1. TOP
  2. >
  3. Fashion anak
  4. >
  5. Tas anak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tas Sekolah Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2023)

Tas sekolah anak adalah barang esensial untuk membawa perlengkapan sekolah anak. Nah, Anda harus mencari model yang tepat agar anak lebih percaya diri ke sekolah, termasuk anak perempuan. Kalau Anda sedang mencari tas sekolah untuk anak perempuan, bacalah artikel ini.


Kami akan membahas cara memilih tas sekolah yang bagus untuk anak perempuan, mulai dari tas anak TK hingga SMA. Kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi tas anak perempuan terbaru dari merek Gabag, Justice, atau NeosackSelain itu, terdapat berbagai model tas, dari tas selempang hingga tas ransel, Yuk, simak artikelnya!

Diperbaharui 12-01-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih tas sekolah untuk anak perempuan

Bagi anak perempuan, tas sekolah bukan hanya soal nyaman, melainkan juga harus punya model yang menarik. Model serta motif sebaiknya disesuaikan dengan keinginan anak supaya makin semangat pergi ke sekolah. Sebelum membeli tas sekolah untuk anak perempuan, simaklah poin-poin berikut ini terlebih dahulu.

① Sesuaikan model dan desain tas dengan usia anak

Ada banyak model dan desain tas yang bisa Anda pilih. Namun, pastikan model ataupun desainnya sesuai dengan usia anak. Model tas yang salah mungkin akan membuat buah hati Anda tidak nyaman memakainya. Sebaliknya, desain yang menarik bisa membuat si kecil jadi lebih percaya diri dan bersemangat saat berangkat ke sekolah.

Tas ransel, bisa digunakan untuk segala usia

Tas ransel, bisa digunakan untuk segala usia

Model tas ini cocok dipakai untuk segala usia, baik usia anak TK maupun remaja. Ransel merupakan tas dengan dua tali yang dibawa di punggung. Tas ransel tersedia dalam banyak varian model dan bentuk, seperti kotak, oval, bahkan berupa karakter kartun.


Berikut adalah panduan singkat yang bisa Anda jadikan referensi:

  • Tas ransel berbentuk karakter kartun cocok dipakai anak yang masih TK.
  • Untuk anak SD, tas dengan motif lucu atau berwarna cerah dan colorful bisa dijadikan pilihan. Anda juga bisa memilih motif kartun kesukaan anak, seperti Frozen, Unicorn, atau Hello Kitty.
  • Anak remaja biasanya lebih menyukai tas bermotif polos.

Kami juga telah mengulas rekomendasi tas ransel yang cocok dipakai untuk anak perempuan, lho! Yuk, cari tahu produknya pada artikel berikut ini.

Trolley, ideal untuk tas sekolah anak SD

Banyaknya buku yang harus dibawa sering kali membuat anak merasa lelah dan pegal. Karena itu, muncul tas berbentuk trolley yang bisa didorong atau ditarik layaknya koper. Tas trolley cocok dipakai oleh anak yang masih kecil, seperti anak TK atau SD.


Namun, anak TK biasanya belum membawa banyak buku pelajaran sehingga tidak memerlukan tas berukuran besar. Jadi, tas ini paling tepat digunakan oleh anak SD. Pelajar SD biasanya sudah membawa banyak buku pelajaran. Akan tetapi, tubuhnya yang cenderung masih kecil akan kesulitan jika harus membawa beban tas yang berat.

Tas selempang atau tas bahu, pas untuk anak SMP atau SMA

Tas selempang atau tas bahu, pas untuk anak SMP atau SMA

Selain tas ransel, ada juga pilihan tas selempang atau tas bahu. Tas ini hanya memiliki satu tali yang dipakai di salah satu bahu. Jadi, tas selempang kurang cocok dipakai oleh anak yang usianya masih kecil. Tas model ini tidak bisa membagikan beban secara seimbang sehingga bisa mengganggu pertumbuhan anak.


Tas model selempang atau tas bahu lebih cocok dikenakan anak yang lebih besar, seperti anak SMP dan SMA. Saat membawa tas model ini, sebaiknya buku berukuran tebal dibawa menggunakan tangan. Dengan demikian, bahu anak tidak membawa beban yang terlalu berat.

② Pastikan ukuran tas seimbang dengan tubuh anak

Pastikan ukuran tas seimbang dengan tubuh anak

Sering kali orang tua membelikan tas yang besar agar anak bisa membawa banyak buku dan perlengkapan lainnya. Selain itu, tas yang lebih besar juga dianggap mampu membuat beban terasa lebih ringan.


Nyatanya, ukuran tas yang tidak seimbang dengan besar tubuh anak bisa menimbulkan beberapa risiko, antara lain:


  • Anak rentan kehilangan keseimbangan sehingga bisa terjatuh.
  • Pertumbuhan tulang bisa terganggu karena menopang beban yang terlalu besar.

Idealnya, ukuran tas hanya sebesar 75% dari punggung anak dan bobotnya hanya 10% dari berat anakAnda bisa menyesuaikan ukuran tas dengan tingkat sekolah anak.

  • Untuk anak TK pilihlah tas berukuran 20–30 cm atau berkapasitas ±10 liter.
  • Tas berukuran 20–40 cm atau berkapasitas 10–20 liter cocok untuk anak SD.
  • Untuk anak yang sudah SMP atau SMA, tas ukuran 40 cm atau berkapasitas 20–30 liter bisa dipertimbangkan.

③ Pilih yang memiliki banyak kantong penyimpanan

Pilih yang memiliki banyak kantong penyimpanan

Demi memaksimalkan barang bawaan, akan lebih baik jika tas sekolah memiliki banyak kantong penyimpanan. Selain itu, kantong ini juga bisa membuat isi tas lebih rapi dan terorganisasi. Anak bisa menyimpan buku, kotak pensil, tempat makan, dan lainnya di dalam sekat yang berbeda.


Pertimbangkan juga tas dengan saku di area samping. Saku ini bisa mempermudah anak menyimpan barang yang sering mereka gunakan, contohnya botol minum. Jadi, anak dapat mengambil dan menaruh kembali botol minum tanpa harus melepas tas.


Bila tas sudah penuh berisi peralatan sekolah, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk membawakan tas bekal. Kami juga telah mengulas rekomendasi tas bekal terbaik, lho. Yuk, buka tautan berikut ini dan dapatkan tas bekal yang cocok dipakai anak Anda.

④ Utamakan tas dengan bantalan pada bahu

Utamakan tas dengan bantalan pada bahu

Agar tas nyaman dibawa, pastikan tali pada bagian bahu memiliki bantalan yang empuk. Jika tali tas tipis, anak akan merasa cepat pegal dan bahunya pun bisa menjadi sakit. Adanya bantalan pada tali tas juga bisa mengurangi beban tas. Jadi, meski bobot tas berat, anak tetap merasa nyaman dan bahunya tidak akan terasa sakit.


Selain bantalan pada tali tas, pertimbangkan juga bantalan pada punggung tas untuk tas ransel. Bantalan ini berfungsi untuk menghindarkan kemungkinan anak terkena benda tajam, seperti penggaris, pensil, atau pulpen saat menggendong tas.

⑤ Pertimbangkan produk yang memiliki lapisan atau bahan waterproof

Pertimbangkan produk yang memiliki lapisan atau bahan waterproof

Terakhir, pilih tas yang memiliki lapisan atau bahan waterproof. Dengan begitu, buku yang dibawa anak tidak mudah basah saat terkena air hujan atau ketumpahan air minum. Bahan tas waterproof pun jauh lebih cepat kering saat dicuci. Jadi, perawatannya akan lebih mudah serta bisa sering dicuci saat tas sudah mulai kotor.


Bahan waterproof yang sering digunakan untuk membuat tas adalah:


  • Polister

Bahan ini memiliki karakteristik tebal, tidak mudah kusut, tidak melar, dan mampu menahan air. Akan tetapi, bahan polister tidak terlalu menyerap keringat sehingga tas akan terasa agak panas saat digunakan dalam waktu lama. Di balik kekurangan tersebut, tas berbahan polister tetap disukai karena mudah kering jika terkena air atau setelah dicuci.


  • PVC

Bahan PVC membuat tas memiliki harga yang lebih terjangkau. Terlebih, bahan PVC memiliki beberapa keunggulan, seperti tahan air, warna tidak mudah pudar, dan mudah dibersihkan. Hal inilah yang membuat tas PVC banyak disukai. Sayangnya, tas dari PVC agak sulit diperbaiki apabila berlubang. Bahannya pun cenderung panas serta lengket.


  • Dinir

Jenis bahan ini mirip dengan polister. Selain tahan air, tas berbahan dinir memiliki karakteristik ringan sehingga tidak terlalu membebani anak saat dibawa ke sekolah. Bahan dinir juga kuat, lho! Namun, ada banyak varian bahan dinir sehingga Anda harus mencari tahu satu per satu kelebihan serta kekurangannya. Hal ini tentunya membuat Anda harus meluangkan waktu lebih banyak.

10 Rekomendasi tas sekolah terbaik untuk anak perempuan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tas sekolah terbaik untuk anak perempuan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Neosack

Busan – Laptop Backpack

Neosack Busan – Laptop Backpack 1枚目

Dilengkapi raincover supaya tas tidak basah kehujanan

2

Gabag

Backpack 2 in 1 Unicorn Blink

Gabag Backpack 2 in 1 Unicorn Blink 1枚目

Dilengkapi lapisan thermal, bekal si kecil hangat lebih lama

3

Goto

Kids Bag Kibby

Goto Kids Bag Kibby 1枚目

Tas menggemaskan yang bikin si kecil makin semangat pergi sekolah

4

Catenzo

Tas Sekolah Anak Perempuan

Catenzo Tas Sekolah Anak Perempuan 1枚目

Tas karakter beruang 3D, siap temani hari pertama si kecil sekolah

5

Alto Girl

Tas Ransel Unicorn Balloon

Alto Girl Tas Ransel Unicorn Balloon 1枚目

Kantong lebih banyak, mudah simpan barang tanpa tercampur

6

Justice

Initial Red Patch Backpack

Justice Initial Red Patch Backpack 1枚目

Tas simpel dan kece untuk para tween girls!

7

MOEJOE

Tote Bag Unicorn Bulu Fluffy

MOEJOE Tote Bag Unicorn Bulu Fluffy 1枚目

Colorful dan girly, bikin si kecil makin cantik dan percaya diri

8

Birdie Indonesia

DFR Teenager

 Birdie Indonesia DFR Teenager  1枚目

Si ringkas yang muat banyak barang

9

Adinata

Frozen Butterfly Trolley

Adinata Frozen Butterfly Trolley 1枚目

Tak perlu khawatir meski harus membawa banyak buku ke sekolah

10

Goto

Kids Bag Rasel

 Goto Kids Bag Rasel 1枚目

Bahannya kuat, bawa buku besar dan berat tak akan jadi masalah

Perincian produk
Close
No.1

NeosackBusan – Laptop BackpackNa30008

Mulai dari Rp300.000,00

Dilengkapi raincover supaya tas tidak basah kehujanan

Kelebihan:

  • Memiliki banyak ruang penyimpanan untuk membawa keperluan sekolah
  • Varian dan kombinasi warnanya menarik
  • Tas dilengkapi raincover agar terlindung dari air hujan

Kekurangan:

  • Bahan lebih tipis dibandingkan tipe lainnya sehingga perlu hati-hati saat memakainya agar tidak mudah sobek

Anak SMA mungkin perlu membawa laptop ke sekolah. Jika demikian, Anda perlu mencarikan tas sekolah yang waterproof agar laptop dan perlengkapan lainnya lebih terlindungi.


Tas ransel berwarna terang dari Neosack ini sepertinya akan jadi pilihan tepat. Saat hujan turun, tas bisa ditutup dengan raincover atau jas hujan tas sehingga barang bawaan Anda aman dari basah.

No.2

GabagBackpack 2 in 1 Unicorn Blink

Mulai dari Rp387.000,00

Dilengkapi lapisan thermal, bekal si kecil hangat lebih lama

Kelebihan:

  • Tas dilapisi bahan thermal untuk menjaga suhu bekal makanan
  • Dilengkapi garansi 6 bulan (garansi ritsleting dan jahitan)


Kekurangan:

  • Ukurannya kecil, kurang cocok dipakai anak usia remaja

Anak sering malas makan bekal karena bekalnya sudah menjadi dingin? Hal itu tidak akan terjadi jika anak memiliki tas ini. Ya, produk ini dilapisi bahan thermal untuk membuat bekal tetap hangat atau dingin dalam waktu lama.


Bagian lain tas ini masih bisa digunakan untuk menaruh buku pelajaran dan perlengkapan, kok. Jadi, anak tidak perlu repot membawa dua tas berbeda ke sekolah.

No.3

Tas menggemaskan yang bikin si kecil makin semangat pergi sekolah

Kelebihan:

  • Dibuat dari material oxford berkualitas tinggi yang kuat dan antiair
  • Model unik dan tidak membosankan
  • Desain tas dibuat agar menyesuaikan dengan tulang belakang anak Anda

Kekurangan:

  • Ukurannya kecil sehingga tidak cocok dipakai anak usia 8 tahun ke atas

Tas yang bikin gemas ini bisa jadi hadiah menggembirakan bagi si kecil yang hendak sekolah. Tas ini memiliki model yang super cute dan bisa jadi mood booster untuk anak perempuan Anda.


Tak hanya sedap dipandang, tas ini juga dibuat dari material oxford berkualitas. Bahan tersebut diklaim kuat dan antiair sehingga Anda tak perlu khawatir saat tas si kecil tersiram air.

No.4

CatenzoTas Sekolah Anak PerempuanCZR 002

Mulai dari Rp139.000,00

Tas karakter beruang 3D, siap temani hari pertama si kecil sekolah

Kelebihan:

  • Desain beruang 3D membuat tas jadi lebih menarik
  • Terdapat kompartemen di bagian depan tas untuk membawa kotak bekal

Kekurangan:

  • Tali tas belum dilengkapi busa tebal sehingga kurang nyaman jika dipakai dalam waktu lama

Banyak anak yang merasa takut saat harus pergi ke sekolah untuk pertama kalinya. Jika demikian, coba Anda siapkan tas berbentuk beruang imut seperti ini. Karakter beruangnya berbentuk 3D sehingga membuatnya jadi seperti boneka.


Si kecil kemungkinan akan merasa lebih percaya diri karena seolah-olah ditemani boneka beruang. Ukurannya cukup besar dan kantong bagian depannya bisa digunakan untuk meletakkan kotak bekal dan botol minum. Bagaimana? Anda tertarik membelinya untuk sang buah hati?

No.5

Alto GirlTas Ransel Unicorn Balloon

Mulai dari Rp120.000,00

Kantong lebih banyak, mudah simpan barang tanpa tercampur

Kelebihan:

  • Dilengkapi banyak kompartemen sehingga perlengkapan sekolah bisa dibawa dengan rapi
  • Bagian bahu dan tali pada tas dilengkapi bantalan busa sehingga nyaman saat dipakai

Kekurangan:

  • Ukuran tas cukup besar sehingga kurang cocok dipakai anak TK

Tas ransel satu ini memiliki jumlah kompartemen yang banyak. Anak-anak bisa menyimpan berbagai perlengkapan sekolah di kantong yang beda-beda. Misalnya, buku pelajaran di kantong utama belakang, buku tulis di tengah, dan alat tulis di depan. Anda yang ingin mengajarkan kerapian pada anak bisa memberikan tas ini.


Di pihak lain, hal tersebut tentunya akan mempermudah anak-anak saat mencarinya nanti di sekolah. Tas ini juga dilengkapi dengan kotak pensil imut dengan motif senada. Anak Anda kemungkinan akan makin semangat saat belajar di sekolah.

No.6

JusticeInitial Red Patch Backpack16193349

Mulai dari Rp679.000,00

Tas simpel dan kece untuk para tween girls!

Kelebihan:

  • Modelnya simpel dan stylish untuk dipakai anak remaja
  • Ritsleting kuat dan tidak mudah macet
  • Kompartemen luas sehingga mampu menampung banyak perlengkapan sekolah

Kekurangan:

  • Bahannya masih terasa tipis. Busa di bagian talinya pun tidak terlalu tebal sehingga kurang nyaman jika dipakai terlalu lama

Anak perempuan Anda sedang tumbuh menjadi sosok remaja? Berikan tas ini untuk menampung kebutuhannya saat sekolah. Tas dengan kompartemen yang lapang ini siap mewadahi pernak-pernik, buku, dan segala benda yang diperlukan si kecil.


Modelnya yang stylish dan sporty juga akan membuat anak Anda terlihat lebih keren. Benar-benar produk yang membuat anak confident dan fashionable. Harganya pun affordable!

No.7

MOEJOETote Bag Unicorn Bulu Fluffy

Mulai dari Rp198.000,00

Colorful dan girly, bikin si kecil makin cantik dan percaya diri

Kelebihan:

  • Modelnya unik dan sangat colorful
  • Bisa dipakai sebagai slingbag dan handbag


Kekurangan:

  • Kompartemen utamanya tidak cukup luas sehingga tidak cocok dipakai untuk membawa benda yang besar

MOEJOE, merek tas anak perempuan yang satu ini menawarkan produk terbaik untuk membuat si kecil makin fashionable. Desain unicorn yang manis dengan bulu-bulu halus di permukaan tas membuat produk ini makin terlihat cantik. Ditambah warna pink cerah dan unicorn yang colorful, tas ini mampu menambah kesan girly pada si kecil.


Selain untuk sekolah, tas ini juga bisa dipakai untuk jalan-jalan santai. Model tas ini memang tergolong minimalis dengan satu kompartemen utama. Jika anak perempuan Anda baru mulai sekolah, produk ini bisa dipilih untuk menambah rasa percaya dirinya.

No.8

Birdie IndonesiaDFR Teenager

Mulai dari Rp285.000,00

Si ringkas yang muat banyak barang

Kelebihan:

  • Memiliki pilihan motif yang menarik dan simpel dengan warna netral
  • Kompartemen cukup banyak sehingga bisa menampung banyak barang kebutuhan sekolah

Kekurangan:

  • Tali bahu tidak dilengkapi busa sehingga kurang nyaman jika dipakai terlalu lama

Bagi Anda yang memiliki anak remaja berusia 11–17 tahun, Anda bisa memilih tas selempang yang satu ini. Tas ini punya dua pilihan motif sederhana. Pilihan warnanya pun netral sehingga cocok untuk anak yang mencari tas sekolah simpel.


Bentuknya memang terlihat ringkas, tetapi siapa sangka kalau tas ini bisa muat banyak barang. Selain menampung alat tulis, anak juga bisa memasukkan dompet dan botol minum! Pas sekali dipakai oleh anak remaja yang ingin membawa barang lengkap tanpa terlihat menenteng tas ukuran besar.

No.9

AdinataFrozen Butterfly Trolley2294-0644

Mulai dari Rp649.000,00

Tak perlu khawatir meski harus membawa banyak buku ke sekolah

Kelebihan:

  • Tas terbuat dari bahan berkualitas tinggi yaitu nylon dolby
  • Gagang trolley kuat dan kokoh
  • Kompartemen luas untuk membawa banyak barang

Kekurangan:

  • Dengan tambahan trolley, otomatis bobot lebih berat sehingga kurang cocok dipakai anak di bawah 5 tahun

Anda sering merasa kasihan melihat anak harus membawa banyak buku ke sekolah? Kalau begitu, belikan saja tas trolley ini. Tas ini bisa menyimpan buku dalam jumlah banyak serta perlengkapan lainnya. Tasnya juga mudah dibawa berkat adanya roda yang terbuat dari material kualitas tinggi. Jadi, bawa banyak buku pun no more worries!

No.10

Bahannya kuat, bawa buku besar dan berat tak akan jadi masalah

Kelebihan:

  • Bahan tas sudah antiair dan tahan terhadap beban yang berat
  • Memiliki banyak kantong untuk memaksimalkan bawaan
  • Tali bahu tebal sehingga nyaman saat menggunakan tas

Kekurangan:

  • Ukurannya cukup besar sehingga kurang cocok digunakan balita dan anak TK

Anda ingin mencari tas dengan jahitan yang kuat dan awet untuk dipakai jangka panjang? Produk ini cocok untuk Anda pilih. Goto Kids Bag Rasel menawarkan tas dengan bahan berkualitas tinggi yang kuat menahan beban.


Jika anak Anda memiliki buku pelajaran besar, tas sekolah anak perempuan ini siap mewadahi semuanya. Dengan tali bahu yang tebal, tas ini akan memberikan kenyamanan saat digunakan. Hasilnya, anak Anda tidak akan mudah lelah ketika menggendong tas ini.

Baca juga rekomendasi perlengkapan sekolah lainnya di sini

Selain produk-produk tas sekolah yang sudah kami sebutkan, masih banyak perlengkapan lainnya yang bisa dijadikan referensi untuk kebutuhan sekolah. Kami memiliki artikel yang membahas sepatu sekolah, kotak makan, dan sebagainya. Silakan klik tautan di bawah ini untuk melihat artikel selengkapnya.

Kesimpulan

Membawa tas sekolah yang stylish dan keren tentunya bisa mendukung rasa percaya diri anak. Si kecil akan lebih bersemangat setiap kali berangkat sekolah. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mendapatkan tas sekolah yang bagus untuk anak perempuan.


Sebelum membeli tas sekolah yang ada di rekomendasi produk, Anda sebaiknya mengetahui kebutuhan dan kesukaan anak perempuan Anda. Cari tahu juga bahan dan ukurannya agar tas yang dibeli sesuai dengan keinginan si kecil.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer