1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Bumbu & bahan masakan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Anda pasti sudah tidak asing dengan salah satu jenis gorengan ini, bukan? Bakwan yang enak dibuat dari campuran tepung terigu, sayuran, jagung, dan bumbu. Kini membuat bakwan tidaklah sulit berkat adanya tepung bakwan instan. Tepung bakwan ini sudah diracik dengan bumbu-bumbu lengkap, Anda hanya perlu menyiapkan bahan, kemudian bakwan siap digoreng.


Kobe, Sasa, Mamasuka dan Sajiku adalah beberapa merek yang populer. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih tepung bakwan yang bagus untuk Anda. Rekomendasi produk dan tips membuat bakwan goreng juga akan kami bagikan. Selamat membaca!

Diperbaharui 11-20-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih tepung bakwan

Banyak orang menginginkan bakwan yang renyah, gurih, dan juga lezat. Namun, jika komposisi bahannya tidak tepat, Anda tidak akan bisa menghasilkan bakwan sesuai keinginan. Dengan memakai tepung bakwan instan, Anda dijamin tidak akan gagal membuat bakwan yang renyah. Berikut ini poin-poinnya untuk memilih tepung bakwan instan yang enak.

① Pilih tepung sesuai jenis bakwan yang ingin dibuat

Terdapat tiga jenis bakwan yang biasa dikonsumsi, yakni bakwan sayur, bakwan udang, dan bakwan jagung. Produk yang menjual ketiga jenis bakwan ini mudah ditemukan di pasaran. Anda bisa membeli tepung bakwan sesuai dengan jenis bakwan yang ingin dibuat. 

Tepung bakwan sayur, untuk yang ingin membuat bakwan sayur

Tepung bakwan sayur, untuk yang ingin membuat bakwan sayur

Jika ingin membuat bakwan sayur, pilih tepung yang khusus membuat bakwan sayur. Jenis bakwan ini biasanya menggunakan sayuran seperti wortel, taoge, kubis (kol), labu siam, atau bayam. Sayur-sayuran tersebut kemudian dicampur dengan tepung terigu, bumbu-bumbu, kemudian digoreng. Agar kriuk dan renyahnya lebih tahan lama, penambahan tepung beras biasa dilakukan.


Jika menggunakan tepung bakwan, Anda tidak perlu meracik bumbu atau mengira-ngira perbandingan tepung terigu dan tepung beras yang tepat. Anda cukup menyiapkan sayur-sayuran di atas dan menggorengnya. Mudah dan simpel, bukan?

Tepung bakwan jagung, sudah dibumbui khas bakwan jagung

Tepung bakwan jagung, sudah dibumbui khas bakwan jagung

Selanjutnya, bagi Anda yang ingin membuat bakwan jagung, sebaiknya memilih tepung yang khusus untuk membuat bakwan jagung. Bakwan ini biasanya menggunakan jagung yang sudah dipipil yang dapat dihaluskan atau tidak dihaluskan sesuai dengan selera Anda.


Tepung bakwan jagung instan sudah dibumbui dengan takaran tepung terigu, tepung jagung, dan tepung beras yang pas. Anda bisa menambahkan telur agar rasanya makin gurih. Namun, telur dapat membuat bakwan jadi lebih lembek. 

Tepung bakwan udang, berisi rempah-rempah yang pas bila ditambah udang

Tepung bakwan udang, berisi rempah-rempah yang pas bila ditambah udang

Jenis bakwan yang satu ini menggunakan udang sebagai bahan utamanya. Bakwan ini biasa dijadikan sebagai lauk untuk makan. Anda sebaiknya juga memilih tepung khusus untuk membuat bakwan udang karena tepung ini sudah diracik dengan pas.


Tepung bakwan udang umumnya sudah mengandung rempah-rempah, tepung terigu, dan juga tepung beras. Bakwan udang yang dihasilkan dari tepung ini rasanya akan gurih dan lezat. Tidak perlu menambahkan bumbu apa pun lagi!

② Ketahui karakteristik merek tepung bakwan

Setiap produsen tentu memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Kami akan membahas karakteristik beberapa merek tepung bakwan yang terkenal berikut ini.

Sasa: Ahlinya membuat bakwan yang renyah luar dan dalam

Sasa: Ahlinya membuat bakwan yang renyah luar dan dalam
Sumber: sasa.co.id

Jika ingin bakwan yang renyah dari luar hingga ke dalam, sebaiknya Anda memilih tepung merek Sasa. Produsen menawarkan varian Tepung Bakwan Spesial yang rasanya begitu gurih dengan aroma rempah-rempah yang lezat. 


Satu produk tepung Sasa bisa digunakan untuk membuat bakwan sayur, bakwan jagung, dan bakwan udang. Tepung bakwan dari Sasa juga pernah dianugerahi Top Brands Award dan juga Superbrands Award. Jangan lewatkan produk pemenang penghargaan ini, ya.

Sajiku: Komposisi rasa asin dan gurihnya pas

Sajiku Bakwan Crispy merupakan varian tepung bakwan dari Ajinomoto. Bakwan dari tepung Sajiku memiliki cita rasa asin dan gurih dengan komposisi yang pas. Tepung bakwan ini sudah mengandung bumbu lengkap dengan rempah-rempah pilihan. 


Hasil gorengan bakwan dari tepung ini bertekstur crispy di luar, tetapi lembut di bagian dalamnya. Aroma dari bakwan ini juga lezat menggugah selera. Sajiku menawarkan tepung bakwan dengan dua kemasan berbeda yakni kemasan 80 gram dan 225 gram. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Kobe: Racikan bumbunya alami tanpa bahan pengawet

Hasil gorengan bakwan dari tepung Kobe juga lembut di dalam dan renyah di luar. Tepung bakwan Kobe tidak menggunakan bahan pengawet buatan. Produsen hanya menggunakan bahan-bahan alami untuk racikan bumbunya. 


Kerenyahan bakwan dari tepung Kobe juga sangat terjamin berkat teknologi modern yang mereka gunakan untuk memproduksi tepung ini. Proses pembuatannya pun sangat higienis dengan bahan-bahan terbaik dan pilihan. 

MamaSuka: Hasilkan gorengan beraroma, empuk, dan lembut

MamaSuka: Hasilkan gorengan beraroma, empuk, dan lembut
Sumber: mamasuka.com

Tepung bakwan MamaSuka ini diproduksi oleh Jico Agung. Karakteristik hasil gorengan bakwan dari tepung MamaSuka sangat beraroma, empuk, dan juga lembut. Merek tepung bakwan MamaSuka juga menawarkan tepung bakwan khusus untuk tiga jenis bakwan, yaitu tepung bakwan jagung, udang, dan sayur


Ketiga jenis tepung bakwan dari MamaSuka ini dilengkapi pula dengan bahan khusus untuk membuat bakwan tersebut. Jadi, rasanya akan lebih pas dan lezat. Anda bisa menyesuaikan tepung ini dengan bakwan yang ingin Anda buat.

10 Rekomendasi tepung bakwan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tepung bakwan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sasa Inti

Tepung Bakwan Spesial

Sasa Inti Tepung Bakwan Spesial 1枚目

Tepung bumbu bervitamin dengan rempah-rempah pilihan terbaik

2

Pondan Pangan Makmur Indonesia

Unifood Tepung Bumbu Bakwan

Pondan Pangan Makmur Indonesia Unifood Tepung Bumbu Bakwan 1枚目

Lebih praktis! Dilengkapi resep bakwan sayur, bakwan udang dan bakwan jagung

3

Agung Bumi Agro

Tepung Bakwan Ladang Lima

Agung Bumi Agro Tepung Bakwan Ladang Lima 1枚目

Gluten free, cocok untuk Anda yang memiliki intoleransi gluten

4

Kobe

Tepung Bumbu Bakwan Kress

Kobe Tepung Bumbu Bakwan Kress 1枚目

Buat bakwan atau perkedel dengan tepung ini? Semua bisa!

5

Ajinomoto

Sajiku Tepung Bumbu Bakwan Crispy

Ajinomoto Sajiku Tepung Bumbu Bakwan Crispy 1枚目

Kreasikan bakwan crispy versi Anda dengan tepung ini

6

Jico Agung

MamaSuka Tepung Bakwan Udang

Jico Agung MamaSuka Tepung Bakwan Udang 1枚目

Pilihan tepat bagi pencinta bakwan udang

7

Jico Agung

MamaSuka Tepung Bakwan Jagung

Jico Agung MamaSuka Tepung Bakwan Jagung 1枚目

Ekstra perisa jagung, lebih terasa jagungnya

8

Jico Agung

MamaSuka Tepung Bakwan

Jico Agung MamaSuka Tepung Bakwan  1枚目

Buat bakwan lebih banyak dengan tepung ini

9

Anugerah Karya Pertiwi

Arum Ayu Tepung Bumbu Bakwan

Anugerah Karya Pertiwi Arum Ayu Tepung Bumbu Bakwan 1枚目

Terbuat dari tepung mocaf, makan gorengan tak perlu merasa bersalah!

10

Mugo

Tepung Bumbu Gorengan Gluten Free Non MSG

Mugo Tepung Bumbu Gorengan Gluten Free Non MSG 1枚目

Lebih sehat dengan tepung serbaguna yang bebas MSG

Perincian produk
Close
No.1

Sasa IntiTepung Bakwan Spesial

Mulai dari Rp7.100,00

Tepung bumbu bervitamin dengan rempah-rempah pilihan terbaik

Tepung bumbu bakwan dari Sasa ini merupakan tepung bumbu bervitamin pertama di Indonesia. Dibuat menggunakan rempah-rempah pilihan, rasa bakwan yang dihasilkan lebih gurih dan kaya rasa. Aroma rempah-rempah dari bakwan yang dibuat menggunakan tepung ini akan menambah selera makan Anda. Cocok untuk Anda yang sering menjadikan bakwan sebagai lauk makan.

No.2

Pondan Pangan Makmur IndonesiaUnifood Tepung Bumbu Bakwan

Mulai dari Rp3.100,00

Lebih praktis! Dilengkapi resep bakwan sayur, bakwan udang dan bakwan jagung

Bagi Anda yang masih bingung dengan takaran bahan untuk membuat bakwan yang enak, cobalah gunakan tepung ini. Tepung bakwan instan dari Pondan ini dilengkapi dengan resep bakwan sayur, bakwan jagung, dan bakwan udang. Anda dapat melihat takaran bahan dan jumlah bakwan yang dihasilkan di bagian belakang kemasan. Anda tak perlu khawatir adonan bakwan Anda terlalu kental ataupun terlalu encer.

No.3

Agung Bumi AgroTepung Bakwan Ladang Lima

Mulai dari Rp16.200,00

Gluten free, cocok untuk Anda yang memiliki intoleransi gluten

Tepung bakwan Ladang Lima ini diolah menggunakan tepung mocaf bebas gluten dan rempah alami tanpa tambahan MSG. Meskipun tidak menggunakan bahan kimia, produk ini memiliki rasa dan tekstur yang tak kalah dengan tepung bakwan lainnya.


Satu bungkus tepung bakwan Ladang Lima berisi 200 gram dan dapat menghasilkan kurang lebih sepuluh sampai lima belas potong bakwan. Produk ini dapat menjadi solusi bagi para pencinta bakwan yang intoleran terhadap gluten. 

No.4

KobeTepung Bumbu Bakwan Kress

Mulai dari Rp4.900,00

Buat bakwan atau perkedel dengan tepung ini? Semua bisa!

Ingin membuat bakwan dan perkedel untuk lauk makan di rumah? Anda cukup menggunakan produk yang satu ini. Tepung bakwan dari Kobe ini diolah dengan teknologi modern yang menjamin kerenyahan dari bakwan dan perkedel yang Anda buat.


Kandungan bumbu pada tepung ini akan menambah cita rasa bakwan buatan Anda. Kini Anda dapat dengan mudah membuat bakwan dan perkedel yang renyah dan gurih seperti buatan restoran. 

No.5

AjinomotoSajiku Tepung Bumbu Bakwan Crispy

Mulai dari Rp5.000,00

Kreasikan bakwan crispy versi Anda dengan tepung ini

Tepung bakwan Sajiku ini merupakan tepung dengan perpaduan rempah pilihan yang menghasilkan rasa gurih dan aroma yang nikmat. Komposisi bahan yang ada pada tepung ini akan membuat bakwan Anda memiliki tekstur garing dan renyah.


Selain itu, satu bungkus tepung bakwan sajiku ini dapat digunakan untuk membuat tujuh belas bakwan. Cocok untuk Anda dan keluarga kecil Anda. Kini Anda dapat berkreasi membuat bakwan krispi ala Anda sendiri.

No.6

Jico AgungMamaSuka Tepung Bakwan Udang

Mulai dari Rp5.900,00

Pilihan tepat bagi pencinta bakwan udang

Menikmati bakwan hangat dengan aroma udang yang kuat tentu terasa lebih sedap, ya. Nah, jika Anda menyukai bakwan udang, coba buat bakwan Anda dengan tepung ini. Tambahan bubuk udang di dalamnya membuat aroma dan rasa udang pada bakwan terasa lebih kuat. Berpadu dengan rempah-rempah tradisional, rasa nikmat bakwan yang dibuat dengan tepung ini sama sekali tak dapat ditolak.

No.7

Jico AgungMamaSuka Tepung Bakwan Jagung

Mulai dari Rp5.200,00

Ekstra perisa jagung, lebih terasa jagungnya

Produk ini merupakan tepung bakwan jagung yang dibuat dengan campuran tepung terigu dan tepung jagung. Selain itu, ekstra perisa jagung pada tepung ini akan memberikan rasa jagung pada bakwan buatan Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot menyiapkan jagung pipil saat akan membuat bakwan. Produk ini cocok sekali untuk pencinta bakwan jagung yang tidak memiliki banyak waktu.

No.8

Jico AgungMamaSuka Tepung Bakwan

Mulai dari Rp21.400,00

Buat bakwan lebih banyak dengan tepung ini

Tepung bakwan dari MamaSuka ini hadir dalam kemasan besar berisi 1 kilogram. Anda dapat membuat lebih banyak bakwan karena tepung ini dapat digunakan untuk membuat segala jenis bakwan. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin memulai berjualan bakwan. Dengan isi yang lebih banyak dan harga lebih murah, Anda dapat membuat bakwan dengan harga terjangkau. 

No.9

Anugerah Karya PertiwiArum Ayu Tepung Bumbu Bakwan

Mulai dari Rp18.800,00

Terbuat dari tepung mocaf, makan gorengan tak perlu merasa bersalah!

Gorengan, termasuk bakwan, adalah camilan yang menggoda. Sayangnya, beberapa orang merasa bersalah setelah mengonsumsi gorengan karena khawatir akan kesehatannya. Dengan tepung ini, Anda bisa makan gorengan tanpa merasa bersalah lagi. Pasalnya, tepung bakwan Arum Ayu dibuat menggunakan tepung mocaf.


Tepung mocaf memiliki kandungan kalori, lemak, dan gula yang lebih rendah daripada tepung terigu. Proses pembuatannya pun diawasi ketat dan tanpa penambahan bahan kimia apa pun. Bumbu dan rempah yang digunakan seluruhnya berasal dari sumber alami. Dengan mutu yang terjamin, rasa bakwan yang dihasilkannya pun pasti lezat.

No.10

MugoTepung Bumbu Gorengan Gluten Free Non MSG

Mulai dari Rp21.000,00

Lebih sehat dengan tepung serbaguna yang bebas MSG

Tepung bakwan yang enak dan sehat ini kami rekomendasikan bagi penyuka gorengan yang tetap concern akan kesehatan. Meskipun merupakan tepung instan, produk dari Mugo ini dibuat dengan tepung bebas gluten dan tanpa tambahan MSG.


Selain itu, campuran bumbunya juga menggunakan garam Himalaya yang dipercaya mengandung lebih banyak mineral. Dengan kombinasi bahan-bahan tersebut, bakwan yang Anda buat tak hanya nikmat, tetapi juga lebih sehat.

Resep bakwan goreng untuk MPASI yang enak dan mudah di rumah

Resep bakwan goreng untuk MPASI yang enak dan mudah di rumah

MPASI (Makanan Pendamping ASI) diberikan kepada bayi mulai usia enam bulan. Jika bayi Anda sudah bisa makan makanan bertekstur, coba kreasikan menunya, misalnya dengan memberinya bakwan. 


Anda bisa menambahkan mi telur sebagai sumber karbohidrat ke dalam tepung bakwan. Untuk sumber proteinnya, tambahkanlah daging ayam atau sapi giling, serta ikan tuna atau salmon ke dalamnya. Kemudian, Anda bisa menambahkan sayuran, seperti wortel yang diserut, brokoli cincang, dan sayur lainnya agar si kecil mudah memakannya.


Cara membuatnya tidak berbeda dengan bakwan biasa. Larutkan tepung bakwan ke dalam air, kemudian campur semua bahan, mulai dari mi telur yang sudah direbus, daging, lalu sayuran. Aduk hingga tercampur rata. Selanjutnya, tambahkan potongan daun bawang, aduk, dan adonan pun siap untuk digoreng dengan minyak panas. Anda tinggal menyesuaikan teksturnya dengan usia anak.

Baca juga rekomendasi produk tepung lainnya di sini

Selain untuk membuat bakwan, tepung memang harus ada di dapur untuk membuat makanan lainnya. Lauk ayam goreng tepung, tempe mendoan, bakso goreng, dan lainnya, akan lebih mudah dibuat menggunakan tepung bumbu instan. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai tepung bumbu terbaik!

Kesimpulan

Jadi, apakah Anda sudah menentukan produk mana yang akan dibeli? Sangat mudah, bukan, cara memilih tepung bakwan? Pilihlah tepung yang sesuai dengan jenis bakwan yang ingin dibuat. Anda tak perlu risau karena sudah banyak tepung bakwan serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai jenis bakwan.


Tepung bakwan di pasaran memiliki kelebihan masing-masing. Harga dan isi tiap kemasan pun berbeda. Sebaiknya Anda juga menyesuaikannya dengan kebutuhan. Selamat menikmati bakwan buatan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer