• 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Dari tiga jenis cokelat, yaitu dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate, dark chocolate menjadi jenis cokelat yang paling banyak diminati. Manfaat mengonsumsi dark chocolate menjadi alasan jenis cokelat ini banyak peminatnya. Tak hanya rasa pahit, dark chocolate juga sangat kaya akan cita rasa.


Dalam artikel kali ini kami akan memberikan tips memilih dark chocolate yang enak dijadikan camilan atau bahan masakan. Jangan ketinggalan juga melihat rekomendasi produk dark chocolate terbaik, mulai dari SilverQueen Dark Chocolate, Lindt Dark Chocolate, sampai Callebaut Dark Chocolate. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Dodon Jerry
  • Pembaharuan terakhir: 15 Oktober 2021
  • 18.311 Views
Daftar isi

Manfaat dark chocolate untuk kesehatan

Manfaat dark chocolate untuk kesehatan

Di balik rasa pahit dark chocolate, jenis cokelat ini memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan. Dark chocolate menggunakan kakao sebagai bahan dasarnya. Biji kakao sendiri mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium.


Selain mengandung mikronutrien dan makronutrien, dark chocolate juga mengandung theobromine dan antioksidan. Theobromine memiliki efek seperti kafein yang membuat Anda merasa segar serta dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Lalu, antioksidan di dalam cokelat berperan untuk melindungi organ tubuh dari radikal bebas. Bahkan, kulit Anda pun ikut terlindungi dengan mengonsumsi cokelat.


Anda juga pasti pernah mendengar bahwa cokelat dapat menciptakan rasa senang. Hal ini dapat terjadi berkat kandungan asam amino tryptophan dan phenylethylalanine di dalam cokelat Tryptophan merupakan neurotransmiter bagi otak dalam menghasilkan serotonin, sedangkan phenylethylalanine membantu produksi endorfin di dalam tubuh.


Semua manfaat dari dark chocolate ini akan Anda rasakan jika mengonsumsinya dalam jumlah yang pas dan tidak berlebihan. Selalu perhatikan jumlah konsumsi per sajiannya, ya. Hal ini juga penting bagi Anda yang sedang diet atau memulai gaya hidup sehat.

Cara memilih dark chocolate

Setelah mengetahui manfaat dark chocolate, ketahuilah cara memilih dark chocolate yang tepat. Anda perlu mempertimbangkan tipe, kandungan kakao, jumlah kalori, serta hal lainnya. Poin-poin di bawah ini akan membantu Anda dalam memilih dark chocolate.

Pilih berdasarkan tipe dark chocolate

Sama seperti cokelat lainnya, ada dua tipe dark chocolate yang dapat Anda pilih. Anda dapat memilih dark chocolate sebagai snack (camilan) atau yang dapat langsung dimakan. Untuk makanan favorit Anda, Anda dapat memilih dark cooking chocolate.

Snack, siap santap tanpa perlu diolah lagi

Snack, siap santap tanpa perlu diolah lagi

Dark chocolate siap santap merupakan produk yang paling umum Anda temui. Bahkan, Anda dapat membelinya di warung terdekat. Cokelat siap santap biasanya dijadikan sebagai camilan manis yang lezat serta merupakan favorit anak-anak sampai orang dewasa.


Dark chocolate sebagai camilan memiliki varian rasa yang menarik. Mulai dari cokelat dengan kacang sampai cokelat dengan rasa yang unik dapat Anda pilih. Harganya pun cukup bervariasi sesuai kualitasnya.

Cooking chocolate, pas untuk resep makanan penutup

Cooking chocolate, pas untuk resep makanan penutup

Dark cooking chocolate merupakan pilihan cokelat untuk bahan masakan. Biasanya dark cooking chocolate berbentuk batangan yang perlu Anda potong-potong terlebih dahulu. Namun, ada juga yang berbentuk kepingan bulat sehingga lebih mudah untuk dicairkan.


Ada dua jenis cooking chocolate, yaitu compound dan couverture. Keduanya berbeda dalam hal kompoisisi serta harga. Cokelat compound terbuat dari bubuk kakao dan lemak nabati. Harganya juga lebih murah dibandingkan cokelat couverture. Cokelat compound dapat dengan mudah Anda temukan di supermarket atau mini market. Selain itu, cokelat compound lebih mudah diolah menjadi makanan.


Berbeda halnya dengan cokelat compound, cokelat couverture terbuat dari cocoa mass dan cocoa butter. Harganya lebih mahal dibandingkan cokelat compound. Melelehkan cokelat couverture juga tak boleh sembarangan. Di samping itu, Anda perlu memahami teknik tempering agar hasilnya smooth dan mengilap. Karena itu, cokelat couverture lebih banyak digunakan dalam bakery kelas atas atau industri besar.

Perhatikan komposisi dark chocolate

Saat memilih dark chocolate sebagai camilan ataupun bahan masakan, Anda perlu memperhatikan komposisinya. Anda dapat memilih dark chocolate berdasarkan persentase kakao atau varian rasanya. Pertimbangkan dark chocolate yang sesuai dengan selera Anda.

Pastikan persentase kakao yang digunakan

Pastikan persentase kakao yang digunakan

Dark chocolate memang memiliki rasa yang pahit. Namun, tingkat rasa pahitnya sangat bergantung pada persentase kakao yang digunakan. Makin tinggi persentase kakaonya, rasanya akan makin pahit. Meski demikian, kandungan gula dan kalorinya pun lebih rendah.


Dark chocolate dengan persentase kakao yang tinggi akan memberikan manfaat yang lebih baik untuk kesehatan. Untuk Anda yang mengutamakan kesehatan dan sedang berdiet, Anda dapat memilih dark chocolate dengan kandungan 70% ke atas.

Pertimbangkan untuk memilih dark chocolate dengan varian rasa

Pertimbangkan untuk memilih dark chocolate dengan varian rasa

Jika Anda belum terbiasa dengan rasa pahit dari dark chocolate, pertimbangkanlah cokelat dengan tambahan varian rasa. Biasanya ada dark chocolate dengan tambahan kacang, raisins, sampai rempah-rempah. Adanya tambahan rasa lain tentu membuat dark chocolate terasa lebih lezat. Jadi, Anda yang belum terbiasa, bahkan anak-anak pun, dapat menikmatinya.


Selain itu, dark chocolate dengan varian rasa tak mencantumkan persentase kakao yang digunakan. Untuk Anda yang sedang berdiet, perhatikan jumlah kalori serta kandungan gulanya, ya.

Perhatikan asal sumber kakaonya

Perhatikan asal sumber kakaonya

Setiap kakao memiliki rasa yang khas. Unsur hara, cara pemupukan, iklim, dan banyak faktor lainnya dapat memengaruhi rasa cokelat. Ada cokelat yang memiliki rasa smoky yang kuat sampai rasa buah-buahan.


Untuk Anda yang sangat memperhatikan taste cokelat, perhatikanlah asal kakaonya. Kakao dari Indonesia tentu saja memiliki taste yang berbeda dengan cokelat dari negara lainnya. Biasanya produsen cokelat juga mencantumkan taste dalam cokelat tersebut.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi dark chocolate terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk dark chocolate terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10
Kandungan kakaoTidak disebutkan
JenisSnack
Isi65 gram
Kalori170 kkal per 30 gram
9

Cadbury Old Gold Dark Chocolate Old Jamaica Rum N Raisin

Mulai dari Rp 120.000,00

Kandungan kakaoTidak disebutkan
JenisSnack
Isi180 gram
Kalori495 kkal per 100 gram
8
Kandungan kakao72%
JenisSnack
Isi200 gram
Kalori554 kkal per 100 gram
7

Rosso BiancoPipiltin Cocoa Cooking Cokelat Couverture

Mulai dari Rp 95.000,00

Kandungan kakao60%, 72%, 73%
JenisDark cooking chocolate
Isi240 gram, 1 kg
KaloriTidak disebutkan
6
Kandungan kakao70,5%
JenisDark cooking chocolate
Isi400 gram, 2,5 kg
KaloriTidak disebutkan
5
Kandungan kakao100%
JenisSnack
Isi80 gram
Kalori280 kkal per 40 gram
4
Kandungan kakaoTidak disebutkan
JenisDark cooking chocolate
Isi400 gram
KaloriTidak disebutkan
3

KrakakoaArenga 85% Dark Chocolate

Mulai dari Rp 40.000,00

Kandungan kakao80%
JenisSnack
Isi50 gram
Kalori105 kkal per 25 gram
2
Kandungan kakao99%
JenisSnack
Isi50 gram
Kalori270 kkal per 50 gram
1

TulipDark Chocolate Compound 1 kg

Mulai dari Rp 50.000,00

Kandungan kakaoTidak disebutkan
JenisDark cooking chocolate
Isi1 kg
KaloriTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk dark chocolate terbaik

Gambar produk
1
Tulip Dark Chocolate Compound 1 kg 1

Tulip

2
Lindt EXCELLENCE Cacao 99% 1

Lindt

3
Krakakoa Arenga 85% Dark Chocolate 1

Krakakoa

4
Haan Colatta Fineza Compound Chocolate 1

Haan

5
Chocolate Monggo 100% Cocoa Dark Chocolate 1

Chocolate Monggo

6
Callebaut Recipe N°70-30-38 (Callets) 1

Callebaut

7
Rosso Bianco Pipiltin Cocoa Cooking Cokelat Couverture 1

Rosso Bianco

8
Whittaker's 72% Cocoa Dark Ghana 1

Whittaker's

9
Cadbury  Old Gold Dark Chocolate Old Jamaica Rum N Raisin  1

Cadbury

10
Delfi SilverQueen Dark Chocolate Cashew 1

Delfi

Nama produk

Dark Chocolate Compound 1 kg

EXCELLENCE Cacao 99%

Arenga 85% Dark Chocolate

Colatta Fineza Compound Chocolate

100% Cocoa Dark Chocolate

Recipe N°70-30-38 (Callets)

Pipiltin Cocoa Cooking Cokelat Couverture

72% Cocoa Dark Ghana

Old Gold Dark Chocolate Old Jamaica Rum N Raisin

SilverQueen Dark Chocolate Cashew

Keunggulan

Rahasia makanan enak dengan harga yang terjangkau

Coklat premium yang memanjakan indra perasa dan penciuman

Rasakan manfaat baik yang lebih banyak untuk tubuh

Mencairkan coklat jadi lebih mudah dengan bentuk kancing

100% cokelat bebas gula, diet tetap aman!

Taste buah-buahan menjadikan hidangan lebih istimewa

Rasa cokelat yang khas dari berbagai daerah di Nusantara

Vegan friendly dan aman untuk perut

Rum dan raisin-nya bikin cokelat jadi spesial

Rasanya tetap manis dan gurih!

Harga mulai dariRp 50.000,00Rp 63.000,00Rp 40.000,00Rp 30.000,00Rp 49.000,00Rp 115.000,00Rp 95.000,00Rp 99.000,00Rp 120.000,00Rp 16.000,00
Kandungan kakaoTidak disebutkan99%80%Tidak disebutkan100%70,5%60%, 72%, 73%72%Tidak disebutkanTidak disebutkan
JenisDark cooking chocolateSnackSnackDark cooking chocolateSnackDark cooking chocolateDark cooking chocolateSnackSnackSnack
Isi1 kg50 gram50 gram400 gram80 gram400 gram, 2,5 kg240 gram, 1 kg200 gram180 gram65 gram
KaloriTidak disebutkan270 kkal per 50 gram105 kkal per 25 gramTidak disebutkan280 kkal per 40 gramTidak disebutkanTidak disebutkan554 kkal per 100 gram495 kkal per 100 gram170 kkal per 30 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi coklat lainnya di sini

Cokelat memang merupakan camilan yang lezat. Anak-anak sampai orang dewasa pasti sangat menyukai cokelat. Cokelat pun dapat menjadi minuman yang digemari. Selain dark chocolate, masih ada banyak jenis cokelat lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Cokelat batangan, cokelat bubuk, sampai minuman cokelat ada dalam artikel kami lainnya. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai jenis cokelat lainnya!

Kesimpulan

Dark chocolate tak hanya enak, tetapi juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas. Dark chocolate dapat dimakan begitu saja sampai digunakan sebagai cooking chocolate


Saat memilih dark chocolate, pastikan kandungan kakaonya juga. Tambahan kacang ataupun buah-buahan di dalam dark chocolate memang dapat menambah cita raanya. Tak hanya itu, nutrisinya pun ikut bertambah. Pastikan dark chocolate pilihan Anda sesuai dengan selera.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Snack Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Snack Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    Seiring dengan perkembangan janin, ibu hamil akan mengalami peningkatan nafsu makan. Selain itu, wanita yang sedang hamil memang membutuhkan asupan nutrisi yang lebih besar dibandingkan biasanya. Anda dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi snack atau camilan sebelum jam makan tiba. Namun, jangan sampai salah memilih camilan, ya. Pilihlah snack yang bagus dengan kandungan nutrisi di dalamnya.Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih snack yang sehat dan baik untuk ibu hamil. Tidak ketinggalan, ada juga rekomendasi merk snack terbaik untuk ibu hamil, seperti merek Soyjoy, Fitchips, dan lainnya. Silakan membaca sampai habis.
    Makanan kecil & snack
    91.925 Views
  • 10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Menjalankan program diet bukan berarti Anda tidak boleh ngemil. Anda bisa ngemil, hanya saja tidak boleh sembarangan. Jika ingin menikmati camilan, konsumsilah biskuit diet rendah kalori. Biskuit diet memiliki kadar kalori serta kandungan gula yang rendah sehingga tidak akan menambah berat badan.Ada banyak produk biskuit untuk diet yang enak, seperti merek WRP, Tropicana Slim, atau Slim & Fit. Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terpopuler dan membahas tentang biskuit untuk diet. Tidak lupa, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga memberikan komentarnya di sini. Yuk, baca sampai selesai!
    Makanan kecil & snack
    172.765 Views
  • 10 Merk Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Siapa yang tidak suka menyantap snack atau makanan ringan? Snack dapat Anda nikmati kapan pun dan di mana pun. Baik saat bersantai maupun berpesta di rumah, akan terasa kurang apabila Anda tidak melengkapinya dengan aneka makanan ringan.Dalam artikel ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi snack terbaik yang dijamin membuat Anda ketagihan! Ada merek makanan ringan Cheetos, Pringles, Calbee, Lay’s, dan sebagainya. Sebelumnya, kami pun akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih snack agar Anda mudah menemukan yang sesuai selera. Yuk, simak artikel ini!
    Makanan kecil & snack
    122.166 Views
  • 9 Merk Permen Karet Bebas Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    9 Merk Permen Karet Bebas Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Permen karet bebas gula adalah permen karet rendah kalori yang tidak merusak gigi saat dikonsumsi. Selain dapat mengusir rasa pahit di mulut, permen ini dipercaya mampu menekan asam lambung. Permen karet tanpa gula bahkan aman untuk ibu hamil, lho!Namun, produk seperti apa yang bagus untuk dikonsumsi? Kali ini kami akan membahas tips memilih permen karet bebas gula, serta memberikan sembilan rekomendasi produknya. Ada beragam merek terbaik seperti Happydent, Lotte Xylitol, dan Mentos. Selain harga yang bervariasi, rasanya juga bermacam-macam, mulai dari peppermint, spearmint, hingga rasa jeruk. Jadi, mari disimak!
    Makanan kecil & snack
    84.960 Views
  • 10 Merk Es Krim Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Es Krim Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dingin, manis, dan creamy. Siapa yang dapat menolak sensasi dari es krim? Es krim merupakan makanan favorit bagi anak-anak dan orang dewasa. Rasa manisnya dapat menjadi pengobat bad mood Anda. Bahkan, tak hanya saat panas, ada juga orang yang suka menikmati es krim saat dingin.Pada artikel ini, kami akan membahas tentang es krim, serta merekomendasikan merk yang bagus yang dapat Anda coba. Merk es krim Häagen-Dazs, Wall's, Campina, Aice, sampai Paletas Wey ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini sampai habis dan temukan es krim yang Anda sukai!
    Makanan kecil & snack
    14.268 Views
  • 10 Rekomendasi Keripik Apel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Keripik Apel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat mendengar keripik apel, pikiran kita pasti akan melanglang buana ke Malang. Namun, Anda tak perlu jauh-jauh naik kereta ke Malang untuk menikmati sebungkus keripik apel. Pasalnya, Anda bisa dengan mudah berbelanja aneka varian keripik apel di online shop. Keripik apel yang lezat pun bisa Anda nikmati meski sedang di rumah saja selama pandemi COVID-19.Jadi, bagaimana cara memilih keripik apel terbaik? Tidak perlu khawatir, kami akan menjelaskan tips memilihnya serta merekomendasikan produknya. Selain merk Apelicious dan Cabrini, adakah merek lain yang laik dicoba? Yuk, dibaca!
    Makanan kecil & snack
    1.055 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori