1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Ada tiga jenis coklat, yaitu dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate. Diantara ketiganya, dark chocolate termasuk jenis coklat yang paling banyak diminati. Pasalnya, dark chocolate memberikan manfaat baik untuk tubuh, termasuk saat diet. Tak hanya rasa pahit, dark chocolate juga sangat kaya akan cita rasa.


Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan tips memilih dark chocolate yang enak dijadikan camilan atau bahan masakan. Jangan ketinggalan, ada juga rekomendasi produk dark chocolate terbaik dari Indonesia, seperti merek Chocolate Monggo, SilverQueen, dan Pipiltin Cocoa. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Diperbaharui 01-13-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Dark chocolate, cokelat pahit yang baik untuk kesehatan

Dark chocolate, cokelat pahit yang baik untuk kesehatan

Di balik rasa pahit dark chocolate, jenis cokelat ini memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan. Dark chocolate menggunakan kakao sebagai bahan dasarnya. Biji kakao sendiri mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Berikut ini adalah berbagai manfaat dari kandungan kakao.


  • Theobromine memiliki efek seperti kafein yang membuat Anda merasa segar serta dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

  • Antioksidan di dalam cokelat berperan untuk melindungi organ tubuh dari radikal bebas. Bahkan, kulit Anda pun ikut terlindungi dengan mengonsumsi cokelat.

  • Tryptophan merupakan neurotransmiter bagi otak dalam menghasilkan serotonin, sedangkan phenylethylalanine membantu produksi endorfin di dalam tubuh. Tak heran mengonsumsi cokelat dapat menciptakan perasaan senang.

Semua manfaat dari cokelat hitam ini akan Anda rasakan jika mengonsumsinya dalam jumlah yang pas dan tidak berlebihan. Selalu perhatikan jumlah konsumsi per sajiannya, ya. Hal ini juga penting bagi Anda yang sedang diet atau memulai gaya hidup sehat.

Cara memilih dark chocolate

Setelah mengetahui manfaat dark chocolate, ketahuilah cara memilih dark chocolate yang tepat. Anda perlu mempertimbangkan tipe, kandungan kakao, jumlah kalori, serta hal lainnya. Poin-poin di bawah ini akan membantu Anda dalam memilih dark chocolate.

① Pilih berdasarkan tipe dark chocolate

Sama seperti cokelat lainnya, ada dua tipe cokelat hitam yang dapat Anda pilih. Anda dapat memilih cokelat hitam sebagai snack (camilan) atau yang dapat langsung dimakan. Untuk makanan favorit Anda, Anda dapat memilih dark cooking chocolate.

Snack, dark chocolate yang bisa dimakan langsung

Snack, dark chocolate yang bisa dimakan langsung

Dark chocolate siap santap merupakan produk yang paling umum Anda temui. Bahkan, Anda dapat membelinya di warung terdekat. Cokelat yang bisa langsung dimakan biasanya dijadikan sebagai camilan praktis yang lezat serta merupakan favorit anak-anak sampai orang dewasa.


Dark chocolate sebagai camilan memiliki varian rasa yang menarik, seperti cokelat dengan tambahan kacang mete, almond, atau buah-buahan kering. Harganya pun cukup bervariasi sesuai dengan kualitasnya.

Cooking chocolate, pas untuk resep makanan penutup

Cooking chocolate, pas untuk resep makanan penutup

Dark cooking chocolate merupakan pilihan cokelat untuk bahan masakan. Biasanya dark cooking chocolate berbentuk batangan yang perlu Anda potong-potong terlebih dahulu. Namun, ada juga yang berbentuk kepingan bulat sehingga lebih mudah dicairkan.


Ada dua jenis cooking chocolate, yaitu compound dan couverture. Keduanya berbeda dalam hal kompoisisi serta harga. 


  • Cokelat compound terbuat dari bubuk kakao dan lemak nabati. Harganya juga lebih murah dibandingkan cokelat couverture. Cokelat compound dapat dengan mudah Anda temukan di supermarket atau minimarket. Selain itu, cokelat compound lebih mudah diolah menjadi makanan.

  • Cokelat couverture terbuat dari cocoa mass dan cocoa butter. Melelehkan cokelat couverture juga tak boleh sembarangan. Di samping itu, Anda perlu memahami teknik tempering agar hasilnya smooth dan mengilap. Karena itu, cokelat couverture lebih banyak digunakan dalam bakery kelas atas atau industri besar.

Apabila Anda sedang mencari cokelat couverture yang enak untuk membuat berbagai sajian, klik tautan di bawah ini. Anda dapat mendapatkan berbagai informasi seputar cokelat couverture terbaik.

② Perhatikan komposisi dark chocolate

Saat memilih dark chocolate sebagai camilan ataupun bahan masakan, Anda perlu memperhatikan komposisinya. Anda dapat memilih dark chocolate berdasarkan persentase kakao atau varian rasanya. Pertimbangkan dark chocolate yang sesuai dengan selera Anda.

Persentase kakao, menentukan tingkat rasa pahit dark chocolate

Persentase kakao, menentukan tingkat rasa pahit dark chocolate

Dark chocolate memang memiliki rasa yang pahit. Namun, tingkat rasa pahitnya sangat bergantung pada persentase kakao yang digunakan. Makin tinggi persentase kakaonya, rasanya akan makin pahit.


  • Dark chocolate dengan kakao 80–100% memiliki rasa yang pahit. Kalori dark chocolate ini lebih rendah. Jika Anda sedang diet menurunkan berat badan, pertimbangkan untuk memilih dark chocolate ini.

  • Kandungan kakao 50–80% memiliki sentuhan rasa sedikit manis. Apabila Anda belum terbiasa dengan dark chocolate yang terlalu pahit, cobalah dark chocolate ini.

  • Kandungan kakao kurang dari 50% memiliki rasa yang manis. Meski begitu, rasa manisnya tentu tidak semanis milk chocolate.

Dark chocolate dengan varian rasa, memberikan cita rasa berbeda

Dark chocolate dengan varian rasa, memberikan cita rasa berbeda

Jika Anda belum terbiasa dengan rasa pahit dari dark chocolate, pertimbangkanlah cokelat dengan tambahan varian rasa. Ada dark chocolate dengan tambahan kacang, raisins, sampai rempah-rempah. Adanya tambahan rasa lain tentu membuat dark chocolate terasa lebih lezat. Jadi, Anda yang belum terbiasa, bahkan anak-anak pun, dapat menikmatinya.


Tentu saja dark chocolate dengan tambahan isian membuatnya lebih menggugah selera. Namun, tetap pertimbangkan kalori serta kandungan gulanya, ya. Hal ini sangat penting jika Anda sedang menjalankan diet penurunan berat badan.

③ Perhatikan asal sumber kakaonya

Perhatikan asal sumber kakaonya

Setiap kakao memiliki rasa yang khas. Unsur hara, cara pemupukan, iklim, dan banyak faktor lainnya dapat memengaruhi rasa cokelat. Ada cokelat yang memiliki rasa smoky yang kuat sampai rasa buah-buahan.


Untuk Anda yang sangat memperhatikan taste cokelat, perhatikanlah asal kakaonya. Kakao dari Indonesia tentu saja memiliki taste yang berbeda dengan cokelat dari negara lainnya. Kebanyakan produsen cokelat sayangnya tidak menuliskan asal kakaonya di dalam kemasan produk.

10 Rekomendasi dark chocolate terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk dark chocolate terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

The Belgian

Dark Chocolate Bar 85%

The Belgian Dark Chocolate Bar 85% 1枚目

Nikmatnya coklat Belgia berkualitas dan kaya rasa

2

Krakakoa

Arenga 85% Dark Chocolate

Krakakoa Arenga 85% Dark Chocolate 1枚目

Rasakan manfaat baik yang lebih banyak untuk tubuh

3

Gandum Mas Kencana

Colatta Fineza Compound Chocolate

Gandum Mas Kencana Colatta Fineza Compound Chocolate 1枚目

Mencairkan coklat jadi lebih mudah dengan coklat masak bentuk kancing

4

Pipiltin Cocoa

Dark Chocolate - Chocolate Bar Bali 70%

Pipiltin Cocoa Dark Chocolate - Chocolate Bar Bali 70%  1枚目

Uniknya rasa kakao khas Indonesia

5

Junglegold

Sea Salt & Cacao Nibs

Junglegold  Sea Salt & Cacao Nibs 1枚目

Kombinasi rasa manis, pahit, dan asin yang menggugah selera

6

D'Lanier

Dark Chocolate 82% with sweetened from Stevia

D'Lanier Dark Chocolate 82% with sweetened from Stevia 1枚目

Dengan pemanis alami yang aman untuk penderita diabetes

7

Delfi

SilverQueen Chunky Bar Dark Chocolate

Delfi SilverQueen Chunky Bar Dark Chocolate 1枚目

Rasanya tetap manis dan gurih!

8

Cau Chocolates

Dark Chocolate Vegan

Cau Chocolates Dark Chocolate Vegan 1枚目

Cokelat vegan organik nikmat dengan banyak pilihan rasa

9

Chocolate Monggo

CHIA SEEDS Dark Chocolate

Chocolate Monggo CHIA SEEDS Dark Chocolate 1枚目

Dark chocolate 100% yang bisa dimakan langsung untuk diet bernutrisi

10

Whittaker's

72% Dark Ghana

Whittaker's 72% Dark Ghana 1枚目

Vegan-friendly dan aman untuk perut

Perincian produk
Close
No.1

The BelgianDark Chocolate Bar 85%

Mulai dari Rp37.000,00

Nikmatnya coklat Belgia berkualitas dan kaya rasa

Cokelat Belgia digadang-gadang sebagai salah satu cokelat terenak di dunia. Rasa cokelatnya yang pekat dinilai sebagai daya tariknya. Jika Anda senang dengan rasa cokelat yang seperti itu, The Belgian Dark Chocolate Bar 85% pastinya akan menjadi cokelat favorit Anda. 


Selain dari cita rasa cokelatnya sendiri yang sangat nikmat, The Belgian sendiri juga memiliki kualitas pembuatan cokelat yang terjamin. Hal ini dibutikan dengan diraihnya sertifikasi level AA+ dari BRCGS Global Standard for Food Safety. 

No.2

KrakakoaArenga 85% Dark Chocolate

Mulai dari Rp46.670,00

Rasakan manfaat baik yang lebih banyak untuk tubuh

Krakakoa merupakan merek cokelat asli Indonesia. Dark chocolate dari Krakakoa diklaim menjadi favorit konsumennya. Apabila Anda suka rasa dark chocolate yang pekat, Anda dapat memilih Krakakoa dengan kandungan kakao sebanyak 85%.


Krakakoa menggunakan gula arenga sebagai pemanisnya. Arenga merupakan palm sugar yang kaya akan mineral serta nutrisi lainnya. Di samping itu, gula arenga memiliki rasa yang khas. Tak hanya enak di lidah, cokelat dari Krakakoa juga diklaim baik untuk kesehatan.

No.3

Gandum Mas KencanaColatta Fineza Compound Chocolate

Mulai dari Rp30.000,00

Mencairkan coklat jadi lebih mudah dengan coklat masak bentuk kancing

Untuk membuat kue atau hidangan manis berbasis cokelat, Anda perlu mencairkan cokelatnya terlebih dahulu. Anda juga butuh untuk memotongnya menjadi lebih kecil agar mudah ditimbang dan dicairkan. Namun, tahapan tersebut sudah tak perlu dilakukan lagi jika Anda memilih produk ini. 


Pasalnya, produk dark cooking chocolate dari Colatta ini memiliki bentuk kancing. Bentuk kancing tersebut membuat Anda tak perlu lagi memotongnya kecil-kecil. Tentunya, produk ini pas sekali untuk Anda yang mengutamakan kepraktisan dalam memasak.

No.4

Pipiltin CocoaDark Chocolate - Chocolate Bar Bali 70%

Mulai dari Rp28.000,00

Uniknya rasa kakao khas Indonesia

Takaran 70% dark cacao dinilai sebagai takaran yang pas untuk sebuah coklat. Persentase coklat ini akan terasa sedikit pahit, tetapi tetap ada hint creamy di mulut. Nah, Pipiltin Cocoa ini menghadirkan coklat Bali dengan takaran 70% dark chocolate. 


Coklat Bali sendiri memiliki cita rasa yang unik dengan sensasi fruity. Anda bisa merasakan sensasi yang nikmat di mulut antara rasa creamy, pahit, dan sedikit asam.

No.5

Junglegold Sea Salt & Cacao Nibs

Mulai dari Rp59.000,00

Kombinasi rasa manis, pahit, dan asin yang menggugah selera

Bagi Anda penggemar dark chocolate, wajib mencicipi Sea Salt & Cacao Nibs dari Junglegold Bali ini. Dark chocolate yang dipadukan dengan garam laut Bali dan biji kakao yang renyah menghasilkan cita rasa yang sangat nikmat. Sedikit rasa pahit, manis, asin, dan kerenyahan bisa Anda rasakan dalam satu gigitan. Silakan coba dan buktikan sendiri!

No.6

D'LanierDark Chocolate 82% with sweetened from Stevia

Mulai dari Rp63.000,00

Dengan pemanis alami yang aman untuk penderita diabetes

Ingin menikmati dark chocolate yang tidak terlalu pahit, tetapi bebas gula? Nah, D'Lanier punya cokelatnya untuk Anda. Cokelat siap santap ini mengandung 82% dark chocolate dengan pemanis alami stevia dan erythritol. Rasanya manis dan juga cocok untuk penderita diabetes. Salain itu, cokelat siap santap ini dibuat dalam bentuk kotak-kotak kecil. Menyantapnya pun jadi lebih praktis.

No.7

DelfiSilverQueen Chunky Bar Dark Chocolate

Mulai dari Rp23.500,00

Rasanya tetap manis dan gurih!

Mungkin tak banyak orang tahu bahwa merek cokelat SilverQueen juga memiliki varian dark chocolate. Apabila Anda tergolong baru mencicipi dark chocolate, Anda dapat mencoba dark chocolate dari SilverQueen. Rasanya cenderung manis dan tak terlalu pahit di lidah.


SilverQueen menggunakan cashew atau kacang mete untuk menambah tekstur. Cashew juga memberikan cita rasa gurih dalam tiap gigitannya. Dijamin si kecil juga akan suka dengan dark chocolate dari SilverQueen.

No.8

Cau ChocolatesDark Chocolate Vegan

Mulai dari Rp20.000,00

Cokelat vegan organik nikmat dengan banyak pilihan rasa

Cau Chocolates telah berhasil meraih sertifikasi organik dari Indonesian Organic Farming Certification. Hal ini menunjukkan bahwa cokelatnya ditanam tanpa menggunakan pupuk kimiawi. Di sisi lain, cokelat ini vegan yang artinya tidak mengandung susu. 


Nah, bagi Anda yang menginginkan cokelat sehat, tetapi tetap lezat, Dark Chocolate Vegan ini bisa jadi pilihan. Ada lima varian rasa yang bisa Anda pilih, yakni almond, cashew, ginger, coffee, dan mint. Pilihan rasa yang menarik, bukan? 

No.9

Chocolate MonggoCHIA SEEDS Dark Chocolate

Mulai dari Rp48.000,00

Dark chocolate 100% yang bisa dimakan langsung untuk diet bernutrisi

Chocolate Monggo adalah merek cokelat lokal yang terus berinovasi. Salah satu inovasi Chocolate Monggo adalah dark chocolate dengan chia seed. Cokelat ini bisa sekali dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet dan mengutamakan kesehatan.


Cokelatnya menggunakan 100% dark chocolate dan bebas lemak trans. Snack sehat ini bebas gula sehingga diabetic-friendly dan keto-friendly. Tambahan chia seed di dalamnya juga membuat cokelat ini makin bernutrisi untuk tubuh Anda.

No.10

Whittaker's72% Dark Ghana

Mulai dari Rp108.500,00

Vegan-friendly dan aman untuk perut

Ghana merupakan salah satu negara penghasil cokelat terbaik. Kini Anda dapat merasakan cita rasa cokelat khas Gana dari Whittaker's. Whittaker's meracik cokelat dengan presisi untuk rasa bittersweet yang sempurna.


Produksi cokelat Whittaker's bebas produk susu dan gluten. Oleh karena itu, cokelat Whittaker's sangat cocok untuk para vegan sekaligus penyakit celiac. Jangan ragu untuk mencoba cokelat enak dari Whittaker's, ya!

Baca juga rekomendasi coklat lainnya di sini

Cokelat memang merupakan camilan yang lezat. Anak-anak sampai orang dewasa pasti sangat menyukai cokelat. Cokelat pun dapat menjadi minuman yang digemari. Selain dark chocolate, masih ada banyak jenis cokelat lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai jenis cokelat lainnya!

Kesimpulan

Dark chocolate tak hanya enak, tetapi juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas. Dark chocolate dapat dimakan begitu saja sampai digunakan sebagai cooking chocolate


Saat memilih dark chocolate, pastikan kandungan kakaonya juga. Tambahan kacang ataupun buah-buahan di dalam dark chocolate memang dapat menambah cita rasanya. Tak hanya itu, nutrisinya pun ikut bertambah. Pastikan dark chocolate pilihan Anda sesuai dengan selera.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer