• 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Anda pasti sudah tidak asing dengan salah satu jenis gorengan ini, bukan? Bakwan dibuat dari campuran tepung terigu, sayuran, jagung, dan bumbu. Kini membuat bakwan tidaklah sulit berkat adanya tepung bakwan instan. Tepung bakwan ini sudah diracik dengan bumbu-bumbu lengkap, Anda hanya perlu menyiapkan bahan, kemudian bakwan siap digoreng.


Kobe, Sasa, Mamasuka dan Sajiku adalah beberapa merek tepung bakwan yang populer. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih tepung bakwan untuk Anda. Rekomendasi produk terbaik dan tips membuat bakwan goreng juga akan kami bagikan. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih tepung bakwan

Meski terkesan mudah, membuat bakwan dianggap sulit bagi sebagian orang. Banyak orang menginginkan bakwan yang renyah, gurih, dan juga lezat. Namun, jika komposisi bahannya tidak tepat, Anda tidak akan bisa menghasilkan bakwan sesuai keinginan. Dengan memakai tepung bakwan instan, Anda dijamin tidak akan gagal membuat bakwan yang renyah. Anda pun tidak perlu repot meracik bumbu, menakar tepung, dan lainnya. 


Terdapat tiga jenis bakwan yang biasa dikonsumsi, yakni bakwan sayur, bakwan udang, dan bakwan jagung. Produk yang menjual ketiga jenis bakwan ini mudah ditemukan di pasaran. Anda bisa membeli tepung bakwan sesuai dengan jenis bakwan yang ingin dibuat. Berikut ini poin-poinnya.

Pilih tepung bakwan sayur

Pilih tepung bakwan sayur

Jika ingin membuat bakwan sayur, pilih tepung yang khusus membuat bakwan sayur. Jenis bakwan ini merupakan bakwan dengan bahan utamanya adalah sayuran. Sayuran yang biasa digunakan adalah wortel, taoge, kubis (kol), labu siam, atau bayam. Sayur-sayuran tersebut kemudian dicampur dengan tepung terigu, bumbu-bumbu, kemudian digoreng. Agar kriuk dan renyahnya lebih tahan lama, penambahan tepung beras biasa dilakukan.


Jika Anda menggunakan tepung bakwan, Anda tidak perlu meracik bumbu atau menakar tepung. Anda cukup menyiapkan sayur-sayuran di atas dan menggorengnya. Mudah dan simpel, bukan?

Pilih tepung bakwan jagung

Pilih tepung bakwan jagung

Selanjutnya, bagi Anda yang ingin membuat bakwan jagung, sebaiknya memilih tepung yang khusus untuk membuat bakwan jagung. Bahan utama dari jenis bakwan ini adalah jagung yang sudah dipupil. Jagung tersebut dapat dihaluskan atau tidak dihaluskan sesuai dengan selera Anda. Tepung bakwan jagung sudah dibumbui dengan takaran tepung terigu dan tepung beras yang pas. Anda bisa menambahkan telur agar rasanya makin gurih. Namun, telur dapat membuat bakwan jadi lebih lembek. 


Beberapa produk tepung bakwan jagung di pasaran sudah tidak memerlukan tambahan telur. Kemudian, jika Anda menyukai rasa bakwan jagung khas Jawa Timur, sebaiknya memilih tepung yang sudah mengandung rempah-rempah. Bakwan khas dari sana biasanya mengandung rempah-rempah yang lengkap. 

Pilih tepung bakwan udang

Pilih tepung bakwan udang

Jenis bakwan yang satu ini menggunakan udang sebagai bahan utamanya. Bakwan ini biasa dijadikan sebagai lauk untuk makan. Anda sebaiknya juga memilih tepung khusus untuk membuat bakwan udang ketika ingin membuatnya. Hal ini karena tepung bakwan udang sudah diracik agar pas untuk membuat bakwan ini. 


Tepung bakwan udang umumnya sudah mengandung rempah-rempah, tepung terigu, dan juga tepung beras. Tambahkanlah daun bawang agar bakwan Anda makin nikmat. Bakwan udang yang dihasilkan dari tepung ini rasanya akan gurih dan lezat. Tidak perlu menambahkan bumbu apa pun lagi!

Ketahui karakteristik merek tepung bakwan

Setiap produsen tentu memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Kami akan membahas karakteristik beberapa merek tepung bakwan yang terkenal berikut ini.

Sasa, ahlinya membuat bakwan yang renyah luar dan dalam

Jika ingin bakwan yang renyah dari dalam hingga ke dalam, sebaiknya Anda memilih tepung merek Sasa. Produsen menawarkan varian Tepung Bakwan Spesial yang rasanya begitu gurih dengan aroma rempah-rempah yang lezat. 


Satu produk tepung Sasa bisa digunakan untuk membuat bakwan sayur, bakwan jagung, dan bakwan udang. Tepung bakwan dari Sasa juga pernah dianugerahi Top Brands Award dan juga Superbrands Award. Jangan lewatkan produk pemenang penghargaan ini, ya.

Sajiku, komposisi rasa asin dan gurihnya pas

Sajiku Bakwan Crispy merupakan varian tepung bakwan dari Ajinomoto. Bakwan dari tepung Sajiku memiliki cita rasa asin dan gurih dengan komposisi yang pas. Tepung bakwan ini sudah mengandung bumbu lengkap dengan rempah-rempah pilihan. Hasil gorengan bakwan dari tepung ini bertekstur crispy di luar, tetapi lembut di bagian dalamnya. Aroma dari bakwan ini juga lezat menggugah selera.


Sajiku menawarkan tepung bakwan dengan dua kemasan berbeda yakni kemasan 80 gram untuk sekali masak dan kemasan lebih besar 225 gram. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Kobe, racikan bumbunya alami tanpa bahan pengawet

Hasil gorengan bakwan dari tepung Kobe juga lembut di dalam dan renyah di luar. Tepung bakwan Kobe tidak menggunakan bahan pengawet buatan. Produsen hanya menggunakan bahan-bahan alami untuk racikan bumbunya. 


Kerenyahan bakwan dari tepung Kobe juga sangat terjamin berkat teknologi modern yang mereka gunakan untuk memproduksi tepung ini. Proses pembuatannya pun sangat higienis dengan bahan-bahan terbaik dan pilihan. 

MamaSuka, hasil gorengan beraroma, empuk, dan lembut

Tepung bakwan MamaSuka ini diproduksi oleh Jico Agung. Karakteristik hasil gorengan bakwan dari tepung MamaSuka sangat beraroma, empuk, dan juga lembut. Merek tepung bakwan MamaSuka juga menawarkan tepung bakwan khusus untuk tiga jenis bakwan, yaitu tepung bakwan jagung, udang, dan sayur. 


Ketiga jenis tepung bakwan dari MamaSuka ini dilengkapi pula dengan bahan khusus untuk membuat bakwan tersebut. Jadi, rasanya akan lebih pas dan lezat. Anda bisa menyesuaikan tepung ini dengan bakwan yang ingin Anda buat.

10 Rekomendasi tepung bakwan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tepung bakwan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10
Untuk jenisBakwan sayur
Isi80 gram
9
Untuk jenisBakwan udang
Isi180 gram
8
Untuk jenisBakwan jagung
Isi180 gram
7
Untuk jenisBakwan sayur
Isi250 gram
6
Untuk jenisBakwan sayur
Isi150 gram
5

AlidaBakwan Tepung Bumbu Serbaguna

Mulai dari Rp 1.500,00

Untuk jenisBakwan udang
Isi75 gram
4
Untuk jenisBakwan sayur
Isi225 gram
3
Untuk jenisBakwan sayur, bakwan udang, bakwan jagung
Isi210 gram
2
Untuk jenisBakwan sayur, bakwan udang, bakwan jagung
Isi80 gram
1
Untuk jenisBakwan jagung, bakwan udang, bakwan sayur
Isi250 gram

Tabel perbandingan produk tepung bakwan terbaik

Gambar produk
1
Sasa Tepung Bumbu Bakwan Spesial 1

Sasa

2
Pondan Unifood Tepung Bumbu Bakwan 1

Pondan

3
Kobe Tepung Bakwan Kress 1

Kobe

4
Ajinomoto Sajiku Tepung Bumbu Bakwan Crispy 1

Ajinomoto

5
Alida Bakwan Tepung Bumbu Serbaguna 1

Alida

6
Tepung Bumbu Bakwan 1

7
Mugo Tepung Goreng Gluten Free 1

Mugo

8
Jico Agung MamaSuka Tepung Bakwan Jagung 1

Jico Agung

9
Jico Agung MamaSuka Tepung Bakwan Udang 1

Jico Agung

10
Primafood Fiesta Tepung Bumbu Bakwan 1

Primafood

Nama produk

Tepung Bumbu Bakwan Spesial

Unifood Tepung Bumbu Bakwan

Tepung Bakwan Kress

Sajiku Tepung Bumbu Bakwan Crispy

Bakwan Tepung Bumbu Serbaguna

Tepung Bumbu Bakwan

Tepung Goreng Gluten Free

MamaSuka Tepung Bakwan Jagung

MamaSuka Tepung Bakwan Udang

Fiesta Tepung Bumbu Bakwan

Keunggulan

Aroma rempahnya kuat, makin menggugah selera

Bisa untuk semua jenis bakwan

Mau bikin bakwan atau perkedel? Semua bisa!

Ada sensasi rasa merica di tiap gigitannya

Tepung bakwan produksi rumahan tanpa bahan pengawet

Bebas gluten dan MSG, lebih sehat!

Tepung serbaguna yang memakai garam sehat

Ada ekstra daun bawangnya, lho!

Menghasilkan bakwan dengan rasa udang yang makin kuat

Yuk, cicipi bakwan dari resep buatan koki!

Harga mulai dariRp 6.700,00Rp 2.900,00Rp 6.000,00Rp 5.000,00Rp 1.500,00Rp 15.000,00Rp 21.000,00Rp 6.000,00Rp 6.000,00Rp 2.200,00
Untuk jenisBakwan jagung, bakwan udang, bakwan sayurBakwan sayur, bakwan udang, bakwan jagungBakwan sayur, bakwan udang, bakwan jagungBakwan sayurBakwan udangBakwan sayurBakwan sayurBakwan jagungBakwan udangBakwan sayur
Isi250 gram80 gram210 gram225 gram75 gram150 gram250 gram180 gram180 gram80 gram
Tautan produk

Resep bakwan goreng untuk MPASI yang enak dan mudah di rumah

Resep bakwan goreng untuk MPASI yang enak dan mudah di rumah

MPASI (Makanan Pendamping ASI) diberikan kepada bayi mulai usia enam bulan. Jika bayi Anda sudah bisa makan makanan bertekstur, coba kreasikan menunya, misalnya dengan memberinya bakwan. 


Anda bisa menambahkan mi telur sebagai sumber karbohidrat ke dalam tepung bakwan. Untuk sumber proteinnya, tambahkanlah daging ayam atau sapi giling, serta ikan tuna atau salmon ke dalamnya. Kemudian, Anda bisa menambahkan sayuran, seperti wortel yang diserut, brokoli cincang dan sayur lainnya agar si kecil mudah memakannya.


Cara membuatnya tidak berbeda dengan bakwan biasa. Larutkanlah tepung bakwan ke dalam air, kemudian campur semua bahan, mulai dari mi telur yang sudah direbus, daging, sayuran ke dalam adonan. Aduk hingga semua tercampur rata. Selanjutnya, tambahkan potongan daun bawang, aduk, dan adonan pun siap untuk digoreng dengan minyak panas. Anda bisa menjadikan menu bakwan ini sebagai camilan atau lauk makan. Kami yakin si kecil lahap dan berat badannya bisa bertambah!

Baca juga rekomendasi produk tepung lainnya di sini

Selain untuk membuat bakwan, tepung memang harus ada di dapur untuk membuat makanan lainnya. Lauk ayam goreng tepung, tempe mendoan, bakso goreng, dan lainnya, akan lebih mudah dibuat menggunakan tepung bumbu instan. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai tepung bumbu terbaik!

Kesimpulan

Jadi, apakah Anda sudah menentukan produk mana yang akan dibeli? Sangat mudah, bukan, cara memilih tepung bakwan? Pilihlah tepung yang sesuai dengan jenis bakwan yang ingin dibuat. Anda tak perlu risau karena sudah banyak tepung bakwan serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai jenis bakwan.


Tepung bakwan di pasaran memiliki kelebihan masing-masing. Harga dan isi tiap kemasan pun berbeda. Sebaiknya Anda juga menyesuaikannya dengan kebutuhan. Selamat menikmati bakwan buatan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Filma, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulannya masing-masing.Guna mendapatkan produk yang tepat, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makaroni merupakan jenis pasta yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Berbagai makanan, seperti sup, salad, bahkan camilan menggunakan jenis pasta ini. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda kebingungan memilih produk yang pas untuk disajikan.Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih makaroni terbaik agar Anda mudah menemukan makaroni yang tepat. Temukan juga berbagai merek ternama, seperti La Fonte, San Remo, Kraft, dan lain-lain dalam rekomendasi kami. Yuk, langsung simak informasinya!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori