1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Bumbu & bahan masakan
  6. >
  7. 10 Bumbu Gulai Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Bumbu Gulai Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Bumbu Gulai Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Bumbu Gulai Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Bumbu Gulai Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Bumbu Gulai Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Bumbu Gulai Terenak - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2023)

Gulai merupakan masakan khas Indonesia yang kaya akan rempah dengan berbagai bahan dasar. Mulai dari gulai kambing, sapi, ikan, ayam, hingga daun singkong membuat banyak orang ketagihan menyantap gulai. Memasak gulai sapi atau gulai kambing untuk Iduladha pun tak perlu repot jika menggunakan bumbu gulai instan. 


Kami akan membagikan tips memilih dan merekomendasi bumbu gulai terbaik. Bumbu gulai merek Buleg, Indofood, Bamboe, Mamasuka, dan Sajiku ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh cooking influencer kami, Inov Pelawi. Simak artikelnya dan temukan bumbu gulai sesuai resep dan selera Anda!

Diperbaharui 09-22-2022
Pakar
Cooking influencer
Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun. Kegemarannya terhadap dunia masak memasak dan baking ini membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun media sosialnya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa posting-annya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu lainnya.

Profil Inov Pelawi
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bumbu gulai

Pertama-tama, kami akan memberikan beberapa tips memilih bumbu gulai. Poin-poin berikut ini akan membantu Anda dalam menentukan bumbu yang pas untuk masakan gulai. Langsung saja simak ulasan kami.

① Sesuaikan dengan jenis gulai yang ingin dibuat

Jenis-jenis gulai yang khas di Indonesia sangat beragam. Ada gulai kambing, gulai ayam, gulai kepala ikan, gulai daun singkong, hingga gulai nangka muda. Kini di pasaran pun sudah banyak dijual bumbu gulai instan sesuai jenis gulai tersebut yang pastinya sangat praktis. Tiap-tiap bahan dasar ternyata memengaruhi rasa gulai yang dihasilkan. Jadi, pilihlah bumbu yang sesuai dengan jenis gulai yang ingin dibuat.

Gulai ayam dan gulai ikan, favorit seluruh keluarga

Gulai ayam dan gulai ikan, favorit seluruh keluarga

Ayam dan ikan memang menjadi menu favorit keluarga sehari-hari. Jika Anda bosan dengan olahan ayam goreng yang itu-itu saja, cobalah mengolahnya menjadi gulai. Bumbu gulai ayam sangat mudah ditemukan.


Anda dapat memilih bumbu gulai khas Padang atau bumbu khas Jawa. Sesuaikanlah bumbunya dengan selera Anda.

  • Bumbu gulai Padang memiliki cita rasa gurih dan pedas serta kuah yang lebih kental.
  • Bumbu gulai khas Jawa teksturnya sedikit encer

Anda juga bisa mengolah ikan menjadi gulai. Anda bisa membuat gulai ikan atau bagian kepala ikan saja dengan bumbu gulai instan. Ikan kakap atau lainnya biasa dipakai untuk membuat gulai kepala ikan khas Padang.


Tenang saja karena bumbu gulai khusus untuk membuat gulai kepala ikan khas Padang sudah banyak dijual. Dengan begitu, Anda tak perlu keluar rumah untuk menyantap gulai ayam atau gulai kepala ikan di restoran Padang. Jika Anda akan membuat gulai kepala ikan, pastikan Anda sudah membersihkannya dengan benar. Hal ini dilakukan agar bau amis pada kepala ikan hilang.

Gulai kambing dan gulai sapi, pas untuk acara spesial

Gulai kambing dan gulai sapi, pas untuk acara spesial

Gulai kambing dan sapi biasanya menjadi hidangan khas untuk tamu dan perayaan spesial, seperti Iduladha. Membuat menu spesial ini pada hari yang juga spesial tentu terasa lebih mudah dan praktis berkat bumbu gulai instan. 


Gulai kambing dan gulai sapi adalah makanan khas dari daerah Jawa. Gulai ini memiliki tekstur kuah cair yang dihidangkan dalam keadaan panas bersama nasi putih. Jangan memilih bumbu gulai sapi atau bumbu gulai kambing dengan resep khas Padang karena rasanya akan kurang pas, ya! Bumbu gulai sapi dan gulai kambing biasanya sudah mengandung rempah-rempah yang kaya seperti masakan buatan rumahan.


Jadi, jika Anda ingin membuat gulai kambing atau gulai sapi, pilihlah bumbu gulai yang khusus untuk kedua jenis gulai tersebut. Pastikan minyak yang digunakan sudah cukup panas sebelum menumis bumbu gulai. Tumis dengan api kecil hingga bumbu benar-benar matang dan tidak berbau mentah.

Gulai daun singkong dan gulai nangka, lebih rendah lemak untuk yang sedang diet

Gulai daun singkong dan gulai nangka, lebih rendah lemak untuk yang sedang diet

Gulai daun singkong dan gulai nangka muda tentu lebih rendah lemak dibandingkan gulai dari daging hewan. Kedua jenis gulai ini cocok untuk Anda yang vegetarian atau sedang diet. Anda pun bisa mengurangi penggunaan santan agar program diet Anda sukses. Selain itu, gulai dari kedua bahan ini lebih murah dan mudah didapat serta cocok dijadikan menu sehari-hari keluarga. 


Untuk menghasilkan gulai daun singkong yang enak, pilihlah daun singkong muda. Daun singkong muda biasanya memiliki helai daun yang lebih kecil dan berwarna hijau kemerahan. Gulai daun singkong dan gulai nangka muda adalah masakan gulai khas Padang. Jadi, gunakanlah produk bumbu gulai Padang untuk membuat gulai daun singkong dan gulai nangka muda.

② Perhatikan bentuk bumbu gulai instan

Perhatikan bentuk bumbu gulai instan

Terdapat dua jenis bentuk bumbu gulai di pasaran, yakni bubuk dan pasta (paste). Proses memasak gulai dari dua jenis bentuk bumbu ini tidaklah sulit.


  • Bumbu gulai bubuk: Bumbu yang berbentuk bubuk sangat praktis dan mudah digunakan. Anda cukup memasukkan bubuk ke dalam kuah tanpa perlu menumisnya terlebih dahulu. Bumbu ini juga lebih awet disimpan.

  • Bumbu gulai pasta (paste): Bumbu gulai berbentuk pasta terlihat menyerupai bumbu ulek yang Anda haluskan sendiri. Sebelum dimasukkan ke dalam kuah, Anda harus menumisnya dahulu. Karena berbentuk pasta, bumbu ini memiliki masa penyimpanan yang singkat. Jadi, perhatikan tanggal kedaluwarsa dan masa penyimpanannya, ya.

Walaupun menggunakan bumbu instan, Anda juga bisa menambahkan beberapa bumbu dan rempah. Dengan begitu, aroma dan rasa masakan makin sedap.

③ Pertimbangkan yang dilengkapi santan agar lebih praktis

Pertimbangkan yang dilengkapi santan agar lebih praktis

Anda pasti tahu jika gulai biasanya dimasak dengan kuah bersantan. Agar makin mudah dan praktis, pilihlah bumbu gulai yang sudah dilengkapi dengan santan. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menyiapkan santan secara terpisah. Bumbu gulai instan biasanya dilengkapi santan yang berbentuk bubuk.


Meskipun begitu, bumbu gulai yang tidak dilengkapi santan juga ada kelebihannya. Anda bisa menyiapkan santan sendiri untuk mengatur kekentalan kuah. Selain itu, biasanya orang-orang lebih menyukai santan cair yang diperas langsung dari kelapa.


Jika Anda menggunakan santan asli, masaklah dengan menggunakan api kecil. Usahakan untuk mengaduknya secara perlahan selama memasak agar santan tidak pecah.

④ Sesuaikan jumlah porsi penyajian dengan kebutuhan

Sesuaikan jumlah porsi penyajian dengan kebutuhan

Jumlah porsi penyajian umumnya sudah tertera secara spesifik di kemasan produk. Misalnya, satu kemasan produk bumbu gulai berisi 45 gram cocok untuk 3–4 porsi ayam. Jika ingin gulai yang Anda buat terasa pas, periksalah jumlah porsi penyajian dalam satu kemasan produk. Selain itu, sesuaikanlah porsi penyajian dengan banyaknya gulai yang ingin dibuat.


Misalnya, untuk makan satu keluarga, mungkin Anda sudah cukup membeli produk dengan kemasan 45 gram tersebut. Lalu, jika ingin membuat gulai untuk acara besar, tentu jumlah bumbu yang Anda perlukan juga makin banyak. Jadi, periksa juga jumlah porsi penyajiannya, ya. Jika ada bumbu yang tersisa, Anda bisa menyimpannya di freezer.

10 Rekomendasi bumbu gulai terenak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bumbu gulai terenak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Jico Agung

Bumbu Gulai MamaSuka

Jico Agung  Bumbu Gulai MamaSuka 1枚目

Ramah di kantong dan sudah mendapat predikat Top Brand Award

2

Bamboe

Gule

Bamboe Gule 1枚目

Semua rempah yang dibutuhkan komplet dalam satu bumbu

3

Anggana Catur Prima

Koepoe Koepoe Bumbu Gulai

Anggana Catur Prima Koepoe Koepoe Bumbu Gulai 1枚目

Praktis sajikan hidangan gulai daging dengan bumbu bubuk kaya rempah

4

Indofood

Racik Bumbu Spesial Gulai

Indofood Racik Bumbu Spesial Gulai 1枚目

Bumbu gulai instan yang rasanya autentik

5

Buleg

Bumbu Gulai / Tongseng

Buleg Bumbu Gulai / Tongseng 1枚目

Satu bumbu untuk dua resep, sajikan gulai dan tongseng kambing saat Iduladha!

6

Ajinomoto

Sajiku Bumbu Gulai Padang

Ajinomoto Sajiku Bumbu Gulai Padang 1枚目

Menghasilkan gulai dengan kuah yang creamy

7

Sasa

Bumbu Gulai

Sasa Bumbu Gulai 1枚目

Bumbu gulai instan yang sudah dilengkapi santan!

8

Sekar Laut

Finna Bumbu Masak Gulai

Sekar Laut Finna Bumbu Masak Gulai 1枚目

Yuk, bikin gulai kambing istimewa untuk keluarga

9

Sari Munik Mandiri

Gulai Kepala Ikan

Sari Munik Mandiri Gulai Kepala Ikan 1枚目

Makin pede memasak sendiri gulai kepala ikan di dapur

10

Restu Mande

Bumbu Gulai Tunjang

Restu Mande Bumbu Gulai Tunjang 1枚目

Bumbu gulai khusus untuk pencinta gulai kikil sapi

Perincian produk
Close
No.1

Jico Agung Bumbu Gulai MamaSuka

Mulai dari Rp1.700,00

Ramah di kantong dan sudah mendapat predikat Top Brand Award

Bumbu Gulai MamaSuka adalah salah satu produk bumbu gulai instan paling best seller di e-commerce. Harganya sangat ekonomis dan cocok untuk Anda yang memang sering membuat masakan gulai di rumah. Apakah hari raya Iduladha tahun ini Anda akan kedatangan banyak tamu? Jangan lupa menstok bumbu gulai bubuk Mamasuka ini!


Produk ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai Top Brand. Hal ini membuktikan bahwa produknya mendapatkan kepercayaan dan disukai oleh banyak konsumen. Bahan yang digunakan pun merupakan bahan alami yang aman bagi kesehatan Anda dan keluarga.

No.2

Semua rempah yang dibutuhkan komplet dalam satu bumbu

Semua rempah-rempah yang dibutuhkan untuk membuat gulai sudah komplet dalam satu bumbu gulai instan ini. Bumbu Gule Bamboe mengandung rempah-rempah untuk pembuatan gulai. Ada bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, lengkuas, pala, jahe, cabai, jintan, serai, cengkih, hingga kayu manis. Semua rempah tersebut diracik dengan takaran yang pas dan sesuai di lidah. 


Selain itu, produk berkualitas ekspor ini memiliki warna kuah gulai kekuningan seperti buatan rumahan. Anda bisa menjadikannya oleh-oleh untuk teman di luar negeri dan memperkenalkan masakan khas Indonesia.

No.3

Anggana Catur PrimaKoepoe Koepoe Bumbu Gulai

Mulai dari Rp6.600,00

Praktis sajikan hidangan gulai daging dengan bumbu bubuk kaya rempah

Bumbu gulai Koepoe Koepoe dikemas dalam botol bumbu mungil yang mudah disimpan dan sangat praktis digunakan. Anda tinggal menggunakannya dengan cara ditabur langsung di atas masakan untuk cita rasa gulai yang nikmat. Rempah-rempahnya sangat terasa!


Jika ingin membuat gulai daging yang autentik, campurkan bubuk gulai dengan daging dan kuah santan hingga mengental. Isi produknya juga cukup banyak hingga empat porsi penyajian. Pas untuk sekeluarga, deh.

No.4

IndofoodRacik Bumbu Spesial Gulai

Mulai dari Rp6.500,00

Bumbu gulai instan yang rasanya autentik

Apakah Anda masih ragu menggunakan bumbu gulai instan karena rasanya dinilai kurang autentik? Cobalah produk bumbu gulai dari Indofood ini. Meskipun merupakan bumbu siap saji, produk ini menggunakan resep autentik khas Indonesia. Rempah-rempah yang digunakan pun asli dan pilihan. 


Berkat rempah-rempahnya tersebut, aroma kuah gulainya begitu harum menggugah selera. Bumbu gulai ini juga aman karena tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna buatan di dalamnya.

No.5

BulegBumbu Gulai / Tongseng

Mulai dari Rp16.000,00

Satu bumbu untuk dua resep, sajikan gulai dan tongseng kambing saat Iduladha!

Buleg memang jagonya membuat bumbu dengan cita rasa khas Nusantara, ya. Jika Anda berencana memasak berbagai menu untuk Iduladha atau acara spesial lainnya, pastikan bumbu Buleg ada di dapur. Buleg memiliki produk bumbu instan yang bisa digunakan untuk membuat dua resep spesial.


Selain untuk memasak gulai daging, gulai cumi, hingga gulai daun singkong yang lezat, bumbu instan ini juga cocok untuk membuat tongseng. Anda jadi tak perlu repot lagi menyiapkan banyak bumbu menjelang hari H! Selain kemasan plastik, bumbu ini juga tersedia dalam kemasan botol ukuran besar. 

No.6

AjinomotoSajiku Bumbu Gulai Padang

Mulai dari Rp4.400,00

Menghasilkan gulai dengan kuah yang creamy

Produk dari Sajiku ini dapat menghasilkan gulai dengan kuah yang creamy. Kelezatan kuah yang creamy tersebut berpadu dengan rasa umami atau gurih yang pasti makin menggugah selera. Selain itu, bumbu ini menggunakan rempah-rempah pilihan yang bercita rasa gulai khas Padang. Cocok sekali dijadikan sajian kumpul keluarga saat Lebaran, hari raya Iduladha, atau lainnya, ya!

No.7

Bumbu gulai instan yang sudah dilengkapi santan!

Bagi Anda yang malas memeras kelapa atau menyiapkan santan instan, beli saja produk dari Sasa ini. Produk ini sudah mengandung sekitar 62,5% santan di dalam bumbunya. Takaran yang cukup banyak ini akan membuat kuah gulai menjadi lebih kental. Hal ini tentu menghemat waktu memasak.


Anda dapat membuat gulai ayam, gulai sapi, dan juga gulai kambing seenak masakan chef dengan bumbu ini. Sajikan selagi panas bersama nasi putih. Rasakan kelezatannya!

No.8

Sekar LautFinna Bumbu Masak Gulai

Mulai dari Rp5.000,00

Yuk, bikin gulai kambing istimewa untuk keluarga

Tidak lagi perlu menunggu perayaan istimewa untuk membuat gulai kambing. Buatlah gulai kambing dengan bumbu khusus untuk gulai kambing dengan produk Finna ini. Produk ini sudah mengandung jahe agar rasa dan aroma amis daging kambing sedikit berkurang. 


Tak hanya itu, bahan-bahan yang terkandung di dalam produk ini adalah bahan alami yang terjamin kesegarannya. Anda perlu menumis bumbu terlebih dahulu ketika memasak gulai dari bumbu berbentuk pasta ini.

No.9

Sari Munik MandiriGulai Kepala Ikan

Mulai dari Rp44.000,00

Makin pede memasak sendiri gulai kepala ikan di dapur

Pernah gagal memasak gulai kepala ikan? Hal tersebut takkan terjadi lagi jika Anda menggunakan bumbu gulai Munik ini. Bumbu ini tampak seperti bumbu hasil mengulek sendiri. Bumbu-bumbu dan resep yang digunakan seluruhnya adalah resep khas tradisional.


Kelebihan produk ini terletak pada adanya minyak di dalamnya. Meski berbentuk pasta seperti produk lain, Anda tidak perlu menumisnya dahulu. Lalu, penambahan bumbu seperti gula dan garam juga tidak perlu. Bumbu sudah terasa pas di lidah dan sangat praktis seperti buatan rumahan.

No.10

Restu MandeBumbu Gulai Tunjang

Mulai dari Rp27.500,00

Bumbu gulai khusus untuk pencinta gulai kikil sapi

Jika Anda ingin membuat sendiri gulai dari tunjang atau kikil sapi selayaknya di restoran Padang, gunakanlah produk ini. Membuat gulai kikil sapi untuk di rumah terasa lebih mudah. Rasa yang dihasilkan begitu gurih dengan perpaduan rempah-rempah di dalamnya. Produk ini juga lebih sehat karena tidak mengandung zat aditif.


Sebagai tips tambahan, pastikan tunjang atau kikil sudah bersih sebelum mengolahnya. Rebus tunjang hingga lembut. Cek tingkat kelembutannya dengan cara menusuknya dengan garpu. Setelah itu, matikan kompor dan buang air rebusannya. Potong sebelum diolah.

Pertanyaan umum seputar produk bumbu gulai

Pertanyaan umum seputar produk bumbu gulai

Anda sudah melihat tips memilih serta daftar rekomendasi bumbu gulai instan yang terenak. Berikutnya, kami juga sudah mengumpulkan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait gulai daging. Simak jawabannya berikut ini, ya.

Daging kurban bagian apa yang dipakai untuk memasak gulai?

Untuk daging kambing kurban, Anda dapat memilih bagian kaki, sengkel, dan bagian panggul. Untuk daging sapi, bagian yang paling empuk dan enak diolah menjadi gulai sapi adalah has dalam, paha bagian dalam, dan sandung lamur (bagian dada bawah hingga ketiak).

Bagaimana cara mengolah daging untuk dimasak agar empuk dan tak bau/prengus?

Agar daging kambing empuk dan tidak berbau, bersihkan terlebih dahulu bulu pada kaki kambing dengan membakarnya di atas api. Selanjutnya, rendam daging dengan air hangat dan rebus dalam air mendidih. Tiriskan daging, lalu masak dengan banyak rempah dan bumbu gulai komplet. Memasak daging dalam waktu lama juga bisa membuat daging lebih empuk.

Baca juga rekomendasi produk bumbu instan untuk olahan daging lainnya di sini

Selain dijadikan gulai, biasanya daging sapi, ayam, dan kambing diolah menjadi opor atau rendang yang diketahui prosesnya merepotkan. Oleh karena itu, kami juga akan membagikan artikel mengenai rekomendasi produk bumbu instan rendang, rawon, dan opor terbaik. Baca selengkapnya di bawah ini dan temukan produk terbaik Anda.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan bumbu gulai yang cocok? Jangan lupa untuk memilih bumbu berdasarkan jenis gulai yang ingin Anda buat. Tiap bahan yang digunakan memengaruhi rasa dan proses pengolahannya. Pilihlah bentuk bumbu gulai yang sesuai selera.


Kemudian, supaya lebih praktis, sebaiknya Anda memilih bumbu yang dilengkapi santan. Pilih juga jumlah porsi penyajian yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat memasak dan menikmati kelezatan gulai buatan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer