami akan menjelaskannya pada poin berikut.


  • Reflected light meter
Untuk reflected light meter, Anda cukup mengarahkannya ke daerah midtone. Ini merupakan area yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Selanjutnya, layar LCD dari light meter akan menunjukkan setting eksposur, termasuk f-stop yang direkomendasikan. Anda tinggal memasukkan angka yang direkomendasikan ke setting eksposur kamera.

  • Incident light meter
Tipe incident light meter diklaim lebih akurat karena mengukur langsung kuantitas cahaya yang jatuh ke subjek. Anda hanya perlu menempatkan light meter ke subjek foto, kemudian arahkan kubah putih light meter ke sumber cahaya. Jika cahaya berasal dari samping, arahkan kubah putih light meter ke samping. Nantinya light meter akan memberikan hasil perhitungan f-stop yang akurat.

Baca juga rekomendasi produk pendukung fotografi lainnya disini

Jika Anda ingin lebih mendalami fotografi, light meter bukanlah satu-satunya alat yang akan Anda butuhkan. Anda juga perlu mempunyai alat dan aksesori fotografi lainnya untuk mengambil gambar. Yuk, cek artikel-artikel lainnya di bawah ini!

Kesimpulan

Light meter memang membantu untuk mengambil gambar dengan pencahayaan yang baik. Meskipun demikian, Anda tidak bisa selalu mengandalkan alat ini. Anda juga harus mengimbanginya dengan rajin mengasah kemampuan fotografi Anda.


Mengingat ada banyak jenis light meter di pasaran, kami harap artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda memilih produk yang tepat. Pilihlah produk yang sesuai dengan kemampuan dan budget Anda, ya. Selamat berbelanja!

5 Rekomendasi Light Meter terbaik

No. 1: Smart SensorDigital Lux MeterAS803

No. 2: KrisbowLight Meter Digital 40.000 Lux

No. 3: SekonicLiteMaster PRO Light MeterL-478D

No. 4: VoigtländerVC Meter II

No. 5: KEKSKM02

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kamera
  3. Lighting & studio
  4. 10 Rekomendasi Light Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.