1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Aksesori wanita
  6. >
  7. 10 Kalung Emas yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Kalung Emas yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Kalung Emas yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Kalung Emas yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Kalung Emas yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Kalung Emas yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Kalung Emas yang Bagus untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)

Perhiasan emas memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wanita sejak dahulu, terutama kalung emas. Terlebih, model dan bentuk kalung emas wanita sekarang makin cantik dan keren. Ada yang simple, ada juga yang panjangnya menjuntai sehingga cocok untuk wanita berhijab. Untuk remaja, Anda dapat memilih produk yang beratnya 2 gram atau 3 gram.


Supaya Anda bisa mendapatkan kalung emas yang bagus untuk wanita, kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilihnya. Sepuluh rekomendasi model kalung terbaru dari berbagai merek, seperti UBS Lifestyle dan Hala Gold, juga telah kami siapkan. Yuk, disimak!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih kalung emas untuk wanita

Selain cantik saat dipakai, kalung emas juga memiliki nilai investasi. Tidak heran jika banyak wanita menyukai jenis perhiasan ini untuk dibeli, dipakai, dan disimpan. Karena merupakan benda berharga, Anda tidak bisa sembarangan saat memilih kalung emas wanita. Berikut akan kami jelaskan empat poin yang harus diperhatikan dalam memilih kalung emas untuk wanita. Perhatikan dengan saksama, ya!

① Pilih berdasarkan warna kalung emas

Saat ini terdapat empat warna emas yang banyak digunakan pada kalung emas. Anda bisa menemukan kalung emas dalam balutan warna yellow gold, white gold, rose gold, dan black gold. Tiap-tiap warna memiliki ciri khas tersendiri, kami akan membahasnya lebih lengkap di bawah ini.

Yellow gold: Warna klasik yang kilaunya tidak akan mati

Yellow gold: Warna klasik yang kilaunya tidak akan mati

Bisa dikatakan yellow gold atau emas kuning merupakan warna klasik sejak zaman dahulu. Kilau yang abadi menjadikan kalung emas kuning memberikan kesan vintage saat dipakai.


Yellow gold merupakan warna emas asli yang tidak disepuh dengan warna lain. Oleh sebab itu, kalung emas berwarna yellow gold tidak memakan biaya produksi yang tinggi. Karena itu, biasanya kalung emas kuning dijual dengan harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan warna lainnya.


Karena tidak mengandung logam yang dapat mengubah warna emas, kalung yellow gold juga tidak menyebabkan alergi pada kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, silakan mempertimbangkan hal ini.

White gold: Memberikan nuansa modern pada penampilan

White gold: Memberikan nuansa modern pada penampilan

Warna white gold lebih dikenal sebagai emas putih. Warna ini didapatkan dari campuran antara emas kuning dengan logam putih lain, seperti platinum, paladium, nikel, atau perak. Setelah proses pencampuran selesai, biasanya perhiasan emas putih akan diberi lapisan rodium untuk menambah kilaunya.


Kalung emas putih wanita akan memberikan kesan modern saat dikenakan oleh pemakainya. Selain itu, kalung emas warna white gold juga lebih tahan goresan. Anda yang aktif berkegiatan pun tak perlu khawatir kalung emas putih yang dipakai menjadi rusak atau kehilangan kilaunya.

Rose gold: Berikan sentuhan feminin dan glamor saat dipakai

Rose gold: Berikan sentuhan feminin dan glamor saat dipakai

Rose gold atau emas merah dihasilkan dari perpaduan antara emas kuning dengan tembaga. Kalung emas ini memberikan alternatif bagi Anda yang kurang menyukai emas kuning atau putih.


Warna rose gold dapat memberikan sentuhan manis dan feminin pada penggunanya. Tidak hanya itu, Anda bahkan dapat menghasilkan tampilan glamor dengan memakai kalung emas berwarna rose gold.

Black gold: Inovasi warna terbaru dari kalung emas wanita

Black gold: Inovasi warna terbaru dari kalung emas wanita

Warna black gold atau emas hitam merupakan inovasi warna terbaru dalam dunia perhiasan. Warna unik ini tercipta dari campuran antara emas dengan alloy yang diproses dengan teknologi khusus asal Italia.


Meski tidak tampak seperti emas, kalung emas dengan warna black gold tetap mengikuti standar harga emas di pasaran, lho. Jadi, Anda bisa tetap berinvestasi dengan kalung black gold. Jika Anda tidak menyukai perhiasan yang terlihat terlalu mencolok, kami sarankan untuk memilih kalung emas black gold.

② Cek kecocokannya dengan warna kulit Anda

Cek kecocokannya dengan warna kulit Anda

Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam penggunaan kalung emas wanita. Namun, akan lebih baik jika Anda memakai kalung emas yang memiliki warna sesuai dengan kulit. Dengan begitu, keindahan warna kulit dan kalung yang dikenakan akan lebih terpancar.


  • Untuk pemilik kulit agak gelap, sebaiknya kenakanlah kalung emas wanita dengan warna white gold. Kalung emas putih akan memberi kesan bersinar pada kulit Anda.

  • Bagi pemilik kulit sawo matang, kalung emas berwarna yellow gold lebih cocok untuk dikenakan. Dengan kalung emas kuning, kulit sawo matang akan tampak lebih elegan dan menawan.

  • Terakhir adalah untuk pemilik kulit terang dan kuning langsat. Pemilik warna kulit tersebut dapat mengenakan kalung emas dengan berbagai warna sesuai selera. Meski demikian, pemilik kulit kuning langsat akan terlihat sangat manis saat mengenakan kalung emas berwarna rose gold. Pemakaian kalung emas black gold juga dapat membuat kulit terang menjadi tampak lebih menarik.

③ Ketahui perbedaan kadar emas

Ketahui perbedaan kadar emas

Seperti diketahui, emas murni merupakan logam yang lunak dengan kadar 24 karat. Ketika dibentuk sebagai perhiasan, emas perlu dicampur dengan logam lain agar lebih kuat saat dipakai. Hal inilah yang menimbulkan perbedaan kadar emas pada perhiasan. Kadar emas 22 karat umumnya menunjukkan kandungan emas murni 90%. Di sisi lain, kadar emas 23 karat memiliki kandungan emas murni 94%.


Untuk mengetahui kandungan emas murni dalam kalung, Anda dapat menggunakan suatu rumus. Bagilah karat kalung emas dengan 24, lalu kalikan hasilnya dengan 100%.


Sebagai contoh, jika Anda mempunyai kalung emas 17 karat, kandungan emas di dalamnya adalah:

(17:24) x 100% = 0,71 x 100% = 71%

Jadi, kalung emas Anda memiliki kandungan emas murni 71%, sedangkan 29%-nya adalah logam campuran lain.


Kalung yang kadar emasnya lebih tinggi akan lebih lembek. Akibatnya, kalung emas dengan kadar tinggi biasanya lebih mudah rusak. Perlu diketahui, kadar emas dalam kalung juga akan memengaruhi harga jualnya. Makin tinggi kadar emasnya, harga jualnya makin mahal. Dengan begitu, kalung emas asli dengan kadar tinggi juga lebih cocok digunakan sebagai investasi.


Untuk perhiasan, kami sangat menyarankan pemilihan kalung emas dengan kadar tua dengan persentase 70–75,5%. Emas kadar tua memiliki tingkat keawetan yang pas sebagai perhiasan, serta memiliki nilai investasi tinggi. Namun, bila dana Anda terbatas, pemilihan kalung emas muda dengan kadar 37,5–42% bisa juga menjadi alternatif.

④ Tentukan model kalung emas yang diinginkan

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih kalung emas wanita adalah modelnya. Anda tentu menginginkan kalung emas model terbaru yang dapat menunjang penampilan, bukan? Karena itu, penting untuk menentukan model yang Anda suka agar terhindar dari rasa cepat bosan. Jadi, silakan perhatikan jenis rantai kalung emas atau model liontinnya.

Panjang dan jenis rantai turut menentukan tampilan kalung emas

Panjang dan jenis rantai turut menentukan tampilan kalung emas

Panjang rantai kalung emas wanita dewasa umumnya sekitar 35–45 cm. Namun, ada juga kalung emas wanita yang panjangnya di atas 50 cm. Supaya kalung emas tampak apik saat dipakai, pertimbangkanlah bentuk leher dan bahu.


Bagi pemilik leher besar, pastikan untuk menghindari rantai kalung emas pendek. Di sisi lain, pemilik bahu lebar sebaiknya mengenakan rantai kalung emas yang panjang. Panjang kalung di atas 50 cm juga pas dikenakan oleh wanita berhijab.


Selain panjang kalung, penting juga untuk memperhatikan jenis rantai kalung emasnya. Apabila Anda memiliki aktivitas tinggi, kami sarankan memilih model rantai kalung emas yang kuat dan tebal. Dengan begitu, kalung emas wanita tidak akan mudah putus meski dipakai seharian. Jenis rantai yang kuat dan tebal juga cocok dijadikan fashion statement tanpa perlu liontin.


Sebaliknya, model rantai kalung emas tipis lebih nyaman untuk dipakai sehari-hari karena tidak terlalu berat. Anda juga lebih mudah memadukannya dengan beragam model liontin emas terbaru.

Keberadaan liontin atau bandul dapat memengaruhi daya tarik

Keberadaan liontin atau bandul dapat memengaruhi daya tarik

Di pasaran terdapat dua jenis cara pemasangan liontin pada kalung. Kami akan menjelaskan plus dan minus tiap-tiap jenisnya di bawah ini:


  • Kalung emas langsung liontin: Jenis kalung emas ini lebih praktis digunakan karena rantai kalung emas telah terpatri dengan liontin. Jadi, Anda tak perlu bingung mencari kecocokan antara rantai kalung dengan liontin yang dimiliki. Sayangnya, kalung seperti ini berisiko membuat lebih cepat bosan karena Anda tidak bisa memadukannya dengan model liontin lain.

  • Kalung emas tanpa liontin: Model kalung emas wanita ini memberi Anda ruang untuk berkreasi dengan rantai dan liontin yang telah dimiliki. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan beragam tampilan. Namun, tentunya hal tersebut akan lebih memakan waktu Anda.

10 Rekomendasi kalung emas yang bagus untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kalung emas yang bagus untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kalung Emas Jedar

 Kalung Emas Jedar 1枚目

Kilau maksimal dari kalung emas tanpa liontin

2

Untung Bersama Sejahtera

UBS Lifestyle Kalung Emas Carendelano Alpha Bold

Untung Bersama Sejahtera UBS Lifestyle Kalung Emas Carendelano Alpha Bold 1枚目

Sentuhan personal pada koleksi perhiasan

3

Kalung Emas Italy Santa

 Kalung Emas Italy Santa 1枚目

Model kalung emas yang tidak mudah putus

4

Kalung Emas Trixie Halus

 Kalung Emas Trixie Halus 1枚目

Kalung emas yang bagus untuk sehari-hari

5

Kalung Emas Wanita Paperlina

 Kalung Emas Wanita Paperlina 1枚目

Dapat dipakai oleh semua ukuran leher

6

Kalung Emas Aurel Serut

 Kalung Emas Aurel Serut 1枚目

Tingkatkan tampilan Anda dengan detail mewah

7

Kalung Emas Super Flat Thin Blackgold

 Kalung Emas Super Flat Thin Blackgold 1枚目

Jadilah pusat perhatian dengan kalung ini

8

Ayugold Indonesia

AYU 8 Candy Pop Chain Necklace

Ayugold Indonesia AYU 8 Candy Pop Chain Necklace 1枚目

Hasilkan kesan lebih muda dengan batuan warna-warni

9

Hala Gold

Kalung Emas Puspa Collection - Anggrek

Hala Gold Kalung Emas Puspa Collection - Anggrek 1枚目

Hadirkan keindahan bunga anggrek di leher Anda

10

Sandra Dewi Gold

Kalung Emas Golden Love Series

Sandra Dewi Gold Kalung Emas Golden Love Series 1枚目

Berikan kesan romantis dengan liontin emas bentuk hati

Perincian produk
Close
No.1

Kilau maksimal dari kalung emas tanpa liontin

Jika Anda tidak menyukai jenis rantai kalung emas yang polos, silakan memilih produk yang satu ini. Rantai kalung emas ini dilengkapi dengan butiran bola kecil untuk menambah kilau saat dipakai. Hasilnya, Anda akan terlihat cantik dengan kalung emas ini walau tidak menggunakan liontin. Anda tertarik untuk memilikinya?

No.2

Untung Bersama SejahteraUBS Lifestyle Kalung Emas Carendelano Alpha Bold

Mulai dari Rp2.358.000,00

Sentuhan personal pada koleksi perhiasan

Apabila Anda ingin memberikan sentuhan personal pada perhiasan yang dimiliki, kalung emas UBS ini adalah pilihan tepat. Dengan bandul berbentuk inisial huruf, Anda bisa memilih abjad yang diinginkan. Uniknya lagi, selain warna yellow gold dan rose gold, produk ini juga menawarkan pilihan liontin huruf berwarna black gold. Menarik, ya.

No.3

Kalung Emas Italy Santa

Mulai dari Rp1.468.000,00

Model kalung emas yang tidak mudah putus

Ketika aktif berkegiatan, Anda tentu memahami repotnya memakai kalung emas, apalagi bila rambut tersangkut pada rantainya. Untungnya, kehadiran jenis kalung emas Italy Santa ini bisa menjadi solusi.


Italy Santa merupakan salah satu jenis rantai kalung emas yang kuat. Itu semua berkat desainnya yang penuh tanpa gap, serta ketebalannya yang pas. Jadi, Anda bisa tenang saat banyak bergerak dengan mengenakan kalung emas ini.

No.4

Kalung Emas Trixie Halus

Mulai dari Rp880.000,00

Kalung emas yang bagus untuk sehari-hari

Kalung Trixie ini memiliki desain yang simple dan sangat tipis. Meski tidak terlalu mencolok, produk ini terasa nyaman saat digunakan. Anda akan merasa seperti tidak memakai kalung, terlebih jika dipakai tanpa bandul. Apabila Anda mencari kalung emas tipis, kecil, dan cantik untuk pemakaian sehari-hari, silakan menjatuhkan pilihan pada produk ini.

No.5

Kalung Emas Wanita Paperlina

Mulai dari Rp2.153.000,00

Dapat dipakai oleh semua ukuran leher

Keunikan dari kalung emas wanita yang satu ini terletak pada modelnya yang berbentuk seperti paperclip. Berkat keberadaaan lubang mirip paperclip tersebut, Anda bisa memasukkan pengaitnya ke semua lubangnya. Artinya, Anda dapat mengenakannya sebagai kalung choker, bisa juga dibiarkan menjuntai ke bawah. Kalung emas ini bahkan bisa dipakai untuk semua ukuran leher.


Jadi, Anda yang ingin menghasilkan beragam gaya bisa memilih kalung emas ini. Apabila beruntung, Anda juga dapat menemukan model Kalung Emas Wanita Paperlina yang panjangnya 60 cm. Dengan ukuran tersebut, produk ini tentu cocok dipakai sebagai kalung emas panjang untuk wanita berhijab.

No.6

Kalung Emas Aurel Serut

Mulai dari Rp5.762.000,00

Tingkatkan tampilan Anda dengan detail mewah

Produk yang satu ini merupakan model kalung emas terbaru yang populer sejak digunakan pada pernikahan seorang pesohor dalam negeri. Dengan bentuk v-shaped, tipe kalung emas ini dapat membingkai leher Anda menjadi lebih cantik. Tak hanya itu, produk ini juga memberi kesan glamor berkat keberadaan batu-batuan berkilau di sepanjang kalung.


Karena itu, kalung emas ini sangat cocok digunakan saat Anda akan pergi ke acara penting atau pesta. Uniknya lagi, produk ini menggunakan pengait dengan sistem serut sehingga Anda bisa memodifikasi panjangnya sesuai keinginan.

No.7

Kalung Emas Super Flat Thin Blackgold

Mulai dari Rp7.052.000,00

Jadilah pusat perhatian dengan kalung ini

Kalung emas yang satu ini memiliki desain superflat. Apabila Anda ingin menjadi pusat perhatian, kalung emas terbaru ini layak dipertimbangkan.


Dengan penampang yang melebar, produk ini bisa menghasilkan kilau yang lebih maksimal tanpa tambahan liontin atau batu-batuan. Tanpa perlu memadukannya dengan perhiasan lain, pemakaian kalung jenis black gold ini akan membuat tampilan Anda terlihat menonjol.

No.8

Ayugold IndonesiaAYU 8 Candy Pop Chain Necklace

Mulai dari Rp2.481.462,00

Hasilkan kesan lebih muda dengan batuan warna-warni

Bagi Anda yang ingin tampak lebih muda, pemakaian kalung emas Candy Pop merek AYU ini wajib menjadi pilihan. Dengan delapan buah batu berwarna-warni, kalung emas wanita ini bisa memberi kesan fun pada pemakainya. Terlebih, batuannya dipasang tanpa rangka sehingga dapat memantulkan cahaya dengan maksimal. Produk ini juga merupakan model kalung emas yang tepat untuk remaja.

No.9

Hala GoldKalung Emas Puspa Collection - AnggrekNC210171

Mulai dari Rp2.597.000,00

Hadirkan keindahan bunga anggrek di leher Anda

Kalung emas liontin produksi Hala Gold ini ditujukan untuk Anda penggemar bunga, terutama bunga anggrek. Perpaduan antara warna rose gold dengan bunga anggrek menjadikan produk ini tampak manis saat dipakai. Meski terlihat sederhana, model kalung langsung liontin ini tetap dilengkapi dengan batuan solitaire di kelopak bunganya. Tujuannya adalah untuk memberi kesan elegan.

No.10

Sandra Dewi GoldKalung Emas Golden Love SeriesNC200114

Mulai dari Rp3.845.000,00

Berikan kesan romantis dengan liontin emas bentuk hati

Jika Anda akan bertemu dengan orang spesial, pemakaian kalung emas merek Sandra Dewi Gold ini akan meningkatkan kepercayaan diri. Dilengkapi dengan liontin emas unik berbentuk lima hati berjejer, produk ini akan membuat pemakainya terkesan lebih romantis. Padukan kalung emas wanita ini dengan dress atau atasan berwarna pink untuk menghasilkan tampilan khas valentine!

Baca juga rekomendasi tempat penyimpanan perhiasan di sini

Setelah membeli kalung emas, tentu Anda harus menyimpannya dengan baik agar kilaunya tetap terjaga. Karena itu, Anda membutuhkan tempat perhiasan khusus untuk meletakkan kalung atau perhiasan lainnya. Nah, kami telah menyiapkan artikel tentang beberapa tempat perhiasan. Apabila Anda membutuhkan rekomendasi, silakan cek melalui artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Selain mempercantik penampilan, kalung emas juga memiliki nilai investasi. Oleh karena itu, tak perlu ragu untuk memilih kalung emas wanita dengan kualitas dan kadar terbaik. Ditambah, saat ini variasi warna dan model kalung emas makin beragam. Anda pasti akan menemukan produk yang paling disuka.

Nah, bagaimana artikel kalung emas kami kali ini? Semoga setelah membaca artikel ini Anda dapat menentukan kalung emas wanita yang bagus untuk dipilih. Selamat berbelanja!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer