1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2023)

Selain piano, pilihan alat musik yang paling banyak diminati saat ini adalah keyboard. Alat musik ini menggabungkan model permainan piano dengan teknologi. Yamaha merupakan merek alat musik top of mind ketika Anda mencari keyboard. Anda mungkin bingung memilihnya dari segi style, fitur, dan harga.


Oleh karena itu, kami akan memberikan poin-poin cara memilih keyboard Yamaha. Simak rekomendasi keyboard Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Berbagai keyboard Yamaha dari seri PSR-E, PSR-SX, dan Genios juga ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh music composer kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!

Diperbaharui 01-26-2023
Pakar
Music composer dan tech & audio enthusiast
Joshua Pandu

Joshua mulai bermain piano klasik sejak usia 6 tahun. Ia berpengalaman kerja mengajar piano di Yamaha sebelum melanjutkan studi bidang music composing and arranging di Jepang. Joshua sudah mengenal dan merakit komputer pertamanya ketika masih di bangku SD secara otodidak. Ia juga mempunyai hobi overclocking dan jual beli parts komputer di waktu senggangnya. Pria yang merupakan seorang tech enthusiast ini juga hobi mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari smartphone hingga VR.

Profil Joshua Pandu
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Alasan memilih keyboard Yamaha

Saat berbicara soal alat musik, Yamaha sudah pasti menjadi merek yang terlintas di benak banyak orang. Yamaha didirikan pada tahun 1887 oleh Torakusu Yamaha dengan reed organ sebagai alat musik pertamanya.


Setelah itu, pada tahun 1959 Yamaha mulai membuat organ elektronik atau dikenal dengan nama Electone seri D-1. Seri Yamaha Electone menawarkan beragam fitur-fitur yang menarik, seperti suara alat musik lainnya yang tak dapat Anda temui pada reed organ.


Portable keyboard dari Yamaha baru hadir pada tahun 1979 dengan seri PS-1/2/3. Yamaha pun mengutamakan kualitas suara yang terbaik dalam setiap alat musiknya, termasuk keyboard. Inovasi dan desainnya juga terus dikembangkan untuk menjawab kebutuhan konsumen. Kualitas yang diberikan oleh Yamaha pun tak main-main.


Untuk keyboard bagi pemula, Yamaha menyediakan pelajaran step-by-step yang dapat Anda akses langsung di keyboard tersebut. Ada pula Songbook yang dapat Anda unduh dan langsung dapat dipelajari menggunakan keyboard.


Yamaha sangat menjaga kualitas dari produknya. Jadi, tak perlu ragu untuk memilih keyboard dari Yamaha. Kami akan berbagi tips dalam memilih keyboard Yamaha yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak terus, ya!

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keyboard Yamaha

Banyaknya tuts memang penting untuk Anda perhatikan dalam memilih keyboard. Namun, ada juga poin-poin lainnya yang penting untuk Anda pertimbangkan. Kami akan memberikan tips dalam memilih keyboard Yamaha yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

① Kenali beragam jenis keyboard dari Yamaha

Pertama-tama, kenali dahulu beragam jenis keyboard yang ditawarkan Yamaha. Anda dapat memilihnya sesuai dengan tingkat keahlian.

Electone, membantu Anda mengekspresikan musik dengan maksimal

Yamaha terkenal dengan festival electone. Electone sendiri merupakan organ elektronik yang menjadi ciri khas dari Yamaha. Electone memiliki variasi suara dan ritme yang beragam. Selain itu, keyboard electone memiliki dua tingkat keyboard dan pedal yang menjadikan permainan musik Anda lebih ekspresif.

Portable keyboard, keyboard terbaik untuk para pemula

Portable keyboard merupakan jenis keyboard yang paling sederhana. Oleh sebab itu, tidak heran portable keyboard menjadi pilihan alat musik untuk pemula. Jumlah tutsnya beragam sehingga portable keyboard dapat dimainkan oleh anak-anak sampai orang dewasa. Selain itu, portable keyboard juga pilihan terbaik bagi pemula sampai expert.


Portable keyboard memang dirancang untuk belajar. Kode "E" dari PSR-E memiliki arti entry level. Dari banyaknya model portable keyboard, PSR-E373 dan PSR-E473 menjadi keyboard yang banyak diminati. Harga yang lebih ekonomis dengan fitur yang cukup lengkap menjadikannya favorit bagi para pemain keyboard.

Stage keyboard & arranger workstations, tawarkan beragam fitur menarik

Untuk pengalaman musik yang lebih beragam, pilihlah jenis stage keyboard dan arranger workstations dari Yamaha. Keduanya memiliki tambahan pengaturan suara yang lebih beragam.


Yamaha PSR-SX700 dan Yamaha PSR-SX900 menjadi banyak incaran dari jenis keyboard ini. Namun, seri tersebut sudah tergantikan oleh Yamaha PSR-SX. Seri PSR-SX merupakan generasi baru yang menawarkan lebih banyak variasi.

② Perhatikan jumlah tuts keyboard

Yamaha menawarkan beragam ukuran keyboard. Ukuran keyboard ditentukan dari banyaknya tuts. Jumlah tuts standar adalah yang paling umum Anda temui adalah 61 buah. Keyboard dengan 61 tuts memiliki lima oktaf.


Untuk tingkatan lebih expert, Anda dapat memilih keyboard dengan tujuh oktaf, atau biasa disebut keyboard 88 keys. Jumlah tutsnya lebih banyak membuat Anda dapat mengeksplorasi lebih banyak nada. 


Nah, Yamaha juga memiliki keyboard kecil dengan jumlah tuts sebanyak 37 buah. Keyboard ini hanya memiliki tiga oktaf saja. Ukurannya yang kecil memudahkan Anda untuk menggunakannya di mana saja. Bahkan, ukurannya pas untuk anak-anak.

③ Pilih keyboard dengan fitur sederhana untuk pemula

Keyboard merupakan alat musik elektronik dengan fitur-fitur tambahan yang menarik. Anda dapat mengatur suara dan ritme dari keyboard sesuai dengan permainan musik yang Anda inginkan.


Namun, sebagai pemula sebaiknya Anda memilih fitur yang lebih sederhana. Fitur yang sederhana membantu Anda agar tidak bingung menggunakannya. Keyboard dengan fitur sederhana ditandai dengan tombol yang lebih sedikit. Setelah Anda mahir, Anda dapat mengganti keyboard dengan fitur yang lebih canggih.


Fitur lainnya yang memudahkan permainan bagi para pemula adalah fitur arpeggiator. Arpeggiator berasal dari kata arpeggio atau broken chord. Jadi, Anda tak perlu lagi menekan seluruh nada dalam satu chord. Cukup tekan salah satu nada saja, chord akan terbentuk.


Di samping itu, fitur arpeggiator dapat Anda temui pada hampir sebagian besar keyboard Yamaha. Sebelum membeli, Anda dapat memastikannya dari fitur yang ditawarkan.

10 Rekomendasi keyboard Yamaha terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keyboard Yamaha terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Joshua Pandu.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yamaha

Portable Keyboard

Yamaha Portable Keyboard 1枚目

Produk entry level yang sudah lengkap

2

Yamaha

Portable Keyboard

Yamaha Portable Keyboard 1枚目

Memperkenalkan alat musik kepada anak jadi lebih seru!

3

Yamaha

Portable Keyboard

Yamaha Portable Keyboard 1枚目

Dengan tombol Mega Boost, bisa tampil profesional dengan keyboard entry level

4

Yamaha

Genos 2.0

Yamaha Genos 2.0 1枚目

Salah satu keyboard dengan fitur terlengkap dari Yamaha

5

Yamaha

Portable Keyboard

Yamaha Portable Keyboard 1枚目

Simpan inspirasi musik di mana saja dan kapan saja

6

Yamaha

Arranger Workstations

Yamaha Arranger Workstations 1枚目

Stage performance lebih beragam, lebih seru!

7

Yamaha

Portable Keyboard

Yamaha Portable Keyboard 1枚目

Interface-nya simpel, pas dijadikan keyboard pertama Anda

8

Yamaha

Stage Keyboard

Yamaha Stage Keyboard 1枚目

Piano klasik berbalutkan inovasi modern

9

Yamaha

Electone

Yamaha Electone 1枚目

Electone standar bagi pemula sampai expert

10

Yamaha

Portable Keyboard

Yamaha Portable Keyboard 1枚目

Harga ekonomis dengan fitur yang user-friendly

Perincian produk
Close
No.1

YamahaPortable KeyboardPSR E-373

Mulai dari Rp3.520.000,00

Produk entry level yang sudah lengkap

Seri PSR E-373 adalah salah satu keyboard yang banyak diminati dari Yamaha. Fiturnya terbilang cukup lengkap dengan touch-responsive keyboard dan lebih dari enam ratus pilihan suara instrumen lainnya. 


Di samping itu, PSR E-373 juga sudah memiliki fitur arpeggiator seperti deretan keyboard lainnya. Ada pula suara instrumen serta style khas Indonesia, termasuk variasi dangdut. Produk ini sangat pas bagi para pemula sampai expert.

No.2

YamahaPortable KeyboardEZ-300

Mulai dari Rp4.430.000,00

Memperkenalkan alat musik kepada anak jadi lebih seru!

Yamaha EZ-300 merupakan keyboard Yamaha yang pas untuk anak-anak. Keyboard ini dilengkapi dengan fitur light guide. Fitur tersebut menandakan tuts yang perlu dipencet untuk menghasilkan melodi lagu. Si kecil dapat memainkan pilihan lagu favoritnya tanpa kesulitan membaca notasi musik.


Meski untuk anak-anak, EZ-300 memiliki lebih dari enam ratus suara alat musik, lho. Si kecil pasti sangat senang mengeksplorasi varian suara alat musik yang ada. Selain itu, tambahan dua ratus musik latar membuat permainan lebih menyenangkan.

No.3

YamahaPortable KeyboardPSR E-473

Mulai dari Rp5.550.000,00

Dengan tombol Mega Boost, bisa tampil profesional dengan keyboard entry level

Hadir dalam versi khusus di Indonesia, PSR-E473 menawarkan voice baru seperti suling dan perkusi. Ada pula beragam style, seperti dangdut, keroncong, dan langgam. Selain itu, dengan volume 6 dB dari fitur Mega Boost, keyboard ini menawarkan suara yang powerful! Alhasil, permainan Anda bisa didengar banyak orang walaupun tidak menggunakan public audio system


Ingin bernyanyi sambil bermain? Sambungkan saja keyboard ini dengan mikrofon! Berkat efek vokal berkualitas studio, Anda bisa memberikan performance sekelas pemain profesional. Apabila menginstal aplikasi Rec'n'Share di perangkat pintar, Anda bisa membuat dan membagikan rekaman audio dan video permainan Anda. Salurkan semua ide bermusik Anda bersama PSR-E473!

No.4

Salah satu keyboard dengan fitur terlengkap dari Yamaha

Pada penghujung 2019 Yamaha meluncurkan keyboard Genos generasi kedua. Kapasitas penyimpanannya lebih besar sampai 3 GB. Di samping itu, layarnya menampilkan permainan Anda secara langsung, mulai dari tempo, transpose, sampai style.


Genos 2.0 dilengkapi dengan Articulation Element Modeling atau AEM. AEM mampu meniru karakteristik dari alat musik. Suaranya benar-benar jernih seperti suara alat musik lain yang Anda pilih. Untuk para arranger, Yamaha Genos 2.0 merupakan investasi terbaik.

No.5

YamahaPortable KeyboardPSS-A50

Mulai dari Rp1.750.000,00

Simpan inspirasi musik di mana saja dan kapan saja

Ide musik memang dapat muncul kapan saja dan di mana saja. Anda bisa saja mendapatkan ide saat sedang dalam perjalanan. Agar ide Anda dapat terekam, PSS-A50 siap untuk menemani Anda dalam perjalanan ke mana saja. Pas sekali untuk Anda yang senang mencari ide saat travelling.


Jangan khawatir memainkan keyboard ini dapat mengganggu orang lain karena Anda dapat menyambungkannya dengan headphone. Pengisian dayanya begitu mudah dengan sambungan USB. Anda pun dapat menghubungkannya langsung ke laptop untuk bereksperimen dengan musik.

No.6

YamahaArranger WorkstationsPSR-SX900

Mulai dari Rp19.980.000,00

Stage performance lebih beragam, lebih seru!

Yamaha PSR-SX merupakan pengganti dari Yamaha PRS-S. Yamaha PSR-SX900 membawa inovasi baru dalam permainan Anda. Varian suaranya lebih beragam dibandingkan seri sebelumnya. Bahkan, Anda akan mendapatkan lebih dari seribu varian suara yang menakjubkan.


Seri PSR-SX900 memiliki fitur multi pad yang memungkinkan Anda memainkan sejumlah melodi dan ritme. Fitur lainnya adalah kemampuan PSR-SX900 dalam memutar data audio WAV. Fitur yang ada membuat keyboard ini cocok untuk studio dan stage performance.

No.7

YamahaPortable KeyboardPSR-E273

Mulai dari Rp2.400.000,00

Interface-nya simpel, pas dijadikan keyboard pertama Anda

Ingin mulai belajar keyboard, tetapi khawatir dengan tombol-tombol pengaturan yang memusingkan? PSR-E273 ini mungkin bisa mengatasi kekhawatiran Anda. Berkat interface yang simpel, portable keyboard ini akan memudahkan Anda dalam mengatur suara yang Anda inginkan. Dengan harga yang relatif terjangkau di kelasnya, keyboard ini pas untuk dijadikan keyboard pertama Anda, bukan? 

No.8

YamahaStage KeyboardCP1

Mulai dari Rp82.300.000,00

Piano klasik berbalutkan inovasi modern

Yamaha CP1 merupakan salah satu keyboard dengan jumlah tuts terbanyak dan salah satu keyboard 88 keys. CP1 juga termasuk alat musik premium yang menggabungkan sisi tradisional dan inovasi. Bagian side panel serta tuts dari CP1 menggunakan bahan kayu yang klasik.


Tutsnya benar-benar memberikan sensasi seperti bermain piano. Penekanan yang tepat akan menghasilkan suara yang Anda inginkan. Apabila Anda sudah memiliki basic permainan piano, Yamaha CP1 patut untuk Anda pertimbangkan. Kesatuan keyboard ini menjadikannya sebuah alat musik yang mewah. 

No.9

YamahaElectoneELB-02

Mulai dari Rp25.000.000,00

Electone standar bagi pemula sampai expert

Bagi Anda yang ingin belajar electone, ELB-02 merupakan seri yang cocok untuk digunakan. ELB-02, atau dikenal juga dengan Stagea, merupakan electone standar yang digunakan untuk belajar. Anak-anak sampai orang dewasa dapat belajar menggunakan Stagea.


Sebagai alat musik elektronik, Stagea memiliki beragam suara alat musik serta ritme. Anda dapat mencari kombinasi suara serta ritme dengan bantuan menu registrasi. Adanya fitur Initial Touch dapat menghasilkan volume suara yang berbeda. Suara yang dihasilkan akan sesuai dengan keras atau lembutnya tenaga yang dipakai untuk menekan tuts.

No.10

YamahaPortable KeyboardPSR-F51

Mulai dari Rp1.540.000,00

Harga ekonomis dengan fitur yang user-friendly

Untuk Anda yang hanya menginginkan keyboard dengan fungsi dasar, Yamaha PSR-F51 wajib sekali dilirik. Fiturnya sangat user-friendly dan cocok sekali digunakan bagi pemula dalam bermain keyboard. Anda tak perlu memusingkan soal fitur yang terlalu banyak.


PSR-F51 dapat dioperasikan dengan baterai sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa perlu dicolokkan ke sumber listrik. Harganya pun sangat bersahabat di kantong. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, keyboard ini dapat Anda pertimbangkan.

Pertanyaan umum seputar keyboard Yamaha

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar keyboard Yamaha. Jika Anda masih penasaran dengan keyboard Yamaha, simak jawabannya di bawah ini!

Apa tips belajar keyboard untuk pemula?

Selain menghafalkan not balok, pemula bisa mempelajari beberapa tangga nada yang simpel dan menghafal teori chord. Anda bisa mulai dengan menghafal teori chord I, IV, V, dan VI.

Baca juga rekomendasi alat musik lainnya dari Yamaha di sini

Selain keyboard, Yamaha juga memiliki produk alat musik lainnya. Salah satu alat musik Yamaha yang banyak diminati adalah gitar. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai gitar terbaik dari Yamaha.

Kesimpulan

Belajar alat musik merupakan hal yang baik karena Anda dapat mengekspresikan emosi sekaligus melatih kecerdasan. Keyboard dapat menjadi salah satu alat musik yang menarik. Tambahan fitur-fitur suara membuat Anda dapat mengekspresikan ide Anda.


Sebagai produsen alat musik, Yamaha menawarkan beragam keyboard dengan spesifikasi dan harga. Fitur-fitur yang ditawarkan memang dapat menjadi pertimbangan. Namun, utamakan memilih keyboard yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya. Selamat bermain musik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer