1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Lip color & lip care
  6. >
  7. 10 Lipstik untuk Bibir Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Lipstik untuk Bibir Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1

10 Lipstik untuk Bibir Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Bibir yang hitam bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Salah satu cara untuk menyamarkannya adalah menggunakan lipstik yang tepat. Dengan begitu, warna bibir dapat menjadi lebih segar dan memesona. Di antara banyaknya merek dan warna lipstik, manakah lipstik yang bagus untuk bibir gelap?


Kali ini kami akan memberikan tips dalam memilih lipstik bagi pemilik bibir gelap. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi lipstik terbaik dari berbagai merek, seperti Wardah, Make Over, dan Maybelline. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry. Yuk, dimulai!

Diperbaharui 11-08-2022
Pakar
Beauty content creator dan MUA
Luella Artistry

Luella adalah seorang beauty content creator dan makeup artist. Ia memulai karier di bidang beauty sejak tahun 2017. Berawal dari passion-nya sebagai MUA, Ia terjun lebih dalam lagi ke dunia beauty sebagai content creator. Luella berpengalaman banyak dalam mencoba berbagai produk skincare dan makeup. Hal tersebut membuat dirinya makin paham bagaimana cara memaksimalkan dan memilih produk sesuai jenis kulit. Ia juga gemar membagikan review dan rekomendasi berbagai produk di media sosial.

Profil Luella Artistry
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 23 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Kenali hal yang menyebabkan bibir hitam

Kenali hal yang menyebabkan bibir hitam

Ada banyak faktor yang menyebabkan warna bibir menjadi hitam, baik faktor internal maupun eksternal. Salah satu faktor internal yang dimaksud merupakan genetika. Berdasarkan teori, bibir gelap dapat disebabkan oleh faktor keturunan atau gen


Sementara itu, beberapa faktor eksternal yang dapat menyebabkan bibir menghitam adalah:

  • Kebiasaan sehari-hari yang kurang baik. Contohnya adalah kebiasaan menggigit bibir, jarang mengekfoliasi bibir, tidak membersihkan sisa lipstik dengan maksimal, merokok, mengonsumsi terlalu banyak kafein.
  • Paparan sinar ultraviolet. Karena itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan produk bibir (contohnya lip balm, lip tint, atau lipstik) yang mengandung SPF. 
  • Penggunaan lipstik dengan kualitas rendah atau mengandung bahan berbahaya. Anda juga sebaiknya selalu memperhatikan tanggal kedaluwarsa produk bibir Anda karena dapat memengaruhi perubahan warna bibir. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lipstik untuk bibir hitam

Sekarang kami akan mengulas sejumlah poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli lipstik untuk bibir gelap. Simak baik-baik agar tidak salah pilih, ya!

① Sesuaikan tipe lipstik dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan tipe lipstik dengan kebutuhan Anda

Ada banyak tipe lipstik yang dijual di pasaran sehingga Anda perlu menyesuaikannya dengan selera dan kebutuhan Anda. 


  • Lip bullet

Lipstik padat berbentuk bullet merupakan tipe yang paling umum dan mudah ditemukan. Lipstik ini perlu diputar ujungnya, lalu Anda bisa langsung mengaplikasikannya di bibir. Namun, Anda perlu berhati-hati agar tidak terlalu banyak memutar ujungnya karena rawan patah. 


  • Lip cream

Belakangan ini popularitas lipstik padat mulai disusul oleh lipstik cair. Lipstik cair diaplikasikan dengan aplikator bawaan yang biasanya berupa kuas. Aplikator pada lipstik cair biasanya dapat menjangkau sudut bibir. Teksturnya pun bervariasi, mulai dari cair menyerupai tinta sampai agak kental layaknya krim. 


  • Lip crayon

Sama halnya seperti lip bullet, lipstik ini juga termasuk tipe lipstik padat. Seperti namanya, lipstik ini memiliki bentuk meruncing mirip krayon. Teksturnya pun cenderung buttery sehingga mudah dipulaskan pada bibir. Beberapa merek lip crayon biasanya diperkenalkan sebagai produk yang multifungsi karena bisa dipakai sebagai perona pipi ataupun eye shadow.

② Pastikan warnanya mampu menutupi warna bibir Anda

Pastikan warnanya mampu menutupi warna bibir Anda

Selanjutnya, perhatikan warna lipstik yang akan Anda pilih. Karena bertujuan untuk menutupi warna hitam di bibir, hindarilah lipstik dengan warna sheer atau mendekati transparan. Anda sebaiknya memilih lipstik dengan pigmentasi dan intensitas warna yang tinggi agar bibir terlapisi sepenuhnya. 


  • Untuk riasan natural/daily makeup

Jika Anda menginginkan riasan natural, pilihlah warna nude yang sedikit tua, seperti mocha atau deep brown. Dengan begitu, bibir Anda tidak akan tampak pucat. Untuk mendapatkan kesan segar dalam aktivitas sehari-hari, Anda bisa memilih warna mauve, merah muda gelap, atau merah kecokelatan. 


  • Untuk riasan bold/glamor

Untuk Anda yang menyukai tampilan yang glamor, Anda dapat mencoba warna-warna gelap, seperti burgundy, merah tua, dan fuchsia. Sentuhan warna deep red atau merah bata juga dapat menambah kesan bold dalam penampilan Anda. Warna-warna tersebut akan membuat penampilan Anda makin anggun, terutama saat menghadiri acara formal. 

③ Tentukan hasil akhir yang Anda inginkan

Tentukan hasil akhir yang Anda inginkan

Poin lain yang juga perlu Anda pertimbangkan dalam memilih lipstik adalah hasil akhir. Hasil akhir lipstik dapat memengaruhi tampilan riasan Anda secara keseluruhan. 


  • Matte finish

Jika Anda lebih menyukai warna yang intens, Anda dapat memilih hasil akhir matte. Hasil akhir tanpa kilau ini akan menutupi warna asli bibir, transferproof, serta tahan lebih lama. 


  • Glossy finish

Apabila Anda ingin efek bibir lebih penuh dan sehat, lipstik glossy akan menjadi pilihan tepat. Namun, lipstik glossy cenderung kurang tahan lama karena mudah menempel di peralatan makan. Jadi, pertimbangkanlah mengenai hal tersebut.


  • Velvet finish

Hasil akhir velvet pada lipstik mendekati matte finish, tetapi tidak sekering matte lipstick. Hasil akhir ini tampak halus bagaikan velvet atau kain beludru.


  • Satin finish

Hasil akhir satin mirip dengan lipstik dengan hasil akhir velvet. Bedanya, lipstik dengan hasil akhir satin akan memberi kilau yang lebih banyak daripada lipstik velvet finish


Sebagai tambahan informasi, Anda dapat menggunakan lipstik matte, lalu melapisinya dengan lip gloss. Cara tersebut bisa menghasilkan tampilan bibir yang glossy.

④ Cek bahan kandungan dalam lipstik

Cek bahan kandungan dalam lipstik

Bahan-bahan tertentu yang terdapat di dalam lipstik dapat menyebabkan bibir jadi makin gelap. Karena itu, Anda perlu memeriksa kandungan yang tercantum dalam label lipstik sebelum memutuskan untuk membelinya. 


Anda sebaiknya menghindari penggunaan lipstik yang mengandung isopalmityl diglyceryl sebacate, asam ricinoleic, asam lemak dipentaerythritol, serta tar batu bara. Hindari juga produk lipstik yang mengandung mineral oil. Mineral oil merupakan salah satu kandungan berbahaya yang tidak boleh terserap oleh tubuh


Pilihlah lipstik yang mengandung pelembap, seperti vitamin E, Aloe veracocoa butter, minyak zaitun, dan jojoba oil. Lipstik yang dilengkapi dengan UV protector juga layak dipilih karena akan melindungi bibir dari paparan matahari. Selain itu, akan lebih aman jika Anda memilih produk dari merek yang sudah memiliki sertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). 

Peringkat Lipstik untuk Bibir Hitam Terbaik

Berikut ini adalah Lipstik untuk Bibir Hitam terpopuler. Produk atau layanan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Peripera

Peripera  1枚目

Memberi tampilan riasan yang natural sekaligus berdimensi

Perincian produk
Close
No.1

Memberi tampilan riasan yang natural sekaligus berdimensi

Penggemar riasan ala Korea wajib mencoba Ink Airy Velvet dari Peripera. Produk ini mempunyai warna yang pigmented. Warnanya bahkan bisa langsung terlihat hanya dengan satu pulasan. 


Lipstik ini juga buildable dan bisa memberikan efek blurring di area garis bibir. Dengan begitu, hasilnya akan tampak lebih natural dan berdimensi. Selain itu, di dalam lipstik ini terkandung berbagai bahan alami yang bisa menjaga kelembapan bibir Anda.

Tips merawat bibir

Tips merawat bibir

Seperti anggota tubuh lainnya, bibir juga memerlukan perawatan khusus agar tetap sehat dan cantik. Dengan perawatan yang tepat, kesehatan bibir akan terus terjaga dan warnanya bisa menjadi lebih cerah. Simak tips di bawah ini, yuk!


  • Gunakan lip scrub

Anda perlu rutin melakukan eksfoliasi bibir dengan scrub khusus. Lakukan kegiatan tersebut minimal sekali per minggu untuk menghilangkan sel kulit mati.


  • Jaga kelembapan bibir Anda

Selain itu, pastikan Anda secara rutin melembapkan bibir, baik dengan minum yang cukup maupun dengan lip balm. Saat beraktivitas di luar ruangan, gunakan lip balm dan lipstik yang mengandung UV protection agar bibir tetap terlindungi. 


  • Bersihkan sisa lipstik saat menghapus makeup

Ketika menghapus makeup, jangan lupa untuk membersihkan lipstik dengan benar agar tidak tersisa di bibir. Lipstik yang tidak dibersihkan secara optimal juga dapat menjadi penyebab bibir menghitam.


  • Perhatikan habit atau lifestyle Anda

Anda sebaiknya menghindari kebiasaan merokok dan konsumsi kafein secara berlebihan. Kebiasaan lain yang harus dihindari adalah menggigit dan menjilat bibir saat terasa kering. Perbanyak konsumsi air putih, sayur, dan buah agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari risiko dehidrasi. 

Baca juga rekomendasi lipstik lainnya di sini

Artikel ini secara khusus membahas mengenai lipstik untuk bibir hitam. Namun, Anda mungkin membutuhkan informasi mengenai lipstik dari merek-merek terkenal. Nah, Anda bisa membacanya pada tautan-tautan di bawah ini. Kami telah menyiapkan tips memilihnya serta rekomendasi produk-produk terbaiknya.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan lipstik yang membuat Anda tertarik untuk memilikinya? Setelah mengetahui cara memilih lipstik untuk bibir hitam, kami harap Anda dapat memilih produk yang paling tepat.


Membeli lipstik untuk bibir hitam memang sedikit tricky dan perlu pertimbangan agar tidak salah pilih. Silakan jadikan artikel ini sebagai panduan dalam memilih lipstik terbaik agar penampilan Anda makin memikat. Selamat berbelanja dan tampil kece dengan lipstik yang sesuai!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer