1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan ibu
  6. >
  7. 10 Bantal Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Bantal Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Bantal Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Bantal Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Bantal Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Bantal Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Bantal Hamil Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023)

Perubahan bentuk tubuh membuat ibu hamil sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Karena itu, kami sarankan Anda menggunakan bantal hamil. Untuk memudahkan Anda menemukan merek bantal hamil yang bagus, kami telah menyusun review bantal hamil untuk Anda.


Kami juga menyertakan tips memilih dan rekomendasi bantal hamil terbaik, seperti bantal hamil Omiland, Mooimom, dan Obayito. Dari sekian banyak merek bantal hamil, Anda perlu memilih dengan teliti. Yuk, simak informasinya dan temukan best maternity pillow untuk Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.

Diperbaharui 07-19-2022
Pakar
Dokter spesialis obstetri dan ginekologi
dr. Andri Welly

dr. Andri Welly, SpOG adalah dokter spesialis obstetri dan ginekologi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Beliau berpengalaman selama 8 tahun menangani permasalahan organ reproduksi wanita, penanganan kehamilan, serta persalinan. dr. Andri juga menempuh pendidikan tambahan di luar negeri sebagai fellowship. Beberapa di antaranya yaitu di Clinica Universidad de Navarra, Spanyol dan Clinical Research Institute of Fetal Medicine (CRIFM) Pooh Maternity Clinic, Jepang. dr. Andri berpraktik di RSIA Tambak Menteng Jakarta dan RSUD Kebayoran Lama. Anda bisa menyapanya di Instagram untuk mengetahui lebih banyak tentang kesehatan reproduksi, kehamilan, dan persalinan.

Profil dr. Andri Welly
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa kegunaan bantal hamil?

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, bantal hamil dapat membantu ibu hamil agar dapat tidur dengan nyaman. Namun, di balik kenyamanan tersebut, berikut ini adalah kegunaan bantal hamil yang sebenarnya. 

Membantu menyokong tubuh

Membantu menyokong tubuh

Nyeri atau rasa tidak nyaman di punggung, pinggang, bahu, perut, dan leher sering kali dialami oleh ibu hamil. Untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut, Anda dapat menggunakan bantal hamil. Anda bisa mengambil posisi berbaring miring dan meletakkan badan Anda di atas bantal.


Bantal hamil akan menopang tubuh Anda, khususnya bagian perut, leher, paha, bahu, dan punggung. Selain itu, bantal hamil juga akan membantu mengurangi tekanan pada tulang belakang, punggung, dan pinggang. Lalu, kapan harus mulai pakai bantal hamil? Saat perut mulai membesar, Anda mulai membutuhkan bantal hamil, kira-kira pada trimester dua atau tiga.

Memperlancar peredaran darah

Memperlancar peredaran darah

Tidur menyamping biasanya disarankan untuk ibu hamil. Hal ini lantaran tidur miring atau menyamping akan meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke plasenta dan janin. Bahkan, posisi tidur menyamping bisa membantu mengurangi bengkak pada kaki. 


Namun, saat perut ibu hamil sudah makin besar, tidur menyamping agak sulit dilakukan. Nah, di sinilah peran bantal hamil. Bantal hamil memungkinkan ibu hamil untuk tidur menyamping dengan lebih nyaman. Untuk kenyamanan tidur Anda pada masa kehamilan, kami merekomendasikan produk yang dapat Anda gunakan. Ada bantal guling dan piama untuk ibu hamil. Yuk, baca ulasannya pada tautan berikut ini.

Tetap bisa digunakan setelah melahirkan

Tetap bisa digunakan setelah melahirkan

Bantal hamil tidak hanya bisa digunakan saat masa kehamilan saja. Setelah melahirkan pun, Anda bisa tetap menggunakan bantal hamil ini.


  • Pertama, Anda bisa menggunakannya sebagai bantal menyusui yang membantu menyangga posisi tangan saat sedang menyusui bayi. Jadi, Anda tidak perlu keluar biaya lagi untuk membeli bantal menyusui.

  • Kedua, Anda bisa menggunakan bantal hamil sebagai pelindung tambahan bagi sang bayi. Anda bisa meletakkan bayi Anda dengan posisi tengah bantal sehingga Anda tak perlu khawatir bayi Anda berguling dan jatuh.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bantal hamil

Setelah mengetahui apa saja kegunaan bantal hamil, kini saatnya beralih tentang bagaimana cara memilihnya. Ada tiga poin yang perlu Anda perhatikan, silakan simak pemaparannya berikut ini. 

① Sesuaikan tipe bantal hamil dengan kebutuhan Anda

Ada beberapa tipe bantal hamil. Setiap tipe ini memiliki fungsinya masing-masing. Untuk itu, pilihlah tipe bantal hamil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Wedge pillow, menopang bagian tubuh tertentu

Wedge pillow merupakan tipe bantal hamil untuk menopang bagian tertentu saja, misalnya perut atau punggung. Ukurannya beragam, ada yang besar dan ada pula yang kecil. Wedge pillow berukuran besar dapat digunakan sebagai sandaran saat Anda membaca buku atau menonton. Terkadang, wedge pillow juga dijual sepaket dengan sandaran leher agar Anda lebih nyaman.

Side sleeper pillow, menopang bagian perut dan punggung bawah

Side sleeper pillow terdiri dari dua bantal yang didesain untuk kenyamanan Anda saat tidur miring. Kedua bantal tersebut berfungsi menopang perut dan punggung Anda sehingga rasa pegal pada punggung dapat berkurang. Alhasil, tidur Anda akan lebih nyaman, peredaran darah dan pasokan oksigen kepada bayi juga tetap lancar.

Total body pillow, menopang seluruh bagian tubuh

Sesuai namanya, total body pillow dapat menopang seluruh bagian tubuh, dari kepala hingga kaki. Berdasarkan bentuknya, total body pillow terdiri dari bentuk C dan U. Bentuk C, cocok digunakan dalam posisi tidur miring. Bantal ini dapat menopang bagian kepala, perut, punggung, dan kaki. Sementara itu, bantal bentuk U cocok digunakan saat Anda ingin berbaring dalam posisi miring atau telentang.

Round shape pillow, mengurangi tekanan pada tulang belakang

Round shape pillow, mengurangi tekanan pada tulang belakang

Bantal bulat berbentuk donat ini cukup simpel dan praktis. Tipe ini didesain untuk kenyamanan Anda pada posisi duduk. Fungsinya untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang. Jika tekanan berkurang, rasa pegal pun juga berkurang. Selain digunakan oleh ibu hamil, bantal ini juga cocok untuk penderita wasir dan orang dengan obesitas. 

② Perhatikan jenis bahannya

Terkait bahan bantal hamil, ada dua hal yang perlu Anda perhatikan, yakni bahan filling dan bahan cover. Silakan baca pembahasannya berikut ini. 

Bahan filling, menentukan tingkat kenyamanan saat digunakan

Bahan filling, menentukan tingkat kenyamanan saat digunakan

Bahan filling atau isian bantal ibu hamil ada beberapa macam. Setiap bahan memiliki karakteristiknya masing-masing.


  • Poliester memiliki serat yang halus, daya mengembang yang tinggi, dan bobot yang ringan. Bahan ini juga sangat empuk dan lembut untuk digunakan sebagai isian bantal.

  • Busa termasuk bahan yang mudah dibersihkan, tetapi agak panas saat digunakan

  • Memory foam membutuhkan waktu kembali ke bentuk semula saat diberikan tekanan. Kelebihannya, bahan ini mudah menyerap keringat dan nyaman digunakan.

  • Lateks memiliki lubang-lubang yang bisa mengatur keempukan bantal. Selain itu, bahan ini juga bersifat antibakteri dan tungau.

  • Poliuretan unggul dengan sifatnya yang tahan gesek dan tahan aus. Baik dalam suhu panas maupun dingin, bahan ini cenderung stabil.

  • Dakron merupakan bahan dengan elastisitas tinggi dan dapat dicuci berkali-kali tanpa mengubah bentuk aslinya. Selain cenderung awet, dari segi kesehatan, dakron juga tidak mudah menimbulkan alergi.

  • Silikon memiliki tekstur yang lebih empuk dan mudah menyesuaikan dengan objek yang ditopang sehingga terasa lebih nyaman. Perawatannya juga mudah karena cukup dicuci atau dijemur di bawah sinar matahari. 

Bahan kover, memengaruhi feel sentuhan dengan kulit

Bahan kover, memengaruhi feel sentuhan dengan kulit

Bahan kover atau sarung bantal adalah poin yang juga memengaruhi kenyamanan penggunaan. Pasalnya, sarung bantal akan bersentuhan langsung dengan kulit Anda. Ada beragam bahan yang bisa digunakan untuk sarung bantal. Namun, untuk bantal hamil, kami merekomendasikan bahan katun atau serat bambu. Kedua bahan ini terasa lembut di kulit, adem, dan tidak menimbulkan iritasi. 

③ Pilihlah produk yang mudah dibersihkan

Pilihlah produk yang mudah dibersihkan

Bantal hamil merupakan barang yang digunakan setiap hari. Debu, keringat, dan kotoran lainnya tentu akan menempel di bantal dan akan terus menumpuk jika tidak dibersihkan. Bantal yang kotor tentu akan mengurangi kenyamanan penggunaan dan menjadi sarang debu dan bakteri. Untuk itu, Anda perlu memilih bantal hamil yang bisa dan mudah untuk dibersihkan.


Ada bantal yang bisa dicuci secara keseluruhan, bahkan dengan menggunakan mesin cuci. Misalnya saja, bantal dengan isian silikon atau dakron. Namun, ada juga isian bantal yang tidak bisa dicuci. Untuk itu, minimal pilihlah bantal hamil dengan kover yang dapat dilepas pasang. Terkait hal ini, Anda bisa memeriksanya pada keterangan di bagian perawatan produk.

10 Rekomendasi bantal hamil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bantal hamil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andri Welly, SpOG.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Orthopedic Donut Pillow

 Orthopedic Donut Pillow 1枚目

Kurangi pegal dengan meredam tekanan pada tulang ekor

2

TAHTA

Bantal Hamil

TAHTA Bantal Hamil 1枚目

Pilihan total body pillow dengan harga yang ramah di kantong

3

Omiland

Bantal Ibu Hamil Series Panda

Omiland Bantal Ibu Hamil Series Panda 1枚目

Corak kovernya lucu dan menggemaskan, bikin betah rebahan!

4

Traveling Maternity Pillow

 Traveling Maternity Pillow 1枚目

Atur tingkat kepadatan sesuai selera karena bantal dapat diisi ulang

5

Bumbee Collection

Bantal Hamil

Bumbee Collection Bantal Hamil 1枚目

Isian silikonnya padat sehingga tidak mudah kempes

6

Moimedic

Sandaran Badan

Moimedic Sandaran Badan 1枚目

Dilengkapi bantalan yang menopang bagian leher

7

GIOIA

Wedge Pillow Dewasa

GIOIA Wedge Pillow Dewasa 1枚目

Serbaguna, tidak hanya diperuntukkan bagi ibu hamil

8

Obayito

Bantal Ibu Hamil & Menyusui

Obayito Bantal Ibu Hamil & Menyusui 1枚目

Kovernya terbuat dari kain katun satin Jepang yang nyaman

9

Belly Bandit

S.O.S. Side Sleeper Pregnancy Wedge Pillow

Belly Bandit S.O.S. Side Sleeper Pregnancy Wedge Pillow 1枚目

Tidur nyaman tanpa khawatir dengan penopang di dua sisi

10

Mooimom

Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow

Mooimom  Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow 1枚目

Hilangkan pegal, kram, dan linu dengan desain ergonomisnya

Perincian produk
Close
No.1

Kurangi pegal dengan meredam tekanan pada tulang ekor

Posisi duduk memberi tekanan pada tulang ekor. Untuk meredam tekanan tersebut, salah satu caranya adalah menggunakan bantalan berbentuk donat. Nah, bagi Anda yang membutuhkan bantal yang didesain khusus untuk kenyamanan tulang belakang, maka inilah pilihannya!


Bantal ini cocok digunakan oleh ibu hamil, penderita wasir, atau orang dengan obesitas. Pemakaian bantal berbentuk donat ini membantu mengurangi tekanan pada tulang ekor sehingga rasa nyeri dan pegal juga berkurang.

No.2

Pilihan total body pillow dengan harga yang ramah di kantong

Ini dia rekomendasi bantal hamil dengan harga yang lebih terjangkau! Selain terjangkau, pilihan motifnya juga beragam. Dari segi kualitas, bantal ini menggunakan isian silikon yang empuk sehingga nyaman menopang tubuh Anda. Kovernya terdiri dari dua lapis dan terbuat dari kain katun yang adem. Dengan harga yang ramah di kantong, tentu produk ini layak Anda pertimbangkan!

No.3

OmilandBantal Ibu Hamil Series PandaOWB1144

Mulai dari Rp805.000,00

Corak kovernya lucu dan menggemaskan, bikin betah rebahan!

Bantal hamil dari Omiland ini merupakan tipe total body pillow bentuk U. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bantal tipe ini akan mampu menopang seluruh badan ibu hamil. Bahkan, setelah melahirkan pun bantal ini bisa digunakan untuk menopang tangan ibu saat menyusui bayinya. 


Produk ini juga hadir dengan kover bantal yang lucu dan menggemaskan. Kovernya terdiri dari dua warna, putih dan abu-abu, dengan motif panda. Wah, barangkali Anda akan makin betah rebahan, ya! Jadi, bantal yang satu ini tidak hanya fungsional, tetapi juga dapat mempercantik interior kamar Anda.

No.4

Traveling Maternity Pillow

Mulai dari Rp75.000,00

Atur tingkat kepadatan sesuai selera karena bantal dapat diisi ulang

Jika Anda menginginkan bantal hamil yang nyaman dan praktis, pilih saja side sleeper pillow ini. Selain nyaman karena dapat menopang dua sisi depan dan belakang, bantal ini juga praktis untuk dibawa bepergian. Saat menginap di hotel atau rumah saudara, Anda tetap bisa tidur dengan nyaman menggunakan bantal hamil. 


Tak hanya itu, desainnya juga dilengkapi zipper sehingga Anda dapat mengisi ulang bantal ini menggunakan dakron. Selain mengganti dakron ketika kualitasnya telah menurun, Anda juga dapat menambah tingkat kepadatannya bila diperlukan.

No.5

Bumbee CollectionBantal Hamil

Mulai dari Rp400.000,00

Isian silikonnya padat sehingga tidak mudah kempes

Agar bantal tidak mudah kempis, pilihlah yang isiannya padat. Bantal hamil dari Bumbee Collection ini berisi silikon yang empuk dan padat sehingga tidak hanya nyaman, tetapi juga tidak mudah kempes. Dengan berat lima kilogram, tentu kepadatannya tak diragukan lagi. 


Karakteristiknya tersebut membuat bantal ini mampu menopang tubuh Anda dengan nyaman saat rebahan. Anda juga dapat menjadikannya sebagai sandaran. Pertimbangkan produk ini untuk pilihan bantal hamil yang tidak mudah kempes!

No.6

MoimedicSandaran Badan

Mulai dari Rp360.000,00

Dilengkapi bantalan yang menopang bagian leher

Jika Anda membutuhkan bantal hamil untuk sandaran saat bersantai, kami merekomendasikan produk ini. Sandaran badan Moimedic didesain dengan kemiringan yang pas untuk menopang punggung saat Anda duduk. Selain itu, produk ini juga dilengkapi bantalan untuk menopang leher agar tidak pegal. Bantal ini cocok digunakan ketika Anda sedang membaca buku atau binge watch serial favorit Anda.  

No.7

GIOIAWedge Pillow Dewasa

Mulai dari Rp624.999,00

Serbaguna, tidak hanya diperuntukkan bagi ibu hamil

Wedge pillow dari GIOIA tidak hanya cocok digunakan oleh ibu hamil, tetapi juga penderita GERD, strok, sinusitis, dan manula. Tentu saja dengan cara penggunaannya masing-masing. Nah, pada ibu hamil, penggunaan bantal ini membantu mengurangi rasa mual saat berbaring. 


Bantal ini juga akan menjadi sandaran yang nyaman ketika ibu hamil duduk santai. Mengingat kegunaannya yang beragam, produk ini layak Anda pilih jika Anda membutuhkan wedge pillow yang serbaguna!

No.8

ObayitoBantal Ibu Hamil & Menyusui

Mulai dari Rp2.681.900,00

Kovernya terbuat dari kain katun satin Jepang yang nyaman

Salah satu pertimbangan saat memilih bantal hamil adalah bahan kover yang digunakan. Produk ini menggunakan kain katun satin Jepang yang lembut dan adem sebagai bahan kovernya. Selain nyaman, bahan ini juga hypoallergenic atau tidak mudah menimbulkan alergi. Kover bantal hamil ini juga bisa Anda lepas untuk dicuci lalu disetrika dengan suhu rendah.

No.9

Belly BanditS.O.S. Side Sleeper Pregnancy Wedge Pillow

Mulai dari Rp1.499.900,00

Tidur nyaman tanpa khawatir dengan penopang di dua sisi

Posisi tidur yang salah saat hamil dapat membahayakan ibu hamil dan janinnya. Namun, Anda tak perlu khawatir jika tidur pada posisi miring dengan bantal hamil sebagai penopang. Bantal hamil ini berupa dua wedge pillow yang dapat dirangkai dan digunakan sebagai side sleeper pillow. Dengan begitu, bantal dapat digunakan untuk menopang perut dan punggung. 


Produk yang dikembangkan atas saran dokter spesialis kandungan ini membantu menjaga aliran darah dan oksigen tetap optimal. Pilih produk ini agar Anda bisa beristirahat malam lebih nyaman tanpa rasa khawatir akan salah posisi tidur!

No.10

Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow

Mulai dari Rp499.000,00

Hilangkan pegal, kram, dan linu dengan desain ergonomisnya

Sesuai namanya, bantal keluaran Mooimom ini akan membantu mencegah kram pada kaki. Tidak hanya itu saja, desain ergonomisnya mampu menyejajarkan posisi tulang belakang ibu hamil saat tidur menyamping. Hasilnya, pegal dan linu pada area lainnya seperti pinggul dan punggung juga dapat teratasi. Selain itu, filling bantal ini terbuat dari bahan memory foam sehingga terjamin nyaman dan sejuk saat dipakai.

Baca juga rekomendasi perlengkapan ibu hamil lainnya di sini

Selain bantal hamil, ada banyak barang perlengkapan lainnya yang diperlukan oleh ibu hamil. Untuk itu, silakan baca artikel rekomendasi produk perlengkapan lainnya untuk ibu hamil di sini.

Kesimpulan

Masa kehamilan adalah masa yang sangat penting untuk ibu dan bayi yang dikandungnya. Tidur yang berkualitas juga merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan. Untuk memastikan ibu hamil dapat tidur dengan nyaman, maka diperlukan bantal hamil.


Bantal hamil ada beraneka tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap ibu hamil. Namun, jangan lupa memperhatikan bahan dan cara perawatannya. Semoga Anda menemukan produk yang tepat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer