• 10 Rekomendasi Lipstik untuk Bibir Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lipstik untuk Bibir Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lipstik untuk Bibir Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lipstik untuk Bibir Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lipstik untuk Bibir Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lipstik untuk Bibir Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bibir yang hitam tidak jarang mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Salah satu cara yang bisa Anda tempuh untuk menyamarkannya adalah menggunakan lipstik yang tepat. Dengan begitu, warna bibir yang semula tampak kurang menarik dapat menjadi lebih segar dan memesona. Di antara banyaknya merek dan warna lipstik, manakah lipstik yang bagus untuk bibir gelap?


Melalui artikel ini kami akan memberikan sejumlah tips dalam memilih lipstik bagi pemilik bibir gelap. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi lipstik terbaik dari merek Wardah, Make Over, dan Maybelline. Mari kita mulai!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 11 Agustus 2022
Daftar isi

Kenali hal yang menyebabkan bibir hitam

Kenali hal yang menyebabkan bibir hitam

Ada banyak faktor yang menyebabkan warna bibir menjadi hitam, baik faktor internal maupun eksternal. Salah satu faktor internal yang dimaksud merupakan genetika. Berdasarkan teori, bibir gelap dapat disebabkan oleh faktor keturunan atau gen. 


Selain itu, kurangnya asupan cairan atau dehidrasi juga bisa menyebabkan bibir kering dan menggelap. Hal lain yang dapat menyebabkan bibir menghitam adalah kebiasaan sehari-hari yang kurang baik. Contohnya adalah kebiasaan menggigit bibir, tidak membersihkan sisa lipstik dengan maksimal, merokok, serta mengonsumsi terlalu banyak kafein.


Paparan sinar ultraviolet termasuk faktor eksternal yang menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi di kulit bibir. Penyebab lainnya adalah penggunaan lipstik dengan kualitas rendah atau mengandung bahan berbahaya. Anda juga sebaiknya selalu memperhatikan tanggal kedaluwarsa produk bibir Anda karena dapat memengaruhi perubahan warna bibir. 

Cara memilih lipstik untuk bibir hitam

Sekarang kami akan mengulas sejumlah poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli lipstik untuk bibir gelap. Simak baik-baik agar tidak salah pilih, ya!

Sesuaikan tipe lipstik dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan tipe lipstik dengan kebutuhan Anda

Ada banyak tipe lipstik yang dijual di pasaran sehingga Anda perlu menyesuaikannya dengan selera dan kebutuhan Anda. 


  • Lip bullet

Lipstik padat berbentuk bullet merupakan tipe yang paling umum dan mudah ditemukan. Lipstik ini perlu diputar ujungnya, lalu Anda bisa langsung mengaplikasikannya di bibir. Namun, Anda perlu berhati-hati agar tidak terlalu banyak memutar ujungnya karena rawan patah. 


  • Lip cream

Belakangan ini popularitas lipstik padat mulai disusul oleh lipstik cair. Lipstik cair diaplikasikan dengan aplikator bawaan yang biasanya berupa kuas. Aplikator pada lipstik cair biasanya dapat menjangkau sudut bibir. Teksturnya pun bervariasi, mulai dari cair menyerupai tinta sampai agak kental layaknya krim. 


  • Lip crayon

Sama halnya seperti lip bullet, lipstik ini juga termasuk tipe lipstik padat. Seperti namanya, lipstik ini memiliki bentuk meruncing mirip krayon. Teksturnya pun cenderung buttery sehingga mudah dipulaskan pada bibir. Beberapa merek lip crayon biasanya diperkenalkan sebagai produk yang multifungsi karena bisa dipakai sebagai perona pipi ataupun eye shadow.

Pastikan warnanya mampu menutupi warna bibir Anda

Pastikan warnanya mampu menutupi warna bibir Anda

Selanjutnya, perhatikan warna lipstik yang akan Anda pilih. Karena bertujuan untuk menutupi warna hitam di bibir, hindarilah lipstik dengan warna sheer atau mendekati transparan. Anda sebaiknya memilih lipstik dengan pigmentasi dan intensitas warna yang tinggi agar bibir terlapisi sepenuhnya. 


  • Untuk riasan natural/daily makeup

Jika Anda menginginkan riasan natural, pilihlah warna nude yang sedikit tua, seperti mocha atau deep brown. Dengan begitu, bibir Anda tidak akan tampak pucat. Untuk mendapatkan kesan segar dalam aktivitas sehari-hari, Anda bisa memilih warna mauve, merah muda gelap, atau merah kecokelatan. 


  • Untuk riasan bold/glamor

Untuk Anda yang menyukai tampilan yang glamor, Anda dapat mencoba warna-warna gelap, seperti burgundy, merah tua, dan fuchsia. Sentuhan warna deep red atau merah bata juga dapat menambah kesan bold dalam penampilan Anda. Warna-warna tersebut akan membuat penampilan Anda makin anggun, terutama saat menghadiri acara formal. 

Tentukan hasil akhir yang Anda inginkan

Tentukan hasil akhir yang Anda inginkan

Poin lain yang juga perlu Anda pertimbangkan dalam memilih lipstik adalah hasil akhir. Hasil akhir lipstik dapat memengaruhi tampilan riasan Anda secara keseluruhan. 


  • Matte finish

Jika Anda lebih menyukai warna yang intens, Anda dapat memilih hasil akhir matte. Hasil akhir tanpa kilau ini akan menutupi warna asli bibir, transferproof, serta tahan lebih lama. 


  • Glossy finish

Apabila Anda ingin efek bibir lebih penuh dan sehat, lipstik glossy akan menjadi pilihan tepat. Namun, lipstik glossy cenderung kurang tahan lama karena mudah menempel di peralatan makan. Jadi, pertimbangkanlah mengenai hal tersebut.


  • Velvet finish

Hasil akhir velvet pada lipstik mendekati matte finish, tetapi tidak sekering matte lipstick. Hasil akhir ini tampak halus bagaikan velvet atau kain beludru.


  • Satin finish

Hasil akhir satin mirip dengan lipstik dengan hasil akhir velvet. Bedanya, lipstik dengan hasil akhir satin akan memberi kilau yang lebih banyak daripada lipstik velvet finish

Cek bahan kandungan dalam lipstik

Cek bahan kandungan dalam lipstik

Bahan-bahan tertentu yang terdapat di dalam lipstik dapat menyebabkan bibir jadi makin gelap. Karena itu, Anda perlu memeriksa kandungan yang tercantum dalam label lipstik sebelum memutuskan untuk membelinya. Anda sebaiknya menghindari penggunaan lipstik yang mengandung isopalmityl diglyceryl sebacate, asam ricinoleic, asam lemak dipentaerythritol, serta tar batu bara.


Pilihlah lipstik yang mengandung pelembap, seperti vitamin E, Aloe veracocoa butter, minyak zaitun, dan jojoba oil. Lipstik yang dilengkapi dengan UV protector juga layak dipilih karena akan melindungi bibir dari paparan matahari. Selain itu, akan lebih aman jika Anda memilih produk dari merek yang sudah memiliki sertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). 

10 Rekomendasi lipstik untuk bibir hitam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lipstik untuk bibir hitam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 8 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, ESQA Lip Gloss menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Make Over Intense Matte Lip Cream memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Make Over Intense Matte Lip Cream 1

Make Over

2
Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick Korea Adition 1

Wardah

3
L'Oreal Paris Rouge Signature Liquid Lipstick 1

L'Oreal Paris

4
Emina Watercolor Lip Serum 1

Emina

5
Implora Lip Crayon Satin 1

Implora

6
Hanasui Mattedorable Lip Cream Boba Edition 1

Hanasui

7
Maybelline Superstay Vinyl Ink  1

Maybelline

8
BLP Beauty Lip Bullet 1

BLP Beauty

9
Luxcrime  Ultra Creamy Lip Velvet  1

Luxcrime

10
Rollover Reaction SUEDED! Lip and Cheek Cream 1

Rollover Reaction

Nama produk

Intense Matte Lip Cream

Colorfit Ultralight Matte Lipstick Korea Adition

Rouge Signature Liquid Lipstick

Watercolor Lip Serum

Lip Crayon Satin

Mattedorable Lip Cream Boba Edition

Superstay Vinyl Ink

Lip Bullet

Ultra Creamy Lip Velvet

SUEDED! Lip and Cheek Cream

Keunggulan

Berpigmentasi tinggi dan tahan hingga 8 jam!

Lipstik ringan dan nyaman dikenakan sehari-hari

Warna nude, tetapi intens, mampu menutupi bibir hitam

Lip cosmetic sekaligus lip care, mencerahkan warna bibir yang gelap

Lip crayon yang pigmented dan harganya terjangkau!

Lipstik aroma boba yang pigmented dan ringan di bibir

Memberikan efek bibir plumpy dan sehat hingga 16 jam

Satu warna lipstik untuk berbagai tampilan makeup

Lipstik bold untuk berbagai occasion formal

Bisa digunakan di bibir, pipi, dan kelopak mata

Harga mulai dariRp 108.000,00Rp 44.000,00Rp 165.100,00Rp 35.500,00Rp 23.500,00Rp 30.500,00Rp 129.900,00Rp 129.000,00Rp 109.000,00Rp 129.000,00
TipeLipstik cairLip bulletLip creamLip cream Lip crayonLip creamLip creamLipstik padatLip creamLip cream
WarnaMauveMerah terracottaPeachy brownDeep red berry Medium brown nudeWarm medium pink / mauve Brownish redDeep redDeep berry mauveMerah bata
Hasil akhirMattePowdery matteMatteGlossySatinVelvet matteGlossySatinVelvet / semi matteVelvet matte
Kandungan ekstraVitamin C, vitamin ETocopherol (vitamin E)Tocopherol (vitamin E), butylene glycolWild apple oil, vitamin C, tocopherol (vitamin E)Shea butter, omega 3,6,9 (dari castor dan Plukenetia volubilis seed oil)Olive oil, vitamin EAloe veraCandelilla waxJojoba oil, vitamin E, squaleneVitamin E, vitamin C, U-ferment® Sunset in Jeju Oil, and shea butter
Tautan produk
10

Rollover ReactionSUEDED! Lip and Cheek Cream

Maxwell

Mulai dari Rp 129.000,00

TipeLip cream
WarnaMerah bata
Hasil akhirVelvet matte
Kandungan ekstraVitamin E, vitamin C, U-ferment® Sunset in Jeju Oil, and shea butter
9

Luxcrime Ultra Creamy Lip Velvet

Sangria

Mulai dari Rp 109.000,00

TipeLip cream
WarnaDeep berry mauve
Hasil akhirVelvet / semi matte
Kandungan ekstraJojoba oil, vitamin E, squalene
8
TipeLipstik padat
WarnaDeep red
Hasil akhirSatin
Kandungan ekstraCandelilla wax
7

MaybellineSuperstay Vinyl Ink

Lippy

Mulai dari Rp 129.900,00

TipeLip cream
WarnaBrownish red
Hasil akhirGlossy
Kandungan ekstraAloe vera
6

HanasuiMattedorable Lip Cream Boba Edition

01 Forest Berry

Mulai dari Rp 30.500,00

TipeLip cream
WarnaWarm medium pink / mauve
Hasil akhirVelvet matte
Kandungan ekstraOlive oil, vitamin E
5
TipeLip crayon
WarnaMedium brown nude
Hasil akhirSatin
Kandungan ekstraShea butter, omega 3,6,9 (dari castor dan Plukenetia volubilis seed oil)
4
TipeLip cream
WarnaDeep red berry
Hasil akhirGlossy
Kandungan ekstraWild apple oil, vitamin C, tocopherol (vitamin E)
3

L'Oreal ParisRouge Signature Liquid Lipstick

147 I Believe

Mulai dari Rp 165.100,00

TipeLip cream
WarnaPeachy brown
Hasil akhirMatte
Kandungan ekstraTocopherol (vitamin E), butylene glycol
2

WardahColorfit Ultralight Matte Lipstick Korea Adition

12 Autumn Nami

Mulai dari Rp 44.000,00

TipeLip bullet
WarnaMerah terracotta
Hasil akhirPowdery matte
Kandungan ekstraTocopherol (vitamin E)
1

Make OverIntense Matte Lip Cream

008 Libertine

Mulai dari Rp 108.000,00

TipeLipstik cair
WarnaMauve
Hasil akhirMatte
Kandungan ekstraVitamin C, vitamin E

Tips merawat bibir

Tips merawat bibir

Seperti anggota tubuh lainnya, bibir juga memerlukan perawatan khusus agar tetap sehat dan cantik. Dengan perawatan yang tepat, kesehatan bibir akan terus terjaga dan warnanya bisa menjadi lebih cerah. Simak tips di bawah ini, yuk!


  • Gunakan lip scrub

Anda perlu rutin melakukan eksfoliasi bibir dengan scrub khusus. Lakukan kegiatan tersebut minimal sekali per minggu untuk menghilangkan sel kulit mati.


  • Jaga kelembapan bibir Anda

Selain itu, pastikan Anda secara rutin melembapkan bibir, baik dengan minum yang cukup maupun dengan lip balm. Saat beraktivitas di luar ruangan, gunakan lip balm dan lipstik yang mengandung UV protection agar bibir tetap terlindungi. 


  • Bersihkan sisa lipstik saat menghapus makeup

Ketika menghapus makeup, jangan lupa untuk membersihkan lipstik dengan benar agar tidak tersisa di bibir. Lipstik yang tidak dibersihkan secara optimal juga dapat menjadi penyebab bibir menghitam.


  • Perhatikan habit atau lifestyle Anda

Anda sebaiknya menghindari kebiasaan merokok dan konsumsi kafein secara berlebihan. Kebiasaan lain yang harus dihindari adalah menggigit dan menjilat bibir saat terasa kering. Perbanyak konsumsi air putih, sayur, dan buah agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari risiko dehidrasi. 

Baca juga rekomendasi lipstik lainnya di sini

Artikel kali ini secara khusus membahas mengenai lipstik untuk bibir hitam. Namun, Anda mungkin membutuhkan informasi mengenai lipstik dari merek-merek terkenal. Tak perlu repot! Anda bisa membacanya pada tautan-tautan di bawah ini. Kami telah menyiapkan tips memilihnya serta rekomendasi produk-produk terbaiknya.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan lipstik yang membuat Anda tertarik untuk memilikinya? Setelah mengetahui cara memilih lipstik untuk bibir hitam, kami harap Anda dapat memilih produk yang paling tepat.


Membeli lipstik untuk bibir hitam memang sedikit tricky dan perlu pertimbangan agar tidak salah pilih. Silakan jadikan artikel ini sebagai panduan dalam memilih lipstik terbaik agar penampilan Anda makin memikat. Selamat berbelanja dan tampil kece dengan lipstik yang sesuai!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bibir yang tampak lembap dan cerah akan membuat penampilan Anda makin segar. Namun, gaya hidup dan paparan sinar ultraviolet dapat mengakibatkan bibir gelap dan kering. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan lip balm atau pelembap bibir untuk mengatasi bibir gelap dan kering.Kali ini, kami akan menyajikan tips memilih lip balm yang bagus dan ber-BPOM. Berbagai merek lip balm mancanegara, seperti NIVEA, dan Vaseline telah kami siapkan. Kami juga akan mengulas lip balm lokal, seperti Emina dan Mad. So, jangan lewatkan ulasan kami, ya!
    Lip color & lip care
  • 10 Lip Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lip Serum Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Serum bibir atau lip serum adalah produk perawatan bibir yang populer akhir-akhir ini. Serum dapat membuat bibir lebih kenyal, memperbaiki tekstur, serta memudarkan kerutan di bibir. Beberapa serum juga bisa digunakan sebagai pewarna bibir serta efektif melindungi bibir dari sinar UV.Di sini, kami akan menjelaskan cara memilih serum bibir yang bagus. Baca juga tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Temukan rekomendasi serum bibir terbaik dari merek lokal dan luar negeri, seperti Emina, Sulwhasoo, Beaudelab, dan lainnya. Selamat tinggal bibir hitam!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lip tint merupakan produk pewarna bibir dari Korea yang diklaim tahan lama. Selain itu, lip tint, tidak membuat bibir hitam atau kering. Karena formulanya yang unik, lip tint cocok untuk semua orang, termasuk remaja.Kini, banyak merek ternama yang mengeluarkan lip tint, seperti SOMETHINC, IMPLORA, dan Emina. Ada produk yang dilengkapi UV filter, ada pula yang bersifat transferproof. Namun, produk manakah yang bagus? Kami akan menjabarkannya untuk Anda sekaligus memperkenalkan rekomendasi lip tint terbaik. Untuk lebih lengkapnya, bacalah artikel ini hingga selesai!
    Lip color & lip care
  • 10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Sawo matang merupakan salah satu warna kulit asli orang Indonesia. Ada banyak produk lipstik yang akan mempercantik tampilan Anda yang kulitnya sawo matang atau berbibir hitam. Namun, salah pilih lipstik akan berisiko membuat kulit Anda jadi terlihat kusam dan tidak menarik.Kali ini kami akan membantu Anda memilih warna lipstik untuk kulit sawo matang agar wajah terlihat fresh. Kami juga akan mengulas tips memilih serta rekomendasi produk yang bagus. Anda dapat menemukan produk dari berbagai merek, seperti Y.O.U dan Implora. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.
    Lip color & lip care
  • 10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Lipstik waterproof cukup diminati oleh orang Indonesia. Lipstik ini memudahkan Anda agar tidak perlu melakukan touch up dalam waktu beberapa jam. Bahkan, ada produk yang tahan lama dan tidak luntur meski dipakai saat makan. Lipstik waterproof hadir dalam berbagai tipe, baik cream, stick, maupun liquid.Jika Anda tertarik untuk membeli lipstik waterproof yang bagus, simaklah tips dari kami. Temukan tips tambahan dari makeup artist, Renata Aprianti. Jangan ketinggalan juga untuk membaca rekomendasi lipstik waterproof terbaik. Anda akan menemukan merek Maybelline, Revlon, serta merek lokal, seperti Wardah dan Emina. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Balm The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Balm The Body Shop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bibir yang kering dan pecah bisa diobati dari dalam dan luar. Untuk langkah preventif dari luar, Anda bisa menggunakan lip balm atau pelembap bibir. Penggunaan lip balm bisa membantu mengembalikan kelembapan alami bibir dan menjadikannya sehat kembali. Nah, di artikel ini kami akan membahas lip balm merek The Body Shop. Brand besar ini sudah dikenal akan kualitas produknya yang mumpuni. Beragam produk lip balm, seperti lip juicer, lip butter, serta pelembap lainnya akan dihadirkan. Sebelumnya, simaklah cara memilih lip balm The Body Shop yang bagus berikut ini terlebih dahulu!
    Lip color & lip care
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori